[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27667
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Fortuner Diesel A/T VS New Everest Diesel XLT AT
itu dia makanya ane blg everest segi plus nya yah kaga usa kluarin duit lagi, tinggal beli doank trus make, power uda gede uda ada... tapi kadang tergantung selera sigh, fortuner kalo diliat cakep jg soalnya...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Mon Mar 16, 2009 17:41
Re: Fortuner Diesel A/T VS New Everest Diesel XLT AT
Kok ga ambil Toyota Hilux Facelift Type G.
Power: 165 Ps
Torsi: 360 an...
Harga sekitar 320 an...
Power: 165 Ps
Torsi: 360 an...
Harga sekitar 320 an...
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sat Oct 17, 2009 19:53
Re: Fortuner Diesel A/T VS New Everest Diesel XLT AT
Sebenarnya berharap versi maticnya si Fortuner pakai mesin 1KD-FTV, 3000 cc Turbo Intercooler seperti yang sudah keluar di Philipine (http://www.pomtco.com/fortuner09/performance.php)..Tapi disana keluar versi AWDnya..
Tapi saya yakin TAM bakalain ngeluarin juga versi yang AWD ini jika animo terhadap Diesel Engine versi A/T ini bagus..Cuma desas-desus.,1KD-FTV gak akan bisa nenggak solar biasa..Weleh..,jadinya sama aja sama Pertamax Plus..
Ekonomi biaya tinggi..
Pakai Hilux gak bisa ke kantor nanti Bro..,distop Polisi di Semanggi..,he-he..
Hayoo.,siapa nih yang pernah "jajal" Fortuner Diesel Matic.??? Comment dong...
Tapi saya yakin TAM bakalain ngeluarin juga versi yang AWD ini jika animo terhadap Diesel Engine versi A/T ini bagus..Cuma desas-desus.,1KD-FTV gak akan bisa nenggak solar biasa..Weleh..,jadinya sama aja sama Pertamax Plus..


Pakai Hilux gak bisa ke kantor nanti Bro..,distop Polisi di Semanggi..,he-he..
Hayoo.,siapa nih yang pernah "jajal" Fortuner Diesel Matic.??? Comment dong...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Fortuner Diesel A/T VS New Everest Diesel XLT AT
kenapa gak pajero sport aja?
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sat Oct 17, 2009 19:53
Re: Fortuner Diesel A/T VS New Everest Diesel XLT AT
mmmm..,no comment deh Bro..
Dengar2x performanya dasyat..,tapi debutnya baru beberapa bulan doang..
Bentuknya terlalu "narrow" buat ogut..Sama dengan persepsi ogut tentang Captiva.,New CRV, dan Grand Vitara..
Need something big like my body..,he-he..

Dengar2x performanya dasyat..,tapi debutnya baru beberapa bulan doang..
Bentuknya terlalu "narrow" buat ogut..Sama dengan persepsi ogut tentang Captiva.,New CRV, dan Grand Vitara..
Need something big like my body..,he-he..


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Mon Jul 27, 2009 16:19
Re: Fortuner Diesel A/T VS New Everest Diesel XLT AT
Salam kenal bro2 semua...
mo sedikit share aja...
kebetulan lg nunggu fortie a/t dari dealer bulan ini.
saya kmrn sudah sempat tes drive...
interior...hampir sama dg innova
eksterior...hmmm....gagah...
performa mesin...oke juga koq....tarikan lumayan
terus terang buat performa mesin, saya ngga terlalu peduli, karena jg kalo mo ngebut ya masak pake SUV "gajah" gitu...
power juga lumayan...
terus terang baru ini coba mobil diesel, dan ternyata ngga se-"lemot" orang bilang
suspensi nyaman dan space di dalam kabin jg oke.
dan terutama resale value juga jadi pertimbangan utama...
mungkin itu aja sih ya...
pernah juga tes drive captiva diesel...(agak berisik di kabin, kondisi idle)
pajero sport...oke juga...cuma ngga suka ama desain lampu belakangnya.
itu aja kali ya,...kalo ford everest..belom pernah coba.
Tks
mo sedikit share aja...
kebetulan lg nunggu fortie a/t dari dealer bulan ini.
saya kmrn sudah sempat tes drive...
interior...hampir sama dg innova
eksterior...hmmm....gagah...
performa mesin...oke juga koq....tarikan lumayan
terus terang buat performa mesin, saya ngga terlalu peduli, karena jg kalo mo ngebut ya masak pake SUV "gajah" gitu...
power juga lumayan...
terus terang baru ini coba mobil diesel, dan ternyata ngga se-"lemot" orang bilang
suspensi nyaman dan space di dalam kabin jg oke.
dan terutama resale value juga jadi pertimbangan utama...
mungkin itu aja sih ya...
pernah juga tes drive captiva diesel...(agak berisik di kabin, kondisi idle)
pajero sport...oke juga...cuma ngga suka ama desain lampu belakangnya.
itu aja kali ya,...kalo ford everest..belom pernah coba.
Tks
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09
Re: Fortuner Diesel A/T VS New Everest Diesel XLT AT
Kayanye Tred repost nehh.. Masih ade tret nye
gimane bos momod
gimane bos momod
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Fortuner Diesel A/T VS New Everest Diesel XLT AT
@cruizer : tolong kasih tau, repost dengan yg mana... nanti kami akan merge. thanks! 


Re: Fortuner Diesel A/T VS New Everest Diesel XLT AT
Bisa kok bos, tuh dipake di Hilux Double Cab 3.0....1KD-FTV, keluar resmi di Indonesia. http://www.toyota.co.id/cars/index.php?Model=Hilux Tapi itu di Hilux, kalo masuk SUV pajaknya udah lain lagi. He he...saya malah nyari Hilux 3.0 bekas, tapi masih baru keluar...jarang banget bekasnya. Tinggal pasangin moncong/pelek/asesories Fortuner...yah 11-12 lah ama Fortuner 3.0.Fafa wrote:Sebenarnya berharap versi maticnya si Fortuner pakai mesin 1KD-FTV, 3000 cc Turbo Intercooler seperti yang sudah keluar di Philipine (http://www.pomtco.com/fortuner09/performance.php)..Tapi disana keluar versi AWDnya..
Tapi saya yakin TAM bakalain ngeluarin juga versi yang AWD ini jika animo terhadap Diesel Engine versi A/T ini bagus..Cuma desas-desus.,1KD-FTV gak akan bisa nenggak solar biasa..Weleh..,jadinya sama aja sama Pertamax Plus..![]()
Ekonomi biaya tinggi..
Pakai Hilux gak bisa ke kantor nanti Bro..,distop Polisi di Semanggi..,he-he..
Hayoo.,siapa nih yang pernah "jajal" Fortuner Diesel Matic.??? Comment dong...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
topic sudah saya merge, thx,, 

Permisii
............................. 


-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09
Re: Fortuner Diesel A/T VS New Everest Diesel XLT AT
salam kenal juge bos..Steve Jaka wrote:Salam kenal bro2 semua...
mo sedikit share aja...
kebetulan lg nunggu fortie a/t dari dealer bulan ini.
saya kmrn sudah sempat tes drive...
interior...hampir sama dg innova
eksterior...hmmm....gagah...
performa mesin...oke juga koq....tarikan lumayan
terus terang buat performa mesin, saya ngga terlalu peduli, karena jg kalo mo ngebut ya masak pake SUV "gajah" gitu...
power juga lumayan...
terus terang baru ini coba mobil diesel, dan ternyata ngga se-"lemot" orang bilang
suspensi nyaman dan space di dalam kabin jg oke.
dan terutama resale value juga jadi pertimbangan utama...
mungkin itu aja sih ya...
pernah juga tes drive captiva diesel...(agak berisik di kabin, kondisi idle)
pajero sport...oke juga...cuma ngga suka ama desain lampu belakangnya.
itu aja kali ya,...kalo ford everest..belom pernah coba.
Tks
mungkin org yang bilang lemot, udeh ngerasa diesel laen yg sekelas coy..ente udeh nyoba sendiri yg laen blom?
mestinye ente cobain evie atau yg laen..baru dapet dah gambaran enak ape kagak tenaganye...pan tenaga bukan buat ngebut ajeh boss, mau nanjak pas lagi rame2, perlu tenaga bos..tergantung kite nye aje soal ngebut mah...

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Jelas2 dia bilang udah tes drive Captiva diesel sama Pajero Sport juga 

CoySteve Jaka wrote:Salam kenal bro2 semua...
mo sedikit share aja...
kebetulan lg nunggu fortie a/t dari dealer bulan ini.
saya kmrn sudah sempat tes drive...
interior...hampir sama dg innova
eksterior...hmmm....gagah...
performa mesin...oke juga koq....tarikan lumayan
terus terang buat performa mesin, saya ngga terlalu peduli, karena jg kalo mo ngebut ya masak pake SUV "gajah" gitu...
power juga lumayan...
terus terang baru ini coba mobil diesel, dan ternyata ngga se-"lemot" orang bilang
suspensi nyaman dan space di dalam kabin jg oke.
dan terutama resale value juga jadi pertimbangan utama...
mungkin itu aja sih ya...
pernah juga tes drive captiva diesel...(agak berisik di kabin, kondisi idle)
pajero sport...oke juga...cuma ngga suka ama desain lampu belakangnya.
itu aja kali ya,...kalo ford everest..belom pernah coba.
Tks
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
die blom test evie nye..he3FortunerMan wrote:Jelas2 dia bilang udah tes drive Captiva diesel sama Pajero Sport juga
Coy
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09
Re: Fortuner Diesel A/T VS New Everest Diesel XLT AT
boss fafa kayak nyanyi ajah he3..halaman2 di depan tret ini disimak aje,..ane bantuin neh ama link yg laen..Fafa wrote:"Ibu-Ibu..,Bapak-Bapak..,tolong aku..,aku yang sedang bingung..,mau pilih Fortuner Diesel A/T atau New Everest XLT A/T.,biar gak salah pilih.."
Woro-woro untuk yang sudah pernah menjajal Fortuner Diesel A/T.,gimana sih performance-nya..? Saya pikir kalau gak jauh-jauh amat sama Duratorq-nya Everest mau pilih si 42ner.,soalnya handle rem tangan si new Everest mirip Panther Pickup dan Grand Max pickup saya..he-he..(sorry to say..).
Anyway.,Sekilas dari beberapa review, Everest adalah pilihan "Tepat dan Cerdas" dengan keunggulan mesinnya..,tapi Fortuner adalah pilihan yang "Realistis dan Bijak" dengan brand image Toyotanya..Trus mana yang harus dipilih..?? Please helpppp...
Gambarannya: - Ford Everest XLT Diesel A/T harga Rp. 338 jt OTR Jakarta bermesin Duratorq 2.5L, Turbo Intercooler,commonrail, bertenaga 143 PS, Torsi: 330 nM/1800 RPM, transmisi Automatic 5 speed. Tambahan steering system tipe: ball&nut (what's this.???)
Gambaranya: - Toyota Fortuner G Diesel A/T harga Rp. 370.7 OTR Jakarta bermesin 2KD-FTV 2.5L, Turbo, commonrail, bertenaga hanya 102 PS, Torsi hanya: 265 nM/1600~2400 RPM, transmisi ECT 4 speed.
Kira-kira kuat gak ya si Fortuner Diesel A/T nanjak di rute Sarangan-Tawang Mangu yang ekstrem seperti itu..Atau bagaimana melibas bis-bis malam yang terkenal ganas di jalur pantura..???
Terima Sebelumnya buat pembaca.,mohon sharenya ASAP...
Ford Everest Duratorq VS Fortuner Diesel http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=7033
kalow ane ga salah informasi, mesin inopah d4d = pcuner diesel, boleh disimak nih bos
[WTA] Innova diesel berat di tanjakan apa yang harus distel? http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... ova+diesel
yang atu ini bisa jawab dikit kebingungan nt, cuma aje di tret yg ini pecuner nye m/t, kalow a/t nye bos kira2 sendiri yaa:
Fortuner Diesel, mo nyalip tanggung, diapain ya...http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 12&t=11463
semoga bermanpaat

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
http://www.otomotifnet.com/otoweb/inclu ... ar_id=3393
OTOMOTIFNET - Kisah mbah Marijan terpisahkan dari gunung Merapi. Namun banyak kisah heroik kuncen abdi dalem Yogyakarto hadiningrat lain yang tak kalah seru. Kemurkaan Merapi dihadapi kepasrahan mendalam. “Semua berpulang kepada Gusti Allah,†terang SadjiÂÂman, yang dalam KTP keraton dianugerahi nama alias Suraksohaldoko.
Keseharian Sadjiman yang berumur 47 tahun terdengar sepele. Seperti merapikan batu-batu penghalang jalan setapak menuju puncak Merapi. Namun kemampuan jelajahnya, bisa 2-4 jam berjalan kaki dari puncak tertinggi yang bisa dicapai Fortuner, Captiva dan Everest. Kebaikan hatinya bukan cuma menuntun pencinta alam menikmati gunung yang sejak 1548 sudah meletus 68 kali itu, tapi juga membantu ekspedisi trio SUV diesel. Sadjiman membantu melaporkan komparasi tiga SUV diesel dari ketinggian 2.980 m di atas permukaan laut.
Akomodasi
Sama-sama sanggup menampung 7 orang penumpang, hanya sedikit perbedaan antara ketiga kompetitor. Untuk ruang kaki tampaknya Fortuner paling lega. Posisi duduk nyaman dan kaki tidak tertekuk. Everest walau kapasitas bagasi paling luas, tapi ruang kaki tidak selega Fortuner. Sedang Captiva yang memang memiliki ruang kabin terkecil harus rela berada di urutan terakhir.
Beda saat ingin mengangkut barang. Ruang bagasi Everest menjadi paling besar. Apalagi dibantu pelipatan jok yang simpel, cukup lipat sandaran jok ke depan, apabila masih kurang jok masih bisa dilipat mendekati bangku baris kedua. Akan terlihat bagasi simpel dengan daya angkut maksimal.
Sama hal dengan Captiva, membesarkan ruang bagasi cukup hanya dengan melipat sandaran jok, maka tercipta lantai bagasi yang rata. Untuk meletakan barang Captiva memiliki keunggulan sendiri. Kaca belakang bisa dibuka terpisah dengan pintu. Sangat praktis untuk menaruh barang-barang yang tidak terlalu besar.
Fortuner yang banyak makan tempat hanya untuk meletakan jok. Setelah melipat sandaran jok, harus melipat jok kesamping menutupi jendela belakang. Alhasil, ruang bagasi banyak tersita hanya untuk meletakan bangku.
Kesimpulannya, Everest menjadi pemenang untuk daya angkut. Kelegaan ruang dibantu kemudahan sistem pelipatan jok menjadi poin lebih. Sedang Captiva yang memiliki tingkat kepraktisan tinggi, namun dimensi bagasi yang tidak terlalu besar menjadikan nilainya sejajar dengan Fortuner. Sayangnya untuk Fortuner walau memiliki ruang bagasi yang cukup besar namun tersita saat melipat jok baris ketiganya.
Fortuner : ***
Everest : ****
Captiva : **
Performa
Soal performa, Captiva ( 2.000 cc) menghasilkan performa terbaik, daya maksimum 150 dk/4.000 rpm dan torsi puncak 320 Nm/2.000 rpm. Tampak paduan mesin dan transmisi otomatik tiptronik memberikan akselerasi baik layaknya manual, yang menjadi satu-satunya pilihan untuk Fortuner diesel ini. Sementara Everest, belum melengkapi diri dengan fasilitas pada transmisi otomatik seperti Captiva.
Sedangkan antara Everest dan Fortuner (2.500 cc), daya dan torsi puncak Everest yang juga menggunakan variable geometry turbo seperti Captiva (142 dk/3.500 rpm dan 330 Nm/1.800 rpm), jauh lebih besar dari Fortuner, akselerasinya lebih baik, padahal transmisi otomatiknya memiliki respons sedikit lebih lambat dibanding transmisi manual Fortuner. Daya maksimum Toyota Fortuner memang paling rendah (102 dk/3,200 rpm), namum torsi puncak merata (200 Nm/1.400-3.400 rpm). Sehingga pas di segala medan, baik di tol Cipularang, maupun rute naik-turun di sekitar Nagrek, Jabar. Namun kala memanjat kaki gunung Merapi, perlu sedikit ngotot mempertahankan putaran mesin agar Fortuner mampu mengejar laju rival-rivalnya.
Fortuner : **
Everest : ***
Captiva : ****
Konsumsi BBM
Siapapun akan memberikan perhatian lebih soal konsumsi bahan bakar. Baik yang berada dalam ruang sejuk berAC dalam kamar hotel berbintang maupun embusan angin sejuknya di lereng Dieng. Dengan jarak tempuh lebih dari 1.800 km antara Jakarta dan Yogyakarta, hingga ke lereng gunung Merapi, tercatatlah penggunaan bahan bakar solar yang diminum masing-masing SUV ini.
Ada pendapat soal mobil berkapasitas mesin besar otomatis menenggak bahan bakar lebih banyak. Namun jika melihat hasil uji coba ini Chevrolet Captiva agaknya menggeser hal tersebut. Memang SUV dengan kontur membulat ini memiliki performa istimewa, namun soal konsumsi bahan bakar agaknya ia mesti bersaing dengan Toyota Fortuner yang memiliki mesin dengan kapasitas lebih besar.
Tampaknya dapur konsumsi bahan bakar adalah sisi istimewa buat Toyota Fortuner konsumsi solarnya relatif sama dengan Captiva! Sementara Ford Everest memang menunjukkan bahwa mesin bertenaga besar memang lebih haus!
Fortuner : ****
Everest : **
Captiva : ***
Kenyamanan
Menikmati perjalanan di atas SUV ternyata nikmat juga. Secara garis besar, ketiga peminum Solar ini cukup nyaman buat melintas jalur Jakarta-Yogyakarta melalui jalur selatan. Lewat tol tidak diragukan lagi, meski jangkung mereka tetap stabil dan nyaman tanpa banyak goyangan. Asal jangan terlalu ekstrem bermanuver karena body roll bakal sangat terasa.
Melintas jalur Nagrek masih nyaman karena baru diaspal. Namun begitu masuk daerah Majenang, banyak lubang mengadang di jalan. Dengan ban besar dan ground clearance tinggi, jadi pede melibasnya. Toh guncangan tidak terlampau terasa di kabin. Mengutip komentar salah satu kru redaksi, “Jalan kayaknya mulus aja, kok.â€Â
Meski demikian, ada perbedaan karakter dari ketiga SUV. Fortuner menawarkan jok yang lebih nyaman ketimbang Everest dan Captiva. Jok Captiva relatif lebih keras. Sedangkan buat pengemudi, kenyamanan nyetir maksimal disediakan Fortuner dan Captiva dengan setelan ketinggian pada kursinya.
Selain jok, kelembutan suspensi Fortuner pun sudah teruji. Meski masih mengandalkan ladder frame, mobil dengan tenang melibas jalan bergelombang tanpa banyak guncangan. Kondisi jalan buruk pun cukup banyak diredam suspensi Captiva dan Everest. Hanya saja bantingan keduanya relatif lebih keras, terutama suspensi bagian belakang. Hal ini terasa sekali saat melintas polisi tidur. Bagian moncong mobil sudah lewat dengan mulus, namun bagian belakang relatif menyentak.
Iklim kabin pun terjamin pada ketiga SUV. Soalnya semua punya AC dengan sistem double blower. Pengemudi pun masih punya kuasa buat mengaktifkan. Toh kalau tidak ada penumpang enggak perlu hidup bukan? Bedanya, Fortuner dan Everest punya kisi-kisi di atas plafon. Sedangkan Captiva hanya punya satu kisi-kisi di sebelah kiri belakang. Kisi-kisi itu juga dilengkapi dengan pengatur kipas blower.
Fortuner : ****
Everest : ***
Captiva : **
Fitur
Membahas keunggulan fitur di mobil SUV diesel ini benar-benar harus secara detail. Perbedaan fitur standar di mobil membuatnya tergolong sulit untuk memutuskan. Seperti Ford Everest, memiliki banyak cup holder. Baik itu di depan, konsol tengah maupun jok paling belakang sekalipun. Tiap sisinya terdapat lubang untuk menempatkan minuman. Tapi ternyata hal ini tak cukup membuat Everest bisa melenggang puas. Pasalnya Toyota Fortuner juga memiliki banyak cup holder yang masih ditambah dengan folder persis di depan lubang AC sehingga minuman bisa tetap dingin.
Beralih ke kelengkapan lainnya. Seperti lampu sein yang ada di spion, tiap SUV sudah disediakan, namun hanya Everest yang memiliki lampu tersorot ke bawah untuk menyinari sekeliling ketika pintu terbuka, Disini Everest unggul. Masih di spion, Toyota Fortuner unggul karena bisa dilipat secara elektrik, sedang Everest dan Captiva tidak bisa. Sedikit banyak membantu ketika melewati jalan sempit sehingga tangan tak perlu keluar untuk melipat spion.
Fitur sebagai faktor penambah kenyamanan berkendara tergambar di Toyota Fortuner. Dengan display yang cukup imut jika dibanding bodinya, Fortuner memiliki Multi Information Display (MID) yang bisa menampilkan konsumsi solar yang terpakai secara rata-rata dan suhu luar. Ini yang tak dimiliki kedua kompetitornya. Selain itu foglamp sebagai pembantu ketika melewati daerah berkabut ditemui pada Everest dan Fortuner.
Namun untuk urusan in car entertainment Captiva dan Fortuner bisa bersaing. Keduanya sama-sama sudah bisa dijadikan monitor walau di Captiva masih bersifat optional, namun setidaknya unggul dibanding Everest yang hanya bisa cd saja.
Secara keseluruhan, Fortuner menjadi terdepan di soal fitur ini. Karena masih ditambah adanya sensor parkir yang juga ada di Everest. Sayang Fortuner hanya tersedia manual. Sedang rivalnya terdapat otomatis.
Fortuner : ****
Everest : ***
Captiva : ***
Style
Tidak bisa dipungkiri kalau style dari ketiga SUV ini memiliki kekuatan yang sama. Toyota Fortuner dengan bodi besarnya yang sedikit membulat terasa pas dengan bentuk lampu depan yang besar dan sein yang terintergasi di dalam batok. Bagian buritan juga tak membosankan. Dengan lekukannya disamarkan oleh bentuk lampu yang cukup lebar.
Pada SUV diesel yang di test Ford Everest memiliki tampang yang terbilang konservatif. Pasalnya bentuk muka serba kotak seperti mobil bukan pada zamannya. Selain itu masih ditambah pula dengan kap mesin yang benar-benar rata. Hal ini membuat tiap ujung kap mesin bisa terpantau dengan mudahnya sehingga tak perlu ragu ketika membelok. Tak hanya bentuk depan saja yang kotak, samping dan buritan juga sangat kotak.
Sedang untuk Chevrolet Captiva, dimensinya terbilang paling kecil jika dibanding rivalnya. Walau demikian tak lantas membuatnya menjadi kaku. Bentuk depan dan buritan justru paling rounded. Ini justru membuatnya cantik diantara Fortuner dan Everest yang terkesan gagah. Semakin terlihat membulat berkat aplikasi bentuk lampu belakang layaknya telor digoreng ‘mata sapi’. Kesan sport dan suka ‘berlari’ timbul di Captiva berkat hadirnya kedua moncong kanlpot yang bernuansa krom.
Perihal pintu belakang, semuanya memiliki kemudahan ketika memasukkan barang saat ekspedisi Merapi di jalankan. Pintu Everest terbuka dengan lebarnya. Sedang Fortuner dan Captiva pintunya terbuka ke atas. Namun di Captiva, kaca belakang juga bisa terbuka ke atas. Memudahkan menaruh barang. Selain itu, bisa memotret sisi belakang mobil tanpa harus membuka pintu yang kadang kala justru tidak aman.
Lihat aplikasi ini, Everest benar konservatif namun tetap memberi kemudahan bagi siapapun juga.
Fortuner : ***
Everest : ***
Captiva : ***
Value for Money
Menjajaki kota Klaten hingga ke pesisir Parangkusumo, sampai menapaki jalur terjal di lereng gunung Merapi dan mampir sejenak ke dataran tinggi Dieng di Jawa Tengah, rasanya cukup terakomodir dengan ketiga SUV bermesin diesel dengan torsi besar khas mobil peminum solar. belum lagi bodi jangkung yang paling pas untuk menjelajah hingga berbagai pelosok dengan kondisi jalan kurang ramah untuk dijamah mobil dengan ground clearance rendah.
Bicara banderol retail on the road (OTR)-nya, Ford Everest XLT 2.5L TDCi 4x2 memiliki harga paling rendah (Rp 310,7 juta), tetapi ada keistimewaan tersendiri, yaitu sudah meggunakan transmisi otomatik. selain itu keleluasaan interior juga jadi andalan SUV dengan nama puncak gunung tertinggi di dunia itu. Kapasitas angkut barang dan orang pun jadi keistimewaan. Soal daya tahan? Ford sudah lebih dulu melanglang buana dengan mesin dieselnya, lewat kembaran double cabnya, Ranger.
Sementara posisi tengah diduduki Chevrolet Captiva 2.0 Sport D A/T seharga Rp 324,345 juta yang juga matik dengan kelengkapan triptonik. Boleh dibilang ini merupakan pendatang baru SUV diesel di tanah air, tetapi soal tarikan mesin memang diunggulkan oleh SUV berlogo Bow Tie ini.
Sedangkan Toyota Fortuner 2.5 G merupakan satu-satunya peserta komparasi ini yang hanya dijual dalam versi transmisi manual, merupakan varian SUV diesel dengan harga retail paling tinggi. Tetapi didukung dengan brand image cukup baik dan kelengkapan yang memadai.Tentunya ini cukup sebanding dengan konsumsibahan bakarnya yang cukup irit.
Fortuner : ***
Everest : **
Captiva : ****
Kesimpulan
Fortuner dan Captiva sangat menonjol di komparasi ini. Kaizen Toyota mengisyaratkan platform mesin yang sama seakan inilah Innova diesel versi jangkung. Mesin dan transmisi yang sederhana klop dengan kurva penilaian yang konstan di semua lini.
Hal menonjol dari Fortuner ada pada konsumsi BBM dan kenyamanan yang di atas rata-rata. Selebihnya, hal-hal yang terlihat simpel malah menjadi kekuatan Fortuner.
Hal berbeda dengan Captiva yang terlihat high end. Setidaknya terlihat dari transmisi triptonik yang sangat fun. Begitu juga dengan mesin yang powerful dengan teknologi Variable Geometry Turbo dan harga yang tergolong baik. Pilihan bagus buat Anda yang berani keluar dari pakem yang ada.
Sementara Everest memberikan dinamika dalam komparasi ini. Akomodasinya paling baik dibanding yang lain. Tentunya dengan pengalaman ketangguhan yang sudah disuguhkan sebelumnya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Hmmm........teman2 ane banyak yg pake Fortuner diesel A/T n selama ini ga pernah ada keluhan soal tenaga boyo, boros, etc..... Malah yg ada pada ketagihan bawa Fortuner nya kemana2 dibanding mobil2 doi yg laennya 
Btw rasanya udah pernah ada yg review ttg Fort diesel A/T deh, cuman ane lupa di tret mana, kalo ga salah namanya mas boy gitu deh......

Btw rasanya udah pernah ada yg review ttg Fort diesel A/T deh, cuman ane lupa di tret mana, kalo ga salah namanya mas boy gitu deh......

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Kalopun ada yg merasa boyo teman2 Fortuner banyak yg bisa membantu - potensi D4D gede dan gampang/murah opreknya. Di kilik dikit...dapet powernya, dapet gagahnya, perawatan gampang dapet, reliability dapet, service nyaman/gampang, resale bagus dapet.mandala1 wrote:Hmmm........teman2 ane banyak yg pake Fortuner diesel A/T n selama ini ga pernah ada keluhan soal tenaga boyo, boros, etc..... Malah yg ada pada ketagihan bawa Fortuner nya kemana2 dibanding mobil2 doi yg laennya
Btw rasanya udah pernah ada yg review ttg Fort diesel A/T deh, cuman ane lupa di tret mana, kalo ga salah namanya mas boy gitu deh......
Tapi, sudah pasti Everest juga banyak bagusnya, power gede dr showroom...5-speed, 4 airbags. Memang rata2 kalo hitung2an fitur Ford menang vs Toyota. Ford Focus sama Altis aja contohnya, weleh tewas dah Altis kalo itung2an fitur.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sat Oct 17, 2009 19:53
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Wah-wah..,ditinggal makan sebentar udah penuh nih yang comment..,Seraya memang manstabb..
Thanks Mod utk merge-nya..Sebetulnya ane juga udah baca ulasan yang berhubungan semuanya sebelum saya post ulasan masalah Fortuner Diesel A/T. Berhubung udah dikejar-kejar salesman Ford dan Toyota, makanya harus diputusin segera..Persoalannya datang ketika coba cari testimoni pemakai Fortuner Diesel A/T masih gak ada..,mungkin karena varian mobilnya baru muncul 2 bulanan..
Thanks Om Steve dan Kang Fortunerman atas pencerahannya..
Juga Mas Mandala atas testimoni temannya..
Kayaknya perlu dibantu shalat istikharah juga neh untuk milih...,he-he...

Thanks Mod utk merge-nya..Sebetulnya ane juga udah baca ulasan yang berhubungan semuanya sebelum saya post ulasan masalah Fortuner Diesel A/T. Berhubung udah dikejar-kejar salesman Ford dan Toyota, makanya harus diputusin segera..Persoalannya datang ketika coba cari testimoni pemakai Fortuner Diesel A/T masih gak ada..,mungkin karena varian mobilnya baru muncul 2 bulanan..
Thanks Om Steve dan Kang Fortunerman atas pencerahannya..


Juga Mas Mandala atas testimoni temannya..


Kayaknya perlu dibantu shalat istikharah juga neh untuk milih...,he-he...


Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Om fafa...ada kok, nih banyak http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 1&start=75
Cari aja komen si masboy ama wishmaster.
Cari aja komen si masboy ama wishmaster.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sat Oct 17, 2009 19:53
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Sekarang saya mulai sadar kalau itu semua akan kembali ke selera dan kata hati kita masing2x..
Biarkan anjing menggonggong.,kafilah tetap berlalu..,he-he..OOT ah..
Tapi kayaknya saya perlu test drive PS juga nihh..,biar tambah bingung..

Biarkan anjing menggonggong.,kafilah tetap berlalu..,he-he..OOT ah..
Tapi kayaknya saya perlu test drive PS juga nihh..,biar tambah bingung..


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
tul om... uang kita2 ini koq.. bukan pake uang temen..Fafa wrote:Sekarang saya mulai sadar kalau itu semua akan kembali ke selera dan kata hati kita masing2x..
Biarkan anjing menggonggong.,kafilah tetap berlalu..,he-he..OOT ah..
Tapi kayaknya saya perlu test drive PS juga nihh..,biar tambah bingung..![]()


kita pilih yang sesuai dengan kata hati, then enjoy the drive...


mau boyota, ford, mitikusbusi... monggo... all are good in their own class and style..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Kalo ane lagi falling in lop sama Navara neeeh.....
Sayang ibu negara gak setuju, dalemnya kayak panther katanya
wanita.....wanita....... 
Sayang ibu negara gak setuju, dalemnya kayak panther katanya


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
huehehee... namanya wanita om... ibu negara ane malah bilang landy disco 3 kayak kijang...mandala1 wrote:Kalo ane lagi falling in lop sama Navara neeeh.....
Sayang ibu negara gak setuju, dalemnya kayak panther katanyawanita.....wanita.......


alphard kayak apv..


RX8 kayak starlet..


tapi bagus juga lah kalo ibu negara gak ngerti mobil.. nanti dia minta yang kita gak mampu beli lagi...


btw, gimana acara kemarin? cerita2 dunk? ane lihat di web site gak ada update...


Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27667
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
logh om meong, itu kan nissan....mandala1 wrote:Kalo ane lagi falling in lop sama Navara neeeh.....
Sayang ibu negara gak setuju, dalemnya kayak panther katanyawanita.....wanita.......


numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Nah.....itu die masalahnya om kopat,, menurut doi mobil yg paling bagus itu kijang innovamaskopat wrote:huehehee... namanya wanita om... ibu negara ane malah bilang landy disco 3 kayak kijang...mandala1 wrote:Kalo ane lagi falling in lop sama Navara neeeh.....
Sayang ibu negara gak setuju, dalemnya kayak panther katanyawanita.....wanita.......
![]()
![]()
alphard kayak apv..![]()
![]()
RX8 kayak starlet..![]()
![]()
tapi bagus juga lah kalo ibu negara gak ngerti mobil.. nanti dia minta yang kita gak mampu beli lagi...![]()
btw, gimana acara kemarin? cerita2 dunk? ane lihat di web site gak ada update...![]()


