
Pilih-pilih Ban SUV Highway (Non Offroad)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
kurang cocok gimana ya mas? 

Permisii
............................. 


-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
typicalnya buat sedan, city car.. bukan passenger car.. baca2 di forum luar sih reviewnya kurang baik.. Tapi gw masang di serena oke2 aja sih ya..nescafe wrote:kurang cocok gimana ya mas?

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
Haha... blm sampe 1000. Paling beberapa ratus km aja go.AD74YA wrote:Gimana pak digitall? sudah dipake jalan berapa ribu nih?..![]()
Update.. ternyata Toyo DRB ga cocok dengan karakter SUV..
ada yang pernah denger BS Dueler H/L?
Kemaren ini ke jkt dan hujan besar, di cipularang lari 150km/h mantep bgt. Haha nekad bgt nih, yg ditakutkan gejala aqua planning tp ga kerasa sama sekali.
Nih ban oke bgt menurut saya! Soalnya memang di design agar unggul di track basah.
BS Dueler H/L bagus go, cuma lebar2 profilnya. Biasa buat SUV gede kaya Harrier, CX9, X5, X3, M Class, dll.
Udh go Dueler H/P aja, mantep lah hehe...

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Thu Jul 30, 2009 6:37
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
Sedikit review abal abal dari saya pengguna Michelin Latitude Tour HP dgn ukuran 235/55/18...
kata pertama mengenai ban ini : MUANNNTAPPP
kenapa mantap?sebelumnya saya memakai ban dengan merek Yokohama Advan ST dgn ukuran yg sama,Advan ST bukanlah ban yang jelek...dia lebih fokus ke performance dan stability,tapi untuk kenyamanan...hmmm sangat unrecommended!
ban michelin ini memiliki alur yg sangat halus,dimana suara deruan ban dapat dieliminasi dengan "sangat"baik,sehingga suara yg masuk ke kabin jauh lebih kecil dibanding saya memakai ban yoko...
untuk keempukannya,ban ini juga sangat empuk...bahkan istri saya yg rada "cerewet" pun puas dgn keempukan yg diberikan oleh michelin ini,entah karena bannya masih baru atau memang rubber yg dipakainya beda...
oh yah,ada lagi satu hal yg paling saya sukai dari ban ini...yaitu ban ini tidak memiliki pola/alur yg berbeda antara sisi kiri atau kanan (dgn kata lain bukan ban rotasi) jadi tinggal diputar balik dan dibolak balikpun tidak ada masalah takut salah pasang...
sebelumnya saya pun ragu dalam memilih ban,ada dalam pikiran saya untuk memilih ban bridgestone HP d680 yg sudah direview oleh SMers SMers diatas...yg menjadi pertimbangan saya adalah,ban Bridgestone tersebut adalah ban dgn kembang rotasi dan juga ban BS ini(khususnya yg dipasarkan di Indonesia,di luar negri saya tidak tahu)tidak mencantumkan Load index ataupun Total pressure yg dapat diterima oleh ban ini,sangat berbeda dengan Michelin Latitude HP yg penuh dengan embel embel huruf dan nomor nomor (istilahnya lebih diakui di dunia) CMIIW
nah,Michelin bukan berarti tanpa kelemahan...bbrp kelemahan dari ban ini adalah :Harga yg cukup tinggi (ttp rasanya sebanding dgn tread wearnya yg 440) plus ban ini berbentuk rada donut (tidak keren/tidak gahar)
kesimpulan bagi TS jika prefer untuk ban yg Silent dan Comfort (tipikal bapak bapak sayang keluarga), Michelin Latitude Tour ini adalah produk yg sangat sesuai dengan kriterianya...lain halnya jika TS lebih prefer Kegaharan,dan Alur yg agresif untuk memotong air bisa lebih memilih ban ban yg memiliki rotasi pada alurnya...
sekian dan terima kasih...Thk u...mudah mudahan SMers tdk ada yg merasa terpojok oleh review saya yah...
kata pertama mengenai ban ini : MUANNNTAPPP
kenapa mantap?sebelumnya saya memakai ban dengan merek Yokohama Advan ST dgn ukuran yg sama,Advan ST bukanlah ban yang jelek...dia lebih fokus ke performance dan stability,tapi untuk kenyamanan...hmmm sangat unrecommended!
ban michelin ini memiliki alur yg sangat halus,dimana suara deruan ban dapat dieliminasi dengan "sangat"baik,sehingga suara yg masuk ke kabin jauh lebih kecil dibanding saya memakai ban yoko...
untuk keempukannya,ban ini juga sangat empuk...bahkan istri saya yg rada "cerewet" pun puas dgn keempukan yg diberikan oleh michelin ini,entah karena bannya masih baru atau memang rubber yg dipakainya beda...
oh yah,ada lagi satu hal yg paling saya sukai dari ban ini...yaitu ban ini tidak memiliki pola/alur yg berbeda antara sisi kiri atau kanan (dgn kata lain bukan ban rotasi) jadi tinggal diputar balik dan dibolak balikpun tidak ada masalah takut salah pasang...

sebelumnya saya pun ragu dalam memilih ban,ada dalam pikiran saya untuk memilih ban bridgestone HP d680 yg sudah direview oleh SMers SMers diatas...yg menjadi pertimbangan saya adalah,ban Bridgestone tersebut adalah ban dgn kembang rotasi dan juga ban BS ini(khususnya yg dipasarkan di Indonesia,di luar negri saya tidak tahu)tidak mencantumkan Load index ataupun Total pressure yg dapat diterima oleh ban ini,sangat berbeda dengan Michelin Latitude HP yg penuh dengan embel embel huruf dan nomor nomor (istilahnya lebih diakui di dunia) CMIIW
nah,Michelin bukan berarti tanpa kelemahan...bbrp kelemahan dari ban ini adalah :Harga yg cukup tinggi (ttp rasanya sebanding dgn tread wearnya yg 440) plus ban ini berbentuk rada donut (tidak keren/tidak gahar)
kesimpulan bagi TS jika prefer untuk ban yg Silent dan Comfort (tipikal bapak bapak sayang keluarga), Michelin Latitude Tour ini adalah produk yg sangat sesuai dengan kriterianya...lain halnya jika TS lebih prefer Kegaharan,dan Alur yg agresif untuk memotong air bisa lebih memilih ban ban yg memiliki rotasi pada alurnya...
sekian dan terima kasih...Thk u...mudah mudahan SMers tdk ada yg merasa terpojok oleh review saya yah...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
^^^
nah...ini dia yg ditunggu-tunggu... terimakasih meneer...
tapi...lebih keren lagi kalo disertai upload fotonya kan?
buat meneer AD74YA, akhirnya ada yg kasih testimoni Latitude-nya, jadi ga perlu tunggu saya toh?
ayo....pakai aja, jadi nanti biar ada 2nd opinion di SM ini
nah...ini dia yg ditunggu-tunggu... terimakasih meneer...


tapi...lebih keren lagi kalo disertai upload fotonya kan?

buat meneer AD74YA, akhirnya ada yg kasih testimoni Latitude-nya, jadi ga perlu tunggu saya toh?

ayo....pakai aja, jadi nanti biar ada 2nd opinion di SM ini

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
waaah menarik meneer.. tapi something fishy tentang dia pemakai michelin tapi nick nya juga michelin.. apakah coincidence., apakah fanatik.. taukah pedagang?.. gimana nih bang michelin? 

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
saya nicknya nescafe, juga peminum nescafe.,,,AD74YA wrote:waaah menarik meneer.. tapi something fishy tentang dia pemakai michelin tapi nick nya juga michelin.. apakah coincidence., apakah fanatik.. taukah pedagang?.. gimana nih bang michelin?

Permisii
............................. 


-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
Yah yang dibahas cukup mendalam juga soalnya; adanya rotasi atau enggak.. jadi pasti tau tentang ban yang banyak orang awam ga merhatiin.. sorry no offence.. asal analisis ajanescafe wrote:saya nicknya nescafe, juga peminum nescafe.,,,AD74YA wrote:waaah menarik meneer.. tapi something fishy tentang dia pemakai michelin tapi nick nya juga michelin.. apakah coincidence., apakah fanatik.. taukah pedagang?.. gimana nih bang michelin?


udah pernah pake ban apa aja oom michelin?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Thu Jul 30, 2009 6:37
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
curiga mah wajar wajar saja bro...gua mah cuma pemakai doang...ban ban yg pernah gua pake di x-trail yah ban stdnya yg dunlop grandtek (ini ban parah banget)trus ganti ke 18" pake yoko advan dan setelah gak tahan ama bunyinya (pemakaian 2 tahun)gua ganti ke michelin...nah,dari sono deh gua tergila gila ama merek ban ini,sampe sampe ban mobil istri saya (swift)yg sudah pakai yoko c.drive (205/50/16)gua ganti ke michelin primacy lc...hehehe
kalo soal nick saya michelin soalnya semenjak saya mencoba ban ini saya ngefans bgt gua ama ban ini...di forum tetangga gua juga pake nick neova,emangnya gua orang yoko?hehehe
nah inilah yg namanya forum...dimana kita kita saling bertukar pikiran,yg mana yg menurut gua bagus...gua coba kasih tau,demikian juga sebaliknya...sama sama belajar lah istilahnya
kalau soal rotasi kenapa gua bisa ngerti,yah soalnya gua cari barang sangat selektif...dulu pas masih bujang memang bener gua demen ban yg UHP (ultra high performance)yg notabene kembang alurnya keren keren...tapi seiring tambah tua dan bertambah ilmu (thx to SM)gua lebih milih ban yg fungsinya gak bikin rumit,toh boil boil kita juga gak bakalan kita pacu sampe lebih dari 200km kan? (selain performa mesin gak mendukung,gua sih gak ada nyali!spidometer lewat 150 aja dah gemeter)...dulu pas mau ganti ban xtrail juga sempet kepincut ama ban toyo open country HT (gak ada rotasi juga)...yg HT yah bukan MT ato AT loh...dimana rating ban open country ini (review di 1010tires)tinggi benerrrr,ngalahin si michelin ini...hanya saja stok pada saat itu gak ready,dan ditawarin michelin ama toko yg biasa gua beli...awalnya gua kaget pas denger harga si mich ini (sbg perbandingan mich gua beli seharga 2.4 per buah sedangkan toyo ht 1.9 per buah)tapi setelah liat dan googling di web gua putusin untuk cobain nih merek,dan gua sampe sekarang puas bener...
untuk bro nescafe dari post post dia,gua bisa simpulin kalo si bro ini demen bgt ama yg namanya car detailing...mungkin setelah selesai detailing dia selalu minum nescafe buat pelepas dahaganya yah
kalo soal nick saya michelin soalnya semenjak saya mencoba ban ini saya ngefans bgt gua ama ban ini...di forum tetangga gua juga pake nick neova,emangnya gua orang yoko?hehehe
nah inilah yg namanya forum...dimana kita kita saling bertukar pikiran,yg mana yg menurut gua bagus...gua coba kasih tau,demikian juga sebaliknya...sama sama belajar lah istilahnya

kalau soal rotasi kenapa gua bisa ngerti,yah soalnya gua cari barang sangat selektif...dulu pas masih bujang memang bener gua demen ban yg UHP (ultra high performance)yg notabene kembang alurnya keren keren...tapi seiring tambah tua dan bertambah ilmu (thx to SM)gua lebih milih ban yg fungsinya gak bikin rumit,toh boil boil kita juga gak bakalan kita pacu sampe lebih dari 200km kan? (selain performa mesin gak mendukung,gua sih gak ada nyali!spidometer lewat 150 aja dah gemeter)...dulu pas mau ganti ban xtrail juga sempet kepincut ama ban toyo open country HT (gak ada rotasi juga)...yg HT yah bukan MT ato AT loh...dimana rating ban open country ini (review di 1010tires)tinggi benerrrr,ngalahin si michelin ini...hanya saja stok pada saat itu gak ready,dan ditawarin michelin ama toko yg biasa gua beli...awalnya gua kaget pas denger harga si mich ini (sbg perbandingan mich gua beli seharga 2.4 per buah sedangkan toyo ht 1.9 per buah)tapi setelah liat dan googling di web gua putusin untuk cobain nih merek,dan gua sampe sekarang puas bener...
untuk bro nescafe dari post post dia,gua bisa simpulin kalo si bro ini demen bgt ama yg namanya car detailing...mungkin setelah selesai detailing dia selalu minum nescafe buat pelepas dahaganya yah

-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
Thanks atas penjelasannya bro.. Berarti singkat kata; Fan(atik) Michelin..Michelin wrote:curiga mah wajar wajar saja bro...gua mah cuma pemakai doang...ban ban yg pernah gua pake di x-trail yah ban stdnya yg dunlop grandtek (ini ban parah banget)trus ganti ke 18" pake yoko advan dan setelah gak tahan ama bunyinya (pemakaian 2 tahun)gua ganti ke michelin...nah,dari sono deh gua tergila gila ama merek ban ini,sampe sampe ban mobil istri saya (swift)yg sudah pakai yoko c.drive (205/50/16)gua ganti ke michelin primacy lc...hehehe
kalo soal nick saya michelin soalnya semenjak saya mencoba ban ini saya ngefans bgt gua ama ban ini...di forum tetangga gua juga pake nick neova,emangnya gua orang yoko?hehehe
nah inilah yg namanya forum...dimana kita kita saling bertukar pikiran,yg mana yg menurut gua bagus...gua coba kasih tau,demikian juga sebaliknya...sama sama belajar lah istilahnya![]()
kalau soal rotasi kenapa gua bisa ngerti,yah soalnya gua cari barang sangat selektif...dulu pas masih bujang memang bener gua demen ban yg UHP (ultra high performance)yg notabene kembang alurnya keren keren...tapi seiring tambah tua dan bertambah ilmu (thx to SM)gua lebih milih ban yg fungsinya gak bikin rumit,toh boil boil kita juga gak bakalan kita pacu sampe lebih dari 200km kan? (selain performa mesin gak mendukung,gua sih gak ada nyali!spidometer lewat 150 aja dah gemeter)...dulu pas mau ganti ban xtrail juga sempet kepincut ama ban toyo open country HT (gak ada rotasi juga)...yg HT yah bukan MT ato AT loh...dimana rating ban open country ini (review di 1010tires)tinggi benerrrr,ngalahin si michelin ini...hanya saja stok pada saat itu gak ready,dan ditawarin michelin ama toko yg biasa gua beli...awalnya gua kaget pas denger harga si mich ini (sbg perbandingan mich gua beli seharga 2.4 per buah sedangkan toyo ht 1.9 per buah)tapi setelah liat dan googling di web gua putusin untuk cobain nih merek,dan gua sampe sekarang puas bener...
untuk bro nescafe dari post post dia,gua bisa simpulin kalo si bro ini demen bgt ama yg namanya car detailing...mungkin setelah selesai detailing dia selalu minum nescafe buat pelepas dahaganya yah

Nggak masalah oom.. kalau dalam forum nggak ada keterbukaan memang nggak enak, itulah enaknya SM.. semua biar lebih jelas aja bahwa ternyata saya kurang lebih memiliki sifat yang sama sama oom.. Sangat selektif memilih barang dan keselektifan itu efeknye adalah pengetahuan.. begitu kira-kira

Hmm alright.. Saya akan lihat ke TKP langsung nantinya untuk compare BS dan Michelin.. Setelah saya googling lebih lanjut, Michelin ini bagus juga ratingnya.. Sedangkan untuk yoko spec-x yang banyak mereview ratingnya biasanya yang pake mobil high end (such as Bentley atau Escalade) yang sudah custom rims more than 19"..
Makasih masukannya oom dan salam kenal

NB: si nescafe itu bukan penjual kopi tapi sama fan(atik) kopi juga..

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
go..ban nya sudah diganti?
kalo dari pengalaman ane...geolandar h/t-s g051 termasuk mantap..
:)...pasti lbh senyap drpd dueler h/t...
kalo ngak yah toyo open country h/t...ente gak perlu bgt performance kan?:)heheheh
kalo dari pengalaman ane...geolandar h/t-s g051 termasuk mantap..

kalo ngak yah toyo open country h/t...ente gak perlu bgt performance kan?:)heheheh
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
belum.. masih dalam proses pencarian jati diri... seperti mencari pasangan hidup oomZombiEE wrote:go..ban nya sudah diganti?
kalo dari pengalaman ane...geolandar h/t-s g051 termasuk mantap..:)...pasti lbh senyap drpd dueler h/t...
kalo ngak yah toyo open country h/t...ente gak perlu bgt performance kan?:)heheheh

ini cuma minta masukan2 aje.. kalauminta masukan mendadak pas mau ganti tar ga sempet ada pertimbangan donk.. iya ga...?

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
hahahahaha,,,,,darrraaammm bah kata2nya..uwakakakka..
update news: geolandar lagi susah barang nya..bisa diganti ke bs h/p 680?heheheh
update news: geolandar lagi susah barang nya..bisa diganti ke bs h/p 680?heheheh
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
om jembie emang xtrel nya mo dipake buat apaan.. koq ampe pake seri geolandar sgala...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
buat lebih silent dan tangguh..wuakakakaka...
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
oke setelah coba kanan kiri pilihan jatuh padaaa...................................... eng ing eng!....
Michelin Tour Lattitude HP
Terima kasih atas partisipasi nya dalam memilih suhu2 dan master2 disini....

Michelin Tour Lattitude HP
Terima kasih atas partisipasi nya dalam memilih suhu2 dan master2 disini....

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
Tampaknya saya termasuk bapak-bapak yang sayang keluarga juga....Michelin wrote:
kesimpulan bagi TS jika prefer untuk ban yg Silent dan Comfort (tipikal bapak bapak sayang keluarga), Michelin Latitude Tour ini adalah produk yg sangat sesuai dengan kriterianya...
(cuma minus istri dan anak wakakaka

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
hehehhee..haloo bapak brago yang terhormat...uwakawkakakaka:p
oiya..report hasil dueler h/p: dari kesenyepan dulu yah....bole lah...lbh senyap dr dueler h/t687:)......ntah kalo uda dipakai agak lama:)
oiya..report hasil dueler h/p: dari kesenyepan dulu yah....bole lah...lbh senyap dr dueler h/t687:)......ntah kalo uda dipakai agak lama:)
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
Tadi saya sempat test dua kali puter 4 jenis ban.. 2 BS dan 2 Michelin...
Kecuali Michelin Energy, ukuran tiap ban adalah 225/65/17.. Kendaraan, kecuali Michelin energy, adalah New CRV yang sama (1 mobil)
BS Dueler H/T 470 BS Dueler H/P 680 Michelin Latitude Tour HP Michelin Energy (standar ban New Accord VTI-L 2.4L- test menggunakan unit Accord juga) Review:
-Penampilan: (dari yang paling bagus)
Pertama kali ngeliat BS Dueler H/P cuma bisa bilang; Wow!......
Desainnya mantep.. Patternnya sekilas liar meskipun masih wajar (compared to Yoko Spec-2 yang saya pasang di City).. Dari samping pun terlihat bagus, kokoh dan meskipun terlihat seperti OEM tires, tapi kalau memperhatikan pattern di sidewall nya orang pasti tau ini performance tires.. Tulisan di Sidewall nggak spesial, bagi orang ga ngerti ga akan tau ini ban bagus
Berikutnya Michelin Latitude Tour HP.. Dari desain pattern tread, orang udah bisa tau bahwa ban ini adalah ban mewah.. dan sudah jelas terlihat dari polanya bahwa kelebihannya adalah silence.. Kurang suka ketika dimasukkan velg bentuknya agak mendonat dan ada bagian bibir velg yang slightly masih muncul (kira2 0,5mm- tadi saya ukur).. Tapi ketika dipasang di mobil, ban ini istimewa.. Sidewall bagus dan terlihat mewah.. (keliatan ini teh ban mahal-terutama di tulisan Michelin).. Spesifikasi ditulis di sidewall lengkap seperti buat cerpen di dinding ban
- Selain sidewallnya yang terlihat istimewa, ketika dipasang ban ini seakan seperti ban ukuran 60 atau 55, profilenya terlihat lebih tipis dari ukuran sebenarnya.. disinyalir karena pada dinding atas ban desainnya melengkung masuk..
Lalu Michelin Energy.. Nggak ada yang special dari desain pattern nya sejujurnya pertama kali melihat yang terbayang adalah Dunlop Grantrek
.. Tapi... Ketika dipasang.. kentara bahwa ini adalah Michelin.. dan terlihat mewah
BS Dueler H/T 470 nggak begitu spesial.. baik dari posisi terpasang atau tidak.. terlihat purely seperti ban OEM dan terkesan murahan...
-Performa:
Daerah pengetesan adalah jalan basah karena hujan.. Aspal hitam, dengan jalan lurus kira-kira 200 meter (400m bolak balik), belokan patah 90 derajat sebanyak 4 kali dan U turn 1 kali.. Buat barudak Bandung biar bisa bayangin, jalannya di Dago, start dari Blackberry lounge (bekas DSE) sampai depan Superindo Dago (taman depan Dunkin Donut dago).. Tiap ban sebenernya dapet jatah terserah berapa kali muter.. tapi karena ga enak saya cuma 2x muter.. satu keadaan tenang satu rada ngebut.. tapi pas nikung 90 derajat pake full speed yang bisa didapat..
Diurut dari yang terbaik;
Michelin Latitude Tour HP dan BS Dueler H/P saya anggap imbang.. Pertimbangan ini karena; sebenernya saya merasa lebih confident belok patah dengan Tour HP, distorsi badan mobil minim dan mobil lebih mudah dikontrol.. Tapi setelah disadari ternyata dengan BS H/P beloknya lebih patah (traksi lebih baik dari Michelin) tapi efek sampingnya justru body roll lebih terasa.. di jalan lurus performa kedua ban ini sama
Michelin Energy, traksi ketika belok baik, dan untuk ukuran ban standar, di jalan basah termasuk sangat baik performanya
BS H/T, performanya juga terhitung sangat baik tetapi kalah dibanding Michelin
Kenyamanan:
Dari yang terbaik;
Tour HP: Peredaman jalan bergelombang sangat baik, pengendaraan-kekerasan termasuk ke kelas lembut (belum dicoba apakah di top speed masih oke performancenya), dan masalah kebisingan... inilah nilai utama Tour.. ban termasuk sangat silent
BS H/T : Peredaman jalan bergelombang sangat baik, kekerasan standar, kebisingan termasuk tidak bising (masih lebih noisy dibanding tour)
BS H/P : Peredaman jalan bergelombang sangat baik, kekerasan termasuk standar, kebisingan.. menurut saya termasuk agak bising (lil bit noise-paling tidak di jalan basah tempat saya coba)
Energy : Peredaman jalan bergelombang baik, kekerasan termasuk agak firm (beberapa orang bilang; sporty)- bukan hal yang mengagetkan mengingat karetnya lebih keras dibanding ban biasa (makanya namanya "energy" means ECO.. means "supposed to be lebih awet dibanding ban standar" makanya karetnya lebih keras), kebisingan termasuk agak bising tetapi masih dibawah BS H/P
-------------------------------------
Verdict:
Sejujurnya awal pengetesan saya berharap besar pada BS Dueler H/T.. Selain karena BS terbukti durabilitasnya, pun lebih murah dan lebih mudah didapat.. Sedangkan untuk Michelin sebenarnya saya anggap sebagai bonus test bukan concern utama..
Poin Subjektif :
Tetapi setelah ngiter 2x..... Dan pandangan itu pun berubah... Tour HP terbukti jadi ban yang sangat nyaman pun didukung dengan performa luar biasa buat saya... ditambah dengan recommended rotation every 10.000km highway usage berarti umur ban ini bisa mencapai lebih dari 20.000 at least, dengan rotasi tiap 5000km maybe even better...
Point (mungkin) objektif (diambil dari hasil test dengan parameter buatan sendiri);
(Penilaian per poin (nyaman, performa, penampilan), untuk posisi pertama mendapat 4, kedua 3, ketiga 2, dan keempat )
Michelin Tour HP (11/12)
BS Dueler H/P 680 (10/12)
Michelin Energy (6/12)
BS Dueler H/T 470 (5/12)
Yahhhhh.... IMHO yaaa...

Kecuali Michelin Energy, ukuran tiap ban adalah 225/65/17.. Kendaraan, kecuali Michelin energy, adalah New CRV yang sama (1 mobil)
BS Dueler H/T 470 BS Dueler H/P 680 Michelin Latitude Tour HP Michelin Energy (standar ban New Accord VTI-L 2.4L- test menggunakan unit Accord juga) Review:
-Penampilan: (dari yang paling bagus)
Pertama kali ngeliat BS Dueler H/P cuma bisa bilang; Wow!......

Berikutnya Michelin Latitude Tour HP.. Dari desain pattern tread, orang udah bisa tau bahwa ban ini adalah ban mewah.. dan sudah jelas terlihat dari polanya bahwa kelebihannya adalah silence.. Kurang suka ketika dimasukkan velg bentuknya agak mendonat dan ada bagian bibir velg yang slightly masih muncul (kira2 0,5mm- tadi saya ukur).. Tapi ketika dipasang di mobil, ban ini istimewa.. Sidewall bagus dan terlihat mewah.. (keliatan ini teh ban mahal-terutama di tulisan Michelin).. Spesifikasi ditulis di sidewall lengkap seperti buat cerpen di dinding ban

Lalu Michelin Energy.. Nggak ada yang special dari desain pattern nya sejujurnya pertama kali melihat yang terbayang adalah Dunlop Grantrek

BS Dueler H/T 470 nggak begitu spesial.. baik dari posisi terpasang atau tidak.. terlihat purely seperti ban OEM dan terkesan murahan...

-Performa:
Daerah pengetesan adalah jalan basah karena hujan.. Aspal hitam, dengan jalan lurus kira-kira 200 meter (400m bolak balik), belokan patah 90 derajat sebanyak 4 kali dan U turn 1 kali.. Buat barudak Bandung biar bisa bayangin, jalannya di Dago, start dari Blackberry lounge (bekas DSE) sampai depan Superindo Dago (taman depan Dunkin Donut dago).. Tiap ban sebenernya dapet jatah terserah berapa kali muter.. tapi karena ga enak saya cuma 2x muter.. satu keadaan tenang satu rada ngebut.. tapi pas nikung 90 derajat pake full speed yang bisa didapat..

Diurut dari yang terbaik;
Michelin Latitude Tour HP dan BS Dueler H/P saya anggap imbang.. Pertimbangan ini karena; sebenernya saya merasa lebih confident belok patah dengan Tour HP, distorsi badan mobil minim dan mobil lebih mudah dikontrol.. Tapi setelah disadari ternyata dengan BS H/P beloknya lebih patah (traksi lebih baik dari Michelin) tapi efek sampingnya justru body roll lebih terasa.. di jalan lurus performa kedua ban ini sama
Michelin Energy, traksi ketika belok baik, dan untuk ukuran ban standar, di jalan basah termasuk sangat baik performanya
BS H/T, performanya juga terhitung sangat baik tetapi kalah dibanding Michelin
Kenyamanan:
Dari yang terbaik;
Tour HP: Peredaman jalan bergelombang sangat baik, pengendaraan-kekerasan termasuk ke kelas lembut (belum dicoba apakah di top speed masih oke performancenya), dan masalah kebisingan... inilah nilai utama Tour.. ban termasuk sangat silent
BS H/T : Peredaman jalan bergelombang sangat baik, kekerasan standar, kebisingan termasuk tidak bising (masih lebih noisy dibanding tour)
BS H/P : Peredaman jalan bergelombang sangat baik, kekerasan termasuk standar, kebisingan.. menurut saya termasuk agak bising (lil bit noise-paling tidak di jalan basah tempat saya coba)
Energy : Peredaman jalan bergelombang baik, kekerasan termasuk agak firm (beberapa orang bilang; sporty)- bukan hal yang mengagetkan mengingat karetnya lebih keras dibanding ban biasa (makanya namanya "energy" means ECO.. means "supposed to be lebih awet dibanding ban standar" makanya karetnya lebih keras), kebisingan termasuk agak bising tetapi masih dibawah BS H/P
-------------------------------------
Verdict:
Sejujurnya awal pengetesan saya berharap besar pada BS Dueler H/T.. Selain karena BS terbukti durabilitasnya, pun lebih murah dan lebih mudah didapat.. Sedangkan untuk Michelin sebenarnya saya anggap sebagai bonus test bukan concern utama..
Poin Subjektif :
Tetapi setelah ngiter 2x..... Dan pandangan itu pun berubah... Tour HP terbukti jadi ban yang sangat nyaman pun didukung dengan performa luar biasa buat saya... ditambah dengan recommended rotation every 10.000km highway usage berarti umur ban ini bisa mencapai lebih dari 20.000 at least, dengan rotasi tiap 5000km maybe even better...
Point (mungkin) objektif (diambil dari hasil test dengan parameter buatan sendiri);
(Penilaian per poin (nyaman, performa, penampilan), untuk posisi pertama mendapat 4, kedua 3, ketiga 2, dan keempat )
Michelin Tour HP (11/12)
BS Dueler H/P 680 (10/12)
Michelin Energy (6/12)
BS Dueler H/T 470 (5/12)
Yahhhhh.... IMHO yaaa...


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
Nah kira2 seperti itu test dari saya...
Hal berikutnya yang saya takutkan adalah... Tipikal pengendaraan Tour HP yang cenderung lembut.. apakah performanya masih bagus di top speed untuk diajak bermanuver?... Gimana nih pak Michelin?.... Dari pengalaman anda?
(Kalau BS H/P udah jelas sangat-sangat bagus di top speed.. karena dari berkendaraan ringan aja udah terasa gripnya mantap..)
Hal yang kedua... Ketika melihat spesifikasinya ..... Standar New CRV adalah 225/65/17... yang mana ketika dilihat spesifikasi Tour HP, ukuran 225/65/17 speed ratingnya adalah T (estimated 190 km/h), apakah bisa jika saya memakai 235/65/17 untuk velg standar new CRV? karena dari speed ratingnya saja V (est. 240km/h).. jika saya mencari grip lebih untuk velg standar new CRV...
Mohon bantuannya suhu-suhu.. apakah bisa pake 235/65/17?...
Hal berikutnya yang saya takutkan adalah... Tipikal pengendaraan Tour HP yang cenderung lembut.. apakah performanya masih bagus di top speed untuk diajak bermanuver?... Gimana nih pak Michelin?.... Dari pengalaman anda?
(Kalau BS H/P udah jelas sangat-sangat bagus di top speed.. karena dari berkendaraan ringan aja udah terasa gripnya mantap..)
Hal yang kedua... Ketika melihat spesifikasinya ..... Standar New CRV adalah 225/65/17... yang mana ketika dilihat spesifikasi Tour HP, ukuran 225/65/17 speed ratingnya adalah T (estimated 190 km/h), apakah bisa jika saya memakai 235/65/17 untuk velg standar new CRV? karena dari speed ratingnya saja V (est. 240km/h).. jika saya mencari grip lebih untuk velg standar new CRV...
Mohon bantuannya suhu-suhu.. apakah bisa pake 235/65/17?...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
bisaaaa aja Bang...
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
bisaaaa apa Bang?...Abu2 wrote:bisaaaa aja Bang...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
itu semua kondisi bannya masih baru ting ting ya?
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
Betul.. variabel treadwear dan performance setelah terpakai ga ada test nya...evolution21 wrote:itu semua kondisi bannya masih baru ting ting ya?

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Need Review Ban : Yoko Spec-X, Turanza GR80, Toyo DRB
nice review bro
patut dicoba nih michelin, ntar nunggu setelah toyonya botak ah
patut dicoba nih michelin, ntar nunggu setelah toyonya botak ah