Saya lg "puyeng" nih habis terima estimasi biaya servis dari salah satu bengkel resmi Toyota.
Awal masalahnya rem Toyota Innova G th 2007 saya agak nge-loss. Pedal rem ringan banget saat direm. Sampai Jumat (2/10) kemaren, supir saya bawa mobil itu. Eh, di salah satu perempatan, pas si supir mau ngejalanin lagi mobilnya, rem di roda depan terus mengunci. Untung setelah berhasil minggir, mobil didongkrak, roda depan dilepas, rem dibersihin pakai lap, habis itu bisa jalan lagi.
Langsung dibawa ke Be-Res Toyota, diperiksa sama Svc Advisor, trus dibilang mesti nginep.
Hari ini baru keluar estimasi servisnya : hampir Rp 5jt

Paling mahal komponen LSP valve (load-sensing-proportioning valve?), nyaris Rp 1,3jt
Perincian servis :
Jasa
1. Overhaul rem dpn - blkng
2. Ganti LSP valve
3. Ganti Master clutch
4. Overhaul release clutch
Parts
1. Seal rem depan
2. Seal rem belakang
3. Minyak rem
4. Seal master rem
5. Master Kopling
6. Seal release kopling
7. LSP valve
8. Tutup reservoir rem
Saya takjub melihat kerusakannya parah utk mobil usia 2 thun. Padahal saya patuh ketentuan servis di Be-Res (biasanya AUTO2000 atau di bengkel TAM), penggunaan mobil normal (km. 55.000, luar kota : cuman sekali ke Lampung, bbrp kali bolak-balik Bandung), sehari2 biasanya diisi 3 org (saya,istri,supir), jarang ngangkut Aa, Kakek, Nenek, teteh, dan kawan-kawan.
Minyak rem TDK PERNAH saya tambah sendiri, semua perawatan ditangani Be-Res.
Sy (atau supir) paling2 cek cairan radiator, aki, sama oli.
Sayangnya saya sdng di luar kota, jd tdk bs langsung diskusi dgn mekaniknya.
cuman minta tolong temen di kantor buat ngurus ke bengkel.
Kira2 para master di sini ada yg bisa bantu analisis (sbg second opinion) :
1. Apakah yg menyebabkan rem mobil saya sampai rusak gitu? Kok bisa ya sampai merembet ke koplingnya?
2. Apakah ini kesalahan saya sbg konsumen atau memang kualitas produknya bermasalah?
3. Atau ada kesalahan mekanik saat perawatan?
Thx in advance ya buat yg mau ikut nimbrung
