Minal Aidin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir & bathin Bro imsus.imsus2c wrote:absen.... absen....![]()
sorry semuanya, barusan pegang komputer hari ini setelah hampir 2 minggu "menyepi" tanpa komputer
berhubung masih holiday-lag, cerita2nya besok aja ya....sekarang mau nyantai dulu
![]()
........
(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Fly Like a Bird
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
inoz wrote:slam tuk bro Sharky, gmn dah beres santinya, aku ikut sedih, semoga adres dr bro andra bs bantu2 tuk cari part nya lampu dll, sedih emang sig mobil mulus2 eh nyium pantat truk
bener neh ane mo ganti rem depan blakang, kesimpulan bisa pake aftermarket asal jenisnya pas tuk trajet sebab kompatibel dan sejenis merek kayaknya agak aman drpdr jenis mitsu kali yaaa
eman tentang harga agak gelap tuh, klo aftermnrket kayanya seh depan blakang rp. 400 rb, klo ori santi tembus rp. 950 rb kmarin.
Bro yg mo ganti shok depan, klo yg asli merek mundo klo gak salah, tapi bisa diganti yg aftermarket, ane pake KTB bikinan blanda sekitar rp. 1,4 jt sepasang, skarang masih enak ane ganti awal th lalu. dan bantingannya juga stabil.
baca sebelum bro imsus juga dah ganti
met dayang di SOCI deh klo sesama pengguna santi, ayooo gabung nambah2 kawan dan silaturahmi
for alll : hati2 di jalan yg mudik dan selamat hari raya idul fitri mhn maaf lahir dan batin
kapan rencana kopdar neh ?
Absen dulu ach....!!!
Iya nich mana ya bro Sharky...mudah2an udh balik ke jkt dan beresin tuh si-santi yang rada masalah sedikit selama dalam perjalanan dan mudah-mudahan santinya udh sehat juga...!!!
Gimana bro sekarang kuondisi santinya....???
Iya nich spt yg dibilang bro Inoz, kapan ya kita kopdaran lagee....???
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Time to post
Sharing pengalaman nih...
Tanggal 18/09/09, berangkat mudik ke semarang dari mojokerto... berangkat pk.21.00 malam hari. Isi pertamax+ full di tol sidoarjo dulu.
Rute: Mojokerto-Jombang-Nganjuk-Caruban-Ngawi-Sragen-Gemolong(rute alternatif)-Salatiga-Semarang, total sekitar 350Km, tanpa tol.
Jalanan sepi....secara saya melawan arus mudik
, yg padat arus yg dari barat ke timur
Muatan 2 orang dewasa (termasuk driver), karena sepi...jadi bisa "mengoptimalkan" santi. Kebetulan santi lagi enggak merajuk, jadi di beberapa rute bisa lari 120-140 kph (termasuk di tanjakan)
Tetapi....terjadilah hal yg sedikit mengagetkan... sampai di rute Ngawi ke arah perbatasan JaTim-JaTeng, kira2 menjelang dini hari, tiba2 santi batuk2, tersendat-sendat dan mengelitik hebat... Di gas terasa mberebet dan ndut2an, mana rutenya lagi naik turun gelap dihutan jati antara Kedung Galar - Mantingan, rute dimana dulu alm. Sophan Sopiaan mengalami kecelakaan fatal yg merenggut jiwanya.
Wah...sempat keringat dingin....
Saya paksakan jalan pelan, sampai ketemu jalan lebar dan terang tepat diperbatasan JaTim-JaTeng..., trus buka kap mesin..pakai lampu senter sorot sana-sini. Ternyata...socket connector dari senso MAF lepas, betul2 terlepas...
Ya udah, colokkin lagi, dan buat jaga-jaga, sambungan saya ikat pakai isolasi kain...syukurlah setelah itu aman
Sampai di rute tanjakan jalur alternatif Sragen-Salatiga, tiba2 si santi ngempos habis... penyakit power-lag di rpm rendah mendadak kambuh. Terpaksa stopdulu dan kasih terapi reset ECU sesuai anjuran pak penyuturbo dulu...habis itu maknyuss lagi
Tetapi santi rupanya masih merajuk, ngemposnya kumat berulang kali di rute ini
Sampai di Salatiga pk.04.00 pagi....mepet...buru2 sahur, pas banget selesai sahur ada adzan shubuh....
Tinggal 50Km lagi ke semarang....apa daya badan dah capek, nyetir santai aja...
Alhamdulillah, selamat sampe semarang pk. 05.30....habis itu langsung tepar seharian...
bangunnnya buka puasa dan langsung takbiran
Buat para santier lain, sempatkan juga untuk selalu mengecek kondisi kelistrikan dan elektroniknya santi

Sharing pengalaman nih...
Tanggal 18/09/09, berangkat mudik ke semarang dari mojokerto... berangkat pk.21.00 malam hari. Isi pertamax+ full di tol sidoarjo dulu.
Rute: Mojokerto-Jombang-Nganjuk-Caruban-Ngawi-Sragen-Gemolong(rute alternatif)-Salatiga-Semarang, total sekitar 350Km, tanpa tol.
Jalanan sepi....secara saya melawan arus mudik

Muatan 2 orang dewasa (termasuk driver), karena sepi...jadi bisa "mengoptimalkan" santi. Kebetulan santi lagi enggak merajuk, jadi di beberapa rute bisa lari 120-140 kph (termasuk di tanjakan)
Tetapi....terjadilah hal yg sedikit mengagetkan... sampai di rute Ngawi ke arah perbatasan JaTim-JaTeng, kira2 menjelang dini hari, tiba2 santi batuk2, tersendat-sendat dan mengelitik hebat... Di gas terasa mberebet dan ndut2an, mana rutenya lagi naik turun gelap dihutan jati antara Kedung Galar - Mantingan, rute dimana dulu alm. Sophan Sopiaan mengalami kecelakaan fatal yg merenggut jiwanya.
Wah...sempat keringat dingin....

Saya paksakan jalan pelan, sampai ketemu jalan lebar dan terang tepat diperbatasan JaTim-JaTeng..., trus buka kap mesin..pakai lampu senter sorot sana-sini. Ternyata...socket connector dari senso MAF lepas, betul2 terlepas...
Ya udah, colokkin lagi, dan buat jaga-jaga, sambungan saya ikat pakai isolasi kain...syukurlah setelah itu aman
Sampai di rute tanjakan jalur alternatif Sragen-Salatiga, tiba2 si santi ngempos habis... penyakit power-lag di rpm rendah mendadak kambuh. Terpaksa stopdulu dan kasih terapi reset ECU sesuai anjuran pak penyuturbo dulu...habis itu maknyuss lagi
Tetapi santi rupanya masih merajuk, ngemposnya kumat berulang kali di rute ini

Sampai di Salatiga pk.04.00 pagi....mepet...buru2 sahur, pas banget selesai sahur ada adzan shubuh....
Tinggal 50Km lagi ke semarang....apa daya badan dah capek, nyetir santai aja...
Alhamdulillah, selamat sampe semarang pk. 05.30....habis itu langsung tepar seharian...


Buat para santier lain, sempatkan juga untuk selalu mengecek kondisi kelistrikan dan elektroniknya santi
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
tgl 22/09/09 shubuh....travelling jalan-jalan ke rute barat, enggak jauh2...cuman ke Tegal, jarak sekitar 160-170Km, muatan 6 orang dewasa dan 1 anak, memang sih..terlalu dipaksakan
Mengangkut Ortu, adik dan sodara
Berangkat pk.05.00, jalanan ke arah barat juga sepi sekali... tetapi yg mudik arah timur masih cukup banyak
Kesempatan lagi untuk mengoptimalkan santi alias gas polll
Di rute tanjakan Weleri-Plelen-Batang (Alas Roban), santi masih bisa dipacu 120Kph....tanjakan lumayan curam
Perjalanan lancar dan santi juga sangat ko-operatif
Masuk Tegal pk.07.15.... 170Km = 2 Jam 15 menit tanpa tol
Cek FC, cuman 1:6.5 hehehe....lha wong muatan penuh dan di-gas poll terus meski tanjakan
Wah....sepanjang perjalanan, santi jadi mobil religius... soalnya sodara dan ortu bolak-balik istighfar dan komat-kamit baca doa melihat keganasan santi dan driver-nya........

Mengangkut Ortu, adik dan sodara
Berangkat pk.05.00, jalanan ke arah barat juga sepi sekali... tetapi yg mudik arah timur masih cukup banyak
Kesempatan lagi untuk mengoptimalkan santi alias gas polll

Di rute tanjakan Weleri-Plelen-Batang (Alas Roban), santi masih bisa dipacu 120Kph....tanjakan lumayan curam

Perjalanan lancar dan santi juga sangat ko-operatif
Masuk Tegal pk.07.15.... 170Km = 2 Jam 15 menit tanpa tol


Cek FC, cuman 1:6.5 hehehe....lha wong muatan penuh dan di-gas poll terus meski tanjakan

Wah....sepanjang perjalanan, santi jadi mobil religius... soalnya sodara dan ortu bolak-balik istighfar dan komat-kamit baca doa melihat keganasan santi dan driver-nya........

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Malam harinya, pulang ke Semarang....
Berhubung sudah ditegur keras sama ortu, yaa udaah.... nyantai.... Apalagi, ternyata masih banyak orang yg mudik....arus ke timur masih lumayan padat..., jarang sekali bisa sampai 100kph
Tidak ada hal special, perjalanan terasa membosankan dan tanpa adrenalin
Waktu tempuhnya jadi normal lagi.... 4 jam
Karena dibawa cukup sopan, FC-nya pun membaik 1:8.5
Sampai semarang, tengah malam, langsung tepar habiss....
Berhubung sudah ditegur keras sama ortu, yaa udaah.... nyantai.... Apalagi, ternyata masih banyak orang yg mudik....arus ke timur masih lumayan padat..., jarang sekali bisa sampai 100kph
Tidak ada hal special, perjalanan terasa membosankan dan tanpa adrenalin

Waktu tempuhnya jadi normal lagi.... 4 jam
Karena dibawa cukup sopan, FC-nya pun membaik 1:8.5
Sampai semarang, tengah malam, langsung tepar habiss....

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Tgl 23/09/09 dini hari pk.01.00, travelling lagi ke Maospati/Magetan, tengok sodara....
Muatan 4 orang dewasa + 1 anak...
Nah....kesempatan buat memacu adrenalin lagi nih....
Lewat jalur konvensional, Semarang-Salatiga-Boyolali-Solo-Sragen-Ngawi-Magetan, kurang lebih 180-200Km tanpa tol
Seperti biasanya, hajar terus gas poll...., berhenti sekali di Boyolali buat isi Pertamax+
Untung...penumpang yg sekarang tidak bawel dan tdk banyak protes...jadi acara ngebut bisa dijalani dengan tenang
Masuk Magetan pk.03.50, durasi 180Km = 2 jam 50 menit
Perjalanan lancar dan santi juga tdk banyak protes...
Muatan 4 orang dewasa + 1 anak...
Nah....kesempatan buat memacu adrenalin lagi nih....
Lewat jalur konvensional, Semarang-Salatiga-Boyolali-Solo-Sragen-Ngawi-Magetan, kurang lebih 180-200Km tanpa tol
Seperti biasanya, hajar terus gas poll...., berhenti sekali di Boyolali buat isi Pertamax+
Untung...penumpang yg sekarang tidak bawel dan tdk banyak protes...jadi acara ngebut bisa dijalani dengan tenang

Masuk Magetan pk.03.50, durasi 180Km = 2 jam 50 menit



Perjalanan lancar dan santi juga tdk banyak protes...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Tgl 24/09/09 dini hari juga pk.01.00, balik ke Semarang...
Muatan masih sama....badan terasa mulai capek setelah bergaya sopir bus malam...
, tarikan AKAP malam-malam
Nyetir sudah mulai nyantai, apalagi penumpang juga tepar....
Rute yg sama, durasi molor dikit jadi 3.5-4 jam, alhamdulillah selamat sampai rumah.
langsung isi pertamax+ dan cek FC, lumayan...dapat 1:8
Siang harinya, iseng2 cek santi....semuanya nampak normal. Hanya saja lubang knalpotnya nampak hitam berjelaga tapi kering dan renyah. Wah, nampaknya selama disiksa gas poll, emisinya jadi memburuk drastis (jelas dong....)
Ok deh...habis itu nyantai aja, sore dan jumat (25/09/09) nyantai muter-muter aja dalkot Semarang
Muatan masih sama....badan terasa mulai capek setelah bergaya sopir bus malam...

Nyetir sudah mulai nyantai, apalagi penumpang juga tepar....
Rute yg sama, durasi molor dikit jadi 3.5-4 jam, alhamdulillah selamat sampai rumah.
langsung isi pertamax+ dan cek FC, lumayan...dapat 1:8
Siang harinya, iseng2 cek santi....semuanya nampak normal. Hanya saja lubang knalpotnya nampak hitam berjelaga tapi kering dan renyah. Wah, nampaknya selama disiksa gas poll, emisinya jadi memburuk drastis (jelas dong....)
Ok deh...habis itu nyantai aja, sore dan jumat (25/09/09) nyantai muter-muter aja dalkot Semarang
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Alhamdulillah......akhirnya semua selamat sampai tujuan 
Welcome back meneer........saat nya kita rock n roll lagi....


Welcome back meneer........saat nya kita rock n roll lagi....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Bedankt meneer..., betul, setelah holiday-lag nya hilang, siap untuk mengorbit di SM lagi... kalo ga rock n roll, rock n blues juga bisamandala1 wrote:Alhamdulillah......akhirnya semua selamat sampai tujuan
Welcome back meneer........saat nya kita rock n roll lagi....![]()

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Melanjutkan cerita ah...
Tgl 26/09/09, balik ke mojokerto, hanya saja....kali ini niatnya bener-bener adventure tanpa acara ngebut
Rencananya akan ambil rute full-alternatif,
Berangkat dari semarang pk.09.30 pagi, muatan 2 orang (termasuk driver)
Rute dari Semarang ke Salatiga, trus belok kiri ambil jalur alternatif ke Gemolong.
Sampai di Gemolong, sedikit bimbang.... belok kanan ke Solo, terus ke Sragen atau belok kiri ke Purwodadi/Grobogan
Akhirnya, belok kiri....(arah Purwodadi)
Rute melewati tanah tandus hutan jati sekitar waduk Kedung Ombo, setelah Gundih, ada perempatan, terus ke Purwodadi, kanan ke Kuwu
Saya belok kanan ke Kuwu....terus....terus...terus...melewati Doplang, Randu Blatung hingga Cepu
Rute Kuwu-Doplang hingga Cepu ini bener-bener tandus, kering dan jalanannya bagai laut yg lagi diterjang badai alias bergelombang dahsyat
Nah....disinilah keunggulan sebuah SUV (terutama santi
), disaat kendaraan lain hanya mampu melaju 20-40 kph, santi mampu dikebut hingga 60-80 kph.... ya ini sih sebenarnya kombinasi aja...kombinasi kemampuan santi dan kengawuran drivernya...
Shock original santi (merk Mando) menunjukkan performanya, seperti yg pernah sy postingkan sebelumnya, awal tahun ini saya ganti shock. Di jalanan keriting habis, santi mampu dipacu 80 kph tanpa terkocok-kocok didalamnya.
Mungkin Santier/SMer lain ada yg pernah merasakan rute Doplang-Randublatung-Cepu-Bojonegoro
Lepas Cepu menuju Bojonegoro, jalan masih ajrut2an..., baru setelah melintasi Bengawan Solo alias perbatasan JaTeng-JaTim, kondisi jalan berubah 180*
Jalanan di wilayah JaTim betul2 beda sekali.... salut dgn PemProv JaTim
sekaligus sebel dengan PemProv JaTeng
Meskipun domisili di Mojokerto, tapi saya masih ber-KTP Semarang, jadi kadang ada rasa iri melihat perbandingan kondisi JaTim - JaTeng
Lepas Bojonegoro, perjalanan mulai membosankan...terus....terus...masuk Babat dan akhirnya Lamongan
Menjelang Maghrib, akhirnya masuk Surabaya (tol), exit Porong, trus jalan arah Malang, belok kanan Kejapanan, teruss...hingga sampai Mojokerto
Alhamdulillah, selamat sampai tujuan pk.19.00
Tgl 26/09/09, balik ke mojokerto, hanya saja....kali ini niatnya bener-bener adventure tanpa acara ngebut
Rencananya akan ambil rute full-alternatif,
Berangkat dari semarang pk.09.30 pagi, muatan 2 orang (termasuk driver)
Rute dari Semarang ke Salatiga, trus belok kiri ambil jalur alternatif ke Gemolong.
Sampai di Gemolong, sedikit bimbang.... belok kanan ke Solo, terus ke Sragen atau belok kiri ke Purwodadi/Grobogan
Akhirnya, belok kiri....(arah Purwodadi)
Rute melewati tanah tandus hutan jati sekitar waduk Kedung Ombo, setelah Gundih, ada perempatan, terus ke Purwodadi, kanan ke Kuwu
Saya belok kanan ke Kuwu....terus....terus...terus...melewati Doplang, Randu Blatung hingga Cepu
Rute Kuwu-Doplang hingga Cepu ini bener-bener tandus, kering dan jalanannya bagai laut yg lagi diterjang badai alias bergelombang dahsyat
Nah....disinilah keunggulan sebuah SUV (terutama santi


Shock original santi (merk Mando) menunjukkan performanya, seperti yg pernah sy postingkan sebelumnya, awal tahun ini saya ganti shock. Di jalanan keriting habis, santi mampu dipacu 80 kph tanpa terkocok-kocok didalamnya.
Mungkin Santier/SMer lain ada yg pernah merasakan rute Doplang-Randublatung-Cepu-Bojonegoro
Lepas Cepu menuju Bojonegoro, jalan masih ajrut2an..., baru setelah melintasi Bengawan Solo alias perbatasan JaTeng-JaTim, kondisi jalan berubah 180*
Jalanan di wilayah JaTim betul2 beda sekali.... salut dgn PemProv JaTim


Meskipun domisili di Mojokerto, tapi saya masih ber-KTP Semarang, jadi kadang ada rasa iri melihat perbandingan kondisi JaTim - JaTeng
Lepas Bojonegoro, perjalanan mulai membosankan...terus....terus...masuk Babat dan akhirnya Lamongan
Menjelang Maghrib, akhirnya masuk Surabaya (tol), exit Porong, trus jalan arah Malang, belok kanan Kejapanan, teruss...hingga sampai Mojokerto
Alhamdulillah, selamat sampai tujuan pk.19.00
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
akhirnya...tanpa disadari, setelah melihat tripmeter, dari tgl 18/09/09 hingga 27/09/09, santi telah menempuh 1.800an Km
dan ternyata juga telah kelebihan 1000an Km dari jadwal ganti oli/tune up-nya
tgl 28/09/09 kemarin, buru2 dimasukkin ke bengkel langganan di Surabaya buat ganti Olie, tune up dan check sana - sini
sekarang santi masih dititipkan disana dan rencanannya Sabtu ini 03/10/09 akan diambil...moga-moga semuanya masih normal dan tdk perlu bongkar celengan
ditunggu sharing pengalaman santier yg lain.....

dan ternyata juga telah kelebihan 1000an Km dari jadwal ganti oli/tune up-nya
tgl 28/09/09 kemarin, buru2 dimasukkin ke bengkel langganan di Surabaya buat ganti Olie, tune up dan check sana - sini
sekarang santi masih dititipkan disana dan rencanannya Sabtu ini 03/10/09 akan diambil...moga-moga semuanya masih normal dan tdk perlu bongkar celengan

ditunggu sharing pengalaman santier yg lain.....

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Tetapi....terjadilah hal yg sedikit mengagetkan... sampai di rute Ngawi ke arah perbatasan JaTim-JaTeng, kira2 menjelang dini hari, tiba2 santi batuk2, tersendat-sendat dan mengelitik hebat... Di gas terasa mberebet dan ndut2an,
Wah gejala ini ya indikasi masalah pada MAF sensor
Saya paksakan jalan pelan, sampai ketemu jalan lebar dan terang tepat diperbatasan JaTim-JaTeng..., trus buka kap mesin..pakai lampu senter sorot sana-sini. Ternyata...socket connector dari senso MAF lepas, betul2 terlepas...
Ya udah, colokkin lagi, dan buat jaga-jaga, sambungan saya ikat pakai isolasi kain...syukurlah setelah itu aman
Wah kok bisa lepas ya...bukannya ada palstic locknya....!!???
Alhamdulillah, boleh juga nih bro Imsus..dimalam yang gelap bisa langsung ketemu permasalahan....!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Sampai di rute tanjakan jalur alternatif Sragen-Salatiga, tiba2 si santi ngempos habis... penyakit power-lag di rpm rendah mendadak kambuh. Terpaksa stopdulu dan kasih terapi reset ECU sesuai anjuran pak penyuturbo dulu...habis itu maknyuss lagi
Gimana caranya bro Imsus mereset ECU Santi....sharing dunk...!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Mengangkut Ortu, adik dan sodara
Berangkat pk.05.00, jalanan ke arah barat juga sepi sekali... tetapi yg mudik arah timur masih cukup banyak
Kesempatan lagi untuk mengoptimalkan santi alias gas polll
Di rute tanjakan Weleri-Plelen-Batang (Alas Roban), santi masih bisa dipacu 120Kph....tanjakan lumayan curam
Perjalanan lancar dan santi juga sangat ko-operatif
Masuk Tegal pk.07.15.... 170Km = 2 Jam 15 menit tanpa tol![]()
Cek FC, cuman 1:6.5 hehehe....lha wong muatan penuh dan di-gas poll terus meski tanjakan
Hehehe...muatan banyak bukannya sadar malah gas polll....akhirnya boros seboros2nya....1:6.5 ..hahaha


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Siang harinya, iseng2 cek santi....semuanya nampak normal. Hanya saja lubang knalpotnya nampak hitam berjelaga tapi kering dan renyah. Wah, nampaknya selama disiksa gas poll, emisinya jadi memburuk drastis (jelas dong....)
untung aja photo drivernya ngak ditampilin kalau ditampilin.....bisa2 kusut smua rambutnya...hahaha



Minum suplimen ga bro selama perjalannan....kalo santi suplimennya bbm non subsidi khan...???



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
betul pak...karena saking sayangnya...harus kenal lebih mendalam...Kuruma wrote:Wah gejala ini ya indikasi masalah pada MAF sensorTetapi....terjadilah hal yg sedikit mengagetkan... sampai di rute Ngawi ke arah perbatasan JaTim-JaTeng, kira2 menjelang dini hari, tiba2 santi batuk2, tersendat-sendat dan mengelitik hebat... Di gas terasa mberebet dan ndut2an,Saya paksakan jalan pelan, sampai ketemu jalan lebar dan terang tepat diperbatasan JaTim-JaTeng..., trus buka kap mesin..pakai lampu senter sorot sana-sini. Ternyata...socket connector dari senso MAF lepas, betul2 terlepas...
Ya udah, colokkin lagi, dan buat jaga-jaga, sambungan saya ikat pakai isolasi kain...syukurlah setelah itu aman
Wah kok bisa lepas ya...bukannya ada palstic locknya....!!???
Alhamdulillah, boleh juga nih bro Imsus..dimalam yang gelap bisa langsung ketemu permasalahan....!!
kenali gejala ngambeknya...trus dilogika dan disimpulkan...setelah kesimpulan dapat....pencarian sumber ngadatnya bisa lebih difokuskan
waktu itu senterin dulu kondisi kabel busi/koil, socket2 sensor...langsung ketemu dah...
memang, saya juga heran, di socket itu ada kunci plastiknya..eh, ternyata bisa lepas

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Reset yg baik dan benar, tentu harus dilakukan di bengkel dgn alat/software..Kuruma wrote:Sampai di rute tanjakan jalur alternatif Sragen-Salatiga, tiba2 si santi ngempos habis... penyakit power-lag di rpm rendah mendadak kambuh. Terpaksa stopdulu dan kasih terapi reset ECU sesuai anjuran pak penyuturbo dulu...habis itu maknyuss lagi
Gimana caranya bro Imsus mereset ECU Santi....sharing dunk...!!

Tetapi.... dalam kondisi darurat, boleh coba trik yg dikasih pak penyuturbo dulu, istilahnya "terapi 125". Saya coba di santi, hasilnya memang manjur kok

Untuk lengkapnya, baca disini pak:PenyuTurbo wrote:125 detik :r1210g wrote:apa tuh terapi 125?
1. Masukkan kunci kontak dan ON-kan (jangan Start)
2. Injak Pedal gas ampe mentok ... Hitung sampai 5 detik
3. Setelah hitungan 5 detik diatas ... kunci Kontak di OFF-kan
4. Setelah kunci kontak OFF ... Lepas kaki dari pedal gas
5. Tunggu 2 menit (120 detik) - Total 125 detik dengan yang 5 detik diatas.
6. Start Mobil ... dan langsung ngacir
7. Rasakan dan perhatikan Throttle Response !!!!!!!!!!!!
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =16&t=6568
Silakan dicoba dan direview hasilnya disini

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
loh....saya penuh kesadaran kok pak..., sadar sesadarnya sedang mengoptimalkan dan menyiksa santi ..........................Kuruma wrote:Mengangkut Ortu, adik dan sodara
Berangkat pk.05.00, jalanan ke arah barat juga sepi sekali... tetapi yg mudik arah timur masih cukup banyak
Kesempatan lagi untuk mengoptimalkan santi alias gas polll
Di rute tanjakan Weleri-Plelen-Batang (Alas Roban), santi masih bisa dipacu 120Kph....tanjakan lumayan curam
Perjalanan lancar dan santi juga sangat ko-operatif
Masuk Tegal pk.07.15.... 170Km = 2 Jam 15 menit tanpa tol![]()
Cek FC, cuman 1:6.5 hehehe....lha wong muatan penuh dan di-gas poll terus meski tanjakan![]()
Hehehe...muatan banyak bukannya sadar malah gas polll....akhirnya boros seboros2nya....1:6.5 ..hahaha![]()

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Inilah yg saya sesali, tdk ada bukti otentik sewaktu kemampuan santi dikombinasikan dengan kengawuran drivernyaKuruma wrote:Siang harinya, iseng2 cek santi....semuanya nampak normal. Hanya saja lubang knalpotnya nampak hitam berjelaga tapi kering dan renyah. Wah, nampaknya selama disiksa gas poll, emisinya jadi memburuk drastis (jelas dong....)
untung aja photo drivernya ngak ditampilin kalau ditampilin.....bisa2 kusut smua rambutnya...hahaha![]()
![]()
![]()
Minum suplimen ga bro selama perjalannan....kalo santi suplimennya bbm non subsidi khan...???![]()
![]()

Saya ga sempet ambil foto, padahal bawa kamera...secara penumpangnya juga pada lupa (atau males) ambil foto....mungkin mereka lagi nervous

BBM tetep pake pertamax+ pak, 3 bulan terakhir ini saya coba kasih MGO. Iklannya bilang sih dia bukan OB tetapi Fuel-Reformulator (entah apa bedanya

Dari performa, saya rasa tdk banyak bedanya (kalaupun ada, rasanya kok tdk obyektif, secara penilaiannya hanya berdasarkan "feeling" bukan dari alat yg terukur),
Tetapi...dari suara mesin dan getarannya membaik lumayan, terutama saat stasioner atau pas di"kick-down"...meski penilaiannya juga masih berdasarkan "feeling"
Efek negatifnya belom ketehuan, entah besok sabtu ini sewaktu saya ambil santi dari bengkel, apakah mereka kasih komentar khusus, tapi saya tdk cerita ke mereka kalau pake MGO, saya hanya bilang ke mereka kalau pakai BBM-nya selalu pertamax+
Kalau bengkel bilang ada masalah, pasti saya stop pemakaian MGO-nya....cukup pertamax+

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wah bener reporter sejati neh bro imsus
ampe ane ngiler juga
ada rencana seh mo coba offroad ringan sekitar jatiluhur dah disurvey kmarin pake trail
lumayan medanya apalagi masih klering kayak gini, klo basah agak mikir juga
klo libas jalan lubang mahsering nae lakukan dan itulah euuuunaaakknya santi
tapi nae blum coba masuk2 kampung spt bro imsus, di daerahku banuak daerah jln jalannya begit tapi takut pada baert aja sebab banyak alang2 di pinggirnya jlnnya
ditunggu neh reportnya yang lain
mana bro shraky hasil mudiknya ke Bali
dan yang lain pada sibuk yaa

ampe ane ngiler juga
ada rencana seh mo coba offroad ringan sekitar jatiluhur dah disurvey kmarin pake trail
lumayan medanya apalagi masih klering kayak gini, klo basah agak mikir juga
klo libas jalan lubang mahsering nae lakukan dan itulah euuuunaaakknya santi
tapi nae blum coba masuk2 kampung spt bro imsus, di daerahku banuak daerah jln jalannya begit tapi takut pada baert aja sebab banyak alang2 di pinggirnya jlnnya
ditunggu neh reportnya yang lain
mana bro shraky hasil mudiknya ke Bali
dan yang lain pada sibuk yaa

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
betul pak...kalau diamati, di santi saya sebenarnya sudah buanyaaakkkk sekali goresan halus di bodynya, berhubung warnanya silver, jadi agak tersamar. Coba kalau warna hitam/gelap...pasti langsung ketauan carut marutnya tuhinoz wrote: klo libas jalan lubang mahsering nae lakukan dan itulah euuuunaaakknya santi
tapi nae blum coba masuk2 kampung spt bro imsus, di daerahku banuak daerah jln jalannya begit tapi takut pada baert aja sebab banyak alang2 di pinggirnya jlnnya

mungkin ini gara2 hobby saya yg suka main terobos sana-sini, tdk peduli nyangkut di semak, perdu atau pepohonan...dulu saya kira lapisan cat/clear coat-nya cukup keras kalau hanya untuk menahan goresan ranting-ranting ini...eh...ternyata enggak

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
betul pak...kalau diamati, di santi saya sebenarnya sudah buanyaaakkkk sekali goresan halus di bodynya, berhubung warnanya silver, jadi agak tersamar. Coba kalau warna hitam/gelap...pasti langsung ketauan carut marutnya tuh![]()


Jadi cobain deh bro....beli spidol silver permanen dan tutupi goresan itu....tapi syaratnya harus warna silvernya mendekati dgn warna cat santi....kalo hitam kan banyak ya.....hehehehe
Kalau warnannya mendekati kesamaan, maka baret/gores/ bercak akan hilang....



-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
ditunggu neh reportnya yang lain
mana bro shraky hasil mudiknya ke Bali
dan yang lain pada sibuk yaa
![]()
Iya ya...bro Sharky mana nech...apa sdh di medan ya...!!!
Bro Inoz....yg kemaren nanti saya khabari lagi ya...


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
PenyuTurbo wrote:
r1210g wrote:
apa tuh terapi 125?
125 detik :
1. Masukkan kunci kontak dan ON-kan (jangan Start)
2. Injak Pedal gas ampe mentok ... Hitung sampai 5 detik
3. Setelah hitungan 5 detik diatas ... kunci Kontak di OFF-kan
4. Setelah kunci kontak OFF ... Lepas kaki dari pedal gas
5. Tunggu 2 menit (120 detik) - Total 125 detik dengan yang 5 detik diatas.
6. Start Mobil ... dan langsung ngacir
7. Rasakan dan perhatikan Throttle Response !!!!!!!!!!!!
Untuk lengkapnya, baca disini pak:
viewtopic.php?f=16&t=6568
Silakan dicoba dan direview hasilnya disini![]()
Thanks ya Bro Imsus dan bro PenyuTurbo....bagus nih kiatnya....



Tapi memang bro secara umum sih penyebab boil tersendat-sendat disebabkan oleh tiga hal :
kalo ngak sistem pengapian, ya saluran fuel atau sistem udara....!!
tapi tindakan yg paling tepat ya memeriksa semua socket connector pada setiap device yg ada di ruang mesin ya....!!!
Sekali lagi thanks untuk sharingnya.....

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wah....kalo itu sih namanya P3B pak... Pertolongan Pertama Pada BaretKuruma wrote:betul pak...kalau diamati, di santi saya sebenarnya sudah buanyaaakkkk sekali goresan halus di bodynya, berhubung warnanya silver, jadi agak tersamar. Coba kalau warna hitam/gelap...pasti langsung ketauan carut marutnya tuh![]()
![]()
Eietss...jangan salah bro Imsus...justru warna hitam yang paling gampang menghilangkan goresan2/ baret warna....kalo boleh sharing nich ya...kemaren waktu kopdar di citos...bro Sharky buka kartu bagaimana menghilangkan baret warna di kendaraan kita, yakni dengan menutup goresan itu dengan spidol permanent; untuk hitam ya spidol permanen warna hitam, demikian juga untuk warna lainnya.....nah goresan itu kemaren dipraktekkan langsung oleh bro Sharky di santi ane dan keesokan harinya saya tambahin lagi didaerah yang lain yang belum dikerjakan....lalu setelah kering santi saya cuci...dan alhamdulilah setelah dapet polesan Wax cair...sisanti jadi mulus dan goresan cat jadi tak tampak lagi....!!
Jadi cobain deh bro....beli spidol silver permanen dan tutupi goresan itu....tapi syaratnya harus warna silvernya mendekati dgn warna cat santi....kalo hitam kan banyak ya.....hehehehe
Kalau warnannya mendekati kesamaan, maka baret/gores/ bercak akan hilang....![]()
![]()

ya udah deh...biarin aja santi saya baret....berarti emang dipake sesuai peruntukannya...sekaligus warning bagi yg ngelihat....., awas ini mobil suka main sruduk dan drivernya setengah waras.....

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking