FortunerMan wrote:
Ya itu keuntungannya unibody kan...relatif lebih ringan. Keuntungannya ladder frame ada juga. Kalau mau the best of both sides, digabungkan seperti di XJ, Pajero, dan RR. Jadi kategorinya ada 3.
1. Unibody/monokok
2. Body on frame/ladder frame (Landcruiser, G-Class, Patrol, Pathfinder, 4Runner)
3. Campuran (XJ, Pajero, dan Range Rover...dan..Grand Vitara)
Yang saya mau tau kategori no.1...mana yang bisa dikategorikan SUV tulen? Touareg? Q7?
maksudnya suv tulen tu apa ya om?
klw definisi sya sih... sebuah SUV harus capable d habitat aslinya maka sya bilang, dri pada lihat sasis lebih enak lihat kaki2nya rigid atw independen.
ini yg berhubungan langsung ke performa dan durabilitas d habitat sebenernya SUV. klw sasis sih, asal bukan di bawa kompetisi super extrime atw metalnya yg lelah dmakan umur.dlm oprut biasa apalgi daily use sangat jarang sekali bermasalah kec tabrkaan tentunya. jd buat apa di perdebatkan? justru kaki2 yang sering jadi biang keladi masalah.
apa lgi skrng perbedaan ladder dan unibody sudah tdk terlalu signifikan.ladder sudah bisa di buat senyaman monokok,dan monokok sudah bisa di buat kuat. keduanya saling berusaha menutup kelemahannya.
mungkin penggunaan ladder atw tidak skrng sudah kearah efisiensi produksi dan marketing strategy saja. agar memungkinkan dari 1 platform sasis ladder di buat jd beberapa mobil ntah itu imv/hilux atw yg dri tacoma apalgi toyota yg demen bngt bikin varian mobil yg beda body dgn beragam market segment walau sebenernya platformnya sama. klw semua unibody pasti jadi mahal bikinnya karena bakal lebih sulit di kebangkan jadi beberapa mobil yg beda, baik bentuk hingga fungsi.
jd gw kira jaman skrng yg layak disebut SUV tulen karena masih berorientasi ke fungsi awalnya. tinggal jimny,nissan patrol,lc70,wrangler JK,defender,gclass dll........ yg lain sudah masuk hitungan kompromi dgn asphalt use.
terus point 3, itu klw di pikir2 sya kira itu wujud evolusi n akal2an enginer agar monokok bisa sekuat ladder dan tetep senyaman monokok.... jadi walau konstruksinya beda dgn monokok pada umumnya, tapi tetap ada Ciri Utama monokok dmn body dan sasis menjadi satu kesatuan,sehingga gmnpun juga tetep di katagory kan monokok juga, atw evolusi dri monokok.
walau d point XJ aga nyeleneh hehe.... ada monokok tpi jadi pickup.
The Comanche is a monocoque (unibody) vehicle, an unusual form of truck design. Jeep designers based its body, styling, and suspension on the Cherokee, which had been introduced for the 1984 model year.
AMC's Jeep engineering staff designed a subframe that connected to the modified Cherokee unibody structure to support the cargo box. Two such subframes were designed; one for the long-bed model, which appeared first, and a second, shorter version for the short-bed, which debuted for 1987.
unique unibody design since XJ first introduce in 1984.
cmiiw
thx
