Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
All, baru gabung nih, langsung nanya.
Status demografi : 1st car/ entry level, keluarga muda, anak 1 (umur 2 bulan), pembantu 1.
Saat ini sedang mempertimbangkan utk cari2 mobil yg bagus. Sodara nyaranin utk beli city car (atau max 1500 cc) near new supaya installment gak tll tinggi (secara gw entry level...heheh) dan biaya operasional gak terasa.
Sejauh ini, naksir ke spesies Livina 2008 (XV atau XR??) atau Hyundai i20.
Kriteria mobil yg dicari:
- irit bbm (kalo bisa max 1500 cc)
- bertenaga (proporsional dg cc nya)
- nyaman & aman
- gak rewel, spare part gampang
- resale value bagus
- manual
Dg kondisi diatas, enaknya milih mana, Livina XR M/T, XV M/T atau Hyundai i20?
Mohon saran.
oiya, tambahan...kenapa cuma 3 spesies itu yg sejauh ini masuk kriteria :
- utk 2007 atau 2008 (atau 2009 utk i20) kayaknya cuma 3 itu yg harganya msh terjangkau
- Livina XV/ XR : suka ama model Livina, dan utk kapasitas yg 1500 cc, kayaknya XR akan lbh bertenaga dibanding GL XV, benarkah?
- Hyundai i20 : gw baca sekilas reviewnya, katanya rasa eropa harga asia. safety test dpt 5 bintang, makanya masuk kandidat
Hansen wrote:GL 1.5 XV donk.... toh tambahan buntutnya bisa buat extra bagasi & bawa penumpang...
buat bawa kereta bayi & mainan si kecil juga...
utk Livina, di benak gw ada beberapa issue sih :
- resale value XR tdk sebagus XV
- XV 1500 suka ngos2an (tapi ogah di budget jika hrs maksain ke XV 1800)
- XV terlalu sempit sbg 7 seater
masih bingung, manakah yg paling worthed utk entry level spt saya ini
...dan menunggu masukan suhu2 di sini
Last edited by rako69 on Thu Sep 17, 2009 9:14, edited 1 time in total.
xr ama GL, jelas XR lebi bertenaga, beda beratnya aja ampir 70 kg tuh kalo yg manual... soal resale value, jangan terlalu dipikirin, namannya jg beli mobil, bukan beli emas atau propeti, yah pasti jeblok... kcuali mo beli apansa, tapi itu pun jg kaga bisa dibilang untung sigh harganya, toh 114 juta taon 2005 ama 114 juta taon 2009 uda beda value kan... binggung aja gt masi ada yg bangga2 in ama "untung" tsb... sama aja kalo ane blg bokap punya kijang super taon 93, dulu dibeli 13 juta, kalo skrg dijual laku 20an juta... geblek banget kalo ane blg itu untung...
btw livina kalo cuman buat jalan2 tanjakan yg normal mah masi enteng... lah tanjakan2 dibandung, lembang aja masi ga susah koq ane hajar dgn 5 orang + full bawaan... sekedar info, kalo diatas kertas, mesin livina yg 1500 cc itu torsi nya paling besar diantara smua mobil 1500 cc lain nya, termasuk lawan si mesin baru 1500cc yg ivtec itu...
pilih GL 1.5 XV AT saja, walaupun untuk tanjakan memang berasa agak kurang bertenaga bila sedang full loaded, tapi hal itu kan jarang sekali kejadian dan seperti om GTR bilang, mana ada 1500cc matic yang tanjakannya 'bertenaga'?
saya pribadi sudah beberapa kali pake GL 1.5 AT full loaded ke puncak nggak ada masalah tuh.
Wah ga bener bro kalo ngos2an yang bener Throttle pedal gas kurang responsif kalo udah terbiasa pake n nyari selanya kenceng gila..180km/h mah enteng..
Ane ga nyaranin jalan segitu itu cuma ilustrasi kalo tarikan GL kuat kok Gigi 4 tembus 180km/h.. Oiya itu GL 1.5 m/t standard
wah...masukannya OK2 semua nih...
well, mau nanya lagi..pas gw crta ke sodara yg lbh berpengalaman soal mobil bahwa gw naksir GL or XR, eh..kata dia kalo bisa JANGAN NISSAN karena spare part susah, tdk ada KW1, KW2 dll, hrs datangin dr Jepang.
trs dia crta ttg x trail temannya yg terbalik di tol dan sampe skr bushing arm blm juga datang (hrs datangin dr jepang via spore)
so, gmna pendapat suhu di sini? apakah benar bahwa spare part Nissan memang susah di dapat ? (dan terutama spesies Livina)
harusnya sih mobil yang udah produksi massal (semacam nissan livina) ya ada dong sparepartsnya
soal cerita temen, ya tetep aja cerita...dijalan kan banyak mobilnya..? pada ga ribet2 amat tuh.livina launching pertama kl ga salah di cina, trus di indonesia.
sama aja pake kijang, part KW15 jg ada, tapi kan cepet rusak (sama aja boong), dan ga sebanding lah sama livina..harga segitu palingan jg apanja atau apepe. setidaknya tu lipina ngga terlalu puyeng urusan keamanannya..kl toyota atau honda jes misalnya, pan pusing takut maling dsb.
cari yang model paling gede aja, GL, soal matic atau manual tergantung, kalo mau matic tentu lebih nyaman, ga terlalu cape bermacet ria. soal pemakaian mudik kan cuma staun sekali, yang penting harian toh cuma 2-3 orang aja di dalem mobil...1500cc matic udah cukup lah.
wah kalo mo soal sparepart kw an mahh.. jangan beli honda, jangan beli nissan bro... beli nya toyota aja scara di penjuru negeri ini jg yg terkenal toyota, itupun cuman kijang doank dari kluarga toyota yg sparepart nya berjibun, mo kw ampe tkw jg ada kal i tuh....
mas Rako,
sekedar saran aja nih, pilih mobil jgn terlalu didasari atas "katanya", bagus memang kalau cari masukan dari baca review independent, review user, review ahli, dan paling tepat adalah test drive langsung.
untuk pilihan yg mas Rako ajukan menurut saya yg terbaik adalah GL 1.5 AT.
silakan dicoba test drive dulu mas, jangan-2 mas Rako malah kaget dengan besarnya entakan tenaga yg gak sesuai dgn "katanya orang-2"
saya bukan pemilik GL, tapi alhamdulillah cukup berpengalaman dgn berbagai macam jenis mobil (katakanlah profesi saya sopir), dan saya pernah test drive GL jkt-tangkuban perahu PP
kesan pertama saya sungguh kaget di kenyamanan dan kedap suaranya, jujur saya sampe sempet nyesel beli mercy, walaupun akhirnya waktu liat tampang dari luar pas dijejerin ya gak jd nyesel, hehehe...
tenaga jg gak ada cerita ngos-2an tuh, menurut saya rpm rendah malah cenderung tenaganya meledak-2 (matic lho ya), kalo kaki gak diajarin sopan santun pasti gampang banget nyundul mobil depan di kemacetan jalan dalam kota bandung.
mungkin anda baca review autobild yg bilang bahwa tenaga GL ngos-2an di tanjakan.
saya coba jalan ke tangkuban perahu yg notabene jalannya tanjakan super duper panjang, memang terasa agak loyo,
tp jangan salah, seluruh mobil yg saya test jalan ke sana memang semuanya mengalami gejala yg sama, hal ini disebabkan sejak dari lembang jalannya itu menanjak tidak ada habisnya, mobil apapun pasti akan kehabisan tenaga jika tidak pandai mengatur nafas mesin.
jd kesimpulan saya gak ada yg salah kok dgn GL 1.5 AT.
GL 1.5 AT baru nyerah waktu saya paksa masuk ke area wisata Tangkuban Perahu yg tanjakannya cukup extreem, saya atasi dgn masuk ke gear 1 dan merayap pelan-2, masih bisa lewat kok, walaupun menurut saya terlalu menyiksa mesin / transmisi.
sbg perbandingan di area yg sama saya pernah mencoba Fortuner diesel MT, dan harus masuk gigi 2, dgn beberapa spot harus pindah ke gigi 1.
sekali lagi, tidak ada yg salah dgn GL 1.5 AT.
oya, mas Rako jg bilang mau bawa mobil mudik ke Jawa ?
kebetulan mas, saya pernah konvoi mudik (bukan saat lebaran sih) dgn keluarga sepupu saya, jakarta-solo lewat jalur selatan.
mobil saya Fortuner Diesel MT, mobil sepupu GL 1.5 AT,
hasilnya si mungil itu sangat lincah kok, cuma fortie saya tetep menang, namun lebih krn faktor skill pengemudinya, hahaha...
vote GL 1.5 mantabs nyalip bus cukup tahan di satu gigi ga perlu oper nafas masih cukup panjang he2. Apalagi nyalip 2-3 mobil..
Oiya saran kalo sering kena macet dan sering dalkot ambil matic..