Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Bus2 luar kota memang jalannya ermasuk kencang di jalur Pantura, dikarenakan target yg harus dicapai, misal sehari harus bisa 2 kali bolak-balik (PP).
Kalo sampai 200kph kayanya secara logika gak mungkin banget..
Kalo mesin yg pakai Turbo, itu ada, yg 9 speed juga kayanya ada...Biasanya yg mesinnya Volvo atau Scania, turbodiesel.. Malah ada yg automatic segala transmisinya. Maisih infat bus PPD Ikarus? bus ni buatan Eropa Timur bekas KTT, transmisinya matic tanpa tuas, yg ada hanya tombol di dashboard: P, R, N, D, dst. Jok supirnya juga ada pegasnya, pokoknya dibanding buatan karoseri lokal jauh lebih bagus, tapi kayanya sekarang udah jarang beredar nih bus.
Btw, SCANIA itu pabrikan kendaraan komersial asal SWEDIA, selain memproduksi bus, juga truk dan kalo ga salah juga traktor.
Scania berada dalam satu grup dengan SAAB, merek premium Swedia yg menonjolkan safety pada produknya, seperti halnya rival senegaranya, Volvo. Logo yg dipakai sama antara 2 merek ini, namun Saab kurang populer sebagai merek mobil. Jika menanyakan mobil Swedia, pasti bayangan orang Indonesia sampai saat ini adalah Volvo, namun saat ini Saab sudah resmi dipasarkan di Indonesia. Saab juga berada dalam payung General Motors. Selain mobil, di Swedia Saab juga memproduksi pesawat tempur, dan juga Saab selalu menampilkan elemen desain pesawat dalam mobilnya sebagai ciri desain mereka. Berbeda dengan Saab yg baru beberapa waktu lalu hadir di sini, sejak era 1990an truk2 Scania sudah banyak di jalan, desainnya tidak jauh berbeda seperti truk Volvo dan merek Eropa lain.
Selain Scania dan Volvo, FYI di Eropa ada beberapa pabrikan truk dan bus lain, di antaranya Iveco dan MAN, juga Renault dan Mercedes-Benz. Iveco merupakan sponsor tim F1 Ferrari, dapat dilihat dari truk mereka pada event F1.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
wah bus itu emang terkenal gila gila,tapi seperti yang bapak2 diatas ngomong ngak mungkin mereka bisa sampe 200 km/h.sedan sekelas bmw 318 aja sampe kecepatan segitu ngos ngosan dan butuh jarak yang jauh,jalan 180 km/h aja udah ngeri apalagi bus.
bayang in aja kalo ban nya pecah ato ngak sempat ngerem jalan 200km/h jadi lemper semua penumpang nya.
kalo supir nya emang jago,tapi ya itu setir nya juga ngeri ngeri,saya aja kalo keluar kota langsung minggir deh sebelum dia nge bel ama nge dim.
trims atas penjelasannya..sy kurang begitu tahu mobil banyakan gabung diforum 'sepeda motor' aja. jadi tambah ilmu soal roda empat deh.
soal kecepatan 200kpj itu sy jg gak percaya. mungkin org yg cerita ke sy itu merasa cepat aja.
Kemaren bus yg sy tumpangi PO Harapan Jaya merk busnya SCANIA, jenisnya sy kurang perhatikan, 9 speed, turbocharger. panel2nya udah gak berbentuk jarum lg sebagian LCD digital. roda kemudinya kecil spt mobil Kijang gak kaya bus2 Mayasari yg roda kemudinya segede tampah
MW nambahin nih...
Top speed bus malam ga mungkin 200 km/h,, Bentuknya yang besar dan tidak aerodinamis, sangat tdk memungkinkan untuk merambah kecepatan smpai 200km/h,, Speed limit di speedo paling full cm 140 km/h (hino RK/RG). mERCEDES-Benz OH 1518-25 cm 125 km/h.
Kalau pun speed limiternya dilepas paling2 nambah nya gak signifikan bro , dilihat dari segala faktor (bobot-aerodinamis-tenaga mesin)...(hehe...)
bus malam itu kenceng karena mempertahankan kecepatan rata2, bukan top speed. Lagipula dalam satu bus ada 2 driver. Kalau lagi bawa mobil sendiri jakarta ke surabaya malam hari saya sering mengasapi mereka kok.
kalo ane mah lagi kluar kota paling demen kalo diblakang bus2 gtuan... enakk, jalan nya kenceng, tahanan angin nya pun kecil, membantu irit bensin kali yah
mandala1 wrote:bis malem mah jangan dilawan lah......mendingan ngalah ajah,, yaaa...kalo doi ngebut2 kita2 maklumin ajah namanya juga lagi kejar setoran kali.....
iya.. apalagi bis samber kencono... mending minggir dulu...
DOHC wrote:kalo ane mah lagi kluar kota paling demen kalo diblakang bus2 gtuan... enakk, jalan nya kenceng, tahanan angin nya pun kecil, membantu irit bensin kali yah
apalagi klo kita ngerti sama kode2 yang suka di pake sama thu supir bus malam, ky kode sein,,,
enak dah ngekor di blakangnya,,,,
esh wrote:bus malam itu kenceng karena mempertahankan kecepatan rata2, bukan top speed. Lagipula dalam satu bus ada 2 driver. Kalau lagi bawa mobil sendiri jakarta ke surabaya malam hari saya sering mengasapi mereka kok.
betul om, bus2 apalagi yang malam mengatur kecepatan rata2nya biar penurunan kecepatan ga terlalu drastis. ini yang bikin bus itu lebih cepat sampai ke suatu tempat dibanding misalnya mobil pribadi meskipun mobil pribadi bisa hampir 1,5 kali lebih tinggi kecepatan max nya di jalan yang dilalui. sepertinya kecepatan rata2 bus dijaga dekat2 dari/ke 80 kmh.
yang saya perhatikan, momen2 pembeda antara bus dan mobil2 pribadi kecepatan tinggi adalah pada saat di tikungan. bus dengan dudukan jok sopir yang tinggi bikin sopir sangat luas pandangannya dibanding di dalam mobil pribadi, bikin sopir bus pun bisa lebih baik memanage perubahan kecepatannya pada saat menikung. belum lagi dengan bobot yang jauh lebih besar si bus lebih enak memainkan efek momentumnya serta kekokohan itu bus (di jalan) saat menikung.
kalo trek lurus mobil pribadi kelas biasa2 yang bisa 100-120 kmh masih mampu nyalip bus, tapi kalo dah ditikungan mobil yang kalo trek lurus bisa 140 kmh pun bakal ngos2an ngejar mobil bus apalagi nyalipnya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
lain kali naik bus itu bawa gps Om, biar bisa ngukur kecepatan realnya, he..he.., pernah make city masuk 200kph itu juga susah, cuma bisa pas jam 3.30 pagi di jagorawi, jalan mulus lurus dan sepi, lha kalo bus segede gitu mau 200kph mestinya lebih susah lagi ya, he..he.., apalagi rute full tikungan & tanjakan macam alas roban & caruban