Beda LSD ma Locker..

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ZeroToFreak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Thu Sep 17, 2009 1:41
Location: di atas air....

Beda LSD ma Locker..

Post by ZeroToFreak »

Mau nanya nih...
Beda LSD sama locker apa sih?
trus dari segi keamanan dan kenyamanan berkendara bagusan yg mana?
Mencari ide ide baru
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Beda LSD ma Locker..

Post by €lj€p€ »

Sebetulnya sudah pernah dibahas cukup panjang... nanti saya carikan thread nya.. mungkin para momod bisa membantu mencarikan...
coba yang dari sini lebih dahulu :
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... er#p324129
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda LSD ma Locker..

Post by zweifellos »

seperti yang dibilang om eljepe, dah dibahas di thread lain tapi mungkin TS belum sempat nemu atau baca. beberapa waktu lalu sempat ngebahas ini dan saya sempat bingung. kira2 ini yang saya ngerti.
LSD atau limited slip differential adalah differential yang membatasi 'lari'nya torsi dari roda yang punya traksi ke roda yang tidak punya traksi (yang mengalami slip) yang biasanya terjadi jika antar roda terhubung oleh differential biasa. sedangkan locker adalah differential yang berfungsi mengunci pembagian torsi antara roda kiri dan kanan dan/atau antara gardan depan dan belakang.

jadi misal mobil yang punya LSD di gardan belakangnya melewati jalan lumpur yang licin dan salah satu roda belakangnya, misal roda kiri, terpatar (slip atau kehilangan traksi), maka torsi yang 'mengalir' ke roda kanan tidak langsung berpindah semuanya ke roda kiri (torsi roda kanan tidak di'rebut' roda kiri), kondisi yang terjadi jika mobil cuman punya differential gear biasa. jadi ada semacam 'penahan' yang membatasi 'lari'nya torsi dari roda kanan ke kiri. jika sebelum mobil terpatar perbandingan torsi kiri dan kanan 50:50 maka ketika roda kiri slip dan dengan adanya LSD pembagian torsi tidak menjadi 100:0 (kondisi tanpa LSD dan locker) namun bisa 60:40, 70:30 (saya kurang tau berapa angkanya, intinya bisa menghindari 100:0). jadi kalo mobil ga ada LSD, ga ada locker di gardan belakangnya dan roda kiri bagian belakang slip, maka seluruh torsi akan di'rebut' oleh roda kiri dan mobil akan terpatar (stuck ga bisa jalan).

nah jika si mobil itu punya locker di gardan belakangnya, maka torsi dibagi 50:50 buat roda kiri dan kanan. jika mobil itu slip roda kirinya, si roda kanan tetap ga berkurang torsi yang didapatnya karena sudah 'dikunci' oleh locker (jadi pembagian torsinya akan 50:50 terus selama locker aktif).

menurut saya, mengenai kenyamanan enaknya ada locker (dibanding LSD) karena dengan adanya locker mobil lebih terjamin ketika melewati jalanan lumpur/licin yang berpotensi bikin mobil terpatar dibanding kalo cuman ada LSD (namun pengaruh penting seperti jenis ban, jenis penggerak roda apakah penggerak 4 roda atau 2 roda, dll. lebih utama peranannya). kalo keamanan, menurut saya lebih aman LSD karena dengan adanya locker maka roda2 akan berputar dengan kecepatan yang sama dalam kondisi apapun termasuk di tikungan. tapi kalo ga salah, biasanya locker bisa diaktif-nonaktifin.

semoga bisa membantu dan kalo salah mohon dikoreksi senior2. :mrgreen:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Beda LSD ma Locker..

Post by gmx »

tergantung om.. IMO, diff locker jangan dipake on road, karena diff lock akan memaksa pembagian daya 50:50, sedangkan di on road terutama belokan diperlukan pembagian yang tidak 50:50, nanti cepet aus diff lock-nya.. CMIIW ya