FortunerMan wrote:
Gak tau, apa saya perlu tanya satu2 kenapa Camry naik, Corolla naik, Avanza naik, CR-V naik, dll...dll...tanpa penambahan fitur? gak ada penambahan fitur loh. Saya gak ngikutin pergerakan harga masing2 merek dari bulan ke bulan, I have better things to do. Yg penting kalo cari mobil, do i like it? can I afford it? Hajar. Gak pusing merek A naik segini merek C gak naik segini.
wah salut yg bgini.... anda termasuk org yg beruntung/tajir. ga bgtu peduli dgn (kenaikan) harga
sygnya ane ga bgtu, msh mesti nyangkul yg byk. mknya sgt sensitip ama (kenaikan) harga
ane pikir byk org indo jg bernasib serupa dgn ane
FortunerMan wrote:
Katanya faktor INTERNAL Fortuner kalah semua....ente ini gimana sih? OK, sekarang anda sudah mengubah statement, bahwa Fortuner ada beberapa keunggulan internal. Professional review juga sudah mengatakan, bahwa ada keunggulan Fortuner dan ada keunggulan Captiva. Jadi sudah klop. Tinggal pembeli yg memilih, keunggulan mana yang dia mau.
Captivated 27/8/09 16:32 wrote:tanpa faktor resale value (faktor eksternal), fortie disel udh kalah duluan ama saingan2nya (evie n ctv):
Ini aja ente udah salah

, everest posisi bontot melulu di review mana mana.
"kalah" aja bro, ga pake "semua".... cb dibaca2 lg
mknya gw heran kok gw dikatain srg berubah2, pdhl gw ga pernah edit/ubah postingan gw tsb
kl "kalah semua" dgn "kalah" aja disamain, ane nyerah dah
evie posisi bontot? mesinnya bgmn? pasti anda blg, kan fortie menang disegi laen.....
buat gw, mesin itu jantung sebuah mbl. krn hal2 laen bs kita bongkar/pasang, tp mesin itu sukar dibongkar psg
lancer ex vs evo X... cc/model sama, tp harga beda 3x lipat. knp? cm skdr perbedaan fitur/material kah?
FortunerMan wrote:
Kalo di tes sekarang? Tentu mereka pertimbangkan juga, bahwa hampir semua mobil Jepang naik drastis - tentu mereka pertimbangkan juga, GM yang morat marit kembang kempis mana bisa naikin harga.
cb bandingkan kenaikan toyota vs mitsu... sama2 japs
FortunerMan wrote:
Yang tidak bisa dites adalah "isi mobil" yg paling penting buat saya....reliability. Kalau sudah berumur, bakalan bolak balik ke bengkel gak - Toyota vs Daewoo? Yg bener aje
Gak masalah mau no.1 atau no.2, yg penting tidak seperti kata anda "
tanpa faktor resale value (faktor eksternal), fortie disel udh kalah duluan ama saingan2nya (evie n ctv)" - review2 mengatakan ada beberapa aspek yang Fortuner unggul (di saat mobil baru)...kalau anda tau sejarah Toyota di comparison test, jarang sekali menang - tapi di seluruh dunia laku, Fortuner pun best seller dimana mana. Karena apa? Itulah "tradisi" Toyota - mobilnya pas baru average2 saja, tapi tahan banting tahan lama. Kalo brosur Daewoo bilang "tahan banting tahan lama"...paling di ketawain. Brosur Toyota gak perlu dicantumkan lagi, pasar sudah tau.
Kalau pembeli consider the overall package...pas barunya OK, dan kalau sudah berumur - nah di situlah Toyota bersinar. Internal + Eksternal...the overall package, di berbagai market (bukan Indonesia saja), Fortuner is the winner - angka penjualan buktinya.
1. utk kesekian kl,
sales tdk sama/linear dgn kualitas. mknya males bnr gw nge-kompare sales. ga perlu debat, smua datanya udh ada
2. ini ada contoh mslh resale vs reliability :
kijang kapsul lgx 1.8 vs 2.0 atau
mitsu kuda 2.0 vs lgx 2.0 (thn produksi 2004)
kuda/kijang dua2nya udh jln 5thn, bandelnya setara. knp hrganya skrg kuda = 80-90jt, kijang = 120-140jt.
mau bicara reliabilitas? ato mau bcr kualitas/material/irit/kenceng? yg bener bro
lbh aneh lg lgx 1.8 vs 2.0, semua sama kcuali cc. tp justru 1.8 lbh kuat resale valuenya drpd 2.0.
gmn penjelasannya???