TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR- CERMIN BUDAYA “BERTANGGUNG JAWAB†ALA INDONESIA
Pernahkah anda ditabrak? diserempet? disenggol? oleh pengendara motor dan dia lari begitu saja. Secara mayoritas anda pasti menjawab iya. Saya sudah sering jadi korban tabrak lari (saya pakai mobil).....100% pasti lari…..bahkan lucunya pernah ada yang lari tapi motornya di tinggal….ya sudah motor saya bawa..(ini kejadian waktu saya bawa mobil yang nomor kendaraannya mirip punya penggede di wilayah sini).
Kenapa hal ini bisa terjadi? Apakah di negeri ini tidak punya budaya “bertanggungjawab†atas segala sesuatu akibat tindakan atau kejadian? Ataukah petinggi negeri yang memberi contoh praktek budaya “tak bertanggungjawab†bagi masyarakat?
Coba kita lupakan saja dulu apakah sikap “bertanggungjawab†atau “tak bertanggungjawab†merupakan bagian dari budaya kita. Sekarang kita bertanya pada diri kita sendiri kalo kita sebagai pengendara motor…..kalau saya tabrak lari, alasan pertama saya tidak mampu secara ekonomi, motor aja masih nyicil pak!, alasan kedua lari saja dari tanggung jawab saja karena urusan bakal ribet toh nanti kalau dikejar saya bisa masuk gang sedangkan dia (mobil) tidak. Untuk alasan yang kedua akhirnya tidak jadi saya pakai, karena pasti saya mau bertanggung jawab (karena punya duit buat ganti kerugian yang ada).
Nah, tinggal alasan pertama ini yang kita harus gali. Mengapa banyak orang memiliki motor tapi tidak mampu bertanggungjawab secara ekonomi? Harga motor yang terlalu murah di Indonesia? Sehingga biar miskin pun sanggup beli motor. Berarti ada kategori kelas masyarakat baru lagi di bawah miskin yaitu “ultra miskin†yang tidak sanggup beli motor. Lupakan dulu kelas masyarakat baru tersebut, kita kembali ke bahasan apakah orang tidak mampu bertanggungjawab secara ekonomi atas kecelakaan dari kendaraan yang mampu dibelinya akibat harga motor yang kelewat murah?
Bagaimana kalau kita usulkan agar harga kendaraan yang dijual termasuk asuransi kecelakan yang meng-cover juga third party liabilities baik kendaraan maupun orangnya. Dengan masa perlindungan selama siklus STNK yaitu 5 tahun, kalau mau perpanjang STNK ya bayar lagi premi selama 5 tahun lagi, jadi semua kendaraan yang beredar di jalan punya proteksi terhadap kendaraan lain maupun orang yang ditabrak.
Atau ada usul lainnya?
Pernahkah anda ditabrak? diserempet? disenggol? oleh pengendara motor dan dia lari begitu saja. Secara mayoritas anda pasti menjawab iya. Saya sudah sering jadi korban tabrak lari (saya pakai mobil).....100% pasti lari…..bahkan lucunya pernah ada yang lari tapi motornya di tinggal….ya sudah motor saya bawa..(ini kejadian waktu saya bawa mobil yang nomor kendaraannya mirip punya penggede di wilayah sini).
Kenapa hal ini bisa terjadi? Apakah di negeri ini tidak punya budaya “bertanggungjawab†atas segala sesuatu akibat tindakan atau kejadian? Ataukah petinggi negeri yang memberi contoh praktek budaya “tak bertanggungjawab†bagi masyarakat?
Coba kita lupakan saja dulu apakah sikap “bertanggungjawab†atau “tak bertanggungjawab†merupakan bagian dari budaya kita. Sekarang kita bertanya pada diri kita sendiri kalo kita sebagai pengendara motor…..kalau saya tabrak lari, alasan pertama saya tidak mampu secara ekonomi, motor aja masih nyicil pak!, alasan kedua lari saja dari tanggung jawab saja karena urusan bakal ribet toh nanti kalau dikejar saya bisa masuk gang sedangkan dia (mobil) tidak. Untuk alasan yang kedua akhirnya tidak jadi saya pakai, karena pasti saya mau bertanggung jawab (karena punya duit buat ganti kerugian yang ada).
Nah, tinggal alasan pertama ini yang kita harus gali. Mengapa banyak orang memiliki motor tapi tidak mampu bertanggungjawab secara ekonomi? Harga motor yang terlalu murah di Indonesia? Sehingga biar miskin pun sanggup beli motor. Berarti ada kategori kelas masyarakat baru lagi di bawah miskin yaitu “ultra miskin†yang tidak sanggup beli motor. Lupakan dulu kelas masyarakat baru tersebut, kita kembali ke bahasan apakah orang tidak mampu bertanggungjawab secara ekonomi atas kecelakaan dari kendaraan yang mampu dibelinya akibat harga motor yang kelewat murah?
Bagaimana kalau kita usulkan agar harga kendaraan yang dijual termasuk asuransi kecelakan yang meng-cover juga third party liabilities baik kendaraan maupun orangnya. Dengan masa perlindungan selama siklus STNK yaitu 5 tahun, kalau mau perpanjang STNK ya bayar lagi premi selama 5 tahun lagi, jadi semua kendaraan yang beredar di jalan punya proteksi terhadap kendaraan lain maupun orang yang ditabrak.
Atau ada usul lainnya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
Wah, kejadian kek gini sih sering banget.
"pantat" mobil dah berapa kali jadi bantalan roda motor dan baretan dari knalpot atau plat nomor roda dua. belum lagi spion.
mereka pura-2 gak bersalah aja main nyelonong. bagaimana cara untuk merubah mereka?
1-1 nya cara yang pasti berpengaruh, UU lalu lintas harus dibenahi, tidak bisa membela kaum pengendara roda dua, walaupun dia salah jika terjadi kecelakaan. ini merugikan para pemakai jalan yang lain, termasuk para pejalan kaki yang sering kali menjadi korban. Hukum harus jelas mana yang salah dan mana yang benar, baru keadilan bisa ditegakkan. Menurut ane, dengan penegakan UU lalu lintas tersebut termasuk masalah kelengkapan atribut pengendara motor, menindak pelanggaran rambu-2 lalu lintas dengan tegas, sudah pasti kondisi lalu lintas pasti lebih baik. Kalau tidak dimulai-mulai, mau sampai kapan kondisi jalanan kita akan membaik?
Langkah lain yaitu pemerintah harus memberi pakem buat para lembaga kredit dan dealer motor.
"pantat" mobil dah berapa kali jadi bantalan roda motor dan baretan dari knalpot atau plat nomor roda dua. belum lagi spion.
mereka pura-2 gak bersalah aja main nyelonong. bagaimana cara untuk merubah mereka?
1-1 nya cara yang pasti berpengaruh, UU lalu lintas harus dibenahi, tidak bisa membela kaum pengendara roda dua, walaupun dia salah jika terjadi kecelakaan. ini merugikan para pemakai jalan yang lain, termasuk para pejalan kaki yang sering kali menjadi korban. Hukum harus jelas mana yang salah dan mana yang benar, baru keadilan bisa ditegakkan. Menurut ane, dengan penegakan UU lalu lintas tersebut termasuk masalah kelengkapan atribut pengendara motor, menindak pelanggaran rambu-2 lalu lintas dengan tegas, sudah pasti kondisi lalu lintas pasti lebih baik. Kalau tidak dimulai-mulai, mau sampai kapan kondisi jalanan kita akan membaik?
Langkah lain yaitu pemerintah harus memberi pakem buat para lembaga kredit dan dealer motor.
Failure is just another stepping stone to success.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
Kebetulan kemarin sore di Jalan Margonda, Depok, saya lihat seorang bapak setengah baya menghentikan brand new Avanza ditengah jalan untuk memperbaiki kaca spion yang memang sebenarnya sudah patah disambar motor. Dengan wajah pasrah, bapak itu kemudian meneruskan perjalanannya... Terbayang, nabung berapa tahun dari uang pensiun untuk menikmati mobil baru di hari raya... eh ternyata dirusak oleh pengendara sepeda motor. Masalahnya orang akan berpikir... bapak itu masih mampu beli Avanza nyetirnya adem / pakai AC, sementara penabrak hanya mampu beli motor yang kepanasan.
Dari Solo ke Oslo
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Tue Mar 03, 2009 7:48
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
yahhh begitulah,,,,
yang aneh lagi klo kecelakaan motor VS mobil
yang dipersalahkan pasati mobil dan pengendara mobil yang harus mengganti semua, termasuk kerusakan motor dan biaya RS,,,
motor VS orang pasti pengendara motor yang dipersalahkan,,, pengendara motor harus ganti biaya RS si orang yang ketabrak thu,,,
jadi kesannya yang lebih besar jd yang salah,,, padahal seringan kebalikannya,,, orang nyebrang ga ati2,, bawa motor ugal2an,,,
yang aneh lagi klo kecelakaan motor VS mobil
yang dipersalahkan pasati mobil dan pengendara mobil yang harus mengganti semua, termasuk kerusakan motor dan biaya RS,,,
motor VS orang pasti pengendara motor yang dipersalahkan,,, pengendara motor harus ganti biaya RS si orang yang ketabrak thu,,,
jadi kesannya yang lebih besar jd yang salah,,, padahal seringan kebalikannya,,, orang nyebrang ga ati2,, bawa motor ugal2an,,,
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
apakah benar seperti itu hukumnya? bukan yang dilihat siapa yang salah? kapan hari sempat liat thread seputar hukum, tapi dah ga aktif lagi keknya om TS nya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Tue Mar 03, 2009 7:48
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
memang seharusnya dilihat sapa dlu yang salah,,,
tp kadang orang yang terlibat malas berurusan panjang,,,
jd ya damai... istilah damai itu kadang merugikan si penabrak,,,,
dan si penabrak yang belum tentu salah akhirnya mengganti rugi smua,,,,
tp kadang orang yang terlibat malas berurusan panjang,,,
jd ya damai... istilah damai itu kadang merugikan si penabrak,,,,
dan si penabrak yang belum tentu salah akhirnya mengganti rugi smua,,,,
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
di sini lah pihak yang benar mesti menahan diri untuk tidak mengalah, kalo ga ya bakal jadi begitu terus selamanya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Tue Mar 03, 2009 7:48
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
jadi salah kaprah,,,
pihak yang benar di tekan,, dipres,, dengan ancaman,, blom lagi masyarakat sekitar yang ikut2 ngerubungi,,, blom lagi ada tiba2 melayangkan makian dan tonjokan,,,
keder dluan dah,,,,
pihak yang benar di tekan,, dipres,, dengan ancaman,, blom lagi masyarakat sekitar yang ikut2 ngerubungi,,, blom lagi ada tiba2 melayangkan makian dan tonjokan,,,
keder dluan dah,,,,
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Tue Jul 05, 2005 5:32
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
cape' cape' cape' ngeliat hukum di Indonesia... Indonesia ini seperti hutan saja. yang kuat dia akan menguasai hukum
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
yg bikin parah sebetulnya keterlibatan orang2 lain di jalanan selain yg terlibat tabrakan. bikin runyam.. blm lagi main keroyokan.. diteriak2in... ampun deh.... tp bbrp kali pernah saya naik motor, saya melakukan kesalahan kena kaki pengendara lain atau hampir nabrak gitu... capek juga deh.. tuh orang2 emosian banget.. padahal saya kasih tangan, bahkan pernah mau minta maaf.. blm sempet ngomong udah dipelototin abis, diliatin, diomelin seolah2 saya ngajak mrk berantem... capek deh....
kadang2 kecelakaan memang terjadi.. tp lebih apes lagi ketemu orang2 yg emosian...
kadang2 kecelakaan memang terjadi.. tp lebih apes lagi ketemu orang2 yg emosian...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27189
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
bahh... motor... ampun dehh ama mereka... tiap ari nyetir paling stress kalo ketemu ginian... bahkan perna tuh ane ketemu motor gelo yg nyetirnya... dari lajur kiri ane maen langsung potong ane buat u turn, gt ane rem mendadak dia malah kasi jari tengah ke ane... kupret dasar..
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
- Location: Where the sunshine on me...
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
gw perna bro,, lagi nyebrang dideket bip, ditabrak pelan ama motor (sekitar 20kpj), malah motornya yang marah2, padahal hp gw ampe retak tuh,,, hmmm cape jg deh...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Tue Mar 03, 2009 7:48
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
ane pernah juga thu ketabrak motor ugal2an, potong kiri kanan,
depan kampus di nangor,,, yang ga pernah luput dr macet,,,
tp thu motor sih yang terpelanting,,
ane sih gpp kagak jatoh,,,
ehh,, dia nyolot marah2,,, minta ganti spatbornya yang pecah,,,
untung banyak tmen2 ane yang bela,,, jd keder juga thu motor,,,
pergi tanpa dapet apa2,,,
secara dia yang salah juga sih,,,
depan kampus di nangor,,, yang ga pernah luput dr macet,,,
tp thu motor sih yang terpelanting,,
ane sih gpp kagak jatoh,,,
ehh,, dia nyolot marah2,,, minta ganti spatbornya yang pecah,,,
untung banyak tmen2 ane yang bela,,, jd keder juga thu motor,,,
pergi tanpa dapet apa2,,,
secara dia yang salah juga sih,,,
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
- Location: Where the sunshine on me...
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
mobil gw perna DITABRAK motor, dan dia yg marah2 (dalam hal ini motor menang) kalo orang ditabrak motor trus motornya nyolot mending langsung bantai aja bro,,,
om beruang kul di unjat yah?
om beruang kul di unjat yah?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Tue Mar 03, 2009 7:48
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
"om beruang kul di unjat yah?"
unjat?? yang mana thu om?? koq saya 4 thn di jatinagor ga pernah tau unjat,,
apa baru ya?? atw yang di pangkalan DAMRI thu ya??
he,,, he,,,
saya kuliah di samping IKOPIN om,,,
unjat?? yang mana thu om?? koq saya 4 thn di jatinagor ga pernah tau unjat,,
apa baru ya?? atw yang di pangkalan DAMRI thu ya??
he,,, he,,,
saya kuliah di samping IKOPIN om,,,
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
- Location: Where the sunshine on me...
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
unpad mksudna yg di jatinenjer, jadi unjat deh, wkwkwk
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Tue Mar 03, 2009 7:48
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
wakakakaka,,,,
pantes jadi bunun,,,,
masa br 2 taon ditinggal dah ada UNJAT,,,
pantes jadi bunun,,,,
masa br 2 taon ditinggal dah ada UNJAT,,,
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
tabah, sabar, ikhlas, anggap semua cobaaann.............
tapi kalo sampe maen pukul..ya pukul balik lah......
tapi kalo sampe maen pukul..ya pukul balik lah......
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3464
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
Dilematis perselisihan antara roda-4 dengan roda-2 boleh dibilang lebih tua umurnya dibanding forum ini sendiri. Juga banyak sekali thread2 ttg hal tsb di forum tercinta ini bila digali lebih dalam.
Pada buntutnya selalu berakhir dengan perang kata2 antara roda-4 dengan roda-2, gak bakal ada win-win solution dalam perdebatan ini. Malah lebih cocok disebut sebagai debat kusir, saling menyalahkan.
Bila kita mencoba bijak, masing2 pasti pernah melakukan kesalahan. Kapasitas aku di sini hanya sebagai biker, so far belum pernah sampai serempetan dengan mobil dan kabur (bahkan spion sekalipun). Walaupun demikian aku masih sering introspeksi diri di jalanan, jangan sampai gayaku membawa motor membuat celaka pengguna jalan lainnya. Walaupun sering hati2, gak jarang aku merasa ikut ugal2an.
Biker yang banyak tergabung di forum2 spt SM ini pastinya lebih aware terhadap isu2 yang gak berkesudahan spt ini. Makanya mereka seringkali lebih santun dibanding oknum2 yang disebut-sebut di atas.
Dan jumlah pengendara yang santun tanpa tergabung dalam komunitas apapun aku yakini sangat banyak, secara di Jakarta populasi biker terus berkembang (gak ada angka pastinya, mungkin mendekati angka 10jt). Dari jumlah yang jutaan tsb, yang ugal2an mungkin hanya sekitar hitungan puluhan ribu. Tapi angka puluhan ribu ini yang perlu diwaspadai jangan sampai timbul korban baik material maupun jiwa dari pihak manapun.
Pada buntutnya selalu berakhir dengan perang kata2 antara roda-4 dengan roda-2, gak bakal ada win-win solution dalam perdebatan ini. Malah lebih cocok disebut sebagai debat kusir, saling menyalahkan.
Bila kita mencoba bijak, masing2 pasti pernah melakukan kesalahan. Kapasitas aku di sini hanya sebagai biker, so far belum pernah sampai serempetan dengan mobil dan kabur (bahkan spion sekalipun). Walaupun demikian aku masih sering introspeksi diri di jalanan, jangan sampai gayaku membawa motor membuat celaka pengguna jalan lainnya. Walaupun sering hati2, gak jarang aku merasa ikut ugal2an.
Biker yang banyak tergabung di forum2 spt SM ini pastinya lebih aware terhadap isu2 yang gak berkesudahan spt ini. Makanya mereka seringkali lebih santun dibanding oknum2 yang disebut-sebut di atas.
Dan jumlah pengendara yang santun tanpa tergabung dalam komunitas apapun aku yakini sangat banyak, secara di Jakarta populasi biker terus berkembang (gak ada angka pastinya, mungkin mendekati angka 10jt). Dari jumlah yang jutaan tsb, yang ugal2an mungkin hanya sekitar hitungan puluhan ribu. Tapi angka puluhan ribu ini yang perlu diwaspadai jangan sampai timbul korban baik material maupun jiwa dari pihak manapun.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
Yg bikin celaka itu orang2 yg baru2 punya motor, sok2an nyelap nyelip sana sini,, apalagi sy sering liat anak2 kecil (paling masih SD-SMP) udah pada bawa motor ke jalan raya n berlaga seperti pembalap moto-GP
belon lagi para ojek'ers yg rem nya pada ga bener tapi bawa nya selonong boy.....
Menjamurnya sepeda motor di jalan, asal usulnya tak lain dan tak bukan adalah akibat dari kemudahan2 yg ditawarkan dalam memiliki sepeda motor, ga jarang sy liat di 1 rumah kadang sampe ada 4 buah atau lebih,,
Hehehehe.......bayangkan dgn DP cuma sekitar 500'rb an dah bisa bawa pulang 1 motor baru.....siapa yg ga ngiler? coba kalo persyaratannya diperketat n ga ada sistem cingcai/tutup mata antara dealer-lembaga finance-surveyor-konsumen,, sy yakin ga akan semudah itu seseorang bisa memiliki sepeda motor dgn DP murah.....n KKN is still going on
belon lagi para ojek'ers yg rem nya pada ga bener tapi bawa nya selonong boy.....
Menjamurnya sepeda motor di jalan, asal usulnya tak lain dan tak bukan adalah akibat dari kemudahan2 yg ditawarkan dalam memiliki sepeda motor, ga jarang sy liat di 1 rumah kadang sampe ada 4 buah atau lebih,,
Hehehehe.......bayangkan dgn DP cuma sekitar 500'rb an dah bisa bawa pulang 1 motor baru.....siapa yg ga ngiler? coba kalo persyaratannya diperketat n ga ada sistem cingcai/tutup mata antara dealer-lembaga finance-surveyor-konsumen,, sy yakin ga akan semudah itu seseorang bisa memiliki sepeda motor dgn DP murah.....n KKN is still going on
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
Iya betul pak TUFF Stough, saya sebagai pengendara mobil.. juga selalu mencoba menghindari berbenturan dengan sepeda motor yaitu dengan cara berangkat lebih pagi dan memperhitungkan waktu perjalanan sehingga banyak waktu untuk menuju suatu tempat. Kalau kita mengendarai mobil dengan suasana buru-2, kadang kita menyetirnya pun juga dengan emosi. Saat ini lah terjadi perbenturan. Beberapa kali saya ditabrak dari belakang pun kadang saya berpikir apakah memang saya yang jalannya terlalu perlahan-lahan... tapi rasanya saya lebih sering melihat motor berbenturan dengan motor...
Dari Solo ke Oslo
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
Setuju!!! .. TAPIIII... seharusnya pemerintah sudah harus mulai berfikir u/ memisahkan jalur antara motor dan mobil, dulu bisa ada jalur lambat dan cepat... dimana motor khusus di jalur lambat... tapi sekarang lebih pelik lagi... krn kendaraan umum bus, bajaj, mikrolet..etc semua di jalur lambat.. pstinya motor puyeng dan bega krn musti sering stop2 ikutin angkutan umum ambil penumpang dan ngetem .. apalagi suka angkut orang berhenti ditengah2 dan pengkolan jalan...TUFF Stough wrote:Dilematis perselisihan antara roda-4 dengan roda-2 boleh dibilang lebih tua umurnya dibanding forum ini sendiri. Juga banyak sekali thread2 ttg hal tsb di forum tercinta ini bila digali lebih dalam.
Pada buntutnya selalu berakhir dengan perang kata2 antara roda-4 dengan roda-2, gak bakal ada win-win solution dalam perdebatan ini. Malah lebih cocok disebut sebagai debat kusir, saling menyalahkan.
Bila kita mencoba bijak, masing2 pasti pernah melakukan kesalahan. Kapasitas aku di sini hanya sebagai biker, so far belum pernah sampai serempetan dengan mobil dan kabur (bahkan spion sekalipun). Walaupun demikian aku masih sering introspeksi diri di jalanan, jangan sampai gayaku membawa motor membuat celaka pengguna jalan lainnya. Walaupun sering hati2, gak jarang aku merasa ikut ugal2an.
Biker yang banyak tergabung di forum2 spt SM ini pastinya lebih aware terhadap isu2 yang gak berkesudahan spt ini. Makanya mereka seringkali lebih santun dibanding oknum2 yang disebut-sebut di atas.
Dan jumlah pengendara yang santun tanpa tergabung dalam komunitas apapun aku yakini sangat banyak, secara di Jakarta populasi biker terus berkembang (gak ada angka pastinya, mungkin mendekati angka 10jt). Dari jumlah yang jutaan tsb, yang ugal2an mungkin hanya sekitar hitungan puluhan ribu. Tapi angka puluhan ribu ini yang perlu diwaspadai jangan sampai timbul korban baik material maupun jiwa dari pihak manapun.
ribet yaa.... well .. harus diakui u/ jarak dekat plg enak naik motor .. mumet naik mobil kalo cuma jarak dekat harus ikutan macet2an di sore hari/pagi hari (jam pergi pulang kantor)
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
memang berusaha untuk selalu sabar dan damai.Abu2 wrote:tabah, sabar, ikhlas, anggap semua cobaaann.............
tapi kalo sampe maen pukul..ya pukul balik lah......
tapi seandainya kepepet ya mau bagaimana lagi tul gak OM ABU2?
yang paling gw gak suka, massa yang selalu ikut campur. kalau mau fight mending 1 on 1.
Failure is just another stepping stone to success.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
ini bukan sekedar tabrak lari bro....tapi minta urun pendapat solusinya....gimana ya sebaiknya....Penegakan Hukum???? enggak deh...masyarakatnya masih emosian...polisinya gak tegas....ada cara lain???
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44
Re: TABRAK LARI PENGENDARA MOTOR
satu pepatah yang selalu gw inget.
"if you cannot beat them, join them!"
"if you cannot beat them, join them!"
Failure is just another stepping stone to success.