[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

zweifellos wrote: mantap om reviewnya. cuma ya itu mirip komparasi yang biasa dilakukan pihak media cetak ataupun elektronik.

namun tentu kalo sudah masalah pembahasan berdasar pendapat dan selera konsumen, bisa muncul parameter2 lain. saya rasa, bilang orang bertanya, yang om sajikan di atas tentu akan sangat membantu si penanya, begitu pun yang memberikan penjelasan dari sisi kebutuhan konsumen (pemakai) seperti layanan purna jual misalnya (dan parameter2 lainnya).
gw sebenernya bukan review sih, cuma gathering info aja, trus gw paparin disini.
betul, yg butuh info disini bisa liat lagi..but, gw masih perlu tambahan tuh utk info2 di atas.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

saya cuman ngecek sekilas itu komparasi dari otomotifnet, sepertinya tidak dibahas ya mengenai keamanan dari mobil (jenis rem, jarak pengereman dan fitur2 keselamatan lainnya).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by iwang »

udah cukup2 banyak tuh infonya..yang beli tinggal beli aja susah amat :D :D hehe kalo emang selera..kenapa tidak? toh kita2 juga yang naekin tu mubil :D :D
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

zweifellos wrote: mantap om reviewnya. cuma ya itu mirip komparasi yang biasa dilakukan pihak media cetak ataupun elektronik.

namun tentu kalo sudah masalah pembahasan berdasar pendapat dan selera konsumen, bisa muncul parameter2 lain. saya rasa, bilang orang bertanya, yang om sajikan di atas tentu akan sangat membantu si penanya, begitu pun yang memberikan penjelasan dari sisi kebutuhan konsumen (pemakai) seperti layanan purna jual misalnya (dan parameter2 lainnya).
iya kalo cara gini, keliatannya gajah dewasa sudah menang sebelum diadu..
dan rasanya juga bukan ga boleh ditandingkan kemampuan lainnya, seperti komparasi2 bergengsi biasanya. atau bukannya nanti komparasi2 seperti car of the year dll di tiap kategori cuma jatuh ke most preffered brand aja jadinya ya..
pengaruh mobilnya itu sendiri ga pernah independen terkesan belum "cukup dewasa"..
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

zweifellos wrote:saya cuman ngecek sekilas itu komparasi dari otomotifnet, sepertinya tidak dibahas ya mengenai keamanan dari mobil (jenis rem, jarak pengereman dan fitur2 keselamatan lainnya).
kalo dari otomotifnet, adanya cuma segitu..
tapi gw pernah dpt dari beberapa forum..ada tentang rem 42ner tapi kalo gw masukin ke sini jadi sensitif :mrgreen:
kalo captiva dari keseharian, dan setelah gw compare antara harrier, xtrail, new cr-v, rem abs captiva sangat ok. feature safety cukup komplit, utk passive safety ada dual airbag, active nya ada EBD.
nah..soal everest, butuh dari owner2 nya..pada kalem2..jadi jarang disini...
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

roadtrain99 wrote:biar netral, pinjem review dari
http://www.otomotifnet.com/otoweb/include/sendfriend.php?ar_id=3393 wrote:
23-01-2009 08:Komparasi SUVFortuner G M/T vs Captiva Sport D A/T vs Everest XLT 2.5L TDCi
Image

OTOMOTIFNET - Kisah mbah Marijan terpisahkan dari gunung Merapi. Namun banyak kisah heroik kuncen abdi dalem Yogyakarto hadiningrat lain yang tak kalah seru. Kemurkaan Merapi dihadapi kepasrahan mendalam. “Semua berpulang kepada Gusti Allah,” terang Sadjiman, yang dalam KTP keraton dianugerahi nama alias Suraksohaldoko.

Keseharian Sadjiman yang berumur 47 tahun terdengar sepele. Seperti merapikan batu-batu penghalang jalan setapak menuju puncak Merapi. Namun kemampuan jelajahnya, bisa 2-4 jam berjalan kaki dari puncak tertinggi yang bisa dicapai Fortuner, Captiva dan Everest. Kebaikan hatinya bukan cuma menuntun pencinta alam menikmati gunung yang sejak 1548 sudah meletus 68 kali itu, tapi juga membantu ekspedisi trio SUV diesel. Sadjiman membantu melaporkan komparasi tiga SUV diesel dari ketinggian 2.980 m di atas permukaan laut.

Akomodasi
Sama-sama sanggup menampung 7 orang penumpang, hanya sedikit perbedaan antara ketiga kompetitor. Untuk ruang kaki tampaknya Fortuner paling lega. Posisi duduk nyaman dan kaki tidak tertekuk. Everest walau kapasitas bagasi paling luas, tapi ruang kaki tidak selega Fortuner. Sedang Captiva yang memang memiliki ruang kabin terkecil harus rela berada di urutan terakhir.

Beda saat ingin mengangkut barang. Ruang bagasi Everest menjadi paling besar. Apalagi dibantu pelipatan jok yang simpel, cukup lipat sandaran jok ke depan, apabila masih kurang jok masih bisa dilipat mendekati bangku baris kedua. Akan terlihat bagasi simpel dengan daya angkut maksimal.

Sama hal dengan Captiva, membesarkan ruang bagasi cukup hanya dengan melipat sandaran jok, maka tercipta lantai bagasi yang rata. Untuk meletakan barang Captiva memiliki keunggulan sendiri. Kaca belakang bisa dibuka terpisah dengan pintu. Sangat praktis untuk menaruh barang-barang yang tidak terlalu besar.

Fortuner yang banyak makan tempat hanya untuk meletakan jok. Setelah melipat sandaran jok, harus melipat jok kesamping menutupi jendela belakang. Alhasil, ruang bagasi banyak tersita hanya untuk meletakan bangku.

Kesimpulannya, Everest menjadi pemenang untuk daya angkut. Kelegaan ruang dibantu kemudahan sistem pelipatan jok menjadi poin lebih. Sedang Captiva yang memiliki tingkat kepraktisan tinggi, namun dimensi bagasi yang tidak terlalu besar menjadikan nilainya sejajar dengan Fortuner. Sayangnya untuk Fortuner walau memiliki ruang bagasi yang cukup besar namun tersita saat melipat jok baris ketiganya.

Fortuner : ***
Everest : ****
Captiva : **

Performa
Soal performa, Captiva ( 2.000 cc) menghasilkan performa terbaik, daya maksimum 150 dk/4.000 rpm dan torsi puncak 320 Nm/2.000 rpm. Tampak paduan mesin dan transmisi otomatik tiptronik memberikan akselerasi baik layaknya manual, yang menjadi satu-satunya pilihan untuk Fortuner diesel ini. Sementara Everest, belum melengkapi diri dengan fasilitas pada transmisi otomatik seperti Captiva.

Sedangkan antara Everest dan Fortuner (2.500 cc), daya dan torsi puncak Everest yang juga menggunakan variable geometry turbo seperti Captiva (142 dk/3.500 rpm dan 330 Nm/1.800 rpm), jauh lebih besar dari Fortuner, akselerasinya lebih baik, padahal transmisi otomatiknya memiliki respons sedikit lebih lambat dibanding transmisi manual Fortuner. Daya maksimum Toyota Fortuner memang paling rendah (102 dk/3,200 rpm), namum torsi puncak merata (200 Nm/1.400-3.400 rpm). Sehingga pas di segala medan, baik di tol Cipularang, maupun rute naik-turun di sekitar Nagrek, Jabar. Namun kala memanjat kaki gunung Merapi, perlu sedikit ngotot mempertahankan putaran mesin agar Fortuner mampu mengejar laju rival-rivalnya.

Fortuner : **
Everest : ***
Captiva : ****

Konsumsi BBM
Siapapun akan memberikan perhatian lebih soal konsumsi bahan bakar. Baik yang berada dalam ruang sejuk berAC dalam kamar hotel berbintang maupun embusan angin sejuknya di lereng Dieng. Dengan jarak tempuh lebih dari 1.800 km antara Jakarta dan Yogyakarta, hingga ke lereng gunung Merapi, tercatatlah penggunaan bahan bakar solar yang diminum masing-masing SUV ini.

Ada pendapat soal mobil berkapasitas mesin besar otomatis menenggak bahan bakar lebih banyak. Namun jika melihat hasil uji coba ini Chevrolet Captiva agaknya menggeser hal tersebut. Memang SUV dengan kontur membulat ini memiliki performa istimewa, namun soal konsumsi bahan bakar agaknya ia mesti bersaing dengan Toyota Fortuner yang memiliki mesin dengan kapasitas lebih besar.

Tampaknya dapur konsumsi bahan bakar adalah sisi istimewa buat Toyota Fortuner konsumsi solarnya relatif sama dengan Captiva! Sementara Ford Everest memang menunjukkan bahwa mesin bertenaga besar memang lebih haus!

Fortuner : ****
Everest : **
Captiva : ***


Kenyamanan
Menikmati perjalanan di atas SUV ternyata nikmat juga. Secara garis besar, ketiga peminum Solar ini cukup nyaman buat melintas jalur Jakarta-Yogyakarta melalui jalur selatan. Lewat tol tidak diragukan lagi, meski jangkung mereka tetap stabil dan nyaman tanpa banyak goyangan. Asal jangan terlalu ekstrem bermanuver karena body roll bakal sangat terasa.

Melintas jalur Nagrek masih nyaman karena baru diaspal. Namun begitu masuk daerah Majenang, banyak lubang mengadang di jalan. Dengan ban besar dan ground clearance tinggi, jadi pede melibasnya. Toh guncangan tidak terlampau terasa di kabin. Mengutip komentar salah satu kru redaksi, “Jalan kayaknya mulus aja, kok.”

Meski demikian, ada perbedaan karakter dari ketiga SUV. Fortuner menawarkan jok yang lebih nyaman ketimbang Everest dan Captiva. Jok Captiva relatif lebih keras. Sedangkan buat pengemudi, kenyamanan nyetir maksimal disediakan Fortuner dan Captiva dengan setelan ketinggian pada kursinya.

Selain jok, kelembutan suspensi Fortuner pun sudah teruji. Meski masih mengandalkan ladder frame, mobil dengan tenang melibas jalan bergelombang tanpa banyak guncangan. Kondisi jalan buruk pun cukup banyak diredam suspensi Captiva dan Everest. Hanya saja bantingan keduanya relatif lebih keras, terutama suspensi bagian belakang. Hal ini terasa sekali saat melintas polisi tidur. Bagian moncong mobil sudah lewat dengan mulus, namun bagian belakang relatif menyentak.

Iklim kabin pun terjamin pada ketiga SUV. Soalnya semua punya AC dengan sistem double blower. Pengemudi pun masih punya kuasa buat mengaktifkan. Toh kalau tidak ada penumpang enggak perlu hidup bukan? Bedanya, Fortuner dan Everest punya kisi-kisi di atas plafon. Sedangkan Captiva hanya punya satu kisi-kisi di sebelah kiri belakang. Kisi-kisi itu juga dilengkapi dengan pengatur kipas blower.

Fortuner : ****
Everest : ***
Captiva : **

Fitur
Membahas keunggulan fitur di mobil SUV diesel ini benar-benar harus secara detail. Perbedaan fitur standar di mobil membuatnya tergolong sulit untuk memutuskan. Seperti Ford Everest, memiliki banyak cup holder. Baik itu di depan, konsol tengah maupun jok paling belakang sekalipun. Tiap sisinya terdapat lubang untuk menempatkan minuman. Tapi ternyata hal ini tak cukup membuat Everest bisa melenggang puas. Pasalnya Toyota Fortuner juga memiliki banyak cup holder yang masih ditambah dengan folder persis di depan lubang AC sehingga minuman bisa tetap dingin.

Beralih ke kelengkapan lainnya. Seperti lampu sein yang ada di spion, tiap SUV sudah disediakan, namun hanya Everest yang memiliki lampu tersorot ke bawah untuk menyinari sekeliling ketika pintu terbuka, Disini Everest unggul. Masih di spion, Toyota Fortuner unggul karena bisa dilipat secara elektrik, sedang Everest dan Captiva tidak bisa. Sedikit banyak membantu ketika melewati jalan sempit sehingga tangan tak perlu keluar untuk melipat spion.

Fitur sebagai faktor penambah kenyamanan berkendara tergambar di Toyota Fortuner. Dengan display yang cukup imut jika dibanding bodinya, Fortuner memiliki Multi Information Display (MID) yang bisa menampilkan konsumsi solar yang terpakai secara rata-rata dan suhu luar. Ini yang tak dimiliki kedua kompetitornya. Selain itu foglamp sebagai pembantu ketika melewati daerah berkabut ditemui pada Everest dan Fortuner.

Namun untuk urusan in car entertainment Captiva dan Fortuner bisa bersaing. Keduanya sama-sama sudah bisa dijadikan monitor walau di Captiva masih bersifat optional, namun setidaknya unggul dibanding Everest yang hanya bisa cd saja.

Secara keseluruhan, Fortuner menjadi terdepan di soal fitur ini. Karena masih ditambah adanya sensor parkir yang juga ada di Everest. Sayang Fortuner hanya tersedia manual. Sedang rivalnya terdapat otomatis.

Fortuner : ****
Everest : ***
Captiva : ***

Style
Tidak bisa dipungkiri kalau style dari ketiga SUV ini memiliki kekuatan yang sama. Toyota Fortuner dengan bodi besarnya yang sedikit membulat terasa pas dengan bentuk lampu depan yang besar dan sein yang terintergasi di dalam batok. Bagian buritan juga tak membosankan. Dengan lekukannya disamarkan oleh bentuk lampu yang cukup lebar.

Pada SUV diesel yang di test Ford Everest memiliki tampang yang terbilang konservatif. Pasalnya bentuk muka serba kotak seperti mobil bukan pada zamannya. Selain itu masih ditambah pula dengan kap mesin yang benar-benar rata. Hal ini membuat tiap ujung kap mesin bisa terpantau dengan mudahnya sehingga tak perlu ragu ketika membelok. Tak hanya bentuk depan saja yang kotak, samping dan buritan juga sangat kotak.

Sedang untuk Chevrolet Captiva, dimensinya terbilang paling kecil jika dibanding rivalnya. Walau demikian tak lantas membuatnya menjadi kaku. Bentuk depan dan buritan justru paling rounded. Ini justru membuatnya cantik diantara Fortuner dan Everest yang terkesan gagah. Semakin terlihat membulat berkat aplikasi bentuk lampu belakang layaknya telor digoreng ‘mata sapi’. Kesan sport dan suka ‘berlari’ timbul di Captiva berkat hadirnya kedua moncong kanlpot yang bernuansa krom.

Perihal pintu belakang, semuanya memiliki kemudahan ketika memasukkan barang saat ekspedisi Merapi di jalankan. Pintu Everest terbuka dengan lebarnya. Sedang Fortuner dan Captiva pintunya terbuka ke atas. Namun di Captiva, kaca belakang juga bisa terbuka ke atas. Memudahkan menaruh barang. Selain itu, bisa memotret sisi belakang mobil tanpa harus membuka pintu yang kadang kala justru tidak aman.

Lihat aplikasi ini, Everest benar konservatif namun tetap memberi kemudahan bagi siapapun juga.

Fortuner : ***
Everest : ***
Captiva : ***

Value for Money
Menjajaki kota Klaten hingga ke pesisir Parangkusumo, sampai menapaki jalur terjal di lereng gunung Merapi dan mampir sejenak ke dataran tinggi Dieng di Jawa Tengah, rasanya cukup terakomodir dengan ketiga SUV bermesin diesel dengan torsi besar khas mobil peminum solar. belum lagi bodi jangkung yang paling pas untuk menjelajah hingga berbagai pelosok dengan kondisi jalan kurang ramah untuk dijamah mobil dengan ground clearance rendah.

Bicara banderol retail on the road (OTR)-nya, Ford Everest XLT 2.5L TDCi 4x2 memiliki harga paling rendah (Rp 310,7 juta), tetapi ada keistimewaan tersendiri, yaitu sudah meggunakan transmisi otomatik. selain itu keleluasaan interior juga jadi andalan SUV dengan nama puncak gunung tertinggi di dunia itu. Kapasitas angkut barang dan orang pun jadi keistimewaan. Soal daya tahan? Ford sudah lebih dulu melanglang buana dengan mesin dieselnya, lewat kembaran double cabnya, Ranger.

Sementara posisi tengah diduduki Chevrolet Captiva 2.0 Sport D A/T seharga Rp 324,345 juta yang juga matik dengan kelengkapan triptonik. Boleh dibilang ini merupakan pendatang baru SUV diesel di tanah air, tetapi soal tarikan mesin memang diunggulkan oleh SUV berlogo Bow Tie ini.

Sedangkan Toyota Fortuner 2.5 G merupakan satu-satunya peserta komparasi ini yang hanya dijual dalam versi transmisi manual, merupakan varian SUV diesel dengan harga retail paling tinggi. Tetapi didukung dengan brand image cukup baik dan kelengkapan yang memadai.Tentunya ini cukup sebanding dengan konsumsibahan bakarnya yang cukup irit.

Fortuner : ***
Everest : **
Captiva : ****


Kesimpulan
Fortuner dan Captiva sangat menonjol di komparasi ini. Kaizen Toyota mengisyaratkan platform mesin yang sama seakan inilah Innova diesel versi jangkung. Mesin dan transmisi yang sederhana klop dengan kurva penilaian yang konstan di semua lini.

Hal menonjol dari Fortuner ada pada konsumsi BBM dan kenyamanan yang di atas rata-rata. Selebihnya, hal-hal yang terlihat simpel malah menjadi kekuatan Fortuner.

Hal berbeda dengan Captiva yang terlihat high end. Setidaknya terlihat dari transmisi triptonik yang sangat fun. Begitu juga dengan mesin yang powerful dengan teknologi Variable Geometry Turbo dan harga yang tergolong baik. Pilihan bagus buat Anda yang berani keluar dari pakem yang ada.

Sementara Everest memberikan dinamika dalam komparasi ini. Akomodasinya paling baik dibanding yang lain. Tentunya dengan pengalaman ketangguhan yang sudah disuguhkan sebelumnya.
btw yg spion utk ctv, ada option retractable mirror.
ternyata value for money nya ctv cukup bagus ya, dpt 4* walaupun merk nya jauh dari kepopularitasan.

iseng2 itung rating...
42ner d4d dpt 23*
everest dpt 20*
ctv dpt 21*
Menurut professional review di atas, sudah jelas Fortuner ada berbagai keunggulan - jadi ngapain heran kalo laku (keras) ya :P

Dan itu review BARU - belon 5, 10 thn berikutnya...dimana keunggulan kendaraan2 Toyota baru "kick in", kemampuan membuat mobil awet dan tahan banting.
Last edited by FortunerMan on Fri Sep 04, 2009 13:50, edited 1 time in total.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

iwang wrote:udah cukup2 banyak tuh infonya..yang beli tinggal beli aja susah amat :D :D hehe kalo emang selera..kenapa tidak? toh kita2 juga yang naekin tu mubil :D :D
setuju, pastinya yg kita stir mobil nya bukan merk nya heheheh..dan yg pasti kita ga ke bengkel nya tiap hari..
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

nah moga nanti ada yang review setelah 5-10tahun, apa saja kerusakan yang berarti..kalo pemakainya masih pakai...
tapi kalo liat mobil2 sekarang yang makin maju, apa bisa rusak setelah 5 tahun yah, biasanya mobil non-eropa jarang rewel dipakai 5-6 tahun pertama termasuk sedannya, nah kira2 gimana kemungkinan2 buruk spesifik di suv ford atau chevy ini..
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

GTR wrote:nah moga nanti ada yang review setelah 5-10tahun, apa saja kerusakan yang berarti..kalo pemakainya masih pakai...
tapi kalo liat mobil2 sekarang yang makin maju, apa bisa rusak setelah 5 tahun yah, biasanya mobil non-eropa jarang rewel dipakai 5-6 tahun pertama, nah kira2 gimana kemungkinan2 buruk spesifik di suv ford atau chevy ini..
Everest sebenernya Mazda (Mazda platform, Mazda engine), jadi mestinya cukup awet - udah battle proven juga di fleet banyak yg pake Ranger. Fortuner udah thn ke-5 MAKIN laku, tanpa ada masalah berarti (which is normal for a Toyota, bukan sesuatu yg aneh), jadi udah di "review" oleh pasar dan melaju terus.
Last edited by FortunerMan on Fri Sep 04, 2009 14:02, edited 1 time in total.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

FortunerMan wrote:
GTR wrote:nah moga nanti ada yang review setelah 5-10tahun, apa saja kerusakan yang berarti..kalo pemakainya masih pakai...
tapi kalo liat mobil2 sekarang yang makin maju, apa bisa rusak setelah 5 tahun yah, biasanya mobil non-eropa jarang rewel dipakai 5-6 tahun pertama, nah kira2 gimana kemungkinan2 buruk spesifik di suv ford atau chevy ini..
Everest sebenernya Mazda (Mazda platform, Mazda engine), jadi mestinya cukup awet - udah battle proven juga di fleet banyak yg pake Ranger.
itu satu poin nya.
nah kalo korean ini gimana kira2, santa Fe, tucson, sportage (old & new), apakah banyak yang sudah rusak dalam 5/6 tahun pertama...mungkin ada yang bisa bantu share..
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

GTR wrote:nah moga nanti ada yang review setelah 5-10tahun, apa saja kerusakan yang berarti..kalo pemakainya masih pakai...
tapi kalo liat mobil2 sekarang yang makin maju, apa bisa rusak setelah 5 tahun yah, biasanya mobil non-eropa jarang rewel dipakai 5-6 tahun pertama, nah kira2 gimana kemungkinan2 buruk di suv ford atau chevy ini..
betul, kita jgn mandang sebelah mata dulu.
dulu pernah pk hyundai sampe 5thn masih ok (non jap)
pake merc 6thn lebih dari baru (udah pjawa-bali bebrp kali) ga rewel..
tambahan aja nih, adik pk navara *baca:japanese brand*, tau2 ada yg masalah, untung ga big deal. sementara ctv gw, s/d skrg masih baik at least ga ada complain. jd, ga bs buat patokan jg gitu.

kalo ngutip dari hasil test ctv yg di china itu sekian juta km atau berapa tuh, katanya masih bagus, berarti reliabilitynya boleh tahan lah.
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by iwang »

mobilnya ga rewel2 sih mungkin yang buatan jepang, yang rewel orangnya aja tuh hehehe

yang beli2 mbl eropa yang (rewel dan secondnya murah dsb) itu pasti sudah mafhum akan nasib dan sifat mobilnya, jadi ya dia pasti maklum aja..nrimo...dan tetap senang menikmati kerewelan mobilnya..dengan lapang dada..

kebetulan pacar saya pernah ikutan latihan orari, ketemu orang2 klub apanja dan terano, ketuanya dsb..menurut dia sih orang2nya ga asik, ya cenderung snob lah..(walaupun mblnya ga rewel dan sangat reliable, harga jual bagus dsb)..ya pada pamer2 blackberry gitulah sama temen2nya sendiri..hehe

sementara temen2 saya di klub lain, retro jepang, mercedes, peugeot, dia ga pernah komplain..cenderung biasa2 aja dan apa adanya...walaupun mblnya rewel, suka mogok, kadang telpon minta bantu teknis ini itu dsb..

biar aja si pemakai toyota pakai mobilnya sampai 20 tahun, panter umur 10 taon aja udah ga keruan rasanya... banyak tuh kijang umur 20 taon..ancur2 semua..corolla umur 20 taon..ya udah ga ada yang mau beli jg..hehehe

intinya : terserah yang mau beli...yang jelas yang beli ford ga lebih bloon dari yang beli portuner..dan sebaliknya..selebihnya urusan persepsi dan selera
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Pajero Sport juga biarpun baru sudah "proven" - it's a Triton, toughness gak diragukan...cuman garansi nya aja yang rada2 bikin males. Mitsubishi kan kuat di mobil niaga nya...dan ini sebenernya mobil niaga dijadiin mobil penumpang...no worries lah.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

iwang wrote:mobilnya ga rewel2 sih mungkin yang buatan jepang, yang rewel orangnya aja tuh hehehe

yang beli2 mbl eropa yang (rewel dan secondnya murah dsb) itu pasti sudah mafhum akan nasib dan sifat mobilnya, jadi ya dia pasti maklum aja..nrimo...dan tetap senang menikmati kerewelan mobilnya..dengan lapang dada..

kebetulan pacar saya pernah ikutan latihan orari, ketemu orang2 klub apanja dan terano, ketuanya dsb..menurut dia sih orang2nya ga asik, ya cenderung snob lah..(walaupun mblnya ga rewel dan sangat reliable, harga jual bagus dsb)..ya pada pamer2 blackberry gitulah sama temen2nya sendiri..hehe

sementara temen2 saya di klub lain, retro jepang, mercedes, peugeot, dia ga pernah komplain..cenderung biasa2 aja dan apa adanya...walaupun mblnya rewel, suka mogok, kadang telpon minta bantu teknis ini itu dsb..

biar aja si pemakai toyota pakai mobilnya sampai 20 tahun, panter umur 10 taon aja udah ga keruan rasanya... banyak tuh kijang umur 20 taon..ancur2 semua..corolla umur 20 taon..ya udah ga ada yang mau beli jg..hehehe

intinya : terserah yang mau beli...yang jelas yang beli ford ga lebih bloon dari yang beli portuner..dan sebaliknya..selebihnya urusan persepsi dan selera
Ada nikmatnya punya mobil Eropa (biarpun tua bangka dan harganya udah nyungsep) tapi tetap indah dan (KALAU sehat) nyaman. Ada nikmatnya juga punya mobil Jepang yang gak usah mikir...duh, ntar mogok gak ya...gak perlu takut malu di bawa jalan2 piknik trus mogok, overheat, dll. Saya liat banyak pemakai mobil Eropa tua bangka sombongnya minta ampun karena bawa Mercy seharga Soluna, se akan2 dia superior...gayanya udah kaya mampu beli Mercy baru (padahal jelas2 nggak)...look down ke orang2 yg beli mobil untuk ke praktisan (baru, tapi kelasnya jauh)

Nggak ada yg bilang beli Ford bloon (coba cari sepanjang thread ini). Yang ada pembeli Fortuner di bilang irasional :P dibilang gak ada keunggulan di banding pesaingnya - padahal udah ada professional review (baca di atas) yang bilang, banyak keunggulan Fortuner. Ngotot bilang Fortuner gak ada crash test, tapi orang ini sendiri menunggu jandanya Pajero Sport yang juga gak ada crash test (ketahuan sentimennya)
Last edited by FortunerMan on Fri Sep 04, 2009 14:17, edited 1 time in total.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

kan lagi non-eropa nih bro iwang...
soalnya kalo kita sering 'nongkrong' ke sentra2 otomotif seperti kemayoran, atrium, dll, rasanya mobil2 jepang berusia 10tahun keatas pun banyak yang repair (rewel), merknya merata dari honda s/d kijang juga, rusaknya pun ada yg umum2 & mirip. beda yang berarti kebanyakan di harga parts.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

roadtrain99 wrote:gw btt in ya..udah jauh banget nih oot nya hehehe..

hrg
ctv vcdi fwd mulai dari 291jt-330jt yg full option?
ford everest mulai dari 310jt ya? *cmiiw*
42ner d4d dari 350jt? *cmiiw*
...
semuanya common rail. biasanya kalo diesel identik dgn asep, yg masih asep kalo digeber yg d4d.
ctv diesel suka diparno in soal solar nya harus euro 3 atau 2 / dex, tapi yg diindo udah diset bisa bio/solar.
ngeliat mesin tiga2nya, yg padat evie dan ctv. ctv gampang bgt nyucinya, soalnya hampir ketutup cover semua.

...

feature2 nya kalo ctv: 4channel abs, all discbrakes, dual airbag, ebd, 5sp tiptronic, (mid & cruise control optional) klo ada yg kurang tambahin.
feature everest: please bantuin dong yg owner
feature 42ner diesel: please yg ahli.
tambah dikit:
ford & 42ner sama dari thailand. mesin d4d nya kalo ga salah di cikarang atau karawang? (boleh ditambah nih info nya, khusus nya yg ford)
captiva diesel, pabrik korea, ex daewoo under GM, mesin vm motori italy (http://www.vmmotori.it/en/01/01/dettAut ... ?autoId=58)
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

FortunerMan wrote:Pajero Sport juga biarpun baru sudah "proven" - it's a Triton, toughness gak diragukan...cuman garansi nya aja yang rada2 bikin males. Mitsubishi kan kuat di mobil niaga nya...dan ini sebenernya mobil niaga dijadiin mobil penumpang...no worries lah.
itulah om, tak bisa kita mencari yang sempurna, pasti aja ada kelebihan dan kekurangan dari yang lainnya. coba masing2 kelebihan dari mobil2 itu dijadiin satu mobil, pasti keren bgt TAPI lagi2 faktor harga jadi kendala. hehehe
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

durability yg ditawarkan blm terbukti; ok karena masih tergolong baru. mesin captiva ini sejak awal tawarkan performa. rating emisi versi indo ini sendiri gimana? ford everest?
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by iwang »

harga ga nyungsep2 amat kok...saya beli 300TE taon 1990 beberapa waktu lalu, 180juta cash, dan ada temen yang mau bayarin lebih dari itu..ada ga toyota taon 90 yang harganya bisa segitu...? hehe

soal mogok dan lain2..ya idealnya sih pake minimal harrier atau VX100 sekalian, gapapa...tapi duitnya blon cukup..hehe
saya ga terlalu takut mogok karena tau maintenance dikit2lah, pusing amat kalo kepept telpon towing aja cuman 350rebu..kalau di klub boxer malah ada towing gratis buat member..pake mitsubishi fuso colt diesel..hehe

portuner sih rasanya emang biasa2 aja..hilux pake kabin blakang, seprti everest = ranger pake kabin..kaptipa agak lain karena konsep awalnya emang udah wagon..harga segitu mending beli mbl second yang lain aja..

janda pajero sport..hmm ya masuk akal aja, tapi toh bukan pilihan utama..temen saya pake strada 2004, ideal workhorse, cuma kemaren sempet pusing ngurusin turbonya rewel, pusing jg

soal mbl jepang, saya ada corona 72..purbakala, mungkin ga ada teman di sini yang sering bawa harian..saya cukup sering..reliable, but crude..rem dll ya apa adanya aja, kalau celaka, ya salam kompak..:D :D..its a reliable and honest workhorse, tapi ya kompensasinya ya membosankan dan tidak aman.
saya pernah ada jg corolla taon 2000, kurang lebih sama..tip top condition tapi saya rasa tidak memenuhi kebtuhan dan keperluan saya..its out. tadinya mau beli altis tapi malah ngga jadi..rasanya bakalan kurang lebih aja sama tu AE110 corolla
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by inoz »

bravo review nya bagus
pencerahan bagiku
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

iwang wrote:mobilnya ga rewel2 sih mungkin yang buatan jepang, yang rewel orangnya aja tuh hehehe
mmh..demen bgt nih gw, heheh..pendek tapi nyesek!
iwang wrote:yang beli2 mbl eropa yang (rewel dan secondnya murah dsb) itu pasti sudah mafhum akan nasib dan sifat mobilnya, jadi ya dia pasti maklum aja..nrimo...dan tetap senang menikmati kerewelan mobilnya..dengan lapang dada..
kalo hobby pasti gitu heheh...
iwang wrote:kebetulan pacar saya pernah ikutan latihan orari, ketemu orang2 klub apanja dan terano, ketuanya dsb..menurut dia sih orang2nya ga asik, ya cenderung snob lah..(walaupun mblnya ga rewel dan sangat reliable, harga jual bagus dsb)..ya pada pamer2 blackberry gitulah sama temen2nya sendiri..hehe
biasanya gitu emang, apalagi kalo okb, gampang keliatan dari omongannya, entah suka pamer2an atau nanti ngeremehin..ya ga?
iwang wrote:sementara temen2 saya di klub lain, retro jepang, mercedes, peugeot, dia ga pernah komplain..cenderung biasa2 aja dan apa adanya...walaupun mblnya rewel, suka mogok, kadang telpon minta bantu teknis ini itu dsb..
betul, kalo udah hobby/lama main mobil, justru demen ngutik, ga pengaruh dari iklan, malah rata2 tau bengkel non beRes.
iwang wrote:biar aja si pemakai toyota pakai mobilnya sampai 20 tahun, panter umur 10 taon aja udah ga keruan rasanya... banyak tuh kijang umur 20 taon..ancur2 semua..corolla umur 20 taon..ya udah ga ada yang mau beli jg..hehehe
bener banget, makanya gw pernah bilang, kalo mobil dibawah 500jtan jgn ngumbar soal reliabilitylah..
iwang wrote:intinya : terserah yang mau beli...yang jelas yang beli ford ga lebih bloon dari yang beli portuner..dan sebaliknya..selebihnya urusan persepsi dan selera
bener, sedap banget..tos dulu ahh..

eh..btw bro..*oot on* terrano biar mesinnya lemot, bodynya tebel lho, dulu pernah supir nih, nabrak kijang penyok renyek..terrano nya untung ga kenapa2.*oot off*
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

iwang wrote:harga ga nyungsep2 amat kok...saya beli 300TE taon 1990 beberapa waktu lalu, 180juta cash, dan ada temen yang mau bayarin lebih dari itu..ada ga toyota taon 90 yang harganya bisa segitu...? hehe

soal mogok dan lain2..ya idealnya sih pake minimal harrier atau VX100 sekalian, gapapa...tapi duitnya blon cukup..hehe
saya ga terlalu takut mogok karena tau maintenance dikit2lah, pusing amat kalo kepept telpon towing aja cuman 350rebu..kalau di klub boxer malah ada towing gratis buat member..pake mitsubishi fuso colt diesel..hehe

portuner sih rasanya emang biasa2 aja..hilux pake kabin blakang, seprti everest = ranger pake kabin..kaptipa agak lain karena konsep awalnya emang udah wagon..harga segitu mending beli mbl second yang lain aja..

janda pajero sport..hmm ya masuk akal aja, tapi toh bukan pilihan utama..temen saya pake strada 2004, ideal workhorse, cuma kemaren sempet pusing ngurusin turbonya rewel, pusing jg

soal mbl jepang, saya ada corona 72..purbakala, mungkin ga ada teman di sini yang sering bawa harian..saya cukup sering..reliable, but crude..rem dll ya apa adanya aja, kalau celaka, ya salam kompak..:D :D..its a reliable and honest workhorse, tapi ya kompensasinya ya membosankan dan tidak aman.
saya pernah ada jg corolla taon 2000, kurang lebih sama..tip top condition tapi saya rasa tidak memenuhi kebtuhan dan keperluan saya..its out. tadinya mau beli altis tapi malah ngga jadi..rasanya bakalan kurang lebih aja sama tu AE110 corolla
Come on, masih menyangsikan harga mobil Eropa gak lebih nyungsep dr Jepang? Ini udah terbukti bertaun taun. Tentu saja kalo sudah tua (sekali) seperti mobil anda...udah kebalikan, parts udah ganti semua - tentu saja merek Eropa masih ada keindahannya, itulah keunggulan merek Eropa.

Fortuner dan Everest anda bilang biasa saja karena keturunan pickup - emangnya anda kira Pajero Sport itu apa? Pajero Sport itu Triton dikasi kabin belakang :P
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

roadtrain99 wrote: captiva diesel, pabrik korea, ex daewoo under GM, mesin vm motori italy (http://www.vmmotori.it/en/01/01/dettAut ... ?autoId=58)
kalo liat disitu, VM ini, banyak bikin mesin buat SUV2, seperti Wrangler, Liberty, Cherokee, Cadillac.. hm...
toyota european built Landcruiser pun pernah pakai mesin VM ini..juga main di heavy industries dan bus / truk..udah banyak makan asam garam juga sepertinya...apa sampe mesin busway2 merk daewoo itu :e-think:
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by iwang »

menurut saya sih soal laku keras atau tidak, tergantung persepsi dan ekonomisasi pembelian mblnya (harga, harga jual dsb)...nah bangsa kita kan cerdas banget nih..beli barang pasti itung2 segala2nya dengan cermat,, dengan itulah kita beli mbl2 yang paling bagus...honda jazz, apanja senia, kijang, motor, dll..

tapi kalo kita pinter dan cerdas, smart, kok kita masih dikacang2in aja sama malaysia yang bikin dan pake proton, mobil yang ga ada apa2nya dibanding keluaran toyota, daihatsu, isuzu (semua milik astra) yang udah setia menangguk keuntungan selama puluhan tahun di indonesia...?
tanpa ada transfer teknologi yang berarti...temen2 saya kerja di astra ya gitu2 aja..,rubah2 gambar aja...ga ada yang desain mobil..ngrancang kijang aja ga bisa...boro2 bikin mobil sendiri..
jadi ini persepsi kita jg ga bener2 amat...walau jumlah banyak, tapi terbukti mutu dan kualitas keputusan kita juga terbatas..
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

iwang wrote:harga ga nyungsep2 amat kok...saya beli 300TE taon 1990 beberapa waktu lalu, 180juta cash, dan ada temen yang mau bayarin lebih dari itu..ada ga toyota taon 90 yang harganya bisa segitu...? hehe

soal mogok dan lain2..ya idealnya sih pake minimal harrier atau VX100 sekalian, gapapa...tapi duitnya blon cukup..hehe
saya ga terlalu takut mogok karena tau maintenance dikit2lah, pusing amat kalo kepept telpon towing aja cuman 350rebu..kalau di klub boxer malah ada towing gratis buat member..pake mitsubishi fuso colt diesel..hehe

portuner sih rasanya emang biasa2 aja..hilux pake kabin blakang, seprti everest = ranger pake kabin..kaptipa agak lain karena konsep awalnya emang udah wagon..harga segitu mending beli mbl second yang lain aja..
kalo udah mobil merc antik gitu biasanya masuk collector's item..ga heranlah.
ada nih fj40 135jt thn 82 diesel betulin ini itu total 150jtan...radiator ngaco, ngerem ke sana ke mari haha...biasaa..