Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
namanya ada engine brake nya.... matic sekarang gitu, tidak seperti matic jadul.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
cape dong ngegas terus..hehe
ga enak kalo langsung ngerem2 gitu..ga enak kalo pas coasting..





-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
itulah kenyataanya, dan memang "active lock-up" ini bukan selera semua pemakai, sensasi nya makin mendekati manual.
tapi banyak juga yg suka matic ada engine brake memadai untuk faktor safety juga misal di pegunungan.
seperti di SuperECT toyota sekarang juga mulai menerapkan "lock-up" sejak gigi 3 bukan di gigi 4 nya (topgear) saja seperti matic jadul.
tapi banyak juga yg suka matic ada engine brake memadai untuk faktor safety juga misal di pegunungan.
seperti di SuperECT toyota sekarang juga mulai menerapkan "lock-up" sejak gigi 3 bukan di gigi 4 nya (topgear) saja seperti matic jadul.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
toh bisa shiftdown ke 3 atau 2, atau ke 1..cuma orang aja pada males..karena matic jadi pada complacent/ignorant, padahal dari dulu jg bisa shiftdown..
mercedes2 lama malah startnya selalu di gigi 2 waktu stop n go..jadi bisa ngirit2 dikit..
mercedes2 lama malah startnya selalu di gigi 2 waktu stop n go..jadi bisa ngirit2 dikit..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
Kalau situasi normal, sepertinya tidak ya...€lj€p€ wrote:Di showroom mobkas Kelapa Gading sudah ada Honda Freed warna putih... istri saya langsung mikir... mobil baru kok sudah dijual sebagai mobkas ya... jangan-2 tidak memuaskan??? ayo dong cerita-2 lagi.. ada yang kecewa gak?
Berarti ada situasi yang sedang dicoba utk dibuat tidak normal oleh sebagian orang...
Kalo di FB, ya seperti game MAFIA WARS...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
kalo untuk mobil 2000cc ke atas mungkin tidak terlalu perlu 'lock-up', trade-off power loss dgn slip clucth lebih banyak dgn maksud pengendaraan lebih halus tidak terlalu penting.iwang wrote:toh bisa shiftdown ke 3 atau 2, atau ke 1..cuma orang aja pada males..karena matic jadi pada complacent/ignorant, padahal dari dulu jg bisa shiftdown..
mercedes2 lama malah startnya selalu di gigi 2 waktu stop n go..jadi bisa ngirit2 dikit..
Tapi beda untuk mobil2 kapasitas kecil, kalo terlalu banyak selip, nanti makin besar pula efek lag alias tarikan makin terasa kurang 'galak'.
SuperECT toyota yaris di gigi-2 malah hiper aktif; begitu 'sentuh' gas saat jalan pelan, langsung 'lompat' karena terlalu aktif turun ke gigi-1.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
iya saya sempet ngrasain waktu naek crv abang saya, 2400cc thn 2009, dikit2 hunting mlulu tu mobil..gigi naek turun...ga jelas...padahal lagi cruising aja..90-100an..pusing dah duduk di blakang..kalo yaris mah naek sebentaran jg udah kesel..hehehe...dah gitu gatenya nyontek mercedes lagi..



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
kalo itu karena semua honda 5 speed, ratio total topgearnya bener2 kecil dgn tujuan teken FC / cruising mode. bener2 'overdrive', bisa2 efek lag berlebihan / ga ada tarikan.
mirip jazz RS makanya dia malah hiper aktif di gigi-5 ini, downshift ke gigi-4 jadi agak sensitif dgn 'sentuhan' pedal, seems downshift yg tujuan awalnya avoid lag berlebihan tapi malah seolah jadi ancang2 buat passing kendaraan di depan.
mirip jazz RS makanya dia malah hiper aktif di gigi-5 ini, downshift ke gigi-4 jadi agak sensitif dgn 'sentuhan' pedal, seems downshift yg tujuan awalnya avoid lag berlebihan tapi malah seolah jadi ancang2 buat passing kendaraan di depan.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sun Jul 12, 2009 20:27
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
-GTR wrote:namanya ada engine brake nya.... matic sekarang gitu, tidak seperti matic jadul.
oh jadi memang wajar ya? Heran banget harus begitu. Yang ada ni kaki jadi harus ngegas terus kalau mau mempertahankan di kecepatan tertentu...... hmmmm

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
biang kerok nya si active lock-up itu sih perkiraan ogut...
tapi emang matic jadul kaya grand civic gitu lebih loss koq daripada freed/jazz ini....
tapi emang matic jadul kaya grand civic gitu lebih loss koq daripada freed/jazz ini....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
kaya bom bom car dong dilepas gas ngerem sendiri haha
kalo matic cvt begini jg ga yah? apa ini justru yang sipiti?
kalo matic cvt begini jg ga yah? apa ini justru yang sipiti?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
yah ga separa itu bro, kan masih selip di wetclucth nya.iwang wrote:kaya bom bom car dong dilepas gas ngerem sendiri haha
kalo matic cvt begini jg ga yah? apa ini justru yang sipiti?
CVT juga sebenernya ada engine brake, juga continuosly, cuma aja ga berjeda2.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
kalo ada enjinbrek gini jangan2 remnya dikecil2in yah..? hehe
bom bom car itu gimana yah...direct drive pake electric motor..?

bom bom car itu gimana yah...direct drive pake electric motor..?


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
bombomcar pake dualclucth kali bro....
pusing..

pusing..

-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
Sekarang rata2 produk honda gini kok bro..nadzone wrote:Freed saya udh dateng sejak seminggu lalu. Dipakai hanya dalam kota.
Pertama pakai premium. FC bikin melongo. 1:9km !!! Gak seperti yang dipromosiin ( 1:13,4km).
Akhirnya ganti pertamax, lumayan naek (jadi 1:10,4km) meskipun tetep ngeselin.
Yang bikin penasaran, si uprit ini kalau kita lagi ngegas (bukan narik, tapi ngegas wajar) trus gas nya kita lepas, langsung si uprit terasa seperti ngerem sendiri. Jadi mobil gak ngegeleser seperti seharusnya. Makin lama makin pelan, berlaku juga di jalan landai / turunan. Seperti mobil melakukan pengereman otomatis.
Udah nanya ama org Honda nya, namun maklum produk baru, jadi pada belum pernah denger complain macam gini. Ada juga yang bilang bahwa itu wajar.
Wajar?
Bagaimana dengan para pengguna Freed lainnya? Ngerasain juga gak hal seperti ini?
betulnadzone wrote:-GTR wrote:namanya ada engine brake nya.... matic sekarang gitu, tidak seperti matic jadul.
oh jadi memang wajar ya? Heran banget harus begitu. Yang ada ni kaki jadi harus ngegas terus kalau mau mempertahankan di kecepatan tertentu...... hmmmm
beuh.. berarti kerenan bom2 daripada teknologi VW baru dong.. udah electric dualclutch lg hihihiGTR wrote:bombomcar pake dualclucth kali bro....![]()
pusing..

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sun Jul 12, 2009 20:27
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
skywalk2235 wrote:siapa yg punya aksesoris freed ini
-
Gimana, udah dapet info ttg spion samping ini?
-
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Wed Apr 04, 2007 12:25
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
nadzone wrote:skywalk2235 wrote:siapa yg punya aksesoris freed ini
-
Gimana, udah dapet info ttg spion samping ini?
-
udah, di pasific car, harganya 1,450rb
lumayan mahal tapi keren banget ya

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sun Jul 12, 2009 20:27
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
-jalu wrote:lebih baik menggunakan BBM yang lbh berkualitas untuk mobil kita seperti pertamax atau sekelas bahkan setingkat diatasnya, kinerja mesin akan menjadi lbh optimal. Mosok mblnya mahal2 sudah dibeli tp gak mau isi pertamax...sayang dong...![]()
monggo dicoba dulu untuk isi pertamax, nanti kan bs terasa gmn perbedaan performa jg FC dibanding pemakaian premium...
nanti hasil perbandingan premium vs pertamax jgn lupa diposting disini lg yah...
Tangki udah kosong dan sudah diisi kembali full dengan pertamax.
hasilnya? Ada peningkatan tapi cuma menjadi 1:10,3km (waktu pakai premium, hasilnya adalah 1:9,3km).
Mau di dalam kota, di tol, di kombinasi, tetap manteng di FC 1:10,3km.
Pertanda bagus atau biasa2 aja? Pemborosan di biaya bahan bakar kah dengan memakai pertamax ?
Catatan: jarak tempuh (trip) mobil baru 250an km.
Oya, setelah pakai pertamax, performa mesin sih oke lah, tapi tetep gak bisa gesit dan cepet seketika.
Menurut saya sih, pakai pertamax atau premium, performa mesin sama saja, gak terlalu significant kecuali ya itu tadi, perubahan FC dari 1:9,3 menjadi 1:10,3 .
Any new opinion?
-
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
tunggu aja sampe break in pak, itu ada yang bilang kan setelah 5000an kilo baru keliatan lebih efesien..karena mobilnya masih baru..katanya...hehe



-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sun Jul 12, 2009 20:27
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
-iwang wrote:tunggu aja sampe break in pak, itu ada yang bilang kan setelah 5000an kilo baru keliatan lebih efesien..karena mobilnya masih baru..katanya...hehe![]()
Jadi biar aja pake premium dulu, tunggu sampai 5000an km?
Baru liat hasil lagi nanti?
-
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
soal pake premium atau tidak saya kurang paham, sebaiknya ikuti spesifikasi/anjuran pabrik saja..
mengenai break in, ya teorinya mesin baru masih rapet2, semua masih 'sesek" suaiannya, setelah dipakai, akan sedikit aus sehingga lancar..hingga lebih irit konsumsi bbmnya..kurang lebih begitulah penjelasannya..kalau ngga salah di halaman 11, coba ditengokin aja om..atau halaman 10...

mengenai break in, ya teorinya mesin baru masih rapet2, semua masih 'sesek" suaiannya, setelah dipakai, akan sedikit aus sehingga lancar..hingga lebih irit konsumsi bbmnya..kurang lebih begitulah penjelasannya..kalau ngga salah di halaman 11, coba ditengokin aja om..atau halaman 10...


-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
pengaruh besar pada kadar CO yang keluar.. performa memang sama saja.. salah kaprah kalau berpikir pemakaian pemium dan pertamax akan meningkatkan performa sampai signifikan.. yang jelas pertamax lebih sempurna terbakar daripada premium.. hasilnya lebih sedikit kadar CO bagi lingkungan, lebih irit sampai taraf 'terasa', dan slightly naik performanya..nadzone wrote:[
Oya, setelah pakai pertamax, performa mesin sih oke lah, tapi tetep gak bisa gesit dan cepet seketika.
Menurut saya sih, pakai pertamax atau premium, performa mesin sama saja, gak terlalu significant kecuali ya itu tadi, perubahan FC dari 1:9,3 menjadi 1:10,3 .
Any new opinion
-
Yang saya dengar untuk mesin2 baru sudah tidak ada lagi istilah break in?.. apakah break in yang dimaksud sama dengan inreyen?..iwang wrote:tunggu aja sampe break in pak, itu ada yang bilang kan setelah 5000an kilo baru keliatan lebih efesien..karena mobilnya masih baru..katanya...hehe![]()
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
meski diberitakan mesin2 baru gak ada istilah break-in, tapi bagi saya pribadi tetap ada, krn sesuai posting om iwang, mesin baru masih "sesek" suaiannya.IMHO
ini subyektif yah...
ini subyektif yah...

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
break in tetap ada om, karena proses manufaktur dan assembling, parts2 beda bahan, beda kandungan (alloy, besi, aluminium, plastik)..dan mesin2 baru bahkan lebih presisi, suaian makin ketat, yang berarti friksi/gesekan juga makin tinggi..karena itu tetap saja proses break in itu ada..
selanjutnya, karena perkembangan teknologi, perubahan konsep dasar (misalnya expected lifetime mobil, expected maintenance, dan berapa lama lifetime di jalan sehubungan dengan hukum yang berlaku), maka umur mobil juga tidak dirancang sepanjang mobil2 yang sebelumnya..karena itu engineering margin semakin rendah..
pengertian sederhananya, bahan dipertipis, diperkecil, diperringan, diekonomisasikan..sehingga mesin yang dihasilkan, beroperasi kira2 di 80-90% dari batas maksimumnya...in other words, one wrong move, and you're done

satu subsistem fail, bisa parah..makanya kalo mobil2 baru sampe overheat, pasti ribet urusannya...
mobil2 lama, dari sejarah permobilan, selalu sesuai dengan kondisi dan kemampuan perawatan yang ada..dari pre-war yang bisa didandan pake palu sama obeng, sampai post-war (WW2) yang mulai moderen...taon 70an hampir semua mobil punya tangki besar, tahan bbm/oktan rendah, relatif low maintenance, dan selanjutnya..
taon 80 fokus ke safety, bumper, seatbelt, rem abs, anti karat dan selanjutnya..
90an ke elektrisasi dan emisi, sudah banyak convinience feature..
taon 2000an sudah seperti komoditi, faceless, convinience feature merambah ke mobil2 murah, in car entertainment dsb..
menurut saya itu semua berbanding terbalik dengan long term maintenance dan repairabilitynya..makin ruwet, ya jelas makin ribet, more things to go wrong..
selanjutnya, karena perkembangan teknologi, perubahan konsep dasar (misalnya expected lifetime mobil, expected maintenance, dan berapa lama lifetime di jalan sehubungan dengan hukum yang berlaku), maka umur mobil juga tidak dirancang sepanjang mobil2 yang sebelumnya..karena itu engineering margin semakin rendah..
pengertian sederhananya, bahan dipertipis, diperkecil, diperringan, diekonomisasikan..sehingga mesin yang dihasilkan, beroperasi kira2 di 80-90% dari batas maksimumnya...in other words, one wrong move, and you're done


satu subsistem fail, bisa parah..makanya kalo mobil2 baru sampe overheat, pasti ribet urusannya...
mobil2 lama, dari sejarah permobilan, selalu sesuai dengan kondisi dan kemampuan perawatan yang ada..dari pre-war yang bisa didandan pake palu sama obeng, sampai post-war (WW2) yang mulai moderen...taon 70an hampir semua mobil punya tangki besar, tahan bbm/oktan rendah, relatif low maintenance, dan selanjutnya..
taon 80 fokus ke safety, bumper, seatbelt, rem abs, anti karat dan selanjutnya..
90an ke elektrisasi dan emisi, sudah banyak convinience feature..
taon 2000an sudah seperti komoditi, faceless, convinience feature merambah ke mobil2 murah, in car entertainment dsb..
menurut saya itu semua berbanding terbalik dengan long term maintenance dan repairabilitynya..makin ruwet, ya jelas makin ribet, more things to go wrong..
Re: Ada yang sudah pakai Honda Freed? Please SHARE
Jadi mestinya pake mobil jaman WW2 aja ya...perbaiki pake palu doang 
Mobil baru itu safer, more fuel efficient, more enviromentally friendly. Landcruiser Hardtop sama Landcruiser 200 sekarang...ya kelihatannya lebih kuat Hardtop...LC baru bumbernya plastik. Kalo accident nyerempet sih iya menang, kalo accident kecepatan tinggi lain cerita.
Tentu perbandingan yang sekelas, jangan BMW thn 90an di bandingkan dgn Avanza 09 - itu namanya salah kaprah. Bandingkan mercy thn 90an dgn mercy 09 soal safety, fuel efficiency, and emisi nya. Model lama(baru) vs model baru(baru) pun sudah kalah si mobil model lama. Apalagi kondisi model lama (uzur) vs mobil baru (gres).

Mobil baru itu safer, more fuel efficient, more enviromentally friendly. Landcruiser Hardtop sama Landcruiser 200 sekarang...ya kelihatannya lebih kuat Hardtop...LC baru bumbernya plastik. Kalo accident nyerempet sih iya menang, kalo accident kecepatan tinggi lain cerita.
Tentu perbandingan yang sekelas, jangan BMW thn 90an di bandingkan dgn Avanza 09 - itu namanya salah kaprah. Bandingkan mercy thn 90an dgn mercy 09 soal safety, fuel efficiency, and emisi nya. Model lama(baru) vs model baru(baru) pun sudah kalah si mobil model lama. Apalagi kondisi model lama (uzur) vs mobil baru (gres).