Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
Mengemudi secara Pulse & Glide dgn R20A A/T
Total Jarak yg ditempuh 150,8 Km
Average FC : 15,2 Km / L.
MID direset saat di jalan Pasteur dan hasil diukur saat begitu masuk daerah Grogol
Perjalanan dari Bdg start pada jam 10 malam (jadi suhu luar memang adem)
Speed : 80 - 110 km/jam (Pulse & Glide)
(Perkecualian : sempat lari s/d 160 km/jam sebentar saat di Cipularang, tapi sesudah itu kec. balik normal kembali)
AC idup - mati, dinyalakan seperlunya aja, pas climbing / akselerasi dimatikan (Yg dimatikan kompressornya aja, blower tetap idup)
BBM : Pertamax RON 92 + Premium (50:50) + Amsoil PI
Pelumas : SHU AB 5W-30
Freon AC : ditambah Idemitsu Freon additive
Tekanan ban : 36
Valve Clearance : 0,30 (Exh.) / 0,25 (Int)
Kondisi MAF sensor & air filter baru saja dibersihkan (air filter baru jalan 2000 Km dan standard)
Budi : Champion moncong panjang (gap disesuaikan spec asli 1,1 mm)
Mobil diisi 2 orang : pengemudi & penumpang
Barang bawaan sgt sedikit
Kondisi mobil : Full peredam
Akurasi MID : 3% (aktualnya lebih rendah 3%)
Aplikasi Pulse & Glide :
Saat kecepatan mencapai 80 km/jam gas dibejek hingga downshift, mesin berputar ke 3500 - 4500 RPM utk berakselerasi scr cepat, begitu speedo menyentuh 110 km/jam lgs gas dilepas / dikendurkan agar gigi sgr upshift 2 tingkat (masuk gigi 5)
Saat turunan panjang di Cipularang 100% coasting (trans masuk di D) dan AC dinyalakan
Saat menghadapi tanjakan panjang di trek datar ancang2 dulu dgn menaikkan kecepatan secara bertahap, lalu di akhir tanjakan segera kendurkan gas.
Saat harus ngerem hingga di bwh 80 km/jam, akselerasi lagi dgn bertahap, ketika kec masuk di atas 70 km/jam gas bejek hingga speed mencapai 110 km/jam then Glide.
AC dihidupkan hanya saat coasting or Gliding or ketika suhu dalam sudah kurang dingin.
Freon AC dibantu additive Freon Idemitsu, jadi ketika AC hidup dinginnya lgs Nyossss.......efisien.
Demikian hasil percobaan mengemudi secara Pulse & Glide pada mesin Gasoline 2000 cc i-VTEC
Salam Hypermile
Total Jarak yg ditempuh 150,8 Km
Average FC : 15,2 Km / L.
MID direset saat di jalan Pasteur dan hasil diukur saat begitu masuk daerah Grogol
Perjalanan dari Bdg start pada jam 10 malam (jadi suhu luar memang adem)
Speed : 80 - 110 km/jam (Pulse & Glide)
(Perkecualian : sempat lari s/d 160 km/jam sebentar saat di Cipularang, tapi sesudah itu kec. balik normal kembali)
AC idup - mati, dinyalakan seperlunya aja, pas climbing / akselerasi dimatikan (Yg dimatikan kompressornya aja, blower tetap idup)
BBM : Pertamax RON 92 + Premium (50:50) + Amsoil PI
Pelumas : SHU AB 5W-30
Freon AC : ditambah Idemitsu Freon additive
Tekanan ban : 36
Valve Clearance : 0,30 (Exh.) / 0,25 (Int)
Kondisi MAF sensor & air filter baru saja dibersihkan (air filter baru jalan 2000 Km dan standard)
Budi : Champion moncong panjang (gap disesuaikan spec asli 1,1 mm)
Mobil diisi 2 orang : pengemudi & penumpang
Barang bawaan sgt sedikit
Kondisi mobil : Full peredam
Akurasi MID : 3% (aktualnya lebih rendah 3%)
Aplikasi Pulse & Glide :
Saat kecepatan mencapai 80 km/jam gas dibejek hingga downshift, mesin berputar ke 3500 - 4500 RPM utk berakselerasi scr cepat, begitu speedo menyentuh 110 km/jam lgs gas dilepas / dikendurkan agar gigi sgr upshift 2 tingkat (masuk gigi 5)
Saat turunan panjang di Cipularang 100% coasting (trans masuk di D) dan AC dinyalakan
Saat menghadapi tanjakan panjang di trek datar ancang2 dulu dgn menaikkan kecepatan secara bertahap, lalu di akhir tanjakan segera kendurkan gas.
Saat harus ngerem hingga di bwh 80 km/jam, akselerasi lagi dgn bertahap, ketika kec masuk di atas 70 km/jam gas bejek hingga speed mencapai 110 km/jam then Glide.
AC dihidupkan hanya saat coasting or Gliding or ketika suhu dalam sudah kurang dingin.
Freon AC dibantu additive Freon Idemitsu, jadi ketika AC hidup dinginnya lgs Nyossss.......efisien.
Demikian hasil percobaan mengemudi secara Pulse & Glide pada mesin Gasoline 2000 cc i-VTEC
Salam Hypermile
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
R20 memang irit kalo pake mode Pulse & Glide.....dengan kondisi jalan luar kota non tol dengan 2 lajur saja....kondisi traffic bervariasi dari sepeda, kereta kuda, traktor narik gerobak, sampe truk2 besar hingga klo papasan kadang turun ke pinggir jalan....kecepatan dari 10-110 kpj jarak tempuh 155km gw bisa mencetak 13,9 km/l....cuman gak demennya klo 0-50 kpj agak bolot jadi harus bejeg pol....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
Mode A/C idup-mati bisa juga disimplify dengan mengatur/mengurangi posisi thermister dari full.
atur suhu kabin secukupnya kalo kontrol thermister model display digital.
dengan ini total waktu tugas kompressor a/c sudah mayan berkurang.
Rseries juga ideal pake sae 0w- kalo ga salah, seperti di R18. konon begitupula k24 di comingsoon CRV facelift, recomended SAE 0w-20.
om turboman, isunya fulsyn Motul H-TEC itu blend in thailand yah?
fulsyn sekelasnya : sainz 5w-30, or total 9000 5w-40, better mana?
atur suhu kabin secukupnya kalo kontrol thermister model display digital.
dengan ini total waktu tugas kompressor a/c sudah mayan berkurang.
Rseries juga ideal pake sae 0w- kalo ga salah, seperti di R18. konon begitupula k24 di comingsoon CRV facelift, recomended SAE 0w-20.
om turboman, isunya fulsyn Motul H-TEC itu blend in thailand yah?
fulsyn sekelasnya : sainz 5w-30, or total 9000 5w-40, better mana?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
Emang irit bro CR-V 2.0L, saya jg pernah coba bawa seperti bro Turboman tapi dgn AC nyala terus (CR-V 2.4L dgn suhu diset 21)
Dari bdg-jkt bisa dpt 1:16
Saya isi dgn pertamax+
Oli Mobil1 10w40
Filter udara JFC
Tekanan ban nitrogen 30psi
Dari bdg-jkt bisa dpt 1:16
Saya isi dgn pertamax+
Oli Mobil1 10w40
Filter udara JFC
Tekanan ban nitrogen 30psi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
@digitall
ooo bdg-jkt turunan terus bukan?
gw pernah pk crv2.4 di dalkot..beuh fc nya udahlah..ga nyangka
@turboman
detail bgt test nya..
sorry nih, awam hehe..hypermile apaan pak?
ngetest nya arah pasteur-jkt aja? ada hasil test avg pp jkt-bdg-jkt? jd bs liat kombinasi nya..
wih, itu ban nya std..klo std pk angin 36psi, enteng banget jdnya, fc jd irit. angin bannya tinggi jg itu..bukan saranan pabrik kalo ga salah ya..
oli shu apa tuh pak?
ooo bdg-jkt turunan terus bukan?
gw pernah pk crv2.4 di dalkot..beuh fc nya udahlah..ga nyangka
@turboman
detail bgt test nya..

sorry nih, awam hehe..hypermile apaan pak?
ngetest nya arah pasteur-jkt aja? ada hasil test avg pp jkt-bdg-jkt? jd bs liat kombinasi nya..
wih, itu ban nya std..klo std pk angin 36psi, enteng banget jdnya, fc jd irit. angin bannya tinggi jg itu..bukan saranan pabrik kalo ga salah ya..
oli shu apa tuh pak?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
wah turboman jarang on atau emang thread maker aja ya...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: Fri May 30, 2008 6:11
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
minat sama addictive Freon idemitsu nih. cari dmn ya bos? thanks
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
Om di gital..1: 16 itu pake crv 2,4 at???
Kok bisa ya? Ane ngak pernah lebih dari 1:8,2..hehehehe
Kalo dalkot udah deh ngak usah tanya..1:6,4
(-̩̩̩-͡ ̗̊--̩̩̩͡ )Ɨƚʊ̈̇ђυ͡_Ɨƚʊ̈̇ђυ͡(-̩̩̩-͡ ̗--̩̩̩͡ ):'(
Kok bisa ya? Ane ngak pernah lebih dari 1:8,2..hehehehe
Kalo dalkot udah deh ngak usah tanya..1:6,4

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
roadtrain99 wrote:@digitall
ooo bdg-jkt turunan terus bukan?
gw pernah pk crv2.4 di dalkot..beuh fc nya udahlah..ga nyangka
Iya turun terus jadi injek pedal gas nya jg ga dalem. Cara nyetirnya santai krn mau test seberapa irit.
Kalo rute balik, jkt-bdg lebih boros krn banyak nanjak.
Bro kalo dalkot susah bilang, krn tergantung tingkat kemacetan, stop n go, cara nyetir. Contoh kemacetan di bdg dan jkt bedanya jauh banget, walaupun bdg udh termasuk macet jg.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
Iya bro pake CR-V 2.4Lvote42ner wrote:Om di gital..1: 16 itu pake crv 2,4 at???
Kok bisa ya? Ane ngak pernah lebih dari 1:8,2..hehehehe
Kalo dalkot udah deh ngak usah tanya..1:6,4(-̩̩̩-͡ ̗̊--̩̩̩͡ )Ɨƚʊ̈̇ђυ͡_Ɨƚʊ̈̇ђυ͡(-̩̩̩-͡ ̗--̩̩̩͡ ):'(
Bisa aja kalo cara nyetirnya sama.
Mungkin bro ngebut jadi dapetnya segitu

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
ngak ngebut kok..secara bawa mertua ma anaknya bisa di phk ane kalo ngebut ngebut....
hebat ya bisa nembus 15km/l...
kapan kapan nyoba aahh nyetir pake cara om digital..coba bisa dapet segitu ngak....
hebat ya bisa nembus 15km/l...


kapan kapan nyoba aahh nyetir pake cara om digital..coba bisa dapet segitu ngak....

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Wed Nov 26, 2008 23:17
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
Ko bisa irit gitu yah... Gw CRV 2.0 saja cm dapat 1:9 an sampai sekarang... Mungkin karena jalanan yg gw lalui macet kali yah... Maksudnya R20 itu apa sih? memangnya bisa bikin lebih irit? Maklum gw org awam yang cuma bisa make mobil tapi ga tahu perawatan dan lain sebagainya... Bahkan ganti ban mobil aja gw ga ngerti hehehe
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
Kondisi traffic dan cara mengemudi menentukan "prestasi", kalo kondisi macet yah bohwat dehThio wrote:Ko bisa irit gitu yah... Gw CRV 2.0 saja cm dapat 1:9 an sampai sekarang... Mungkin karena jalanan yg gw lalui macet kali yah... Maksudnya R20 itu apa sih? memangnya bisa bikin lebih irit? Maklum gw org awam yang cuma bisa make mobil tapi ga tahu perawatan dan lain sebagainya... Bahkan ganti ban mobil aja gw ga ngerti hehehe
R20A = kode mesin 2000 cc CR-V gen.3
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
Yakin bisa bro, pas masuk tol bdg-jkt jgn lupa di reset dulu odometernya. Jadi itungannya murni di tol aja.vote42ner wrote:ngak ngebut kok..secara bawa mertua ma anaknya bisa di phk ane kalo ngebut ngebut....
hebat ya bisa nembus 15km/l...![]()
![]()
kapan kapan nyoba aahh nyetir pake cara om digital..coba bisa dapet segitu ngak....
Kalo ga direset itungannya kombinasi dalam kota dan tol.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt

akhirnya bisa juga lebih dari 11kml..tapi masih kalah euy dengan bro digital...
ntar di coba lagi agak lebih sopan..bisa naek ngak


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
Haha... bisa kan bro
Yg bro CR-V 2.4L facelift ya?
Kemaren coba lg dr tol pasteur (odometer direset) menuju jkt.
Isi Pertamax
Oli FK Massimo Freshing 5w30
Filter udara JFC
Tekanan ban nitrogen 30psi
Hasilnya 1:18.4
Speed sekitar 100km/h
RPM nya rendah aja
Foto kedua kayanya lebih jelas, walopun agak burem soalnya pake camera hp dan sambil nyetir

Kemaren coba lg dr tol pasteur (odometer direset) menuju jkt.
Isi Pertamax
Oli FK Massimo Freshing 5w30
Filter udara JFC
Tekanan ban nitrogen 30psi
Hasilnya 1:18.4
Speed sekitar 100km/h
RPM nya rendah aja

Foto kedua kayanya lebih jelas, walopun agak burem soalnya pake camera hp dan sambil nyetir

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
Iya om..2.4 all new crv..
Oli pake oli honda..( Di bilang honda ahmad yani bagus ya udah saya isi saja)
Sisanya standar smua..
Mang kmaren masih agak ngak supan juga..sering ngebecek gas agak dalam..hehehe
Ntar coba lagi agak sopan..coba dapat brapa..
Oli pake oli honda..( Di bilang honda ahmad yani bagus ya udah saya isi saja)
Sisanya standar smua..
Mang kmaren masih agak ngak supan juga..sering ngebecek gas agak dalam..hehehe
Ntar coba lagi agak sopan..coba dapat brapa..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
Kmrn coba test lagi lebih santai rute bdg-jkt (cuaca hujan)
Odometer di reset saat masuk tol pasteur
Isi Primax (setara pertamax)
Oli FK Massimo Freshing 5w30
Filter udara JFC
Tekanan ban nitrogen 30psi
Hasil terbaik 1:19.5
Speed sekitar 90-100km/h
Nyetirnya santai
Odometer di reset saat masuk tol pasteur
Isi Primax (setara pertamax)
Oli FK Massimo Freshing 5w30
Filter udara JFC
Tekanan ban nitrogen 30psi
Hasil terbaik 1:19.5
Speed sekitar 90-100km/h
Nyetirnya santai

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Thu Mar 08, 2012 5:12
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
Mau tanya kalau lagi pulse itu gas ditekan pelan2 saja atau dibejek?
Kalau lagi glide untuk mobil manual itu posisi gigi tetap di 5 atau pindah ke N?
Kalau lagi glide untuk mobil manual itu posisi gigi tetap di 5 atau pindah ke N?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Report uji coba Hypermile dgn CR-V 2.0 rute Bdg - Jkt
kalau pulse n glide harus cuek ada yang ngedim dari belakang ya?