DOHC wrote:ts nya nigh tret aja master pendekar stroom 25 jari sakti oot gt... pasti yah isi2 nya jg ga lari dari gtuan lahh....![]()
Perlakuan thd aki & embel2nye....
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
mandala1
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
-
sjamsul
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
khan biar ga bosen bacanye, jadi ditambain sdikit bumbu oot gitu................DOHC wrote:ts nya nigh tret aja master pendekar stroom 25 jari sakti oot gt... pasti yah isi2 nya jg ga lari dari gtuan lahh....![]()
-
DOHC
- Full Member of Mechanic Master

- Posts: 27794
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
bumbu nya pun dibagi jadi 3 macem, appetizer, main dishes ditambah klimaks nya, dan pencuci mulut...
numpang lewat aja....
-
sjamsul
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
setelah itu bayarnye pake cc nt yah.......................DOHC wrote:bumbu nya pun dibagi jadi 3 macem, appetizer, main dishes ditambah klimaks nya, dan pencuci mulut...
-
buatandi
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2541
- Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
wuihh mantep pertarungan sengit ny udahan negh..
kesimpulan yang ane baca kyakny beda generasi aj yah antara analisa om" (50tahunan) dengan engkoh" (30 tahunan) kalo di tambahin versus anak muda (20 tahunan) lebih seru lagi kali yah wakakakak..... jangan pada tersinggung yah baca umur ny itu biar tau bedany om" sama engkoh apa gitu
hehehhehehe
kayakny sama aja dah perbedaann" yang ada...kalo ane masi mau tau si ketahanan power batt ntuh bener" berfungsi atau cuma gimana gitu hahhaha (gak nyambung yah nanya ny power batt)
dah akh
dulu..sebelom di
engkoh" sama pendekar 25 jari......
kayakny sama aja dah perbedaann" yang ada...kalo ane masi mau tau si ketahanan power batt ntuh bener" berfungsi atau cuma gimana gitu hahhaha (gak nyambung yah nanya ny power batt)
-
DOHC
- Full Member of Mechanic Master

- Posts: 27794
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
(critanya ane pembawa acara) para hadirin, sekian sudah pertarungan antara pemahaman ttg aki dan embelnya antara engkoh dan om2.... ditunggu topic brikutnya utk pertarungan refund antara 2 peserta ini... sekian terima kasih...
numpang lewat aja....
-
sjamsul
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
(critanye ane baru turun dari panggung sambil melambai2kan tangan)....... ma kasih sodare2 sekaligus atas perhatiannya.............DOHC wrote:(critanya ane pembawa acara) para hadirin, sekian sudah pertarungan antara pemahaman ttg aki dan embelnya antara engkoh dan om2.... ditunggu topic brikutnya utk pertarungan refund antara 2 peserta ini... sekian terima kasih...
-
ikbal
- Member of Junior Mechanic

- Posts: 57
- Joined: Wed Mar 04, 2009 2:57
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
sjamsul wrote:
klo boleh tau di mbl apa bro........
...
klo indikator aki ampe menyala, bearti ada sesuatu yg salah di sistim pengisian, shg aki spt ga disetroom...... yg bisa berakibat aki akan kehilangan stroom klo mbl dipake terus............
nah, setelah diganti baru alternatornya (bukan dinamo, krn dinamo amper n alternator adalah 2 barang yg berbeda) n lampu akinya msh nyala, bearti msh ada yg ga beres, sebaiknya balik lagi ke tempat tsb buat diperiksa ulang. Trus alternator yg nt ganti itu ori ato yg kw nih..............
@bro sjamsul
Mobilnya esteem 93 yang 1.300 bro..
Kemarin ganti dinamo dan alternator yang ane kurang tahu kw berapa..
Hari ini indikator nyala lagi,,rencana besok tak bawa ke bengkel lagi…
Bisa diterangkan dikiiit aja bro..tentang hubungan aki, dynamo dan alternator..kalau bisa gambarnya..pleeeeess..
oot..bro sajmsul itu yang gondrong apa yang subur?
klo boleh tau di mbl apa bro........
klo indikator aki ampe menyala, bearti ada sesuatu yg salah di sistim pengisian, shg aki spt ga disetroom...... yg bisa berakibat aki akan kehilangan stroom klo mbl dipake terus............
nah, setelah diganti baru alternatornya (bukan dinamo, krn dinamo amper n alternator adalah 2 barang yg berbeda) n lampu akinya msh nyala, bearti msh ada yg ga beres, sebaiknya balik lagi ke tempat tsb buat diperiksa ulang. Trus alternator yg nt ganti itu ori ato yg kw nih..............
Mobilnya esteem 93 yang 1.300 bro..
Kemarin ganti dinamo dan alternator yang ane kurang tahu kw berapa..
Hari ini indikator nyala lagi,,rencana besok tak bawa ke bengkel lagi…
Bisa diterangkan dikiiit aja bro..tentang hubungan aki, dynamo dan alternator..kalau bisa gambarnya..pleeeeess..
oot..bro sajmsul itu yang gondrong apa yang subur?
-
mandala1
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Kalo menurut pengakuan orangnya sih, yg paling ganteng se SM, yg mirip2 Cow Yun Fa geetooo.......ikbal wrote:oot..bro sajmsul itu yang gondrong apa yang subur?
-
mandala1
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
(critenye ane masih di depan mik) terima kasih sodara2 atas ketawa dan tepuk tangannya, ane doain yg tepuk tangan masuk sorga dan yg ga tepuk tangan ane doain masuk angin.....sjamsul wrote:(critanye ane baru turun dari panggung sambil melambai2kan tangan)....... ma kasih sodare2 sekaligus atas perhatiannya.............DOHC wrote:(critanya ane pembawa acara) para hadirin, sekian sudah pertarungan antara pemahaman ttg aki dan embelnya antara engkoh dan om2.... ditunggu topic brikutnya utk pertarungan refund antara 2 peserta ini... sekian terima kasih......
sekarang saatnya sodara2 ikut berpartisipasi dalam sesi penggalangan dana, kepada pak sjamsul silahkan menuju ke tempat duduk para penonton sambil membawa baskom untuk meminta sumbangan kepada para penonton yg terhormat, seiklasnya.....ya benar sodara2 seiklasnya......
Terima kasih.....
-
sjamsul
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
yg nt ganti dah pasti bukan dinamo amper, tp alternator.................... krn spt yg ane dah jelaskan antara dinamo amper n alternator itu berbeda................ikbal wrote:@bro sjamsul
Mobilnya esteem 93 yang 1.300 bro..
Kemarin ganti dinamo dan alternator yang ane kurang tahu kw berapa..
Hari ini indikator nyala lagi,,rencana besok tak bawa ke bengkel lagi…
Bisa diterangkan dikiiit aja bro..tentang hubungan aki, dynamo dan alternator..kalau bisa gambarnya..pleeeeess..
oot..bro sajmsul itu yang gondrong apa yang subur?
bagus bro, sebaiknya emang dibawa lagi ke bengkel buat periksa ulang...............
hubungannya adalah aki memberikan daya buat mbl saat distarter, setelah idup, semua beban listrik mbl ditanggung ama alternator.............alternator menghasilkan arus ac yg dirubah ama alat yg disebut rectifire (klo salah tulis tlg koreksi) menjadi arus dc..........
pada dinamo amper......... kerjanya ngisi stroom ke aki aja....... trus semua beban kelistrikan diambil langsung dari aki............. nah dinamo amper menghasilkan arus dc............makanya jaman dulu klo seseorang abis pake mbl, maka mblnya suka digeber2 dulu sebelon dimatikan, yg tujuannya agar aki terisi stroomnya, yg mana hal ini ga perlu dilakukan pada mbl keluaran th 70 an ke atas................. krn dah pake alternator.........
smoga bermanfaat...............
yg gondrong itu bro andy 1800, sedangkan nyang paling ganteng yah itu dia....................gimana yah ngomonginnye, krn klo ane bilang ane paling ganteng.... takutnye banyak nyang sirik negh...................... maklum deh dg kondisi orang seganteng ane ini, banyak nyang sirik lohhhh.......................... wakakakakaka.........................
-
y_anjasrana
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 8857
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Makanya utk nge-test pakai yg dipakai altenator atau dinamo amper adalah dgn menyalakan mesin mobil lalu copot kabel aki. Kalau mesin langsung mati, berarti pakai dinamo amper, kalau pakai altenator mesin tetap hidup. Ini juga berguna utk memeriksa apakah altenator masih bagus atau udah mati. Kalau mesin langsung mati, berarti altenator sudah mati.hubungannya adalah aki memberikan daya buat mbl saat distarter, setelah idup, semua beban listrik mbl ditanggung ama alternator.............alternator menghasilkan arus ac yg dirubah ama alat yg disebut rectifire (klo salah tulis tlg koreksi) menjadi arus dc..........
pada dinamo amper......... kerjanya ngisi stroom ke aki aja....... trus semua beban kelistrikan diambil langsung dari aki............. nah dinamo amper menghasilkan arus dc............makanya jaman dulu klo seseorang abis pake mbl, maka mblnya suka digeber2 dulu sebelon dimatikan, yg tujuannya agar aki terisi stroomnya, yg mana hal ini ga perlu dilakukan pada mbl keluaran th 70 an ke atas................. krn dah pake alternator.........
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
sjamsul
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
hmmmm.....jawaban nt membingunhkan bro............. jadi klo mesin mati saat copot kabel aki........ bisa 2 kemungkinan dong......... antara pake dinamo amper ato alternator yg dah koit................y_anjasrana wrote: Makanya utk nge-test pakai yg dipakai altenator atau dinamo amper adalah dgn menyalakan mesin mobil lalu copot kabel aki. Kalau mesin langsung mati, berarti pakai dinamo amper, kalau pakai altenator mesin tetap hidup. Ini juga berguna utk memeriksa apakah altenator masih bagus atau udah mati. Kalau mesin langsung mati, berarti altenator sudah mati.
lantas klo mesin tetap idup saat copot kabel aki, bisa 2 kemungkinan juga nih........ antara dinamo ampernya msh bagus ato alternatornya juga msh bagus............
Sekarang gini aja deh........... klo beli alat buat ngisi aki di mbl, yg tertera di nama barangnya itu apa hayoooo......... apakah dinamo amper assy ato alternator assy..........
setau ane, klo beli alat itu namanya alternator assy.................... (maksudnya buat mbl2 baru yah, bukan yg keluaran jadul banget).............
btw cara pengecekan spt ini boleh dilakukan, tp ga boleh lama2 yah copot kabel akinya, krn klo kelamaan bisa merusak komponen tsb.........
-
ilhami
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2697
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Halo,
apa boleh me-charge aki mobil, tanpa melepas dari mobil. Langsung memasang penjepit buaya di konektor aki ?
Saya malas melepas aki nih, karena mobil jarang dipakai, dan aki sering kosong.
apa boleh me-charge aki mobil, tanpa melepas dari mobil. Langsung memasang penjepit buaya di konektor aki ?
Saya malas melepas aki nih, karena mobil jarang dipakai, dan aki sering kosong.
-
maskopat
- Member of Mechanic Master

- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
kayaknya boleh deh.. gak apa...ilhami wrote:Halo,
apa boleh me-charge aki mobil, tanpa melepas dari mobil. Langsung memasang penjepit buaya di konektor aki ?
Saya malas melepas aki nih, karena mobil jarang dipakai, dan aki sering kosong.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
mandala1
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
^^halo juga bro ilhami.....
Hmmm......bisa saja sih kalo mau langsung men charge tanpa melepas aki dari mobil,, tapi ada syaratnya......jgn lupa terlebih dahulu melepas konektor kepala aki nya baik yg (+) maupun yg (-)
Akan tetapi alangkah baiknya apabila aki terlebih dahulu di turunkan dari mobil, untuk berjaga2 mencegah hal2 yg tidak diinginkan (seperti konsleting arus listrik misalnya)
Lagipula apabila aki diturunkan dari dudukannya, secara mudah sekalian kita bisa mengontrol panel dudukan aki apakah sudah berkarat atau tidak n sekalian membersihkan kotoran2 yg tertimbun di bawah bak aki tsb......
Hmmm......bisa saja sih kalo mau langsung men charge tanpa melepas aki dari mobil,, tapi ada syaratnya......jgn lupa terlebih dahulu melepas konektor kepala aki nya baik yg (+) maupun yg (-)
Akan tetapi alangkah baiknya apabila aki terlebih dahulu di turunkan dari mobil, untuk berjaga2 mencegah hal2 yg tidak diinginkan (seperti konsleting arus listrik misalnya)
Lagipula apabila aki diturunkan dari dudukannya, secara mudah sekalian kita bisa mengontrol panel dudukan aki apakah sudah berkarat atau tidak n sekalian membersihkan kotoran2 yg tertimbun di bawah bak aki tsb......
-
maskopat
- Member of Mechanic Master

- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
propesor, ane udah ganti aki nih.. cerita lengkapnya di sini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 13#p326313
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
y_anjasrana
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 8857
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Cara ini boleh dikasih tau ma tukang altenator waktu altenatornya koit.. Ya kalu altenatornya rusak, mesin langsung mati. Jadi ga ngaruh kemana2. Tapi memang ga semua mobil boleh dibeginikan. Terutama mobil2 eropa yang kelistrikannya manja.btw cara pengecekan spt ini boleh dilakukan, tp ga boleh lama2 yah copot kabel akinya, krn klo kelamaan bisa merusak komponen tsb.........
Tull gak om Sul?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
sjamsul
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
betul dik anjas.............y_anjasrana wrote:Cara ini boleh dikasih tau ma tukang altenator waktu altenatornya koit.. Ya kalu altenatornya rusak, mesin langsung mati. Jadi ga ngaruh kemana2. Tapi memang ga semua mobil boleh dibeginikan. Terutama mobil2 eropa yang kelistrikannya manja.btw cara pengecekan spt ini boleh dilakukan, tp ga boleh lama2 yah copot kabel akinya, krn klo kelamaan bisa merusak komponen tsb.........
Tull gak om Sul?
-
€lj€p€
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
kalau tutup konektor kepala aki positif (yang warna merah) untuk Suzuki saya (XL_7) ada yang jual atau tidak ya. Apakah itu bagian dari spareparts (punya nomer) atau hanya gadget...
Yang di mobil saya sudah babak belur... saatnya diganti supaya lebih rapih....
Terima kasih untuk yang bisa memberikan informasi.
poento
Yang di mobil saya sudah babak belur... saatnya diganti supaya lebih rapih....
Terima kasih untuk yang bisa memberikan informasi.
poento
Dari Solo ke Oslo


-
sjamsul
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
^^
perasaan sy dah pernah upload deh bro eljepe.... tp sy upload lagi deh..... contoh tutup kepala aki bikinan sy sendiri..... klo diperlukan mampir aja, nanti sy pasangin..............
wlp bentuknya ga sebagus yg aslinya, tp tutup kepala aki ini efektif.......
smoga bermanfaat......
perasaan sy dah pernah upload deh bro eljepe.... tp sy upload lagi deh..... contoh tutup kepala aki bikinan sy sendiri..... klo diperlukan mampir aja, nanti sy pasangin..............
wlp bentuknya ga sebagus yg aslinya, tp tutup kepala aki ini efektif.......
smoga bermanfaat......
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
€lj€p€
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
baik pak, nanti kalau saya mau mampir, telpon dulu deh. terima kasihsjamsul wrote:^^
perasaan sy dah pernah upload deh bro eljepe.... tp sy upload lagi deh..... contoh tutup kepala aki bikinan sy sendiri..... klo diperlukan mampir aja, nanti sy pasangin..............
wlp bentuknya ga sebagus yg aslinya, tp tutup kepala aki ini efektif.......
smoga bermanfaat......
salam hormat untuk keluarga
poento
Dari Solo ke Oslo


-
sjamsul
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
ok....... sama2 pak....€lj€p€ wrote:baik pak, nanti kalau saya mau mampir, telpon dulu deh. terima kasihsjamsul wrote:^^
perasaan sy dah pernah upload deh bro eljepe.... tp sy upload lagi deh..... contoh tutup kepala aki bikinan sy sendiri..... klo diperlukan mampir aja, nanti sy pasangin..............
wlp bentuknya ga sebagus yg aslinya, tp tutup kepala aki ini efektif.......
smoga bermanfaat......
salam hormat untuk keluarga
poento
salam hormat kembali buat keluarga.....
-
doq
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
pak sjamsul.......baleno sy akinya kok tekor lagi yaaa? hiks ada2 aja deh.........kaga ngerti majikannya lg repot hiks......

-
sjamsul
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
taunye tekor gimana fer..... ehhhh doq.............. apakah ga bisa distarter saat pagi atau gimana nihhh...........doq wrote:pak sjamsul.......baleno sy akinya kok tekor lagi yaaa? hiks ada2 aja deh.........kaga ngerti majikannya lg repot hiks......![]()
![]()
![]()


