[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: Faktor2 "eksternal" spt reputasi, perceived quality, resale value, dsb malah gak gampang berubah om......Kalo tetep dimaintain sama pabrikan, malah faktor ini yg lebih "kekal" sifatnya dibanding dengan faktor mobilnya sendiri. Mobil per generasi berapa tahun sih.....paling 5 tahun.
Mobil model yg sama di next-gen nya bisa aja beda bahan material, beda horsepower, beda jeroan mesin, dsb
wah gw beda nih interpretasinya
faktor internal, misal slh satu contoh : rem cakram.
ini rem mau diliat skrg, ato 10thn dpn ttp sama. diliat di serbia, nigeria, indo, inggris jg ttp sama... rem cakram.
mknya gw blg ini ga berubah.

faktor eksternal, contoh : gengsi
didesa apanja dianggap bergengsi, dikota ga. di indo ipah bergengsi, di negara laen ga
org yg sama bs berubah persepsinya dlm sekejap. kmrn nganggap yaris itu bergengsi, besok2 yaris udh ga bergengsi
sangat mdh berubah krn persepsi menyangkut indera n perasaan/emosi yg jg sgt mudah berubah.
si A kmrn pilih mega, skrg pilih sby... itu smua gara2 persepsi. pdhl dr dulu mega ama sby gitu2 aja, ga ada perubahan signifikan
mnrt gw sushi jijay, yg laen blg asoy.... persepsi bro :mrgreen:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote:bener bro kasus per kasus......bener juga kita lagi bandingin "fortie disel vs ctv disel vs evie"
Ane cuma menyinggung USDM karena chevy captiva/vue vs CRV vs Rav4 juga kalah salesnya?
Jadi maksudnya ane cuma mao "make a statement" ajah bahwa kalo menurut bro captivated bahwa market indo irrasional karena gak milih captiva, maka begitu juga dengan market US, bisa jg dong sama2 dibilang market yg irrasional karena lebih memilih crv/rav4 dibanding vue (yg adalah produknya sendiri).

Yah ane sih gak bisa ngomong apa2 lagi deh kalo bro memang udah punya mindset bahwa "Di Indonesia, Yg gak milih Captiva untuk SUV 7 seaternya adalah orang2 yg gak rasional" :mrgreen:
kok fortie disamain ama rav4? performa rav4 gmn? fiturnya?
harga ctv vs crv/rav4 dsana brp?
beda jauh ga ama ctv vs fortie kyk dsini?
merujuk ke topik tred, kita ga cari sapa terjual plg byk

bukan yg gak beli ctv yg irrasional, tp yg beli brg overpriced
ini kok diplesetkan :e-naughty:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote:Apa sih hubungannya tulisan ane yg bilang "gak masalah selama memang orang yg beli Fortie tujuannya untuk pake, bukan untuk jual lagi nyari untung (spekulan)" dengan masalah resale? Kayaknya koq bro Captivated sensitip sekali dengan kata resale sehingga semuanya dihubung hubungkan dengan resale value? :mrgreen:
Maksud saya diatas tuh, gak masalah jadi pembeli terakhir fortie (walaupun harga fortie gak naik2 lagi), yg penting beli mobilnya kan karena memang tujuannya beli mobil adalah untuk dipake....gak ada hub dgn resale (walaupun resale juga tetep bagus walaupun harga baru gak naik2).....Ya spt beli captiva yg harga barunya gak naik2, gak masalah toh?
kan memang untuk dipake mobilnya
kl utk "pake" harusnya faktor2 yg mendukung "pake" itulah yg dicari (nyaman, aman, muat byk, performa, dll)
prnh ketemu ama org yg beli fortie yg alasannya adlh no.1 resale, no.2 merk, no.3 gengsi ? :mrgreen:
mrk udh tau kl mesinnya lemah n performanya agak memprihatinkan. buat sehari2 mrk pake mbl laen, kl utk acara2 tertentu br pake fortie. ini yg namanya buat "pake"?
waktu ditanya knp beli? jwbn utama : kan kalo djual lg msh bs kembali modal... mujur2 bs dpt untung :drinking:
prnh ketemu buyer kyk gitu ga? dsini byk tuh :mrgreen:
FortunerMan wrote:Menurut anda :mrgreen: Kalo faktor eksternal sih udah gak usah diomongin, Toyota vs Chevy - no contest. Internal? Masih banyak keunggulan Fortuner dr Everest...buatan interior Fortuner lebih halus, suspension Evie masih daun rem masih model tarik.
Captiva? Fortuner jauh lebih tangguh, kemungkinan besar akan lebih reliable di jangka panjang (Toyota vs Daewoo...plis deh)

Mana ada di brosur..."legendary reliability"...gak bakal ada. Tapi jelas, reliability ada economic valuenya. Jelas ada buat saya, yang gak suka mobil rewel. Tapi menurut anda mungkin tidak, ya disitulah letak perbedaan kita. Disinilah point of strength nya Toyota, reliability. Bukan paling indah, paling kenceng - tapi salah satu yang paling reliable. Saya mau keluar duit buat reliability. Irasional? sekali lagi itu menurut anda. Menurut pasar tidak.

Ya memang kalo hanya berpatok di brosur, kesimpulannya ya kaya si Captivated. Membandingkan mobil dengan bandingin brosur. Itu cara anda ya silahkan.
Risol1 wrote: Wah ini kata siapa lagi bro??? lho koq "berani-beraninya" bikin statement gini darimana dasarnya? hehehehe......
Saya aja gak berani bilang Captiva kualitasnya lebih jelek dari Fortie karena memang belum keliatan, dan juga memang ini mobil IMO termasuk mobil yg cukup bagus model luar dalemnya.
tanpa faktor persepsi luar, the car already speaks itself
sederhana : ctv (150hp/320Nm), evie (142hp/330Nm), fortie (102hp/260Nm)... blm lg yg laen2
lbh lengkapnya, monggo diliat : http://www.otomotifnet.com/otoweb/index ... 0/1/7/3393#
yg ini justru dr site-nya TAM loh, bukan chevy/ford :glodak: :mrgreen:
http://www.toyota.co.id/company/mediare ... le_id=2676 .... kok ctv no.1 ??? :e-think:
waktu tes tsb harga fortie msh sktr +/- 300jt.... bandingkan dgn skrg?

knp performa jd pertimbangan utama?

1. logikanya, mbl dgn performa tinggi berharga lbh mahal.
tp kasus ctv vs fortie vs evie justru kebalikan. khusus utk ctv udh menang performa, lbh murah lg.
ato mgkn logikanya skrg udh berubah/terbalik? makin mahal mobil makin bagus (mau performa ancur kek ga mslh, yg pntg mahal!) :frm_bang_head:
kl review2 otomotif, hrga lbh murah dijadikan nilai plus, apa skrg udh jd nilai minus yak?
jd kl ditulis, KELEBIHAN fortie 2.5d : tenaga lemah, harga lbh mahal, dst... wkwkwkwk

2. aman dan nyaman buat dipake.
udh pernah ngalamin nyalip tronton ditanjakan, trus dr dpn ada tronton yg kearah kita? ngeri!!!
apalg bw keluarga... resiko bs sangat fatal. mknya performa ini jd poin utama
di tred sblh malah ada fortie owner yg jg ngalamin hal serupa... sport jantung! :mrgreen:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote: Jah kan.....heheheh....ngulang2 lagi, jadi kayaknya bro Captivated cuma bertahan aja dengan kasi argumen yg sama terus menerus :mrgreen:

Sekali lagi gak ada yg bawa2 kurs setelah kurs stabil di 10rb......dan juga sekali lagi teori ekonomi tuh gak pernah salah atau gak pernah irrasional atau engga pernah terbalik. Hukum/teori ekonomi selalu tetap dan benar.
makin mahal makin laris, artinya bukan hukum ekonomi terbalik, tapi IMO harga tsb belum mencapai titik ekuilibriumnya. kalo harga udah melewati titik ekuilibrium, maka percaya deh, demandnya Fortie akan berkurang dengan sendirinya. :mrgreen:
waduh musti dikasih penjelasan rinci yak?
gini bro :
- q4 2008 : rame2 produsen menaikkan harga (dgn alasan kurs), dgn kenaikan yg bervariasi. efeknya sales menurun (masuk akal)
- q1-q2 2009 : kenaikan harga terus terjadi. tp anehnya sales justru meningkat
konon krn mslh kurs, kenaikan harga terjadi berkali2. ini yg menyebabkan (trmsk krn krisis) target penjualan mbl di indo diprediksi turun sktr 20%-30% thn 2009 (masuk akal)
ingat, utk kasus ini selalu diawali dgn kenaikan harga, br demand ngikut. anehnya bgtu harga naik, demand ga turun (bhkn mgkn cenderung naik)

bener, hukum ekonomi ga pernah salah. mknya kita jadikan patokan.
tp hukum ekonomi mana yg menyatakan : "kenaikan harga menyebabkan peningkatan demand"??? kl ada, tlg share sm saya yg msh cupu ini
jgn dibalik ya, krn kasusnya harga dulu br demand ngikut. kl teori ekonomi "demand tinggi, harga naik" itu biasa. tp yg terjadi dsini adlh kebalikannya
equilibrium sih equilibrium bro, tp knp equilibrium fortie 2.5d skrg di 360jt (ditambah lg msh ditengah2 krisis pulak) dgn demand yg ktkanlah sama dgn thn lalu (saat equilibriumnya di 285jt)?
bukankah pasar yg menggerakkan titik equilbrm tsb? mgkn alasan satu2nya "pasar menghendaki demikian"
tp kenapa? apa ada peningkatan signifikan di kwalitas produk tsb? apa faktor fundamental yg menyebabkan dmikian? :e-naughty:
bukankah ini yg dinamakan irrasional?

sbnrnya kondisi "irrasional" ini srg kita temui, bukan brg baru/aneh apalg di indo (contoh : bisnis gula om mandala, tp itupun sbrnya ada faktor penyebab, hari besar)
cm gw heran knp disini org2 sensi bener kl gw bilang irrasional. tersinggung yak? :mrgreen:
Risol1 wrote:ini ngomong2 koq pertanyaan ane gak ditampilin di quote diatas? :mrgreen:
nih pertanyaannya yg di garis bawah:
Risol1 wrote: Misal: Kalo ada 1 orang lagi perlu SUV 7 seater lalu lagi mikir masak2 mana SUV yg menurut dia paling good value?
dan setelah mempertimbangkan masak2 semua faktor dengan akal sehatnya (karena menyangkut duit yg engga sedikit), lalu memutuskan bahwa dia mao beli Fortuner.
Nah apakah itu yg bro Captivated anggap "ngasi angin" ke TAM?
Dan supaya engga dikatain sama bro Captivated "ngasi angin" atau "kurang bijak" berarti orang itu harus berbuat apa? Apakah orang tsb harus membatalkan beli Fortuner, lalu kemudian order SUV yg spek teknis nya lebih bagus dengan harga lebih murah, misal Captiva? Lalu baru bro Captivated bisa mengubah cara pandangnya ke orang ini menjadi orang yg "bijaksana" gitu?
Sori kalo ane salah tangkep dan maksud bro Captivated bukan spt diatas :mrgreen:, tapi ane cuma mao tau aja, gimana sih caranya supaya jadi konsumen bijak dan engga "ngasi angin" ke produsen? Ini beneran nanya lho :e-think:


Kalo bener ilustrasi saya diatas, berarti gak perlu kita diskusi panjang lebar lagi karena mindset toh udah terpatri bahwa "beli fortuner pokoknya salah aja" hehehe..... :mrgreen:
Gimana jadi nya kalo ada orang yg butuh SUV 7 seater dan udah mantap beli Fortuner, supaya gak dicap sbg spekulan/gak rasional/gak bijak/ngasi angin oleh bro Captivated?
Apakah orang tsb harus batalin beli Fortunernya dan beli Captiva gitu? :mrgreen:
salah & benar itu relatif, msg2 bisa "benar" dlm penilaiannya sndiri... ga ada mslh
tp kl "irrasional" itu bs diukur dr apakah ada alasan (fundamental) nya ato tdk.

cara konsumen bijak mnrt ane :
- byk baca dan caritau. jaman skrg smua udh gampang/cepat, tinggal buka kompie udh bs googling.
- jgn mudah percaya omongan sales/produsen. cek n ricek itu harus
- jgn fanatik thd merk tertentu. ga ada namanya merk yg slalu unggul dlm tiap produk/segi thd merk2 laen. kalopun ada, itu hrs ditebus dgn harga yg lbh mahal
- kritis, jgn selalu ikut arus
utk kasus di cerita diatas, alangkah baiknya sblm membeli dia search dulu ttg kelebihan/kekurangan fortie. curious... knp hrganya naek bgini, ada apa gerangan. bandingin ama harga fortie dinegara laen vs rival. apa fortie disini kemahalan, sama, ato kemurahan (diluar faktor pajak, bea, dll)
batal beli? itu satu opsi. u still hv the right to say NO!
tp kl org udah fanatik, susah dibilangin. MU yg juara EPL 3thn, ttp aja byk org yg nganggap klub kesayangannya (yg laen) yg terbaik di inggris (no offense to MU haters) :big_peace:
bgtu jg dgn org tajir. suka2 dia mau "naroh" uangnya dmn
gw duit cekak, mknya hati2 bener buat blanja :mrgreen:
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by campoeran »

bukan yg gak beli ctv yg irrasional, tp yg beli brg overpriced
ini kok diplesetkan
berati bisa saya revisi
yg beli fortie itu irasional ? yg beli captiv rasional ?
1. logikanya, mbl dgn performa tinggi berharga lbh mahal.
tp kasus ctv vs fortie vs evie justru kebalikan. khusus utk ctv udh menang performa, lbh murah lg.
ato mgkn logikanya skrg udh berubah/terbalik? makin mahal mobil makin bagus (mau performa ancur kek ga mslh, yg pntg mahal!)
kl review2 otomotif, hrga lbh murah dijadikan nilai plus, apa skrg udh jd nilai minus yak?
jd kl ditulis, KELEBIHAN fortie 2.5d : tenaga lemah, harga lbh mahal, dst... wkwkwkwk
Kalo captiv dijual lbh mahal dr fortie apa lbh ndak sepi salesnya ?
Balik lagi lah om, fortie ada faktor durability dan nama besar TAM dibelakangnya. Itu yg membuat customer ndak was2 dlm beli fortie.
Disini ndak berlaku tuh mbl fitur lbh bagus harga lbh mahal
buktinya selain fortie, tuh ciarpi yg lbh mahal dr xt :).
Lah mong market leader. dan yg jualan dah ada hati di customer indo.

chevie dan nissan butuh waktu untuk itu bang.

sudahlah, emang kalo fortie lbh bawah fiturnya dr captiv tp lbh mahal , so what gitu loh.
tp yg pasti dengan diskusi anda ndak akan membuat org berpaling utk bl captiv yg sblmnya demen ama fortie. Dan sebaliknya begitu. masing2 ada marketnya.

Justru dengan hadirnya captiv, pasar semakin seger karena varian SUV makn banyak.
tp jujur dr dlm lubuk hati fortie emang overpriced ....untuk dompet ane
wkwkwk
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by campoeran »

- q1-q2 2009 : kenaikan harga terus terjadi. tp anehnya sales justru meningkat
konon krn mslh kurs, kenaikan harga terjadi berkali2. ini yg menyebabkan (trmsk krn krisis) target penjualan mbl di indo diprediksi turun sktr 20%-30% thn 2009 (masuk akal)
ingat, utk kasus ini selalu diawali dgn kenaikan harga, br demand ngikut. anehnya bgtu harga naik, demand ga turun (bhkn mgkn cenderung naik)

bener, hukum ekonomi ga pernah salah. mknya kita jadikan patokan.
tp hukum ekonomi mana yg menyatakan : "kenaikan harga menyebabkan peningkatan demand"??? kl ada, tlg share sm saya yg msh cupu ini
jgn dibalik ya, krn kasusnya harga dulu br demand ngikut. kl teori ekonomi "demand tinggi, harga naik" itu biasa. tp yg terjadi dsini adlh kebalikannya
equilibrium sih equilibrium bro, tp knp equilibrium fortie 2.5d skrg di 360jt (ditambah lg msh ditengah2 krisis pulak) dgn demand yg ktkanlah sama dgn thn lalu (saat equilibriumnya di 285jt)?
bukankah pasar yg menggerakkan titik equilbrm tsb? mgkn alasan satu2nya "pasar menghendaki demikian"
tp kenapa? apa ada peningkatan signifikan di kwalitas produk tsb? apa faktor fundamental yg menyebabkan dmikian?
bukankah ini yg dinamakan irrasional?

sbnrnya kondisi "irrasional" ini srg kita temui, bukan brg baru/aneh apalg di indo (contoh : bisnis gula om mandala, tp itupun sbrnya ada faktor penyebab, hari besar)
cm gw heran knp disini org2 sensi bener kl gw bilang irrasional. tersinggung yak?
Jujur saya sendiri bingung dengan sales yg menanjak :)
katanye krisis buktinya fine2 aja tuh salesnya
malah si iprit mendulang banyak sales juga.

kalo emang bung captived mau mencap market di indo irasional ya udah deh
kalo saya sebagai pemilik fortie , mgkn saya degan bangga bilang saya adalah orang yg ngikut arus , fanatik merek , dan irasional person :).

ya spt siapa yg bilang di diskusi sblmnya, semua ndak bisa hanya dilihat diselembar brosur aja ttg fitur2 tsb. tp butuh yg namanya pembuktian yg saya percaya chevie indo akan terus menelorin produk2 bermutu kyk captive
sehingga mindset org indo lama2 bisa rasional kembali. :). dan beralih utk beli cruze drpd civic atau altis
beli captiv drpd fortie ato crv dst.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by evolution21 »

captiva harganya murah meriah, tapi bukan berarti murahan.

image lebih mahal selalu lebih bagus itu yg harusnya dikoreksi ulang
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by campoeran »

Bener bang
kan dah dikatain ama si captivated
yg lbh bagus ndak selalu lbh mahal di indo ini

lah bukannya justru org yg bli captiv lbh happy toh kalo boilnya lbh murah tp fitur bejibun ?
drdp cuman sekedar gengsi yg didapat ?

kembali lagi aja kemasing2 pilihan deh.
tp ane sih ttp milih fortie ( tp yg bensin ) kalo dikasih pilihan dikasih mbl fortie ato captiv .....( emang sapa yg mau ngasih enak banget yack :) ) ............... :big_slap:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

Risol1 wrote:iya bro ane ngerti koq.....
maksudnya juga sama bahwa TAM = produsen, lho koq fortie owner = shareholders, dimana korelasinya?
mustinya kan penjual saham padanannya pembeli saham, sedangkan produsen padanannya kan konsumen, lho koq ini bisa "nyebrang"
Shareholder pengen investasinya untung, dari 1M jadi 2M gitu dong, kalo Fortie owner pengen nikmatin mobilnya, gak ada hub sama nyari untung....Dah ah ane cape ngetiknya hehehe.....
analogi bro... analogi :e-doh:
Risol1 wrote: OK, ane ulang lagi, kalo diliat dari tujuannya:
A- Spekulan itu cuma mao duit spread harga beli oil dimasa sekarang dengan harga yg bisa dia jual di masa depan
- Spekulan pengen duitnya yg 400 jt bisa menjadi 800 jt setelah main oil ini
- Spekulan gak mao terima delivery oil berjerigen2 tsb, spekulan gak mao nyediain gudang buat nyimpen oil tsb, spekulan gak mao bayar transportasi buat antar jemput oli. Kalo mereka harus lakukan ini, percaya deh gak ada yg mao lakukan spekulasi komoditi ini.
B- Pembeli fortie tujuan utama nya adalah make produknya, buat dipake piknik sama keluarganya, buat dipake kerja, anter jemput sekolah, dll
- Pembeli fortie pengen duitnya yg 400 jt menjadi (umpamanya) 300jt setelah 3 tahun pemakaian, bukan jadi 800jt....alias sebenernya cuma simple resale value aja, bukan pemilik fortie pengen profit/untung, mereka cuma gak mao rugi terlalu banyak u/ barang konsumsinya (bukan barang spekulasinya)!
- pembeli fortie mao terima delivery, bawa pulang mobilnya, masukkin ke garasinya.....mereka beli fortie karena kebutuhan/keinginan thd fortinya, artinya pembeli fortie ini mencerminkan real market, sehingga pantes disebut dgn simply "Customer" atau konsumen, bukan spekulan.
A. setiap trader pasti berspekulasi, tinggal tergntung kecil besarnya jumlah brg atau harga yg diinginkan/diincar.
krn kita ga prnh tau berapa nilai pastinya suatu komoditi pd satu waktu (misal : minyak). kita cm bs kira2, skrg mgkn di $70, mk hedging, jual/beli kita diarahkan ke situ. warren buffet pun cm bs ngira2, mknya dia bs untung bs rugi
ada 2 macam trader/spekulan, fisik dan kertas. trader/spekulan fisik mau kok dikasih brgnya, dia udh nyiapin gudang/infrastruktur utk itu
B. ada jg pembeli fortie bgtu dpt lsg taruh di showroom mobkas... ahahaha
Risol1 wrote:Kenapa ane bilang bukan real market? Karena faktor A dan B diatas....
....Karena demand yg sebenernya adalah demand yg ada di tangan pemakai oil2 tsb misal masy yg butuh bensin, masy yg butuh heating oil, mesin pabrik2 di china, dsb....itu lah demand asli.

Tapi di perekonomian yg menganut free market, pasar pasti melakukan automatic adjustment pada waktu harga udah mulai gak karuan (apalagi kemaren2 itu ketolong dgn real demand yg bener2 menciut karena krisis), makanya oil price juga rally turun ke level 35 dollar (yg gak rasional juga harganya karena terlalu murah.....ulah spekulan juga hihihihi), dan akhirnya berangsur2 mulai stabil lagi ke deket2 perpotongan real demand vs supply di sekitaran 70an dollar.
real demand ada di pemakai, unreal ada di spekulan... dua2nya ttp market kok. tp bgtu market bergerak tanpa fundamental, dsitulah mulai tercipta irrational market
tp brp harga "real"nya? $70, 75, 80, or 150 maybe? semua punya versi masing2.
kl ngotot pake harga "real" $20 jg gpp, tp bisakah? jd batas antara real n unreal ini sdh sulit dibedakan
adjustment terjadi saat org gila terakhir klar beraksi... wkakakak j/k
busway... anjlok ke $35 itu bukan rally :mrgreen:

buset, kok jd ngebahas market :snipersmile:
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Captivated wrote:
Risol1 wrote:iya bro ane ngerti koq.....
maksudnya juga sama bahwa TAM = produsen, lho koq fortie owner = shareholders, dimana korelasinya?
mustinya kan penjual saham padanannya pembeli saham, sedangkan produsen padanannya kan konsumen, lho koq ini bisa "nyebrang"
Shareholder pengen investasinya untung, dari 1M jadi 2M gitu dong, kalo Fortie owner pengen nikmatin mobilnya, gak ada hub sama nyari untung....Dah ah ane cape ngetiknya hehehe.....
analogi bro... analogi :e-doh:
Gunanya analogi untuk memudahkan orang lain mengerti tentang suatu keadaan. Kalo analoginya sudah ngawur, namanya bukan simplifying, tapi misleading :mrgreen:
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Captivated wrote:
Risol1 wrote:Apa sih hubungannya tulisan ane yg bilang "gak masalah selama memang orang yg beli Fortie tujuannya untuk pake, bukan untuk jual lagi nyari untung (spekulan)" dengan masalah resale? Kayaknya koq bro Captivated sensitip sekali dengan kata resale sehingga semuanya dihubung hubungkan dengan resale value? :mrgreen:
Maksud saya diatas tuh, gak masalah jadi pembeli terakhir fortie (walaupun harga fortie gak naik2 lagi), yg penting beli mobilnya kan karena memang tujuannya beli mobil adalah untuk dipake....gak ada hub dgn resale (walaupun resale juga tetep bagus walaupun harga baru gak naik2).....Ya spt beli captiva yg harga barunya gak naik2, gak masalah toh?
kan memang untuk dipake mobilnya
kl utk "pake" harusnya faktor2 yg mendukung "pake" itulah yg dicari (nyaman, aman, muat byk, performa, dll)
prnh ketemu ama org yg beli fortie yg alasannya adlh no.1 resale, no.2 merk, no.3 gengsi ? :mrgreen:
mrk udh tau kl mesinnya lemah n performanya agak memprihatinkan. buat sehari2 mrk pake mbl laen, kl utk acara2 tertentu br pake fortie. ini yg namanya buat "pake"?
waktu ditanya knp beli? jwbn utama : kan kalo djual lg msh bs kembali modal... mujur2 bs dpt untung :drinking:
prnh ketemu buyer kyk gitu ga? dsini byk tuh :mrgreen:
FortunerMan wrote:Menurut anda :mrgreen: Kalo faktor eksternal sih udah gak usah diomongin, Toyota vs Chevy - no contest. Internal? Masih banyak keunggulan Fortuner dr Everest...buatan interior Fortuner lebih halus, suspension Evie masih daun rem masih model tarik.
Captiva? Fortuner jauh lebih tangguh, kemungkinan besar akan lebih reliable di jangka panjang (Toyota vs Daewoo...plis deh)

Mana ada di brosur..."legendary reliability"...gak bakal ada. Tapi jelas, reliability ada economic valuenya. Jelas ada buat saya, yang gak suka mobil rewel. Tapi menurut anda mungkin tidak, ya disitulah letak perbedaan kita. Disinilah point of strength nya Toyota, reliability. Bukan paling indah, paling kenceng - tapi salah satu yang paling reliable. Saya mau keluar duit buat reliability. Irasional? sekali lagi itu menurut anda. Menurut pasar tidak.

Ya memang kalo hanya berpatok di brosur, kesimpulannya ya kaya si Captivated. Membandingkan mobil dengan bandingin brosur. Itu cara anda ya silahkan.
Risol1 wrote: Wah ini kata siapa lagi bro??? lho koq "berani-beraninya" bikin statement gini darimana dasarnya? hehehehe......
Saya aja gak berani bilang Captiva kualitasnya lebih jelek dari Fortie karena memang belum keliatan, dan juga memang ini mobil IMO termasuk mobil yg cukup bagus model luar dalemnya.
tanpa faktor persepsi luar, the car already speaks itself
sederhana : ctv (150hp/320Nm), evie (142hp/330Nm), fortie (102hp/260Nm)... blm lg yg laen2
lbh lengkapnya, monggo diliat : http://www.otomotifnet.com/otoweb/index ... 0/1/7/3393#
yg ini justru dr site-nya TAM loh, bukan chevy/ford :glodak: :mrgreen:
http://www.toyota.co.id/company/mediare ... le_id=2676 .... kok ctv no.1 ??? :e-think:
waktu tes tsb harga fortie msh sktr +/- 300jt.... bandingkan dgn skrg?
Ada orang yg beli karena resale, ada yg beli karena tampang, ada yg beli karena bininya suka, ada yg beli krn anaknya suka, ada yg beli karena A, B, C....Z. Anda tidak bisa memaksakan kriteria anda pada orang lain bos! Itulah yang namanya punya duit sendiri. Pembeli Fortuner sangat banyak, anda akan ketemu banyak variasi alasan membeli kendarannya...

Anda suka angka hp? Saya suka reliability. Sampe 100 thn debat gak bakal ketemu, mau saya di bilang irasional, gila - gak masalah. Saya perlu mobil besar, berwibawa, reliability bisa dihandalkan, tangguh dibawa ke jalan2 rusak. Kriteria anda apa? ya terserah. Orang lain pun tidak peduli dengan kriteria saya maupun kriteria anda, semua org kriteria lain2.

Di link2 anda, ada gak di sebut ttg reliability? Pasti gak banyak dibahas. Karena gak bisa di tes pada saat baru! Tapi itu ada harganya, orang mau bayar mahal untuk reliability, termasuk saya. Nggak penting buat anda? Ya monggo.

Soal harga naik demand naik, ya mungkin orang makin melek dan melihat value dari kendaraan tersebut. Ada yang suka dengan tampang baru Fortuner...serbu, ada yg dr dulu nyangka...ah Innova ganti casing - setelah baca2 SM jadi ngerti, serbu. Ada 1001 reasons.

Sama juga dengan Pajero Sport, semuanya juga kalah brosur dari Captiva, kenyataannya - di serbu pembeli sampe KTB kewalahan. Apa penjelasan "ilmiah" anda. Pembeli PS irasional juga kah? Weleh banyak bener yg irasional di Indonesia ini? :mrgreen:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

FortunerMan wrote:Ada orang yg beli karena resale, ada yg beli karena tampang, ada yg beli karena bininya suka, ada yg beli krn anaknya suka, ada yg beli karena A, B, C....Z. Anda tidak bisa memaksakan kriteria anda pada orang lain bos! Itulah yang namanya punya duit sendiri. Pembeli Fortuner sangat banyak, anda akan ketemu banyak variasi alasan membeli kendarannya...

Anda suka angka hp? Saya suka reliability. Sampe 100 thn debat gak bakal ketemu, mau saya di bilang irasional, gila - gak masalah. Saya perlu mobil besar, berwibawa, reliability bisa dihandalkan, tangguh dibawa ke jalan2 rusak. Kriteria anda apa? ya terserah. Orang lain pun tidak peduli dengan kriteria saya maupun kriteria anda, semua org kriteria lain2.
Ceuk urang sunda mah : duid aing kumaha aing :upss:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Faktor2 "eksternal" spt reputasi, perceived quality, resale value, dsb malah gak gampang berubah om......Kalo tetep dimaintain sama pabrikan, malah faktor ini yg lebih "kekal" sifatnya dibanding dengan faktor mobilnya sendiri. Mobil per generasi berapa tahun sih.....paling 5 tahun.
Mobil model yg sama di next-gen nya bisa aja beda bahan material, beda horsepower, beda jeroan mesin, dsb
wah gw beda nih interpretasinya
faktor internal, misal slh satu contoh : rem cakram.
ini rem mau diliat skrg, ato 10thn dpn ttp sama. diliat di serbia, nigeria, indo, inggris jg ttp sama... rem cakram.
mknya gw blg ini ga berubah.

faktor eksternal, contoh : gengsi
didesa apanja dianggap bergengsi, dikota ga. di indo ipah bergengsi, di negara laen ga
org yg sama bs berubah persepsinya dlm sekejap. kmrn nganggap yaris itu bergengsi, besok2 yaris udh ga bergengsi
sangat mdh berubah krn persepsi menyangkut indera n perasaan/emosi yg jg sgt mudah berubah.
si A kmrn pilih mega, skrg pilih sby... itu smua gara2 persepsi. pdhl dr dulu mega ama sby gitu2 aja, ga ada perubahan signifikan
mnrt gw sushi jijay, yg laen blg asoy.... persepsi bro :mrgreen:
Hehehe....pinter banget om, kalo pas faktor "eksternal" pake contohnya: Gengsi....yg memang sangat bergantung banget sama yg liat, yg dimana2 memang selalu probabilitynya 50-50 kecuali mungkin u/kelas mobil super mewah :mrgreen:
coba pakenya: perceived quality, reliability, dsb.....pasti keliatan deh bahwa faktor2 tsb susah berganti di mata konsumen.
Di jajaran produk2 toyota, engga usah disebutin sbg faktor eksternal pun, gengsi itu gak melekat ke semua produknya. Paling bbrp model aja, yg lainnya mah gak gengsi. Jangan kan Toyota, Mercedes pun aja kalo make variable "gengsi" pasti juga gampang dibantah bahwa Gengsi itu sangat relatif sifatnya.

Jadi gengsi itu jangankan diukur pake waktu (dulu/sekarang beda), tempat (di indo/negara lain beda), dll......2 orang di waktu dan tempat yg sama,pada waktu melihat satu mobil yg sama pun bisa langsung berbeda menilai "gengsi" nya :mrgreen:

Kalo parameternya mau diulur sepanjang/selebar itu, berarti faktor internal juga bisa beda2 dilihatnya bergantung yg liat hehehe....
horsepower 150bhp, di indo udah termasuk gede, di negara lain engga......
tenaga 150 bhp sekarang udah termasuk gede, 2-3 tahun kedepan lagi engga.....Yah bisa aja ane jg bilang gitu :mrgreen:

Kalo soal analogi mega-sby, mustinya kalo mao adil, bisa juga dibuat spt ini:
Kalo si SBY selama 5 tahun terakhir udah dinilai cukup bagus, reliable gaya kepemimpinannya, orang2 suka dan percaya sama dia, walaupun sebenernya fisik/kemampuannya biasa2 aja, bakalan gampang dipilih lagi di term berikutnya.....gitu dong? Kenapa? Karena orang udah percaya, orang udah nyaman sama SBY, walaupun mungkin kita (taxpayer) musti bayar gaji dia lebih mahal karena udah menjabat 1 term, dibanding pilih Mega yg track record nya gak sebanyak SBY, walaupun janjinya segunung + gaji murah.

Nah buktinya, bertolak belakang dengan analogi captivated, masyarakat pada umumnya lebih bersikap spt teori saya, yaitu rame2 pada milih SBY lagi sehingga cukup 1 putaran. Artinya perceived qualitynya si SBY di mata masayarakat udah kuat sehingga lebih gampang u/ menang. Ini memang udah "kebiasaan" pasar. Tapi kalo Captivated gak bisa terima adanya faktor2 spt ini, malah bilang semua yg milih SBY = irrasional, ya susah :mrgreen:

Kalo soal sushi, ya itu namanya selera aja (artinya berat kanan-kiri udah 50-50 alias produsen udah engga usah "membangun" apa2 lagi)......sama aja kaya variable "gengsi", yg sebenernya sama aja juga dengan 150 hp (spek teknis) yg buat sebagian orang bisa berarti gede, bisa juga kecil......kalo udah selera gini, semua juga bisa beda2 jawabnya.

Kalo soal perceived quality di mata konsumen bisa berganti karena faktor waktu, ane percaya om, ane setuju karena udah banyak contoh juga. Tapi IMO, mustinya spek teknis lebih gampang berubah spt yg ane contohkan kemaren
Kalo barang fisik bersifat gak berubah, ya itu ane juga tau bro.....rem cakram = rem cakram hahaha......
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote:bener bro kasus per kasus......bener juga kita lagi bandingin "fortie disel vs ctv disel vs evie"
Ane cuma menyinggung USDM karena chevy captiva/vue vs CRV vs Rav4 juga kalah salesnya?
Jadi maksudnya ane cuma mao "make a statement" ajah bahwa kalo menurut bro captivated bahwa market indo irrasional karena gak milih captiva, maka begitu juga dengan market US, bisa jg dong sama2 dibilang market yg irrasional karena lebih memilih crv/rav4 dibanding vue (yg adalah produknya sendiri).

Yah ane sih gak bisa ngomong apa2 lagi deh kalo bro memang udah punya mindset bahwa "Di Indonesia, Yg gak milih Captiva untuk SUV 7 seaternya adalah orang2 yg gak rasional" :mrgreen:
kok fortie disamain ama rav4? performa rav4 gmn? fiturnya?
harga ctv vs crv/rav4 dsana brp?
beda jauh ga ama ctv vs fortie kyk dsini?
merujuk ke topik tred, kita ga cari sapa terjual plg byk:
bukan nyamain fortie dengan rav 4. Saya cuma mao kasi statistik aja bahwa captiva di negara sendirinya pun (mustinya ada keuntungan tersendiri dong), salesnya masih kalah dibanding saingannya gitu aja.

Sama aja kaya bro kemaren nanya ke saya ttg salesnya Hyundai Genesis? boleh2 aja tuh, saya gak komplain kan :mrgreen:
walaupun genesis jg lagi gak dibahas sesuai judul tret ini.

ngomong2, genesis boleh dibilang sih hampir gak keliatan, at least di daerah saya. Gak tau juga kenapa......YG pasti sih bmw 5, mercy E yg facelift aja dan yg jauh lebih mahal aja, masih lebih banyak di jalanan. Tau tuh kalo di tempat adiknya bro Poet atau di tempat bro PosVett?
Captivated wrote:bukan yg gak beli ctv yg irrasional, tp yg beli brg overpriced
ini kok diplesetkan :e-naughty:
Saya gak pernah plesetin apa2 bos, saya cuma tanya dan bos yg jawab sendiri, nih coba diliat lagi:

Saya tanya:
Risol1 wrote: kenapa kalo memang udah terkenal bahwa captiva adalah pilihan orang2 bijak, tetep aja salesnya jauh lebih kecil dibanding toyota Fortuner yg udah terkenal overpriced? Tetep aja gak diinden sepanjang forti atau CRV (yg ane percaya pasti juga dicap sebagai overpriced)?
Ada penjelasan yg ilmiah?
:mrgreen: :
Dan anda jawab sendiri:
Captivated wrote:penjelasannya simple... irrational market!
apa ini klaim sepihak... mgkn
, sesudah itu anda mulai lagi ngomongin Fortuner :mrgreen:

Coba liat lagi pertanyaan saya: "Kalo memang captiva udah terkenal paling best value, paling berkualitas, dsb.....KENAPA salesnya (atau inden-nya)masih kalah dari Fortuner atau CRV atau mobil lain, yg menurut captivated adalah produk2 overpriced dan irrasional??? KENAPA?

Abis itu Captivated jawab: Karena "Pasar yg irrasional".....jadi artinya Captivated bilang bahwa Captiva gak gitu laku karena pasar yg irrasional, atau kata lainnya, kalo pasarnya rasional maka orang2 belinya Captiva....gitu dong? :mrgreen:

Kalo bro salah jawab, ya gak papa.....sori ane nangkepnya gitu. Kalo emang gak maksud jawab begitu, ane masih nunggu jawaban ilmiahnya nih? :mrgreen:
beneran, karena kemaren2 ane berusaha buktiin bahwa "fortie lebih laku karena pasar lebih suka", nah sekarang kalo bisa ane diberi pencerahan kenapa produk bagus + spek tinggi + harga murah, tetep gak bisa selaku barang yg lebih "jelek"??? itu aja yg ane mao tau.
:e-think:
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by campoeran »

Mgkn kalo bisa saya tambahin
Kalo saja captiv ini labelnya atoyot, mgkn salesnya lbh nyundul ?
mgkn juga
tp mgkn juga tidak

at least kalo saya liat org indo lbh prefer merk yg udah mumpuni di sini drpd newcomer .
makanya pasar lbh milih fortie drpd captiv yg notabene captiv lbh bejibun fitur
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

evolution21 wrote:captiva harganya murah meriah, tapi bukan berarti murahan.

image lebih mahal selalu lebih bagus itu yg harusnya dikoreksi ulang
nah ini..kemarin2 gw jg kurang lebih sama dgn pendaat ini, ctv murah dibanding saingan tapi performa mesinya ternyata ga murahan...

bener sekali, image mahal selalu bagus udah ga terlalu valid lagi, ga semua type dari semua merk bs memakai perspective ini...
menurut gw sih kebanyakkan skrg mahal krn merk, bukan krn isi nya...
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

ngomong2 risol1 memang lebih suka 42ner bukan?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote:Apa sih hubungannya tulisan ane yg bilang "gak masalah selama memang orang yg beli Fortie tujuannya untuk pake, bukan untuk jual lagi nyari untung (spekulan)" dengan masalah resale? Kayaknya koq bro Captivated sensitip sekali dengan kata resale sehingga semuanya dihubung hubungkan dengan resale value? :mrgreen:
Maksud saya diatas tuh, gak masalah jadi pembeli terakhir fortie (walaupun harga fortie gak naik2 lagi), yg penting beli mobilnya kan karena memang tujuannya beli mobil adalah untuk dipake....gak ada hub dgn resale (walaupun resale juga tetep bagus walaupun harga baru gak naik2).....Ya spt beli captiva yg harga barunya gak naik2, gak masalah toh?
kan memang untuk dipake mobilnya
kl utk "pake" harusnya faktor2 yg mendukung "pake" itulah yg dicari (nyaman, aman, muat byk, performa, dll)
prnh ketemu ama org yg beli fortie yg alasannya adlh no.1 resale, no.2 merk, no.3 gengsi ? :mrgreen:
mrk udh tau kl mesinnya lemah n performanya agak memprihatinkan. buat sehari2 mrk pake mbl laen, kl utk acara2 tertentu br pake fortie. ini yg namanya buat "pake"?
waktu ditanya knp beli? jwbn utama : kan kalo djual lg msh bs kembali modal... mujur2 bs dpt untung :drinking:
prnh ketemu buyer kyk gitu ga? dsini byk tuh :mrgreen:
Buset deh, ini kata siapa lagi bro? koq "seenaknya" aja bikin kriteria "barang pake" atau "bukan barang pake" berdasarkan kriteria pribadi diri sendiri???
waduh ckckckck....setiap orang tuh beda2 bro kriteria nya......mobil itu adalah barang konsumtif alias barang pake, gak peduli dipakenya secara aktual itu gimana sama masing2 pembelinya. Mao ditongkrongin aja di garasi juga tetep aja namanya barang pake (yg nilainya turun, dan bukan barang spekulasi kecuali mobil2 tertentu :mrgreen: ).

Tau dari mana bahwa kriteria "barang pake" yg sebenernya dan berlaku mutlak adalah: (nyaman, aman, muat byk, performa, dll)......Kalopun bener, Tau dari mana bahwa engga ada pembeli Fortuner yg beli mobil tsb memang karena faktor2 diatas?

Begitu juga sebaliknya, tau darimana pembeli Captiva itu semuanya senang sama faktor "Pake": (nyaman, aman, muat byk, performa, dll) dari mobilnya, dan bukan karena faktor: (no.1 resale, no.2 merk, no.3 gengsi)???.....tau dari mana??? ini semua gak ada yg tau bro, jangan ngambil asumsi yg terlalu lebar gini lah hehehe.....

kalopun mobil cuma dipake ke acara2 tertentu aja, bukan berarti itu mobil dibuat komoditi "spekulasi" kaya beli saham. Gak ada seorangpun yg bisa ngatur mobil orang lain itu musti diapain supaya bisa masuk kategori mobil "pake", sehingga bisa dibilang mobil orang lain tsb punya kualitas "pake" spt (nyaman, aman, muat byk, performa, dll)

Pasti banyak disini yg punya mobil yg gak tiap hari dipake, banyak yg punya minivan (kaya alphard, serena) yg cuma dipake kalo lagi acara keluarga dan perlu angkut orang agak banyak, tapi bukan berarti orang2 tsb beli alphard dan serena nya cuma mentingin (no.1 resale, no.2 merk, no.3 gengsi) aja, dan menganggap mobilnya sebagai "barang spekulasi", banyak dari mereka yg beli mobil2 tsb karena mereka anggap barang tsb berkualitas/bagus.....gitu dong?

Buset deh :mrgreen:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

pengen ikut nimbrung..

klo imo, captiva sales nya ga bs sekuat pesaing, krn memang image merk chevy disini (jaman sekarang) ga sebagus pesaingnya..
kalo dulu2, org2 jadul byk bilang merk2 amerika (spt chevy/ford) kuat dibanding jepang. Mungkin setelah di indonesia sempet ada anti barat dsb..jadi pengaruh sehingga pasarannya jadi menurun hingga sekarang.
skrg ditambah lagi GM kemarin drop bangkrut, walaupun skrg udah dpt bantuan *cmiiw*. Tp tetep aja org indonesia krn udah terbiasa dgn merk tyt, honda jadi agak risih kalo milih merk lain yg kedengerannya jarang...apalagi kalo yg blm pernah ngalamin punya merk itu.

nah skrg, ada motto 'the world is mine', lsg berasa selangit yg make 42ner..itu hebat trik toyota, mungkin kualitas rata2..tp ditambah marketing gimmick ini dan itu..jadi meluncurrr...

klo promo ford everest atau chevy captiva berani dlm arti gencar dan abis2an..gw rasa bisa berubah, sayang aja kurang gencar...
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:tanpa faktor persepsi luar, the car already speaks itself
sederhana : ctv (150hp/320Nm), evie (142hp/330Nm), fortie (102hp/260Nm)... blm lg yg laen2
lbh lengkapnya, monggo diliat : http://www.otomotifnet.com/otoweb/index ... 0/1/7/3393#
yg ini justru dr site-nya TAM loh, bukan chevy/ford :glodak: :mrgreen:
http://www.toyota.co.id/company/mediare ... le_id=2676 .... kok ctv no.1 ??? :e-think:
waktu tes tsb harga fortie msh sktr +/- 300jt.... bandingkan dgn skrg?:
bro, sekali lagi kalo cuma liat dari spek teknis, captiva juga termasuk produk yg overpriced dan pembelinya pada irrasional semua.....
Kenapa? Karena spt yg saya bilang sebelumnya, yg pasti menang sekarang2 ini adalah produk2 otomotif baru (biasanya dari malay/china) yg jual fitur lebih banyak lagi dari captiva dengan harga lebih murah.

Orang yg beli Cherry Tiggo bakalan bilang juga bahwa yg beli captiva itu sebenernya di"tipu" sama GM atau orang2 yg gak bijak karena beli barang overprice, dll.....yah akan begini terus.
IMO, captiva salesnya tetep lebih tinggi dari Tiggo karena Market/pasar lebih suka dengan Captiva dibanding Tiggo terbukti dengan demand Captiva lebih banyak. Kenapa pasar bisa lebih condong ke Captiva? Karena mungkin Captiva punya sesuatu yg Tiggo gak punya. Kalo orang2 yg beli Tiggo udah yakin bahwa Tiggo itu sebenernya punya kualitas produk yg gak kalah dengan Captiva, maka kemungkinan besar Captiva menang di sektor2 yg "gak keliatan" misal perceived value, dll artinya market mengganggap Captiva bisa kasi mereka lebih banyak value dibanding beli Tiggo, GAK beli Toggo BUKAN selalu artinya Tiggo lebih jelek......inti maksud pemikiran saya cuma segitu aja, simple kan. Perumpaan diatas sama kaya Captiva dan Fortie......begitu juga seterusnya ke atas.

TAPI yg pasti, Market pilih Captiva dibanding Tiggo BUKAN karena marketnya gila semua (irrasional = mikir gak pake rasio = gak pake otak = gila atau ngambil langkah/keputusan tanpa mikir). Engga milih Tiggo bukan marketnya yg salah gitu lho intinya.
Captivated wrote: knp performa jd pertimbangan utama?

1. logikanya, mbl dgn performa tinggi berharga lbh mahal.
tp kasus ctv vs fortie vs evie justru kebalikan. khusus utk ctv udh menang performa, lbh murah lg.
ato mgkn logikanya skrg udh berubah/terbalik? makin mahal mobil makin bagus (mau performa ancur kek ga mslh, yg pntg mahal!) :frm_bang_head:
kl review2 otomotif, hrga lbh murah dijadikan nilai plus, apa skrg udh jd nilai minus yak?
jd kl ditulis, KELEBIHAN fortie 2.5d : tenaga lemah, harga lbh mahal, dst... wkwkwkwk

2. aman dan nyaman buat dipake.
udh pernah ngalamin nyalip tronton ditanjakan, trus dr dpn ada tronton yg kearah kita? ngeri!!!
apalg bw keluarga... resiko bs sangat fatal. mknya performa ini jd poin utama
di tred sblh malah ada fortie owner yg jg ngalamin hal serupa... sport jantung! :mrgreen:
Sama spt banyak yg bilang harga mahal bukan selalu berarti kualitas lebih baik, sama aja disini harga tinggi bukan berarti performa lebih tinggi.....sama aja, banyak faktor2 lain selain performa yg nentuin mobil itu bakal laku atau engga. :mrgreen:

Diatas yg selalu ditonjolkan adalah kejelekan Fortie, tapi bukan berarti fortie gak punya kelebihan (cuma gak disebut aja sama captivated :mrgreen: ), pasti ada jg lebihnya fortie dibanding Captiva, masa lebih jelek terus sih hehehehe.....

"performa jadi poin utama" itu kata siapa? sekali lagi tiap orang beda2 bos......engga semua orang kriteria utamanya adalah performa
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote: Jah kan.....heheheh....ngulang2 lagi, jadi kayaknya bro Captivated cuma bertahan aja dengan kasi argumen yg sama terus menerus :mrgreen:

Sekali lagi gak ada yg bawa2 kurs setelah kurs stabil di 10rb......dan juga sekali lagi teori ekonomi tuh gak pernah salah atau gak pernah irrasional atau engga pernah terbalik. Hukum/teori ekonomi selalu tetap dan benar.
makin mahal makin laris, artinya bukan hukum ekonomi terbalik, tapi IMO harga tsb belum mencapai titik ekuilibriumnya. kalo harga udah melewati titik ekuilibrium, maka percaya deh, demandnya Fortie akan berkurang dengan sendirinya. :mrgreen:
waduh musti dikasih penjelasan rinci yak?
gini bro :
- q4 2008 : rame2 produsen menaikkan harga (dgn alasan kurs), dgn kenaikan yg bervariasi. efeknya sales menurun (masuk akal)
- q1-q2 2009 : kenaikan harga terus terjadi. tp anehnya sales justru meningkat
konon krn mslh kurs, kenaikan harga terjadi berkali2. ini yg menyebabkan (trmsk krn krisis) target penjualan mbl di indo diprediksi turun sktr 20%-30% thn 2009 (masuk akal)
ingat, utk kasus ini selalu diawali dgn kenaikan harga, br demand ngikut. anehnya bgtu harga naik, demand ga turun (bhkn mgkn cenderung naik)

bener, hukum ekonomi ga pernah salah. mknya kita jadikan patokan.
tp hukum ekonomi mana yg menyatakan : "kenaikan harga menyebabkan peningkatan demand"??? kl ada, tlg share sm saya yg msh cupu ini
jgn dibalik ya, krn kasusnya harga dulu br demand ngikut. kl teori ekonomi "demand tinggi, harga naik" itu biasa. tp yg terjadi dsini adlh kebalikannya
equilibrium sih equilibrium bro, tp knp equilibrium fortie 2.5d skrg di 360jt (ditambah lg msh ditengah2 krisis pulak) dgn demand yg ktkanlah sama dgn thn lalu (saat equilibriumnya di 285jt)?
bukankah pasar yg menggerakkan titik equilbrm tsb? mgkn alasan satu2nya "pasar menghendaki demikian"
tp kenapa? apa ada peningkatan signifikan di kwalitas produk tsb? apa faktor fundamental yg menyebabkan dmikian? :e-naughty:
bukankah ini yg dinamakan irrasional?

sbnrnya kondisi "irrasional" ini srg kita temui, bukan brg baru/aneh apalg di indo (contoh : bisnis gula om mandala, tp itupun sbrnya ada faktor penyebab, hari besar)
cm gw heran knp disini org2 sensi bener kl gw bilang irrasional. tersinggung yak? :
Siapa sih yg pernah bilang ada hukum ekonomi yg bilang "kenaikan harga menyebabkan peningkatan demand"? :mrgreen: itukan asumsi bro sendiri.....
IMO, memang kelihatannya harga dulu yg naik karena pada waktu itu (Q408&Q109)), kurs naik gila2an sehingga harga harus disesuaikan, jadi harga naik drastis secara tiba2 (harga naik disini bukan karena demand tinggi tapi karena nilai tukar, hal ini cukup unik dan hanya terjadi di negara2 yg mata uangnya lemah)......Juga disaat yg sama, mungkin pasar ketakutan akan menghadapi krisis sehingga pembeli mobil pada nunda beli mobil (jg mungkin karena kaget harga naik secara tiba2).
Mungkin dengan lewatnya pertengahan thn 09 dan pasar pun mulai menyadari bahwa kemungkinan besar Indo bakal bisa menghindari krismon, maka secara berangsur2 sektor nilai tukar/sektor pasar modal, dll mulai membaik, dan diikuti dengan willingness orang untuk buang duitnya lagi yg selama ini disimpen rapet2 di tabungan DN maupun LN.......orang mulai berani lagi konsumtif salah satunya adalah beli mobil, kebetulan juga Fortie facelift mukanya lebih ganteng dibanding yg lama, ya orang pengen deh.....

Jadi harga naik gede2an di December 08/awal 09 itu, kemungkinan besar bukan diakibatkan karena demand tinggi (gak ada hub dengan demand, alias walaupun gak lakupun, harga harus naik kalo engga makan modal), melainkan karena faktor nilai tukar (sama spt thn 98 lalu.....ini memang fakta, bukan cuma bisa2nya saya doang :mrgreen: )

Tapi yg pasti, walaupun harga udah tinggi tapi makin banyak yg nubruk, artinya harga belum nyampe ke titik temu (ekuilibrium tsb), kalo harga tinggi dan yg nubruk stagnan, berarti mungkin harga pas di ekuilibrium, kalo harga tinggi dan yg nubruk kurang, berarti harga udah lewatin ekuilibrium alias kemahalan......simple toh....hukum ekonomi gak bakal salah, kita nya aja yg interpretnya kadang2 salah :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:salah & benar itu relatif, msg2 bisa "benar" dlm penilaiannya sndiri... ga ada mslh
tp kl "irrasional" itu bs diukur dr apakah ada alasan (fundamental) nya ato tdk.

cara konsumen bijak mnrt ane :
- byk baca dan caritau. jaman skrg smua udh gampang/cepat, tinggal buka kompie udh bs googling.
- jgn mudah percaya omongan sales/produsen. cek n ricek itu harus
- jgn fanatik thd merk tertentu. ga ada namanya merk yg slalu unggul dlm tiap produk/segi thd merk2 laen. kalopun ada, itu hrs ditebus dgn harga yg lbh mahal
- kritis, jgn selalu ikut arus
utk kasus di cerita diatas, alangkah baiknya sblm membeli dia search dulu ttg kelebihan/kekurangan fortie. curious... knp hrganya naek bgini, ada apa gerangan. bandingin ama harga fortie dinegara laen vs rival. apa fortie disini kemahalan, sama, ato kemurahan (diluar faktor pajak, bea, dll)
batal beli? itu satu opsi. u still hv the right to say NO!
tp kl org udah fanatik, susah dibilangin. MU yg juara EPL 3thn, ttp aja byk org yg nganggap klub kesayangannya (yg laen) yg terbaik di inggris (no offense to MU haters) :big_peace:
bgtu jg dgn org tajir. suka2 dia mau "naroh" uangnya dmn
gw duit cekak, mknya hati2 bener buat blanja :mrgreen:
Itukan bijak menurut captivated, tiap orang kan beda2....gak bisa harus maksa sama, sehingga kalo ada yg beda bisa dicap gak bijak. Atau kalo sebagian besar orang pake cara yg beda, maka sebagian besar orang tsb-lah yg salah, atau yg gak bijak hehehehe.....

Banyak orang yg pilih mobil karena suka dengan modelnya....atau karena ada kriteria2 lain yg dipake. Yg pasti tuh orang musti sreg sama pilihannya, atau musti klop sama kemauan/keinginan hatinya.
Gak bisa cuma berpatokan pake 4 kriteria baku diatas bos. Kalo captivated sregnya dengan cara2 baku/teori "by the book" diatas, ya terserah......, tapi rasanya keterlaluan kalo sampe ngecap orang yg pake kriteria beda dgn kita sbg gak bijak.

Kalo saya sih lain lagi, saya beli mobil yg saya demen, yg saya sreg lah. Walaupun ada mobil yg kriteria "by the book"-nya tinggi (spt diatas), tapi kalo saya gak demen/gak sreg, ya ogah lah beli
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

roadtrain99 wrote: nah skrg, ada motto 'the world is mine', lsg berasa selangit yg make 42ner..itu hebat trik toyota, mungkin kualitas rata2..tp ditambah marketing gimmick ini dan itu..jadi meluncurrr...
Wekekeke.........lucu nih om :mrgreen: masa sih orang beli mobil gara2 'motto' nya? Itukan cuma banner nya ajah buat daya tarik yg maksud nya adalah 'dengan mobil ini kita mau menjelajah ke segala penjuru dunia bisa' meskipun artiannya terlalu lebay :) cuma ya itulah bahasanya marketing,,
sama hal nya seperti merk2 mobil lain yg menggunakan slogan2 menarik, contoh : Serena 'First Class on the Ground',, APV 'World Class MPV',, lebay juga kan? :mrgreen: tapi itulah hasil karya team marketing yg patut kita acungi jempol :frm_tumbleft:
Justru kalo ane berpendapat orang beli mobil hanya karena kemakan slogan/motto itu adalah 'orang bodoh' :)
roadtrain99 wrote: klo imo, captiva sales nya ga bs sekuat pesaing, krn memang image merk chevy disini (jaman sekarang) ga sebagus pesaingnya..
kalo dulu2, org2 jadul byk bilang merk2 amerika (spt chevy/ford) kuat dibanding jepang. Mungkin setelah di indonesia sempet ada anti barat dsb..jadi pengaruh sehingga pasarannya jadi menurun hingga sekarang.
skrg ditambah lagi GM kemarin drop bangkrut, walaupun skrg udah dpt bantuan *cmiiw*. Tp tetep aja org indonesia krn udah terbiasa dgn merk tyt, honda jadi agak risih kalo milih merk lain yg kedengerannya jarang...apalagi kalo yg blm pernah ngalamin punya merk itu.
Kalo ane bilang sih, di indo bukan cuma sekarang ajah om, dulu2 yg masih pure chevy seperti Tropper, Luv, juga ga gitu populer, masih kalah dgn merk2 jepang,, (di indo yah, bukan di luar)
dan keadaan semakin didukung dgn info2 yg beredar luas bahwa sekarang chevy=daewoo,, ya semakin jadi.....karena kita semua tau dulu bagaimana reputasi Daewoo di disini (Espero/Nexia) = jeblok banget!!!
Kenpa penjualan unit baru Captiva ngga melonjak? mungkin juga sekarang ini orang2 yg demen liat model Captiva n tau segala keunggulan fiturnya masih 'takut' buat beli unit barunya/gress,, mungkin lebih baik cari aman cari yg seken, supaya kalo toh nantinya nyesel ya ga rugi2 amat jual laginya,hehehe..... (kalo ini pendapat ane pribadi om) :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:sbnrnya kondisi "irrasional" ini srg kita temui, bukan brg baru/aneh apalg di indo (contoh : bisnis gula om mandala, tp itupun sbrnya ada faktor penyebab, hari besar)
cm gw heran knp disini org2 sensi bener kl gw bilang irrasional. tersinggung yak? :mrgreen:
Hahaha.....irrasional cuma bahasa halusnya "mikir gak pake rasio" atau kalo kasarnya "mikir gak pake otak yg sehat" tau "orang yg semena2 aja tindakannya".....itu adalah banyak definisi dari istilah "orang/pasar yg irrational".

Ane gak tau apakah orang2 yg punya fortie/ps/crv bakal tersinggung atau engga dengan sebutan ini? Apalagi "kesalahan" yg mereka lakukan adalah cuma beli mobil yg mereka suka, yg kebetulan adalah mobil2 yg dicap overprice oleh ente.

IMO, ini juga bukan masalah "menurut saya" atau "opini saya" lagi, tapi udah jadi sesuatu yg bersifat "menuduh" karena udah jelas kata2 tsb dituduhkan ke kelompok yg mana :mrgreen:

Jangankan kata2 "irrational" atau "gak bijak", captiva dibilang mobil korea aja banyak yg tersungging koq hehehehe...... :mrgreen:
Padahal IMo, gak ada yg salah dengan kata "Korea", yg juga mrpk salah satu negara maju di asia. :ngacir:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Captivated wrote:
Risol1 wrote:iya bro ane ngerti koq.....
maksudnya juga sama bahwa TAM = produsen, lho koq fortie owner = shareholders, dimana korelasinya?
mustinya kan penjual saham padanannya pembeli saham, sedangkan produsen padanannya kan konsumen, lho koq ini bisa "nyebrang"
Shareholder pengen investasinya untung, dari 1M jadi 2M gitu dong, kalo Fortie owner pengen nikmatin mobilnya, gak ada hub sama nyari untung....Dah ah ane cape ngetiknya hehehe.....
analogi bro... analogi :e-doh:
Analogi kalo salah entar jadi beda maknanya bos :mrgreen: