Fortuner 4x4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Fortuner 4x4
Halo om semua. Saya mau tanya tentang fortuner 4x4. Saya buat thread baru karena bingung mo diletakin dimana karena saya perhatikan Fortuner tidak punya thread sendiri atau mungkin sudah tenggelam kali ya, yang ada thread Fortuner digabung dengan yang lain atau thread berita tentang kondisi terakhir fortuner.
Karena di web fortuner indonesianya informasi seputar 4WD fortuner hampir tak ada, saya mohon pencerahan dari om2 semua.
Cukup reliable kah 4x4 fortuner untuk kondisi medium offroad (tanah liat licin dan basah serta punya kedalaman yang masih bisa diatasi oleh ground clearence ini mobil. contohnya jalan perkebunan)?
Fitur2 apakah yang dipunya fortuner 4x4? Punya LSD kah? Ada berapa banyak LSD nya? Bagimana dengan locker, apakah juga punya? Apakah ada fulltime (4H), part time 4H (4HLc di Pajero) dan part time 4L (4LLc di Pajero)?
Nah yang cukup penasaran, apakah torsi yang dihasilkan itu cukup buat ukuran (berat) fortuner itu?
Ya intinya seputar kemampuan 4x4 nya si fortuner versi penggerak 4WD lah.
Saya tidak mencari kesalahan2 produk fortuner, cuman sekadar ingin menggali informasi yang tidak bisa saya dapatkan dari situs resmi fortuner toyota indonesia.
Terakhir, saya ucapkan terima kasih banyak atas pencerahannya.
Karena di web fortuner indonesianya informasi seputar 4WD fortuner hampir tak ada, saya mohon pencerahan dari om2 semua.
Cukup reliable kah 4x4 fortuner untuk kondisi medium offroad (tanah liat licin dan basah serta punya kedalaman yang masih bisa diatasi oleh ground clearence ini mobil. contohnya jalan perkebunan)?
Fitur2 apakah yang dipunya fortuner 4x4? Punya LSD kah? Ada berapa banyak LSD nya? Bagimana dengan locker, apakah juga punya? Apakah ada fulltime (4H), part time 4H (4HLc di Pajero) dan part time 4L (4LLc di Pajero)?
Nah yang cukup penasaran, apakah torsi yang dihasilkan itu cukup buat ukuran (berat) fortuner itu?
Ya intinya seputar kemampuan 4x4 nya si fortuner versi penggerak 4WD lah.
Saya tidak mencari kesalahan2 produk fortuner, cuman sekadar ingin menggali informasi yang tidak bisa saya dapatkan dari situs resmi fortuner toyota indonesia.
Terakhir, saya ucapkan terima kasih banyak atas pencerahannya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
Re: Fortuner 4x4
Sepertinya sudah pernah dibahas...tp eke lupa dimana...
http://otomotif.kompas.com/read/xml/200 ... gala.medan
- Transmisinya Aisin Warner A340E untuk 4x2 dan A340F untuk 4x4 http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_A_t ... sion#A340F
http://otomotif.kompas.com/read/xml/200 ... gala.medan
- Dari brosur Fortuner, bisa menerabas air hingga 70cmToyota Fortuner Menaklukkan Segala Medan
Melibas genangan air atau menerabas lumpur setinggi 40 sentimeter dengan Toyota Fortuner pasti lolos. Tapi, jangan keliru memilih tipenya karena Fortuner kini ada yang gerak dua roda (2WD) dan gerak empat roda (4WD), keduanya sama-sama berkapasitas 2.700 cc. Nah, untuk menghajar dua rintangan di atas pakai yang 4WD.
Enaknya, transmisinya otomotis dengan empat instruksi H, HL, N dan LL. Nah, lo bingung kan karena pada sistem 4WD umumnya terdapat 4L dan 4H. Melalui tes jalan ke Waduk Jati Luhur, Jawa Barat dicoba semua sistem tersebut.
Ketika tuas persneling matik di H menandakan Fortuner termewah ini dilengkapi sistem penggerak full time all wheel drive. Tenaga mesin didistribusikan ke depan dan belakang melalui transfer case dengan perbandingan 40:60.
Asyiknya, SUV gambot ini dilengkapi Limited Slip Differential (LSD) dengan torque sensing (TORSEN). Jadi, salah satu roda terjebak di kubangan lumpur, tenaga akan dipindahkan ke roda lain agar bisa ke luar.
Kala tuas dipindahkan ke HL, diferensial tengah terkunci sehingga seluruh tenaga dibagi merata ke depan dan belakang serta LSD tidak bekerja. Pemakaiannya ketika menaklukkan medan sedikit berat.
Seumpama medannya teramat berat, pakai LL. Selain diferensial tengah terkunci, perbandingnan gigi yang ke luar dari transfer case diperbesar menjadi 1:2, sementara dengan HL perbandingannya 1:1.
Sangat tidak tepat jika LL dipakai di jalan aspal atau bertanah kering. Karena tenaganya akan terasa sekali. Begitu juga dengan yang H bisa membuat pemakaian bahan bakar boros. Dan dari hasil uji coba, pemakaian dalam kota 7,2 liter/km dan 9,4 liter/km di jalan tol.
Dari medan berlumpur, Fortuner coba diajak ke jalan berbatuan. Juga tak masalah, karena ground clearence yang tinggi dan jarak main suspensi cukup panjang, bikin Fortuner enteng melahapnya.
Bagaimana dengan interiornya? Sama saja dengan versi 2WD, kecuali pada jok pengnemudi. Untuk Fortuner 4x4 dikasih jok elektrik dan beda harganya dengan tipe 2.7 G A/T sekitar Rp 49 juta
- Transmisinya Aisin Warner A340E untuk 4x2 dan A340F untuk 4x4 http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_A_t ... sion#A340F
Toyota Fortuner 2.7, From TAM http://www.toyota.co.id/cars/casis/?Model=Fortuner
4-Speed Automatic, ECT
Perbandingan Gigi ke-1 2.804
Perbandingan Gigi ke-2 1.531
Perbandingan Gigi ke-3 1.000
Perbandingan Gigi ke-4 0.753
Perbandingan Gigi ke-5 -
Perbandingan Gigi Reverse 2.393
Rasio Akhir 4.555
Toyota Landcruiser Prado 2.7 TX http://www.huayanginternational.com/web ... ?tabid=308
Type Electronic Control 4 Speed Automatic with Flex Lock-up
Gear Ratio
<1>2.804
<2>1.531
<3>1.000
<4>0.753
Reverse: 2.393
Final Drive Ratio 4.560
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 197
- Joined: Fri Oct 17, 2008 8:14
Re: Fortuner 4x4
kalo cuma buat perkebunan sih jangankan yg 4x4 boss, yg 4x2 aja masih nendang,
gue nekat pake kok di daerah kerja gue, pertambangan sumatera.
kalo kondisi agak berat tinggal diganti pake ban tahu offroad murmer standar perkebunan GT Savero M/T, langsung terabas...
nah baru nyerah kalo dah lewat jalan yg bener-2 lumpur dan tanah liat hancur habis kena hujan... itu baru butuh yg 4x4, tapi kl gak ngerti cara apply-nya ya gak akan banyak mbantu,
banyak kok driver baru di tempat gue yg tetep nyusruk walaupun udah pake 4x4.
gue nekat pake kok di daerah kerja gue, pertambangan sumatera.
kalo kondisi agak berat tinggal diganti pake ban tahu offroad murmer standar perkebunan GT Savero M/T, langsung terabas...
nah baru nyerah kalo dah lewat jalan yg bener-2 lumpur dan tanah liat hancur habis kena hujan... itu baru butuh yg 4x4, tapi kl gak ngerti cara apply-nya ya gak akan banyak mbantu,
banyak kok driver baru di tempat gue yg tetep nyusruk walaupun udah pake 4x4.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Fortuner 4x4
yup.... forti kya pajero cuma ga ada 2H aja, dia defaultnya di fulltime(H), terus partime(4HLc) dan lowgir partime(4Llc)..zweifellos wrote:Halo om semua. Saya mau tanya tentang fortuner 4x4. Saya buat thread baru karena bingung mo diletakin dimana karena saya perhatikan Fortuner tidak punya thread sendiri atau mungkin sudah tenggelam kali ya, yang ada thread Fortuner digabung dengan yang lain atau thread berita tentang kondisi terakhir fortuner.
Karena di web fortuner indonesianya informasi seputar 4WD fortuner hampir tak ada, saya mohon pencerahan dari om2 semua.
Cukup reliable kah 4x4 fortuner untuk kondisi medium offroad (tanah liat licin dan basah serta punya kedalaman yang masih bisa diatasi oleh ground clearence ini mobil. contohnya jalan perkebunan)?
Fitur2 apakah yang dipunya fortuner 4x4? Punya LSD kah? Ada berapa banyak LSD nya? Bagimana dengan locker, apakah juga punya? Apakah ada fulltime (4H), part time 4H (4HLc di Pajero) dan part time 4L (4LLc di Pajero)?
Nah yang cukup penasaran, apakah torsi yang dihasilkan itu cukup buat ukuran (berat) fortuner itu?
Ya intinya seputar kemampuan 4x4 nya si fortuner versi penggerak 4WD lah.
Saya tidak mencari kesalahan2 produk fortuner, cuman sekadar ingin menggali informasi yang tidak bisa saya dapatkan dari situs resmi fortuner toyota indonesia.
Terakhir, saya ucapkan terima kasih banyak atas pencerahannya.
LSD ada di axle bilkang. klw locker yg versi timteng & afsel sih ada d axle blkng..
torsi engine sih bwat oprut cukup kok.. kan ada lowgir.. toh klw adventure tenaga mesin bukan segalanya.
jgn kan forti yg tenaganya 160ps... trooper yg ga sampai 80ps (bensin) n 62ps(diesel) dgn bobot mirip dgn forti aja oke bwat adventure dgn mesin standar(asal sehat)..
hmmmm...2-2nya versi pahe dari SUV legenda.. klw PS sistem 4x4 dri pajero.. klw forti dari landcruiser..
jd soal offroad ability untuk kelas IFS sih g perlu diragukan lagi hehehe..
cmiiw
thx

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Fortuner 4x4
hehe setuju om.. klw mobil ifs, asal jgn ktmu nanjak + lumpur bin licin 4x2 masih bisa lewat.. cuma jd jurus "hajar bleh!" berhenti d lumpur = stuck... wkekekwishmaster wrote:kalo cuma buat perkebunan sih jangankan yg 4x4 boss, yg 4x2 aja masih nendang,
gue nekat pake kok di daerah kerja gue, pertambangan sumatera.
kalo kondisi agak berat tinggal diganti pake ban tahu offroad murmer standar perkebunan GT Savero M/T, langsung terabas...
nah baru nyerah kalo dah lewat jalan yg bener-2 lumpur dan tanah liat hancur habis kena hujan... itu baru butuh yg 4x4, tapi kl gak ngerti cara apply-nya ya gak akan banyak mbantu,
banyak kok driver baru di tempat gue yg tetep nyusruk walaupun udah pake 4x4.
apalgi klw pke ban kelas berat macam simex extremtrekker.. d jamin jauh lebih nendang dri Savero MT.. hehehe

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Fortuner 4x4
huh, nyari teknologi 4x4 toyota dan ford susah banget.. ane lagi nyari yang ford everest atau ranger.. cari di web site dan brosur gak jelas...
selentingan yang ane tahu, kalo fortuner seperti yang disebutin di atas.. pake torsen di transfer case dan LSD di differential depan/belakang... atau pake diff lock di diff belakag ya?
yang parah everest/ranger.. gelap nih teknologi 4x4nya. yang jelas, tuas yang ada adalah 2H, 4H, N dan 4L.. jadi kayaknya masih pake gaya lama.. entah teknologinya.. selentingan yang ane tahu pake diff lock di transfer case. pake LSD di diff depan dan belakang..
selentingan yang ane tahu, kalo fortuner seperti yang disebutin di atas.. pake torsen di transfer case dan LSD di differential depan/belakang... atau pake diff lock di diff belakag ya?


yang parah everest/ranger.. gelap nih teknologi 4x4nya. yang jelas, tuas yang ada adalah 2H, 4H, N dan 4L.. jadi kayaknya masih pake gaya lama.. entah teknologinya.. selentingan yang ane tahu pake diff lock di transfer case. pake LSD di diff depan dan belakang..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Fortuner 4x4
Om zwei....setau ane 4x4 itu = 16 lho......
....




-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 197
- Joined: Fri Oct 17, 2008 8:14
Re: Fortuner 4x4
master OOT tlah tiba... 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Fortuner 4x4
wishmaster wrote:master OOT tlah tiba...



hmmm......rasa2nya momod kita pak andy1800 punya fortuner 4x4 deh....
cuma sayangnya beliau lagi sibuk banget, jadi belom sempet ikut nimbrung cerita2 disini ttg kemampuan offroad fortie nya...

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Fortuner 4x4
hmmm... d webnya dan media sepertinya uda cukup jelas om?maskopat wrote:huh, nyari teknologi 4x4 toyota dan ford susah banget.. ane lagi nyari yang ford everest atau ranger.. cari di web site dan brosur gak jelas...
selentingan yang ane tahu, kalo fortuner seperti yang disebutin di atas.. pake torsen di transfer case dan LSD di differential depan/belakang... atau pake diff lock di diff belakag ya?![]()
![]()
yang parah everest/ranger.. gelap nih teknologi 4x4nya. yang jelas, tuas yang ada adalah 2H, 4H, N dan 4L.. jadi kayaknya masih pake gaya lama.. entah teknologinya.. selentingan yang ane tahu pake diff lock di transfer case. pake LSD di diff depan dan belakang..
everest/ranger memang masih konvensional 2H-4H(partime)-N-4L(partime) dan LSD di axle blkng.
yang AT switch 4x4nya pake TOMBOL.
fortuner 4H(fulltime)-4H(partime)-N-4L(partime) dan LSD di axle blkng yang diberi nama TORSEN
di diff axle depan semuanya OPEN...
ranger/everest ada FREEWHEEL HUB otomatis d axle depannya.
skrng forti 4x4 tahun awal pasarannya brp yah? everest tahun 07 tdci 4x4 lihat di koran uda 210jt tu...

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Fortuner 4x4
tauk nih.. setiap ane posting di satu tret, pasti camod ane ikutan...wishmaster wrote:master OOT tlah tiba...


dan... bikin OOT...makanya di tret ini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 35#p329535 dijadikan The King of Master of OOT...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Fortuner 4x4
yang bagian mana yang jelas om bil? kalo yang toyota.co.id dan ford.co.id kurang sih, kalo gak dibilang gak ada..billyd1773dz wrote:hmmm... d webnya dan media sepertinya uda cukup jelas om?maskopat wrote:huh, nyari teknologi 4x4 toyota dan ford susah banget.. ane lagi nyari yang ford everest atau ranger.. cari di web site dan brosur gak jelas...
selentingan yang ane tahu, kalo fortuner seperti yang disebutin di atas.. pake torsen di transfer case dan LSD di differential depan/belakang... atau pake diff lock di diff belakag ya?![]()
![]()
yang parah everest/ranger.. gelap nih teknologi 4x4nya. yang jelas, tuas yang ada adalah 2H, 4H, N dan 4L.. jadi kayaknya masih pake gaya lama.. entah teknologinya.. selentingan yang ane tahu pake diff lock di transfer case. pake LSD di diff depan dan belakang..
everest/ranger memang masih konvensional 2H-4H(partime)-N-4L(partime) dan LSD di axle blkng.
yang AT switch 4x4nya pake TOMBOL.
fortuner 4H(fulltime)-4H(partime)-N-4L(partime) dan LSD di axle blkng yang diberi nama TORSEN
di diff axle depan semuanya OPEN...
ranger/everest ada FREEWHEEL HUB otomatis d axle depannya.
skrng forti 4x4 tahun awal pasarannya brp yah? everest tahun 07 tdci 4x4 lihat di koran uda 210jt tu...



itu harga everest yang MT ya? koplingnya masih keras gak? dulu pernah bawa ranger 2003, masih lampu model lama, belum kristal.. koplingnya...


Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Fortuner 4x4
thank you om. yang gini inilah yang ga bisa saya temukan di web nya toyota indonesia (tentang 4WD nya).FortunerMan wrote:Sepertinya sudah pernah dibahas...tp eke lupa dimana...
http://otomotif.kompas.com/read/xml/200 ... gala.medan
Toyota Fortuner Menaklukkan Segala Medan
mantap ternyata fortuner 16 (versi om mandala

cuman saya masih bingung dengan jumlah dan letak LSD nya (seperti juga kebingungan saya dalam hal serupa pada Pajero Sport). ada berapa LSD mobil2 ini dan dimana saja letaknya?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Fortuner 4x4
ga nendang bos pake 4x2 kecuali lagi ga hujan ya. perkebunan di sini yang saya maksud standar jalan perkebunan di sumatera utara: tanah liat yang sangat licin kalo basah apalagi baru terkena hujan plus rada agak dalam jalur roda di jalanan tersebut karena bekas dipake mobil2 pengangangkut hasil perkebunan (ada yang kapasitas muat 5 ton atau malah jenis truck). jadi butuh mobil 4x4 DAN cukup tinggi.wishmaster wrote:kalo cuma buat perkebunan sih jangankan yg 4x4 boss, yg 4x2 aja masih nendang,
gue nekat pake kok di daerah kerja gue, pertambangan sumatera.
kalo kondisi agak berat tinggal diganti pake ban tahu offroad murmer standar perkebunan GT Savero M/T, langsung terabas...
nah baru nyerah kalo dah lewat jalan yg bener-2 lumpur dan tanah liat hancur habis kena hujan... itu baru butuh yg 4x4, tapi kl gak ngerti cara apply-nya ya gak akan banyak mbantu,
banyak kok driver baru di tempat gue yg tetep nyusruk walaupun udah pake 4x4.
sebelumnya terima kasih om atas masukannya.

sebenarnya seperti om bilang bisa pake ban tertentu tapi saya ga tau pasti apa yang om bilang itu sama seperti yang pernah saya pake. dulu pernah pake taft gt model pick up dan sepertinya cuman 4x2. cuman bannya jenis ban cangkol yang bener2 keliatan bgt itu alur di bannya (kaya ban licin ditempelin batu bata dibelah empat

cara apply 4x4 yang saya perhatikan tidak terlalu susah apalagi kalau ada petunjuk pemakaiannya. yang penting tetap percaya diri dan jangan takabur. itu kalo dari pengalaman saya. namun tentu butuh pengalaman biar bisa fasih menggunakannya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Fortuner 4x4
wakakakakamandala1 wrote:Om zwei....setau ane 4x4 itu = 16 lho..........
![]()
emang ngaco ya tulisan2 gitu. bikin bingung aja. kenapa buat 4x4, tinggal tulis aja mobil suv 16. hehehe
iya setuju. yang dah saya cari2 sih toyota, kalo for belum. ya itu ga ada informasi penting yang bisa kita dapat di web nya.maskopat wrote:huh, nyari teknologi 4x4 toyota dan ford susah banget.. ane lagi nyari yang ford everest atau ranger.. cari di web site dan brosur gak jelas...
selentingan yang ane tahu, kalo fortuner seperti yang disebutin di atas.. pake torsen di transfer case dan LSD di differential depan/belakang... atau pake diff lock di diff belakag ya?![]()
![]()
yang parah everest/ranger.. gelap nih teknologi 4x4nya. yang jelas, tuas yang ada adalah 2H, 4H, N dan 4L.. jadi kayaknya masih pake gaya lama.. entah teknologinya.. selentingan yang ane tahu pake diff lock di transfer case. pake LSD di diff depan dan belakang..
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Fortuner 4x4
thanks om infonya.billyd1773dz wrote:yup.... forti kya pajero cuma ga ada 2H aja, dia defaultnya di fulltime(H), terus partime(4HLc) dan lowgir partime(4Llc)..zweifellos wrote:Halo om semua. Saya mau tanya tentang fortuner 4x4. Saya buat thread baru karena bingung mo diletakin dimana karena saya perhatikan Fortuner tidak punya thread sendiri atau mungkin sudah tenggelam kali ya, yang ada thread Fortuner digabung dengan yang lain atau thread berita tentang kondisi terakhir fortuner.
Karena di web fortuner indonesianya informasi seputar 4WD fortuner hampir tak ada, saya mohon pencerahan dari om2 semua.
Cukup reliable kah 4x4 fortuner untuk kondisi medium offroad (tanah liat licin dan basah serta punya kedalaman yang masih bisa diatasi oleh ground clearence ini mobil. contohnya jalan perkebunan)?
Fitur2 apakah yang dipunya fortuner 4x4? Punya LSD kah? Ada berapa banyak LSD nya? Bagimana dengan locker, apakah juga punya? Apakah ada fulltime (4H), part time 4H (4HLc di Pajero) dan part time 4L (4LLc di Pajero)?
Nah yang cukup penasaran, apakah torsi yang dihasilkan itu cukup buat ukuran (berat) fortuner itu?
Ya intinya seputar kemampuan 4x4 nya si fortuner versi penggerak 4WD lah.
Saya tidak mencari kesalahan2 produk fortuner, cuman sekadar ingin menggali informasi yang tidak bisa saya dapatkan dari situs resmi fortuner toyota indonesia.
Terakhir, saya ucapkan terima kasih banyak atas pencerahannya.
LSD ada di axle bilkang. klw locker yg versi timteng & afsel sih ada d axle blkng..
torsi engine sih bwat oprut cukup kok.. kan ada lowgir.. toh klw adventure tenaga mesin bukan segalanya.
jgn kan forti yg tenaganya 160ps... trooper yg ga sampai 80ps (bensin) n 62ps(diesel) dgn bobot mirip dgn forti aja oke bwat adventure dgn mesin standar(asal sehat)..
hmmmm...2-2nya versi pahe dari SUV legenda.. klw PS sistem 4x4 dri pajero.. klw forti dari landcruiser..
jd soal offroad ability untuk kelas IFS sih g perlu diragukan lagi hehehe..
cmiiw
thx
ini fortuner buatan toyota, mestinya ada minimal sisa2 kehebatan 4WD toyota (land cruiser) di fortuner persis kasus PS.
jadi fortuner ini ga ada 2H nya om? terus2an 4H meski di jalan aspal kering? atau make freehubwheel buat ngeset ke 2H, jadi manual gitu bukan pake porseneling?
mengenai powerpun saya gitu bermasalah, saya cuman agak kaget aja liat torsi nya. tapi kayanya gara2 pake mesin otto aja ya jadi torsinya kalah dari PS meski CC fortuner 4WD lebih besar. buat tarikan awal gitu logika saya torsi yang lebih penting dari power tapi yang paling penting lagi traksi seperti jenis ban, dll.
jadi LSD cuman dibelakang aja ya om buat fortuner ini? kalo PS gimana om jumlah dan lokasi LSD nya, kira2 om billy ada info ga ya?
thanks.

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Fortuner 4x4
Klo kata pakar 42ner di sm, transmisinya pk prado. Berarti bukan sekedar sisa. Cuma klo maksud bro LC non prado, sptnya lain *cmiiw*.
Btw, gw pernah tulis di thread lain, TAM gak memposisikan 42ner 4wd sbg offroader berat, tp cukup ke semi aja. Ini pengakuan mereka, oleh sebab itu fitur nya ga selengkap yg lain. Lagipula klo lengkap, bakal kemahalan kan, org nanti ga mau.
Tp klo sekedar keluar masuk proyek, perkebunan, jln tanah licin, masih bisa.
Btw, gw pernah tulis di thread lain, TAM gak memposisikan 42ner 4wd sbg offroader berat, tp cukup ke semi aja. Ini pengakuan mereka, oleh sebab itu fitur nya ga selengkap yg lain. Lagipula klo lengkap, bakal kemahalan kan, org nanti ga mau.
Tp klo sekedar keluar masuk proyek, perkebunan, jln tanah licin, masih bisa.
Re: Fortuner 4x4
Nggak ada...full time 4WD.zweifellos wrote: jadi fortuner ini ga ada 2H nya om? terus2an 4H meski di jalan aspal kering?
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Fortuner 4x4
hmmm ... sebenernya Landcruiser mulai seri 90(prado) VX100 IFS prado 120 sampe VX200 tidak ada yg diposisikan untuk offroad berat, semuanya selevel dgn fortuner(terutama prado,klw VXnya sih silahkan klw tega hehe) yg sama2 IFS.roadtrain99 wrote:Klo kata pakar 42ner di sm, transmisinya pk prado. Berarti bukan sekedar sisa. Cuma klo maksud bro LC non prado, sptnya lain *cmiiw*.
Btw, gw pernah tulis di thread lain, TAM gak memposisikan 42ner 4wd sbg offroader berat, tp cukup ke semi aja. Ini pengakuan mereka, oleh sebab itu fitur nya ga selengkap yg lain. Lagipula klo lengkap, bakal kemahalan kan, org nanti ga mau.
Tp klo sekedar keluar masuk proyek, perkebunan, jln tanah licin, masih bisa.
untuk segment offroad berat dan proyek line up landcruiser disi LC70(bundera/troopcarrier/prado first gen) ini sih kontruksi maupun material pembangunnya uda beda bngt full rigid, super badak, makanya dgn fitur luxuris minim, tpi harganya lebih mahal dri prado 120.
4Hnya fulltime jadi aman dipke di aspa, klw mw oprut bisa di masukin ke partime om.. hehezweifellos wrote:
thanks om infonya.
ini fortuner buatan toyota, mestinya ada minimal sisa2 kehebatan 4WD toyota (land cruiser) di fortuner persis kasus PS.
jadi fortuner ini ga ada 2H nya om? terus2an 4H meski di jalan aspal kering? atau make freehubwheel buat ngeset ke 2H, jadi manual gitu bukan pake porseneling?
mengenai powerpun saya gitu bermasalah, saya cuman agak kaget aja liat torsi nya. tapi kayanya gara2 pake mesin otto aja ya jadi torsinya kalah dari PS meski CC fortuner 4WD lebih besar. buat tarikan awal gitu logika saya torsi yang lebih penting dari power tapi yang paling penting lagi traksi seperti jenis ban, dll.
jadi LSD cuman dibelakang aja ya om buat fortuner ini? kalo PS gimana om jumlah dan lokasi LSD nya, kira2 om billy ada info ga ya?
thanks.
hmmm klw torsi di banding PS jelas kalah, kan PS diesel turbo pula


mobil sekelas fortuner PS everest LSDnya hanya ada di axle Belakang om..
thx

Re: Fortuner 4x4
Ralat sedikit...kode transmisi Fortuner 4WD itu A343F, bukan A340F (om mandala or billy please confirm) - transmisi ini adalah pasangannya mesin 2TR-FE.
http://www.pressroom.com.au/press_kit_d ... 0&kitID=68
http://www.pressroom.com.au/press_kit_d ... 0&kitID=68
Kode mesin dan rasio gigi match dengan punya Fortuner.HiAce’s 2TR-FE petrol engine is matched to the A343 electronically controlled transmission.
It has ratios of: 1st, 2.804; 2nd, 1.531; 3rd, 1.000; 4th, 0.753 and reverse, 2.293.
It is matched to 4.556:1 final drive ratio.
Dari wiki saya dapet4-Speed Automatic, ECT
Perbandingan Gigi ke-1 2.804
Perbandingan Gigi ke-2 1.531
Perbandingan Gigi ke-3 1.000
Perbandingan Gigi ke-4 0.753
Perbandingan Gigi ke-5 -
Perbandingan Gigi Reverse 2.393
Rasio Akhir 4.555
Berarti transmisinya same2 dengan Prado DAN Landcruiser (80?) gambot?A343F
Application:
* 1993-1994 Land Cruiser Prado (3.0l)
* 1995-2001 Land Cruiser
* 1996-2002 Lexus LX470
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Fortuner 4x4
Kalo di primbon ane sih no.part Transmisi 4WD nya Fortuner Indonesia (bensin) 35000-71040 kode A340F sama dgn transmision assy Prado 2700vvti,,FortunerMan wrote:Ralat sedikit...kode transmisi Fortuner 4WD itu A343F, bukan A340F (om mandala or billy please confirm) - transmisi ini adalah pasangannya mesin 2TR-FE.
kalo yg di Thailand pake no.part 35000-71070 (diesel matik AWD) kodenya tetep sama A340F,,
Re: Fortuner 4x4
OK tengkyu om mandala - berarti udah bener yang pertama A340F - manjur emang si juragan part inimandala1 wrote: Kalo di primbon ane sih no.part Transmisi 4WD nya Fortuner Indonesia (bensin) 35000-71040 kode A340F sama dgn transmision assy Prado 2700vvti,,
kalo yg di Thailand pake no.part 35000-71070 (diesel matik AWD) kodenya tetep sama A340F,,

Menurut Wiki...A340F ini disangkutin di
* 1995-2003 4-Runner (4x4)
* 2000-2004 Tundra (4x4)
* 1985-1988 4-Pickup (4x4)
Dan setelah saya baca2 lagi...ketemu ini http://www.jeepforum.com/wiki/index.php/AW4
Saya rasa transmisi Fortie cukup tough* The Aisin Warner AW4 transmission is a four-speed overdrive automatic transmission used in the 1987-2001 Jeep XJ Cherokee and MJ Comanche models with the AMC 4.0L (242 cid) in-line six cylinder engine.
* Its only year in the ZJ Grand Cherokee was 1993, and only with the AMC 4.0L engine.
* A similar transmission is used in some Toyota 4WD applications, known as the A340F or A340H depending on the transfer case.
* It is also used in some Toyota 2WD / RWD applications, known as the A340E.

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Fortuner 4x4
^^
hehe, d XJ memang bnyk part yg buatan Aisin jd kadang2 klw mau akal-akalan dpt sparepart murah kya kopling , jgn bilang buat XJ, cukup bawa clutch setnya ke sentra onderdil cari yg sama.... biasanya dpt jauh lebih murah tu...
klw bilang bwat XJ malah jadi mahal gtw knp....
tpi klw sama dgn transmisinya forti gw baru tahu tuh.... tpi kyanya tdk sama persis. mengingat AW4 nya XJ limited dan country aja berbeda... klw trasnfercasenya sih pasti beda...
btw klw transmisi maticnya 1KZ-TE d hilux/prado apa yah? ngimpi masang 1kz-te d YJ, biar gampang maunya sih GBnya pke AW4.... klw memang basicnya sama2 aisin mudahan2 bisa akur....
thx

hehe, d XJ memang bnyk part yg buatan Aisin jd kadang2 klw mau akal-akalan dpt sparepart murah kya kopling , jgn bilang buat XJ, cukup bawa clutch setnya ke sentra onderdil cari yg sama.... biasanya dpt jauh lebih murah tu...
klw bilang bwat XJ malah jadi mahal gtw knp....


tpi klw sama dgn transmisinya forti gw baru tahu tuh.... tpi kyanya tdk sama persis. mengingat AW4 nya XJ limited dan country aja berbeda... klw trasnfercasenya sih pasti beda...
btw klw transmisi maticnya 1KZ-TE d hilux/prado apa yah? ngimpi masang 1kz-te d YJ, biar gampang maunya sih GBnya pke AW4.... klw memang basicnya sama2 aisin mudahan2 bisa akur....
thx

Re: Fortuner 4x4
Om mandala (biar sibuk neh, jangan ongkang2 kaki aja ente ngitungin duitFortunerMan wrote:OK tengkyu om mandala - berarti udah bener yang pertama A340F - manjur emang si juragan part inimandala1 wrote: Kalo di primbon ane sih no.part Transmisi 4WD nya Fortuner Indonesia (bensin) 35000-71040 kode A340F sama dgn transmision assy Prado 2700vvti,,
kalo yg di Thailand pake no.part 35000-71070 (diesel matik AWD) kodenya tetep sama A340F,,![]()
Menurut Wiki...A340F ini disangkutin di
* 1995-2003 4-Runner (4x4)
* 2000-2004 Tundra (4x4)
* 1985-1988 4-Pickup (4x4)
Dan setelah saya baca2 lagi...ketemu ini http://www.jeepforum.com/wiki/index.php/AW4Saya rasa transmisi Fortie cukup tough* The Aisin Warner AW4 transmission is a four-speed overdrive automatic transmission used in the 1987-2001 Jeep XJ Cherokee and MJ Comanche models with the AMC 4.0L (242 cid) in-line six cylinder engine.
* Its only year in the ZJ Grand Cherokee was 1993, and only with the AMC 4.0L engine.
* A similar transmission is used in some Toyota 4WD applications, known as the A340F or A340H depending on the transfer case.
* It is also used in some Toyota 2WD / RWD applications, known as the A340E.


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Fortuner 4x4
Laen kali nanya lagi, bayar!!!! 
Betul om kalo 4x2 kodenya A340E


Betul om kalo 4x2 kodenya A340E
