Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by Abu2 »

dulu pernah liat teknologi AWS pada celica GT4..
memang itu roda belakang bisa di atur atur dia..bisa sejajar, utk memudahkan parkir, ato berlawanan, utk mempermudah belok, tp kayak om kopat bilang, derajat roda belakang,belokanya gak sebesar roda depan..

dan dalam kondisi pemakaian normal, arah roda belakang selalu berlawanan dgn roda depan ketika stir di belokkan.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by Risol1 »

Abu2 wrote:om, bukannya AWS itu untuk memperlincah manuver, dgn mempermudah belok belok

jadinya kalo ban depan ke kiri, mnrt ku harusnya ban belakang ada ke arah yg berlawanan

ilustrasinya kalo belo ya spt ini lah
\-\
/-/

kalo seperti ini :

\-\
\-\

bukannya ntar arah mobilnya jadi senget.. / menyamping? :e-think:
Saya sih logikanya kalo lagi jalan kenceng abis itu dibelokin kaya gitu bisa keserimpet dong mobilnya om abu, karena gerakan depan belakang gak sinkron.

Belok searahnya juga gak sama derajatnya antara depan belakang, kalo sama patahnya entar namanya bukan belok tapi geser dong :mrgreen:

Soalnya dulu pas SMA parkiran mobilnya sempit (bukan sempit sih tapi yg parkir banyak jadi parkirnya disusun 2 baris di hal sekolah), nah ane suka liat temen ane yg bawa maestro 4ws kalo mobilnya kejepit di row paling belakang, pas dia mao keluar ban belakangnya juga belok ke arah yg sama dengan ban depannya, tapi gak tau juga lah entar ane google dulu kalo ada waktu :mrgreen:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

maaf nih kalo urutan post nya saya ganti, cuman memudahkan saya aja membahasnya.
maskopat wrote:nah, tentang differential, fungsi utamanya adalah membagi putaran roda akibat putaran mesin. karena putaran mesin itu berasal dari sumber, dan roda penggerak minimal ada 2 (kanan dan kiri), diperlukan differential (gardan) untuk membagi putaran kanan dan kiri. fungsi utamanya adalah agar putaran roda kiri dan kanan bisa berbeda kecepatan sudutnya. masih inget putaran sudut di pelajaran SMA?
nah, kalo 2WD misalnya RWD, maka differential ada di gardan belakang. sedang roda depan, tidak ada differential karena roda kanan dan kiri tidak terhubung pada sumbu putar yang bergerak sama.
iya om, tentang differential saya udah ngerti. cuman belum ngertinya itu di bagian penghubung roda kiri dan kanan pada bagian roda depan dari mobil 4x2 yang berpenggerak roda belakang, apakah roda kiri dan kanan bagian depan bisa berputar berbeda RPM?
maskopat wrote: coba saya jelaskan..
roda penggerak (wheel drive) pada prinsipnya ada 2, 2WD dan 4WD. untuk 2WD ada yang FWD dan RWD. dan 4WD ada yang 4WD part time seperti di Pajero Sport dan AWD full time seperti di captiva. tapi ada juga AWD part time seperti fortuner.
Iya om, kemaren itu bingung dengan 4WD Parttime dan 4WD fulltime bila dihubungkan dengan LSD nya.
Baru dapat info (dari forum tetangga), katanya ada 3 LSD yang dipakai di Pajero Sport yaitu di gardan depan, gardan belakang dan transfer case.
Ada 3 option buat 4WD nya yaitu 4H, 4HLc dan 4LLc. Kalo dari penjelasan situs PS, perpindahan dari/ke 2H, 4H dan 4HLc bisa dilakukan sampai kecepatan 100 km/h dan perpindahan ke 4LLc dilakukan pada posisi mobil berhenti dan hanya dipakai sampai kecepatan 70 km/h. Nah dari sini saya mengasumsikan 4H dan 4HLc adalah 4WD fulltime dan 4LLc adalah 4WD parttime.

Yang jadi pertanyaan:
1. benarkah asumsi saya itu?
2. apa bedanya 4H dan 4HLc?
3. apa bedanya 4HLc dan 4LLc bila ditinjau dari penggunaan LSD nya?

maskopat wrote: tentang free wheel hub, ini biasanya ada di mobil 4WD. dimana kalo 2H, menjadi RWD. supaya tidak memberatkan mesin, dipasang FWH ini agar ketika mobil bergerak, gardan depan tidak ikut berputar. sifatnya hampir sama dengan kita melepaskan as kopel dari transfer case ke gardan depan..

semoga membantu... mohon koreksi dari rekan2 yang lain kalo ane ada salah. karena ane juga sedang belajar hal ini..

:thanks:
aha, jadi fungsi akhirnya itu untuk 'membuat' 4WD menjadi 2H berarti ya om.

thanks ya om atas infonya. :beer:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by €lj€p€ »

zweifellos wrote: belum dapat om, berhubung masih blom di indonesia jadi saya cuman bisa mengandalkan media internet sebagai cara buat belajar. jujur, setelah masuk SM ini saya semakin banyak tau dan yang paling penting itu (buat saya) semakin semangat/tertarik buat belajar/mencari tau tentang otomotif khususnya mengenai hal2 yang berhubungan dengan 4x4.
lho memangnya masih ada dimana... ? jangan-2 malah ada didaerah tempatnya 4x4... secara di Timur Tengah... mobil murah dan bisa jalan-2 di pasir.. di Dubai ada wisata 4x4 malam hari... hehehheee
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by maskopat »

zweifellos wrote: iya om, tentang differential saya udah ngerti. cuman belum ngertinya itu di bagian penghubung roda kiri dan kanan pada bagian roda depan dari mobil 4x2 yang berpenggerak roda belakang, apakah roda kiri dan kanan bagian depan bisa berputar berbeda RPM?
kalo bukan roda penggerak, roda kiri dan kanan tidak terhubung pada poros putar. jadi masing2 perputar sendiri. seperti mobil mainan. kira2 seperti itu. cuman bearing yang menghubungkan kaki2 dengan roda...

zweifellos wrote:Iya om, kemaren itu bingung dengan 4WD Parttime dan 4WD fulltime bila dihubungkan dengan LSD nya.
Baru dapat info (dari forum tetangga), katanya ada 3 LSD yang dipakai di Pajero Sport yaitu di gardan depan, gardan belakang dan transfer case.
Ada 3 option buat 4WD nya yaitu 4H, 4HLc dan 4LLc. Kalo dari penjelasan situs PS, perpindahan dari/ke 2H, 4H dan 4HLc bisa dilakukan sampai kecepatan 100 km/h dan perpindahan ke 4LLc dilakukan pada posisi mobil berhenti dan hanya dipakai sampai kecepatan 70 km/h. Nah dari sini saya mengasumsikan 4H dan 4HLc adalah 4WD fulltime dan 4LLc adalah 4WD parttime.

Yang jadi pertanyaan:
1. benarkah asumsi saya itu?
2. apa bedanya 4H dan 4HLc?
3. apa bedanya 4HLc dan 4LLc bila ditinjau dari penggunaan LSD nya?
hm.. ane terus terang gak terlalu ngerti beda full time dan part time. tapi bayangan ane sih, kalo full time itu selalu 4WD. dan AWD full time, biasanya tidak ada low gear. sedangkan yang part time, biasanya ada mode 2H untuk efisiensi bbm. nah, ditambahin free wheel hub manual agar gardan depan tidak ikut berputar.

om zweifellos, bisa tahu url yang om baca? setahu ane, PS itu pake diff lock di transfer case, LSD di gardan depan dan belakang.

4H dan 4HLc rasanya pernah ane bahas, kalo 4H 4WD utk kecepatan tinggi. gak diff lock di transfer case. dan harusnya LSD juga gak bekerja. nah kalo 4HLc itu ada diff lock di transfer case dan LSD juga sudah bekerja.

kalo 4HLc dan 4LLc cuman sekedar low gear aja. untuk kebutuhan torsi yang besar, mobil2 akan pake low gear yang lebih kecil. biasanya perbandingan 4H vs 4L itu 1:2.. maksudnya, roda akan berputar 2x lebih lambat pada mode 4L.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by gmx »

zweifellos wrote: Ada 3 option buat 4WD nya yaitu 4H, 4HLc dan 4LLc. Kalo dari penjelasan situs PS, perpindahan dari/ke 2H, 4H dan 4HLc bisa dilakukan sampai kecepatan 100 km/h dan perpindahan ke 4LLc dilakukan pada posisi mobil berhenti dan hanya dipakai sampai kecepatan 70 km/h. Nah dari sini saya mengasumsikan 4H dan 4HLc adalah 4WD fulltime dan 4LLc adalah 4WD parttime.

Yang jadi pertanyaan:
1. benarkah asumsi saya itu?
2. apa bedanya 4H dan 4HLc?
3. apa bedanya 4HLc dan 4LLc bila ditinjau dari penggunaan LSD nya?
1. 4H ~ 4WD Fulltime sedangkan 4HLc dan 4LLc ~ 4WD parttime. fulltime itu differential lock-nya ngga ngunci, kalo part time differential lock-nya ngunci

2. Beda 4H dan 4HLc adalah sama2 High Gear tapi di 4H tapi differential lock ngga ngunci jadi pembagian power ngga rata tergantung dari traksi roda dengan permukaan trek. kalo 4HLc differential lock-nya, dan karena differential lock di PS dan Pajero adalah central differential lock, jadi pembagian power adalah 50:50 untuk depan:belakang.. sedangkan kanan depan:kiri depan dan kanan belakang:kiri belakang tergantung traksi. kalo ada LSDnya pembagiannya dibantu oleh LSD

3. ini dari ahlinya di http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=400
billyd1773dz wrote:
gmx wrote:
rycphobia wrote:coba perhatikan video yutup ini deh...

http://www.youtube.com/watch?v=qDOsvQaGX78

terlihat main travel suspensi nya si pajero SWB.....

juga terlihat....sepertinya di apake control traction di roda depan belakang....atau semacam Limited Slip Differential...atau Locker?

ada yg tau apa pajero ngeluarin LSD belakang atau depan?

thnx

setau gw sih cuma center diff lock.. itu waktu ngangkat bannya depannya tetep muter, berarti ngga ada traction control?

btw, apa sih bedanya LSD dengan diff lock? waktu itu pernah dijelasin sama om dito, tapi terus terang gw masih belum ngerti, karena dari definisi LSD dan diff lock yang diberikan om dito, gw masih belum liat bedanya di mana..
iseng2 cba jawab yah...

bedanya LSD dgn difflok d axle
limited slip differential artinya dri kata "limited" saja LSD bearti berfungsi sebagai pembatas putaran differential agar saat slip selisih pembagian daya diff putaran roda kanan n kiri dibatasi tidak terlalu banyak walau tidak bisa benar 50:50. sedangkan Differential Locker, dari kata "locker"nya saja bearti mengunci pembagian daya diff selalu 50:50.


Intinya gini.
secara teoritis LSD bisa membatasi pembagian daya ke roda kanan kiri, maksimal 60:40. LSD umumnya berfungsi otomatis bergantung hentakan mesin, dan traksi ban. jadi saat satu ban ngangkat bila di axle itu ada LSD, seharusnya ban yg ngangkat itu tidak berputar bebas, dan sebagian kecil daya tetap tersalur ke roda yg dapat traksi. mungkin 70% daya ngalir ke yg ngangkat dan 30% di alir kan ke yg dapat traksi sehingga mobil masih bisa maju. kalau locker tentu selalu 50%:50%.

masalahnya, LSD berfungsi menggunakan clutch, sering kali di mobil yg sudah berumur, penggunaan OLI yg tidak benar atw sering dipakai main,seringkali clutchnya ini sudah tidak prima, sehingga kemampuan membatasi putaran roda semakin berkurang hingga gagal sama sekali membatasi putaran rodanya. kalau locker karena berfungsi hanya lock & open selama tidak rusak, locker selalu berhasil ngunci 50:50.

hmmm.. selama ini sih, LSD(apalagi yg sudah berumur) biasanya baru kepake bila di gabung dgn momentum mesin sambil di gas dgn cara di ayun, untuk melewati lumpur atau tanjakan licin.. klw jalannya pelan2 dan ada axle LSD yg bannya hilang traksi biasanya tetep spin apa lgi klw di permukaan yg kering..

ciri axle ber LSD, coba aja saat di cuci yg diangkat dgn lift. ban di putar dgn tangan klw ban di sisi lainya berputar searah bearti ada LSDnya bila berlawanan berti tidak.. klw kopelnya yg di putar ban kanan kiri seharusnya berputar searah juga.

klw ban sebelah di dongkrak, lalu coba di gas, klw mobil bisa maju bearti tu LSD berfungsi sempurna, klw tetep spin tpi ada kerasa sedikit hentakan maju n terasa lebih berat walau mobil tidak bisa maju bearti ada LSD dan masih cukup baik kerjanya harus dgn momentum. klw polos-polos aja bearti differentialnya open.


thx
:beer:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by GTR »

SH-AWD itu bukannya belum 4WS yah..

tujuan SH-AWD itu mambantu reduce oversteer & understeer tanpa meninggalkan efisiensi.
Selain terus-menerus transfer torsi depan atau belakang sesuai kebutuhan (mirip VTM-4), ditambah bisa bagi torsi ke roda kiri atau kanan juga karena ada mekanis koplingnya lagi di differential belakang.
SH-AWD intro: http://www.youtube.com/watch?v=vuUaqFnsb2M
tes: http://www.youtube.com/watch?v=asPpa51ZL80
di salju :

Kalo 4WS itu di FF maestro (& prelude yg dgn ATTS => mirip SH-AWD tapi di roda depan doang).. setahu ogut di kecepatan rendah belok berlawanan antara roda depan dan belakang, dan searah kalo di kecepatan tinggi; dengan sudut belok roda belakang lebih kecil dari roda depan.

kalo HICAS 4WS nissan, beloknya roda belakang seperti ini:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

maskopat wrote:
zweifellos wrote: iya om, tentang differential saya udah ngerti. cuman belum ngertinya itu di bagian penghubung roda kiri dan kanan pada bagian roda depan dari mobil 4x2 yang berpenggerak roda belakang, apakah roda kiri dan kanan bagian depan bisa berputar berbeda RPM?
kalo bukan roda penggerak, roda kiri dan kanan tidak terhubung pada poros putar. jadi masing2 perputar sendiri. seperti mobil mainan. kira2 seperti itu. cuman bearing yang menghubungkan kaki2 dengan roda...
oo gitu ternyata. jadi bisa bebas berputar. karena saya ga bisa ngebayangin wujudnya, jadi sebelumnya masih ga pasti aja apa bisa berputar apa ga. yang terbayang secara kasarnya, 2 roda depan terhubung poros yang roda2 ini tertancap fixed di poros itu. jadi kebayangnya kalo bagian depan mobil diangkat, terus 1 roda diputar, roda lain juga ikut berputar dengan rpm yang sama.

makanya kemaren itu masih bingung. :mrgreen:

maskopat wrote:
zweifellos wrote:Iya om, kemaren itu bingung dengan 4WD Parttime dan 4WD fulltime bila dihubungkan dengan LSD nya.
Baru dapat info (dari forum tetangga), katanya ada 3 LSD yang dipakai di Pajero Sport yaitu di gardan depan, gardan belakang dan transfer case.
Ada 3 option buat 4WD nya yaitu 4H, 4HLc dan 4LLc. Kalo dari penjelasan situs PS, perpindahan dari/ke 2H, 4H dan 4HLc bisa dilakukan sampai kecepatan 100 km/h dan perpindahan ke 4LLc dilakukan pada posisi mobil berhenti dan hanya dipakai sampai kecepatan 70 km/h. Nah dari sini saya mengasumsikan 4H dan 4HLc adalah 4WD fulltime dan 4LLc adalah 4WD parttime.

Yang jadi pertanyaan:
1. benarkah asumsi saya itu?
2. apa bedanya 4H dan 4HLc?
3. apa bedanya 4HLc dan 4LLc bila ditinjau dari penggunaan LSD nya?
hm.. ane terus terang gak terlalu ngerti beda full time dan part time. tapi bayangan ane sih, kalo full time itu selalu 4WD. dan AWD full time, biasanya tidak ada low gear. sedangkan yang part time, biasanya ada mode 2H untuk efisiensi bbm. nah, ditambahin free wheel hub manual agar gardan depan tidak ikut berputar.

om zweifellos, bisa tahu url yang om baca? setahu ane, PS itu pake diff lock di transfer case, LSD di gardan depan dan belakang.

4H dan 4HLc rasanya pernah ane bahas, kalo 4H 4WD utk kecepatan tinggi. gak diff lock di transfer case. dan harusnya LSD juga gak bekerja. nah kalo 4HLc itu ada diff lock di transfer case dan LSD juga sudah bekerja.

kalo 4HLc dan 4LLc cuman sekedar low gear aja. untuk kebutuhan torsi yang besar, mobil2 akan pake low gear yang lebih kecil. biasanya perbandingan 4H vs 4L itu 1:2.. maksudnya, roda akan berputar 2x lebih lambat pada mode 4L.
sebelumnya mohon maaf om, sumbernya ga tau reliabilitasnya soalnya cuman omongan user di forum tetangga aja, bukan sumber resmi. ini link nya : http://dcab.12.forumer.com/viewtopic.php?p=30458#30458

mengenai 4H, 4HLc dan 4LLc:
iya om, baru ngeh saya. H itu maksudnya High, L itu Low dan Lc itu Lock. kayanya seperti itu ya?

thanks om maskopat atas jawabannya. :beer:
Last edited by zweifellos on Mon Aug 10, 2009 8:00, edited 1 time in total.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

gmx wrote:
zweifellos wrote: Ada 3 option buat 4WD nya yaitu 4H, 4HLc dan 4LLc. Kalo dari penjelasan situs PS, perpindahan dari/ke 2H, 4H dan 4HLc bisa dilakukan sampai kecepatan 100 km/h dan perpindahan ke 4LLc dilakukan pada posisi mobil berhenti dan hanya dipakai sampai kecepatan 70 km/h. Nah dari sini saya mengasumsikan 4H dan 4HLc adalah 4WD fulltime dan 4LLc adalah 4WD parttime.

Yang jadi pertanyaan:
1. benarkah asumsi saya itu?
2. apa bedanya 4H dan 4HLc?
3. apa bedanya 4HLc dan 4LLc bila ditinjau dari penggunaan LSD nya?
1. 4H ~ 4WD Fulltime sedangkan 4HLc dan 4LLc ~ 4WD parttime. fulltime itu differential lock-nya ngga ngunci, kalo part time differential lock-nya ngunci

2. Beda 4H dan 4HLc adalah sama2 High Gear tapi di 4H tapi differential lock ngga ngunci jadi pembagian power ngga rata tergantung dari traksi roda dengan permukaan trek. kalo 4HLc differential lock-nya, dan karena differential lock di PS dan Pajero adalah central differential lock, jadi pembagian power adalah 50:50 untuk depan:belakang.. sedangkan kanan depan:kiri depan dan kanan belakang:kiri belakang tergantung traksi. kalo ada LSDnya pembagiannya dibantu oleh LSD

3. ini dari ahlinya di http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=400
setelah saya pikir-pikir lagi, ternyata sumber utama kebingungan saya menyangkut 4H, 4HLc dan 4LLc adalah karena masih bingungnya saya akan LSD dan differential lock (differential lock udah ngerti cuman LSD ini mau ga mau dihubungkan dengan differential lock).

awalnya saya pikir LSD itu bakal bekerja seperti ini: kalo misalnya ada salah satu roda yang slip (anggaplah roda kiri bagian belakang) maka torsi dari roda kiri akan dialirkan ke roda kanan, jadi misalnya si roda kiri dapat cuman 30 dari total torsi, si kanan 70 (20 nya dapat dari roda kiri). ternyata pemahaman saya salah setelah membaca penjelasan om billy. yang saya ngerti sekarang, LSD itu cuman membatasi supaya si roda kiri (yang slip) tidak mengambil semua torsi (ga 100% ke roda kiri karena efek differential yang menyalurkan torsi ke roda yang punya traksi lebih sedikit), jadi 50% torsi utama (yang dipunya roda kanan) tak semuanya ke roda kiri, masih bisa ada sisa misalnya 30 (30% dari total torsi gardan) pada roda kanan (jadi perbandingan torsi pas slip untuk roda kiri banding roda kanan : 70:30).

thank you om gmx atas informasinya. :beer:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by maskopat »

zweifellos wrote: awalnya saya pikir LSD itu bakal bekerja seperti ini: kalo misalnya ada salah satu roda yang slip (anggaplah roda kiri bagian belakang) maka torsi dari roda kiri akan dialirkan ke roda kanan, jadi misalnya si roda kiri dapat cuman 30 dari total torsi, si kanan 70 (20 nya dapat dari roda kiri). ternyata pemahaman saya salah setelah membaca penjelasan om billy. yang saya ngerti sekarang, LSD itu cuman membatasi supaya si roda kiri (yang slip) tidak mengambil semua torsi (ga 100% ke roda kiri karena efek differential yang menyalurkan torsi ke roda yang punya traksi lebih sedikit), jadi 50% torsi utama (yang dipunya roda kanan) tak semuanya ke roda kiri, masih bisa ada sisa misalnya 30 (30% dari total torsi gardan) pada roda kanan (jadi perbandingan torsi pas slip untuk roda kiri banding roda kanan : 70:30).

thank you om gmx atas informasinya. :beer:
ane juga baru ngeh kalo seperti ini.. ane pikir LSD akan memerintahkan rem untuk mengunci roda yang slip sehingga torsi terkirim ke roda yang masih dapat traksi... salah ya?? :mrgreen: :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by gmx »

maskopat wrote: ane juga baru ngeh kalo seperti ini.. ane pikir LSD akan memerintahkan rem untuk mengunci roda yang slip sehingga torsi terkirim ke roda yang masih dapat traksi... salah ya?? :mrgreen: :mrgreen:
kalo itu traction control (TC) om..
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

maskopat wrote:ane juga baru ngeh kalo seperti ini.. ane pikir LSD akan memerintahkan rem untuk mengunci roda yang slip sehingga torsi terkirim ke roda yang masih dapat traksi... salah ya?? :mrgreen: :mrgreen:
kalo dari penjelesan om billy ga seperti itu om. yang saya tangkap, LSD itu 'semacam' (tanda petik) differential lock, cuman kalo di diff lock kiri kanan dapat 50:50 dan ketika ada roda yang slip pembagiannya bakal tetap 50:50 (yang ga slip aka yg masih dapat traksi ga ngalir torsinya ke roda yang slip) sedang di LSD itu pas ga ada slip pembagiannya 50:50 namun pas ada slip pembagiannya jadi berubah. roda yang slip tetap ga dapat 100 (kondisi pake differential biasa) karena torsi dari roda yang ga slip (yg ada traksi) tidak semuanya (tidak full) mengalir ke roda yang slip. jadi mungkin 70 buat yang slip, 30 buat yang ga slip (kata om billy maksimal 60:40, ga bisa tetap 50:50). tolong koreksi yang saya tangkap benar apa ga.

nah dari postingan om billy disebutkan : jadi saat satu ban ngangkat bila di axle itu ada LSD, seharusnya ban yg ngangkat itu tidak berputar bebas, dan sebagian kecil daya tetap tersalur ke roda yg dapat traksi.

kalo seperti yang dicetak tebal, roda yang ngangkat (yang slip) ga berputar bebas, berarti roda yang ga berputar bebas alias yang masih punya traksi dapat full dong torsinya (jadi perbandingan roda yang slip ama yang ga slip 0:100). benarkah? mohon pencerahannya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by gmx »

zweifellos wrote:
nah dari postingan om billy disebutkan : jadi saat satu ban ngangkat bila di axle itu ada LSD, seharusnya ban yg ngangkat itu tidak berputar bebas, dan sebagian kecil daya tetap tersalur ke roda yg dapat traksi.

kalo seperti yang dicetak tebal, roda yang ngangkat (yang slip) ga berputar bebas, berarti roda yang ga berputar bebas alias yang masih punya traksi dapat full dong torsinya (jadi perbandingan roda yang slip ama yang ga slip 0:100). benarkah? mohon pencerahannya.
ngga gitu dong bos, kan sebagian kecil daya tetap tersalur ke roda yg dapat traksi. yang ngga dapet traksi masih berputar, tapi ngga bebas karena sebagian tersalur ke ban yang dapet traksi. kalo untuk dapetin perbandingan roda yang slip ama yang ga slip 0:100 pake traction control, jadi saat kebaca ada roda yang ngga dapet traksi, langsung roda itu di rem, jadi daya tersalur ke roda yang punya traksi..

enaknya dipraktekin di lapangan offroad, jadi lebih mudah ngertinya
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by GTR »

gmx wrote:
maskopat wrote: ane juga baru ngeh kalo seperti ini.. ane pikir LSD akan memerintahkan rem untuk mengunci roda yang slip sehingga torsi terkirim ke roda yang masih dapat traksi... salah ya?? :mrgreen: :mrgreen:
kalo itu traction control (TC) om..
Stability control tepatnya (gabung dengan ABS)
kalo traction control tanpa fungsi rem.. hanya limit power mesin dari supply bahan bakar..
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by €lj€p€ »

Supaya tidak bingung :
sebetulnya semua mobil menggunakan differential yang bisa memisahkan kecepatan roda kanan dan kiri.. atau sebaliknya.. tapi disini disebut "OPEN Differential"
Meskipun semua mobil menggunakan differential pada gardan tetapi tidak semua 4x4 menggunakan differential di kopel nya yang memisahkan kecepatan roda depan dan roda belakang.

Kemudian di sisi ekstrim ialah "differential locker" alat ini yang mengunci roda kanan dan roda kiri. sehingga harus berputar dengan kecepatan yang sama.
Nah differential locker ini ada yang automatic.. artinya alat ini akan membuka dan mengunci apabila mobil sedang belok. kemudian ada yang manual dengan menggunakan remote seperti ARB.
Kalau mobil khusus kompetisi untuk daerah lumpur atau rock crawling.. roda kanan dan roda kiri bahkan di las mati.

Diantara dua ekstrim itu ( "open" dan "lock" ) ada yang disebut "Limited Slip Differential / LSD". Jadi kata kuncinya ialah "Limited Slip" yang artinya membatasi torsi ke roda yang slip / tanpa traksi. Batasan ini di set oleh pabrik.
Mungkin berbeda settingannya untuk mobil sedan sehari-hari, sedan rally, SUV sehari-hari dan SUV kompetisi.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by gmx »

GTR wrote:
gmx wrote:
maskopat wrote: ane juga baru ngeh kalo seperti ini.. ane pikir LSD akan memerintahkan rem untuk mengunci roda yang slip sehingga torsi terkirim ke roda yang masih dapat traksi... salah ya?? :mrgreen: :mrgreen:
kalo itu traction control (TC) om..
Stability control tepatnya (gabung dengan ABS)
kalo traction control tanpa fungsi rem.. hanya limit power mesin dari supply bahan bakar..
terima kasih om koreksinya :frm_tumbleft:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by maskopat »

€lj€p€ wrote:Supaya tidak bingung :
sebetulnya semua mobil menggunakan differential yang bisa memisahkan kecepatan roda kanan dan kiri.. atau sebaliknya.. tapi disini disebut "OPEN Differential"
Meskipun semua mobil menggunakan differential pada gardan tetapi tidak semua 4x4 menggunakan differential di kopel nya yang memisahkan kecepatan roda depan dan roda belakang.

Kemudian di sisi ekstrim ialah "differential locker" alat ini yang mengunci roda kanan dan roda kiri. sehingga harus berputar dengan kecepatan yang sama.
Nah differential locker ini ada yang automatic.. artinya alat ini akan membuka dan mengunci apabila mobil sedang belok. kemudian ada yang manual dengan menggunakan remote seperti ARB.
Kalau mobil khusus kompetisi untuk daerah lumpur atau rock crawling.. roda kanan dan roda kiri bahkan di las mati.

Diantara dua ekstrim itu ( "open" dan "lock" ) ada yang disebut "Limited Slip Differential / LSD". Jadi kata kuncinya ialah "Limited Slip" yang artinya membatasi torsi ke roda yang slip / tanpa traksi. Batasan ini di set oleh pabrik.
Mungkin berbeda settingannya untuk mobil sedan sehari-hari, sedan rally, SUV sehari-hari dan SUV kompetisi.
makasih pak uwo untuk masukannya.. masih rada2 bingung dengan istilah2 4WD.. banyak banget....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

gmx wrote:
zweifellos wrote:
nah dari postingan om billy disebutkan : jadi saat satu ban ngangkat bila di axle itu ada LSD, seharusnya ban yg ngangkat itu tidak berputar bebas, dan sebagian kecil daya tetap tersalur ke roda yg dapat traksi.

kalo seperti yang dicetak tebal, roda yang ngangkat (yang slip) ga berputar bebas, berarti roda yang ga berputar bebas alias yang masih punya traksi dapat full dong torsinya (jadi perbandingan roda yang slip ama yang ga slip 0:100). benarkah? mohon pencerahannya.
ngga gitu dong bos, kan sebagian kecil daya tetap tersalur ke roda yg dapat traksi. yang ngga dapet traksi masih berputar, tapi ngga bebas karena sebagian tersalur ke ban yang dapet traksi. kalo untuk dapetin perbandingan roda yang slip ama yang ga slip 0:100 pake traction control, jadi saat kebaca ada roda yang ngga dapet traksi, langsung roda itu di rem, jadi daya tersalur ke roda yang punya traksi..

enaknya dipraktekin di lapangan offroad, jadi lebih mudah ngertinya
salah ngerti saya. saya tadi mikirnya, 'seharusnya ban yg ngangkat itu tidak berputar bebas' artinya itu roda diam alias ga ada torsi. ternyata maksudnya ga bebas berputar karena tak semua torsi mengalir ke roda slip itu, sebagian tetap mengalir ke roda yang tidak slip.

thanks om gmx atas koreksinya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

Merujuk situs KTB PS (http://www.ktb.co.id/pajerosport/flash/power.html), disebutkan tentang LSD yang dipakai PS: Hybrid Limited Slip Differential (LSD) mengkombinasikan fitur mechanical LSD dengan viscous coupling unit (VCU). Sistem ini di desain khusus bekerja dengan sistem Antilock Braking System (ABS) untuk menghasilkan traksi yang besar pada saat salah satu roda mengalami slip

Sekilas saya baca, Traction Control (TC) itu lebih ke penggunaan kalo terjadi slip, sedang Stability Control (SC) lebih ke penggunaan kalo terjadi spin. Jadi TC lebih ke penggunaan di jalan lurus licin (offroad), SC lebih ke kondisi pas mobil berbelok (cornering).

Nah yang saya mo tanya:
1. Itu LSD yang dikombinasikan dengan VCU yang bekerja dengan sistem ABS hanya berfungsi untuk kondisi medan offroad?
2. Ataukah berfungsi juga untuk kondisi cornering? (katanya SUV mayoritas sudah punya Electronic Stability Control yang sangat berguna saat cornering khususnya buat SUV yang punya kemungkinan tinggi terjadinya terbalik (rollover).
3. Bagaimana kondisi mobil-mobil jenis SUV dan CUV di Indonesia? Apakah pada punya Stability Control? Misal Fortuner, CRV, Xtrail, dll.? Kalo ga salah Captiva punya ya?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by maskopat »

zweifellos wrote:Merujuk situs KTB PS (http://www.ktb.co.id/pajerosport/flash/power.html), disebutkan tentang LSD yang dipakai PS: Hybrid Limited Slip Differential (LSD) mengkombinasikan fitur mechanical LSD dengan viscous coupling unit (VCU). Sistem ini di desain khusus bekerja dengan sistem Antilock Braking System (ABS) untuk menghasilkan traksi yang besar pada saat salah satu roda mengalami slip

Sekilas saya baca, Traction Control (TC) itu lebih ke penggunaan kalo terjadi slip, sedang Stability Control (SC) lebih ke penggunaan kalo terjadi spin. Jadi TC lebih ke penggunaan di jalan lurus licin (offroad), SC lebih ke kondisi pas mobil berbelok (cornering).

Nah yang saya mo tanya:
1. Itu LSD yang dikombinasikan dengan VCU yang bekerja dengan sistem ABS hanya berfungsi untuk kondisi medan offroad?
2. Ataukah berfungsi juga untuk kondisi cornering? (katanya SUV mayoritas sudah punya Electronic Stability Control yang sangat berguna saat cornering khususnya buat SUV yang punya kemungkinan tinggi terjadinya terbalik (rollover).
3. Bagaimana kondisi mobil-mobil jenis SUV dan CUV di Indonesia? Apakah pada punya Stability Control? Misal Fortuner, CRV, Xtrail, dll.? Kalo ga salah Captiva punya ya?
kalo ane duga, LSD di PS untuk jalan off road deh. kalo stability control, emang di PS ada stability control? setahu ane ini ada di captiva AWD.. cmiiw..
tapi kalo dilihat di link ini:
http://www.mitsubishi-cars.co.uk/features/mastc.asp
harusnya sih ada di PS yah? soalnya triton aja ada. tapi ini versi UK.. mungkin beda dengan versi indo..

om zweifellos, ane ketemu link ini http://www.mitsubishi-cars.co.uk/featur ... nology.asp mudah2an bisa nambah referensi lagi..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

maskopat wrote:kalo ane duga, LSD di PS untuk jalan off road deh. kalo stability control, emang di PS ada stability control? setahu ane ini ada di captiva AWD.. cmiiw..
tapi kalo dilihat di link ini:
http://www.mitsubishi-cars.co.uk/features/mastc.asp
harusnya sih ada di PS yah? soalnya triton aja ada. tapi ini versi UK.. mungkin beda dengan versi indo..
iya om ini yang jadi pertanyaan, apakah triton di indo sama dengan yang di UK itu yang pake stability control. kalo di Pajero seharusnya memang ada karena mobil mahal. katanya dari yang saya baca, lebih mahal buat stability control dibanding traction control.
maskopat wrote: om zweifellos, ane ketemu link ini http://www.mitsubishi-cars.co.uk/featur ... nology.asp mudah2an bisa nambah referensi lagi..
tadi searching ke mitsubishi juga nyariin teknologi2 apa yang sudah dipake mitsubishi tapi tadi belum sempat ketemu.

thanks om link dan responnya. baca2 dulu. :beer:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

nyari2 di google, ga nemu2 itu M-ASTC dipake di PS apa ga. adanya di PS AWC (All Wheel Control) namun lagi-lagi ini ditujukan untuk penggunaan di jalan licin (bukan cornering). trus ada juga bagian mobil yang berhubungan dengan ke kestabilan mobil (seperti suspensi, stabilizer dll).

Kalo dilihat web mitsubishi malaysia, ada yang mungkin bisa jadi clue (yg garis tebal).
Mitsubishi's AWC philosophy, forged through its participation in the Dakar Rally and other contests, is the integration of Mitsubishi's various proprietary technologies, such as 4WD drivetrains, suspension technologies, braking systems, stability/traction control systems and various differential gears.
http://mitsubishi-motors.com.my/news.php?id=71

trus nemu web tentang kasus pajero sport versi lama yang mengalami rollover dan juga tentang list mobil mitsubishi yang dilengkapi (atau ga dilengkapi ESC). Nah sayangnya cuman sampe 2004 aja untuk mobil PS disebutin.
http://www.usautoinjurylaw.com/cases/ro ... -sport.htm
http://www.usautoinjurylaw.com/cases/ro ... hi-esc.htm

Dari ketiga web itu, sepertinya memang di PS ada Stability Control System nya entah ESC atau nama lain. Alasan saya ngambil kesimpulan itu karena yang ditampilin di web usa itu cuman sampe 2004 (apa jangan2 di sana setelah itu ga masuk lagi ya PS :mrgreen: ) dan tentu juga dari web malaysia itu.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

Dari googling² nemu tentang 4H, 4HLc dan 4LLc yang digambarkan dengan baik di situs Mitsubishi Malaysia (sesuai yang dibilang om gmx). Ini linknya : http://www.mitsubishi-motors.com.my/sho ... ontrol.php

Dari googling ke Mitsubishi U.K. dapat informasi bahwa ternyata tidak semua jenis L200 punya M-ASTC (Mitsubishi Active Stability and Traction Control) yang sangat berguna saat cornering. (http://www.mitsubishi-cars.co.uk/l200/l ... tContainer)

So, sepertinya Triton di Indonesia tidak pakai M-ASTC karena saya lihat ke web Malaysia ataupun Philipina tidak ada pembahasan M-ASTC, hanya ada pembahasan ABS dan EBD. Begitu juga dengan Pajero Sport di kedua website Mitsubishi dari kedua negara tersebut. Sepertinya memang tidak ada M-ASTC pada jenis Pajero Sport. Bahkan saya juga tidak menemukan pembahasan AWC pada kedua website Mitsubishi dari Malaysia dan Philipina tersebut (tidak seperti pemberitaan dari situs Mitsubishi Malaysia di postingan saya sebelumnya). Menurut saya, jika Pajero Sport tidak punya M-ASTC atau teknologi sejenis tentu amat disayangkan karena dari yang saya baca fitur teknologi stability dan traction control (Electronic Stability Control) sangat berguna pada saat cornering. Bahkan penurut penelitian, banyak kecelakaan fatal dapat dicegah dengan teknologi ESC.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by GTR »

Bro, bukanny S-AWC juga buat cornering, juga di aspal, ini ada di EVO...
bisa 3 mode : tarmac, snow, gravel..cmiiw
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by billyd1773dz »

^^
hehe secanggih apapun sistem pembantunya.. tetep aja jadi pembantu, ujung2nya tetep gimana yg nyupir.. wkekekke..... :D :D

malah kebanyakan piranti elektronik gini 10-20thn lagi bgtu pada ngadat giliran pusingnya nih...


jgn kan stability control dll yg mulai ngaco.... power window macet aja bisa bikin kesel...

klw di eropa sih mobil pling lama dipakai 5thn,sedangkan di indo sih selama sanggup ngerawap atw sampe ancur... :big_peace:

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz