[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by ZombiEE »

saya sih tidak melihat dari harga berbanding dgn durability nya itu...namun dari merk nya..hehehehe..sorry for my negligence...tapi merk daewoo dan GM rasa2nya durability nya kurang bagus..cmiiw:)
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

kalo saya ngeliatnya dari : "ada uang ada barang".
jadi kalo mo power dan torsi bagus dengan CC rendah namun harga tetap ekonomis, mesti ada yang dikorbankan terkecuali saingannya masang harga yang kelewat mahal (tentu juga mesti memperhatikan cost² dibidang lainnya).

durability yang kurang baik tentu faktor kekuatan material (teknologi di material engineeringnya) punya peranan penting disamping faktor-faktor lainnya seperti konstruksi dan design dari mesin/komponen mobil tersebut, dll. (saya bukan bilang durability captiva jelek, saya cuman mengaitkan durability dan cost).

sampe sekarang captiva blom terdengar punya masalah-masalah serius terutama dengan durabilitas komponen mobilnya kan?

yang kurang dari captiva yang saya liat cuman satu, nama chevrolet kurang 'dikenal' buat masyarakat kita.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

FortunerMan wrote:Di kelas SUV 300-400 juta di Indonesia, masih harus memilih...mau cantik atau mau tangguh. Cantik...CR-V, X-Trail, Captiva. Mau tangguh...PS, Fort, Everest. Tidak bisa dapat dua2nya. Kalo mau cantik DAN tangguh, harus naik kelas harga ke Pajero, LC Prado atau LC. Makanya interior PS, Fortuner, Everest seadanya...tidak sebagus CR-V misalnya...karena di kelas ini belum dapet interior kelas dunia + tangguh. Jadi kalo anda bertanya...kenapa PS mahal padahal gak mewah, interior biasa, mesin kalah angka. Karena bikin mobil tangguh itu mahal...apalagi PS udah banyak pake komponen2 abangnya si Pajero.
baru nge-youtube trus keingat post nya om FortunerMan. di indo kalo ga salah ga ada ya mitsubishi outlander (takut ngambil porsi PS atau kuda kali, atau bisa jadi takut gagal karena udah ada kuda dan PS). sepertinya ini mobil yang cocok dibandingin ama captiva, xtrail dan CRV.

ini videonya : http://www.youtube.com/watch?v=PaUzu3-OaH0&NR=1

dari situ saya ngeliat ada switch yang bisa diputar (model pemutar AC) untuk 4WD dan 4WD lock, cuman saya masih belom ngerti apakah 4WD lock ini maksudnya bakal seperti 4WD di PS? soalnya si tester bilang tuh mobil kalo dah diswitch ke 4WD lock itu mobil bukan outlander, tapi jadi 'baby pajero' yang artinya kira2 bakal punya ketangguhan seperti pajero (tentu tidak sama) yang tidak bakal dipunyai AWD CRV, CMIIW. kalo harga di india (berdasar video itu) antara outlander dan crv mirip-mirip.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

Captivated wrote: 3. bener, ps & ctv bukanlah sekelas (suv vs cuv). sasisnya aja udh beda.
tp market (khususnya di indo) menjadikan segmennya jd sama : suv 7 seater. sama2 disel lg.
mknya di panduan sales-nya mitsu (ps) dikasih hints ttg kelebihan ps vs kekurangan pesaing (fortie, evie, ctv, crv, x-trail). krn mrk pengen ngambil pangsa pasarnya mbl2 tsb.
tp anehnya, kekurangan ctv plg sedikit ditulis... :upss:
kalo liat buku panduan sales sih kadang mengada2..

CRV 2gen 7 seater, tapi saat itu tetep saingannya adalah compact CUV 5seater model2 : Xtrail, Escape, tribute, rav, dll. kalo yg sekarang ada captiva.
Montera (7 seater nya Blazer2.2L) tetep sekelas Terano yg 5seater untuk kelas SUV waktu itu..
penggolongan kelas lebih liat dari ukuran mobil dan harga;
jumlah seat, mungkin urutan setelahnya.

IMO, SUV dan CUV ga bisa dicampur gitu aja.
pengguna CUV ini koq keliatannya adalah yg mau keunggulan sedan juga mau pandangan posisi tinggi, body & interior/kabin/seat mobil lebih tinggi, ya harus dgn body proporsional... yang ga mungkin dapet modelnya kalo dari sedan yg ceper just ditinggiin gitu aja..

nah IMO, honda ini dari dulu fokus &reputasi di sedan, ga terlalu aneh kalo mungkin konsumen banyak expect karakter ini paling disediakan di model CRV di kelas tsb. juga xtrail dan GL, oddy, stream, wish, grandis dll kalo di model mpv misalnya.
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Leonhearts »

CRV memang bagus.....tapi coba bandingkan CRV CBU dan CRV yang dijual HPM....bandingkan dan rasakan bedanya. itu mungkin yang dimaksud dengan mobil semi honda dengan honda atau semi toyota dengan toyota....Menurut gw kualitas dalam CRV dan CTV bagusan CTV tapi kalo ama xtrail CTV kalah jauh..... coba ketok dashboard keras crv dgn dashboard lembut ctv beda tuh......

Captiva seharusnya tidak bisa dibandingkan PS atau FORTIE biarpun sama2 solar dan 7seater....tapi dari semua pembeli mobil hanya 10% yang hanya ngerti mobil, jadi sah2 aja sales bandingkan..pembeli tanya paling irit ga, kencang, harga jual berapa......ga penting monokok atau ladder frame, ga penting tangguh atau tidak(buktinya orang dunia prefer sedan dari pada truk), dan 90% orang beli mobil untuk perkotaan juga......

.ga semua merek varian daewoo jelek,, ga juga semua mobil varian toyota dan honda bagus apalagi semi toyota dan honda sekarang....gw juga pny semi honda all new civic pake 2.5taon, tapi agak rewel tuh,,pintu depan sopir turun jadi susah tutup, saringan bensin cepat kotor padahal baru tune up, shock belakang dah musti ganti soalnya dah mantul2, power window seret...mungkin bagi sebagian orang rewel tuh kalo mesin ada masalah,,, tapi bagi saya apalagi yang tau otomotif seharusnya bagian2 ga penting itu juga termasuk rewel.....sekarang malas liat honda..dulu sih suka apalagi freed sekarang 257jt tapi dalamnya plastik tok tok toknya jadi malas deh,, coba bandingkan freed jepang dan freed indo.....malas deh.....
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

Leonhearts wrote:gw juga pny semi honda all new civic pake 2.5taon, tapi agak rewel tuh,,pintu depan sopir turun jadi susah tutup, saringan bensin cepat kotor padahal baru tune up, shock belakang dah musti ganti soalnya dah mantul2, power window seret...mungkin bagi sebagian orang rewel tuh kalo mesin ada masalah,,, tapi bagi saya apalagi yang tau otomotif seharusnya bagian2 ga penting itu juga termasuk rewel.....sekarang malas liat honda..dulu sih suka apalagi freed sekarang 257jt tapi dalamnya plastik tok tok toknya jadi malas deh,, coba bandingkan freed jepang dan freed indo.....malas deh.....
om leonheart, ane coba komentar ya..

kalo menurut ane nih, mau semi honda or semi toyota dengan honda or toyota, harusnya memiliki kualitas yang sama. terserah mau dibuat di mana pun, tapi QC harus berjalan..

tentang pintu turun, ini bukannya kerap terjadi sejak civic wonder? kurang tahu dimana masalahnya, apakah ditulang2nya yang lembek atau karena chassis yang kurang kokoh sehingga getaran mengakibatkan pintu turun. atau mungkin karena waktu dibuka, sering digelandutin..

lihat2 civic wonder, kalo didongkrak, pintu jadi susah ditutup. atau gak bisa dibuka.
kalo ane lihat, ini masalah design chassisnya yang kurang kaku, agak lentur. bukan masalah kekuatan.. imho. mungkin ada alasan teknis di sini. ane harap bukan alasah ekonomis.

shock yang sudah mantul, mungkin emang gampang rusak. atau karena beban kerja yang tinggi. coba pake shock after market.

kalo power window seret, ini sepertinya masalah design keamanan. produk honda itu, power windownya sensitif, ada tekanan sedikit langsung berhenti. ini maksudnya kalo ada anak2 maen power window, gak kejepit jendela.
kalo sering seret, kemungkinan karet railing windownya udah kotor, perlu dibersihkan atau mungkin perlu diganti. ini dilema keamanan vs kenyaman sih.. :big_peace:

tapi di situ tantangan engineer. gak bisa dengan gampangnya engineer bilang: "ini kan untuk keamanan, makanya gampang seret, ini kan untuk kenyaman penumpang"... hehehe.. harus cari solusi dong... moso dari tahun 80-an masalahnya masih itu2 aja..

sori kalo kepanjangan..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

@maskopat: good opinion.... :frm_salut: :frm_tumbright:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

yah mereka sekarang udah lomba bikin robot...
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Kalo kebanyakan orang sependapat dengan teori bahwa produk mobil yg paling bagus = yg dibuat di negara asal merek mobil tsb, maka mustinya produk2 detroit laku keras dong di USDM karena u/ konsumen USA mendingan beli produk sendiri yg "semestinya paling bagus dan paling berkualitas dibanding produk2 detroit di negara lain" daripada beli produk jepang/eropa yg menurut teori diatas adalah produk kelas dua, alias kualitas kw. Tapi Realnya malah kebalikan tuh, produk domestik "kelas1" dah kalah dari produk2 impor yg "kelas2"

Sebaliknya di pasar Eropa, Australia, China, Middle East, bahkan di Indo malah kebalikannya, produk2 Detroit yg kalo menurut teori diatas mustinya produk kelas 2/kelas kw malah laku keras misal Chevy/GMC di Middle East, Buick di China, Ford di eropa, dll
Nah pertanyaannya: Mungkin nggak sih kalo produk2 detroit yg dibikin bahkan didesain di luar USA sebenernya kualitasnya juga gak kalah dengan produk domestik US yg dibikin di US? (malah kalo ane bilang produk detroit luar US lebih bagus kali kualitasnya dari pada produk detroit u/ pasar USDM)

Jadi kesimpulannya ada 2:
Either pasar/konsumen dunia yg anomali (baca: bodoh), yg menentang hukum alam bahwa "orang selalu cari barang yg kualitasnya bagus, dan meninggalkan barang yg kualitasnya jelek"
ATAU
Teori diatas tsb mungkin kurang tepat.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by ZombiEE »

mnrt saya...buat dimana juga kurang lebih sama..palingan beda bbrp fitur..cmiiw...sampai sekarang saya tidak menemukan bukti kuat ttg merk A dgn model A yg dirakit di negara A berbeda dgn negara B kualitasnya....cmiiw
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

ZombiEE wrote:mnrt saya...buat dimana juga kurang lebih sama..palingan beda bbrp fitur..cmiiw...sampai sekarang saya tidak menemukan bukti kuat ttg merk A dgn model A yg dirakit di negara A berbeda dgn negara B kualitasnya....cmiiw
yang ane denger, beda di ketebalan plat body.. ini mungkin untuk mengejar harga.
tapi kurang tahu kebenaran informasinya.

ada yang tahu apakah Rush Terios versi export berbeda kualitas dengan yang lokal? misalnya ketebalan plat yang digunakan berbeda, material interior yang lebih tahan...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by ZombiEE »

nah..kalo terios mgkn laen cerita..secara di jepang nya itu terios nya beda dgn produk lokal disini..cmiiw..
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

afaik, ketebalan body beda untuk segelintir tipe.
misal Granmax indo dan jepang, tapi ini karena di jepang termasuk mobil komersil/angkutan blind van...cmiiw. tapi tetep aja isunya GM indo belakangan ditolak jepang karena isu quality yah.
Kalo Rush emang beda, bobot indo lebih ringan bahkan dari versi short CBU.

lainnya milih ambil celah di fitur..
Misal versi indo, sepertinya ambil celah beadin tanpa ECT, tuas rush CBU in-dash kayanya ini udah ECT.
yang parah, kayanya mobil2 kaya Avanza, Rush-terios, Granmax-luxio, ini tanpa Side impact door beam,..cmiiw

tapi kalo mobil global mulai yaris corolla camry gitu, kayanya ketebalan body ga beda...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by ZombiEE »

itu lhah oom mksdnya saya....apa corolla camry dst...yg sdh global mode masi beda kualitas?:)
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

buat model global kurang lebih sama.
paling ada defect sedikit2 yg mungkin sama terjadi di produk lain.
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

FortunerMan wrote: Captiva di rancang oleh Daewoo (ya memang milik GM, tapi tenaga Daewoo)...makanya designnya masih bau Korea, masih dibawah kualitas design CUV Jepang (CR-V, X-Trail...or even Grand Vitara).

Di kelas SUV 300-400 juta di Indonesia, masih harus memilih...mau cantik atau mau tangguh. Cantik...CR-V, X-Trail, Captiva. Mau tangguh...PS, Fort, Everest. Tidak bisa dapat dua2nya. Kalo mau cantik DAN tangguh, harus naik kelas harga ke Pajero, LC Prado atau LC. Makanya interior PS, Fortuner, Everest seadanya...tidak sebagus CR-V misalnya...karena di kelas ini belum dapet interior kelas dunia + tangguh. Jadi kalo anda bertanya...kenapa PS mahal padahal gak mewah, interior biasa, mesin kalah angka. Karena bikin mobil tangguh itu mahal...apalagi PS udah banyak pake komponen2 abangnya si Pajero.

So to even compare PS vs Captiva udah rada aneh. Kalo mau compare Captiva ya vs CR-V/X-Trail. Mau segmen disamakan ya suka2 orang aja - kalo orang yg mengerti otomotif akan tau bedanya.

Panduan sales? Ya memang sulit produk Jepang adu fitur sama produk Korea, ataupun Amerika sekalian. Sama kaya HP merek dr Guangzhou sama Nokia....berat kalo mau saingan brosur. Bayangkan saja CR-V disuruh adu brosur sama Captiva, wah tewas deh CR-V. Tapi rasa pakenya, peace of mind akan kemungkinan reliability di masa depan...beda.
desain korea dibawah japs itu kt sapa bro? audi q5 kok agak mirip2 ctv? mesin hmpr sama cm powernya lbh gede dikit (yg 2.0 TDI), harganya jgn ditanya... :glodak:
contoh laen : hyundai genesis jd "north american coty 2009", ngangkangin mobil2 amrik/euro/japs
http://oto.detik.com/read/2009/01/12/14 ... il-terbaik
http://www.cnbc.com/id/32087203
skrg kita ga bs bilang merek tertentu 'pasti/selalu' unggul dibanding merek laen... kasus per kasus bro, tergantung produk dan harganya
mbl2 korea yg jelek ada, tp yg bagus jg ga sedikit.... dulu mbl2 jepang dianggap crap di us, skrg liat aja siapa jagoan dsana
skrg korea mulai diperhitungkan, sooner or later mbl2 china jg bisa bersaing.... jaman selalu berubah dan bergerak maju

definisi tangguh itu apa bro?
mnrt gw, teori bhwa ongkos produksi suv pasti lbh mahal dr cuv adlh keliru bro
jika anda punya data dr pabrik, mari silakan dipaparkan dsini

hehehe... panduan sales itu kyknya dicetak lsg dr ktb, didlmnya berisi informasi ttg kelebihan desain/performa/fiitur/dll ps thd pesaing2nya (bukan cm fitur doank)
not a big deal lah, tp yg gw heran kok kelebihan ps thd ctv dikit skali (hmpr ga ada)? kl ada yg kenal deket ama salesnya mitsu, cb deh ditanya2 :mrgreen:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

hmm.. harga captiva masing2 varian sekarang berapa ya...
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

2.4 bensin (fwd) sktr 290-300jt
2.0 vcdi (fwd) sktr 315jt
2.0 vcdi (awd) sktr 370jt... lbh murah dr crv :ngacir:
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Audi Q5 mirip Captiva? Iya deh. Susah bicara selera - tapi kalo tau design pasti ngerti. Eropa > Jepang/Amerika > Korea > China. Tidak selalu, tapi pada umumnya begitulah. Sekali liat aja dashboard Captiva vs CRV/X-Trail udah tau....yg mana yg Korea yg mana yg Jepang.

Definisi tangguh itu apa? Hmmm...Pajero Sport...ladder frame, low gear, mesin tangguh (tangguh artinya kuat dan tahan banting...bukan adu hp). Kalo masih nggak ngerti bedanya mobil tangguh dan tidak ya google2 aja. Banyak kok penjelasan di SM juga, saya males ngetik. Kenapa Pajero Sport dipake off road dan rally...kenapa Captiva tidak. Tangguh ada harganya...bukan konsep yg sulit :P
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

kalo saya pribadi pertama di liat itu gagah enggaknya tuh mobil trus ngeliat tuh mobil beneran gagah apa cuman tampang doang yang gagah (jangan seperti Daihatsu Feroza gitu). makanya meskipun kata orang sedan itu kencang, nyaman dll., saya tetap milih tongkrongan lebih tinggi model mobil2 jip (SUV). :mrgreen:

tapi itukan bicara selera. tapi kalo bicara budget dan kebutuhan akan mobil crossover, saya tentu bakal memilih mobil yang menawarkan sesuatu yang lebih banyak khususnya hal-hal crusial (seperti kalo saya sukanya ngeliat itu depan belakang dua2nya disc apa ga, kenyamanan, etc) namun dengan harga yang cukup murah. tentu ini kalo sayanya tinggal di kota macam jakarta misalnya (yang tidak mesti begitu mikir tentang layanan purna jual). Captiva saya liat sangat worth dengan harganya (sampe sekarang masih bingung aka salut, itu captiva bisa nawarin performa mesin yahud dan bisa depan belakang disc brake).

kalo budget tidak begitu masalah, barulah cari merk (kualitas, reliabilitas dan durabilitas).

ujung2nya sih milih mobil pasti bikin bingung kecuali uang bukan masalah (mo harga berapa uang tetap ada). :mrgreen:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

zweifellos wrote:kalo saya ngeliatnya dari : "ada uang ada barang".
jadi kalo mo power dan torsi bagus dengan CC rendah namun harga tetap ekonomis, mesti ada yang dikorbankan terkecuali saingannya masang harga yang kelewat mahal (tentu juga mesti memperhatikan cost² dibidang lainnya).

sampe sekarang captiva blom terdengar punya masalah-masalah serius terutama dengan durabilitas komponen mobilnya kan?

yang kurang dari captiva yang saya liat cuman satu, nama chevrolet kurang 'dikenal' buat masyarakat kita.
gw kira2 setuju dgn opini ini. mungkin gm sengaja banyak memotong 'pemanis' utk versi basic sementara feature spt power, abd, abs dll itu tetep ada. terpulang kpd customernya mau nambah pemanis sendiri atau ga.

mungkin merk chevy dikenal, hanya ga sepopuler toyota, honda, mitsu. chevy pemain lama kok, hanya pasar nya kecil di indonesia. Dulu mungkin ada image kalo merk2 barat mesin besar, cenderung boros, lalu kalo jepang mesin kecil tenaga besar. Mungkin itu jadi salah 1 faktor yg mempengaruhi.

terus terang memang ctv ada kekurangan terutama di soal interior, sedikit kasar. Tapi kalo body dan lain2nya, hampir sama dgn xtrail/crv, tebel2 bodynya. Mungkin utk yg suka power, semua itu terlupakan ketika memijak gas nya. baru kali ini ngerasa diesel kecil tp gesit.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

Leonhearts wrote:CRV memang bagus.....tapi coba bandingkan CRV CBU dan CRV yang dijual HPM....bandingkan dan rasakan bedanya. itu mungkin yang dimaksud dengan mobil semi honda dengan honda atau semi toyota dengan toyota....Menurut gw kualitas dalam CRV dan CTV bagusan CTV tapi kalo ama xtrail CTV kalah jauh..... coba ketok dashboard keras crv dgn dashboard lembut ctv beda tuh......

klo dari pengalaman, beda crv cbu dan non cbu, terasa di feature nya bro. Mungkin kualitas material, kita terasa beda krn sugesti secara cbu atau ga nya. Mungkin lho. Utk soal lembut/keras interior, tiap brand memang beda. Mungkin pengerjaan interiornya ctv masih kurang halus dikit (jika material kurang bagus, asal pengerjaan ok, mungkin masih baiklah). Tp it's okay bro, krn di crv gen1 dulu gw menemui hal ini, itu merk honda lho.

Leonhearts wrote:Captiva seharusnya tidak bisa dibandingkan PS atau FORTIE biarpun sama2 solar dan 7seater....tapi dari semua pembeli mobil hanya 10% yang hanya ngerti mobil, jadi sah2 aja sales bandingkan..pembeli tanya paling irit ga, kencang, harga jual berapa......ga penting monokok atau ladder frame, ga penting tangguh atau tidak(buktinya orang dunia prefer sedan dari pada truk), dan 90% orang beli mobil untuk perkotaan juga......

bener, memang ga bs di bandingin secara spec sasis dll (tp berhubung TS nya buat topic, jadi dibandingin hehehe), namun gw setuju pembeli mobil mau merk apa pun rata2 pasti nanya seputar yg disebut. Jarang ada yg nanya sasis apa, kaki nya model apa. Bukan ga ada, tapi jarang. Misalnya *utk gambaran aja* ketika landcruiser vx 100 keluar, apa banyak yang ribet tentang kaki2nya independent ga se rigid vx80?

Rata2 produsen mobil pasti sudah memperhitungkan standard kekuatan mobilnya utk dipakai sewajarnya. Kalo mobil dipake terus menerus dijln rusak, tentunya reliability/durabilitynya terpengaruh.
spt yg dibilang bro zweifellos, blm ada info tentang masalah kerusakkan serius tentang ctv. Gw jg kadang2 search di forum2 lain. Yg gw alamin sejauh 10rbkm, berikut di daerah yg belum jadi di jalan (ada foto nya di page2 lain), ga nemu problem. spt yg dibilang beberapa ahli di SM, sasis mudah patah/bengkok, gw ga alami itu. Lalu mengenai ke 'parno'an solar lokal, mesinnya sampe skrg masih baik.

Leonhearts wrote:.ga semua merek varian daewoo jelek,, ga juga semua mobil varian toyota dan honda bagus apalagi semi toyota dan honda sekarang....

gw pernah pk merk korea, hyundai. 5 thn pemakaian dari baru, diukur dgn civic yg gw pernah pake juga dari baru, kondisi kurang lebih sama. di negara sebelah, oz, kia/hyundai/daewoo lumayan. bahkan iklan Kia di tv sana sering muncul. disini jarang iklan hyundai. Mungkin krn loyalitas umumnya org indo thd merk jepang lebih tinggi, jd kalo liat merk baru agak illfeel. Pasti org2 hyundai/daewoo/kia, jg mikir thd perilaku pasar indonesia, ga mungkin gencar promosi kalo pasar nya kurang antusias.
Dulu merk jepang jg dilihat sebelah mata, mungkin skrg merk korea lagi mengalami itu. Kita ga tau nantinya bagaimana. memang terkadang design org korea agak 'lain', untungnya itu ga terjadi di design captiva, krn asuhan GM, bukan daewoo sendiri. Skrg new santa fe, sudah berubah jauh.
Kalo di chevy, dulu pernah pk trooper, body keras, interior lebih halus dr ctv, tp power nya boyo (isuzu 2.4ltr). Nah kalo ctv diesel kebalikkannya hehehe...

wkt ctv bensin muncul, gw ga tertarik. Ketika versi diesel muncul, bole jg, seukuran crv/harrier tp diesel, blm ada. merk? ga jelek2 amat, resale value? ah sudahlah, bukan utk investment. itu sih pikiran wkt liat2 dulu.

yg dibilang bro leon ada benernya, mobil2 skrg agak beda dari seblmnya, ga sekuat yg dulu.

klo topic nya, mungkin gini:
42ner d4d body besar, sasis hilux, power band rendah, merk popular dan istilahnya mau tuker oli toko pinggir jalan jg bisa, krn saking banyaknya spt kijang.
everest body besar, ranger, power band menengah, merk kurang populer.
captiva vcdi, body lebih kecil dikit (kalah tinggi), sasis theta/monokok, power tinggi, merk kurang populer.

yg mau merk pilih 42ner d4d, tengah2 everest, mau gesit ctv.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

roadtrain99 wrote:terus terang memang ctv ada kekurangan terutama di soal interior, sedikit kasar. Tapi kalo body dan lain2nya, hampir sama dgn xtrail/crv, tebel2 bodynya. Mungkin utk yg suka power, semua itu terlupakan ketika memijak gas nya. baru kali ini ngerasa diesel kecil tp gesit.
bagian tebal itu khususnya buat sopir yang nyetir mobil jarak jauh dengan kondisi ga ada tol terlebih pas kondisi jalanan cukup rame. jadi mesti bisa nyalip mobil di depan dengan cukup mudah. bawa sedan enak buat nyalip tapi ga cocok buat jadi mobil keluarga ke luar kota yang jalanannya bisa jadi berlobang-lobang kadang cukup dalam. seperti jalan di sumatera utara. begitu juga masalah kapasitas ruangan, sedan sangat terbatas sedang suv model captiva lebih luas.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Leonhearts »

klo dari pengalaman, beda crv cbu dan non cbu, terasa di feature nya bro. Mungkin kualitas material, kita terasa beda krn sugesti secara cbu atau ga nya. Mungkin lho. Utk soal lembut/keras interior, tiap brand memang beda. Mungkin pengerjaan interiornya ctv masih kurang halus dikit (jika material kurang bagus, asal pengerjaan ok, mungkin masih baiklah). Tp it's okay bro, krn di crv gen1 dulu gw menemui hal ini, itu merk honda lho.
coba kasi orang yang ga tau cbu atau non cbu naik crv yang cbu dan non cbu...you can feel the total different not only by the feature but all the material.....kalo mesin qcnya sih pasti sama....
Definisi tangguh itu apa? Hmmm...Pajero Sport...ladder frame, low gear, mesin tangguh (tangguh artinya kuat dan tahan banting...bukan adu hp). Kalo masih nggak ngerti bedanya mobil tangguh dan tidak ya google2 aja. Banyak kok penjelasan di SM juga, saya males ngetik. Kenapa Pajero Sport dipake off road dan rally...kenapa Captiva tidak. Tangguh ada harganya...bukan konsep yg sulit :P

saya jamin 90% orang beli mobil goggling bukan ketik "MOBIL TANGGUH TAHAN BANTING GA RUSAK".....orang beli ps sekarang waktu di pameran bukan diliat dari tangguh tapi design luar dalamnya, waktu test drive orang2 juga bilang tenaganya gimana, bantingannya gimana, sparepartnya gimana, harga jualnya gimana, irit ga, kencang ga ..... dan yang pasti 90% orang beli captiva dan fortuner ga pake untuk off road dan rally.......masa beli mobil mahal2 untuk off road......captiva juga sudah mengikuti tantangan 500.000km tanpa ada kerusakan berarti.....kita harus ngomong fakta di lapangan daripada ama segelintir orang yang hanya ngerti otomotif......dan sedan sebenarnya bukan mobil tangguh dan offroad tapi tetap aja di dunia penjualannya nomor 1.....
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

Mumpung lagi ngomongin GM Daewoo (GM DAT):
GMDAT itu agak sedikit beda dibanding dengan produsen2 lain yg bikin mobil "lokal" untuk pasar tertentu. Sebelumnya sori2 dulu kalo ada yg tersungging, ane cuma mao memaparkan pendapat ane ajah :mrgreen: .....

Bedanya GMDAT dengan Ford Europe, Nissan Regional Project bareng Nissan Dongfeng (yg bikin livina), IMV nya Toyota, Mitsu regional project (yg bikin PS), DLL..... kalo menurut ane adalah:
1. Beda karakteristik produknya: Pada saat GM akuisisi GM Daewoo thn 00an yg lalu, GM Daewoo sebenernya adalah salah satu pemain besar otomotif korea yg nama produknya adalah "DAEWOO". Jadi GM bukan bikin project ini dari nol, melainkan GM cuma ambil sebagian besar kepemilikan suatu pabrikan otomotif yg udah ada, yg udah menjadi bagian hidup/budaya/identitas bangsa korea dengan merek Daewoo-nya.
GM juga pas beli pabrik Daewoo, gak layoff semua pegawainya dan bikin/desain mobil yg khas GM dari baru....melainkan GM membiarkan produk2 Daewoo tetep dijual, temasuk produk2 yg udah dalam tahap design untuk tetep dilanjutkan ke jalur produksi. Desain dan teknologi mobil sebagian besar juga tetep di serahkan ke tangan koreans.
IMO, GM juga bukan 100% pemilik dari Daewoo/GMDAT ini, GM cuma punya majority stake di Daewoo, kalo engga salah sekitar 30% sahamnya masih dipegang sama perush2 korsel makanya merek dan mobil2 Daewoo masih hidup subur di jalan2 korsel hingga saat ini karena mungkin GM gak diijinkan untuk mengganti badge "Daewoo" dengan "Chevrolet" nya karena mungkin masalah pridenya orang korea bahwa mobil nasionalnya gak diganti jadi merek US, juga mungkin ada deal2 tertentu antara GM-Daewoo yg kita gak tau.

Fenomena spt ini beda dengan dengan misalnya Ford Europe yg boleh pake merek "Ford" walaupun mobil didesain dan dibikin di Eropa, yg sama sekali beda dari produk2 Ford US. Kenapa? Mungkin Ford Europe adalah bener2 turunan-nya Ford US. Dibikinnya Ford Europe karena Ford US melihat bahwa pasar europe yg sangat potensial tapi konsumennya punya selera yg sangat berbeda dengan konsumen US, makanya dibikin lah produk yg "sesuai". Memang Ford beli british leyland untuk keperluan ekspansinya ke Eropa, tapi mereka gak membiarkan british leyland mendesain/membuat produk2 ford europe di sono seperti GM membiarkan Daewoo. Begitu juga kasusnya dengan GM Holden.

Makanya banyak yg bilang bahwa mobil2 keluaran GMDAT itu masih terlihat spt mobil korea (walaupun pake merek Chevy) KARENA memang mobil2 tersebut didesain oleh orang2 korea, pake teknologi korea di pabrik DAEWOO yg sampe sekarang masih berjalan dan engga pernah putus produksi sejak jaman Daewoo jadul (yg pure daewoo) dan juga dijual sebagai mobil korea dengan badge korea-nya (mungkin analoginya mirip dengan toyota rush dan daihatsu terios yg pada hakikatnya adalah cuma 1 mobil yaitu Daihatsu Terios, gak ada itu yg namanya toyota rush, alias toyota rush itu cuma "tipuan" merek)

Beda dengan ford europe, toyota imv, mitsu's ps yg sengaja dibuat oleh pabrikannya untuk masuk ke suatu pasar/disesuaikan ke suatu pasar supaya harga lebih terjangkau, tapi teknologi dan parts banyakan masih disupport sama pabrikannya masing2.
Mereka2 itu (ford/toy/nissan/mitsu) enggak beli satu merek, dan menyuruh merek tsb tetep berproduksi spt biasa sekalian nyumbang produk sehingga ford/toyota/mitsu/nissan bisa masuk ke pasar yg baru. Toyota lakukan hal yg persis spt GM ini di produk Rushnya, bukan produk Innova nya.
Memang pasti ada sumbangan GM ke Daewoo, tapi kayaknya sedikit banget.......

2. GM gak nyumbang teknologi yg signifikan: Kenapa ane bilang bahwa sumbangan GM ke Daewoo sedikit? karena IMO GM tuh gak punya banyak pengalaman bikin produk2 masal yg kecil dan efisien, padahal pasar asia lebih butuh mobil2 dgn mesin kecil (tapi power cukup) daripada mesin V6 dan V8 yg selama ini jadi jagoan mereka. Mereka gak punya mesin2 cc kecil yg efisien apalagi mesin diesel. Sedangkan waktu itu juga Daewoo terancam bangkrut karena produknya monoton dan kurang teknologi tinggi (Daewoo jadul pre GM juga pake chassis GM tapi dari yg model yg udah di diskontinue di US-nya).

Gimana ngatasinnya? GM mulai kanibal aja alias comot sana sini mesin dari hasil nebeng GM ke pabrikan lain, misalnya mesin ECOTEC (hasil nebeng dengan Opel), mesin DTEC/Etec (hasil nebeng sama Holden), malahan untuk mesin captiva/cruze/optra diesel, GM beli mesin dari third party yaitu VM Motori.

3. Perbedaan filosofi: Ford Europe, toyota IMV, Nissan, Mitsu bikin produk regional/lokal mereka untuk nembusin pasar suatu daerah tertentu, makanya produk2 mereka hanya bisa ditemukan di sebagian region aja. Market nya aja yg beda2 Ford mau membidik pasar sophisticated nya europe, sedangkan toyota, nissan, mitsu mao membidik pasar negara berkembang dengan produk2 yg lebih terjangkau. SEDANGKAN kalo GM, IMO, bukan hanya mao membidik satu daerah tertentu, tapi juga mao mulai ekspansi ke mobil2 kecil, karena mereka gak jago bikin mobil kecil2......makanya produk2 GM DAT gak hanya dijual di daerah tertentu aja, melainkan ada di hampir seluruh penjuru dunia.

Intinya, mungkin masih wajar kalo produk GM DAT masih ada yg bilang bahwa itu produk Korea karena alasan2 diatas (spt juga banyak yg bilang toyota Rush itu adalah sebuah Daihatsu), tapi sah2 juga disebut produk amerika karena memang badgenya adalah sebuah Chevrolet.

Terlepas dari masalah kualitas, image, harga, dll.....mungkin juga sesungguh-sungguhnya merek2 korea tsb udah gak beda sama produk jepang/amerika/eropa, tapi pabrikan2 korea sendirilah yg masih mengganggap produknya sedikit lebih rendah daripada produk2 jepang/amerika/eropa sekelas terbukti dari mereka agak enggan head to head di soal harga jual. Sebagian besar produsen Korea masih pasang harga jual sedikit dibawah kompetitor jepang/eropa/amrik., mungkin karena itu pula di masyarakat luas masih ada stigma negatif ttg mobil korea. Tapi bukan gak mungkin dalam waktu dekat ini produk2 korea bakalan sejajar dengan produk negara2 lain, itu tinggal nunggu waktu aja koq :mrgreen: