Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by €lj€p€ »

Dulu X-trail pernah ada yang versi 4x4.. itu penganut faham yang mana ya, Part Time, Full Time, AWD?
Kalau Audi lebih aneh lagi ya... Ada Audi Avant Allroad, Audi Quattro, Audi Q7 SUV, Audi Q5 CrossOver... secara teknologi mungkin sama dengan VW 4Motion...
Dari Solo ke Oslo
Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by Risol1 »

zweifellos wrote: apakah memang ada pengaruh signifikan di handling pas cornering antara AWD dan 4x2? kalo dari web yg dikasih om topspeed, AWD ataupun 4WD hanya memberi bantuan sedikit saat cornering.
Kalo jalanannya kering, mobil jalannya pelan, tikungannya normal, lalu juga roda dibelokkin dengan smooth (bukan disentak kaya lagi emergency), mungkin engga berasa antara AWD dan 4x2.......dan karena scenario seperti ini terjadi lebih sering (terutama di negara tropis dan macet mulu kaya indo), maka kadang2 kita engga berasa beda kedua sistem tsb.
Tapi kalo jalanan basah, apalagi licin, mobil juga jalan cukup kencang dan setir dibelokin secara mendadak (karena emergency misal menghindar object di depan, atau pas belokan menghindari jurang, dll) mungkin sistem AWD berasa juga kontribusinya, selain kerjasama dari sistem2 elektronis lain misal traction/stability control, rem ABS, dll......

IMO, hakikatnya AWD diciptain buat menyempurnakan driving experience di kondisi on road. Tapi karena sekarang teknologi makin lama makin canggih, bbrp sistem AWD juga mampu dipake untuk soft offroad/offroad beneran sekalipun misal dengan penambahan fitur diff lock, dsb
Juga IMO lagi sistem AWD selain dikembangkan ke arah off road capability, dia juga banyak dikembangkan untuk enhanced on road capability, misal contohnya di Honda punya SH-AWD......mereka memadukan sistem AWD dengan "super handling", jadi misal kalo mobil lagi jalan pelan dan setir diputer ke kiri sebanyak 45 derajat, ,maka ban berbelok sebanyak 10 derajat misalnya. Tapi kalo lagi jalan kenceng, putaran setir 45 derajat, engga membelokkan ban sebanyak 10 derajat, melainkan cuma 5 derajat.......
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by GTR »

kaya semacam fitur S-AWC di mobil2 rally EVO atau STi gitu.
S-AWC ini 4WD untuk 3 mode : tarmac/gravel/snow.
tarmac/snow buat Attesa ETS.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by maskopat »

GTR wrote:kaya semacam fitur S-AWC di mobil2 rally EVO atau STi gitu.
S-AWC ini 4WD untuk 3 mode : tarmac/gravel/snow.
tarmac/snow buat Attesa ETS.
mode di evo ini cuman masalah pembagian torsi ke gardan depan dan belakang. ada yang 70:30, 50:50, 30:70.. untuk perbandingan gardan depan dan belakang..
kalo gak salah, snow yang 70:30, gravel 50:50. tarmac 30:70.. imho..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by GTR »

bisa jadi bro....
maksudnya mereka2 ini essentially AWD on-road aliran kompleks-canggih yg flexible yg bisa offroad soft & slippery.... keliatan juga di berbagai pilihan mode2 tadi.

yah mode2 aliran canggih lain : "crawl" / "HDC" ga disediakan, karena percuma buat mobil ceper yg hi-speed & non-curam.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by Risol1 »

GTR wrote:bisa jadi bro....
maksudnya mereka2 ini essentially AWD on-road aliran kompleks-canggih yg flexible yg bisa offroad soft & slippery.... keliatan juga di berbagai pilihan mode2 tadi.

yah mode2 aliran canggih lain : "crawl" / "HDC" ga disediakan, karena percuma buat mobil ceper yg hi-speed & non-curam.
Tapi bro mobil saya coupe AWD udah pake sport package (pelek 18), dapet std HDC juga tuh.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by roadtrain99 »

Risol1 wrote: contohnya di Honda punya SH-AWD......mereka memadukan sistem AWD dengan "super handling", jadi misal kalo mobil lagi jalan pelan dan setir diputer ke kiri sebanyak 45 derajat, ,maka ban berbelok sebanyak 10 derajat misalnya. Tapi kalo lagi jalan kenceng, putaran setir 45 derajat, engga membelokkan ban sebanyak 10 derajat, melainkan cuma 5 derajat.......
aws nya maestro?
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by roadtrain99 »

billyd1773dz wrote: yup kan 4H partime TIDAK boleh di pakai di aspal........ jgn kan U turn belok dikit aja klw di paksa pasti cekitcekitt....

makanya di buat fulltime dia nyala terus 4x4 tapi center diffnya open, sehingga dia aman di pke diaspal.. boleh di adu sama AWD deh...
biasanya 4x4 otomatis selalu ada delaynya,dia selalu slip dulu baru mengkoreksi.


thx
:beer:
nah, gw ga tau d. tp dr instructions nya boleh, hard surface using 4H. pas dulu sih gw coba, u turn ga cekit cekit gitu, cuma muter nya berat. lari 120kmh lurus, ga terlalu kerasa beda. paling sentakan bawah jadi lebih galak aja.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

roadtrain99 wrote:
billyd1773dz wrote: yup kan 4H partime TIDAK boleh di pakai di aspal........ jgn kan U turn belok dikit aja klw di paksa pasti cekitcekitt....

makanya di buat fulltime dia nyala terus 4x4 tapi center diffnya open, sehingga dia aman di pke diaspal.. boleh di adu sama AWD deh...
biasanya 4x4 otomatis selalu ada delaynya,dia selalu slip dulu baru mengkoreksi.


thx
:beer:
nah, gw ga tau d. tp dr instructions nya boleh, hard surface using 4H. pas dulu sih gw coba, u turn ga cekit cekit gitu, cuma muter nya berat. lari 120kmh lurus, ga terlalu kerasa beda. paling sentakan bawah jadi lebih galak aja.
mungkin maksud om roadtrain99 dengan 4H itu adalah 4H full-time? yang saya ngerti, 4WD part-time (ntah itu 4H nya tau 4L nya) ga boleh digunakan di hard surface (bisa sih bisa, tapi bisa merusak komponen-kompenen yang terhubung dengan roda).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:
Risol1 wrote: contohnya di Honda punya SH-AWD......mereka memadukan sistem AWD dengan "super handling", jadi misal kalo mobil lagi jalan pelan dan setir diputer ke kiri sebanyak 45 derajat, ,maka ban berbelok sebanyak 10 derajat misalnya. Tapi kalo lagi jalan kenceng, putaran setir 45 derajat, engga membelokkan ban sebanyak 10 derajat, melainkan cuma 5 derajat.......
aws nya maestro?
Beda bro, 4ws itu teknologi jadul, yg keempat rodanya belok ke arah yg sama waktu setir diputer. Misal setir diputer ke kanan, maka keempat roda bakal berputer ke kanan (tentunya roda belakang gak "sepatah" beloknya roda depan).

Kalo SH AWD beda lagi. Pnjelasannya kira2 mungkin sperti quote diatas
IMO, Jadi kalo lagi jalan pelan, mobil steeringnya bisa lincah banget (nimble gitu)...setir digoyang dikit, mobil ngikutin setir, tapi sebaliknya kalo lagi jalan di tol/kenceng, setir gak terlalu responsif ke gerakan setir....mungkin buat ningkatin kenyaman cruising serta keamanan kali :mrgreen:
Cara kerjanya mungkin mirip2 sama BMW's active steering
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

Risol1 wrote:Juga IMO lagi sistem AWD selain dikembangkan ke arah off road capability, dia juga banyak dikembangkan untuk enhanced on road capability, misal contohnya di Honda punya SH-AWD......mereka memadukan sistem AWD dengan "super handling", jadi misal kalo mobil lagi jalan pelan dan setir diputer ke kiri sebanyak 45 derajat, ,maka ban berbelok sebanyak 10 derajat misalnya. Tapi kalo lagi jalan kenceng, putaran setir 45 derajat, engga membelokkan ban sebanyak 10 derajat, melainkan cuma 5 derajat.......
fungsinya apa ya om sistem kerja dari SH-AWD ini? maksudnya dari yang saya tebalin itu (dari contoh 10 derajat menjadi 5 derajat). bukannya jadi membingungkan om, kitanya mikir mobil udah belok sesuai prediksi kita, eh ternyata putaran setirnya masih kurang buat membelokkan mobil sesuai keinginan kita (biar mengikuti lintasan jalan)? thanks before.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by Risol1 »

zweifellos wrote:
Risol1 wrote:Juga IMO lagi sistem AWD selain dikembangkan ke arah off road capability, dia juga banyak dikembangkan untuk enhanced on road capability, misal contohnya di Honda punya SH-AWD......mereka memadukan sistem AWD dengan "super handling", jadi misal kalo mobil lagi jalan pelan dan setir diputer ke kiri sebanyak 45 derajat, ,maka ban berbelok sebanyak 10 derajat misalnya. Tapi kalo lagi jalan kenceng, putaran setir 45 derajat, engga membelokkan ban sebanyak 10 derajat, melainkan cuma 5 derajat.......
fungsinya apa ya om sistem kerja dari SH-AWD ini? maksudnya dari yang saya tebalin itu (dari contoh 10 derajat menjadi 5 derajat). bukannya jadi membingungkan om, kitanya mikir mobil udah belok sesuai prediksi kita, eh ternyata putaran setirnya masih kurang buat membelokkan mobil sesuai keinginan kita (biar mengikuti lintasan jalan)? thanks before.
Gak tau ya mungkin tiap orang beda2:
Tapi kalo saya sih gak bisa setiap kali pasti tau berapa derajat setir harus diputer supaya ban mobil berputar sesuai dengan yg kita inginkan. Yg saya biasa lakukan adalah kalo memang mobil belum berhasil belok dengan baik, ya diputer lagilah setirnya (tambahin putarannya)......alias pake feeling aja gitu.

Pabrikan juga pastinya udah ngitung rasio perbedaan putaran setirnya supaya gak malahan bikin susah pemiliknya. Soalnya kalo lagi cruising dengan kecepatan cukup tinggi biasanya kita engga pengen mobil kita terlalu agresif setirnya (setir di toel dikit, mobil belok), Tapi kalo lagi padat merayap, kita pengennya mobil kita lebih nimble...... kan enak tuh kalo mao selap selip :mrgreen:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by roadtrain99 »

Risol1 wrote:
roadtrain99 wrote:
Risol1 wrote: contohnya di Honda punya SH-AWD......mereka memadukan sistem AWD dengan "super handling", jadi misal kalo mobil lagi jalan pelan dan setir diputer ke kiri sebanyak 45 derajat, ,maka ban berbelok sebanyak 10 derajat misalnya. Tapi kalo lagi jalan kenceng, putaran setir 45 derajat, engga membelokkan ban sebanyak 10 derajat, melainkan cuma 5 derajat.......
aws nya maestro?
Beda bro, 4ws itu teknologi jadul, yg keempat rodanya belok ke arah yg sama waktu setir diputer. Misal setir diputer ke kanan, maka keempat roda bakal berputer ke kanan (tentunya roda belakang gak "sepatah" beloknya roda depan).

Kalo SH AWD beda lagi. Pnjelasannya kira2 mungkin sperti quote diatas
IMO, Jadi kalo lagi jalan pelan, mobil steeringnya bisa lincah banget (nimble gitu)...setir digoyang dikit, mobil ngikutin setir, tapi sebaliknya kalo lagi jalan di tol/kenceng, setir gak terlalu responsif ke gerakan setir....mungkin buat ningkatin kenyaman cruising serta keamanan kali :mrgreen:
Cara kerjanya mungkin mirip2 sama BMW's active steering
Ralat, maksudnya SH awd nya legend, bukan maestro

Mungkin sedikit oot, pas legend di test dgn 530i dan audi di circuit, anehnya si legend justru kurang gesit.

Bukannya aws spt roda dpn belok kiri lalu yg belakang ke berputar ke kanan dikit biar dpt sudut lebih tajam. Ada nih beberapa truk bus besar pk sistem ini.

Ah back to the topic lagii
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

1. Nanya lagi om (udah ditanya di thread PS tapi masih blom tuntas). Differential itu adanya cuman di gardan aja ya om? Jadi misalnya di mobil kijang penggerak roda belakang, jadi differential hanya ada di gardan belakang? Trus di bagian depan apakah tidak ada differential? Kalau tidak berarti pas belokan bakal slip salah satu roda (jadi kedua roda depan tetap berputar dengan rpm yang sama saat di tikungan)?
2. Freewheel hub itu apa sih om? Adanya barang ini di roda kah? Trus fungsinya buat apa sih om? Ada hubungannya ke sistem penggerak empat roda ga ya?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by €lj€p€ »

zweifellos wrote:1. Nanya lagi om (udah ditanya di thread PS tapi masih blom tuntas). Differential itu adanya cuman di gardan aja ya om? Jadi misalnya di mobil kijang penggerak roda belakang, jadi differential hanya ada di gardan belakang? Trus di bagian depan apakah tidak ada differential? Kalau tidak berarti pas belokan bakal slip salah satu roda (jadi kedua roda depan tetap berputar dengan rpm yang sama saat di tikungan)?
2. Freewheel hub itu apa sih om? Adanya barang ini di roda kah? Trus fungsinya buat apa sih om? Ada hubungannya ke sistem penggerak empat roda ga ya?
Differential hanya digunakan untuk gardan yang mendapat tenaga dari mesin.
RWD = Rear Wheel Drive.. artinya tenaga dari mesin disalurkan ke gardan belakang.. nah disitu ada differential. Di depan tidak ada gardan. Roda depan kanan dan kiri bebas.
FWD = Front Wheel Drive.. artinya tenaga dari mesin disalurkan ke gardan depan.. nah disitu ada differential. Di belakang tidak ada gardan. Roda belakang kanan dan kiri bebas.
AWD / Full Time = selain di kedua gardan depan dan belakang, ada lagi di kopel tengah yang untuk memisahkan antara gardan depan dan gardan belakang.
Kalau part time 4x4 tidak ada differential di kopel tengah.. oleh sebab itu tidak bisa digunakan di jalan biasa (aspal) dimana ke 4 rodanya mengigit jalan dengan kecepatan sama.. ini bahaya.

2. Freewheel hub : di sistem 4x4 part time yang menggunakan gardan belakang... biasanya ada freewheel hub. Gunanya untuk menyambungkan (lock) gardan depan ke roda depan pada saat dipasang 4L atau 4H (enggaged). Kalau sedang 2H, freewheel ini didalam posisi Free sehingga gardan tidak membebani roda.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by asudarsono »

Halo Roadtrain99, apa kabar.

Mobil AWD emang pada dasarnya akan understeer makanya akan terasa kurang gesit. Kalau mau ngebut, cara pengendaliannya jauh beda ama penggerak dua roda.

Kalau AWS, saya belum lihat manfaatnya. Banyak cara lain untuk bikin mobil lincah namun stabil
Ready to Race
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

€lj€p€ wrote:Differential hanya digunakan untuk gardan yang mendapat tenaga dari mesin.
RWD = Rear Wheel Drive.. artinya tenaga dari mesin disalurkan ke gardan belakang.. nah disitu ada differential. Di depan tidak ada gardan. Roda depan kanan dan kiri bebas.
FWD = Front Wheel Drive.. artinya tenaga dari mesin disalurkan ke gardan depan.. nah disitu ada differential. Di belakang tidak ada gardan. Roda belakang kanan dan kiri bebas.
Maksudnya bebas di situ roda kiri dan kanan bisa berputar dengan kecepatan putar yang beda ya om?
€lj€p€ wrote: AWD / Full Time = selain di kedua gardan depan dan belakang, ada lagi di kopel tengah yang untuk memisahkan antara gardan depan dan gardan belakang.
Jadi itu AWD fulltime (misal seperti di beberapa mobil compact SUV) ama 4WD fulltime (di mobil 4x4 seperti Pajero Sport) sama persis ya om? Apa ada beda, misal di beda pengaturan torsi gardan depan dan belakang? Yang saya tau, AWD fulltime (misal punya Captiva) sistem pembagian torsi depan belakangnya di atur ECU. Trus gimana dengan sistem pengaturan torsi antara depan dan belakang di 4WD fulltime (di mobil 4x4 yang punya part-time)? Apakah diatur oleh ECU juga?
€lj€p€ wrote: Kalau part time 4x4 tidak ada differential di kopel tengah.. oleh sebab itu tidak bisa digunakan di jalan biasa (aspal) dimana ke 4 rodanya mengigit jalan dengan kecepatan sama.. ini bahaya.
semakin saya pikir, filosofi ini lebih ke "yang penting bagi rata" demi "mengamankan" jalannya mobil di medan off-road seperti lumpur? kadang saya suka dibingungkan lebih bagus mana, 4x4 fulltime dengan 4x4 parttime di medan lumpur licin misalnya. saya mikirnya kalo 4x4 fulltime punya keuntungan pembagian toris depan dan belakang bisa beda, jadi pas dilumpur kalo roda belakang (dua-duanya) nyangkut, torsi dilimpahkan semuanya ke roda depan (jadi full tenaga mobilnya dibanding parttime yang cuman 1/2 tenaga full kalo 2 roda belakang slip misalnya).

masih suka bingung saya dengan topik ini. :big_slap:
€lj€p€ wrote: 2. Freewheel hub : di sistem 4x4 part time yang menggunakan gardan belakang... biasanya ada freewheel hub. Gunanya untuk menyambungkan (lock) gardan depan ke roda depan pada saat dipasang 4L atau 4H (enggaged). Kalau sedang 2H, freewheel ini didalam posisi Free sehingga gardan tidak membebani roda.
masih belum ngerti betul nih om. jadi maksudnya di sistem 4x4 parttime yang pake penggerak roda belakang, ada freewheel hub yang posisinya di gardan depan? atau di gardan belakang om posisinya di kondisi ini? trus freewheel hub nya itu menghubungkan gardan ke roda-roda gardan (misal gardan depan ke roda kiri dan kanan)?
€lj€p€ wrote:Kalau sedang 2H, freewheel ini didalam posisi Free sehingga gardan tidak membebani roda.
maksudnya gimana ini ya om, freewheel dalam posisi free? trus bisa tidak membebani roda?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by €lj€p€ »

zweifellos wrote:
€lj€p€ wrote:Differential hanya digunakan untuk gardan yang mendapat tenaga dari mesin.
RWD = Rear Wheel Drive.. artinya tenaga dari mesin disalurkan ke gardan belakang.. nah disitu ada differential. Di depan tidak ada gardan. Roda depan kanan dan kiri bebas.
FWD = Front Wheel Drive.. artinya tenaga dari mesin disalurkan ke gardan depan.. nah disitu ada differential. Di belakang tidak ada gardan. Roda belakang kanan dan kiri bebas.
Maksudnya bebas di situ roda kiri dan kanan bisa berputar dengan kecepatan putar yang beda ya om?

ELJEPE : Iya betul.. coba saja diangkat... bukan hanya kecepatan yang berbeda tetapi juga arahnya, coba saja yang kanan putar kedepan, yang kiri putar kebelakang... bebas khan.
€lj€p€ wrote: AWD / Full Time = selain di kedua gardan depan dan belakang, ada lagi di kopel tengah yang untuk memisahkan antara gardan depan dan gardan belakang.
Jadi itu AWD fulltime (misal seperti di beberapa mobil compact SUV) ama 4WD fulltime (di mobil 4x4 seperti Pajero Sport) sama persis ya om? Apa ada beda, misal di beda pengaturan torsi gardan depan dan belakang? Yang saya tau, AWD fulltime (misal punya Captiva) sistem pembagian torsi depan belakangnya di atur ECU. Trus gimana dengan sistem pengaturan torsi antara depan dan belakang di 4WD fulltime (di mobil 4x4 yang punya part-time)? Apakah diatur oleh ECU juga?

ELJEPE : Maaf dalam hal ini pengetahuan saya terbatas. Seingat saya 4x4 Fulltime tidak diatur oleh ECU.. jadi hanya differential yang di set pabrik berapa persen depan dan berapa persen belakang (tapi hanya satu perbandingan, tidak bervariasi). Caranya saya juga tidak tahu....
€lj€p€ wrote: Kalau part time 4x4 tidak ada differential di kopel tengah.. oleh sebab itu tidak bisa digunakan di jalan biasa (aspal) dimana ke 4 rodanya mengigit jalan dengan kecepatan sama.. ini bahaya.
semakin saya pikir, filosofi ini lebih ke "yang penting bagi rata" demi "mengamankan" jalannya mobil di medan off-road seperti lumpur? kadang saya suka dibingungkan lebih bagus mana, 4x4 fulltime dengan 4x4 parttime di medan lumpur licin misalnya. saya mikirnya kalo 4x4 fulltime punya keuntungan pembagian toris depan dan belakang bisa beda, jadi pas dilumpur kalo roda belakang (dua-duanya) nyangkut, torsi dilimpahkan semuanya ke roda depan (jadi full tenaga mobilnya dibanding parttime yang cuman 1/2 tenaga full kalo 2 roda belakang slip misalnya).

masih suka bingung saya dengan topik ini. :big_slap:

ELJEPE : Pengetahuan anda sudah benar, tetapi kalau ditanya mana lebih baik ... susah juga.. pastinya yang konventional.. lebih murah dan lebih mudah diperbaiki.. jadi cocok untuk kendaraan proyek atau hobbyist. Sebagai hobbyist, bermain di lumpur itu juga dengan harapan masih ada bantuan teman seperjuangan... disitulah timbul persahabatan. Jadi kalau dua roda belakang masuk lumpur, roda depan akan membantu tetapi roda belakang di genjot oleh teman-2 yang lain. Kalau masih belum bisa juga, mobil lain akan membantu dengan menggunakan winch... disitulah terjadi keakraban sesama hobbyist.
Kalau Fulltime, lebih diarahkan untuk kendaraan sehari-hari terutama untuk daerah yang sering diliput salju selama beberapa bulan, tetapi setelah musim kemarau masih bisa digunakan dan (mungkin saya salah) hanya ada di mobil-2 mahal. Jadi semua diatur oleh teknologi.
€lj€p€ wrote: 2. Freewheel hub : di sistem 4x4 part time yang menggunakan gardan belakang... biasanya ada freewheel hub. Gunanya untuk menyambungkan (lock) gardan depan ke roda depan pada saat dipasang 4L atau 4H (enggaged). Kalau sedang 2H, freewheel ini didalam posisi Free sehingga gardan tidak membebani roda.
masih belum ngerti betul nih om. jadi maksudnya di sistem 4x4 parttime yang pake penggerak roda belakang, ada freewheel hub yang posisinya di gardan depan? atau di gardan belakang om posisinya di kondisi ini? trus freewheel hub nya itu menghubungkan gardan ke roda-roda gardan (misal gardan depan ke roda kiri dan kanan)?
€lj€p€ wrote:Kalau sedang 2H, freewheel ini didalam posisi Free sehingga gardan tidak membebani roda.
maksudnya gimana ini ya om, freewheel dalam posisi free? trus bisa tidak membebani roda?
ELJEPE : kalau 4x4 gardan belakang, freewheel hub ya didepan. Kalau 4x4 gardan depan, maaf, saya tidak tahu apakah ada freewheel hub dibelakang.
Hubungannya seperti ini : Di transfer case ada gigi yang bisa dipasang dan bisa dilepas oleh tuas kecil di kabin. Dari gigi itu ada batang yang menuju gardan. Di gardan ada gigi yang terhubung dengan batang dari transfer case dan ada gigi yang terhubung dangan batang dari roda. Kedua gigi tersebut berada dalam posisi yang berbeda. Ini yang disebut Ring & Pinions. Meskipun di transfer case dalam posisi yang terlepas (2H), masih ada batang yang ke gigi-2 di gardan dan batang yang ke roda. Rangkaian ini membuat beban untuk roda pada saat berputar dan pada saat belok.. setir jadi berat lah.
Untuk mengurangi atau melepaskan digunakanlah yang namanya Freewheel hub. Pada Freewheel hub ada dua posisi yaitu LOCK yang artinya ban, batang, gigi dan batang ke transfer case dalam keadaan tersambung dan FREE artinya roda tidak tersambung dengan batang, gigi dan batang ke transfer case.

Sementara itu dulu... semoga membantu...
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

€lj€p€ wrote:ELJEPE : kalau 4x4 gardan belakang, freewheel hub ya didepan. Kalau 4x4 gardan depan, maaf, saya tidak tahu apakah ada freewheel hub dibelakang.
Hubungannya seperti ini : Di transfer case ada gigi yang bisa dipasang dan bisa dilepas oleh tuas kecil di kabin. Dari gigi itu ada batang yang menuju gardan. Di gardan ada gigi yang terhubung dengan batang dari transfer case dan ada gigi yang terhubung dangan batang dari roda. Kedua gigi tersebut berada dalam posisi yang berbeda. Ini yang disebut Ring & Pinions. Meskipun di transfer case dalam posisi yang terlepas (2H), masih ada batang yang ke gigi-2 di gardan dan batang yang ke roda. Rangkaian ini membuat beban untuk roda pada saat berputar dan pada saat belok.. setir jadi berat lah.
Untuk mengurangi atau melepaskan digunakanlah yang namanya Freewheel hub. Pada Freewheel hub ada dua posisi yaitu LOCK yang artinya ban, batang, gigi dan batang ke transfer case dalam keadaan tersambung dan FREE artinya roda tidak tersambung dengan batang, gigi dan batang ke transfer case.

Sementara itu dulu... semoga membantu...
Hmm, mulai ngerti dan bisa sedikit membayangkan apa itu freewheelhub dan fungsinya. Thanks ya om Elpeje. :beer:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by €lj€p€ »

mas zweifellos : sebetulnya setiap pertanyaan anda saya jawab per quote tetapi tidak tersusun rapih seperti anda. lihat di bagian per bagian yang saya tulis dengan ELJEPE.
Supaya nantinya tidak disangka menenggelamkan pertanyaan anda. Kita semua pasti mau membantu kok..
Kalau mengenai buku-2 nya sudah dapat atau belum?? Saya sih ada majalah-2 lama yang kadang edisi khusus SUV, tetapi harus bongkar-2 gudang heheee... nanti deh kalau lagi liquidasi / cuci gudang.. saya pisahkan.
hehehe

Ingat SM ini bisa jadi madu kalau mendapatkan pengetahuan tetapi juga bisa racun kalau sampai kecebur di lumpur Pondok Cabe / Sentul... hheheee

Salam Hormat dan selamat berhari minggu.
Dari Solo ke Oslo
Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:
Risol1 wrote:Beda bro, 4ws itu teknologi jadul, yg keempat rodanya belok ke arah yg sama waktu setir diputer. Misal setir diputer ke kanan, maka keempat roda bakal berputer ke kanan (tentunya roda belakang gak "sepatah" beloknya roda depan).

Kalo SH AWD beda lagi. Pnjelasannya kira2 mungkin sperti quote diatas
IMO, Jadi kalo lagi jalan pelan, mobil steeringnya bisa lincah banget (nimble gitu)...setir digoyang dikit, mobil ngikutin setir, tapi sebaliknya kalo lagi jalan di tol/kenceng, setir gak terlalu responsif ke gerakan setir....mungkin buat ningkatin kenyaman cruising serta keamanan kali :mrgreen:
Cara kerjanya mungkin mirip2 sama BMW's active steering
Ralat, maksudnya SH awd nya legend, bukan maestro

Mungkin sedikit oot, pas legend di test dgn 530i dan audi di circuit, anehnya si legend justru kurang gesit.

Bukannya aws spt roda dpn belok kiri lalu yg belakang ke berputar ke kanan dikit biar dpt sudut lebih tajam. Ada nih beberapa truk bus besar pk sistem ini.

Ah back to the topic lagii
iya bro, SH-AWD yg ada di Honda Legend, MDX, dan Acura TL yg baru.
AWS kalo roda depan belok kiri, belakangnya juga belok kiri.....kalo belakangnya belok kanan entar mobilnya bisa keserimpet lagi :mrgreen:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by zweifellos »

€lj€p€ wrote:mas zweifellos : sebetulnya setiap pertanyaan anda saya jawab per quote tetapi tidak tersusun rapih seperti anda. lihat di bagian per bagian yang saya tulis dengan ELJEPE.
Supaya nantinya tidak disangka menenggelamkan pertanyaan anda. Kita semua pasti mau membantu kok..
iya om. yang om jawab sebelum post ini udah sangat membantu saya (cuman mungkin gaya bahasa saya di postingan sebelumnya ga menunjukkan hal yang baru saya tulis, untuk itu saya minta maaf :mrgreen: ). awalnya saya itu sama sekali ga ngerti freewheel hub itu apa, cuman bisa mengartikan secara kata aja ke bahasa indonesia. cuman karena ga liat wujudnya, jadi tentu blom bisa 100% ngertinya apalagi saya orangnya susah ngerti kalo ngebaca dibanding melihat peragaan. :mrgreen:
tambah lagi saya orangnya gampang lupa, jadi sering baca lagi postingan2 om2 sekalian di halaman2 sebelumnya.
€lj€p€ wrote: Kalau mengenai buku-2 nya sudah dapat atau belum?? Saya sih ada majalah-2 lama yang kadang edisi khusus SUV, tetapi harus bongkar-2 gudang heheee... nanti deh kalau lagi liquidasi / cuci gudang.. saya pisahkan.
hehehe
belum dapat om, berhubung masih blom di indonesia jadi saya cuman bisa mengandalkan media internet sebagai cara buat belajar. jujur, setelah masuk SM ini saya semakin banyak tau dan yang paling penting itu (buat saya) semakin semangat/tertarik buat belajar/mencari tau tentang otomotif khususnya mengenai hal2 yang berhubungan dengan 4x4.
€lj€p€ wrote: Ingat SM ini bisa jadi madu kalau mendapatkan pengetahuan tetapi juga bisa racun kalau sampai kecebur di lumpur Pondok Cabe / Sentul... hheheee

Salam Hormat dan selamat berhari minggu.
racun nya racun campur madu kali om. soalnya pada banyak yang ketagihan. wakakakaka
saya juga mau jenis racun semacam itu. :e-whistle:

btw thanks bgt om atas reply dan pencerahannya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by Abu2 »

Risol1 wrote:[
iya bro, SH-AWD yg ada di Honda Legend, MDX, dan Acura TL yg baru.
AWS kalo roda depan belok kiri, belakangnya juga belok kiri.....kalo belakangnya belok kanan entar mobilnya bisa keserimpet lagi :mrgreen:

om, bukannya AWS itu untuk memperlincah manuver, dgn mempermudah belok belok

jadinya kalo ban depan ke kiri, mnrt ku harusnya ban belakang ada ke arah yg berlawanan

ilustrasinya kalo belo ya spt ini lah
\-\
/-/

kalo seperti ini :

\-\
\-\

bukannya ntar arah mobilnya jadi senget.. / menyamping? :e-think:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by maskopat »

coba saya jelaskan..
roda penggerak (wheel drive) pada prinsipnya ada 2, 2WD dan 4WD. untuk 2WD ada yang FWD dan RWD. dan 4WD ada yang 4WD part time seperti di Pajero Sport dan AWD full time seperti di captiva. tapi ada juga AWD part time seperti fortuner.

nah, tentang differential, fungsi utamanya adalah membagi putaran roda akibat putaran mesin. karena putaran mesin itu berasal dari sumber, dan roda penggerak minimal ada 2 (kanan dan kiri), diperlukan differential (gardan) untuk membagi putaran kanan dan kiri. fungsi utamanya adalah agar putaran roda kiri dan kanan bisa berbeda kecepatan sudutnya. masih inget putaran sudut di pelajaran SMA?
nah, kalo 2WD misalnya RWD, maka differential ada di gardan belakang. sedang roda depan, tidak ada differential karena roda kanan dan kiri tidak terhubung pada sumbu putar yang bergerak sama.

tentang free wheel hub, ini biasanya ada di mobil 4WD. dimana kalo 2H, menjadi RWD. supaya tidak memberatkan mesin, dipasang FWH ini agar ketika mobil bergerak, gardan depan tidak ikut berputar. sifatnya hampir sama dengan kita melepaskan as kopel dari transfer case ke gardan depan..

semoga membantu... mohon koreksi dari rekan2 yang lain kalo ane ada salah. karena ane juga sedang belajar hal ini..

:thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Beda (on-demand) AWD dan 4WD (4x4)

Post by maskopat »

tentang 4WS, yang pernah ane baca dulu di majalah otomotif jadoel,
kalo untuk pindah jalur, roda kemudi seperti ini posisinya:

/-/
/-/


tapi kalo di u-turn, posisinya seperti ini:

/-/
\-\


tapi ke dua model ini membentuk sudut yang berbeda antara depan dan belakang. misalnya kalo yang depan membentuk sudut 20 derajat, yang belakang paling sekitar 5 atau 10 derajat..

cmiiw..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green