[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

maskopat wrote:
GTR wrote:mungkin maksudnya termasuk low-pressure buat ukuran diesel CRD..
VGT = variable geometry turbo, kerja turbo bisa bervariasi sesuai kebutuhan. berfungsi mirip punya dua turbo, kecil & gede, fungsinya memberikan efek memadai di rentang rpm yg lebih lebar..cmiiw.
mungkin bang turboman bisa memberikan penjelasan lebih detail.
dugaan ane sih kenapa mitsu ngasih low pressure dan belum pake VGT agar bisa nenggak solar di indo.. imho..
tapi yang keren itu mesin diesel di landy defender yang terbaru.. yang 2.4l..
bisa nenggak solar apapun. ide ini emang dulunya diterapkan di kendaraan militer. harus bisa minum bahan bakar apapun di medan perang. bahkan kabarnya bisa minum wiski.. :big_peace: :big_peace:
Pressure ane maksud ke commonrail daripada boost turbo... :big_peace:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

GTR wrote:
maskopat wrote: dugaan ane sih kenapa mitsu ngasih low pressure dan belum pake VGT agar bisa nenggak solar di indo.. imho..
tapi yang keren itu mesin diesel di landy defender yang terbaru.. yang 2.4l..
bisa nenggak solar apapun. ide ini emang dulunya diterapkan di kendaraan militer. harus bisa minum bahan bakar apapun di medan perang. bahkan kabarnya bisa minum wiski.. :big_peace: :big_peace:
Pressure disini, ane maksud ke commonrail daripada boost turbo... :big_peace:
maksud ane jug di commonrailnya juga koq.. :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

sepertinya keren penjelasannya, baru liat sekilas. :frm_tumbright:
kalo liat sekilas, webnya sangat informatif (ada bahasan lain juga di bidang otomotif, sesuatu yang saya sedang cari²). :frm_tumbright:
udah pernah dibahas ternyata ya om.

karena mesti pergi, baca²nya ditahan dulu (bookmark dulu). thanks berat buat om GTR yang udah nyediain link yang mantaf² (baca wikipedia kadang kurang enak, kurang 'kena' rasayanya yg dibahas ama yg pengen diketahui)

:thanks:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by DOHC »

sayang yah VGT banyakan di pake di diesel soalnya diesel gas nya lebi "adem"... tapi kan uda banyak jg gt yg bisa bikin VGT buat mesin bensin.. anehnya knapa ga di terapin di mass production nya yah... :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

zweifellos wrote: Aha! Jadi kenapa PS misalnya kalah cukup jauh power dan torsinya dari Captiva karena PS cuman pake common rail (low pressure) injection ya om? Dan tanpa VGT? Ngomong2 VGT ini apaan om?

Mengenai teknologi, saya setuju dengan om² yg bilang mestinya idenya itu bikin CC tetap namun kemampuan selalu menaik seiring perkembangan waktu. Seperti yang dibilang om maskopat, bisa jadi alasan dari produsen kenapa tidak menaikkan performa mesin dengan kondisi CC yang sama karena faktor durability (beban kerja menaik, umur tentu menurun). Cuman mo menambahkan, mungkin juga harus dipertimbangkan faktor teknologi materialnya. Teknologi di bidang material tentu juga berkembang. Namun saya kira produsen juga bakal ngitung sana sini apakah worth dengan menaikkan performa mesin dengan tetap mempertahankan CC dengan menggunakan teknologi material terbaru dilihat dari sudut ekonominya?

Bisa jadi gara2 mau meninggikan kualitas kekuatan (material) mesin dan komponennya (untuk menghasilkan performa lebih baik namun CC dipertahankan ukurannya), malah konsumen jadi mesti bayar lebih mahal buat itu mobil dibandingkan si produsen menaikkan CC nya saja (dengan tetap pake teknologi yang lama di bidang materialnya) yang otomatis menaikkan performa si mesin.

Sekilas saya perhatikan, mobil-mobil macam Toureq dan Audi jenis SUV, performa mesinnya juga 'mengerikan'. Namun konsumen mesti bayar lebih mahal untuk bisa dapat 'teknologi' itu. Nah masih bikin saya bingung, kenapa Captiva ini bisa dijual cukup jauh lebih murah namun performa mesin menang cukup telak dari saingannya semisal PS dan Fortuner? Ok lah kita ga bisa bandingin ama SUV keluaran VW (Toureq dan Audi) karena faktor pajak yg sepertinya berbeda, tapi ama PS dan Fortie? Ok lah, PS dan Fortie bisa jadi unggul di hal lainnya, tapi yang saya pengen tahu apakah mitsubishi lebih mementingkan durability buat mesinnya makanya 'tidak mau' memakai teknologi yang dipakai di Captiva di mesinnya?

Ujung-ujungnya tentu setiap mobil menawarkan keunggulan (termasuk kekurangan) nya masing². Ada uang ada barang. :mrgreen:
ps dibanding ctv cm kalah di hp (ps=136, ctv=150), torsi beda2 dikit
tp entah knp tarikannya (at least tarikan awal) ps agak lemah dibanding ctv (apa pengaruh bobot, ukuran ban, aerodinamikanya...???)

gw jg mikir2, knp ctv ini bs murah amat ya? secara GM ini dulu terkenal dgn produk2 yg mahal/overpriced
mknya bgtu dpt produk gm yg murmer tp fitur/spek/quality bagus... kyknya too good to be skipped :mrgreen:
mgkn slh satu penjelasannya krn ctv dibikin pake won....
cb kl dibikin pake dolar/yen :big_slap:
toyiblm
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Jul 17, 2009 4:34

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by toyiblm »

harga ndak akan bisa segitu bro kalau namanya sudah dikenal kayak honda atau toyota,
mungkin salah satu strategy GM untuk mulai penetrasi market indo.
makanya terlalu sayang untuk dilewatkan...
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

1. Karena real SUV (tangguh) seperti PS lebih mahal ongkos produksinya
2. Karena Captiva adalah produk Daewoo, semi-Chevrolet. Korea memang lebih murah dr Jepang.

PS dan Captiva bukan produk yg sekelas. Captiva saingannya CR-V dan X-Trail.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

Captivated wrote:ps dibanding ctv cm kalah di hp (ps=136, ctv=150), torsi beda2 dikit
tp entah knp tarikannya (at least tarikan awal) ps agak lemah dibanding ctv (apa pengaruh bobot, ukuran ban, aerodinamikanya...???)
Bisa jadi om karena PS sudah kalah power (cukup signifikan), massa juga lebih berat sedang torsi juga kalah dikit dari captiva, jadi ya mungkin karena itu (seperti yang om bilang) tarikannya lebih lemah dari ctv).
Captivated wrote: gw jg mikir2, knp ctv ini bs murah amat ya? secara GM ini dulu terkenal dgn produk2 yg mahal/overpriced
mknya bgtu dpt produk gm yg murmer tp fitur/spek/quality bagus... kyknya too good to be skipped :mrgreen:
mgkn slh satu penjelasannya krn ctv dibikin pake won....
cb kl dibikin pake dolar/yen :big_slap:
Benar om, setuju. Captiva benar² tawaran yang menggiurkan. Sayang untuk dilewatkan.
FortunerMan wrote:1. Karena real SUV (tangguh) seperti PS lebih mahal ongkos produksinya
2. Karena Captiva adalah produk Daewoo, semi-Chevrolet. Korea memang lebih murah dr Jepang.

PS dan Captiva bukan produk yg sekelas. Captiva saingannya CR-V dan X-Trail.
Kira-kira kisaran harga captiva, crv dan xtrail berapaan ya om (kali aja om tau)? Apakah captiva lebih murah dari dua saingannya (untuk kelas yang sama/mirip)?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

zweifellos wrote:Kira-kira kisaran harga captiva, crv dan xtrail berapaan ya om (kali aja om tau)? Apakah captiva lebih murah dari dua saingannya (untuk kelas yang sama/mirip)?
Harganya sih udah banyak online dimana mana. Lebih murah Captiva jelas - mobil Korea hampir pasti lebih murah dr Jepang (biarpun udah distempel jadi Chevrolet)...dan fitur biasanya lebih banyak di mobil Korea untuk mobil yg sekelas. Jadi ya kalo yg doyan liat features list di brosur ya pilih Captiva - kalo menurut saya sih quality of design nya belum setingkat CR-V/X-Trail. Untuk crossover SUV non-tangguh design amat sangat berpengaruh - makanya CR-V meletup penjualannya dan X-Trail melempem...soalnya X-Trail mirip banget ama generasi sebelumnya.

Kalo bicara pasar Indonesia, kayanya getol bener dgn PS http://otomotif.kompas.com/read/xml/200 ... kali.lipat...Sementara Captiva hampir tidak ada gaungnya.
toyiblm
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Jul 17, 2009 4:34

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by toyiblm »

hi..hi...hi...
User avatar
topspeed
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Fri Jun 26, 2009 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by topspeed »

lha mumpung ada chevy show di senayan city 29 july - 2 agustus 2009
bisa kenal lebih dekat lho..ndak kenal kan ndak sayang...
terlalu sayang untuk dilewatkan..its a different taste
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

kalo ambil captiva, ane ambil dieselnya dah.. mantap bener tenaganya.. irit banget lagi konsumsinya.. :frm_tumbright:

kalo cuman untuk dalam kota, ambil yang FWD. tapi kalo seneng touring dan ngebut, ambil yang AWD...

tapi kalo nakal dikit dan pengen ke tempat eksotis, ambil 4WD yang ada low gear seperti fortie V, evie 4WD, PS 4WD.. tapi sayang, yang diesel cuman evie dan PS. dan yang AT diesel cuman PS...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
cruizer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by cruizer »

FortunerMan wrote:
zweifellos wrote:Kira-kira kisaran harga captiva, crv dan xtrail berapaan ya om (kali aja om tau)? Apakah captiva lebih murah dari dua saingannya (untuk kelas yang sama/mirip)?
Harganya sih udah banyak online dimana mana. Lebih murah Captiva jelas - mobil Korea hampir pasti lebih murah dr Jepang (biarpun udah distempel jadi Chevrolet)...dan fitur biasanya lebih banyak di mobil Korea untuk mobil yg sekelas. Jadi ya kalo yg doyan liat features list di brosur ya pilih Captiva - kalo menurut saya sih quality of design nya belum setingkat CR-V/X-Trail. Untuk crossover SUV non-tangguh design amat sangat berpengaruh - makanya CR-V meletup penjualannya dan X-Trail melempem...soalnya X-Trail mirip banget ama generasi sebelumnya.

Kalo bicara pasar Indonesia, kayanya getol bener dgn PS http://otomotif.kompas.com/read/xml/200 ... kali.lipat...Sementara Captiva hampir tidak ada gaungnya.
pcunermen

Boil ente buatan thailand ape jepang?
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

selain PS dan captiva yah beda di berat..
karakter mesin PS ini kayanya emang gitu, bukaan pedal gas sampe sepertiganya memang dibikin ga terlalu "open" ke throttle. coba buka pedal gas lewat dari itu, keluar powernya.
mungkin biar kontrol throttle lebih enak / ga terlalu "loncat"/hentak buat city driving.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

cruizer wrote:
FortunerMan wrote:
zweifellos wrote:Kira-kira kisaran harga captiva, crv dan xtrail berapaan ya om (kali aja om tau)? Apakah captiva lebih murah dari dua saingannya (untuk kelas yang sama/mirip)?
Harganya sih udah banyak online dimana mana. Lebih murah Captiva jelas - mobil Korea hampir pasti lebih murah dr Jepang (biarpun udah distempel jadi Chevrolet)...dan fitur biasanya lebih banyak di mobil Korea untuk mobil yg sekelas. Jadi ya kalo yg doyan liat features list di brosur ya pilih Captiva - kalo menurut saya sih quality of design nya belum setingkat CR-V/X-Trail. Untuk crossover SUV non-tangguh design amat sangat berpengaruh - makanya CR-V meletup penjualannya dan X-Trail melempem...soalnya X-Trail mirip banget ama generasi sebelumnya.

Kalo bicara pasar Indonesia, kayanya getol bener dgn PS http://otomotif.kompas.com/read/xml/200 ... kali.lipat...Sementara Captiva hampir tidak ada gaungnya.
pcunermen

Boil ente buatan thailand ape jepang?
Buatan Thailand sama seperti Camry, Corolla, dll - rancang bangun murni Jepang, dgn platform, mesin, transmisi pure Toyota. Sepertinya anda tidak tahu bedanya dirancang dimana vs dibuat dimana.
toyiblm
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Jul 17, 2009 4:34

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by toyiblm »

klu ane mau rancangan siapa aja, tetap quality biasanya ditentukan oleh made in .....
jadi .......
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

Hihihi......lucu juga yak? Hare gene masih ada yg tau mobil apa di rakit dimana? :upss:
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

toyiblm wrote:klu ane mau rancangan siapa aja, tetap quality biasanya ditentukan oleh made in .....
jadi .......
BMW ada yg made in South Africa sampai South Carolina. Jadi menurut anda Camry, Pajero Sport, Everest, Corolla, etc etc kualitas tidak bagus karena rakitan Thailand? Ini baru lucu :e-wall:
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Captivated »

FortunerMan wrote:1. Karena real SUV (tangguh) seperti PS lebih mahal ongkos produksinya
2. Karena Captiva adalah produk Daewoo, semi-Chevrolet. Korea memang lebih murah dr Jepang.

PS dan Captiva bukan produk yg sekelas. Captiva saingannya CR-V dan X-Trail.
1. lbh mahal dr segi apanya bro? frame, bodi, interior... ???
soalnya yg kelas cuv kyk bmw x3-x6, audi q5, crv... smuanya mahal, bhkn jauh lbh mahal dr ctv.

2. dibikin di daewoo, bener. tp semi-chevy gmn bro? krn dibikin di korea (oleh daewoo)?
brarti smua mbl jepang yg dibikin di luar jepang (mis : thai, indo) itu semi-jepang (mis : semi-toyota)???
bukannya pabrik daewoo di korea itu dinamakan 'GM' jg? ato namanya skrg jd pabrik 'semi-GM'???

3. bener, ps & ctv bukanlah sekelas (suv vs cuv). sasisnya aja udh beda.
tp market (khususnya di indo) menjadikan segmennya jd sama : suv 7 seater. sama2 disel lg.
mknya di panduan sales-nya mitsu (ps) dikasih hints ttg kelebihan ps vs kekurangan pesaing (fortie, evie, ctv, crv, x-trail). krn mrk pengen ngambil pangsa pasarnya mbl2 tsb.
tp anehnya, kekurangan ctv plg sedikit ditulis... :upss:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

mandala1 wrote:Hihihi......lucu juga yak? Hare gene masih ada yg tau mobil apa di rakit dimana? :upss:
Upsss.......sori :) maksud gw gini hari koq masih ada yg nggak tau mobil2 yg dijual skr tuh rakitan mana ajah....... :)
Jadi pertanyaan yg aneh kalo ada yg nanya Fortuner itu bikinan mana? :e-doh:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by ZombiEE »

setelah baca2....durability nya gimana yah ctv ini?ada user yg sudah pakai lbh dr 2 tahun tolong share dunk:)
User avatar
topspeed
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Fri Jun 26, 2009 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by topspeed »

just share untuk ctv
di korea namanya winstorm
di australia namanya holden
di canada & us saturn vue
di thailand captiva umumnya untuk asia pasifik
di indonesia kayaknya sedang direncanakan untuk produksinya
kalau daewoo dengan nama GMDAT adalah produksi parts agar cost yang lebih murah
assembly bisa dimana saja disesuaikan dengan iklim ekonominya agar cost bisa
ditekan lebih murah
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Captivated wrote:
FortunerMan wrote:1. Karena real SUV (tangguh) seperti PS lebih mahal ongkos produksinya
2. Karena Captiva adalah produk Daewoo, semi-Chevrolet. Korea memang lebih murah dr Jepang.

PS dan Captiva bukan produk yg sekelas. Captiva saingannya CR-V dan X-Trail.
1. lbh mahal dr segi apanya bro? frame, bodi, interior... ???
soalnya yg kelas cuv kyk bmw x3-x6, audi q5, crv... smuanya mahal, bhkn jauh lbh mahal dr ctv.

2. dibikin di daewoo, bener. tp semi-chevy gmn bro? krn dibikin di korea (oleh daewoo)?
brarti smua mbl jepang yg dibikin di luar jepang (mis : thai, indo) itu semi-jepang (mis : semi-toyota)???
bukannya pabrik daewoo di korea itu dinamakan 'GM' jg? ato namanya skrg jd pabrik 'semi-GM'???

3. bener, ps & ctv bukanlah sekelas (suv vs cuv). sasisnya aja udh beda.
tp market (khususnya di indo) menjadikan segmennya jd sama : suv 7 seater. sama2 disel lg.
mknya di panduan sales-nya mitsu (ps) dikasih hints ttg kelebihan ps vs kekurangan pesaing (fortie, evie, ctv, crv, x-trail). krn mrk pengen ngambil pangsa pasarnya mbl2 tsb.
tp anehnya, kekurangan ctv plg sedikit ditulis... :upss:
Captiva di rancang oleh Daewoo (ya memang milik GM, tapi tenaga Daewoo)...makanya designnya masih bau Korea, masih dibawah kualitas design CUV Jepang (CR-V, X-Trail...or even Grand Vitara).

Di kelas SUV 300-400 juta di Indonesia, masih harus memilih...mau cantik atau mau tangguh. Cantik...CR-V, X-Trail, Captiva. Mau tangguh...PS, Fort, Everest. Tidak bisa dapat dua2nya. Kalo mau cantik DAN tangguh, harus naik kelas harga ke Pajero, LC Prado atau LC. Makanya interior PS, Fortuner, Everest seadanya...tidak sebagus CR-V misalnya...karena di kelas ini belum dapet interior kelas dunia + tangguh. Jadi kalo anda bertanya...kenapa PS mahal padahal gak mewah, interior biasa, mesin kalah angka. Karena bikin mobil tangguh itu mahal...apalagi PS udah banyak pake komponen2 abangnya si Pajero.

So to even compare PS vs Captiva udah rada aneh. Kalo mau compare Captiva ya vs CR-V/X-Trail. Mau segmen disamakan ya suka2 orang aja - kalo orang yg mengerti otomotif akan tau bedanya.

Panduan sales? Ya memang sulit produk Jepang adu fitur sama produk Korea, ataupun Amerika sekalian. Sama kaya HP merek dr Guangzhou sama Nokia....berat kalo mau saingan brosur. Bayangkan saja CR-V disuruh adu brosur sama Captiva, wah tewas deh CR-V. Tapi rasa pakenya, peace of mind akan kemungkinan reliability di masa depan...beda.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by ZombiEE »

yuuup...peace of mind..itu yang paling penting bagiku....:):)
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

ZombiEE wrote:setelah baca2....durability nya gimana yah ctv ini?ada user yg sudah pakai lbh dr 2 tahun tolong share dunk:)
betul om, ini yang saya penasaran. apakah mungkin chevrolet menekan harganya ini di durabilitas komponen2 mobilnya khususnya di bagian mesin? kalo sekelasnya (CRV, xtrail) menawarkan interior yang lebih bagus dari Captiva misalnya, maka bisa aja Captiva lebih murah tapi kalau sampe jauh perbedaan harganya, mesti ada alasan penting dibalik perbedaan harga yang jauh ini. apakah perbedaan harga Captiva dan Xtrail/CRV signifikan?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.