Pengguna mobil Automatic Transmission CBU Japan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Mon Jul 27, 2009 14:57
Pengguna mobil Automatic Transmission CBU Japan
Halo kawan-kawan semua,
Menurut kawan2 semua disini apakah ada perbedaan antara transmisi otomatis mbl CKD dengan yang CBU Japan,baik scr kualitasnya,pemeliharaannya,daya tahannya dll..
Dan juga setiap brp km oli matic diganti dan dikuras utk yg AT CBU,krn setau gw klu ganti oli matic sebaiknya setiap 10rb km trus kuras setiap 20rb km itu utk matic mbl CKD,nah kira2 gmn yah utk yg mbl AT CBU?
Please dishare dong pengalamannya terutama utk yg punya mblnya AT CBU Japan,klu bisa sekalian deh pake oli merk apa....
ditunggu yah komennya...
Menurut kawan2 semua disini apakah ada perbedaan antara transmisi otomatis mbl CKD dengan yang CBU Japan,baik scr kualitasnya,pemeliharaannya,daya tahannya dll..
Dan juga setiap brp km oli matic diganti dan dikuras utk yg AT CBU,krn setau gw klu ganti oli matic sebaiknya setiap 10rb km trus kuras setiap 20rb km itu utk matic mbl CKD,nah kira2 gmn yah utk yg mbl AT CBU?
Please dishare dong pengalamannya terutama utk yg punya mblnya AT CBU Japan,klu bisa sekalian deh pake oli merk apa....
ditunggu yah komennya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Pengguna mobil Automatic Transmission CBU Japan
Setahu saya tidak ada bedanya antara Transmisi Otomatis yang ada di mobil CBU dan mobil CKD. Suzuki CKD saya pernah ganti transmisi dan yang diganti satu gelondongan.. jadi tidak dicopot satu persatu. Jadi artinya transmisi otomatis tidak datang dalam kondisi terurai yang kemudian dirakit di sini.
Masalah pergantian oli... memang rekomendasi berbeda-beda... rekomendasi pabrik biasanya berdasarkan kondisi ideal... sementara dari pengalaman-2 para ahli perbaikan transmisi otomatis.. untuk di Jakarta ini harus lebih rajin.
20 rb.. ganti dan 40 rb kuras.
Hal ini dikarenakan kondisi jalan yang macet yang mengakibatkan oli panas yang menurunkan viskositas. Viskositas oli ini sangat penting karena yang memberikan daya untuk perpindahan gigi.
mungkin nanti teman-2 lain ada yang memberikan tambahan....
Type harus disesuaikan dengan pabrik.. kalau merk..ya yang jelas-2 saja... yang penting spek nya sesuai.. Dexron III, Dexron IV... khusus CVT... dan seterusnya... Semahal-mahalnya harga oli masih lebih murah dibanding dengan harga perbaikan transmisi otomatis... Tetapi juga tidak usah terlalu mahal dengan janji. kilometer lebih panjang... mengingat kondisi jalan dan udara lebih berpengaruh.
oh ya.. saya baru dapat informasi bahwa... kadang / sekali-sekali kita harus menggunakan dalam posisi rendah (2 dan L) sampai RPM 4000 / 5000. untuk melemaskan valve-2... Supaya cepat memberikan response juga.... Tetapi saya masih belum jelas.. ini untuk transmisi yang model lama atau juga berlaku untuk model baru yang sudah elektronik (menggunakan Control Unit)
Ini ada link yang memberikan animasi :
http://images.google.co.id/imgres?imgur ... X%26um%3D1
Masalah pergantian oli... memang rekomendasi berbeda-beda... rekomendasi pabrik biasanya berdasarkan kondisi ideal... sementara dari pengalaman-2 para ahli perbaikan transmisi otomatis.. untuk di Jakarta ini harus lebih rajin.
20 rb.. ganti dan 40 rb kuras.
Hal ini dikarenakan kondisi jalan yang macet yang mengakibatkan oli panas yang menurunkan viskositas. Viskositas oli ini sangat penting karena yang memberikan daya untuk perpindahan gigi.
mungkin nanti teman-2 lain ada yang memberikan tambahan....
Type harus disesuaikan dengan pabrik.. kalau merk..ya yang jelas-2 saja... yang penting spek nya sesuai.. Dexron III, Dexron IV... khusus CVT... dan seterusnya... Semahal-mahalnya harga oli masih lebih murah dibanding dengan harga perbaikan transmisi otomatis... Tetapi juga tidak usah terlalu mahal dengan janji. kilometer lebih panjang... mengingat kondisi jalan dan udara lebih berpengaruh.
oh ya.. saya baru dapat informasi bahwa... kadang / sekali-sekali kita harus menggunakan dalam posisi rendah (2 dan L) sampai RPM 4000 / 5000. untuk melemaskan valve-2... Supaya cepat memberikan response juga.... Tetapi saya masih belum jelas.. ini untuk transmisi yang model lama atau juga berlaku untuk model baru yang sudah elektronik (menggunakan Control Unit)
Ini ada link yang memberikan animasi :
http://images.google.co.id/imgres?imgur ... X%26um%3D1
Dari Solo ke Oslo


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Pengguna mobil Automatic Transmission CBU Japan
Halo bro copper.......
Sy coba bantu jawab yah......kebetulan mobil di rumah semua ber transmisi matik, baik yg CBU maupun yg CKD......sebetulnya ga ada perbedaan yg mendasar mengenai jadwal penggantian oli matic di kedua jenis mobil tsb,, mungkin yg membedakan nya hanya material yg digunakan saja......
Yg terpenting padasaat penggantian oli matic, sangat disarankan untuk terlebih dahulu membaca manual guide nya, atau ber konsultasi terlebih dahulu dgn bengkel langganan ttg tipe dan jenis oli yg di anjurkan, karena terlebih mobil2 matic baru skr memerlukan spesifikasi oli yg tertentu yg harus disesuaikan dgn jenisnya, seperti yg sudah pak LJP uraikan diatas,,

Sy coba bantu jawab yah......kebetulan mobil di rumah semua ber transmisi matik, baik yg CBU maupun yg CKD......sebetulnya ga ada perbedaan yg mendasar mengenai jadwal penggantian oli matic di kedua jenis mobil tsb,, mungkin yg membedakan nya hanya material yg digunakan saja......
Yg terpenting padasaat penggantian oli matic, sangat disarankan untuk terlebih dahulu membaca manual guide nya, atau ber konsultasi terlebih dahulu dgn bengkel langganan ttg tipe dan jenis oli yg di anjurkan, karena terlebih mobil2 matic baru skr memerlukan spesifikasi oli yg tertentu yg harus disesuaikan dgn jenisnya, seperti yg sudah pak LJP uraikan diatas,,

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Pengguna mobil Automatic Transmission CBU Japan
bedanya ganti oli dan kuras apa ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27648
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pengguna mobil Automatic Transmission CBU Japan
kalo pengalaman ane sigh, kalo ganti itu biasa nya ga sbeerapa pake oli nya... tapi kalo kuras ajubileh banyak nya perlu oli.... trus kalo kuras ada alatnya gt...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Pengguna mobil Automatic Transmission CBU Japan
ikutan menyimak thread ini ah...
secara belum punya yg A/T
monggo diteruskan .................
secara belum punya yg A/T

monggo diteruskan .................

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Pengguna mobil Automatic Transmission CBU Japan
ow... gitu ya? thanks om dohc...DOHC wrote:kalo pengalaman ane sigh, kalo ganti itu biasa nya ga sbeerapa pake oli nya... tapi kalo kuras ajubileh banyak nya perlu oli.... trus kalo kuras ada alatnya gt...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27648
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pengguna mobil Automatic Transmission CBU Japan
^^
makanya ane ga demen ama mobil matic bro... pake oli gila2an dia... sedan 1600 cc aja kalo lagi kuras matic bisa abis berliter2 oli ATF.. blom ongkos kuras nya...
enakan manual, panther aja cuman perlu 2 liter kurang malah....
makanya ane ga demen ama mobil matic bro... pake oli gila2an dia... sedan 1600 cc aja kalo lagi kuras matic bisa abis berliter2 oli ATF.. blom ongkos kuras nya...

numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Pengguna mobil Automatic Transmission CBU Japan
Betul bro.....kalo cuma sekedar ganti paling banyak juga antara 3-4lt oli nya, tapi kalo sampe proses kuras bisa mencapai 8-15lt (tergantung merk n tipe mobil),,DOHC wrote:kalo pengalaman ane sigh, kalo ganti itu biasa nya ga sbeerapa pake oli nya... tapi kalo kuras ajubileh banyak nya perlu oli.... trus kalo kuras ada alatnya gt...
recomend sih setiap 20rb km sekali sebaiknya melakukan ritual kuras oli matic....

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pengguna mobil Automatic Transmission CBU Japan
Sama aja, yg penting perhatikan jenis oli yg digunakan di buku manual.copper rod wrote: Please dishare dong pengalamannya terutama utk yg punya mblnya AT CBU Japan,klu bisa sekalian deh pake oli merk apa....
ditunggu yah komennya...
Kalau Toyota ada JWS 3309 aka T-IV & JWS 3324 aka Toyota WS
Honda Z-1 utk non CVT (Z-1 ini kompatibel dgn Dexron juga)
Nissan ada D / J /K
Kalau nggak mau pusing pakai ATF yg sifatnya Universal macam Amsoil Universal ATF / Castrol multi vehicle ATF, comply dgn byk stsndard.
Kecuali CVT itu pake ATF khusus CVT
Utk Toyota WS aka JWS 3324 itu juga oli aftermarketnya belum banyak, use genuine JWS 3324 atau Amsoil Low Viscosity ATF yg comply dgn JWS 3324.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Pengguna mobil Automatic Transmission CBU Japan
asiikk..hehehehe
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Mon Jul 27, 2009 14:57
Re: Pengguna mobil Automatic Transmission CBU Japan
wah thanks yah bwt semuanya udah sharing...
ada lg yg mau nambahin?
ada lg yg mau nambahin?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Pengguna mobil Automatic Transmission CBU Japan
kayanya matic2 baru pada pake oli longlife tuh..(100k km gitu dah) tapi emang sebaiknya diganti rutin aja karena di jkt lembab, banjir dan macet parah..
umumnya mesti di re-set mesinnya setelah ganti oli, atau ada indikator kualitas oli di dashboard, menunjukkan waktu ganti yang tepat..
umumnya mesti di re-set mesinnya setelah ganti oli, atau ada indikator kualitas oli di dashboard, menunjukkan waktu ganti yang tepat..