
AC Sata fe
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Mon Jul 27, 2009 11:16
AC Sata fe
Ada saran gak untuk AC santa yang compressor powernya gak stabil, trus lampu indikator kelap-kelip, sementara saya jumper tapi akibatnya putaran mesin jadi gak stabil waktu pake AC, seperti kalo di mobil konvensional gak pake vacuum. thank u sarannya 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: AC Sata fe
ga stabil gimana neh..
kmungkinan clutchnya yang rusak, atau agak macet..jadi berat..coba cek aja dulu kondisi kompresornya..kl macet repot lho mesin jg ga mau jalan, belt bisa putus..
dijumper maksudnya ac jadi on terus gitu?
kmungkinan clutchnya yang rusak, atau agak macet..jadi berat..coba cek aja dulu kondisi kompresornya..kl macet repot lho mesin jg ga mau jalan, belt bisa putus..
dijumper maksudnya ac jadi on terus gitu?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: AC Sata fe
Bro, udah dicek belum kabel2nya? Masalahnya beberapa kali kejadian yg sering bermasalah kabelnya, ada yang soketnya udah kendor, dan ak ada yg jual tuh, mesti diakalin. Kemarin malah ama mekanik BERES yg ngakalinkhan wrote:Ada saran gak untuk AC santa yang compressor powernya gak stabil, trus lampu indikator kelap-kelip, sementara saya jumper tapi akibatnya putaran mesin jadi gak stabil waktu pake AC, seperti kalo di mobil konvensional gak pake vacuum. thank u sarannya


Fly Like a Bird
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: AC Sata fe
saranku bawa aja ke tukang AC trus dicek semuanya
ane priksa rutin walo klmarin agak bocor pipanya trus ane ganti dan skalian isi freon dan cuci kompresornya ada di bwh dasboard, trus di depan di blakang aki ada alat spt potensio yg bisa distel tuk ukuran kedinginan.
trus betul tuh kata bro andra soket2 listriknya kadang kurang betul alias getas mesti dibuka dan dikasih cleaner tuk listrik/ komputer lalu dipasdang lagi pasti maknyuuusss
mamana suhu santi yg laen neh

ane priksa rutin walo klmarin agak bocor pipanya trus ane ganti dan skalian isi freon dan cuci kompresornya ada di bwh dasboard, trus di depan di blakang aki ada alat spt potensio yg bisa distel tuk ukuran kedinginan.
trus betul tuh kata bro andra soket2 listriknya kadang kurang betul alias getas mesti dibuka dan dikasih cleaner tuk listrik/ komputer lalu dipasdang lagi pasti maknyuuusss
mamana suhu santi yg laen neh

-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Mon Jul 27, 2009 11:16
Re: AC Sata fe
Terimakasih saran2nya kawan2, kayaknya emang kabelnya.nanti saya cek kabel2 acnya, mungkin terutama yang menuju peralatan pengontrol putaran engine.
yang gak stabil putaran compressornya sudah saya ganti spool compressor ac nya dengan yang baru tapi masih tetap putarannya compressornya gak stabil dan lampu indikator AC tetap kelap kelip.
trus saya jumper aja kdengan kabel baru dari peralatan relay di dasboard itu langusung ke compressor. hasilnya kerja kompressor jadi bagus, dan stabil. AC dingin ok. tetapi muncul masalah lain, yaitu : putaran mesin mobil yang turun banget apalagi kalo turun gigi dan injak kopling sering mesin langsung mati. padahal kalo gak pake ac gak masalah (waktu kopling di turun ke 1200 dan beberapa detik kemudian kalo mobil udah berhenti putaran turun ke 800 rpm). nah kalo pake ac langsung terjun payung ke 400 rpm hehehe kadang mati kayak gak berfungsi semua peralatan yang mengontrol putaran mesin. (kalo mobil convetional kan pake vacuum untuk kontrol putaran saat ac on. kalo untuk mobil ini pake apa nih>
semalem juga ndut2an taunya ada kabel diatas blok mesin yang lepas, tahu deh kabel apa, gejalanya ngilitik keras dan nduut2an getaran mesin tinggi. saya periksa kabel diatas mesin yang masuk ke pentolan item (tahu deh ini apa) longgar (lepas) mungkin ini bisa jadi masukan kalo teman2 mengalami gejala yang sama
yang gak stabil putaran compressornya sudah saya ganti spool compressor ac nya dengan yang baru tapi masih tetap putarannya compressornya gak stabil dan lampu indikator AC tetap kelap kelip.
trus saya jumper aja kdengan kabel baru dari peralatan relay di dasboard itu langusung ke compressor. hasilnya kerja kompressor jadi bagus, dan stabil. AC dingin ok. tetapi muncul masalah lain, yaitu : putaran mesin mobil yang turun banget apalagi kalo turun gigi dan injak kopling sering mesin langsung mati. padahal kalo gak pake ac gak masalah (waktu kopling di turun ke 1200 dan beberapa detik kemudian kalo mobil udah berhenti putaran turun ke 800 rpm). nah kalo pake ac langsung terjun payung ke 400 rpm hehehe kadang mati kayak gak berfungsi semua peralatan yang mengontrol putaran mesin. (kalo mobil convetional kan pake vacuum untuk kontrol putaran saat ac on. kalo untuk mobil ini pake apa nih>
semalem juga ndut2an taunya ada kabel diatas blok mesin yang lepas, tahu deh kabel apa, gejalanya ngilitik keras dan nduut2an getaran mesin tinggi. saya periksa kabel diatas mesin yang masuk ke pentolan item (tahu deh ini apa) longgar (lepas) mungkin ini bisa jadi masukan kalo teman2 mengalami gejala yang sama
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: AC Sata fe
hadir....avansa wrote:pangilan pangilan Bro Imzuz..........

biar telat yang penting merapat

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: AC Sata fe
pak...mendingan ikut rame-rame dan meramaikan disini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=7697khan wrote:Terimakasih saran2nya kawan2, kayaknya emang kabelnya.nanti saya cek kabel2 acnya, mungkin terutama yang menuju peralatan pengontrol putaran engine.
yang gak stabil putaran compressornya sudah saya ganti spool compressor ac nya dengan yang baru tapi masih tetap putarannya compressornya gak stabil dan lampu indikator AC tetap kelap kelip.
trus saya jumper aja kdengan kabel baru dari peralatan relay di dasboard itu langusung ke compressor. hasilnya kerja kompressor jadi bagus, dan stabil. AC dingin ok. tetapi muncul masalah lain, yaitu : putaran mesin mobil yang turun banget apalagi kalo turun gigi dan injak kopling sering mesin langsung mati. padahal kalo gak pake ac gak masalah (waktu kopling di turun ke 1200 dan beberapa detik kemudian kalo mobil udah berhenti putaran turun ke 800 rpm). nah kalo pake ac langsung terjun payung ke 400 rpm hehehe kadang mati kayak gak berfungsi semua peralatan yang mengontrol putaran mesin. (kalo mobil convetional kan pake vacuum untuk kontrol putaran saat ac on. kalo untuk mobil ini pake apa nih>
semalem juga ndut2an taunya ada kabel diatas blok mesin yang lepas, tahu deh kabel apa, gejalanya ngilitik keras dan nduut2an getaran mesin tinggi. saya periksa kabel diatas mesin yang masuk ke pentolan item (tahu deh ini apa) longgar (lepas) mungkin ini bisa jadi masukan kalo teman2 mengalami gejala yang sama
masalah ac, memang agak susah mendiagnosa kalau tanpa periksa dengan teliti dan lihat langsung, secara penyebabnya bisa beberapa hal.
seperti ditulis pak andra diatas, kemungkinan kelistrikan dan kompresor ac-nya bermasalah
dan nampaknya, masalahnya ada 2, kelistrikan di AC dan pengatur putaran mesin.
Yg di putaran mesin, banyak juga penyebab nge-dropnya rpm saat diberi beban, apalagi saat stasione. Umumnya, bisa jadi dari idle-speed-control (ics), crank angle sensor (ckp), air-fuel-ratio (afr) yg bikin campuran udara+bbm tdk bagus.
Masalah mesin ndut2an saat ada "kabel-yang-lepas-dari-pentolan-item-diatas-blok-mesin"

Sedangkan pentolan item tadi, sepertinya mungkin yang dimaksud "ignition coil" (koil pengapian) ya? Kalo ini bocor, bisa bikin mesin ndut2an juga...bahkan timbul percikan api
Mendingan kita bahas di topis yg saya tulis linknya diatas, biar bisa ngumpul 1 arsip

btw...welcome aboard di SM dan sebagai sesama pemake santi, kenalin santinya dulu dong ke santier lain disini

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Sat Sep 13, 2008 13:52
Re: AC Sata fe
kenalan kenalan noh 
