About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
udah ada milisnya di sini jadi sepi nih...
om kopat masih punya koleksi foto2 waktu di poncab ga om?
om kopat masih punya koleksi foto2 waktu di poncab ga om?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
masih ada om.. belum sempet editnya lagi..gmx wrote:udah ada milisnya di sini jadi sepi nih...
om kopat masih punya koleksi foto2 waktu di poncab ga om?

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Sun Jul 26, 2009 15:01
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
om mamat...salam kenal....boleh tau itu ban nya pake apaan? ring 15 juga? ukuran berapa?
makasih om mamat....ban nya keren bgt.......
salam
ryc
makasih om mamat....ban nya keren bgt.......
salam
ryc
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Sun Jul 26, 2009 15:01
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
om mamat...semua aksesories itu bikinan Hobbies workshop di pondok labu..bengkel specialis offroad equipment.....
mamat wrote:om ryco...
keren pajeronya....
om mo tanya...
bli asesori nya pajero di mana ya...?
maklum...pajero ane estede BGT....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
yaaach... sm jangan ditinggalin dong.... milis untuk urusan organisasi saja... kalau masalah teknis dan foto-2 perjalanan kirim ke sm ya... supaya bisa dinikmati oleh non Pajeros...(termasuk saya)...gmx wrote:udah ada milisnya di sini jadi sepi nih...
om kopat masih punya koleksi foto2 waktu di poncab ga om?
Disini juga ada Automotive Clubs khan Grand Livina, Altis, Aerios... sekalian tambahkan Pajero ....
Salam Hormat untuk Pajeros..... (secara bahasa latin dibacanya "paheros")
Dari Solo ke Oslo


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Sun Jul 26, 2009 15:01
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
tenang om...milis cuma buat ajang kumpul kumpul kok...bisa juga yg ngak punya pajero yg penting kita bisa share ilmu.....disini sih tetep pantau dan tetep setia buka buka semua trid...hahahaha
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
Pasti akan tetep kita jaga di sini, gw beli pajero juga racunnya dari SM, maen ke poncab jg dari SM, untung kena racunnya, seru..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
baru pulang dari garut pake pajero ada kerjaan, itung2 total km 448,4km, sebelum berangkat isi full tank sampe luber, pulang juga isi lagi sampe luber, abisnya 61,03 liter, kira2 1:7,347 liter/km.. lumayan.. lewat cipularang sampe cileunyi terus ke garut, penumpang 2 orang, kecepatan di cipularang rata2 120-140km, ban standard dueller AT 31x10.5 R15, oli mesin motul 6100 15w-50..
kalo dipake harian ngantor jagakarsa - mega kuningan lewat mampang paling dapet 1:5,3-5,5 liter/km doang..
kalo dipake harian ngantor jagakarsa - mega kuningan lewat mampang paling dapet 1:5,3-5,5 liter/km doang..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
tanpa foto terasa kurang om. ibarat makanan, foto adalah garamnya. hehehegmx wrote:baru pulang dari garut pake pajero ada kerjaan, itung2 total km 448,4km, sebelum berangkat isi full tank sampe luber, pulang juga isi lagi sampe luber, abisnya 61,03 liter, kira2 1:7,347 liter/km.. lumayan.. lewat cipularang sampe cileunyi terus ke garut, penumpang 2 orang, kecepatan di cipularang rata2 120-140km, ban standard dueller AT 31x10.5 R15, oli mesin motul 6100 15w-50..
ntah foto di pintu masuk tol, di jalan lagi break makan, lagi ngisi bensi dll.

kali ada yang baru dari tampilan pajero om gmx.
btw 1:7-an untuk jenis mobil om pemakaian luar kota masih kurang kah? om hanya ngasih level 'lumayan' soalnya.
EDIT :
maaf oot. IFS ama cvt itu apa ya om? IFS sering saya temui pas ngebahas bodi mobil, sedang cvt sering saya baca pas lagi ngebahas transmisi. Trus AWD itu apakah all wheel drive? Apakah AWD = 4WD? Apakah 4WD sama dengan 4x4? FWD = penggerak roda depan kah? Trus adakah istilah RWD? sori ya om² sekalian kalo pertanyaannya sangat mendasar. Lagi proses belajar mengerti postingan² di SM ini. Thanks before.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
halah itu sih foto narsis hehehe, ga ada yang baru di pajero gw, semua full standard, tapi emang lagi kilau banget abis mandi kembang hari minggu kemarin, tapi bener juga mestinya tadi foto as request dari bang mamat, sorry tadi ngejar waktu jadi ngga kepikiran buat foto.. yang ada di pikiran gw kalo lagi liat pajero gw jadi jauh, "kok jadi pajero gw jadi manis gini ya, jadi kuarng macho" hehehehezweifellos wrote: tanpa foto terasa kurang om. ibarat makanan, foto adalah garamnya. hehehe
ntah foto di pintu masuk tol, di jalan lagi break makan, lagi ngisi bensi dll.![]()
kali ada yang baru dari tampilan pajero om gmx.
ga ada yang special kok dari trip tadi, semua on road, cuma pake pajero aja supaya perjalanan yang panjang bisa terasa lebih nyaman, tapi ga enaknya, gw lagi asik nyetir sambil cerita macem2, ga ada respon dari temen gw, ternyata dia tidur, sial.. standardnya sih mobil kantor pake avanza, tapi (sorry nih avanza user, no offense, gw juga dulu pake avanza selama 3 tahun) gw agak trauma pake avanza, bayangin, muntah di mobil gw sendiri waktu nyoba duduk di belakang..
cukup lah, masih banyak mobil lain dengan mesin lebih kecil, 4x2, body lebih ringan, tapi FC lebih boros, bisa baca2 di thread http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=5969zweifellos wrote: btw 1:7-an untuk jenis mobil om pemakaian luar kota masih kurang kah? om hanya ngasih level 'lumayan' soalnya.
tapi kalo bisa pengennya 1:15, mimpi kali yeee...
gw juga kurang ngerti, rada2 tau-nya setelah baca2 SM dan ngobrol2 dengan rekan2 di SM, jadi please CMIIWzweifellos wrote: EDIT :
maaf oot. IFS ama cvt itu apa ya om? IFS sering saya temui pas ngebahas bodi mobil, sedang cvt sering saya baca pas lagi ngebahas transmisi. Trus AWD itu apakah all wheel drive? Apakah AWD = 4WD? Apakah 4WD sama dengan 4x4? FWD = penggerak roda depan kah? Trus adakah istilah RWD? sori ya om² sekalian kalo pertanyaannya sangat mendasar. Lagi proses belajar mengerti postingan² di SM ini. Thanks before.
IFS (independent front suspenssion)
type suspensi mobil setau gw ada 2 yaitu rigid dan independent. rigid memiliki kemampuan artikulasi dan durability yang bagus, dan independent menghasilkan kenyamanan dengan sedikit (atau banyak ya?) mengorbankan artikulasi dan durabilty. dalam implementasinya pada product otomotis, ada 3 macam yaitu Full Rigid, Independent Front Suspenssion (IFS), dan Full Indepedent Suspenssion System (FISS). contoh full rigid taft sampai tahun 95, cherokee, contoh IFS pajero gen 2, trooper, contoh FISS pajero gen 3. tapi dengan design tertentu suspensi full rigid bisa juga jadi nyaman seperti cherokee, dan FISS bisa jadi durable seperti pajero gen 3
minjem postingan billy di thread pajero sebelumnya http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=100
billyd1773dz wrote:ok sya coba jwb sebisanya yah...maskopat wrote:
om billy, tanya dong..koq kalo SUV jaman dulu, bantingannya keras semua? seperti CJ, FJ, SJ.. tapi kalo sedan bantingannya lembut, empuk.
nah, jaman sekarang malah kebalik.. SUV yang lembut dan empuk (boleh lah dibilang lentur), tapi kalo sedan malah kaku, keras?
kenapa ya?
gini om benar kalau di bilang lentur itu berarti bersuspensi nyaman dan lembut/empuk. tapi itu tidak sepenuhnya benar. lentur itu bearti, kaki2nya harus mampu "melar" berartikulasi menyesuaikan medan/bidang pijaknnya. sehingga roda senantiasa mendapat traksi.
SUV jaman dulu seperti FJ,CJ,jimny bersuspnsi keras akibat, alasan ketangguhan dan saat itu teknologi coil spring belum secanggih sekarang, production cost pun jadi tinggi. suspensi keras ini membuat, kemampuan jelajahnnya jadi berkurang, karena suspensi sulit menyesuaikan artikulasi utk menapak tanah. namun, sekarang sistem suspnsi SUV jadul mudah saja di buat jauh lebih lentur dari suv modern manapun juga (kec yg masih pke teknologi jadul). ini akibat sistem suspensi rigid yang sebenernya bisa berartikulasi hampir tak terbatas. beda dengan SUV sekarang, yang umumnya bersuspensi independent. gerak main artikulasinya terbatas panjang swing arm. mau di modifikasi gimanapun juga, kalau masih pakai sistem FISS tidak akan selentur sistem rigid. hasilnya kalau di bilang SUV sekarang mampu meredam guncangan dan berkaki lebih lentur dari SUV jadul hal ini tdk sepenuhnya benar.
masalahnya definisi empuk/nyaman/lembut juga luas bukan hannya dari guncangan dan kelenturan saja, ke sunyian kabin bebas dari suara2 kaki,mesin dan luar juga ikut mempengaruhi sugesti dri rasa empuk itu sendiri.. sering jip jadul bersuspensi leaf spring yg sudah d tune ulang. sebenernya suspensinya sudah empuk (di geber di jalan gelombang/oprut masih mantap apa lagi klw nda di bilang suspnsinya yahut?)tapi kabin tidak terisolir dengan baik, tiap ada goncangan bodi berderik, segala bunyi kedenger tentu saja kerasanya tidak nyaman, dan d bilangnya keras....
kalau sedan jaman dulu, memang asli buat kenyamanan, suspensi empuk dan lentur, untuk kebutuhan jalan raya.. dan saat itu mobil blm bnyk yg bisa melaju dengan sangat kencang. sehingga suspensi empuk tidak terlalu menggangu handling. kalau sekrang sedan 1500cc sja sudah bisa lari sampai 170kmh dengan bodi kecil agar tetap aman dan stabil maka di buat suspensi yang lebih keras dan kaku, dengan jarak main sedikit. sehingga tercipta pengendalian yang akurat. sekerasnya2 juga tetep sja orang bilang lebih enak naik sedan ini di banding suv jadul.
suv sekarang lebih empuk juga enggak sepenuhnya benar, pernah nganterin temen dia pke Xtrail 2ltr 4x2 sya pke XJ. dri luar aja kelihat, goyangannya yang x trail jauh lebih banyak, saat ada lubang xtrail langsung nunduk, danban blkng ke angkat keudara untung enggak kepater. XJ lewat sana bodi tetep datar namun suspensi menekuk menyesuikan lubang. jadi tidak terasa ada lubang.
ini karena suspnsi xtrail kompromi dengan keperluan handing di kecepatan tinggi.. jadi tetep mesti di buat kaku.
pernah testdrive jip FJ40 temen, dia bangun tu mobil dari sasis selama hampir 1 tahun. kaki-kaki asli leaf spring yg dia racik sendiri, d buat memang sebagai city slicker, transmisi matic mesin 1KZ-TE. begitu masuk tutup pintu. waduh.... suara kabin sangat terisolasi,suara motor di samping pun tdk terdengar nyalain mesin, deru diesel berhasil di redam, sampai hannya terdengar deru halus enggak kalah dengan inova d4d juga. sya bawa keliling2 komplek lewat pasar, jalan bolong2 bagai kena meteor. di sini yang sya kagumin, tiap masuk lubang, bodi tetap datar, kalu di kebut yang terasa hannya goyangan ringan.. bgtu d tanya habis brp buat bangun ni mobil.. dia cuma nyengir.... waduh..
waduh semoga enggak tambah pusing baca postingan sepanjang ini... kalau ada yg kurang jelas, langsung sja kita diskusikan lagi...
hehehe om mdid nda apa apakan bicaraiin ini d treat om?hehehe
thx
makanya.. kok gw jadi pengen piara taft GT '95 juga ya.. biar ga dilema kayak sekarang, pengen main tapi khawatir ngebaret cat..billyd1773dz wrote:Full Independent Suspension System VS Full RIGID Axle
artikulasi suspnsi hiline...
perhatiin roda tetep melekat erat d tanah sedangkan bodi tetap stabil.
yang ini hummer H1 dengan suspensi full independent suspension sistem (FISS)
ban belakang ngankat hilang traksi, kalau sudah seperti ini, yang d dalam pasti tidak nyaman dan mobil sangat rawan terbalik...
pajero gen2
kalau d pajero suspnsinya Independent Front Ssuspnsion, hasilnya bisa memadukan ke handalan,ketangguhan dan kelenturan rigid d suspensi belkang dengan, kestabilan,handling, dan kenyamanan d jalan aspal d kecepatan tinggi d suspnsi depan. kelemahan suspensi depan dalam berartikulasi di bayar oleh suspensi belakang yang bisa lebih lentur. namun tetap aja ada saat2 ban depan terpaksa mengankat..
walau d trek bergelombang seperti di indonesia, suspensi independent kurang efektif, tapi di medan gurun, dengan pasir dalam dan lembek, namum relatif rata. FISS bisa lebih unggul, karena kolongnya lebih rapih rata/flat serta groundclearence tinggi. minim hambatan seperti d bonggol axle rigid, yang melintang besar d bawahnya, bisa lebih rawan nyangkut dan jadi hambatan dalam melaju. tak heran humvee d gunakan d AS untuk nyerang irak dan pajero menjadi jawara d paris dakar.
klw d XJ
ini kaki2 standar semua lho d ganjel dan lepas stabilizer saja......
SUV modern yang FISS "mengakali" kelemahan artikulasi ini, dengan kontrol traksi, jadi saat ban lepas dri tanah, tu ban langsung d rem, jadi torsi d pindahin ke ban yang punnya traksi mobil jadi masih bisa maju. tapi tetep saja tidak se nyaman dan aman yang bannya tetep melekat d tanah.
di sini kelenturan suspensi benar-benar d uji. dalam pemakaian normal, semakin lentur suspnesi, bearti punnya jarak main yang panjang, dan gerak main roda kanan dan kiri bisa berbeda. tidak terikat oleh stabilizer/swaybar seperti di sedan2 dan suv modern.
thx
CVT gw gw ngerti, belum pernah punya mobil matic. pernah baca di SM, lumayan lengkap pembahasannya, tapi karena gw ga pake matic jadi gw kurang nyimak. di thread itu dibaas juga berbagai macam system matic. coba baca2 di http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=3450
FWD = front wheel drive, penggorak roda depan, yang diputar oleh mesin adalah roda depan, contoh banyak type sedan setelah tahun 90an misal eterna, dan gan. cirinya biasanya mesin dipasang melintang kanan ke kiri
RWD = rear whell drive, penggerak roda belakang, yang diputar oleh mesin adalah roda belakang, contoh kijang, nissan cefiro 91, cirinya biasanya mesinnya dipasang menghadap belakang ke depan
AWD = all wheel drive, gw rada bingung jelasin beda AWD dengan 4WD, mungkin karena penegrtian gw masih kurang juga ya.. contoh AWD itu mobil2 rally seperti lancer evolution beneran bukan lancer yang beredar umum di indonesia yang sering disebut evo 3 dan evo 4. gw juga ngerti bahwa ternyata lancer beda dengan evo setelah baca2 SM, iklan di koran menyesatkan, contoh lain captiva. kalo contoh 4WD misalnya pajero, taft, land cruser, mobil2 off road lainnya
pokoknya SM membuat gw melek soal otomotif
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
@om gmx
nyam nyam nyam, nikmat bgt baca postingan di atas (penjelasan om ama penjelasan om billy). thanks bgt atas penjelasannya om.
saya juga gitu, saya juga belajar banyak bgt dari SM ini. Udah ada beberapa thread yang saya baca dari post 1 sampe post terakhir (sampe ada yg 20-30 halaman per threadnya) karena emang nikmat mengikuti threadnya.
maaf nanya lagi nih, artikulasi itu artinya/maksudnya apa ya om. saya coba cari di wikipedia cuman masih kurang jelas nih (yg di wikipedia di bahasnya articulated vechicle). malah lebih ngerti dari baca postingan om gmx ama om billy. namun tetep masih kurang jelas (kurang plong ngertinya hehehe). kalo durability apakah artinya ketahanan terhadap kerusakan (menjadi rusak)?
oh ya om, mengenai suspensi rigid. dalam postingan om billy disebutkan "sistem suspensi rigid yang sebenernya bisa berartikulasi hampir tak terbatas". ini jadi maksudnya kondisi asli dari suspensi rigid mobil (misal taft 95) belum bisa beartikulasi dengan baik kecuali dimodifikasi/di-setel sistem suspensinya? semisal mobil taft dalam kondisi foto pertama di atas namun sistem suspensi rigidnya masih aseli bawaan pabrik, apakah berarti roda-rodanya akan terangkat seperti di gambar kedua?
terus kalo benar sistem suspensinya mesti disetel dulu biar bisa beartikulasi sampai hampir tak terbatas, itu apanya ya om yang di setel?
thanks sebelumnya atas jawabannya.
ps :
thread yg om kasih (http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=100) kayanya seru juga buat dibaca dari awal ampe abis. kayanya ini thread yg cukup tenggelam ya om? adakah thread menarik (tentang SUV) yang lain (yg udah ga keliatan di page² awal yang bisa disarankan ke saya?
nyam nyam nyam, nikmat bgt baca postingan di atas (penjelasan om ama penjelasan om billy). thanks bgt atas penjelasannya om.



saya juga gitu, saya juga belajar banyak bgt dari SM ini. Udah ada beberapa thread yang saya baca dari post 1 sampe post terakhir (sampe ada yg 20-30 halaman per threadnya) karena emang nikmat mengikuti threadnya.

maaf nanya lagi nih, artikulasi itu artinya/maksudnya apa ya om. saya coba cari di wikipedia cuman masih kurang jelas nih (yg di wikipedia di bahasnya articulated vechicle). malah lebih ngerti dari baca postingan om gmx ama om billy. namun tetep masih kurang jelas (kurang plong ngertinya hehehe). kalo durability apakah artinya ketahanan terhadap kerusakan (menjadi rusak)?
billyd1773dz wrote: SUV jaman dulu seperti FJ,CJ,jimny bersuspnsi keras akibat, alasan ketangguhan dan saat itu teknologi coil spring belum secanggih sekarang, production cost pun jadi tinggi. suspensi keras ini membuat, kemampuan jelajahnnya jadi berkurang, karena suspensi sulit menyesuaikan artikulasi utk menapak tanah. namun, sekarang sistem suspnsi SUV jadul mudah saja di buat jauh lebih lentur dari suv modern manapun juga (kec yg masih pke teknologi jadul). ini akibat sistem suspensi rigid yang sebenernya bisa berartikulasi hampir tak terbatas. beda dengan SUV sekarang, yang umumnya bersuspensi independent. gerak main artikulasinya terbatas panjang swing arm. mau di modifikasi gimanapun juga, kalau masih pakai sistem FISS tidak akan selentur sistem rigid. hasilnya kalau di bilang SUV sekarang mampu meredam guncangan dan berkaki lebih lentur dari SUV jadul hal ini tdk sepenuhnya benar.
oh ya om, mengenai suspensi rigid. dalam postingan om billy disebutkan "sistem suspensi rigid yang sebenernya bisa berartikulasi hampir tak terbatas". ini jadi maksudnya kondisi asli dari suspensi rigid mobil (misal taft 95) belum bisa beartikulasi dengan baik kecuali dimodifikasi/di-setel sistem suspensinya? semisal mobil taft dalam kondisi foto pertama di atas namun sistem suspensi rigidnya masih aseli bawaan pabrik, apakah berarti roda-rodanya akan terangkat seperti di gambar kedua?
terus kalo benar sistem suspensinya mesti disetel dulu biar bisa beartikulasi sampai hampir tak terbatas, itu apanya ya om yang di setel?
thanks sebelumnya atas jawabannya.
ps :
thread yg om kasih (http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=100) kayanya seru juga buat dibaca dari awal ampe abis. kayanya ini thread yg cukup tenggelam ya om? adakah thread menarik (tentang SUV) yang lain (yg udah ga keliatan di page² awal yang bisa disarankan ke saya?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
^^
thread itu emang "ditenggelamkan" digantikan dengan thread ini karena isinya udah ngga sesuai dengan judul. kalo diperhatikan di postingan pertama thread ini, gw sebutkan thread ini melanjutkan dan menggabungkan beberapa thread pajero sebelumnya. ada lagi thread lain yg jadi racun buat gw untuk ambil pajero http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=7683
pertanyaan lain biar billy, om dito, ryco, atau rekan lainnya yg jawab ya.. kalo pengertian gw, artikulasi suspensi artinya kemampuan system suspensi menyesuaikan diri dengan kontur trek supaya menjaga ban tetep napak di trek itu
kalo durability kira2 seperti itulah pengertiannya
thread itu emang "ditenggelamkan" digantikan dengan thread ini karena isinya udah ngga sesuai dengan judul. kalo diperhatikan di postingan pertama thread ini, gw sebutkan thread ini melanjutkan dan menggabungkan beberapa thread pajero sebelumnya. ada lagi thread lain yg jadi racun buat gw untuk ambil pajero http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=7683
pertanyaan lain biar billy, om dito, ryco, atau rekan lainnya yg jawab ya.. kalo pengertian gw, artikulasi suspensi artinya kemampuan system suspensi menyesuaikan diri dengan kontur trek supaya menjaga ban tetep napak di trek itu
kalo durability kira2 seperti itulah pengertiannya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
Sedikit penjelasan tambahan : (mohon maaf kalau kurang tepat).
FISS & IFS : Independent Suspension artinya suspensi kanan dan kiri bisa naik turun sendiri-2. Sedangkan Rigid Axle.. = as roda nya satu batang sehingga masing-2 roda tergantung dari lawannya.. yang satu naik, pasti yang satu akan turun dan sebaliknya.
4x4 / 4 WD = Tenaga dari mesin disalurkan ke gardan depan dan belakang... bekerja bersamaan (locked). biasanya ada low gear L4 (perbandingan giginya besar)... Sangat berbahaya apabila digunakan dijalan aspal dan rata dimana ke 4 roda menapak dengan baik. Jadi hanya untuk kecepatan rendah dan jalan jelek/licin sekali (salju / lumpur)... meskipun ada H4.. tetapi tetap ada batasnya..
FullTime / AWD = Tenaga dari mesin disalurkan ke gardan depan dan belakang tetapi tidak bekerja bersamaan.
Di tengah ada differentialnya yang memisahkan antara gardan depan dan belakang. Tidak ada Low Gear / L4.
Bisa digunakan di jalan biasa tetapi lebih efektif jalan yang licin air / salju ringan.
Kadang ada komputer yang mengatur persentase tenaga lebih besar ke depan atau ke belakang.
Nah setelah itu ada turunan-2 nya lagi yang diciptakan secara modern oleh manufacture-2...
Saya masih belum jelas mengenai Hybrid LSD seperti yang ada di Pajero Sport.
FISS & IFS : Independent Suspension artinya suspensi kanan dan kiri bisa naik turun sendiri-2. Sedangkan Rigid Axle.. = as roda nya satu batang sehingga masing-2 roda tergantung dari lawannya.. yang satu naik, pasti yang satu akan turun dan sebaliknya.
4x4 / 4 WD = Tenaga dari mesin disalurkan ke gardan depan dan belakang... bekerja bersamaan (locked). biasanya ada low gear L4 (perbandingan giginya besar)... Sangat berbahaya apabila digunakan dijalan aspal dan rata dimana ke 4 roda menapak dengan baik. Jadi hanya untuk kecepatan rendah dan jalan jelek/licin sekali (salju / lumpur)... meskipun ada H4.. tetapi tetap ada batasnya..
FullTime / AWD = Tenaga dari mesin disalurkan ke gardan depan dan belakang tetapi tidak bekerja bersamaan.
Di tengah ada differentialnya yang memisahkan antara gardan depan dan belakang. Tidak ada Low Gear / L4.
Bisa digunakan di jalan biasa tetapi lebih efektif jalan yang licin air / salju ringan.
Kadang ada komputer yang mengatur persentase tenaga lebih besar ke depan atau ke belakang.
Nah setelah itu ada turunan-2 nya lagi yang diciptakan secara modern oleh manufacture-2...
Saya masih belum jelas mengenai Hybrid LSD seperti yang ada di Pajero Sport.
Dari Solo ke Oslo


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
kalo ane lihat, kenapa rigid lebih panjang artikulasinya karena lengannya lebih panjang.. karena lengannya ini nempel secara memanjang sumbu mobil. beda dengan lengan independen yang pake lengan ayun konvensional. terbatas sepanjang gerak lengan ayun itu aja karena dipasang posisi melintang sumbu mobil. nah kalau lebar mobil sekitar 2m, berarti kira2 lengan ayun panjangnya 0.7m dengan sudut gerak sekitar 30 derajat, maka jarak vertikal ayunan sekitar 20-an cm...
mungkin, kalo lengan ayun pada FISS dibikin secara memanjang, artikulasinya bisa lebih panjang.
tapi ada koq FISS yang lentur banget.. landie disco3..

mungkin, kalo lengan ayun pada FISS dibikin secara memanjang, artikulasinya bisa lebih panjang.
tapi ada koq FISS yang lentur banget.. landie disco3..


Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
Wah setelah baca penjelasan dari pak punto jadi makin jelas perbedaan secara fisik antara rigid dan independent, dan makin jelas kenapa disebut "independent".. Baru ngeh nih..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Sun Jul 26, 2009 15:01
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
mantab tuh taft nya pak syamsir.....mesin 15BT....kaki FJ60 ful floating....suspensi udah jamin lah....full spec offroad...hhehehehhe...ngimpi ah gua punya gituan.......
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Sun Jul 26, 2009 15:01
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
ini nih gardan rigid yg lentur....hahahahahahhahaha.........ini si koneng waktu di scop....
gmx wrote:Wah setelah baca penjelasan dari pak punto jadi makin jelas perbedaan secara fisik antara rigid dan independent, dan makin jelas kenapa disebut "independent".. Baru ngeh nih..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
atau ya sama-2 naik dan sama-2 turun..€lj€p€ wrote:Sedikit penjelasan tambahan : (mohon maaf kalau kurang tepat).
FISS & IFS : Independent Suspension artinya suspensi kanan dan kiri bisa naik turun sendiri-2. Sedangkan Rigid Axle.. = as roda nya satu batang sehingga masing-2 roda tergantung dari lawannya.. yang satu naik, pasti yang satu akan turun dan sebaliknya.
Dari Solo ke Oslo


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Thu Jul 23, 2009 12:03
- Location: +62
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
salam kenal juga om ryc.....rycphobia wrote:om mamat...salam kenal....boleh tau itu ban nya pake apaan? ring 15 juga? ukuran berapa?
makasih om mamat....ban nya keren bgt.......
salam
ryc
tu velg nya masih ori punya...
ban pake MaXXis Mudzilla LT 33 x 12,5 x R15 (betul gak ya 12,5..? lupa sih)
powered by B20VTEC kick in yoo 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Sun Jul 26, 2009 15:01
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
makasih om mamat....12.5 ya ? bukan 13.5...? ngak mentok fender? atau belok ada mentok?
thx
thx
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
Bro, itu anting2nya sampe bengkok gitu terutama yg sebelah kanan, gapapa?rycphobia wrote:ini nih gardan rigid yg lentur....hahahahahahhahaha.........ini si koneng waktu di scop....
rigid axle with leaf, tergantung kelenturan anting2 juga yah?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Sun Jul 26, 2009 15:01
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
om...tergantung kelenturan dari per nya....kalau pakai parabolic spring (per ini cuma 2 lembar aja depan dan 3 lembar belakang..) aslinya landy itu 9 lembar dan 11 lembar.....jadi per ini cukup lentur dan sangat kuat material nya. juga cukup membantu dalam kenyamanan.....GTR wrote:Om, itu anting2nya sampe bengkok gitu terutama yg sebelah kanan, gapapa?rycphobia wrote:ini nih gardan rigid yg lentur....hahahahahahhahaha.........ini si koneng waktu di scop....
rigid axle with leaf, tergantung kelenturan anting2 juga yah?
utk anting, saya pakai yg agak panjang biar bisa membantu pada saat miring
sebener nya salah konstruksi nya di koneng itu...harus nya pakai limiter strap biar ngak terlalu main jauh....imbas nya gampang klontang.....
ini foto salah satu lokasi di scop yg saya coba miring bgt...tapi ternyata masih stabil..sementara sebelum nya sempet ada yg klontang pada saat jalan trek ini juga...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Sun Jul 26, 2009 15:01
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
kalau pake pajero.....atau trooper di jalur begini......enak bgt....ngak bakalan ngerasain miring bgt .......dan kecenderungan klontang nya dikit bgt ........kalau pake rigid axle....fuuiiihhhh ampun........
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
kalo travel ga dilimit, tekanan di anting2 itu apa ga tetep tinggi? apalagi kalo lagi melentur habis, leaf sedikit "melintir" keliatan dari beda sudut antara gardan dgn chassis, kalo diliat tegak lurus dari belakang.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Sun Jul 26, 2009 15:01
Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)
kayaknya tekanan anting tetep tinggi ya....dan bisa patah anting.....malah bisa bisa sasis nya yg kalah...maklum mbl thn 62.....udah osteoperosis....hhhehehehhe
pastinya mesti di batasin travel suspensinya ya om biar aman......cuma blom dapat aja
pastinya mesti di batasin travel suspensinya ya om biar aman......cuma blom dapat aja