Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat Jun 20, 2009 13:40
Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
pengen tambah ilmu, kenapa mobil2 lama seperti Daihatsu Rocky dan Panther misalnya, dengan Daya kecil tapi kok lebih kuat di medan tanjakan dibanding mobil2 lebih muda. Adakah korelasi antara CC, Daya dan Torsi nya. Thank a lot!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
saya coba menjawab dgn segala ketidak tahuan ku yah..hehehe..pertama..itu mobil RWD...torsi juga gede...hehehe..jadi terasa lbh kuat...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
gigi gardan nya berbeda... jenis mobil ini memang utk bawa beban dan tanjakan. kalo RWD, coba bandingin antara kijang baru dengan yg lama, lebih kuat yg lama.. secara gigi nya lebih gede tapi kelemahan nya ga bisa lari di jalan datar.ZombiEE wrote:saya coba menjawab dgn segala ketidak tahuan ku yah..hehehe..pertama..itu mobil RWD...torsi juga gede...hehehe..jadi terasa lbh kuat...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
yup...tha;s more like it:)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
yg ada mesinnya meraung2 terus....poeticmind wrote:gigi gardan nya berbeda... jenis mobil ini memang utk bawa beban dan tanjakan. kalo RWD, coba bandingin antara kijang baru dengan yg lama, lebih kuat yg lama.. secara gigi nya lebih gede tapi kelemahan nya ga bisa lari di jalan datar.ZombiEE wrote:saya coba menjawab dgn segala ketidak tahuan ku yah..hehehe..pertama..itu mobil RWD...torsi juga gede...hehehe..jadi terasa lbh kuat...
kaya Xenia or angkot2, biar 1000cc yg penting final gear guedeeee..... kuat nanjak kemanapun biar diisi belasan orang.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
giliran top speed kaga tercapai yah oom kalo final gear gedeh?hehehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
Daihatsu Rocky dan Isuzu Panther itu jelas lebih kuat ditanjakan karena bermesin diesel yang torsinya lebih besar daripada mobil yang bermesin bensin. Semakin besar torsi semakin kuat ditanjakan. CC terus terang 'menghambat' kelancaran gas buang. CMIIWbudirlg wrote:pengen tambah ilmu, kenapa mobil2 lama seperti Daihatsu Rocky dan Panther misalnya, dengan Daya kecil tapi kok lebih kuat di medan tanjakan dibanding mobil2 lebih muda. Adakah korelasi antara CC, Daya dan Torsi nya. Thank a lot!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
giliran di tol/lengang, napas nya pendek...ZombiEE wrote:giliran top speed kaga tercapai yah oom kalo final gear gedeh?hehehehe
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
^^
stuju, panther kalo di tol ampun dehh... suara meraung kenceng, gigi uda yg ke 5... tapi speed cuman 120 km/h... mau lebih lagi, malah kasian denger jeritan nya...
stuju, panther kalo di tol ampun dehh... suara meraung kenceng, gigi uda yg ke 5... tapi speed cuman 120 km/h... mau lebih lagi, malah kasian denger jeritan nya...
numpang lewat aja....


-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat Jun 20, 2009 13:40
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
wah smk tambah ilmu nih, jadi torsi menentukan di kekuatan tarikan awal ya.. Coba lihat spesifikasi 3 mobil Jenis/Daya max/Torsi max sbb : EscudoXL7/ 160(6500)/ 22.1(3500), Panther/ 80(3500)/ 19.5(1800), Rocky/ 76(3800)/ 170(2200). Harusnya XL7 juga kuat ditanjakan ya, tapi kata teman dia juga kurang tenaga, apa karena bensin atau torsi di rpm tinggi ya? Terus tentang Daya Maksimum itu menentukan apa ya? Sorry nih jd banyak tanya.
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
Mungkin maksudnya CC di sini adalah kapasitas mesin...esh wrote:Daihatsu Rocky dan Isuzu Panther itu jelas lebih kuat ditanjakan karena bermesin diesel yang torsinya lebih besar daripada mobil yang bermesin bensin. Semakin besar torsi semakin kuat ditanjakan. CC terus terang 'menghambat' kelancaran gas buang. CMIIWbudirlg wrote:pengen tambah ilmu, kenapa mobil2 lama seperti Daihatsu Rocky dan Panther misalnya, dengan Daya kecil tapi kok lebih kuat di medan tanjakan dibanding mobil2 lebih muda. Adakah korelasi antara CC, Daya dan Torsi nya. Thank a lot!
no signature
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 213
- Joined: Wed Oct 25, 2006 9:42
- Location: Surabaya
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
Ryan Steele wrote:Mungkin maksudnya CC di sini adalah kapasitas mesin...esh wrote:Daihatsu Rocky dan Isuzu Panther itu jelas lebih kuat ditanjakan karena bermesin diesel yang torsinya lebih besar daripada mobil yang bermesin bensin. Semakin besar torsi semakin kuat ditanjakan. CC terus terang 'menghambat' kelancaran gas buang. CMIIWbudirlg wrote:pengen tambah ilmu, kenapa mobil2 lama seperti Daihatsu Rocky dan Panther misalnya, dengan Daya kecil tapi kok lebih kuat di medan tanjakan dibanding mobil2 lebih muda. Adakah korelasi antara CC, Daya dan Torsi nya. Thank a lot!
Kalo menurut saya yg dimaksud bro 'esh' diatas CC = catalitic converter bukan centimeter cubic. CMIIW
setau saya yg mempengaruhi kuat di tanjakan selain perbandingan gigi/final gear juga perbandingan tenaga & berat mobil tsb, juga torsi yg dihasilkan dr dimensi bore x strokenya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
@ Mixer: thanks sudah dibantu klarifikasi.
Tapi sepertinya yang dimaksud oleh TS sebenarnya adalah centimeter cubic yang seharusnya ditulis cc (pakai huruf kecil). Sedangkan kalau pake huruf besar itu setahu saya adalah Catalytic Converter.

Tapi sepertinya yang dimaksud oleh TS sebenarnya adalah centimeter cubic yang seharusnya ditulis cc (pakai huruf kecil). Sedangkan kalau pake huruf besar itu setahu saya adalah Catalytic Converter.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
hehehe dari kalimat nya saja udah aware itu katalik...esh wrote:@ Mixer: thanks sudah dibantu klarifikasi.![]()
Tapi sepertinya yang dimaksud oleh TS sebenarnya adalah centimeter cubic yang seharusnya ditulis cc (pakai huruf kecil). Sedangkan kalau pake huruf besar itu setahu saya adalah Catalytic Converter.


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
XL7 torsinya walaupun paling besar tapi dapet puncakya di RPM 3500budirlg wrote:wah smk tambah ilmu nih, jadi torsi menentukan di kekuatan tarikan awal ya.. Coba lihat spesifikasi 3 mobil Jenis/Daya max/Torsi max sbb : EscudoXL7/ 160(6500)/ 22.1(3500), Panther/ 80(3500)/ 19.5(1800), Rocky/ 76(3800)/ 170(2200). Harusnya XL7 juga kuat ditanjakan ya, tapi kata teman dia juga kurang tenaga, apa karena bensin atau torsi di rpm tinggi ya? Terus tentang Daya Maksimum itu menentukan apa ya? Sorry nih jd banyak tanya.
yg laen di 2000an udah puncak
mau tetep lari di tanjakan XL7 mesti di jaga di RPM tinggi terus
lalu bobot ke 3 kendaraan tsb masing2 brapa?
itu jg pengaruh besar
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed May 06, 2009 2:56
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
Torsi mengindikasikan kemampuan suatu mobil untuk berakselerasi dari kecepatan rendah.
Sementara Tenaga , mengindikasikan kemampuan suatu mobil untuk mencapai kecepatan tinggi.
Sebenarnya HP(tenaga) adalah konversi dari Torsi. Dengan perhitungan HP = Torsi X Rpm / 5252. Dimana torsi satuannya pounds feet.
.
Jadi dapat dikatakan bahwa Tenaga adalah Torsi yang dipengaruhi oleh RPM dengan konstanta pembagi.(5252.)
Makanya pada spec mesin, HP selalu ,dicapai pada RPM tinggi.
Makin Besar Torsi dan RPM ,maka tenaga yang didapat juga makin besar.
Dan yang harus kita pahami adalah ,tidak mungkin kita dapat mengukur HP suatu Mesin ,karena yang dapat diukur pd hakikatnya adalah TORSI. Pada Dynometer , yang diukur sebenarnya adalah Torsi , sedangkan HP yang tertera adalah merupakan konversi dari TORSI yang dipengaruhi oleh RPM.
Torsi adalah kemampuan puntir untuk menopang beban 1 pounds dengan jarak 1 feet secara horisontal dari pusat
.
Jadi kalau kita analogikan tangan kita dengan panjang(jarak dr pusat pundak 1 feet),mengangkat batu bata seberat 1 pounds , maka dapat dikatakan torsi yg kita keluarkan adalah 1 punds feet..(bisa dikonversi ke Nm).
Banyak faktor yg mempengaruhi besaran Torsi,. Makanya torsi mobil yg direkam berbentuk parabolik..
Dan kurva HP selalu mengikuti kursa Torsi tapi dicapai pada RPM lebih tinggi.
Kalu CC, otomatis pistonnya / strokenya juga lebih gedhe , lebih besar udah pasti torsi lebih besar
Tekanan kompresi yg tinggi juga memberikan torsi yg tinggi pula , semisal karakteristik pada mesin diesel.
Tapi diesel berkarakteristik LIKE GOLIATH , Punya torsi gedhe tapi sulit diajak lari cepet. Kecuali dtambahin piranti tambahan induction atau turbo sejenisnya...
Makanya diajak lewat tanjakan pada kecepatan rendah/rpm rendah(offroad) , santai2 aja...
Tapi kalau tanjakan yang relatif panjang dan mulus (misal tol cipularang), memungkinkan mesin bensin untuk berlari cepat... ya sama aja... diesel kalah ama mesin bensin...
Sementara Tenaga , mengindikasikan kemampuan suatu mobil untuk mencapai kecepatan tinggi.
Sebenarnya HP(tenaga) adalah konversi dari Torsi. Dengan perhitungan HP = Torsi X Rpm / 5252. Dimana torsi satuannya pounds feet.
.
Jadi dapat dikatakan bahwa Tenaga adalah Torsi yang dipengaruhi oleh RPM dengan konstanta pembagi.(5252.)
Makanya pada spec mesin, HP selalu ,dicapai pada RPM tinggi.
Makin Besar Torsi dan RPM ,maka tenaga yang didapat juga makin besar.
Dan yang harus kita pahami adalah ,tidak mungkin kita dapat mengukur HP suatu Mesin ,karena yang dapat diukur pd hakikatnya adalah TORSI. Pada Dynometer , yang diukur sebenarnya adalah Torsi , sedangkan HP yang tertera adalah merupakan konversi dari TORSI yang dipengaruhi oleh RPM.
Torsi adalah kemampuan puntir untuk menopang beban 1 pounds dengan jarak 1 feet secara horisontal dari pusat
.
Jadi kalau kita analogikan tangan kita dengan panjang(jarak dr pusat pundak 1 feet),mengangkat batu bata seberat 1 pounds , maka dapat dikatakan torsi yg kita keluarkan adalah 1 punds feet..(bisa dikonversi ke Nm).
Banyak faktor yg mempengaruhi besaran Torsi,. Makanya torsi mobil yg direkam berbentuk parabolik..
Dan kurva HP selalu mengikuti kursa Torsi tapi dicapai pada RPM lebih tinggi.
Kalu CC, otomatis pistonnya / strokenya juga lebih gedhe , lebih besar udah pasti torsi lebih besar
Tekanan kompresi yg tinggi juga memberikan torsi yg tinggi pula , semisal karakteristik pada mesin diesel.
Tapi diesel berkarakteristik LIKE GOLIATH , Punya torsi gedhe tapi sulit diajak lari cepet. Kecuali dtambahin piranti tambahan induction atau turbo sejenisnya...
Makanya diajak lewat tanjakan pada kecepatan rendah/rpm rendah(offroad) , santai2 aja...
Tapi kalau tanjakan yang relatif panjang dan mulus (misal tol cipularang), memungkinkan mesin bensin untuk berlari cepat... ya sama aja... diesel kalah ama mesin bensin...

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed May 06, 2009 2:56
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
Diki_Oke_Deh wrote:Torsi mengindikasikan kemampuan suatu mobil untuk berakselerasi dari kecepatan rendah.
Sementara Tenaga , mengindikasikan kemampuan suatu mobil untuk mencapai kecepatan tinggi.
Sebenarnya HP(tenaga) adalah konversi dari Torsi. Dengan perhitungan HP = Torsi X Rpm / 5252. Dimana torsi satuannya pounds feet.
.
Jadi dapat dikatakan bahwa Tenaga adalah Torsi yang dipengaruhi oleh RPM dengan konstanta pembagi.(5252.)
Makanya pada spec mesin, HP selalu ,dicapai pada RPM tinggi.
Makin Besar Torsi dan RPM ,maka tenaga yang didapat juga makin besar.
Dan yang harus kita pahami adalah ,tidak mungkin kita dapat mengukur HP suatu Mesin ,karena yang dapat diukur pd hakikatnya adalah TORSI. Pada Dynometer , yang diukur sebenarnya adalah Torsi , sedangkan HP yang tertera adalah merupakan konversi dari TORSI yang dipengaruhi oleh RPM.
Torsi adalah kemampuan puntir untuk menopang beban 1 pounds dengan jarak 1 feet secara horisontal dari pusat
.
Jadi kalau kita analogikan tangan kita dengan panjang(jarak dr pusat pundak 1 feet),mengangkat batu bata seberat 1 pounds , maka dapat dikatakan torsi yg kita keluarkan adalah 1 punds feet..(bisa dikonversi ke Nm).
Banyak faktor yg mempengaruhi besaran Torsi,. Makanya torsi mobil yg direkam berbentuk parabolik..
Dan kurva HP selalu mengikuti kursa Torsi tapi dicapai pada RPM lebih tinggi.
Kalu CC, otomatis pistonnya / strokenya juga lebih gedhe , lebih besar udah pasti torsi lebih besar
Tekanan kompresi yg tinggi juga memberikan torsi yg tinggi pula , semisal karakteristik pada mesin diesel.
Tapi diesel berkarakteristik LIKE GOLIATH , Punya torsi gedhe tapi sulit diajak lari cepet. Kecuali dtambahin piranti tambahan induction atau turbo sejenisnya...
Makanya diajak lewat tanjakan pada kecepatan rendah/rpm rendah(offroad) , santai2 aja...
Tapi kalau tanjakan yang relatif panjang dan mulus (misal tol cipularang), memungkinkan mesin bensin untuk berlari cepat... ya sama aja... diesel kalah ama mesin bensin...
PENGEN NAMBAHIN LAGEE...
Banyak sekali faktor yang berpengaruh terhadap Torsi mobil . Antara lain : karakteristik pembakaran , kompresi ratio , induksi/ turbo , afr , perbandingan diameter dan langkah piston , volume ruang bakar ,bobot piston ,efisiensi pembakaran/ heat lost , efisiensi mekanik,RPM , air mass flow ,karakteristik / kecepatan aliran intake dan exhaust , dll.
Faktor2 ini bersifat exponensial terhadap torsi sehingga grafik torsi untuk mobil Natural Aspirated Engine secara umum berbentuk Parabolik.
Lain dengan karakteristik mesin turbo ,dimana Torsi tertinggi relatif cenderung linear/horisontal didapat pada putaran rendah antara RPM 1000 sd 5000. Dan menurun dengan halus pada rpm tinggi.
Secara ideal sebenarnya kalau kita abaikan faktor2 tadi , torsi mesin yang didapat adalah konstan berbentuk garis horisontal.
Sedangkan Total daya/ HP yg didapat adalah linear naik keatas , seiring dengan kenaikan RPM.
Jadi HP pada rpm 3000 adalah 2x hp pada RPM 1500 ,misalnya.
Dan peak HP yg didapat adalah pada RPM tertinggi.
Tetapi karena pada kondisi sebenarnya Torsi berbentuk parabolik dan menurun pada rpm tinggi( karena efisiensi mesin turun/heat lost tinggi) , maka HP tertinggi tidak didapat pada rpm tertinggi , tetapi bersifat parabolik ,menurun mengikuti penurunan Torsi.
Untuk torsi dan tenaga maksimal didapat pada RPM tertentu , itu tergantung pada efisiensi ,desain mesin dan purposenya , tanpa bisa menghindari grafik parabolik torsi sebagai hukum alamnya.
Untuk mobil yang memberikan Torsi tinggi pada Rpm rendah(misal digunakan pada mobil niaga/mobil offroad), maka hp tertingginya juga dicapai pada rpm rendah , yang berarti peak HP yg dicapai juga relatif lebih rendah.(ingat konversi torsi ke Hp ,dimana hp adalah torsi kali rpm dibagi konstanta).
Akibatnya , mobil niaga tidak bisa dipacu/mencapai kecepatan tinggi , karena pada rpm itu torsi/hpnya udah jauh menurun.
Sementara mobil sedan , dengan torsi dicapai pada rpm tinggi ,otomatis Hp juga dicapai pada rpm lebih tinggi , dan besaran HPnya jauh lebih besar daripada mobil niaga.Karena pada rpm tinggi hp belum begitu jauh menurun.
MOGA NGGAK BINGUNG BACANYA....

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
ane merasakan hawa2 penerus PPT nehh.... nice post bro...
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
Diesel nggak bisa ngebut di tanjakan ?Diki_Oke_Deh wrote: Tapi kalau tanjakan yang relatif panjang dan mulus (misal tol cipularang), memungkinkan mesin bensin untuk berlari cepat... ya sama aja... diesel kalah ama mesin bensin...
Monggo test drive MM aka D4 D V A/T maskot IC (Innova Community)

* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
Saya sgt setuju dgn paparan dasar yg diulas pak Diki Oke
Menambahkan :
Pengembangan mesin2 dewasa ini sudah bisa mencapai karakter mesin dengan Torsi Max. dicapai pada RPM rendah 1300 - 1750 dan Peak Power di 5000 - 5500 RPM.
Mesin2 VW TSI / Audi TFSI / BMW Twin Turbo Gasoline adalah mesin2 yg bisa menghasilkan Torsi Max "ala Diesel" since under 1900 RPM meanwhile Peak Power "ala Gasoline" at around 5000 - 5500 RPM.
Kinerja tsb dapat tercapai krn pengembangan teknik aplikasi twincharger / aplikasi 2 Turbo / GDI yg mendukung terlaksananya proses pembakaran yg ideal sejak dari RPM rendah.
CMIIW
Menambahkan :
Pengembangan mesin2 dewasa ini sudah bisa mencapai karakter mesin dengan Torsi Max. dicapai pada RPM rendah 1300 - 1750 dan Peak Power di 5000 - 5500 RPM.
Mesin2 VW TSI / Audi TFSI / BMW Twin Turbo Gasoline adalah mesin2 yg bisa menghasilkan Torsi Max "ala Diesel" since under 1900 RPM meanwhile Peak Power "ala Gasoline" at around 5000 - 5500 RPM.
Kinerja tsb dapat tercapai krn pengembangan teknik aplikasi twincharger / aplikasi 2 Turbo / GDI yg mendukung terlaksananya proses pembakaran yg ideal sejak dari RPM rendah.
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
@Diki_Oke_Deh : nambahin... jangan lupa kondisi udara, dapat mempengaruhi proses kerja pembakaran... 


-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
kebetulan lg forum diesel jg ikut numpang nimba ilmu
klu mesin diesel modern yg pakai common-rail apakah plg aman memakai solar sulfur rendah seperti DEX dibanding solar biasa di + vitamin2. klu shell/petronas diesel apakah punya mutu sebagus DEX?
thx
klu mesin diesel modern yg pakai common-rail apakah plg aman memakai solar sulfur rendah seperti DEX dibanding solar biasa di + vitamin2. klu shell/petronas diesel apakah punya mutu sebagus DEX?
thx
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
Dari dulu yg menarik, rumus : HP = Torsi X Rpm / 5252
Ini seolah ga relevan ke hampir semua mesin2 terkini…
Mesin yg menghasilkan power sama, ada yg more torque ada yg less torque.
Ada yg menarik hubungan kapasitas mesin, daya & torsi max dari mesin2 bensin.
Asumsi mesin2 n/a yg umum punya spec sbb:
- output spesifik : ~75hp/liter
- daya max : di ~6000rpm
- torsi max : di ~4000rpm
- indirect injection
Angka2 daya/torsi maximum (satuan hp & lb-ft) yg dihasilkan mesin2 tadi, kebanyakan imbang (daya max = torsi max), kira2 mendekati seperti ini :
100hp/100lb-ft,
200hp/200lb-ft,
300hp/300lb-ft,
dst dst...
Utk stock mesin2 n/a yg dituning lebih jauh / dikuras ke :
- output spesifik lebih tinggi misal : 90hp/liter or 100hp/liter or 120hp/liter, dst... dst..,
- >6000rpm
Maka angka daya & torsi jadi tidak imbang lagi (angka daya > torsi), kira2 seperti ini:
- pada output spesifik 80hp/liter : 118hp/106lb-ft
- 90hp/liter : 138hp/110lb-ft
- 104hp/liter : 415hp/295lb-ft
- 120hp/liter : 237hp/160 lb-ft
Di forced induction (FI), akan menghasilkan angka daya < torsi. kira2 seperti ini:
105hp/liter : 211hp/258lb-ft
106hp/liter : 244hp/258lb-ft
91hp/liter : 400hp/450lb-ft
dst....
Tanpa meningkatkan kapasitas mesin , meningkatkan power mesin n/a sekarang ini, tidak terlalu signifikan diikuti increase torsi.
Peningkatan 50% di power (spesifik output power), mungkin hanya diikuti peningkatan 10-20% di torsi. Perbedaan di power ini efektif jika tidak diikuti bertambahnya bobot mobil.
Berbeda dengan FI, peningkatan power dengan FI selalu diikuti peningkatan torsi yg cukup/lebih signifikan.
Ini seolah ga relevan ke hampir semua mesin2 terkini…
Mesin yg menghasilkan power sama, ada yg more torque ada yg less torque.
Ada yg menarik hubungan kapasitas mesin, daya & torsi max dari mesin2 bensin.
Asumsi mesin2 n/a yg umum punya spec sbb:
- output spesifik : ~75hp/liter
- daya max : di ~6000rpm
- torsi max : di ~4000rpm
- indirect injection
Angka2 daya/torsi maximum (satuan hp & lb-ft) yg dihasilkan mesin2 tadi, kebanyakan imbang (daya max = torsi max), kira2 mendekati seperti ini :
100hp/100lb-ft,
200hp/200lb-ft,
300hp/300lb-ft,
dst dst...
Utk stock mesin2 n/a yg dituning lebih jauh / dikuras ke :
- output spesifik lebih tinggi misal : 90hp/liter or 100hp/liter or 120hp/liter, dst... dst..,
- >6000rpm
Maka angka daya & torsi jadi tidak imbang lagi (angka daya > torsi), kira2 seperti ini:
- pada output spesifik 80hp/liter : 118hp/106lb-ft
- 90hp/liter : 138hp/110lb-ft
- 104hp/liter : 415hp/295lb-ft
- 120hp/liter : 237hp/160 lb-ft
Di forced induction (FI), akan menghasilkan angka daya < torsi. kira2 seperti ini:
105hp/liter : 211hp/258lb-ft
106hp/liter : 244hp/258lb-ft
91hp/liter : 400hp/450lb-ft
dst....
Tanpa meningkatkan kapasitas mesin , meningkatkan power mesin n/a sekarang ini, tidak terlalu signifikan diikuti increase torsi.
Peningkatan 50% di power (spesifik output power), mungkin hanya diikuti peningkatan 10-20% di torsi. Perbedaan di power ini efektif jika tidak diikuti bertambahnya bobot mobil.
Berbeda dengan FI, peningkatan power dengan FI selalu diikuti peningkatan torsi yg cukup/lebih signifikan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
boleh ditambah kan...disinilah letak keunggulan transmisi CVT...tanjakan tidak dipengaruhi ratio gigi....dimana kick down jg gak nyari2 tingkat percepatan yg cocok....cuman yah itu..waktu mulai nanjak agak lelet..tapi segitu uda jalan sih pasti lebih ngacir daripada a/t konvensional..cmiiw:)
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Korelasi CC, Daya Max dan Torsi Max
A/T konvensional harus menjaga gas dan feeling... tapi ngacir sih bisa barengan kok...ga kalah juga.ZombiEE wrote:boleh ditambah kan...disinilah letak keunggulan transmisi CVT...tanjakan tidak dipengaruhi ratio gigi....dimana kick down jg gak nyari2 tingkat percepatan yg cocok....cuman yah itu..waktu mulai nanjak agak lelet..tapi segitu uda jalan sih pasti lebih ngacir daripada a/t konvensional..cmiiw:)

