buatandi wrote:om sjamsul ane liat prestone ada yang bisa sampe 5 tahun yah yang warna abu2 kemasan 1 liter...nah gimana tuh sama nasehat ente yang ganti air tiap 1 tahun sekali
sama air radiator kan adaa yang bisa di pake langsung kemasan 5 liter sama kemasan 1 liter...nah kalo kita pake yang kemasan 1 liter trus kita tambahin ny pake air ap?? apakah kalo pake air pam bisa berkarat atau ap gitu....apa jadi bagusan pake air radiator langsung pakai (kemasan 5 liter)......

atas jawaban ny..
hmm.... terus terang ane belon pernah cobain pake yg itu di....... cuma emang pernah liat aja....... lagian khan harganya jauh lbh mahal deh....... trus klo di mbl ane tinggal dikalikan 4 ajah......... krn ane pake perbandingan 50 persen air n 50 persen coolant......... jadi harganya jadi mahal n cukup berasa.............. di kantong............
nah, sebagian jawaban nt dah dijawab ama asisten ane neh, bro DOHC.......... (cieee spt dosen ajah).......... klo yg kemasan 5 literan itu tinggal tuang aja............ sedangkan klo yg 1 literan itu sebaiknya dipakein air sulingan, klo ane biasanya pake air bogor, jadi dari air tanah trus disaring ampe bersih........... ane ga tau mengenai kadar ini n itunya, tp nampaknya fine2 aja sih......
Selain itu yg sebaiknya nt perhatikan adalah kapasitas air di sistim pendinginan mbl nt............ misalkan di mbl ane (kijang diesel) itu kapasitas air radiatornya 8 liter, jadi ane pake 4 botol coolant yg 1 literan (jadi kandungan coolantnya 50 persen)........... Nt tinggal tanyakan ama beres mbl nt, berapa kapasitas air di sistim pendinginan di mbl nt............. klo nt terlalu sedikit pakein coolantnya, mk jangka waktu penggantian air radiatornya jadi lbh pendek........ klo kaga, mk kurang bisa berfungsi dg baik, makanya nt ada keluhan saat ganti air radiator ada karatnya......
(perasaan ane pernah tulis deh, keterangan spt ini, tp lupa dimana......................)
smoga membantu...........