Tanya AC Lancer GLXi 93

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ncektot
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Jul 24, 2009 7:53

Tanya AC Lancer GLXi 93

Post by ncektot »

Rekan2 SM,mau tanya. lancer glxi saya kalo dinyalakan AC,RPMnya naik turun dan mau mati. Problemnya apa ya?
Ada yang bilang servo, ad yang bilang idle upnya dll. Bingung jadinya.. Padahal servo baru.
Mohon pencerahanya.. trims..

btw kalo thread ini sudah ada sebelumnya,mohon pemberitahuan. maklum,baru..

:mrgreen:
User avatar
Diki_Oke_Deh
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed May 06, 2009 2:56

Re: Tanya AC Lancer GLXi 93

Post by Diki_Oke_Deh »

Kok nggak ada yg jawab ya???? Coba deh ane jawab:

Ini udah menjadi penyakit mitsubishi mulai dulu.

Penyakit yg membandel adalah:
1. Mass Air Flow ( Bentuknya seperti sarang tawon): Cara kerjanya:
Memiliki banyak llitan kawat dengan aliran listrik voltase rendah yg menghasilkan panas pada kawat. Saat throthle / (gas istilah bengkel) terbuka maka sesaat ada aliran udara yang lebih deras melewati kawat. Sensor kawat yg sangat sensitive melihat adanya penurunan temperatur/panas kawat. Maka sensor memberikan tambahan voltage kepada kawat agar temperatur konstan. Selisih voltage yg ditambahkan inilah yg dikonversi ecu dalam itungan microdetik menjadi semprotan bensin pada injector yg lebih besar.
Kalau kawat kotor, akan berpengaruh kepada pembacaan sensor oleh ecu.

2.SERVO MOTOR / ISC (Idle Speed Control)
Ini juga biang yg sering rusak pada mitsubishi. Berguna untuk menaikkan RPM engine saat kondiisi iddle :
1. Pagi hari . cold start
2.Ada beban pada engine semacam :
- Beban AC
-Beban pompa power steering
-Beban pada kelistrikan, misal saat kita nyalakan lampu beam(lampu utama jauh).
Cara mengecheck kerusakan servo adalah dengan melihat rpm :
misal saat idle kita nyalakan lampu utama atau kita belokkan power steering. Sesaat rpm akan turun sedikit dan naik kembali pada rpm semula. Kalo rpm turun gak balik atau anteng2 aja dipastikan servo bermasalah.
Iddle speed ac sebenarnya adalh bekaitan dengan servo. Artinya saat ac kita nyalakan , servo bergerak sehingga rpm juga naik.

ISC/servo sebenarnya adalah motor/dinamo dengan stepper. yang menggerakan venturi (katup kupu2)pada throttle body sehingga rpm sedikit naik.

Sebenarnya systemnya hampir sama dengan Throttle By wire untuk mobil
baru yg juga memakai servo motor. Bedanya di ISC dinamo memakai steper dengan jangkauan hanya menaikkan rpm pada kondisi langsam. Sementara TBW memakai motor yg lebih continues dan jangkauan adalah membuat mobil bekaselerasi sampai kecepatan maksimal.system servo tbw memiliki pengaman, dgn tujuan kalau motor servo rusak, mobil masih bisa berjalan dengan kecepatan rendah.

Sedangkan pada lancer 93 , gerakan venturi/gasnya untuk speed bukan digerakkan servo, tapi digerakkan oleh kaki kita sampai batas kecepatan maksimal mobil.

Kalo motornya rusak otomatis rpm juga bermasalah.

Yg ane tanyakan apakah yaikin servonya udah diganti baru?Atau hanya di repair/dibersihkan tuas katup/ throttle body(TB) saja?

Bisa jadi ada masalah di AIR FLOW. coba dibersihkan dengan hati2 terlebih dahulu dari debu/kotoran yg menempel.Lalu coba bersihkan servonya. kalo nggak bisa, coba konsultasi ama bengkel mitsu.

COBA ANE BANDINGIN AMA SYSTEM TB HONDA seusia, yang terkenal handal(:

Honda tdk memakai system servo untuk system idle speed control(ISC).Kecuali honda baru dgn tbw.

Untuk honda, memakai system elektronik vacum, maksudnya saat ada ac, beban mesin dari kelistrikan/power steering, maka alat elektronik sederhana (yg bekerja secara elektronik atau secara mekanik memenfaatkan temperatur coolant yg masuk membuka termostat secara bertahap)akan membuka vacum, sehingga ada aliran udara yang bocor dari masuk ke ruang bakar.(efeknya hampir sama dengan throtthle yang sedikit kita tarik) sehingga MAP SENSOR akan membaca perbedaan kevacuman , memberi info ke ecu dan rpm naik.

System ini terbukti awet dan tidak bermasalah .

MAP sensor Honda vs air flow mitsu.
Cara kerja map sensor adalah:
map sensor adalah kotak kecil yang terdiri dari 2 bilik.dimana satu bilik tertutup dengan tekanan kevacuman tekanan (pressure)tertentu(absolut 1 atm) , sementara bilik kedua terhubung dengan intake manifold(hisapan engine). Perbedaan pressure dari kedua bilik inilah yang diterjemahkan oleh ecu , untuk memerintahkan injector menyemprotkan lebih banyak bbm.
Map sensor terbukti jauh lebih handal dan tanpa perawatan.

Berikut saya sertakan gambarnya:
Sory gambar MAF evo nggak ada. sebagai pembanding saya sertakan maf mazda 626. Sementara SYSTEM untuk Honda saya sertakan juga sehingga bisa membandingkan system yang dipakai oleh mobil pada umumnya.

Terlihat system vacuum honda memiliki banyak Air bypass System (air valve)menuju ke combustion chamber.


Semoga membantu.............. :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Tanya AC Lancer GLXi 93

Post by Risol1 »

penjelasannya mantap bro Diki :frm_tumbright:
ncektot
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Jul 24, 2009 7:53

Re: Tanya AC Lancer GLXi 93

Post by ncektot »

hmmmm,begitu ya jadi...

servo baru ganti bos waktu pertama beli. sekarang agak mendingan,tp kadang suka muncul penyakitnya..
kalo mau dijual pasarannya berapa ya sekarang??
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Tanya AC Lancer GLXi 93

Post by poeticmind »

wah... ga ada yg perlu dijelasin lagi... mantap bro diki! :frm_tumbleft:

@ncektot: halo bro... welcome to SM.
maksudnya harga apa ya, bro? mobilnya or servonya? hehehe :)
Image
ncektot
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Jul 24, 2009 7:53

Re: Tanya AC Lancer GLXi 93

Post by ncektot »

AC nya dah sehat. haha..

trims2..

harga mobilnya,mau dijual. pengen bli yang lebih muda dikit taunnya...
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Tanya AC Lancer GLXi 93

Post by poeticmind »

hahahaha ganti yg muda, artinya evoX lah ya... :big_peace:
Image