Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
m4rio wrote:
iya bener kok, panther itu persenelingnya beda ama mobil2 yang lain,kalo mobil2 biasa musti pake RORED atau sejenisnya dengan kekentalan tinggi, kalo di PANTHER malahan musti sama dengan oli mesin, kalao di kasih yang kentel malah jebol..... coba aja ke bengkel resmi ISUZU pasti dimasukin MEDITRAN juga.
m4rio wrote:ane pake OLI SHELL RIMULA, tapi skrg kilometer udah 5000 an lebih, tapi tarkan makin enteng, suara mesin makin alus aja, kira2 di ganti jangan ya olinya kalau gini???
nt abis setel ga mesinnya mar............... klo abis disetel, tentu aja tarikan jadi lbh enteng................
Trus klo dah waktunya ganti oli, sebaiknya dilakukan, jangan tunggu ampe mesin dah rusak, baru ganti oli, nanti biaya yg dikeluarkan menjadi lbh besar dari biaya ganti oli.........................
Smoga bermanfaat............................
gini broo sjam.. minggu pagi mobil ane bawa ke beres ISUZU buat di tune up ama service rem, soreNYA di bawa ke bandara mobil tarikannya sama aja kyk sebelum tune UP, nah seiring dengan lewatnya KM oli, tarikan jadi enteng.
informsi, wakti tune up dilakukan setel klep, ganti filter solar, udara, bersihin W/S.
m4rio wrote:
iya bener kok, panther itu persenelingnya beda ama mobil2 yang lain,kalo mobil2 biasa musti pake RORED atau sejenisnya dengan kekentalan tinggi, kalo di PANTHER malahan musti sama dengan oli mesin, kalao di kasih yang kentel malah jebol..... coba aja ke bengkel resmi ISUZU pasti dimasukin MEDITRAN juga.
DOHC wrote:wah thanks om meong ralat nya, maklum tiap ari bukan maen nya ama ginian, jadi lupa btw di manual book panther itu emang ditulis gt, oli transmisi bisa pake oli yg sama ama oli mesin... lagian di sedan honda sperti city jadul atau civic2 yg jadul jg gt tuh, kalo ganti oli di beres, pasti oli mesin dan transmisi dijadiin satu...
warung bro meong jauh seh dari rumah ane... coba kalo deket, malah tiap sore ane mampir bawa kopi ama kacang nehh...
Hehehe.......sama2 bro..... iye kalo deket mah enak yah....tiap ari bisa ngupi sambil ngerumpi ngeliatin abg lewat.....
GTR wrote:iye, kalo oli transmisi manual honda pake viskositas mesin tapi bukan yg kelas paling encer, phanter jadul juga kalo ga salah...
Iya bro.....kalo honda emang katanya oli transmisinya mesti pake oli mesin yah?
m4rio wrote:iya bener kok, panther itu persenelingnya beda ama mobil2 yang lain,kalo mobil2 biasa musti pake RORED atau sejenisnya dengan kekentalan tinggi, kalo di PANTHER malahan musti sama dengan oli mesin, kalao di kasih yang kentel malah jebol..... coba aja ke bengkel resmi ISUZU pasti dimasukin MEDITRAN juga.
Ooo......gitu yah? walah.....malah baru tau ane..... thanks for infonya...
GTR wrote:iye, kalo oli transmisi manual honda pake viskositas mesin tapi bukan yg kelas paling encer, phanter jadul juga kalo ga salah...
nah itu dia bro, dulu di civic ane dikasi sama ama oli mesin waktu ane servis di beres, secara dulu kalo di beres honda ane make nya shell helix plus, maka oli transmisi jg dikasi ntuh oli jg... di cityZ cousin saya jg, transmisi ama mesin di samaain gt ama beres nya... padahal oli nya cukup encer logh
aneh nya lagi... waktu ane ngobrol ama mekanik nya imora, dibilang kalo mobil2 honda yg kluaran baru, musti make nya honda MTF... yg pake oli mesin itu biasa jenis transmisi yg lama.... malah waktu ane maksa mo pakein tuh honda MTF buat civic jadul ane, ntuh mekanik kaga saranin...nagh logh... binggung kan...
mandala1 wrote:Sori....sori......ralat dikit yah bro........
@ DOHC : oli shell Rimula X (dulu) skr berubah menjadi Rimula R3 X, bukan Rimula HX......n yg nt bilang produk pertamina yg buat perseneleng/gardan harusnya Rored EPA atau HDA bukan Meditran SX,, karena jenis Meditran adalah diperuntukan buat mesin bukan transmisi......
Soal harga ya relatif yah bro......kalo nt belinya di warung ane mungkin bisa jauh dibawah itu.....hehehehe.............
iya bener kok, panther itu persenelingnya beda ama mobil2 yang lain,kalo mobil2 biasa musti pake RORED atau sejenisnya dengan kekentalan tinggi, kalo di PANTHER malahan musti sama dengan oli mesin, kalao di kasih yang kentel malah jebol..... coba aja ke bengkel resmi ISUZU pasti dimasukin MEDITRAN juga.
jebol sigh mungkin kaga bro... soalnya waktu servis di beres panther, ane jg perna dikasi rored, perna jg dikasi shell spirax... ntuh 2 oli kalo dibanding ama meditran, jauh lebi kentel logh... SAE 90 kalo ga salah...
m4rio wrote:
iya bener kok, panther itu persenelingnya beda ama mobil2 yang lain,kalo mobil2 biasa musti pake RORED atau sejenisnya dengan kekentalan tinggi, kalo di PANTHER malahan musti sama dengan oli mesin,
Transmisi manual mobil2 Honda ?
maksudnya broo???? mobil ane PANTHER.
Temen ane ada yg pake TBR52 oli transmisi selalu pake Honda MTF, konon hasilnya oke bgt
GTR wrote:baru 2 merk itu yg aneh, apa ada yg lain?
hmmm.....sebetulnya yg membedakan apa nya yah? Maksudnya dimana letak perbedaan jenis transmisi tsb sehingga mengharuskan penggunaan jenis oli sae 40? secara kalo diperhatikan sepertinya jeroan persneleng panther ga jauh berbeda dg model persneleng mobil lain pada umum nya......
kalau ane tetep patokanya di kilo meter..selalu di beri catatan sama tukan ganti olienya dan di cantelin ke leher setir jadi bisa up to date terus kapan harus ganti olie...
Turboman wrote:
Visc. kinematic oli biasanya akan menurun seiring berjalannya kilometer, oli makin encer tentu akan membuat tahanan pada mesin lebih kecil, mesin jadi sedikit lebih enteng as long as daya lumas si oli masih cukup baik / belum teroksidasi parah.
Tapi gimanapun juga bila oli udah jalan jauh, kurangilah pembebanan pada mesin, atau jika mesin harus tetap kerja berat maka oli sebaiknya jgn diganti kelewat jauh.
Shell Rimula TBN nya kayaknya cukup tinggi, kalau mesin Dieselnya masih prima maka bisa dipakai hingga 6000 Km asal tdk lebih dr 4 bulan.
Wah menarik nih....Om Turbo ane mao permisi nanya nih:
Mobil ane kalo pas baru distater bakalan keliatan di km berapa oli harus diganti, nah misal kemaren2 kalo cuma dipake di dalkot, oli harus diganti pas di X km, tapi pas ane pake jalan jauh (kec diatas 100kpj konstan), koq malah indikatornya jadi tambah panjang om, alias X + 200km lagi.......bukannya mustinya lebih pendek ya karena viskositasnya udah mulai menurun karena dipake jalan jauh tsb?
GTR wrote:baru 2 merk itu yg aneh, apa ada yg lain?
hmmm.....sebetulnya yg membedakan apa nya yah? Maksudnya dimana letak perbedaan jenis transmisi tsb sehingga mengharuskan penggunaan jenis oli sae 40? secara kalo diperhatikan sepertinya jeroan persneleng panther ga jauh berbeda dg model persneleng mobil lain pada umum nya......
kalo yg ane perna baca di SM ini ,di tret mana yah... yg bahas ttg GL4 dan GL5... dan ada bahan metal kuningan gt yg cocok ama kaga cocok dgn jenis GL 4 atau 5 itu....
coba ganti oli tanpa servis, apakah tarikannya sama? oli setelah dipake lama bisa jadi encer, coz bahan dasar n additive udah berkurang kualitasnya.
namun bisa jadi malah tambh kental, coz banyak kontaminan kotoran dan oksidasi. sy pernah pake oli merk tertentu, setelah agak lama kayaknya malah lebih kental. jadi inget waktu coba bikin minyak kelapa, santan direbus, dari cair lama2 jadi kental, hihihi..... masa oli sama kaya santan?
DOHC wrote:
kalo yg ane perna baca di SM ini ,di tret mana yah... yg bahas ttg GL4 dan GL5... dan ada bahan metal kuningan gt yg cocok ama kaga cocok dgn jenis GL 4 atau 5 itu....
Ada yah bro? Ntar deh ane ubeg2 dulu.... thanks yah.......
m4rio wrote:tadi ane akhirnya ganti oli juga, karena berhubung SHELL RIMULA kosong jadi ane ganti merek ke CASTROL GTX DIESEL, cuman rp. 158.000 lebih murah loh.
hasilnya gimana, apakah lbh enteng dari sebelum ganti oli ato sama aja mar.....