About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by billyd1773dz »

dito4x4 wrote: om ikut juga, om tim apa?....kalo odong2 itu MobiL...ang apa terserah om xixixixi: chasis pathfinder pick up 89,gardan jimny, suspensi dpn ngarang sendiri pake coil spring, belakang pake leaf spring,mesin Z16 Nissan,transfer case jimny super low ngarang sendiri juga,winch Warn ngarang juga (M8000 upgrade dinamo 9.5XP),dual battery optima+isolator warn, dll dsb xixixi barang limbah om....banyakan juga lungsuran.....
:beer:
aih.. klw ada limbah dgn tulisan "warn" ane jg mw tu... tpi gratiss.. da limbah kan tinggal mulung hehe... 9.5Xp nyam2 winch kebut nih.... tpi kemarin jebol uy bru d pke sekali padahal...

hehe ngarang2 berhadiah, bisa jadi duitngarang juga... hehehe.. mantap dah! ada poto lgi mainnya nda om? yg caribian terus nih yg disiksa hehe..

ane sih tim jalan2 om.. startnya pling belakang klw ada warung kopi ya ngopi dulu.. sambil lihat kelap klip perserta yg lagi ngatri hehehe...

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

maskopat wrote:
billyd1773dz wrote:ini kejadian di boil taft gw... pke bemper arb, terus tabrakan di tabrak APV dari samping d persimpangan tu APV guling parah... tpi taft ane sekilas enggak rusak parah.. tpi bgtu di cek bener saja sasisnya bengkok..... susah deh kalau udah gini... :frm_bang_head: :frm_bang_head: sekarang ganti konsep tiap bikin, bemper bukan sekuat mungkin tapi mesti lentur.. akhirnnya pakai model tubular dari pipa2. selain ringan dan murah, sengaja di buat, biar lentur kalau ada benturan kuat ni bemper yang pecah, terus di sediakan space buat winch agar tidak kejepit saat bemper pecah, di pasang d XJ kemarin di pernah ketabrak dari blkng, bemper blkngnnya patah, tapi sasis gpp dan winch tidak kejepit... sukur deh.. XJ monoque klw sampai knp2 repot deh....

jadi saran sya mending buat tubular aja om... jamin lebih sangar dan jarang yang pakai....hehehe kalau yang jual bemper import, coba di roma atutosport atau 4wd center.... tpi sekarang lagi muahal om.....
bener kata om billy. seperti design bagunan tahan gempa. kita harus bisa merencanakan lokasi2 yang boleh rusak tanpa membuat bangunan rubuh.

design kerangka mobil juga harusnya menganut seperti ini. bumper boleh rusak, tapi chasis dan kabin, gak boleh rusak. kebayangkan kalo taft om billy tabrakan kuat, kabin bisa betekuk, tapi bumper gak rusak... :frm_bang_head:

makanya, kadang suka ketawa juga denger cerita orang, "wah, tadi mobil saya tabrakan dengan mercy, untung aja mobil saya gak apa2, tapi bumper si mercy parah tuh, jelek banget ya bumper mercy" gak tahu aja dia gimana chasis mobilnya udah bengkok seperti taft om billy.. :big_peace:
billy, bikin bullbar kayak gitu di mana? daripada rancang2 sendiri ngga ngerti belum tentu bener, nyari2 yang bikin belum tentu bisa seperti yang diinginkan, minta info aja deh bikin di mana, di bandung juga ngga apa2 gw samperin

kalo om dito ada info, atau malah bisa bikinin lebih bagus, deket.. ringan kan, ngga perlu ubah suspensi depan? kalo mesti ubah wah jadi panjang ceritanya... ga dipake terus2an,, sekali2 aja dipasang kalo mau main lumpur..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by billyd1773dz »

dito4x4 wrote:
dito4x4 wrote:
gmx wrote:seperti yang direncanakan, hari ini main2 ke jatiluhur nebeng acara dcab-id, tapi ternyata temen2 dari dcab-id udah kemping di sana dari kemarin sore dan saat kita nyusul ke sana mereka sudah jalan jauh, jadi kita muter2 sendiri bareng seorang rekan dcab-id yang juga nyusul hari ini.. yang jalan 2 mobil aja yaitu mobil gw dan satu ranger yang udah pake ban 33 MT

Image

treknya asik juga, tapi banyak yang ngga kita lewatin, karena... ehemm... takut ngebaret mobil hehehe..alasan klasik.. kalo musim ujan pasti lebih seru..

Image

tadi gw bawa temen2 dan kebanyakan tadi temen gw yang belum pernah offroad itu yang bawa (biasa deh, kompor-jaya.com) yang kemarin udah test drive ke anyer dan udah gw kasih penjelasan tentang engine, kaki2, dan super select 4WD-nya pajero.. gw dan om hendra jadi penumpang aja, enjoying d view of our beautiful country

Image

Image

Image

Image

Image

ada satu tanjakan yang gw cobain, dan om hendra juga kayaknya ga bisa tidur kalo belum nyobain di situ.. mobil gw naik turun 3 kali di tanjakan itu dengan 3 driver yang berbeda, termasuk yang newbie.. sebenernya banyak trek yang asik, tapi ya itu.. takut baret mobil.. nanti musim ujan main2 lagi ke sana deh..

Image

Image

bener kata om dito, "pajero itu tinggal pake ban Mt trus pelindung under carriege ajah biar ga ngilu, udah bisa ketempat yg amazing dech".. hehehe.. gw masih pake ban 31 AT nih..

Image

nanti foto2nya dilanjutkeun.. foto2 ranger-nya banyakan lebih bagus daripada foto2 pajero, soalnya temen gw yang ngejepretin tadi itu emang sering ngambil foto untuk ford indonesia..


mantab om........LANJUTKEN..............................VIRUZ oprod Mode:on
hehehehe ngilu ya om bagian bawahnya mentok2...xixixix ga papa itu biasa didunia oprud.....
hehehe mantap... sekalian tak sundul picnya... :D :D
om klw boleh poto dunk kolong pajeronya...

mustinya SUV sekelas pajero apalgi yang punya reputasi rally, kolong tu jd point penting untuk di desain khusus agar terlindung dan tidak ada part yang menonjol di bawah yg berpeluang menghambat laju mobil atw nyangkut.. inget klw rally umumnya mobilnya termasuk ceper/rendah, kolong jadi point penting..

asumsi sya sih minimal transmisi dan transfercase sudah di lindungin cross member yg ramping, kemudian sya lihat di depan sudah ada skidplate sampe axel depan yg sangat membatu aproch angle, tinggal lihat skidplate depan plastik atw plat nih..
terus tangkinya dimana sih? di blkng atw di tengah?kyanya d blkng yah? di foto g kelihat nih, sudah ada skid platenya atau blm?

nah klw gini dalam kondisi standar saja minimal dari depan sampe transfercase sudah aman, om gasrak gusruk jg ga masalah apa lagi klw cuma ketanah sih... tinggal kuat kan hati aja hahaha... dan memang asal tidak mentok batu, paling juga hanya bunyi dan geter.. dan tidak meninggalkan apapun selain debu di kolong itu.. batu sekalipun asal bukan sampai di hajar sekuatnya(emang mw balap) aman.

hehe pajero sih enak, sya perhatiin kolongnya bersih n rapih.. F78 sya kolongnya berantakan bangt.. ga tau deh insyurnya mikirnya apa.. sampai ada besi kotak malang di tengah maksudnya sih bwat ngelindungin transmisi tapi ukurannya kelewat besar malah nyangkut disini terus.. uda gtu axle depan dan tangki kaga ada skidplatenya.. SUV kota macam CRV lebih mengenaskan lagi.. ada jalur exhaust melintang dan nonjol di kolongnya.. hmmmm... klw kekait bisa kecabut tu exhaustnya..

dulu jg gw gtu.. gasruk dikit berhenti liat kolong.. jalan beberapa meter gesruk.. lihat lagi.. terus ajah.. ampe cape akhirnya di cuekin, dan sampe pulang di cuci, rupanya aman g ada yg lecet. ngegasruk batu asal tidak keras, atw tu batu ngeganjel jadi tumpuan body.. pling lecet aja cet kolongnya dan "sedikit" penyok hehe...

jadi..kondisi standar underbody bisa di bilang sudah aman(bonus dri mitsu nih),

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by billyd1773dz »

klw mw kemana2 lihat "amazing place" kya kata om dito hehehe..

mulai dri BAN dulu karena ini untuk safety diri sendiri dan tidak nyusahin orang lain.(walau pastinya mereka seneng aja narikin mobil.. malah salah satu FUNnya offroad pas tarik tarikan gini hehe :D )

tpi kan jgn keseringan juga di tariknya bisa2 ga nyampe2 tu.. terus untung klw hanya stuck.. klw karena ban licin sampe geser dan kepleset mobilnya salah2 malah nyungsep ke lubang atw jurang (amit-amit jgn sampe) minimal maunya body mulus uda di beri bullbar pelindung dimana2, tpi kepleset malah geser nyender ke pohon.. kena deh sampingnya.. kerasa bngt klw musim hujan nih.. ini kunci agar mobil bisa terus di kendalikan.

untuk opsi 1 set ban ambil MT macam bighorn/dueler.
klw 2 set ban,ban AT yg skrng khusus untuk aspal , lalu beli lagi simex khusus bwat main untuk skrng sih performa ban ini di tanah dan lumpur tidak akan ngecewain.... pajero kan PCDnya 6 baut 139mm yah?kya LC? mestinya bnyk nih pelek besi bekas yang murmer bwat di pasang simexnya..

lanjut...

kemudian,mentok di kolong sudah aman,ban sudah ada grip lebih baik, biasanya mulai gatel nih.. saatnya naik level!

nah klw mentok di bemper atw samping yg plastik gimana?pusingkan klw sampe penyok atw baret di bemper aslinya? jd ini fungsi bemper plat/tubular+rockslider jadi ga pusing lagi mentok2 di gas terus juga ga mudah penyok di btulin pun mudah.. selain itu bisa jadi dudukan winch, dan dudukan tow hook, untuk menarik atw di tarik mobil lain..

lalu rollbar klw di rasa perlu... <---- klw mw serius, hukumnya sunat kli yah?

setelah ini?
SELESAI


eits.. kan modification is never ending story?
maksudnya kondisi begini anda sudah melengkapi keperluan primer untuk oprut,anda sudah mentranformasikan mobil kota menjadi offroad capable. mobil apapun klw mw aman oprut pasti melakukan tahap di atas, ntah itu JK defender dll... minimal ganti BAN.

selanjutnya terserah anda,mau tetep nikmatin standar karena dirasa sudah cukup, atw memaksimalkan dan mepersonalisasikan yg uda ada, misalnya suspensi di ganti aftermarket agar goyangnya lebih enak, atw artikulasi lebih baik.. mesin di oprek dan lain lain lain lain lain.... never ending story...

CMIIW IMHO yah... hehehe

thx
:beer:
Last edited by billyd1773dz on Mon Jul 20, 2009 2:08, edited 3 times in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by billyd1773dz »

gmx wrote:
maskopat wrote:
billyd1773dz wrote:ini kejadian di boil taft gw... pke bemper arb, terus tabrakan di tabrak APV dari samping d persimpangan tu APV guling parah... tpi taft ane sekilas enggak rusak parah.. tpi bgtu di cek bener saja sasisnya bengkok..... susah deh kalau udah gini... :frm_bang_head: :frm_bang_head: sekarang ganti konsep tiap bikin, bemper bukan sekuat mungkin tapi mesti lentur.. akhirnnya pakai model tubular dari pipa2. selain ringan dan murah, sengaja di buat, biar lentur kalau ada benturan kuat ni bemper yang pecah, terus di sediakan space buat winch agar tidak kejepit saat bemper pecah, di pasang d XJ kemarin di pernah ketabrak dari blkng, bemper blkngnnya patah, tapi sasis gpp dan winch tidak kejepit... sukur deh.. XJ monoque klw sampai knp2 repot deh....

jadi saran sya mending buat tubular aja om... jamin lebih sangar dan jarang yang pakai....hehehe kalau yang jual bemper import, coba di roma atutosport atau 4wd center.... tpi sekarang lagi muahal om.....
bener kata om billy. seperti design bagunan tahan gempa. kita harus bisa merencanakan lokasi2 yang boleh rusak tanpa membuat bangunan rubuh.

design kerangka mobil juga harusnya menganut seperti ini. bumper boleh rusak, tapi chasis dan kabin, gak boleh rusak. kebayangkan kalo taft om billy tabrakan kuat, kabin bisa betekuk, tapi bumper gak rusak... :frm_bang_head:

makanya, kadang suka ketawa juga denger cerita orang, "wah, tadi mobil saya tabrakan dengan mercy, untung aja mobil saya gak apa2, tapi bumper si mercy parah tuh, jelek banget ya bumper mercy" gak tahu aja dia gimana chasis mobilnya udah bengkok seperti taft om billy.. :big_peace:
billy, bikin bullbar kayak gitu di mana? daripada rancang2 sendiri ngga ngerti belum tentu bener, nyari2 yang bikin belum tentu bisa seperti yang diinginkan, minta info aja deh bikin di mana, di bandung juga ngga apa2 gw samperin

kalo om dito ada info, atau malah bisa bikinin lebih bagus, deket.. ringan kan, ngga perlu ubah suspensi depan? kalo mesti ubah wah jadi panjang ceritanya... ga dipake terus2an,, sekali2 aja dipasang kalo mau main lumpur..
bengkelnya om dito jg pasti bisa kok om, tinggal om serahin aja desain mw kya gimana atw pke jurus mujarab "ngarangnya" beliau pasti bisa... deket lagi tu hehe..

klw d bdg takutnya kejauhan ntar.. dulu pernah sya PM kan om alamat bengkel temen yg d bandung?atw ngirim kesiapa yah dulu tuh... :e-think: :e-think: hehe

btw end story bullbar model arb yg di taft itu yg di foto di treat ini yg di sungai.. hehehe akhirnya belah tuh nyenggol pohon... gud bye dah..

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

di depan di bawah engine udah ada platnya.. kalo mau liat pic yang jelas dan besar ada di http://www2.pajeroclub.com.au/forum/sho ... php?t=6283

Image

tangki ada dibelakang, juga udah dilindungi plat tapi pernah ada kejadian ada batu dikolongin kena gearbox jadi pecah

Image

lagi nyari2 foto kolongnya pajero, eh nemu foto ini.. kalo bullbar yang nyambung ke sidestep bagus ga ya?

Image

Image

liat2 di web-nya warn, tubularnya kayak gini

Image
billyd1773dz wrote:klw mw kemana2 lihat "amazing place" kya kata om dito hehehe..

mulai dri BAN dulu karena ini untuk safety diri sendiri dan tidak nyusahin orang lain.(walau pastinya mereka seneng aja narikin mobil.. malah salah satu FUNnya offroad pas tarik tarikan gini hehe :D )
emang sih rencana nyari 1 set ban MT 33+velgnya dulu, dipake kalo mau main aja, soalnya IMHO ngga aman ban MT untuk driver kayak gw yg kalo di tol maunya bejek gas to d max.. jadi inget bule yang tereak2,"u f*ckin' scare me man".. hahahaha
Last edited by gmx on Mon Jul 20, 2009 2:27, edited 1 time in total.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by billyd1773dz »

Image
waw bagus om, tpi desainnya gini dijamin beratt... hehe

pipe yg dri depan ke footstep gmn klw bolt on aja? klw harian di lepas biar ga rada sopan dan ringan gtu.. lgi turun baru di baut sendiri hehe pipenya jg jgn kegedean..

Image
wah ini yakin ceritanya pajero standar om?takutnya uda di ubah atw ada yg di copot/tambah skidplatenya
depan sudah aman tu besar skali skidplatenya :off_good_job: bwat mud bogger pasti jagoan nih..

tpi kok transmisi dan transfercasenya tidak ada pelindungnya tu.. cuma cross member aja.. yg kuning itu plat bukan. padahal tangki uda ada.. hmmm aneh nih..

klw memang tidak ada, bearti skrng tw weak spot di kolongnya kan? hehe klw gasruk ke tanah sih gas aja, asal jgn ngangkangin batu besar nan lancip hehe...

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

^^yup betul standardnya udah ada plat dibawah engine bay dan di bawah tanki.. foto yang itu cuma di cat aja.. yang kuning itu ga tau apa di kolong mobil gw ga ada.. atau mungkin bagusnya tambah plat lagi untuk melindungi transfercase dan transmisi kali ya..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by billyd1773dz »

gmx wrote: emang sih rencana nyari 1 set ban MT 33+velgnya dulu, dipake kalo mau main aja, soalnya IMHO ngga aman ban MT untuk driver kayak gw yg kalo di tol maunya bejek gas to d max.. jadi inget bule yang tereak2,"u f*ckin' scare me man".. hahahaha
waw 33" hehe... itu langsung masuk atw mesti lift dulu om? klw skrng ukuran bannya brp?

btw MTnya bighorn atw tanggung simex sekalian? wkekeke... klw simex klsnyaXT kli yah "xtreme train" emang mantep ni ban.. tpi klw di aspal kya di kejar tawon dan di kasih nada getar terus....

hehehe ngebut pke ban MT sih masih aman, mirip lah dgn AT pling suaranya aja lebih terdengar, toh klw mw ngebut takut licin bsa di masukin ke 4H kan? klw pke XT... seru deh om 140 aja serasa 200... hehe adrenalinnya cepet naik serem dan berisik sih... tpi klw uda biasa sih tetep aja bisa di bawa kenceng..grip masih ok, asal masukin ke 4H aja... enaknya ada fulltime gini nih... pling penumpang yg protes... wkekek :D :D
gmx wrote:^^yup betul standardnya udah ada plat dibawah engine bay dan di bawah tanki.. foto yang itu cuma di cat aja.. yang kuning itu ga tau apa di kolong mobil gw ga ada.. atau mungkin bagusnya tambah plat lagi untuk melindungi transfercase dan transmisi kali ya..
biar tenang sih..baiknya d tambah plat lgi d transmisi dan transfercase.. tpi jgn kegedean juga sih.. ntar berat dan klw mw ganti oli mekaniknya manyun... mesti bongkar dulu..
gmx wrote: liat2 di web-nya warn, tubularnya kayak gini

Image
wah bagus tuh.. hmmm tpi klw d pajero pantes nda yah..... ? yu ubek2 internet cari contekan desain dulu....

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

billyd1773dz wrote:
gmx wrote: emang sih rencana nyari 1 set ban MT 33+velgnya dulu, dipake kalo mau main aja, soalnya IMHO ngga aman ban MT untuk driver kayak gw yg kalo di tol maunya bejek gas to d max.. jadi inget bule yang tereak2,"u f*ckin' scare me man".. hahahaha
waw 33" hehe... itu langsung masuk atw mesti lift dulu om? klw skrng ukuran bannya brp?

btw MTnya bighorn atw tanggung simex sekalian? wkekeke... klw simex klsnyaXT kli yah "xtreme train" emang mantep ni ban.. tpi klw di aspal kya di kejar tawon dan di kasih nada getar terus....

hehehe ngebut pke ban MT sih masih aman, mirip lah dgn AT pling suaranya aja lebih terdengar, toh klw mw ngebut takut licin bsa di masukin ke 4H kan? klw pke XT... seru deh om 140 aja serasa 200... hehe adrenalinnya cepet naik serem dan berisik sih... tpi klw uda biasa sih tetep aja bisa di bawa kenceng..grip masih ok, asal masukin ke 4H aja... enaknya ada fulltime gini nih... pling penumpang yg protes... wkekek :D :D
standardnya AT 31, tapi kemarin om hendra pake ban 33 masih lega.. yang kiri pajero om hendra pake ban 33, yang kanan pajero gw pake ban 31

Image

Image
billyd1773dz wrote: wah bagus tuh.. hmmm tpi klw d pajero pantes nda yah..... ? yu ubek2 internet cari contekan desain dulu....

thx
:beer:
ada nih yang simple banget, dijamin ringan..

Image

Image

atau ini.. kayaknya gw tertarik dengan yang dibawah ini..

Image

Image

Image
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by billyd1773dz »

^^
waw sangar bangett..... hehehe..... uda bukan main2 nih klw pke kya gini sih..
ujung samping atasnya melengkung gtu om?

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

^^pengennya yang simple kayak yang atas ga perlu pipa yang di depan lampu, cukup yang di depan grill aja, tapi dasarnya jangan lurus melengkung kayak yang bawah dan bagusnya pipa juga kali ya bukan besi plat gitu..
billyd1773dz wrote: nah klw mentok di bemper atw samping yg plastik gimana?pusingkan klw sampe penyok atw baret di bemper aslinya? jd ini fungsi bemper plat/tubular+rockslider jadi ga pusing lagi mentok2 di gas terus juga ga mudah penyok di btulin pun mudah.. selain itu bisa jadi dudukan winch, dan dudukan tow hook, untuk menarik atw di tarik mobil lain..
kalo bemper mentok pohon sih pernah di rumah beberapa bulan yang lalu, cuma bumper plastiknya cuma baret aja, ga pecah, ga goyang, dudukan ngga berubah, sama sekali ga ada perbaikan yg gw lakukan ke bempernya padahal pohonnya sampe kekupas kulitnya, lumayan kenceng juga kenanya.. bagus juga mitsu bikin pajero, sampe bemper plastiknya juga kuat banget..

ini korbannya..

Image

ini pelakunya..

Image
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by billyd1773dz »

yg ini lumayan rapih nih.. mungkin cocok di paj.. selera pipa...
Image

Image

Image

Image

yg ini selera plat.
Image

Image
yg ini desain side pipenya yg ke footstep bisa di tiru nih?

dipilih dipilih.... :D :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by billyd1773dz »

gmx wrote:^^pengennya yang simple kayak yang atas ga perlu pipa yang di depan lampu, cukup yang di depan grill aja, tapi dasarnya jangan lurus melengkung kayak yang bawah dan bagusnya pipa juga kali ya bukan besi plat gitu..
billyd1773dz wrote: nah klw mentok di bemper atw samping yg plastik gimana?pusingkan klw sampe penyok atw baret di bemper aslinya? jd ini fungsi bemper plat/tubular+rockslider jadi ga pusing lagi mentok2 di gas terus juga ga mudah penyok di btulin pun mudah.. selain itu bisa jadi dudukan winch, dan dudukan tow hook, untuk menarik atw di tarik mobil lain..
kalo bemper mentok pohon sih pernah di rumah beberapa bulan yang lalu, cuma bumper plastiknya cuma baret aja, ga pecah, ga goyang, dudukan ngga berubah, sama sekali ga ada perbaikan yg gw lakukan ke bempernya padahal pohonnya sampe kekupas kulitnya, lumayan kenceng juga kenanya.. bagus juga mitsu bikin pajero, sampe bemper plastiknya juga kuat banget..
wah kuat juga yah?bearti uda aja g usah di ganti heheh.... klw kena pohon aja cuma lecet sih, bearti aman2 aja klw nyundul tanah sih.. asal bukan batu.....
kec klw yg ori mw disimpen, sayang sih.. dan aproch anglenya jg terbatas bemper ori tu...

btw ban 33" bearti bisa langsung masuk yah? wah enak nih.. hehehe...

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

^^yup sekali lagi bener kata om dito, tinggal masukin man MT 33 aja.. tinggal siapin aja strap jadi kalo kepater bisa ditarik sama temen..

cuma.. kali aja suatu saat nanti kapan2 (kapan ya?) mau pasang winch jadi udah ada gambaran.. terutama gw penasaran dari tahun lalu yang billy bilang bullbar tubular yang bisa jadi crumple zona yang melindungi chasis, cabin dan dan winch itu kayak apa sih bentuknya.. sekarang udah ada gambaran dengan gambar ini.. thanks to billy..

Image

kalo approach angle dengan adanya bullbar gitu malah berkurang kayaknya.. bemper standard malah lebih leluasa.. ini perbandingannya dengan ranger

Image

Image
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by billyd1773dz »

^^
wah yg pipa dengan bemper OEM, pastinya aproch angle lebih bagus yang pipa om, desain yg terlalu maju di tengahnya itu gunanya agar nahan mobil klw turun extrim biar tidak jungkel kedepan. dan saat mau naik ke tebing nyaris 90 yang setinggi bemper aprochnya kena ujungnya dulu lalu mengangkat mobil keatas, ban depan napak gas deh...

lihat saja sudut datang ke BANnya tinggi mana.. yang pipa hampir 90 o karena depannya sudah bebas.. yg OEM masih ke halang bemper..

klw ranger sih iyah.. aprochnya dlm kondisi std juga lebih bagus pajero...

hehehe makanya ane bilang ban nomer 1... underbody si uda dibuatin mitsu... apa lgi klw mainnya masih gini sih, tidak perlu di tambahin skidplate dulu.

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

billyd1773dz wrote: btw MTnya bighorn atw tanggung simex sekalian? wkekeke... klw simex klsnyaXT kli yah "xtreme train" emang mantep ni ban.. tpi klw di aspal kya di kejar tawon dan di kasih nada getar terus....
kalo simex kemahalan, kalo antara bighorn dengan savero mending mana? tetep untuk harian pake dueller AT 31 :mrgreen:

mending velg 15 atau 16?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by maskopat »

gmx wrote: kalo simex kemahalan, kalo antara bighorn dengan savero mending mana? tetep untuk harian pake dueller AT 31 :mrgreen:

mending velg 15 atau 16?
ane pernah baca review ban MT oleh om billy, kalo gak salah di kaskus, kalo savero bisa sliding terus di aspal..mending bridgestone dueler MT..

tapi kalo ane lihat, goodyear MT sudah ada yang oke tuh.. Wrangler MT/R with Kevlar bisa dilhat di results_tire.jsp?mrktarea=Light+Truck

kalo untuk pajero gen 3 yang ada airbang, hati2 ganti bumper. nanti sensor airbag bisa gak jalan kalo terjadi benturan keras di deapan.

ngomong2 kolong pajero, salut juga dengan bumper belakangnya. sudah ada besi melintang untuk melindungi bumper dari tergerus tanah.. :frm_tumbright: :frm_tumbright:

kalo masalah ban, pajero gen 3 aja kalo diukur sama dengan ban 32", berarti kalo 33 masih bisa masuk dengan luas.
body kit diperlukan sebenernya supaya tidak gampang nyangkut.. imho..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by billyd1773dz »

^^
correct sekali... savero MT kurang baik di tanah apa lagi di aspal... bagus klw awal2 aja, setelah 6bln komponnya jadi keras.. jadi licin banget... masih mending BFG AT deh... cocoknya bwat fashion aja kli yah ada ukuran 33x12.5 dan memang awet karena komponnya keras.

prefernya sih BS dueler atw bighorn. sayangnya dueler tidak ada yang 33" klw goodyear harganya brp om? kyanya mahal deh.. hehe

klw MT sih pake aja terus om.. di aspal juga masih enak kok... hehe

bighorn 33x12.5 kemarin tu 1,4jt dikit lagi dapet simex extreme trekker 32x10.5 diameternya 33.4" harganya 1.7jt... hehe mending 15" aja om pelek dan bannya lebih murah... jg empuk di pakenya.. hehe

klw uda di tanah di kasih hujan..... ban MT masih geser.. kadang sulit dikendalikan klw pke simex, bisa diem mobilnya..

klw oprut pke sensor airbag takutnya nyundul tanah salah2 airbagnya meletus lagi..... hehe

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by maskopat »

update foto lagi nih.. sori baru sempet sekarang..

nah, ini pajero om sting.. mencoba turun.. ini pake 4LLC ya om? atau 4HLC?
Image

trus, tiba2 om sting muter dan nanjak.. :big_peace: mantap dah.. doyan banget ngetest pajeronya..
Image


berikutnya, mencoba masuk ke lekukan tajam. sayang track nya gak bisa ke foto karena gak dapet tempat yang bagus..
Image

gen 2 mencoba, dan gagal
Image
mundur sedikit...
Image
mencoba lagi..
Image


di track lain, gen 2 sempat terangkat roda belakangnya..
Image
dan.. akhirnya berhasil lewat.. :frm_tumbright: :frm_tumbright:
Image

stop di sini dulu ya..
nanti disambung lagi ketiga pajero mejeng.. show off. :mrgreen: :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

^^gagal bukan berarti ga mampu ya.. kemarin itu om hendra nyoba pake 4H padahal di situ satu roda depan ngangkat jadi ga bisa maju, trus nyoba 4LLc baru bisa masuk..
hendra pajero wrote:
gmx wrote:@om kopat
kemarin waktu ban kiri belakang om hendra ngangkat, perhatiin ngga, bannya muter apa ngga, soalnya sebelumnya setelah yang persneling dia ga masuk2, trus akhirnya bisa masuk, terus waktu naik ban kiri depan ngangkat dan muter sedangkan ban lainnya ngga muter makanya dia gagal naik.. gw khawatir masalah di diff lock-nya, mudah2an cuma karena emang tuasnya belum masuk bener
utk kasus :

yg dialami di dlm mbl
gundukannya gak tinggi keliatannya
coba pake 4H, eh gak naik, malah turun lg
pas mundur ganti 4HL (yg ada diff-nya)\
sempet terasa naik tapi turun lg

krn esmosi pas mundur, ganti 4lc
kayaknya nekannya kurang ato krn sambil jalan,
lsng gas, trnyata gak naik jg

akhirnya tenangkan diri dulu
masuk 4LC, disentak2x dikit gas-nya
pelan2x naik jg

temen2x asyik diskusi diatas
om kopat agak panik dibelakang, terliat di spion
jadinya ikutan panik deh
hehehe

trek jatiluhur kemarin lebih ringan daripada trek poncab.. sebenernya ada juga yg lumayan berat tapi gw ga mau nambah baret2 di mobil hehehe dan gw lebih enjoy menikmati suasana dan pemandangan alam yang indah daripada offroadnya... dcab yang lewat situ ada yg kena bempernya nyundul body, ada yang kena kaki2nya sampe rusak lah, macem2..
hendra pajero
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Tue Jul 14, 2009 0:46

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by hendra pajero »

gen 2 mencoba, dan gagal
Image
mundur sedikit...
Image
mencoba lagi..
Image


di track lain, gen 2 sempat terangkat roda belakangnya..
Image
dan.. akhirnya berhasil lewat.. :frm_tumbright: :frm_tumbright:
Image

stop di sini dulu ya..
nanti disambung lagi ketiga pajero mejeng.. show off. :mrgreen: :mrgreen:[/quote]

mantap fotonya, om
trims ya
hendra pajero
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Tue Jul 14, 2009 0:46

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by hendra pajero »

bighorn 33x12.5 kemarin tu 1,4jt dikit lagi dapet simex extreme trekker 32x10.5 diameternya 33.4" harganya 1.7jt... hehe mending 15" aja om pelek dan bannya lebih murah... jg empuk di pakenya.. hehe

klw uda di tanah di kasih hujan..... ban MT masih geser.. kadang sulit dikendalikan klw pke simex, bisa diem mobilnya..

klw oprut pke sensor airbag takutnya nyundul tanah salah2 airbagnya meletus lagi..... hehe

:beer:[/quote]

setuju, bro
Simex sih gagah abis kalo di jalan tanah
tapi kalo dipake harian, kurang mantap menurut urang
apalg bro gmx masih sering ke Pusat kota ato mall

kalo menurut Billy
gimana dgn BFG AT ato Yoko Geolander AT ?
Kalo di jalan tanah gimana ?
hendra pajero
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Tue Jul 14, 2009 0:46

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by hendra pajero »

Image
billyd1773dz wrote:klw mw kemana2 lihat "amazing place" kya kata om dito hehehe..

mulai dri BAN dulu karena ini untuk safety diri sendiri dan tidak nyusahin orang lain.(walau pastinya mereka seneng aja narikin mobil.. malah salah satu FUNnya offroad pas tarik tarikan gini hehe :D )
emang sih rencana nyari 1 set ban MT 33+velgnya dulu, dipake kalo mau main aja, soalnya IMHO ngga aman ban MT untuk driver kayak gw yg kalo di tol maunya bejek gas to d max.. jadi inget bule yang tereak2,"u f*ckin' scare me man".. hahahaha[/quote]

Busyettt deh katalognya
lengkap bener, bro
setau gw
kalo mau buat tubular, para sesepuh offroad
ato bengkel2x team sih paling jago
mrk bikin berdasarkan fungsi

disetting dulu, bro
bumper buat showoff (ARB style) ato buat fungsi (tubular)
ato malah keduanya
(biasanya lebih lama mikirnya dibanding bikinnya)
hehehe

thanks buat acara kemarin, bro gmx
udh support kita
waktu ban jebol
kapan2x tim hore2x kemarin diajakin lg ya
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

hendra pajero wrote: thanks buat acara kemarin, bro gmx
udh support kita
waktu ban jebol
kan namanya teamwork..
hendra pajero wrote: kapan2x tim hore2x kemarin diajakin lg ya
tim yang gw bawa emang lengkap kemarin ya, yang satu buat gantian bawa mobil, yang satu jadi fotografer, yang satu emang dari kecil dulu udah terkenal "kalo ga ada elo ga rame" huehuehuehue..