BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
Location: Banda Aceh

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by teunget »

TumisKeris wrote:Waaah,..bro teunget

Saya cuma pasang alat sederhana aja sumbangan bro Sate Riadi koq, tapi kenapa kaki jadi gatel ya....hiahahahaha
waduuuuh....om tumis, kita bahas masalah teknis nih, masa bahas tentang kaki si om yang jamuran...? :big_slap:
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
abdusy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Mar 24, 2009 11:46
Location: France

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by abdusy »

TumisKeris wrote:Waaah,..bro teunget
Kalau HCS bisa ditanyakan pemiliknya langsung disini bro Abdusy.
Terus minta testimony dengan bro deez & bro frandika yang keasyikan pakai tuch.
Pemiliknya bukan saya Om Tumis, saya hanya membantu menyalurkan bagi siapa saja yg mau mencoba 'jamu' HCS. Sedang pencetus awal HCS adalah Pakde Hari (Yogyakarta), klo mau 'belajar' ttg HCS, monggo lihat2 forum yg sangaaat panjjannng ini, di sini. Nah...saya + Bro Frandika + Bro Deez hanya orang-2 korban percobaan jamu HCS-nya Pakde Hari. Yg kita rasakan pada kebo setelah minum jamu HCS yah itu, power-nya makin naik, knalpot suka ngiler, pembakaran jadi sempurna, busi jadi kemerah-2-an.

BIC #794 | Ciledug-Tgr | France
dogi
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Jun 08, 2009 15:58

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by dogi »

alhamdulillah bro...kebo ane udah sehat lagi setelah ditangani dokternya sekarang udah ga nyeruduk kiri/kanan lagi ternyata ada bbrp komponen steering system yg hrs ganti plus dispooring balancing, CKP jg sudah diganti jadi jalannya ga ndut2an lg, trus krn penasaran dg HCS tadi mampir juragan HCS yg di pangpol krn kebetulan jalannya searah pulang, begitu selesai pasang_kurang lebih butuh waktu 1jam, kebo langsung tes drive lumayan tarikannya udah dapet jadi terasa enteng serasa bawa sedann 1500cc cuman untuk FC blm tahu mungkin besok jumat mau dicoba pas balik ke bdg
dogi
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Jun 08, 2009 15:58

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by dogi »

Mohon pencerahan lagi ddari para sesepuh...kalo kebo saya tuh elektrik fan nya baru nyala kalo indikator suhu dah lewat 100deg C ya sekitar 110 lah tapi belum sampe grs merah, kondisi masih standar (blm dijumper), apakah kondisi tersebut masih normal atau sudah cukup kritis? sekali lg mhn pencerahan para sesepuh...tks b4
deez
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Mon Apr 06, 2009 7:52

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by deez »

dogi wrote:Mohon pencerahan lagi ddari para sesepuh...kalo kebo saya tuh elektrik fan nya baru nyala kalo indikator suhu dah lewat 100deg C ya sekitar 110 lah tapi belum sampe grs merah, kondisi masih standar (blm dijumper), apakah kondisi tersebut masih normal atau sudah cukup kritis? sekali lg mhn pencerahan para sesepuh...tks b4
kondisi tersebut normal pak dogi,
di blazer ada 2 fan, yg pertama akan nyala kalau ac dinyalakan,
dan yang satunya lagi akan nyala pada suhu 103 dan akan mati lagi pada suhu 95,
jadi pada saat pak dogi menyalakan ac harusnya ada satu fan yg nyala pak,
BIC#676#
abdusy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Mar 24, 2009 11:46
Location: France

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by abdusy »

hehehe...nambah satu lagi neh korban jamu kuat HCS. Gimana bro dogi, kebonya dah nyabu HCS?

BIC #794 | Ciledug-Tgr | France
dogi
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Jun 08, 2009 15:58

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by dogi »

@abdussy....iya bro kebo sy lg ketagihan jamu HCS nih lumayan ada bedanya di performa mesin rasanya jadi lebih enteng dan suara mesin jd lebih seger (apa betul yah itu yg dimau?) kalo FC belum sy hitung rencana jumat sore pas balik ke bdg mau sy coba, cuma yg sedikit repot kalo bbm yg di tabungnya habis jadi ribet hrs ngisi lg

@deez...thanx bro infonya, maklum ane belum faham betul sama karakternya kebo, btw denger2 bro deez jg udah pasang "jamu HCS" yah...gmn bro hasilnya terutama utk FC apa dapet hsl yg signifikan?
ericblazer
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Jul 17, 2009 4:33

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by ericblazer »

Mohon maaf kk2...

numpang tanya... kl blazerku (tepatnya punya bapak.. hehehehe) kipasnya dah dimodif. kipas radiator dan kipas AC langsung hidup bila mesin dihidupkan.. dan termostat nya menunjukkan sekitar 60 derajat.. tidak menunjukan 80 derajat seperti yang direkomendasikan kk di thread ini... apakah ini tidak membuat masalah terhadap mesin...

kronologis kenapa kipas di modif:
- kipas radiatornya mati.. sehingga harus ganti kumparannya..
- setelah kipas d pasang, kipasnya di langsung ON stelah suhu mencapai 100 derajat lebih.
- di coba menggunakan kipas AC (AC di hidupkan), ternyata kipas AC pun tidak mau ON.
- makanya akhirnya di modif menjadi kipas radiator + AC langsung ON pada saat mesin dihidupkan.

kira2 apa permasalahan nya kk????? mohon bantuannya...
deez
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Mon Apr 06, 2009 7:52

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by deez »

dogi wrote:@abdussy....iya bro kebo sy lg ketagihan jamu HCS nih lumayan ada bedanya di performa mesin rasanya jadi lebih enteng dan suara mesin jd lebih seger (apa betul yah itu yg dimau?) kalo FC belum sy hitung rencana jumat sore pas balik ke bdg mau sy coba, cuma yg sedikit repot kalo bbm yg di tabungnya habis jadi ribet hrs ngisi lg

@deez...thanx bro infonya, maklum ane belum faham betul sama karakternya kebo, btw denger2 bro deez jg udah pasang "jamu HCS" yah...gmn bro hasilnya terutama utk FC apa dapet hsl yg signifikan?
bener bro gw juga udah pasang jamu HCS,
kalau bisa jaga gaya nyetir pasti dapat penghematan tuh,
tapi buat yg udah nyobain hcs biasanya terlena sama powernya,
jadinya gaya nyetir juga berubah,
iritnya cuma dapat dikit deh,
coba aja tanya sama bro frandika tuh,

hehehee
BIC#676#
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by frandika »

deez wrote:
dogi wrote:@abdussy....iya bro kebo sy lg ketagihan jamu HCS nih lumayan ada bedanya di performa mesin rasanya jadi lebih enteng dan suara mesin jd lebih seger (apa betul yah itu yg dimau?) kalo FC belum sy hitung rencana jumat sore pas balik ke bdg mau sy coba, cuma yg sedikit repot kalo bbm yg di tabungnya habis jadi ribet hrs ngisi lg

@deez...thanx bro infonya, maklum ane belum faham betul sama karakternya kebo, btw denger2 bro deez jg udah pasang "jamu HCS" yah...gmn bro hasilnya terutama utk FC apa dapet hsl yg signifikan?
bener bro gw juga udah pasang jamu HCS,
kalau bisa jaga gaya nyetir pasti dapat penghematan tuh,
tapi buat yg udah nyobain hcs biasanya terlena sama powernya,
jadinya gaya nyetir juga berubah,
iritnya cuma dapat dikit deh,
coba aja tanya sama bro frandika tuh,

hehehee
emang benar apa yang dikatakan bro deez :big_weee:
-------#BIC-701#--------
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
Location: Banda Aceh

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by teunget »

ericblazer wrote:Mohon maaf kk2...

numpang tanya... kl blazerku (tepatnya punya bapak.. hehehehe) kipasnya dah dimodif. kipas radiator dan kipas AC langsung hidup bila mesin dihidupkan.. dan termostat nya menunjukkan sekitar 60 derajat.. tidak menunjukan 80 derajat seperti yang direkomendasikan kk di thread ini... apakah ini tidak membuat masalah terhadap mesin...

kronologis kenapa kipas di modif:
- kipas radiatornya mati.. sehingga harus ganti kumparannya..
- setelah kipas d pasang, kipasnya di langsung ON stelah suhu mencapai 100 derajat lebih.
- di coba menggunakan kipas AC (AC di hidupkan), ternyata kipas AC pun tidak mau ON.
- makanya akhirnya di modif menjadi kipas radiator + AC langsung ON pada saat mesin dihidupkan.

kira2 apa permasalahan nya kk????? mohon bantuannya...
Halo bro ericblazer....

aku bukan ahli blazer, punya blazer juga baru-baru ini, coba sharing aja tentang yang bro tanyain, tapi gak jamin bener...nunggu dukun aslinya aja, heheheheh.

temperatur kerja pada mesin blazer memang direkomendasikan antara 80-100 derajat, konon di temperatur itulah blazer paling optimum dalam konsumsi BBM, dalam range temperatur ini (konon kata dukunnya) injector sudah bekerja normal, sehingga jika temperatur terjaga pada kisaran itu maka BBM akan disemprotkan sesuai kebutuhan (bisa dikatakan irit, tapi kurang tepat sih).

Jadi jika ECT mengirim informasi ke ECU suhu masih dibawah 70 derajat [bahasa komunikasi mereka
menggunakan besaran tegangan], ECU akan memerintahkan injector untuk membuka katup injector lebih lama yg berakibat volume bahan bakar lebih banyak ====> ini wangsitnya dukun blazer asli.

CMIIW.....
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
Location: Banda Aceh

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by teunget »

teunget wrote:
ericblazer wrote:Mohon maaf kk2...

numpang tanya... kl blazerku (tepatnya punya bapak.. hehehehe) kipasnya dah dimodif. kipas radiator dan kipas AC langsung hidup bila mesin dihidupkan.. dan termostat nya menunjukkan sekitar 60 derajat.. tidak menunjukan 80 derajat seperti yang direkomendasikan kk di thread ini... apakah ini tidak membuat masalah terhadap mesin...

kronologis kenapa kipas di modif:
- kipas radiatornya mati.. sehingga harus ganti kumparannya..
- setelah kipas d pasang, kipasnya di langsung ON stelah suhu mencapai 100 derajat lebih.
- di coba menggunakan kipas AC (AC di hidupkan), ternyata kipas AC pun tidak mau ON.
- makanya akhirnya di modif menjadi kipas radiator + AC langsung ON pada saat mesin dihidupkan.

kira2 apa permasalahan nya kk????? mohon bantuannya...
Halo bro ericblazer....

aku bukan ahli blazer, punya blazer juga baru-baru ini, coba sharing aja tentang yang bro tanyain, tapi gak jamin bener...nunggu dukun aslinya aja, heheheheh.

temperatur kerja pada mesin blazer memang direkomendasikan antara 80-100 derajat, konon di temperatur itulah blazer paling optimum dalam konsumsi BBM, dalam range temperatur ini (konon kata dukunnya) injector sudah bekerja normal, sehingga jika temperatur terjaga pada kisaran itu maka BBM akan disemprotkan sesuai kebutuhan (bisa dikatakan irit, tapi kurang tepat sih).

Jadi jika ECT mengirim informasi ke ECU suhu masih dibawah 70 derajat [bahasa komunikasi mereka
menggunakan besaran tegangan], ECU akan memerintahkan injector untuk membuka katup injector lebih lama yg berakibat volume bahan bakar lebih banyak ====> ini wangsitnya dukun blazer asli.

CMIIW.....
Nyambung dikit lagi ya bro eric....

membaca kronologis yang bro eric sampaikan, setauku malahan blazer bro eric itu normal (sebelum dimodif), pada blazer memang default-nya cuma satu kipas yang hidup di awal (sekalipun AC dihidupkan), kipas yang kedua hidup memang saat temperatur mesin mencapai 102-105 derajat, sehingga temperatur mesin akan turun ke 80 derajat, begitu seterusnya.

pada awalnya aku juga bingung dengan sistem pendinginan model gini, tapi konon kata dukunnya.....mesin blazer memang dirancang untuk bekerja pada putaran tinggi yang mengakibatkan temperatur juga tinggi.

CMIIW...
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
lobak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Dec 18, 2004 16:43

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by lobak »

sepertinya ini tipical cooling fan mobil eropa,
soalnya pernah punya peugeot, mekanisme kerja fan-nya memang begitu

maaf yah ikut komen, soalnya lagi nyari info buat miara blazy neh :)
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
Location: Banda Aceh

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by teunget »

lobak wrote:sepertinya ini tipical cooling fan mobil eropa,
soalnya pernah punya peugeot, mekanisme kerja fan-nya memang begitu

maaf yah ikut komen, soalnya lagi nyari info buat miara blazy neh :)
Salam kenal ya bro lobak....

Heheheheh....kenapa harus minta maaf bro? kan kita berbagi di sini, dengan bro komen begitu.....kan kita-kita (paling gak aku, soalnya paling ndesooo....hihihihi) jadi tau klo blazer itu cooling fan-nya "gak nyeleneh", cuma karena terbiasa dgn sistem cooling fan mobil jepang jadinya kelihatannya blazer yg nyeleneh.

Gimana hasil pengumpulan "data" buat miara blazy? udh sampai pada kesimpulannya bro? share dunks....biar bisa dikipas-kipas, apalagi klo rekan-rekan lain yang memang ahlinya kompor mbledug udh ikutan komen....heheheheh, pasti lbh seru.
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
User avatar
mzrch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Jul 08, 2008 11:01

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by mzrch »

halo all blazerian..udah lama ga mantau2..makin panjang nih thread.. :off_good_job:
sory before,sy punya bullbar n cover lampu belakang udah ga dipake lg mau dilego aja..
klu minat japri ke [email protected] y,thx!
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
| BIC # 714 |
abdusy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Mar 24, 2009 11:46
Location: France

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by abdusy »

(*Menunggu hasil operasi bedah transplantasi HCS pada Kebo bro Deez / Frandika di RS. Cikarang.....moga2 sukses besar :e-pray: *)

BIC #794 | Ciledug-Tgr | France
deez
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Mon Apr 06, 2009 7:52

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by deez »

abdusy wrote:(*Menunggu hasil operasi bedah transplantasi HCS pada Kebo bro Deez / Frandika di RS. Cikarang.....moga2 sukses besar :e-pray: *)
sori bro, rencana operasinya hari ini batal,
kemaren malam pas nganter kawan2 yg mau ke cilacap, saya jadi ikutan nganternya sampai
cilacap deh,
jadi rencana operasi kebonya bro frandika buat sementara tertunda dulu,
BIC#676#
abdusy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Mar 24, 2009 11:46
Location: France

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by abdusy »

Ok..Bro. Pokoke ditunggu ingponya.

BIC #794 | Ciledug-Tgr | France
dogi
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Jun 08, 2009 15:58

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by dogi »

bro2 sekalian....mohon infonya dunks, dimana bengkel yg bisa spooring/balancing yg paling recomended (hasil max dg biaya yg min_he..he..sesuai prinsip ilmu ekonomi), soalnya penyakit kebo sy yg masih suka nyelonong kiri/kanan msh blm sembuh bener nih
User avatar
TumisKeris
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Tue Feb 12, 2008 7:18

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by TumisKeris »

@bro Dogi.
Coba di tehknics bro,....di warung buncit.
patokannya kalau dari Republika menuju Mampang, dia ada di kiri jalan,...didepannya pizza hut.
Itu juga di recommend bro Sate Riadi disini
Biayanya sekitar 150 rb,...kalau nggak salah saya terkahir 2 bulan lalu.
Saya coba di tempat lain biayanya sekitar 300-350 ribu....busyeeet.

@bro abdusy, frandika, deez.
Memang kenapa HCS nya.....koq gw blank nich.
Infonya dunk?...kenapa harus dibedah
Tumis Keris Sakti
____BIC #490___
Veteran Kebo Angkot
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by frandika »

sedikit mo komen tntang cooling fan, ada baiknya (menurut saya) temp mesin blazer ga panas2 amat coz mesin blazer yg konon diperuntukkan nuansa europe or amrik yg jalanan nya tanpa macet plus cuaca duingin jd ac on fan sengaja nyala 1 doank sblm temp 103 yg jarang tercapai disono, dr pengamatan kebo pribadi kalo jalanan lancar temp kebo stabil di 80-90C dgn fan ac doank yg nyala, nah kalo jalanan sering macet dijamin sering sampe 100C lbh temp nya, utk mengatasinya tmn2 ada yg ngejumper fan nyala 2 saat ac on tp hal ini membuat lbh boros (spt penjelasan bro teunget di atas). Stlh konsult ama pa rasim juragan mentari mtr mampang (nah deket nich ama technics bgkl spooring yg direkomen om Tumis, seberang2an doank ya om?), lbh bgs fan ac ga dijumper tp dimodif switch fan ke 2 nyala di temp 85C (spt yg skrg diaplikasiken di kebo jadul sy hehe)

@bro deez, hari ini jd ya? Bro abdusy dah gregetan nunggu angpao ehh ingpo tuch haha... Btw gmn HCS after touring nusa kambangan?

@om Tumis, utk lbh nendang nya dimohon keikutsertaan om Tumis hari ini ke markas bro Deez dlm acara bedah HCS jerigen king-70liter-kong hiahahaha...

@bro abdusy/mico, kalo kaga ada acara yuks kite rame2 ke cikarang?
-------#BIC-701#--------
ericblazer
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Jul 17, 2009 4:33

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by ericblazer »

terimakasih kk2 buat masukannya..

@frandika.. bang, untuk ngemodif switch fan gimna caranya? atau kl misal ada tahu bengkel yang di rekomendasikan untuk daerah palangkaraya kalimantan tengah gak?

maklum di hutan... hehehe

BTW: kk2 ada yg tahu harga ampar2 gak? kaki2 kebo di rumah bunyi ngeletek pada saat belok kiri atau kanan.
abdusy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Mar 24, 2009 11:46
Location: France

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by abdusy »

sorry Bro...kemarin ga bisa. Gimana hasilnya? ditunggu angpao-nya...upps ingpo-nya :D.

BIC #794 | Ciledug-Tgr | France
User avatar
TumisKeris
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Tue Feb 12, 2008 7:18

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by TumisKeris »

@Bro Frandika
Kebo gw sekarang ada di Cikarang bro,..dicurigai bocor di packing cycl head, sehabis GTDP touring kemarin. :frm_bang_head: :frm_bang_head:

BTW, kenapa gossip turbocyclone sampai kemana mana yach?
Teman teman lama yg nggak pernah muncul di milis juga sampai ikut ikutan mo pada pasang.

Ini pasati gara gara bro Sate Riadi nich.
Untung gw udah berhasil titip dibeliin.
Tumis Keris Sakti
____BIC #490___
Veteran Kebo Angkot
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by frandika »

abdusy wrote:sorry Bro...kemarin ga bisa. Gimana hasilnya? ditunggu angpao-nya...upps ingpo-nya :D.
hasilnya mantep di power, tapi di kebo saya ada masalah agak susah starter, skrg kran dikecilin jd udah normal starter tp power kurang maks.. besok ada rencana mo turun tangki buat modif saluran pernafasan merangkap bubbler nya :frm_tumbright:
ericblazer wrote:terimakasih kk2 buat masukannya..

@frandika.. bang, untuk ngemodif switch fan gimna caranya? atau kl misal ada tahu bengkel yang di rekomendasikan untuk daerah palangkaraya kalimantan tengah gak?

maklum di hutan... hehehe

BTW: kk2 ada yg tahu harga ampar2 gak? kaki2 kebo di rumah bunyi ngeletek pada saat belok kiri atau kanan.
waduh saya ga terlalu tahu bang perihal gimana modif switch fan hehee... mendingan nanya langsung ke suhu nya aja (di palangka blm ada?). kemaren om riadi (suhu kebo disini) sempet survey lapangan langsung mewawancarai pak rasim perihal modif switch fan di kebo saya, total jenderal biaya cuma 200k doank loh hi..hi..hiii... trus om riadi langsung aja memaparkan wacana pengkloningan switch 85C ke pa rasim (sepertinya beliau kebelet pasang jg tuh..hi...hiii....hiiiii.....). btw, aseli palangka ya bang? tunggu nengok langsung di kebo saya aja ntar kalo pas lagi saya bawa pulkan ke pangkalanbun, nah langsung deh kita kumpul kebo dan mendirikan rawon ehhhh rayon palangka-pangkalanbun, gimana? asyyyikkkk kan bang???
:big_peace:

@om Tumis
itu dia om, gw aja mo pasang tapi kaga kebagian titipan dari om sate, lah udah abis dibagiin ama om sate ke sampeyan and panembahan cilacap.. tp sante aja, bentar lagi pa rasim kulakan kok, dia mo nyetok denger2.... perihal bocor head cyl pake acara turun mesin ndak? kebo saya kemaren turun transmisi gara koin nya ilang, idiihhhh kebo aneh2 jg yah?
-------#BIC-701#--------