AD74YA wrote:benar itu.. mengutip dari seorang teman.. (mohon maaf jika ada yang tersinggung) Freed ini adalah "angkot mewah"
karena hanya didesain untuk nganter orang, dalam kota, tanpa bagasi yang banyak (atau saya katakan hampir tidak ada bagasi)
coba logika, 7 seater, "kurang luas", irit, ada aisle dari depan ke belakang, penuh tempat botol minuman, bagasi cuma cukup untuk 7 ransel...
Mobil nganter anak sekolahan banget nggak sih?
Persis. IMO, Memang itulah target pasarnya si pembuat Freed ini. Mungkin Dealer2/ATPM2 Honda di masing2 negara bisa me-posisikan/membidik pasar Freed semau mereka sehingga keluar dari pakem tujuan dibuatnya Freed mula2 (misal HPM mungkin mau menjual "gengsi" dari si Freed ini, dll), tapi tujuan mula2nya desainer dan engineer2 nya Honda Japan adalah bikin mobil yg fungsional dan punya fleksibilitas tinggi untuk keluarga2 yg tinggal di perkotaan.
Misal: Hari Senin dipake oleh si bapak nganter 2 anaknya sekolah, abis itu nganter istrinya kerja. Abis itu bapaknya harus "berjuang" di kemacetan kota untuk pergi ngantor. Sorenya bapaknya berjuang lagi di kemacetan jemput istri dan anak2nya.
Malemnya Kakeknya ultah, keluarga si bapak tersebut beliin hadiah ultah kursi goyang di Davinci, abis itu kursi dimasukkin ke Freed (kursi belakang dilipet), dianter ke rumah kakeknya. Disono mereka janjian bahwa hari Sabtu ini mao ajak kakek, nenek jalan2 ke Bogor.
Abis itu mereka pulang, masukkin Freed ke garasi mereka yg pas2an gedenya.
Hari Selasa, berulang lagi aktifitas mereka di pagi hari, tapi sorenya anaknya minta dianterin les berenang bareng 4 temennya yg tinggal di komplek perumahan yg sama, lalu si bapak pasang lagi 3 rd row seatnya sehingga 6 orang bisa duduk.
Hari Rabu malem, ada acara kondangan di Hotel mulia, Karena Honda freed punya tampang yg gak malu2in, bisa dipake ke acara kondangan, malahan cukup confident untuk pake jasa valet parking. Hari ini juga senayan macet total, Untung freed irit jadi anggaran makan di restoran engga usah dikurangi untuk beli bensin.
Hari Kamis malem, satu anaknya pas dijemput dari sekolah engga enak badan, jadi pengen tidur selonjoran. Si bapak bisa buka lagi 3rd row seatnya supaya satu anaknya bisa tidur selonjoran tanpa gangguin orang lain. Pergi ke dokter terkenal yg rame banget sehingga parkir susah dan kecil2......tapi karena bodi freed pendek dan narrow, maka gampang parkirnya
Hari Jumat malem, bapak dan ibunya nya janjian sama temen mereka untuk bersepeda di senayan, lalu si Freed tinggal dilipet bangku belakang dan tengahnya sehingga bisa masuk 2 sepeda tanpa direbah2in.
Sabtu pagi, jemput kakek nenek.....rekreasi dengan freed. si Ibu beli botol minum yg bisa ditaruh di banyak cup holder untuk masing2 anak/kakek/nenek. Banyak tempat penyimpanan buat taro permen2/kacang2, peta, uang receh, dll....
Juga isle nya bisa dipake anak2 "jalan" didalam kabin, dsb
Minggu pagi si bapak beli tv baru. Pas udah nyampe deket mobil sambil gotong tv, si bapak tinggal pencet tombol di remotenya, maka sliding doornya terbuka sendiri, jadi gak repot kalo lagi bawa barang banyak, dlll......
Scenario2 itulah yg mungkin dituju oleh desainer dan engineer2 Freed alias scenario kehidupan sehari2. Freed bukan ditujukan ke segmen mewah untuk nyaingin Alphard atau Serena sekalipun. Freed bukan didesain sehingga kaki kita bisa selonjoran dengan leluasa dengan busa bangku yg sangat empuk berbalut kulit seperti halnya terdapat di MPV2 kelas atas.
Freed bukan pula didesain untuk memuaskan dahaga speed/sporty feeling kita seperti halnya terdapat di odyssey absolut atau grandis.
IMO, freed cuma mobil biasa yg bisa digunakan untuk segala macam kebutuhan dengan segala komprominya/keterbatasannya......karena gak bisa dong ngarep mobil irit tapi tenaga dahsyat, atau ngarep kaki bisa selonjoran di ketiga baris kursi + bagasi luas tapi mobil tetep bisa masuk ke garasi yg panjangnya cuma 4.3 meter hehehe.....
Jadi memang setuju banget kalo Freed itu dibilang "angkot mewah" karena seperti halnya angkot, semestinya para pembeli Freed lebih memanfaatkan fungsionalitas dan ke-fleksibilitas-annya freed dibanding memanfaatkan gengsi/kemewahan