[TANYA] Tentang KNALPOT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 105
- Joined: Sun Jan 16, 2005 12:59
- Location: Middle java
[TANYA] Tentang KNALPOT
Bro2 sekalian, gw mau nanya nih, please dijawab yach.... Sori kalo gw kurang pengalaman......
Jenis-jenis bahan dasar knalpot setahu saya aluminium, karbon dan titanium, menurut bro2 sekalian manakah bahan yang lebih bagus ke performa mesin dan untuk ketahanan/keawetan knalpot itu sendiri serta juga tingkat kebisingan yang ditimbulkan masing-masing bahan knalpot tersebut? dan juga kelemahan dari tiap-tiap bahan itu?
Juga ada berbagai jenis merek knalpot seperti yoshimura, endurance, AHRM, HRP, dll kira-kira manakah yang lebih bagus / keunggulannya?
Sorry kalo gw banyak tanya, mohon pencerahannya dari rekan-rekan di forum, thanks buangeeeett... dech...
Jenis-jenis bahan dasar knalpot setahu saya aluminium, karbon dan titanium, menurut bro2 sekalian manakah bahan yang lebih bagus ke performa mesin dan untuk ketahanan/keawetan knalpot itu sendiri serta juga tingkat kebisingan yang ditimbulkan masing-masing bahan knalpot tersebut? dan juga kelemahan dari tiap-tiap bahan itu?
Juga ada berbagai jenis merek knalpot seperti yoshimura, endurance, AHRM, HRP, dll kira-kira manakah yang lebih bagus / keunggulannya?
Sorry kalo gw banyak tanya, mohon pencerahannya dari rekan-rekan di forum, thanks buangeeeett... dech...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
Bro fred...
Menurut saya sih, bahan2 untuk silencer/tabung seperti aluminium, carbon & titanium itu hanya sekedar kosmetik aja.
Tidak berhubungan langsung dengan performa mesin maupun keawetan knalpot itu sendiri. Apalagi tingkat kebisingannya. Kebisingan ditentukan oleh tebal tipisnya lapisan glasswool dan silinder pipa saringannya.
Merek2 knalpot itu tergantung jenis dan tipe motor-nya.....
Motor bro freedays apa nih???
Menurut saya sih, bahan2 untuk silencer/tabung seperti aluminium, carbon & titanium itu hanya sekedar kosmetik aja.
Tidak berhubungan langsung dengan performa mesin maupun keawetan knalpot itu sendiri. Apalagi tingkat kebisingannya. Kebisingan ditentukan oleh tebal tipisnya lapisan glasswool dan silinder pipa saringannya.
Merek2 knalpot itu tergantung jenis dan tipe motor-nya.....
Motor bro freedays apa nih???
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
Mungkin mau nambah bro gauss sedikit. Kalo performa sih berhubungan sedikit. Stainless kan lebih berat dari titanium atau karbon kevlar, sehingga akan berhubungan juga dengan performa. Inipun tergantung berapa kg berat yg dipotong dengan mengganti silencer tersebut.
Sebagai contoh, Moriwaki titanium exhaust untuk CBR600RR beratnya hanya sekitar 40% dari knalpot standarnya. (bisa mengurangi berat setidaknya 5kg).
Sebagai contoh, Moriwaki titanium exhaust untuk CBR600RR beratnya hanya sekitar 40% dari knalpot standarnya. (bisa mengurangi berat setidaknya 5kg).

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 191
- Joined: Sat Apr 02, 2005 12:19
- Location: Bandung
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 105
- Joined: Sun Jan 16, 2005 12:59
- Location: Middle java
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
Saya sih inget banget bro freddy!! 
Cuma saya bingung kok anda menanyakan ttg knalpot lagi?? Padahal saya dulu sudah pernah 'menjabarkan' ttg knalpot untuk CBR.
Saya sendiri belum pernah 'merasakan' knalpot Yoshimura, tapi 2-3 orang teman mengklaim lebih enak daripada Endurance.
Apalagi dari segi harga memang Yoshimura jauh lebih mahal, jadi sah2 saja 'harus' lebih baik performanya.
Endurance lebih bising.

Cuma saya bingung kok anda menanyakan ttg knalpot lagi?? Padahal saya dulu sudah pernah 'menjabarkan' ttg knalpot untuk CBR.
Saya sendiri belum pernah 'merasakan' knalpot Yoshimura, tapi 2-3 orang teman mengklaim lebih enak daripada Endurance.
Apalagi dari segi harga memang Yoshimura jauh lebih mahal, jadi sah2 saja 'harus' lebih baik performanya.
Endurance lebih bising.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
Bung Gauss setahu saya TYGA ngak bikin knalpot untuk kawasaki. TYGA spesialis Honda khususnya NSR250, tapi sekarang juga ada utk honda 2T lain seperti NSR150SP, Nova, RVF400 (4T), dll. Selain Honda jg ada untuk Aprilia, Suzuki RGV, Yamaha TZR250.
Btw di Jakarta ada yang jual knalpot TYGA ya?
Btw di Jakarta ada yang jual knalpot TYGA ya?

ホンダ NSR レヌ バィク
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 105
- Joined: Sun Jan 16, 2005 12:59
- Location: Middle java
Wah sorry bro Gauss, maksud gw, gw mengharapkan masukan-masukan yg lain, gitu...., kan agak2 pertimbangan dulu khan biar gak salah pilih aja, gitu bro Gauss he he......... Btw knalpotnya dah siap belom bro??
Kenapa akhir-akhir ini para dedengkotnya seraya selain bro gauss kok pada jarang nongol ya? padahal gw sangat mengharapkan masukan2 mereka disini..... Para dedengkot, tunjukkan ketikanmu.....
Oi.... Where are you guys..? need help here..... :d
Kenapa akhir-akhir ini para dedengkotnya seraya selain bro gauss kok pada jarang nongol ya? padahal gw sangat mengharapkan masukan2 mereka disini..... Para dedengkot, tunjukkan ketikanmu.....

Oi.... Where are you guys..? need help here..... :d
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Thu Nov 25, 2004 8:16
- Location: Jakarta
nih ada bengkel langganan yang jago bikin knalpot + setting carbu... jadi scorpio-nya kalo mau dibikinin knalpot ntar di riset dulu / di hitung.... biasanya tenaga nambah tapi bensin makin irit
PROKOSS
Jalan Raya Pondok Gede - Kramat Jati JAKTIM [HEX] deket Pool Bus PPD
+628888112626
biaya sekitar 200-300 ribu [kalo udah produksi massal]
tapi kalo baru bikin satu kurang tau dech
pemilik bengkel ini namanya Kosasih, salah satu pembalap tahun 70-an, beliau juga salah satu murid om CHIA [Michael Iskandar-Maha guru Korek Suzuki Indonesia]
PROKOSS
Jalan Raya Pondok Gede - Kramat Jati JAKTIM [HEX] deket Pool Bus PPD
+628888112626
biaya sekitar 200-300 ribu [kalo udah produksi massal]
tapi kalo baru bikin satu kurang tau dech
pemilik bengkel ini namanya Kosasih, salah satu pembalap tahun 70-an, beliau juga salah satu murid om CHIA [Michael Iskandar-Maha guru Korek Suzuki Indonesia]
------------------------
i don't ride a fast bike
but i ride a bike fast
i don't ride a fast bike
but i ride a bike fast
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
Bahu baru copot sendinya dari balap, tapi sekarang udah mendingan. Makanya ngetiknya juga kurangan. Mainin mouse pakai tangan kiri sampe luwes. Cuma belon bisa pake sumpit di tgn kiri.Freedayz wrote:Kenapa akhir-akhir ini para dedengkotnya seraya selain bro gauss kok pada jarang nongol ya? padahal gw sangat mengharapkan masukan2 mereka disini..... Para dedengkot, tunjukkan ketikanmu.....![]()
Oi.... Where are you guys..? need help here..... :d

BTW, kalo AHRS punya knalpot 2 tak, nggak? Produknya ngga jelek2 amat jg, kan?

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 105
- Joined: Sun Jan 16, 2005 12:59
- Location: Middle java
Sori agak menyimpang, bro Crash gw cuma mo nanya penjelasan kok gw dapet email dengan subject "Penutupan forum SerayaComputer.com"
isinya :
Dengan eMail ini, saya hendak memberitahukan kepada seluruh rekan2
forum SC bahwa SerayaComputer.com akan saya tutup terhitung sejak tanggal
22 Mei 2005.
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua rekan2 yang telah ikut
bergabung dan meramaikan forum SC. Rekan2 masih tetap dapat bergabung di
forum SM (SerayaMotor.com) dimana pada akhir bulan akan dilakukan
pemindahan tempat hosting.
Sekian, terima kasih.
Oya sekalian tanya, apa ada yang mengetahui mengenai spark arrestor? Apakah dibeli bebas atau satu set denan knalpotnya?? thanks
isinya :
Dengan eMail ini, saya hendak memberitahukan kepada seluruh rekan2
forum SC bahwa SerayaComputer.com akan saya tutup terhitung sejak tanggal
22 Mei 2005.
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua rekan2 yang telah ikut
bergabung dan meramaikan forum SC. Rekan2 masih tetap dapat bergabung di
forum SM (SerayaMotor.com) dimana pada akhir bulan akan dilakukan
pemindahan tempat hosting.
Sekian, terima kasih.
Oya sekalian tanya, apa ada yang mengetahui mengenai spark arrestor? Apakah dibeli bebas atau satu set denan knalpotnya?? thanks
There is sky above the sky...
-----------------------------------------------------------
SAVE THE WORLD FROM GLOBAL WARMING!!
http://worldsilentday.org
http://www.globalwarming.org/
-----------------------------------------------------------
SAVE THE WORLD FROM GLOBAL WARMING!!
http://worldsilentday.org
http://www.globalwarming.org/

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
Bro Freedayz, mengenai seraya computer, saya jg terima begituan. Itu bro Tomc4t yg ngurus. Saya cuma sebatas bantu2 di forum motor.
Kalau spark arrestor, itu bisa dibeli bebas. Contoh:
http://www.cyclebuy.com/shopping/promot ... estors.htm
Gw jg nggak terlalu jelas tujuannya apa, tapi kayaknya dia mencegah bunga api keluar dari knalpot. Belum lagi produk ini tampaknya difokuskan pada dirt bike / motor trail, karena orang juga terkadang suka pergi ke hutan buat adventure, yang mana bunga api bisa menyebabkan kebakaran.
Belum lagi knalpot motorcross juga rata2 lurus aja, yang mungkin bikin bunga api lebih gampang keluar.

Sedangkan knalpot dengan spark restictor itu dibuat seperti di bawah ini:

Yang, kalau dipisah2 lagi dalamnya spt ini:

CMIIW, ini cuma dari baca artikel2 mengenai spark arrestor.
Kalau spark arrestor, itu bisa dibeli bebas. Contoh:
http://www.cyclebuy.com/shopping/promot ... estors.htm
Gw jg nggak terlalu jelas tujuannya apa, tapi kayaknya dia mencegah bunga api keluar dari knalpot. Belum lagi produk ini tampaknya difokuskan pada dirt bike / motor trail, karena orang juga terkadang suka pergi ke hutan buat adventure, yang mana bunga api bisa menyebabkan kebakaran.
Belum lagi knalpot motorcross juga rata2 lurus aja, yang mungkin bikin bunga api lebih gampang keluar.

Sedangkan knalpot dengan spark restictor itu dibuat seperti di bawah ini:

Yang, kalau dipisah2 lagi dalamnya spt ini:

CMIIW, ini cuma dari baca artikel2 mengenai spark arrestor.
