Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
alo broo2 senior ku.., heheeh pede amat nih ogut...
ada yg bisa bagi2 info, livina xr a/t ogut ada rencana mau ganti busi racing.., yg cocok dan mantep apa ya..??. dan satu lagi rencana mau ganti air filter yg replacement yg bagus apa ya..??, pernah ada yg rekomendasikan pakai KNN.., cuma lumayan mahal jg ya broo.. tapi agak ragu jg sih.., apakah klu sy ganti kedua item tersebut pengaruh nya besar atau biasa2 aja yaa..??? mbl sih buat dipakai harian, tapi biar tenaganya lebih ok gicyuu hehehe... bs bantu yg dah pernah ada yg pengalaman utk hal ini..?? thanks broo2 smua skalian yahzzz...
livina series itu uda pake busi yg bagus bro.... utk mesin2 HR15DE (GL 1.5, lvina dan x gear) uda pake busi iridium... tahan utk pemakaian normal hingga 100 rebu km... sayang kalo diganti skrg... kcuali km mobil uda masuk 50an rebu baru deh bole consider buat ganti....
ganti air filter racing sigh ada banyak merek bro, dari K&N, JFC, ampe simota.... ane perna make yg JFC, cuman enak nya pas buat kluar kota aja, napas nya panjanngg aja gt pake tuh AF... kalo pemakaian dalam kota entah knapa rasa2 nya koq tarikan malah jadi loyo...
DOHC wrote:livina series itu uda pake busi yg bagus bro.... utk mesin2 HR15DE (GL 1.5, lvina dan x gear) uda pake busi iridium... tahan utk pemakaian normal hingga 100 rebu km... sayang kalo diganti skrg... kcuali km mobil uda masuk 50an rebu baru deh bole consider buat ganti....
ganti air filter racing sigh ada banyak merek bro, dari K&N, JFC, ampe simota.... ane perna make yg JFC, cuman enak nya pas buat kluar kota aja, napas nya panjanngg aja gt pake tuh AF... kalo pemakaian dalam kota entah knapa rasa2 nya koq tarikan malah jadi loyo...
@dohc&avansa: oh gitu ya broo.., secara baru tahu bahwa busi livina itu dah pakai iridium.., blm pernah lihat sih ogut, dan km baru 14rban..sip deh klu gitu.., mengenai air filter bener jg sih yg bro dohc blg.., dulu pernah pakai di vios pakai simotta klu gk salah.., klu dlm kota sih gk berasa ya broo.., luar kota baaru lumayan brasa ya..hehehe..ok deh bro bro skalian.., thanks atas infonya ya.
Kayanya bukan livina itu bukan pake iridium deh bro...setau ane sih busi platinum...
Busi platinum memang bisa tahan sampe 100rb km...
tapi kalo untuk performance, menang busi iridium...
di livina series itu uda confirm dipake 2 jenis busi bro hansen.... busi iridium dipake di mesin HR15DE (GL 1.5, XR dan Xgear).... sedangkan busi platinum dipake di MR18DE (GL 1.8 dan latio)
DOHC wrote:di livina series itu uda confirm dipake 2 jenis busi bro hansen.... busi iridium dipake di mesin HR15DE (GL 1.5, XR dan Xgear).... sedangkan busi platinum dipake di MR18DE (GL 1.8 dan latio)
Betul, Busi Garnd Livina 1.5 memakai type Iridium, tertulis di brosur spec nya
Tapi kalau jarang dipakai untuk RPM tinggi apa gak gampang rusak/mati yah ?
Ada yang bilang justru busi type untuk racing jika dipakai sering dalam kota malah cepat mati/rusak ? betul apa tidak yah pendapat seperti itu ?
biar aman mungkin per 40 rebu km aja yah bro ganti busi nya.... skalian jalan ama servis besar lain nya di 40 rb km.... kalo ane sigh rencana nya mo gt aja... rasa2 nya kalo ampe 100 rebu sigh keburu memble ntar mobil nya....
Loh..loh ga salah nih bro bukannya Livina 1.5 series udah pake platinum juga cz ane ngecek di service check list ganti businya waktu 100ribu km..Dan kelemahan busi platinum adalah lemah di pengapiannya dibanding iridium..Tapi tahan lama jadi ga gampang habis.. Tapi masalahny ni Livi udah distributorless (alias ga pake distributor lagi direct ignition) terus intake manifold melintang diatas mesin (nutupin busi) jadi kalo bongkar2 harus bengkel ahli n jgn lupa timingnya disetel pake alat khusus(lupa namanya) ga bisa pake "senter lampu" kayak mobil2 yang masih pake distributor dulu he2(ini juga lupa namanya apa)..
@ aldy : itu jg yg ane perna tanyain ke beres nissan... secara setau ane jg iridium umurnya ga selama platinum gt... tapi di servis book nya disuruh per 100 rebu km... entah tuh beres salah ketik atau apa.... ane uda email in si CSR nya nissan seh, dan dijawab kalo livina series 1,5 smuanya pake iridium...
alat buat stel timing yg buat mobil2 jadul namanya "timing light".... ada dijual di glodok tuh bro...
ati2 juga loh, kadang busi platinum tergantung jam terbang mesin, belum tentu sekuat yg ditulis ~100rb km, mungkin umur ini mutlak untuk mesin 6/8cyl, tapi belum tentu untuk 4cyl.
Salah satu busi ternama jepang single platinum dgn pengapian standar kalo udah 60rb km seringkali "jarum"nya sudah aus grepesan & jadi pendek ga merata, bahkan pernah keburu ada yg mati => pincang.
nah itu dia makanya... kalo ane sigh utk pencegahan dan maen aman aja yah ganti busi di tiap 40 rebu km lah... atau paling mentok yah di 50 rebu km deh.... itu jg masi lama gt, skrg aja livina ane setelah 20 bulan pemakaian baru 25 rebu km....
dulu ane perna tuh di sedan jadul ane, cuman ganti busi doank, yg ada mesin malah jadi aneh, gampang mati gt.... setelah distel pengapian dan mesin nya lgs pulih lagi dan lebi enak tarikan nya... tau tuh knapa gt....
alo bro2 smua..upsss..., br sempet nongol nih..fiuhh..
dah dilihat ternyata iridium yg di livina ku broo.., gk tahu apakah itu std or gantian, secara dapet mblnya scd dulu bro2..hihihi , kemarin penasaran.., skalian di cek di beres waktu penggantian joint steer 2 hr yg lalu..
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
kecil wrote:alo bro2 smua..upsss..., br sempet nongol nih..fiuhh..
dah dilihat ternyata iridium yg di livina ku broo.., gk tahu apakah itu std or gantian, secara dapet mblnya scd dulu bro2..hihihi , kemarin penasaran.., skalian di cek di beres waktu penggantian joint steer 2 hr yg lalu..