Brekele wrote:Bro...
ada yang tau bengkel yg bagus ga (buat servis rutin) ? artinya servis nya bagus dan ngga ngasal....dan ga perlu yang bengkel resmi
Motor gw GL Pro, biasa sih gw bawa di AHASS di daerah palmerah, buat servis motor sih ok, tp di sono mahal banget spare partnya...gila2 an deh!!! beda jauh harganya sama di kebon jeruk 3, bisa tiga kali lipat...

Menurut milis Motor Honda:
DCS engine cleaner
Yup DCS mampu untuk membersihkan kerak karbon di ruang bakar
Pemakaiannya cukup mudah
Caranya degan membuka busi dan semprotkan DCS sampai penuh ke ruang
bakar lewar lubang busi
Tunggu sampai 30 menit ( malah katanya bagus kalau semaleman ), setelah
itu di sela ( engkol ) baru busi pasang kembali
Dan nyalakan mesin ,.. karbon akan keluar dari knalpot
Saya pakai DCS . dan pas servis besar saya lihat ruang bakar saya
kinclong
DCS dapat dibeli di toda racing.
ATAU
Sharing pengalaman ya Bro... tapi saya pakai GZOX (di Bdg agak susah
nyari DCS). Ini saya lakukan sebelum ganti oli :
1. Buka busi.
2. Semprotkan GZOX ke lubang busi.
3. Diemin sekitar 10 menit untuk kasih kesempatan larutan GZOX bekerja
melarutken kerak2.
4. Masih dalam keadaan busi belum terpasang, start motor beberapa kali
(pakai manual boleh, pakai electric start jg gak papa). Supaya
cairan GZOX dan kerak gak nyemprot kemana2, pakai kain/kertas koran
untuk menutupi lubang busi.
5. Setelah itu pasang kembali busi. Jangan lupa untuk dibersihkan
juga, khan sekalian bongkarnya.
6. Start motor, biasanya agak susah karena masih ada cairan GZOX di
ruang bakar.
7. Geber2 ditempat, jangan kaget.... akan keluar asap yg cukup banyak
dari knalpot dan baunya... hmmmmmm... tapi ini normal karena
pengaruh dari cairan GZOX.
8. Kalau udah gak keluar asap lagi, matikan motor trus ganti oli.
9. Geber motor sambil jalan. Kalau di mobil ada istilah "Italian
Tune-Up", yaitu mobil digeber... pada saat RPM nyentuh redline baru
pindah gigi. Nah berhubung tidak semua motor ada RPM meternya ya
pakai feeling ajha.
Hasilnya?????? Uhhh waktu itu gue nyesel banget bro............ kok
gak dari dulu2 gue tau DCS/GZOX..... huehehehehe......
Nah kenapa kok dilakuken sebelum ganti oli... karena cairan GZOX
dimasukkan dari lubang busi, tidak tertutup kemungkinan ada yg turun
ke carter oli... takutnya akan mempengaruhi kinerja dari oli kalau oli
tidak diganti. Yg perlu diingat ritual diatas jangan terlalu sering
dilakukan... cukup setiap 2x ganti oli. Gitu bro sharing dari saya...
sorry kalau kepanjangan.