Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
maxx wrote:Udah GILAAA... honda civic 2.0 mepet ke 400jt!! .. ck ck ck .... bikin stress aja neh harga2 mobil... jadi makin kerasa banget krisis Global di Indo... hiks.. hiks...
Hmm.. pinter juga.. dengan menggeser harga tipe yang lain, Honda lebih leluasa menempatkan posisi harga Freed.. bisa menjadi pembenaran kalau Freed gak bakalan di pasang murah.. ya wajarlah.. apalagi kalau yang di pasarkan cuma varian yang bagusnya..
BALI, KOMPAS.com - Sosok Honda Freed sudah dilihat sepintas saat media preview di Djakarta Theater, 11 Maret lalu. Detailnya baru bisa dicermati ketika di Bali saat diundang oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku ATPM Honda di Indonesia untuk mengikuti acara "Exclusive Media Test", 2-4 Juni lalu.
Lo, kok beritanya baru diturunkan sekarang? PT HPM sengaja melakukan embargo dan baru boleh dinaikkan beritanya 19 Juni setelah pukul 00.01. Begitu bunyi surat perjanjian. Mungkin supaya tidak terlalu jauh dengan perhelatan grand launchingnya pada 26 Juni ini.
Begitu melihat tampilan New MPV dari Honda ini, dibenak terbayang kalau Freed hanya menonjol (punya kelebihan) dengan kedua pintu dibuka sistem sliding (untuk eksterior). Kemudian ruang interior yang lapang karena desainnya menganut konsep perpaduan triangle dan square.
Tak disangka, justru kendaraan dengan 7 penumpang yang membidik new generation family ini mempunyai sekitar 12 keunggulan yang tidak dimiliki kompetitornya. Jumlah sebanyak itu terungkap lewat acara "Freed Qiuz" dengan peserta para wartawan. Apa saja?
Eksterior
Paling menyolok dari eksterior ini, desainnya memadukan konsep triangle (bagian depan) dan square (1). Perpaduan ini memberi banyak keuntungan. Porsi paling besar, di antaranya pada kelegaan ruang penumpang tengah dan belakang.
Sekalipun bentuk kotak pada bagian tengah sampai ke belakang bodi, namun tampilannya tetap stylish. Ini berkat konsep curving art surface (2) dengan guratan-guratan melengkung membuat bagian kotak pada bodi menjadi tidak kaku. Sebaliknya, justru menjadi manis.
Kemudian buka tutup kedua pintu sistem sliding door (3). Pengoperasiannya bisa dari tombol di pintu, dasbor di belakang kanan kemudi dan remote. Bahkan pintu akan mengunci secara otomatis saat mobil melaju pada kecepatan 18 km/jam.
Selain versi elektrik, juga ada versi manual. Cirinya bisa dilihat dari tampilan gril yang dof (kalau elektrik, grilnya krom) sebagai varian terendah. Sementara fitur-fitur lainnya sama.
Termasuk konstruksi bodi sudah mengadopsi teknologi ACE (Advanced Compatibility Engineering) dan GCON (4) serta pedestrian body structure (5). Ini bukti kepedulian Honda pada keselamatan pengendara dan penumpang - yang diperkuat dengan tambahan Dual SRS airbag - serta pejalan kaki. Pantas kalau mendapat 6 bintang setelah lulus uji keselamatan JNCAP (6).
Untuk mesin, basisnya masih sama dengan Jazz berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi i-VTEC. Bukan berarti tidak punya keunggulan. Pada Freed ini sudah memenuhi standar Euro 4 (7) berkat pemakaian teknologi LAF sensor, O2 Sensor dan Catalytic Converter (8).
Interior
Selain faktor keselamatan, unsur kenyamanan dalam berkendara dan juga jadi penumpang juga menjadi prioritas dalam membangun Freed. Seperti di ruang kemudi terasa lega karena tanpa ada console box. Sedang tongkat transmisi matik dipindahkan ke dasbor yang dirancang model Dual layer (9) dan pada bagian tengah bisa untuk meletakkan hp, dompet, pulpen, korek api dan lainnya.
Pandangan ke depan sangat luas. Ini dikarenakan desain pilar A diperkecil, tanpa mengurangi fungsi dan kekuatannya.
Untuk ruang kabin, Honda Freed menerapkan konsep open cafe interior (10). Selain lebar dan nyaman, penumpang mudah berjalan dari depan ke belakang dan sebaliknya. Kemudahan ini mereka namakan free walk through (11). Apalagi buat ukuran anak-anak dan remaja. "Bahkan yang mempunyai tinggi badan 185 cm bisa duduk santai dan nyaman," jelas Shigehiro Yasuki, Large Project Leader Honda Freed.
Tak cuma akses jalan, ke luar masuk kabin pun begitu mudah karena lantainya dari depan sampai ke belakang rata. Konsep ini mereka namakan one step low floor (12). Lapangnya ruang kabin, selain karena lantai datar, seperti dijelaskan Shigehiro konstruksi kursinya seperti di bioskop, posisi tangki bahan bakar berada di tengah.
masih worth it lah, dibanding sedan kenaikan nya nyusul harga freed. but well, kata temen yg pernah test drive diluar sono sih ga beda jauh sama stream... ah, masa iya?
Memang Serena lebih menarik, tapi rekan2 udah lihat harga terakhir Serena belum? Udah 300 jutaan juga, ga murah. keras kepalanya Nissan dengan terus menjual Serena generasi lama juga menyebabkan Serena ga pernah terlalu sukses di Indo. Tapi gw suka mobil sliding door, dari Serena Freed ampe Gran Max!
Secara gw sebetulnya juga penggemar berat Nissan.........tapi belakangan agak kecewa juga sih sama NMI kenapa ga mau ganti model Serena, padahal kan secara model udah ga up to date lagi....
Eh malah dikabarin yg bakal dijual NMI dalam waktu dekat ini malah New Teana .....
mandala1 wrote:Secara gw sebetulnya juga penggemar berat Nissan.........tapi belakangan agak kecewa juga sih sama NMI kenapa ga mau ganti model Serena, padahal kan secara model udah ga up to date lagi....
Eh malah dikabarin yg bakal dijual NMI dalam waktu dekat ini malah New Teana .....
Katanya malah NMI ga bakalan masukin serena C25 (yg sekarang ada C24), kemungkinan langsung ke C26.
Berarti Serena yg sekarang (C24) bakalan beredar minimal 2 tahunan lagi di Indo. Wah... uzur banget ya... dah dari 1999 tuh.
mandala1 wrote:Secara gw sebetulnya juga penggemar berat Nissan.........tapi belakangan agak kecewa juga sih sama NMI kenapa ga mau ganti model Serena, padahal kan secara model udah ga up to date lagi....
Eh malah dikabarin yg bakal dijual NMI dalam waktu dekat ini malah New Teana .....
Menurut bos mandala gimana tuh New Teana? Kok buat saya...caur banget ya. Terutama tampak sampingnya, amat sangat tidak proporsional buat saya.
maskopat wrote:om Dal, koq ente kagak ngeluh dengan model L300 yang masih itu2 aja dari jaman kuda makan besi?? udah hampir 30-an tahun loh.. ituuu itu aja..
Wah.....kalo elsape sih menurut ane jgn ganti2 model n mesin deh.....soalnya yg sekarang ini udah cocok bgt buat mobil niaga....
Lagian kalo sampe ganti model n ganti type mesin lagi, ane yg puyeng!!! mesti alokasi dana lagi buat persiapan sperpat nya yg jelas2 ga sedikit!!!!