Mobil Listrik VS Hybrid

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Mobil Listrik VS Hybrid

Post by maskopat »

Produsen mobil mulai getol dengan mobil yang ramah lingkungan. baik itu mobil listrik (EV) dan mobil hybrid.
di kelompok EV ada mitsu, subaru dan nissan.
sedangkan di hybrid ada toyota dan honda

mungkin ada produsen lain, tapi sementara referensi yang saya ketahui baru 5 produsen itu..

menurut rekan2, apa saja keunggulan dan kekurangan mobil energi alternatif ini?
kira2 mana yang akan rekan2 pilih?

trus, apa yang perlu kita persiapkan yang biasa pake BBM untuk menghadapi teknologi ini.

denger2 harga mitsu i-MIEV setelah masuk indo bisa di atas 300jt. prius dan civic juga di atas segitu..
bedanya prius dan civic bodynya gedean dikit, sedangkan i-MIEV lebih kecil daripada karimun..

thanks.. :big_peace: :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Mobil Listrik VS Hybrid

Post by mandala1 »

Mobil hybrid bukannya mahal bgt yah om? Kalo ga salah dulu temen ane di IU pernah jual Prius diatas 600jt deh..... :e-think:
Kalo masalah persiapan sih yg pasti 'dana' :) kalo yg lainnya sih mungkin cukup dgn adaptasi saja......
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mobil Listrik VS Hybrid

Post by y_anjasrana »

Yg paling mungkin adalah mobil listrik. Yg dimaksud disini adalah mobil listrik yg menggunakan mesin dgn tenaga baterai utk sumber tenaga satu2nya (atau dibantu mesin bensin utk pengisian baterai). Dengan demikian penggunaan bbm jadi makin sedikit. Apalagi bila teknologi baterai berkembang makin maju.

Mesin hybrid yg menggabungkan 2 mesin jadi satu cenderung mahal. Belum lagi efisiensi bbmnya, yg harus mengangkut mesin yg berat. Ujung2nya konsumsi bbmnya ga beda jauh dgn mobil bermesin bensin dgn turbo intercooler yg ber-cc kecil.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mobil Listrik VS Hybrid

Post by maskopat »

mandala1 wrote:Mobil hybrid bukannya mahal bgt yah om? Kalo ga salah dulu temen ane di IU pernah jual Prius diatas 600jt deh..... :e-think:
Kalo masalah persiapan sih yg pasti 'dana' :) kalo yg lainnya sih mungkin cukup dgn adaptasi saja......
hybrid ini mahal karena emang teknologinya yang mahal atau karena pajak?
yang ane denger2 nih, kenapa prius dan civic belum berani masuk karena sistem perpajakan negara kita. kurang paham juga detailnya gimana.. :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Mobil Listrik VS Hybrid

Post by mandala1 »

Yg pasti sih teknologi mahal didulung oleh pajak selangit, jadinya.................ya gitu deeehhh........ :upss:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Mobil Listrik VS Hybrid

Post by asudarsono »

Saya dengar bahwa saat ini mobil listrik / hybrid digemari di Amerika karena mobil diesel nggak digemari di sana. Yah kondisinya kayak di Indonesia waktu Panther baru mulai dipasarkan, sebelumnya tidak ada mobil diesel yg dijual di sini dan banyak org menanyakan macam2 ttg diesel car. Sekarang sih udah banyak mobil diesel, bahkan dari merk2 yg elite.

Saya juga dengar bahwa sebetulnya kalori / BTU yang diperlukan untuk menggerakkan mobil diesel lebih sedikit daripada yang diperlukan Prius sekali pun. Apalagi teknologinya mahal.

Kata website Prius Australia, dia bisa memperoleh 4,4l / 100 km. Subaru R2 saya dan banyak citycar lainnya juga tiap hari bisa segitu dan harganya nggak 600 juta rupiah.

Memang bahwa kita perlu memikirkan lingkungan kita, tapi IMHO, jangan sampai kita terjebak membeli mobil hanya karena slogannya bagus tapi sebetulnya masih perlu dikembangkan. Nah kalau pengembangan, lebih baik orang barat aja yg jadi betatesternya. Jangan kita.

Kalau mobil hybrid ditanding ama Ford Focus diesel gimana ya?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Ready to Race
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mobil Listrik VS Hybrid

Post by maskopat »

asudarsono wrote:Saya dengar bahwa saat ini mobil listrik / hybrid digemari di Amerika karena mobil diesel nggak digemari di sana. Yah kondisinya kayak di Indonesia waktu Panther baru mulai dipasarkan, sebelumnya tidak ada mobil diesel yg dijual di sini dan banyak org menanyakan macam2 ttg diesel car. Sekarang sih udah banyak mobil diesel, bahkan dari merk2 yg elite.

Saya juga dengar bahwa sebetulnya kalori / BTU yang diperlukan untuk menggerakkan mobil diesel lebih sedikit daripada yang diperlukan Prius sekali pun. Apalagi teknologinya mahal.

Kata website Prius Australia, dia bisa memperoleh 4,4l / 100 km. Subaru R2 saya dan banyak citycar lainnya juga tiap hari bisa segitu dan harganya nggak 600 juta rupiah.

Memang bahwa kita perlu memikirkan lingkungan kita, tapi IMHO, jangan sampai kita terjebak membeli mobil hanya karena slogannya bagus tapi sebetulnya masih perlu dikembangkan. Nah kalau pengembangan, lebih baik orang barat aja yg jadi betatesternya. Jangan kita.

Kalau mobil hybrid ditanding ama Ford Focus diesel gimana ya?
iya nih, ada perbedaan teknologi hemat BBM antara US dan europe... kalo di US cendrung hibrid. tapi di eropa lebih ke diesel atau mobil listrik..
cmiiw..

om, itu ngukur konsumsi BBM 4.4l/100km gimana caranya ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Mobil Listrik VS Hybrid

Post by asudarsono »

Fuel consumption and emissions tested to ADR81/02 under controlled factory conditions. Actual fuel consumption will vary depending on driving conditions/style, vehicle condition and options/accessories.

http://www.toyota.com.au/prius
Ready to Race
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Mobil Listrik VS Hybrid

Post by Cloud »

Hmm, kalo pake tenaga air? katanya hemat tuh, kok gak ada yang bikin ya?
itu, air di elektrolisa, ato diapa2in jadi H2 n H2o, trus dibakar buat campuran bbm
Kan bisa disebut Hybrid juga kan?

Katanya ada juga mobil full air bbmnya?
nah, yang ini real or fake y?
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Mobil Listrik VS Hybrid

Post by asudarsono »

H2O bisa saja diolah jadi hidrogen dan oksigen melalui elektrolisa. Masalahnya energi yang diperlukan untuk elektrolisa lebih besar atau lebih kecil dari energi yang ditimbulkannya.

BMW sih udah buat mobil hidrogen, yang dari knalpotnya malah keluar air. Kalau sebaliknya air jadi hidrogen apa udah ada teknologi yang efisien?

Tetangga saya pakai tuh yang namanya injeksi air. Prinsipnya emang kayak elektrolisa itu. Kita masukkan air ke suatu bejana terus hasil nya disuntikkan ke karburator, bercampur kabut bensin biasa. Saya juga ditawarin, tapi melihat konstruksi alatnya yg sederhana dan tipis2, aku rada takut juga.
Ready to Race
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Mobil Listrik VS Hybrid

Post by avansa »

asudarsono wrote:H2O bisa saja diolah jadi hidrogen dan oksigen melalui elektrolisa. Masalahnya energi yang diperlukan untuk elektrolisa lebih besar atau lebih kecil dari energi yang ditimbulkannya.

BMW sih udah buat mobil hidrogen, yang dari knalpotnya malah keluar air. Kalau sebaliknya air jadi hidrogen apa udah ada teknologi yang efisien?

Tetangga saya pakai tuh yang namanya injeksi air. Prinsipnya emang kayak elektrolisa itu. Kita masukkan air ke suatu bejana terus hasil nya disuntikkan ke karburator, bercampur kabut bensin biasa. Saya juga ditawarin, tapi melihat konstruksi alatnya yg sederhana dan tipis2, aku rada takut juga.
Nggak di coba coba dulu Bro..ane juga penasaran... :mrgreen:
Image
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Mobil Listrik VS Hybrid

Post by Cloud »

kalo AIR efektif, kenapa enggak?
kenapa malah bikin mobil listrik yang mahal n menghabiskan cadangan timah hitam?
ato hybrid yang lebih rumit, tapi konsumsinya gak seberapa DIBANDINGKAN DENGAN PAKE BAHAN BAKAR AIR (katanya),
Padahal produsen besar sekelas honda, toyota, etc. pasti lebih paham mesin, kok mereka gak bikin, bahkan prototype pun enggak. penelitian ke arah situ tak berkembang, justru yang berkembang dari hidrogen (bukan air),
so, apakah kita selama ini dibohongi betapa efektifnya bahan bakar air hingga mampu menjalankan kendaraan sampai ratusan km dengan 1 liter?
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Mobil Listrik VS Hybrid

Post by asudarsono »

avansa wrote:Nggak di coba coba dulu Bro..ane juga penasaran... :mrgreen:
Hihihi, kalau mau coba silahkan lho. Aku nanti lihat deh percobaannya (dari jauh lihatnya)
Ready to Race