doktercaboel wrote:temen gw ada yg mau beli mob kas BMW seri 3 taun 2000-2003an. target utama sih 318i. dipilih tentu karena kapasitas mesin yg lebih kecil so diharapkan konsumsi bensin lebih irit
setelah proses hunting.. eh malah ada 2 mob kas yg dia rasa cocok :
1. BMW 320i => kondisi kurang oke + harga tinggi

=> dari showroom
2. BMW 323i CBU => kondisi mulus terawat + harga oke => dari pemakai (mobil simpenan)
kesimpulannya yg paling memungkinkan kok cuma yg 323 yah (dari rencana semula 318)
nah makanya dia bingung gan.. nyari 318 dapet 320 kondisi meragukan. ada 323 kondisi ok cm dia ragu2 tentang keiritan nya. mungkin disene ada juragan2 yg ngerti tentang BMW bisa ngasih saran tentang perbedaan yg cukup signifikan antara 318 vs 320 vs 323 dalam hal
1. Performa?
2. Konsumsi BBM?
3. Dimensi mobil? Ukuran panjang lebar tinggi? adakah perbedaan yg cukup signifikan?
4. Kenyamanan?
5. permasalahan masing2 seri?
6. ato mungkin juragan2 punya uneg2 laen selama bawa BMW dibanding mobil jepang misal servis, onderdil, ato problem2 laennya??
THX sebelom nya...

gw bantu jawab yah, walaupun blom pernah punya e46, pernahnya nyteir doang

skrg gw punyanya bmw 323i e36 yg tahun 97
gw share dikit nih...
pertama.. kl beli bmw jgn pernah beli dari pedagang!! karena bmw itu tipe mobil yg ga bisa diakal2in kl ada masalah atau spare part yg rusak, dan tau sendiri kan kl pedangang bwat ambil untung kyk gmn?

ganti parts ini, akalin parts lainya, biar untung gede, masa bodoh ama yg beli, abis beli mobil ancur mah urusan blakangan, itulah pedagang, kl TS emg mo beli dari pedagang siap2lah abis paling ga 20 jt lg kalo apes bwat benerin mobilnya... trus kl liat bmw itu jgn liat dari mulusnya, soalnya biasanya yg masalah itu justru hal2 yang ga kliatan, kyk elektriknya... pengalaman gw abis 20 jt bwat benerin mobil gara2 liat mobil mulus dari pedagang, pas diliat mulus bgt, pas dipake 3 bulan ancur smua, pas ke bengkel baru ketauan parts2nya diakalin smua... tp mo bilang apa lg, dah jatuh cinta ama mobilnya

kedua.. jgn pernah beli bmw yg amat sangat jarang dipake, soalnya semakin jarang dipake tuh mobil, malah semakin banyak masalahnya, mending beli mobil yg dipake secara wajar..
itu pengalaman dari gw.. skrg coba jawab pertanyaan TS
1. performa : mesin 6 silinder inline bmw itu salah satu mesin terbaik yg pernah gw coba, tarikanya asik, konsumsi bbm kl mobilnya sehat termasuk irit

, kl yg 318 mah ga ada tarikanya sama skali

2. Konsumsi BBM : ini nih yg suka jadi penyakit

bmw itu sebisa mungkin diisi bensin yg bagus (jgn oplosan) gw pake shell super sehari2 bintaro kuningan pp dapet 1:9 padahal mesin 2500cc, tp kl mesin udah waktunya tune up ga di tune up, bisa2 jadi boros ga karu2an

dan dari yg pernah gw coba, 320i itu lebih irit dari 318i gara2 tenaga ama bobot mobil seimbang.. kl 320i tenaganya pas

3. Dimensi mobil : e46 mah kecil, lebih kecil dari civic

tp lebih sempit jg dari civic
4 kenyamanan : ini hal yg biasanya disalah artikan ama org pas mo beli bmw

, dari pengalaman gw, ga ada bmw yg nyaman kl dibandingin ama mobil sekelasnya

soalnya bmw itu karakteristiknya sport, bukan mobil nyaman, tp kl bwat zig-zag di kecepatan tinggi baru asik

5. Permasalahan : yg pasti, kl dari pengalaman gw, kl baru pertama kali megang bmw, dijamin ada aja yg rusak dl soalnya banyak bgt tata cara nya, dari bagian2 apa aja yg ga boleh kena air, cara ngisi radiator, dan perawatan2 lainya, tp kl rajin service dan ikutin cara2nya sih baik2 aja.. ama permasalahan paling utama : ga semua bengkel resmi bmw bagus, 528i bokap dl abis kluar dari bengkel bwat tune up malah mogok, padahal bengkel resmi.. jadi saran gw : cari bengkel resmi yg bener2 siap nanganin tuh mobil atau cari bengkel spesialis bmw.. kl menurut gw mending ke bengkel spesialis aja, kl di jkt ada banyak... trus ada permasalahan yg bener2 parah, untuk mesin yg kode m52 (yg dipake 323i) itu pasti kena problem nikasil , dimana mesinya pake bahan yg ga kuat kl kena sulfur , solusinya harus turun mesin atau pake bensin selain pertamina kl mo aman..
6. unek2 : untuk masalah ketahanan selama gw pake e36 sih mobilnya bandel bgt, abis smua masalahnya gw beresin

, yg pasti kl pake bmw itu harus peka ama mobilnya, kl ada masalah dikit harus di benerin

kl ga bakal sering masalah.. untuk servis, kl TS dah tau bengkel spesialis bmw, servis ga akan ada masalah

onderdilnya cari yg OEM, barang OEM itu barang yg sama ama ori tp blom dicap BMW, jadi harganya bisa murah bgt.. sebagai gambaran, mobil gw yg 323i, ngerawatnya lebih murah daripada honda civic di bengkel resmi
bwat gambaran aja nih , harga2 parts mobil gw , yg pernah gw ganti di bengkel spesialis):
saringan oli : 60000
saringan udara : 85000
saringan bensin : 160000
kanvas rem depan : 230000
kanvas rem blakang : 180000
belt ac = 60000
kabel sensor gas : 400000
kabel sensor vanos : 600000
Koil : 300000 per buah
mounting mesin : 500000 (semua)
shockbreaker 1 set (depan blakang ) : 2,5 jt
kaca depan (pernah pecah) : 2,4 jt
busi : 30 rb ( gantinya per 60rb km )
ac (1 sistem mobil gw pernah rusak pas baru beli gara2 diakal2in ama pedagangnya ) : 4 jt

(itu 1 sistem ac gw ganti, yg ga ganti cuman kondensor ama panel ac digital)
itu smua harga oem, bwat sebagian besar org nganggep oem itu kw1, terserah mo bilang gmn, tp semua brg nya mo kw juga tulisanya "made in germany"
kl saran gw sih, cari dari org yg masih bagus dan km nya wajar
selamat berburu bmw
