Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Sun Mar 13, 2005 13:26
- Location: Surrrr
Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Sy berniat beli Peugeot 406, tahun 2000, Matik...
Kalau tidak salah harga sekitar 130 ya ?
Krn ini bakal pertama kali menghandle mobil eropa maka sy agak kuatir dgn:
1.Mitos biaya perawatan yang muahal katanya
2.Kabar kalau Peugeot sangat manja dan dikit-dikit rusak
3.Tidak bisa di modif audionya karena listriknya sensitif.
Apakah ada yg bisa share any indo about Peugeot 406 ?
Thanks
Kalau tidak salah harga sekitar 130 ya ?
Krn ini bakal pertama kali menghandle mobil eropa maka sy agak kuatir dgn:
1.Mitos biaya perawatan yang muahal katanya
2.Kabar kalau Peugeot sangat manja dan dikit-dikit rusak
3.Tidak bisa di modif audionya karena listriknya sensitif.
Apakah ada yg bisa share any indo about Peugeot 406 ?
Thanks
galauuu mode on
galau foreva
galau foreva
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Sun Mar 13, 2005 13:26
- Location: Surrrr
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
mitos orang sih memang gitu..mobil peugeot identik dgn kabel kelistrikan yg sering masalah . sampe type 306 masih begitu. kalo 406 sy tdk tahu pasti.
mungkin utk audio, bung digi lebih tahu masalah ini.
yg sy gak ngerti juga adalah desain roda cadangan yg terletak di bawah bagasi, bukan di dalam bagasi...ha...ha....ha....sorry nih malah balik nanya....ha....ha...ha.......
mungkin utk audio, bung digi lebih tahu masalah ini.
yg sy gak ngerti juga adalah desain roda cadangan yg terletak di bawah bagasi, bukan di dalam bagasi...ha...ha....ha....sorry nih malah balik nanya....ha....ha...ha.......

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Sun Mar 13, 2005 13:26
- Location: Surrrr
306 sering prioblem di listrik ya ?
katanya sih mobil peugeot sebelum 2000 dihubungkan dengan kabel total 2km dan 1800 konektor di seluruh bodimobil makanya rentan rusak.
yg 2000 keatas sudah sistem kabel multiplex yg terintegrasi ke satu central system. lebih tidak mudah rusak, tp kl rusak jg lebih mahal.
incaran saya 406 thn 2000-2002, katanya orang2 milis peugeot sih cenderung tidak trouble asal perawatannya rajin dan ngikutin petunjuk.
katanya sih mobil peugeot sebelum 2000 dihubungkan dengan kabel total 2km dan 1800 konektor di seluruh bodimobil makanya rentan rusak.
yg 2000 keatas sudah sistem kabel multiplex yg terintegrasi ke satu central system. lebih tidak mudah rusak, tp kl rusak jg lebih mahal.
incaran saya 406 thn 2000-2002, katanya orang2 milis peugeot sih cenderung tidak trouble asal perawatannya rajin dan ngikutin petunjuk.
galauuu mode on
galau foreva
galau foreva
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Sun Mar 13, 2005 13:26
- Location: Surrrr
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
1> Biaya perawatan ngga mahal kalo kita rajin ngerawat dan selalu mengganti parts2 yang memang harus sudah diganti. Pokoknya harus serba extra deh. Cuma gw banyak denger, katanya kaki2nya emang lebih sensitif dibandingkan dgn kaki2nya mobil Jepang. Tapi kelemahan ini dibayar dgn kenyamanan dan kestabilan tinggi yang menjadi ciri khas mobil Peugeot dan mobil2 Eropa lainnya. Ngerti kan ...Sy berniat beli Peugeot 406, tahun 2000, Matik...
Kalau tidak salah harga sekitar 130 ya ?
Krn ini bakal pertama kali menghandle mobil eropa maka sy agak kuatir dgn:
1.Mitos biaya perawatan yang muahal katanya
2.Kabar kalau Peugeot sangat manja dan dikit-dikit rusak
3.Tidak bisa di modif audionya karena listriknya sensitif.
Apakah ada yg bisa share any indo about Peugeot 406 ?
Thanks
2> Itu mungkin dulu dan hanya terjadi pada mobil2 keluaran lama. Gw rasa PUG skg sudah lebih bandel. Tapi sulit juga sih, kadang mobil makin canggih dan makin high-tech biasanya emang lebih manja. Seri 7 baru kalo spionnya dicongkel, tuh komputernya langsung error and kudu dibawa ke bengkel karena sensor di spionnya tidak mendeteksi kali ... And ini bukan hanya terjadi pada mobil2 Eropa aja, mobil2 Jepang yg canggih pasti manja juga.
3> Audio PUG bisa dimodif dan tidak masalah, asalkan instalaturnya profesional. And toko audio gw sudah sering modif audio PUG 206 dan beberapa 406 dari yg simpel cuma ganti head unit saja sampe yang ekstrim ganti semuanya.
Yg pasti PUG 406 itu sangat nyaman dan cukup gengsi. Kalo ngga salah, versi terakhir dari 406 itu lampunya dpn sudah kristal dan lampu belakangnya terpisah oleh garis kecil.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Sep 28, 2007 12:02
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
rekan2 sm...
apakah benar, peugeot 306 sudah dilengkapi sensor hujan?
jadi kalo hujan, wipernya akan otomatis nyala
apakah benar, peugeot 306 sudah dilengkapi sensor hujan?
jadi kalo hujan, wipernya akan otomatis nyala
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Rain sensor itu mulai di 307.
Kalau beli Peugeot tuh tricknya beli yg habis facelift. Biasanya kesalahan2 di tahun awal, hilang pas facelift. Ciri 406 facelift itu lampu depan kristal, lampu belakang ada lis antara lampu rem dan sein.
Kelemahan 406 awal seperti kabel multiplex yg suka rusak, habis facelift hilang.
Ttg kaki2 emang yg 405 tiap 2-3 tahun siap2 kudu ganti laher dan shock. Walau gitu 406 2003 dan 306 1997 saya belum pernah ganti itu sampai sekarang.
Yg rewel sampai sekarang adalah aki. Tiap tahun kudu ganti, bareng2 air radiator, oli mesin dan filter oli. Kalau aki nggak ganti, siap2 aja mogok. Cairan2 kudu rajin diganti dgn yg sesuai. Anggap aja pakai mobil turbo. Kalau cairan nggak rajin ganti, nanti umur 10 tahun karet2 getas trus bilang Peugeot rewel hidrauliknya.
Yg mahal lagi dinamo starter. Tiap 10 thn ganti, harganya 5 jt.
Yg paling penting, bengkel. Kalau sampai 406 dibilang rewel, biasanya krn bengkel jorok. Begitu pula sound system, kalau jorok ya tanggung sendiri. Soalnya amperenya gak main2. Teman ada yg copot sound dari 504 dipasang di Mazda, soalnya modif habis. Kirain bisa, eh langsung tekor tuh aki Mazda. Makanya aki cepet jebol di Peugeot, amperenya tinggi.
Kalau beli Peugeot tuh tricknya beli yg habis facelift. Biasanya kesalahan2 di tahun awal, hilang pas facelift. Ciri 406 facelift itu lampu depan kristal, lampu belakang ada lis antara lampu rem dan sein.
Kelemahan 406 awal seperti kabel multiplex yg suka rusak, habis facelift hilang.
Ttg kaki2 emang yg 405 tiap 2-3 tahun siap2 kudu ganti laher dan shock. Walau gitu 406 2003 dan 306 1997 saya belum pernah ganti itu sampai sekarang.
Yg rewel sampai sekarang adalah aki. Tiap tahun kudu ganti, bareng2 air radiator, oli mesin dan filter oli. Kalau aki nggak ganti, siap2 aja mogok. Cairan2 kudu rajin diganti dgn yg sesuai. Anggap aja pakai mobil turbo. Kalau cairan nggak rajin ganti, nanti umur 10 tahun karet2 getas trus bilang Peugeot rewel hidrauliknya.
Yg mahal lagi dinamo starter. Tiap 10 thn ganti, harganya 5 jt.
Yg paling penting, bengkel. Kalau sampai 406 dibilang rewel, biasanya krn bengkel jorok. Begitu pula sound system, kalau jorok ya tanggung sendiri. Soalnya amperenya gak main2. Teman ada yg copot sound dari 504 dipasang di Mazda, soalnya modif habis. Kirain bisa, eh langsung tekor tuh aki Mazda. Makanya aki cepet jebol di Peugeot, amperenya tinggi.
Ready to Race
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Sep 28, 2007 12:02
rain sensor di peugeot 306 series
wah terima kasih banyak atas informasinya bung asudarsono 

Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Kalo part tiap 10 thn gantinya harganya 5 juta wajar kali bro sudarsono
Aki ganti setiap tahun? Weleh weleh....kan katanya it hurts to be beautiful hehe...and the 406 is one beautiful machine

Aki ganti setiap tahun? Weleh weleh....kan katanya it hurts to be beautiful hehe...and the 406 is one beautiful machine

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Dulu sih nunggu sampai akinya sering minta diisi air (top up). Tapi pernah aki udah ditop up terus dibawa weekend ke Anyer. Eh pagi2 retak deh, soalnya kebanyakan isi serum waktu ngebut di tol. Males khan maunya senang2 jadi ndorong. Toh aki murah ini cuma Rp 700.000 anggap aja kalau Fortuner servis tiap 10.000 km / 6 bulan Peugeot tiap 20.000 km / 12 bulan tapi rapel.
O ya satu lagi yg aku belum ketemu preventive maintenancenya : pompa bensin. Yg 306 tiap 2 - 3 tahun ganti terus. Masalahnya nggak ada hujan nggak ada angin langsung koit aja. Dereklah aku. Makanya aku selalu tempel nomor telepon Astra World di kaca.
But overall, Peugeot yg baru2 ini lumayan nggak banyak penyakitnya. Kalau yg 505 dulu emang mobil religius deh, soalnya kalau ke luar kota doa sepanjang jalan minta jangan sampai mogok. Sama kayak VW Kodok dan Kombi, yg punya pasti kansnya besar masuk surga. Ha ha ha ha.
O ya satu lagi yg aku belum ketemu preventive maintenancenya : pompa bensin. Yg 306 tiap 2 - 3 tahun ganti terus. Masalahnya nggak ada hujan nggak ada angin langsung koit aja. Dereklah aku. Makanya aku selalu tempel nomor telepon Astra World di kaca.
But overall, Peugeot yg baru2 ini lumayan nggak banyak penyakitnya. Kalau yg 505 dulu emang mobil religius deh, soalnya kalau ke luar kota doa sepanjang jalan minta jangan sampai mogok. Sama kayak VW Kodok dan Kombi, yg punya pasti kansnya besar masuk surga. Ha ha ha ha.
Ready to Race
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Fri Apr 25, 2008 5:29
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Wakkakakk.... bisa-2 lebih bayak doain tuh mobil ketimbang bedoa buat anak-istri....asudarsono wrote:Dulu sih nunggu sampai akinya sering minta diisi air (top up). Tapi pernah aki udah ditop up terus dibawa weekend ke Anyer. Eh pagi2 retak deh, soalnya kebanyakan isi serum waktu ngebut di tol. Males khan maunya senang2 jadi ndorong. Toh aki murah ini cuma Rp 700.000 anggap aja kalau Fortuner servis tiap 10.000 km / 6 bulan Peugeot tiap 20.000 km / 12 bulan tapi rapel.
O ya satu lagi yg aku belum ketemu preventive maintenancenya : pompa bensin. Yg 306 tiap 2 - 3 tahun ganti terus. Masalahnya nggak ada hujan nggak ada angin langsung koit aja. Dereklah aku. Makanya aku selalu tempel nomor telepon Astra World di kaca.
But overall, Peugeot yg baru2 ini lumayan nggak banyak penyakitnya. Kalau yg 505 dulu emang mobil religius deh, soalnya kalau ke luar kota doa sepanjang jalan minta jangan sampai mogok. Sama kayak VW Kodok dan Kombi, yg punya pasti kansnya besar masuk surga. Ha ha ha ha.

Btw, ane pernah liat dijalan....kalo nggak salah 405. Tuh mobil kedua roda depannya gesrot dengan spatbor. Keliatannya ngelock gitu...sepertinya tie rottnya ada yg patah gitu.
Denger-2 kaki si Pug agak ringkih ya....

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
306 yg tahun2 akhir udah ada rain sensor bos. Saya soalnya pernah naik hehehehe.....asudarsono wrote:Rain sensor itu mulai di 307.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Wah, kalo begitu berarti pecinta Pug harus rela dong dibilang mobilnya rewel? hehehehehe......asudarsono wrote:Dulu sih nunggu sampai akinya sering minta diisi air (top up). Tapi pernah aki udah ditop up terus dibawa weekend ke Anyer. Eh pagi2 retak deh, soalnya kebanyakan isi serum waktu ngebut di tol. Males khan maunya senang2 jadi ndorong. Toh aki murah ini cuma Rp 700.000 anggap aja kalau Fortuner servis tiap 10.000 km / 6 bulan Peugeot tiap 20.000 km / 12 bulan tapi rapel.
O ya satu lagi yg aku belum ketemu preventive maintenancenya : pompa bensin. Yg 306 tiap 2 - 3 tahun ganti terus. Masalahnya nggak ada hujan nggak ada angin langsung koit aja. Dereklah aku. Makanya aku selalu tempel nomor telepon Astra World di kaca.
Kalo pompa bensin sih emang kayaknya penyakit mobil eropa kali ya? gak tau juga apa karena sistemnya lebih canggih atau karena bensin kita yg jelek kualitasnya.......
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Kualitas bensin yg jelek, kebanyakan aditif. Coba aja celup jari di pertamax dan super extra trus ditunggu keringnya. Beda khan.
Jaman dulu ada bengkel yg mau pres tierod yg oblak. tapi kalau dipres berkali2 ya patah deh.
Ya org bilang rewel kek, jelek kek, bagus kek emangnya gue pikirin.
Jaman dulu ada bengkel yg mau pres tierod yg oblak. tapi kalau dipres berkali2 ya patah deh.
Ya org bilang rewel kek, jelek kek, bagus kek emangnya gue pikirin.
Ready to Race
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Kalo 406 D9 thn 2000...75 juta mahal gak? Kondisi top markotop.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Lho, bukannya bos pakarnya harga2. Sedenglah kalau segitu, apalagi kalau top. Definisi top ini yang kudu hati2. Kalau urusan bodi, mesin dan kaki mestinya 406 itu mulus, karena emang dirancang bulletproof. Kelistrikan terutama kabel multiplex dan interiornya gimana, termasuk soundsystemnya.
Ready to Race
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Kampred....baru mau tanda jadi....eh keduluan orang...beda 10 menit doang! Pupuslah harapan for today, meminang 406 D9. Bagus kok dah test drive...di Refi Auto.
Belum jodoh...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Tapi Fortunernya masih dipelihara khan. Kalau yg 2000 masih pakai multiplex ya? Mending cari yg lebih baru.
Peugeot 406, mobil paling nyaman di dunia. Sama 407 pun, aku masih pegang 406. Aku pinjemin bokap 406, dua tahun lalu, sampai sekarang belum dibalikin. Setahu saya satu2nya kerusakan adalah aki ganti dan kunci dirusak maling.
Peugeot 406, mobil paling nyaman di dunia. Sama 407 pun, aku masih pegang 406. Aku pinjemin bokap 406, dua tahun lalu, sampai sekarang belum dibalikin. Setahu saya satu2nya kerusakan adalah aki ganti dan kunci dirusak maling.
Ready to Race
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Masih dong....Fortuner adalah mobil operasional badak - skrg lagi cari mobil buat hobby...
2000 masih multiplex ya? Ada sih yg 2002 juga, 95 juta. Tapi dalemnya gak sebagus yg 2000 (masih built-up, 4 airbags). Btw mau nanya nih, yg 2000 temperature gaugenya sedikit di bawah 90, sedangkan yg 2002 pas di 90. Punya bro dimana nempelnya tuh temp gauge? Apa yg normal?
2000 masih multiplex ya? Ada sih yg 2002 juga, 95 juta. Tapi dalemnya gak sebagus yg 2000 (masih built-up, 4 airbags). Btw mau nanya nih, yg 2000 temperature gaugenya sedikit di bawah 90, sedangkan yg 2002 pas di 90. Punya bro dimana nempelnya tuh temp gauge? Apa yg normal?
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Mon Oct 20, 2008 4:03
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
wah, gw baru pernah naik 405 ama 206 doang nihasudarsono wrote: Peugeot 406, mobil paling nyaman di dunia. Sama 407 pun, aku masih pegang 406. Aku pinjemin bokap 406, dua tahun lalu, sampai sekarang belum dibalikin. Setahu saya satu2nya kerusakan adalah aki ganti dan kunci dirusak maling.

dua2nya nyaman bgt sayang 206 nyokap abis 2x dikerjain ama bengkel yg "kata" org2 bengkel pug bagus langsung dijual ama nyokap


itu kunci dirusak maling gmn critanya bro??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
Kuncinya diputer pakai obeng. Disangkanya bisa dibuka pakai cara itu. Payah dah. Seumur2 ada Peugeot di Indonesia setahu saya baru ada satu yg pernah kehilangan, yaitu dilarikan sopirnya. Kala dioprek gitu ya rusak.
Kalau Peugeot kenapa sih orang pada nggak ke bengkel resmi aja sih?
Kalau 206 itu mobil kecil, satu2 Peugeot yg ergonomi mengalami kompromi. Setelah sejam ketekuk semua rasanya. Buat ABG ama Citycar sih oke, apalagi tarikannya boleh diadu.
Kalau 405 itu lebih sportif lagi. Kalau doyan ngebut, ini mobil enak banget. Tapi krn sportif ya suspensinya termasuk keras di keluarga Peugeot.
406 lebih ke kenyamanan. Duduk di depan maupun di belakang bagaikan dibuai dalam ayunan . Kalau mau tidur, nggak perlu direbahin, walau gitu bangun2 nggak pegel2. Saya pakai mobil ini Jkt -Yogya juga masih fresh aja. Suspensinya enak juga, paling enak deh. lubang2 gak kerasa. Cuma sayangnya masih pakai mesin 405 jadi lebih lelet dari 405 tsb. Dulu bokap gue fanatik mercy tapi yah gitulah setelah kena 406.
Kalau Peugeot kenapa sih orang pada nggak ke bengkel resmi aja sih?
Kalau 206 itu mobil kecil, satu2 Peugeot yg ergonomi mengalami kompromi. Setelah sejam ketekuk semua rasanya. Buat ABG ama Citycar sih oke, apalagi tarikannya boleh diadu.
Kalau 405 itu lebih sportif lagi. Kalau doyan ngebut, ini mobil enak banget. Tapi krn sportif ya suspensinya termasuk keras di keluarga Peugeot.
406 lebih ke kenyamanan. Duduk di depan maupun di belakang bagaikan dibuai dalam ayunan . Kalau mau tidur, nggak perlu direbahin, walau gitu bangun2 nggak pegel2. Saya pakai mobil ini Jkt -Yogya juga masih fresh aja. Suspensinya enak juga, paling enak deh. lubang2 gak kerasa. Cuma sayangnya masih pakai mesin 405 jadi lebih lelet dari 405 tsb. Dulu bokap gue fanatik mercy tapi yah gitulah setelah kena 406.
Ready to Race
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Mon Oct 20, 2008 4:03
Re: Butuh masukan tentang Peugeot 406 2000
buset dah, 405 masih diblang keras?asudarsono wrote:Kuncinya diputer pakai obeng. Disangkanya bisa dibuka pakai cara itu. Payah dah. Seumur2 ada Peugeot di Indonesia setahu saya baru ada satu yg pernah kehilangan, yaitu dilarikan sopirnya. Kala dioprek gitu ya rusak.
Kalau Peugeot kenapa sih orang pada nggak ke bengkel resmi aja sih?
Kalau 206 itu mobil kecil, satu2 Peugeot yg ergonomi mengalami kompromi. Setelah sejam ketekuk semua rasanya. Buat ABG ama Citycar sih oke, apalagi tarikannya boleh diadu.
Kalau 405 itu lebih sportif lagi. Kalau doyan ngebut, ini mobil enak banget. Tapi krn sportif ya suspensinya termasuk keras di keluarga Peugeot.
406 lebih ke kenyamanan. Duduk di depan maupun di belakang bagaikan dibuai dalam ayunan . Kalau mau tidur, nggak perlu direbahin, walau gitu bangun2 nggak pegel2. Saya pakai mobil ini Jkt -Yogya juga masih fresh aja. Suspensinya enak juga, paling enak deh. lubang2 gak kerasa. Cuma sayangnya masih pakai mesin 405 jadi lebih lelet dari 405 tsb. Dulu bokap gue fanatik mercy tapi yah gitulah setelah kena 406.




kl masalah bengkel resmi, gw dah trauma bro, di rumah gw ga tau knp, dah 4 biji mobil pernah dirusak ama bengkel resmi dari suzuki, mitsu, bmw sampe wrangler, abis itu dah males ke bengkel resmi, makanya gw mendingan cari bengkel yg rekomendasi dari orang2 dan kl lg kerja bisa diliatin mobilnya diapain aja

