Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
hi, salam kenal semua...
hari ini baca berita ekonomi kalau ternyata rupiah telah menguat mendekati 10.100,-
berarti tinggal 300 perak lagi sampai ke 9.800 seperti sebelum krisis dulu.
tapi uniknya koq harga mobil ga turun juga yah??
giliran dolar naik, ATPM buru2 naikin harga dengan alasan biar ga tekor.....
tapi giliran dolar turun, mereka seolah2 tutup mata.
kalau mau beli mobil baru, kita cuman dikasih bonus2 yg nilainya ga sebanding dengan kenaikan 30-50 juta beberapa waktu lalu.... dikasih diskon pun paling cuman 1-2 juta......
payah deh....gimana penjualan mobil mau kembali seperti dulu....??
Harga mobil sih di Indo sepertinya jarang bgt turun. Paling kalau turun, tunggu ada varian/model baru. Kalao tidak, palingan hanya main di diskon. Selama pasarnya masih baik, yah diskonnya juga ga besar...
ada model baru aja ga pernah turun... bandinginya saat baru launching, dan saat pergantian model pasti harganya mahalan saat pergantian model. Jazz tahun 2002 , CRV thn 2001, harga barunya pasti lebih murah daripada saat pergantian model, jazz ke all new jazz, crv ke thn 2003.... jadi intinya harga mobil ga bakal kembali ke posisi semula...
weleh2................. harga mbl mahal ajah jalanan dah pada macettttttttttttt................... apalagi klo harga mbl turun.............................. pasti deh lbh macet lagi, palagi klo pas jumatnya libur............... liat ajah di puncak atau tol cipularang........................
padahal gw dah niat beli GL baru.....
tapi disabar2in aja....berharap 3-4 bulan kedepan harganya bisa turun.
maklum, mau kredit....selisih 10 juta juga lumayan terasa.....
ga mungkin lah kalo diskon 50 juta.. atau kalo hitungan kredit sih jadi bisa... kaya gw dulu beli all new altis disc dapet 40jt, karena pake kredit. tapi kalo cash mah paling mentok di 2 puluhan juta
begini, bro....dulu g juga berpikiran sama kayak kalian semua.....tapi setelah kerja di pabrik mobil n belajar managerialnya g baru bs ngerti.....
pada dasarnya,faktor utama yang mempengaruhi kenaikan harga adalah:
1. kurs yen(bukan usd),karena kebanyakan mobil yang di indo keluaran vendor jepang semua.....jadi banyak komponen yang masih di supply dari jepang......berkaitan dengan masalah ini, krisis 98 dulu beda dengan krisis 2008/9...kalau di krisis 98, kita masih di support penuh oleh prinsipal jepang dengan cara memperpanjang kredit term pembelian komponen, pemakaian kurs lama, dll......tapi di krisis 2008, mereka gak mau bantu kita sama sekali, karena di jepang juga lagi krisis hebat....jadi, kenaikan harga jual gak bisa di tahan2 lagi
2. inflasi....buat yang ngerti ekonomi, udah jelaslah......dulu bisa beli teh botol seharga 300perak, sekarang udah 2000perak...belum lagi bbn yang terus naek setiap tahun.....pajak brg mewah mana pernah turun?
nah, kenapa atpm "haram" menurunkan harga mobil?
jawabannya karena atpm menjaga kelangsungan hidup produknya.....penjelasannya begini.....
1. pasar indonesia itu unik....belom beli mobil, tapi udah mikirin jualnya lagi.......jadi harga jual kembali merupakan salah satu faktor penting dalam membangun sebuah brand.......sekarang kalau atpm menurunkan harga pricelist, maka pemilik mobil yang beli sebelum harga diturunkan akan protes dan kecewa dengan brand tsb.....dan akan "kapok" beli mobil dengan brand itu lagi....ingat, promosi mulut ke mulut masih sangat efektif di indonesia.
2. kalau atpm menurunkan harga mobil baru, maka harga 2nd mobil yang bersangkutan akan hancur/anjlok....efeknya, merek yang sudah susah payah dibangun akan jatuh seketika....
semoga penjelasan gw bisa sedikit memberi pencerahan.....
ween wrote:
nah, kenapa atpm "haram" menurunkan harga mobil?
jawabannya karena atpm menjaga kelangsungan hidup produknya.....penjelasannya begini.....
1. pasar indonesia itu unik....belom beli mobil, tapi udah mikirin jualnya lagi.......jadi harga jual kembali merupakan salah satu faktor penting dalam membangun sebuah brand.......sekarang kalau atpm menurunkan harga pricelist, maka pemilik mobil yang beli sebelum harga diturunkan akan protes dan kecewa dengan brand tsb.....dan akan "kapok" beli mobil dengan brand itu lagi....ingat, promosi mulut ke mulut masih sangat efektif di indonesia.
2. kalau atpm menurunkan harga mobil baru, maka harga 2nd mobil yang bersangkutan akan hancur/anjlok....efeknya, merek yang sudah susah payah dibangun akan jatuh seketika....
semoga penjelasan gw bisa sedikit memberi pencerahan.....
Artinya konsumen juga "bertanggung jawab" thd harga mobil yang gak masuk akal itu khan?
Bagaimana, berani gak tidak usah beli produk yang harganya overpriced?
Itu juga salah satu tekanan agar harga turun.
memang gak masuk akal.....tetapi begitulah yang terjadi di indonesia.......seandainya terjadi petisi besar2an n mbl tsb gak laku, rasanya harga juga gak akan turun.....yang ada harga akan bertahan, sampai kompetitor udah naekin harga lagi krn inflasi n kenaikan hrg tahunan.......
sudah ada beberapa contoh kasus (gak etis kalo g sebutkan mereknya)dimana harga mobil di turunkan oleh atpm bersamaan dengan di luncurkannya model face lift.....yang terjadi, hampir semua pemilik lama complain dan gak mau pake merek itu lagi.....n harga 2nd model lamanya hancur lebur.......
ween wrote:
nah, kenapa atpm "haram" menurunkan harga mobil?
jawabannya karena atpm menjaga kelangsungan hidup produknya.....penjelasannya begini.....
1. pasar indonesia itu unik....belom beli mobil, tapi udah mikirin jualnya lagi.......jadi harga jual kembali merupakan salah satu faktor penting dalam membangun sebuah brand.......sekarang kalau atpm menurunkan harga pricelist, maka pemilik mobil yang beli sebelum harga diturunkan akan protes dan kecewa dengan brand tsb.....dan akan "kapok" beli mobil dengan brand itu lagi....ingat, promosi mulut ke mulut masih sangat efektif di indonesia.
2. kalau atpm menurunkan harga mobil baru, maka harga 2nd mobil yang bersangkutan akan hancur/anjlok....efeknya, merek yang sudah susah payah dibangun akan jatuh seketika....
semoga penjelasan gw bisa sedikit memberi pencerahan.....
kurang 1 lagi pak:
menjaga dan kalau perlu menaikkan margin keuntungan/profit....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
tapi seandainya ATPM tidak mau menurunkan harga, kan bisa memberikan diskon lebih......
kemarin barusan nanya GL 1.5 XV, tapi cuman dikasih diskon 1,5 juta.....
ampun, bener2 pelit banget deh......
ween wrote:begini, bro....dulu g juga berpikiran sama kayak kalian semua.....tapi setelah kerja di pabrik mobil n belajar managerialnya g baru bs ngerti.....
pada dasarnya,faktor utama yang mempengaruhi kenaikan harga adalah:
1. kurs yen(bukan usd),karena kebanyakan mobil yang di indo keluaran vendor jepang semua.....jadi banyak komponen yang masih di supply dari jepang......berkaitan dengan masalah ini, krisis 98 dulu beda dengan krisis 2008/9...kalau di krisis 98, kita masih di support penuh oleh prinsipal jepang dengan cara memperpanjang kredit term pembelian komponen, pemakaian kurs lama, dll......tapi di krisis 2008, mereka gak mau bantu kita sama sekali, karena di jepang juga lagi krisis hebat....jadi, kenaikan harga jual gak bisa di tahan2 lagi
nah knaekan yen ntu kan buat pasar vendor mobil jepang,,
kalo pasaran baru mobil eropa,kya biem ma mercy ndiri kan berarti pake USD?
tapi tetep aja harga" pada naek,yah emang indonesianya ndiri lage krisis,ketimpa dunia yang lage krisis juga,pa lage GM motor yang udah mnyatakan bangkrut..
paleng ga hrga mobil pada naek,mengurangi kmacetan juga kan??
Kalo menurunkan price list mungkin nggak ya, tapi mungkin dengan nambahin bonus, bunga rendah atau diskon.
Tapi kalo dealer bertahan terus dengan price list yg tinggi, ya calon pembeli banyak yg beralih ke mobil seken.
Bisa-bisa pejualan mobil baru jadi stagnan, dan peluangnya banyak yg diambil oleh pedagang mobil bekas.
ATPM/dealer pasti mikir juga dgn kondisi spt ini.
Mudah2an ada ATPM yg blm punya line up produk yg skrg sdh dijual, masuk dg produk baru utk menerobos peluang itu. Jadi tdk ada konsumen lama yg merasa rugi krn beli kemahalan.
JPY terhadap IDR juga sudah lumayan koq sekarang, dibanding krisis akhir tahun kemarin.
Memang sih dengan menurunkan harga jual mobil, hrga second-nya bisa kena imbas juga. Tapi kalau begini, sebenernya yg dirugikan juga customer, sedangkan margin ATPM kan jadi tambah besar.
Raw material cost sudah pada turun semua, tapi harga jual tetep, enak juga ya, hehehe...
boilers wrote:JPY terhadap IDR juga sudah lumayan koq sekarang, dibanding krisis akhir tahun kemarin.
Memang sih dengan menurunkan harga jual mobil, hrga second-nya bisa kena imbas juga. Tapi kalau begini, sebenernya yg dirugikan juga customer, sedangkan margin ATPM kan jadi tambah besar.
Raw material cost sudah pada turun semua, tapi harga jual tetep, enak juga ya, hehehe...
sebetulnya margin pabrik gak gede juga, boss.....
coba anda perhatikan harga kendaraan waktu masih dlm bentuk faktur dari pabrik....(murni harga jual dari pabrik......tanpa pajak, keuntungan dealer, distributor,dll)
komponen yang paling besar di additional costnya adalah PAJAK dan turunannya......ini yang bikin harga mobil baru mahal bgt....
sedikit bocoran, harga faktur motor bebek dr pabrik itu rata2 dibawah 5-6jutaan lho....
saya tidak berani bicara blak2an di sini, karena takut di tangkep polisi gara2 UU ITE
ween wrote:
sebetulnya margin pabrik gak gede juga, boss.....
coba anda perhatikan harga kendaraan waktu masih dlm bentuk faktur dari pabrik....(murni harga jual dari pabrik......tanpa pajak, keuntungan dealer, distributor,dll)
komponen yang paling besar di additional costnya adalah PAJAK dan turunannya......ini yang bikin harga mobil baru mahal bgt....
sedikit bocoran, harga faktur motor bebek dr pabrik itu rata2 dibawah 5-6jutaan lho....
saya tidak berani bicara blak2an di sini, karena takut di tangkep polisi gara2 UU ITE
Oo, icic.. sy juga kadang bingung, koq harga yg kita beli dengan harga yg di faktur pajak itu bedanya jauh bgt ya ? Jadi sisanya itu untuk pajak + untuk dealer's fee ya bro Ween?
Hehehe, iya sih, sekedar buat pengetahuan saja lah kita bahasnya