dhe-dhe wrote:Bro semua mo nanya lagi..
Dari hasil googling, bner ga spec santi yg di indo ntu kayak gini ??
Yang bikin penasaran tu engine type Sirius kah??? Denger2 da persamaan dg Mitsu ya???
Trus rem blakang teromol ata dah cakram ???
Mohon sharingnya ya broo
To Bro Imsus, jangan panggil Pak, panggil Dek aja cos masi 17 th..
Okedeee.... saya juga masih muda loh....

setidaknya jika dibandingkan dengan santiers disini
dhe-dhe wrote:
Engine
2.4L I4
Sirius II DOHC 4-cylinder, inline (transverse mounted)
Materials
Cast iron/Aluminum cylinder (Block/Head)
Betul... N-Sirius II engine type, sama dengan Sirius-nya Mitsubishi. Di hyundai dikasi kode G4JS, sedangkan "kembarannya" di Mitsubishi (meski tdk kembar identik) ada yg di tipe 4G63T (dipake di Evo IV), kalo cyl-head keduanya sama persis
dhe-dhe wrote::
Displacement (cc)
2.4 liters (2351cc/143 cubic inches)
Bore x Stroke (mm)
86.5mm x 100mm (3.40 inches x 3.94 inches)
Compression Ratio
10.0:1
Yup...2351 cc, setidaknya itu yg tertera di STNK
Bore + stroke nya jg segitu, tahunya waktu dulu overhaul
Kompresi asli juga segitu, tahunya jg waktu overhaul dulu jg

, berhubung skrg sdh porting polished, kompresi santi saya sudah nyaris 12:1
dhe-dhe wrote:
Horsepower
138 @ 5,500 RPM
Torque
147 lb-ft @ 3,000 RPM
Kurang yakin....

, secara banyak versi yg menyebutkan berbeda, apalagi saya blom pernah test
Tapi saya lebih percaya versi
149 HP (103KW) @5500
20.8 Kgf (204Nm) @4000
dhe-dhe wrote:
Valves per cylinder
Four
Fuel system
Electronic multi-port fuel injection, four-jet fuel injectors, in-tank fuel pump.
Brakes
Front
Power-assisted vented disc (10.9-inch-277mm -- front wheel drive/285mm 11.6-inch -- 4WD) with floating two-piston calipers and pad wear sensor.
Rear
Power-assisted 11.2-inch (285mm) solid disc.
Jumlah katup betul, sistem bahan bakar juga betul
Yg ragu sistem pengereman. Setahu saya, untuk generasi awal yg beredar di Indonesia, rem depan santa fe pake cakram tapi yg belakang masih drum/tromol semua