FortunerMan wrote:Reputasi Jaguar kan buruk banget...apalagi tahun model2 segitu...tp yg lebih horor kan X-typenya ya. Nah bro Risol ceritain dong, realitanya gimana pemakaian Jag selama 6 thn? Sering dibawa keluar kota berarti fine2 aja dong ya...
Sebenernya kalo mao beli Jag sebaiknya yg model XJ atau XK aja karena lebih berasa Jag-nya daripada S, X maupun yg terbaru XF sekarang. Karena sebenernya S, X, dan XF itu keluar setelah Jag dibeli Ford.....dengan tujuan agar merek Jaguar menjadi semakin terjangkau di pasar dan bisa bersaing dengan pabrikan merek premium eropa lain yg punya range produk yg besar.
Jaguar S type juga dibagi 2:
- Yg 3.0 V6 (Spt yg saya punya) itu yg "kurang Jag" karena selain platformnya dari ford, mesin dan trans juga nempel plek dari Ford (Mesin V6 Ford Duratec dan ford transmission 5R55N 5/6 speed). Jadi sebenernya ini mobil lebih deket ke Ford daripada ke Jaguarnya.
- Yg 4.0/4.2 V8, kalo pengen banget sama Stype, mending ambil yg tipe ini karena walaupun platformnya dari Ford (Dipake juga di Lincoln LS), mesin dan tranny-nya masih Jag (mesin persis kaya XJ8 dan XK, dan ZF tranny).
Jag S type ini juga adalah salah satu mobil yg "bingung" karena merek dan sejarah dari Inggris, diassembled juga masih di Coventry, Inggris....tapi platform, mesin, tranny, suspension, interior semuanya Ford (Amerika), tapi sahamnya/kepemilikannya India hehehehe.....Jadi kalo ada SMers yg liat sebuah mobil cuma dari negara dimana mobil tsb dibikin, bisa terkecoh dengan mobil ini karena walaupun bisa dibilang sbg mobil inggris (Karena berasal dan dibuat di inggris), >75% jeroannya Ford semua (amerika). Beda kan sama Altima yg walaupun dibikin di US, tapi >75% jeroannya masih Nissan Jepang. Begitu juga kasusnya dengan Innova dan Livina yg jeroannya masih banyakan desain jepang walaupun mobil/partsnya dibikin di sini.
Sebenernya Jag saya juga gak rewel banget sih karena memang selalu dirawat sejak beli. 1 tahun lalu (sekitar 70rb miles) saya pernah general check up, abis itu kata dealernya tekanan olinya udah lebih rendah daripada aslinya (tapi gak parah) karena mungkin ada seal2nya yg getas/bocor. Kemaren sebelum dijual juga udah sempet ganti tie rod yg sebelah kanan. Sama satu lagi dulu pernah kalo mobil lagi diem di lampu merah, mesinnya suka geter dan mati....bawa ke dealer abis sekitar 2500 dollar lah.
Dan semua itu terjadi setelah warranty abis. Kemaren sebelum di jual pas ganti tie rod, dealernya juga bilang bahwa kayaknya pulley2 buat ngiket belt2 musti diganti karena beltnya udah selip (jadi suka bunyi krik2)......partsnya sih murah tapi labornya kena 5 jam jadi total ganti belt2 plus labor sekitar 1700 dollar. Oh iya shock absorber depan juga udah ganti karena tiba2 bunyi2 kalo kena lobang. sekali lagi itu semua terjadi pas warranty abis.
Jaguar maintenancenya memang cukup mahal kalo dibanding mercedes/BMW sekalipun, juga dealer/BERES nya jauh lebih dikit.
Kalo soal handling, masih enak BMW karena dulu juga pernah punya BMW 335i coupe....jauh lah enakan BMW. Jag mungkin beda2 tipis sama Mercedes lah.....Empuk dan nyaman, tapi dibawa kenceng juga enak.
Yg jelek soal jaguar tuh mesinnya agak kasar (mungkin karena Ford kali ya) setelah dipake bbrp tahun. Terutama kalo pagi2 mesin belom dingin, bawa jaguar kedengerannya kaya bawa truk. Enak kalo long trip di interstate karena bodinya berat jadi rasanya lebih nempel sama tanah, beda sama nissan altima yg makin kenceng makin enteng rasanya tu bodi.
Tapi buat saya kayaknya Jag Stype 3.0 masih kurang tenaganya, alias kalo kick down mesinnya ngeden dulu baru ngacir....itu juga gak enak2 banget ngacirnya hehehe.....Juga transmisinya walaupun 6 speed, tapi rasanya agak bego gitu. Paling berasa kalo lagi pas belok dan agak kenceng, pada saat keluar tikungan, kayaknya transmisinya "bingung" mao masuk ke gear mana hehehe....Enakan Lexus RX kalo dalam hal ini.
Tapi yg paling saya suka dari Jaguar itu adalah life cyclenya yg lebih lama dari model2 lain (biasanya sekitar 10 tahun). jadi sekali kita beli bisa "mejeng" selama 10 tahun ke depan karena modelnya gak banyak berubah paling juga facelift kecil2an. Bandingin sama BMW/Merc yg sekitar 7 tahunan......apalagi kalo dibandingin Honda/Toyota/Nissan yg 5 tahunan.
Walaupun resale value nya lebih ancur dibanding merek2 jerman sekalipun. Tapi IMO memang build quality nya gak sesolid rival2 jermannya (mungkin juga ciri mobil inggris yg rata2 reliabilty payah). Juga kalo masuk kabinnya, kesannya lebih murah karena banyak tombol2 ford yg nempel disitu. hehehehe.....
