Perlakuan thd aki & embel2nye....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Abu2 wrote:Nah gitu dong prop, jd prop itu kudu detil dan yg lengkap. Kalo gini, ane pun jd ngerti sengerti2nya. :D, makasih ya prop,

Oh ya, yg bilang ane baik ya ane sendirilah...khan td ane yg nge post...gimane sehprop ini??? :P
ma kasih kembali dik abu.. :big_peace:

emang air laut siapa yg asinin seh?.hehehe...... :big_weee: :big_weee:
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by singachu »

lanjutan dari sini pak sjamsul

aki saya kalo liat di stiker samping aki sepertinya Jul 2006 pak... soalnya sejak beli mobil Nov 2006 dah kepasang jadi ga tau pastinya sejak kapan tuh aki dipake...

Pak untuk cek alternator apa bisa dengan mengukur voltasenya saja ?
Charger accu kalo amperenya kegedean bisa merusak accu ya ?

regards,
singachu
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by singachu »

sjamsul wrote:
Abu2 wrote:Lah, itu cerita terakhir khan kondisinya batre lama dah dilepas,
Dan batre baru blm terpasang, ttp kabel jumper masih terpasang di batere baru, dan ujung kabell jumper yg lain, masih menjepit, kleman kabel betre bawaan mobil.
iya deh, setelah itu aki baru dipasang di boil, trus kleman akinya juga dipasang dulu kedua2nya sebelum akhirnya kabel jumper dilepas. Jadi intinye tuh, perhatikan yah, boil tsb kaga boleh kehilangan sumber daya yg berasal dari aki, spy nt kaga usah reset lagi.
Ngarti apa kaga neh?. :e-think: :e-think:
Klo maseh kaga ngarti juga ntar ane bilangin boss andy loh, klo ane dikerjain ama si abu2......... hiks.........
permisi nimbrung di sini...
kan jumper akinya masih dijepit ke terminal aki yang baru.... lha gmn cara pasang kleman kabel ke aki yang baru sementara di terminal aki baru tersebut masih nongkrong jepitan jumper.... ?

regards,
singachu
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

singachu wrote:lanjutan dari sini pak sjamsul

aki saya kalo liat di stiker samping aki sepertinya Jul 2006 pak... soalnya sejak beli mobil Nov 2006 dah kepasang jadi ga tau pastinya sejak kapan tuh aki dipake...

Pak untuk cek alternator apa bisa dengan mengukur voltasenya saja ?
Charger accu kalo amperenya kegedean bisa merusak accu ya ?

regards,
singachu
ohh klo gitu ada kemungkinan akinya dah mulai soak atau lemah. Ciri2 aki yg dah mulai soak adalah penguapan air akinya lbh banyak dari biasanya, misalkan dlm 1 bulan nambah air akinya cuma 1/4 atau 1/2 botol, nah klo dah mulai soak bisa aja pemakaian air akinya menjadi 1 botol atau lebih......

ga bisa tuhh...... jadi hrs pake amper meter, jadi dg beban maksimal (lampu, ac n aksesories lainnya dihidupkan) diliat apakah masih cukup pengisiannya, klo msh ngisi wlp kecil misalkan cuma 3 amper ajah pada beban maksimum bearti itu alternator ga bermasalah. Nah klo kurang ato tekor sebaiknya dibawa ke tukang alternator n tanyakan ke mereka langkah selanjutnya. Trus klo alternator ga ngisi, biasanya di dashboard ada gambar aki menyala setelah mesin idup. Klo normal lampu tsb akan mati setelah mesin idup...

iyah betul, klo kegedeannya ampe 30 amper sekali ngisi...............
jadi klo mo bagus nt beli ajah yg kapasitasnya 5 amper, tp bukan buatan lokal yah, tp yg ber merk 'DELTA' yg menurut tulisan di barang tsb adalah bikinan jepang....... spt yg ane pake saat ini......
sedikit mengenai charger ini :
wlp kapasitasnya cuma 5 amper secara tulisannya, tp alat ini mampu charge aki lbh dari 5 amper, bahkan 10 amper. Alat ini kerjanya otomatis, jadi saat pertama kali charge, ane biasanya kasih arus ampe 9 amper (terlihat di jarumnya). Sejalan dg pengisian tsb, maka aki akan bertambah stroomnya. Makin banyak stroom yg diterima aki, mk arus pengisian dari charger tsb akan berkurang secara otomatis sampai akhirnya aki benar2 full charge. Untuk aki dg kapasitas sekitar 35 amper spt nt punya diperlukan waktu sekitar 12 sampai 18 jam.......
Jadi dlm hal ini nt bisa kira2 sendiri jika dibandingkan dg charger yg nt bilang kapasitasnya cuma 1,2 amper ajah....

smoga membantu.....
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

singachu wrote: permisi nimbrung di sini...
kan jumper akinya masih dijepit ke terminal aki yang baru.... lha gmn cara pasang kleman kabel ke aki yang baru sementara di terminal aki baru tersebut masih nongkrong jepitan jumper.... ?

regards,
singachu
ga apa2 bro, secara nimbrung disene adalah tempatnya........ buat tanya masalah aki.... :e-whistle:

gimana yah menjelaskannya........... rada susah neh dg kata2. Yg penting intinya saat ganti aki baru itu mbl ga boleh kehilangan stroom wlp cuma sebentar, jadi nt harus ngakalin ndiri gimana caranya..........

btw lokasi nt dimana yah......... klo ada di jakarta, main2 deh ke tempat ane, secara anenya nanti akan menjelaskan lbh jauh lagi...........

smoga membantu .....
klo kurang membantu, tinggal posting lagi pertanyaan nt....... ok....
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by singachu »

Indikator di dashboard gambar aki langsung mati begitu mesin hidup.... apakah juga bukan jaminan alternator ga masalah ya ?

Trus di toko jualan aki kan ada alat yang cek kelistrikan mobil, dia bisa cek juga beban kelistrikan mobil dan kondisi alternator plus kebocoran listrik..... cara pemakaiannya tinggal dicolokin ke plus minus dari accu, tuh alat melakukan analisa.... mulai dari mesin mati, trus mesin dihidupkan, trus hidupin semua beban listrik, trus digas sampe 2000 rpm..... nah tuh alat ntar ngeprint hasil analysanya....
Apakah memang bisa kondisi pengecekan alternator sampe ampere nya hanya dengan alat tersebut ?

O yang 5 amper aja dah lama yah..... ini aneh cuman 1.2 Ampere tapi tau2 dah masuk mode maintenance (indikator LED berubah dari charging ke maintenance), apa alat chargingnya kurang canggih jadi salah deteksi yah ?

Ane di Surabaya bro.... kalo deket ama pak sjamsul enak deh.... :D

regards,
singachu
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Abu2 »

Secara umur mbl dah 2taon 2 bln, dan aki di mbl sejak beli blm pernah ganti.
Aki sejauh ini blm menunjukkan gejala2 aneh..msh spt biasa. Pertanyaannya, mengingat umur nya dah 2 taon lebih, kira2 apa perlu ganti baru ya pak prop?
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Abu2 wrote:Secara umur mbl dah 2taon 2 bln, dan aki di mbl sejak beli blm pernah ganti.
Aki sejauh ini blm menunjukkan gejala2 aneh..msh spt biasa. Pertanyaannya, mengingat umur nya dah 2 taon lebih, kira2 apa perlu ganti baru ya pak prop?
nampaknya ga perlu wan, mengingat saat ini khan ga ada keluhan, jadi pake trus ajah ampe akinya dah menunjukkan gejala2 mau pensiun baru deh nt ganti itu akinya. Jadi yg perlu diperhatikan adalah menjaga agar air akinya jangan ampe kering, krn hal ini akan berakibat aki jadi cepat rusak. Selain itu kebersihan kepala aki hrs dijaga, spy arus yg dikeluarkan ama diterima aki jadi baik, ga terganggu...... :e-whistle:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

singachu wrote:Indikator di dashboard gambar aki langsung mati begitu mesin hidup.... apakah juga bukan jaminan alternator ga masalah ya ?

Trus di toko jualan aki kan ada alat yang cek kelistrikan mobil, dia bisa cek juga beban kelistrikan mobil dan kondisi alternator plus kebocoran listrik..... cara pemakaiannya tinggal dicolokin ke plus minus dari accu, tuh alat melakukan analisa.... mulai dari mesin mati, trus mesin dihidupkan, trus hidupin semua beban listrik, trus digas sampe 2000 rpm..... nah tuh alat ntar ngeprint hasil analysanya....
Apakah memang bisa kondisi pengecekan alternator sampe ampere nya hanya dengan alat tersebut ?

O yang 5 amper aja dah lama yah..... ini aneh cuman 1.2 Ampere tapi tau2 dah masuk mode maintenance (indikator LED berubah dari charging ke maintenance), apa alat chargingnya kurang canggih jadi salah deteksi yah ?

Ane di Surabaya bro.... kalo deket ama pak sjamsul enak deh.... :D

regards,
singachu
betul.............. jadi sebaiknya periksakan ke ahli alternator buat memastikannya.............. :off_good:

bisa ajah, tp ga akan menjamin seratus persen, yg penting orang yg mengoperasikan alatnya, apakah beliaunya berpengalaman buat menganalisanya apa kaga..............

bukan kurang canggih, cuma kurang cocok ajah ama pemakaiannya................

mungkin suatu saat klo nt pas ke jakarta, silahkan mampir ke tempat ane.................. :e-dance:
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by singachu »

Ada baca2 di forum lain, bikin charger accu sederhana dari Transformator 5 Ampere ato 10 Ampere yang non CT. Kemudian diambil output 15 Volt, dipasang rectifier / penyearah arus, kemudian disambungkan langsung ke aki.... dicharge untuk sekitar 2 jam....

Apakah cara tersebut tidak merusak aki ? apalagi mengingat output yang dipake adalah 15 Volt... ?

regards,
singachu
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

^^
waduh, sorry ane ga berani kasih komentar, krn belum pernah mencobanya, mengingat keterangan cara pembuatannya simpel sekali. Bukan apa2, ane khawatir dg akibatnya, kecuali klo nt didampingi oleh yg ahli dlm bidang pembuatan charger ini sih ga apa2, tp klo eksperimen sendiri secara anenya menyarankan jangan deh. Klo ada apa2 (amit2 deh), ntar biaya yg dikeluarkan jadi lbh besar dr harga charger yg terbaik....... :e-whistle:
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by €lj€p€ »

Pak Sjamsul, saya ingin merapikan klem aki nih... sekarang sudah terlalu banyak yang ditempel ke pole positif maupun negatif.. punya klem yang bagus atau tidak? Jaman dulu ada khan yang 3 lobang. sekarang masih ada atau tidak ya... Atau tetap pakai yang asli tetapi dibuat cabang yang rapih....
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

^^
klo gambar di bawah ini dianggap cukup bagus, maka sy ada bro, wlp cuma beberapa pcs ajah....... :e-whistle:

klo mo mempertahankan yg aslinya bisa dibuat cabangnya, tergantung keadaan sekarang ini sejauh mana kebutuhannya. Klo bisa tolong di upload fotonya spy sy bisa memberikan saran yg mungkin bisa berguna buat bro eljepe........... :ungg:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by campoeran »

mau tanya nih
aku jarang ngecek aki
mgkn 2bulan sekali br ngisi
tp trakhir kali baru sadar
kerak2 putih akinya sampe meluber ke bawah2 besi rangka
gak banyak sih tp cukup lumayan juga

cara mbersihin keraknya itu gimana ya
lalu menghindari kerak sampe muncul di luar aki itu gimana ya ?
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

campoeran wrote:mau tanya nih
aku jarang ngecek aki
mgkn 2bulan sekali br ngisi
tp trakhir kali baru sadar
kerak2 putih akinya sampe meluber ke bawah2 besi rangka
gak banyak sih tp cukup lumayan juga

cara mbersihin keraknya itu gimana ya
lalu menghindari kerak sampe muncul di luar aki itu gimana ya ?
1. Lepas dulu aki dari mobil.
2. Bersihkan kerak2 tsb dg air, atau dibilas dg air ampe bersih.
3. Keringkan bagian tsb, lalu diamplas dg amplas kasar atau klo ada pake sikat kawat.
4. Bersihkan kembali dg air.
5. Keringkan kembali.
6. Lapisi bagian yg dah diamplas dg flinkote, tunggu kering, lalu lapisi lagi biar agak tebal.
7. Biarkan flinkote mengering dg baik.
8. Klo aki belon ada tatakannya, segera beli tatakan aki dari plastik yg berguna menampung air aki yg tertumpah, spy ga menimbulkan kerusakan pada cat.
9. Pasang kembali akinya.
10. Ma kasih yeeee......................


Smoga berguna............
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by singachu »

Lapor pak Sjamsul....

hari sabtu kemaren gua ganti aki...
pasang 45 ampere dari sebelumnya 35 Ampere
merk sama2 Yuasa, yang lama umur 2 tahun 11 bulan....(dikit lagi 3 taon :D )
diganti karena dapet laporan dari bini Jumatnya pas dia antar kakaknya pulang, nurunin barang trus sempet ga mau stater sampe akhirnya didorong dibantu ama tetangganya kakak....
Pagi gua cek masih bisa stater dan voltase aku ukur masih 12.29 volt, cuman secara gua ga tega kalo bini sampe kerepotan dan bikin hati waswas.... gua putusin ganti aki..... :big_peace:

Pake layanan delivery dapet harga 375 rb. Sekalian di cek kelistrikan (tapi cuman ngandalin alat tes aki doang - sepertinya sih cuman ukur voltase aja), gas, nyalain radio tape - lampu - ac - gas lagi....
katanya normal....
Setelah ditinggal pulang, gua coba ukur voltase 12.9 volt.... hmmm mungkin gara2 barusan ngecharge.... minggu pagi gua ukur ternyata jadi 12.59 volt.... memang sepertinya butuh dicharge seharian seperti yang pak sjamsul bilang.....
Tapi apa daya ga punya charger accu.... kalo dibawa lagi ke tukang setrom aki juga repot kalo pas tau2 butuh mobil....
sempet pingin beli charger accu sih....tapi bingung milihnya yang murah meriah tapi ga murahan...
kalo charger delta yang pak sjamsul bilang susah carinya om....
kalo budget 500rb bisa dapet yang murah tapi ga murahan ga ya ?
* pingin bikin aki umur 4 taon *

regards,
singachu
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

^^
klo nt ada alat yg namanya hydrometer, coba deh diperiksa, biasanya akan menunjukkan di warna antara merah n putih, bukan antara putih n hijau. Klo nt ga ada alat ini, coba ajah pergi ke yg jualan aki, trus minta tolong diperiksa kadar airnya dg alat ini. Nah, berdasarkan hasil spt ini, mk ane menganjurkan supaya aki dicharge terlebih dahulu guna bisa didapat umur aki yg panjang. Tapi klo emang keadaannya ga memungkinkan, sebaiknya ditambahkan cairan aki yg bernama power batt, yg membantu meningkatkan umur dari aki yg nt pake.......

Mengenai charger yg ane pake dg merk DELTA bisa didapat di daerah kota, nama pertokoannya nanti deh ane liat, krn ane tau tempatnya, tp ga tau dg pasti nama pertokoan tsb. Klo dananya sekitar 500 rb, nampaknya mendingan nt urungkan niat tsb, krn harganya sekitar 4 kali dr budget nt.......

So mendingan nt pakein aja cairan pengawet aki, trus jangan lupa di kepala akinya dibersihkan,spy aliran listriknya bisa mengalir dg baik...........

Tambahan:
Seandainya ada tukang charge aki, nt perhatikan setelah dicharge, kondisi air akinya. Nt liat, ketinggiannya diantara warna hijau n putih. Klo dah begini bearti kondisi airnya dah bagus n nt ga perlu tiap hari memeriksa voltage dari aki tsb.......


Smoga bermanfaat............ :e-whistle:
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by singachu »

sjamsul wrote:^^
klo nt ada alat yg namanya hydrometer, coba deh diperiksa, biasanya akan menunjukkan di warna antara merah n putih, bukan antara putih n hijau. Klo nt ga ada alat ini, coba ajah pergi ke yg jualan aki, trus minta tolong diperiksa kadar airnya dg alat ini. Nah, berdasarkan hasil spt ini, mk ane menganjurkan supaya aki dicharge terlebih dahulu guna bisa didapat umur aki yg panjang. Tapi klo emang keadaannya ga memungkinkan, sebaiknya ditambahkan cairan aki yg bernama power batt, yg membantu meningkatkan umur dari aki yg nt pake.......

Mengenai charger yg ane pake dg merk DELTA bisa didapat di daerah kota, nama pertokoannya nanti deh ane liat, krn ane tau tempatnya, tp ga tau dg pasti nama pertokoan tsb. Klo dananya sekitar 500 rb, nampaknya mendingan nt urungkan niat tsb, krn harganya sekitar 4 kali dr budget nt.......

So mendingan nt pakein aja cairan pengawet aki, trus jangan lupa di kepala akinya dibersihkan,spy aliran listriknya bisa mengalir dg baik...........

Tambahan:
Seandainya ada tukang charge aki, nt perhatikan setelah dicharge, kondisi air akinya. Nt liat, ketinggiannya diantara warna hijau n putih. Klo dah begini bearti kondisi airnya dah bagus n nt ga perlu tiap hari memeriksa voltage dari aki tsb.......


Smoga bermanfaat............ :e-whistle:
hydrometer punya pak.....
lho ini aki baru juga ada kemungkinan diantara merah-putih ?
pak yang saya bold di atas, itu maksudnya berdasarkan hasil hidrometer antara merah-putih ?
kalo warna diantara putih-hijau bagaimana ?

saya tinggal di surabaya pak...
hmmm berarti kalo charger murah2 mending ga sekalian yah.... ?

power batt yah.... lumayan susah nih carinya di surabaya.... tapi kayaknya pernah liat di mana yah.... dulu pas lom baca postingan bro sjamsul sih jadi ga kepikiran kalo butuh ntuh....
kalo ada lagi cairan battery equalizer.... sama ga ya ?

regards,
singachu
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

singachu wrote:
hydrometer punya pak.....
lho ini aki baru juga ada kemungkinan diantara merah-putih ?
pak yang saya bold di atas, itu maksudnya berdasarkan hasil hidrometer antara merah-putih ?
kalo warna diantara putih-hijau bagaimana ?

saya tinggal di surabaya pak...
hmmm berarti kalo charger murah2 mending ga sekalian yah.... ?

power batt yah.... lumayan susah nih carinya di surabaya.... tapi kayaknya pernah liat di mana yah.... dulu pas lom baca postingan bro sjamsul sih jadi ga kepikiran kalo butuh ntuh....
kalo ada lagi cairan battery equalizer.... sama ga ya ?

regards,
singachu
siiipp klo gitu...
bukan kemungkinan, tp biasanya emang disitu adanya (berdasarkan pantauan thd beberapa puluh aki baru)...antara merah n putih...
Setelah dicharge atau setelah dipakai di mobil sekian lama barulah airnya akan menjadi diantara putih n hijau.......

wah, sayang yah, klo di jakarta, tinggal main2 aja ke tempat ane........
betul, drpd nt beli charger yg murmer, tp cepat rusak, mendingan ga usah sekalian...........

klo nt perlu, ane bisa kirimkan melalui paket....., tp ane khawatir ntar harga paketnya lbh mahal drpd harga power batt itu sendiri.......

ane ga tau bro yg namanya battery equalizer, krn belon pernah liat.........

smoga membantu.....
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by singachu »

sjamsul wrote:
singachu wrote:
hydrometer punya pak.....
lho ini aki baru juga ada kemungkinan diantara merah-putih ?
pak yang saya bold di atas, itu maksudnya berdasarkan hasil hidrometer antara merah-putih ?
kalo warna diantara putih-hijau bagaimana ?

saya tinggal di surabaya pak...
hmmm berarti kalo charger murah2 mending ga sekalian yah.... ?

power batt yah.... lumayan susah nih carinya di surabaya.... tapi kayaknya pernah liat di mana yah.... dulu pas lom baca postingan bro sjamsul sih jadi ga kepikiran kalo butuh ntuh....
kalo ada lagi cairan battery equalizer.... sama ga ya ?

regards,
singachu
siiipp klo gitu...
bukan kemungkinan, tp biasanya emang disitu adanya (berdasarkan pantauan thd beberapa puluh aki baru)...antara merah n putih...
Setelah dicharge atau setelah dipakai di mobil sekian lama barulah airnya akan menjadi diantara putih n hijau.......

wah, sayang yah, klo di jakarta, tinggal main2 aja ke tempat ane........
betul, drpd nt beli charger yg murmer, tp cepat rusak, mendingan ga usah sekalian...........

klo nt perlu, ane bisa kirimkan melalui paket....., tp ane khawatir ntar harga paketnya lbh mahal drpd harga power batt itu sendiri.......

ane ga tau bro yg namanya battery equalizer, krn belon pernah liat.........

smoga membantu.....
wow ternyata aki baru antara merah n putih yak....
kalo mobil dipake sekian lama itu kira2 berapa jam mesin bro baru ke putih n hijau ?
apakah itu normal dalam artian tidak perlu perlakuan khusus semisal dicharge sampe penuh ?
apakah power batt bisa menolong kalo misal tidak ada charger khusus jadi hanya mengandalkan pas mobil dipake ?

harga power batt kisaran berapa yah ?

regards,
singachu
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

singachu wrote: wow ternyata aki baru antara merah n putih yak....
kalo mobil dipake sekian lama itu kira2 berapa jam mesin bro baru ke putih n hijau ?
apakah itu normal dalam artian tidak perlu perlakuan khusus semisal dicharge sampe penuh ?
apakah power batt bisa menolong kalo misal tidak ada charger khusus jadi hanya mengandalkan pas mobil dipake ?

harga power batt kisaran berapa yah ?

regards,
singachu
betul bro, berdasarkan pemantauan ane terhadap beberapa puluh aki.........
wah, susah menjawabnya bro, krn banyak faktor yg mempengaruhinya neh.... antara lain, apakah mbl lbh banyak dipake siang hari atau malam hari, krn klo malam hari khan ada lampu, secara otomatis akan menjadi lbh lama drpd jika dipake siang hari aja.......
yah, normal2 aja sih, tp yah itu berdasarkan pengalaman, sebaiknya (klo memungkinkan) di charge terlebih dulu........
tp klo ga memungkinkan, pemakaian power batt bisa menolong memperpanjang umur aki n dah terbukti....... bukan hanya di satu mbl ajah, tp dah cukup banyak bro..............

ane beli di toko langganan ane itu cuma 25 ribu ajah bro.................
secara perhitungan harga dg hasil yg diberikan, nampaknya harga segitu sangat2 murah, makanya ane jarang liat di toko2 aki mau menjual produk ini, krn mereka takut omsetnya ntar turun .................. hehehe...............
(sorry neh, bukannya menyindir nyang pada jualan aki, tp ini kenyataan yg ada lohhhh).............. :big_peace:
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by singachu »

sjamsul wrote: betul bro, berdasarkan pemantauan ane terhadap beberapa puluh aki.........
wah, susah menjawabnya bro, krn banyak faktor yg mempengaruhinya neh.... antara lain, apakah mbl lbh banyak dipake siang hari atau malam hari, krn klo malam hari khan ada lampu, secara otomatis akan menjadi lbh lama drpd jika dipake siang hari aja.......
yah, normal2 aja sih, tp yah itu berdasarkan pengalaman, sebaiknya (klo memungkinkan) di charge terlebih dulu........
tp klo ga memungkinkan, pemakaian power batt bisa menolong memperpanjang umur aki n dah terbukti....... bukan hanya di satu mbl ajah, tp dah cukup banyak bro..............

ane beli di toko langganan ane itu cuma 25 ribu ajah bro.................
secara perhitungan harga dg hasil yg diberikan, nampaknya harga segitu sangat2 murah, makanya ane jarang liat di toko2 aki mau menjual produk ini, krn mereka takut omsetnya ntar turun .................. hehehe...............
(sorry neh, bukannya menyindir nyang pada jualan aki, tp ini kenyataan yg ada lohhhh).............. :big_peace:
tadi pagi cek aki kondisi mesin dingin blom dinyalakan :
* voltase naik jadi 12.62
* Hydrometer semuanya di kisaran 1260 alias pas di garis putih dan hijau

Hmmm, ntar sabtu gua coba muter2 cari powerbatt deh.....
Pemakaian Powerbatt ada takarannya yah di bungkusnya ?
tadi pagi cek kondisi air aki di posisi full semua, kalo mo ditambahin power batt apa ada air yang mesti gua sedot ganti powerbatt ?

regards,
singachu
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

singachu wrote: tadi pagi cek aki kondisi mesin dingin blom dinyalakan :
* voltase naik jadi 12.62
* Hydrometer semuanya di kisaran 1260 alias pas di garis putih dan hijau

Hmmm, ntar sabtu gua coba muter2 cari powerbatt deh.....
Pemakaian Powerbatt ada takarannya yah di bungkusnya ?
tadi pagi cek kondisi air aki di posisi full semua, kalo mo ditambahin power batt apa ada air yang mesti gua sedot ganti powerbatt ?

regards,
singachu
hmmm....... bearti aki dah dlm kondisi ok....

ada bro, kira2 satu strip per cellnya, kira-kira 40 cc per lubangnya...
betul, air yg di akinya dikurangi dulu, kmd tuangkan power batt, setelah itu diisi kembali airnya ampe full........ n dah pasti air akinya ada yg dibuang..... krn digantikan dg power batt.....

tambahan:
jangan lupa bro di akinya ditulis tanggal belinya, spy bisa dipantau umurnya brapa lama.........

smoga bermanfaat.....
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by singachu »

sjamsul wrote: hmmm....... bearti aki dah dlm kondisi ok....

ada bro, kira2 satu strip per cellnya, kira-kira 40 cc per lubangnya...
betul, air yg di akinya dikurangi dulu, kmd tuangkan power batt, setelah itu diisi kembali airnya ampe full........ n dah pasti air akinya ada yg dibuang..... krn digantikan dg power batt.....

tambahan:
jangan lupa bro di akinya ditulis tanggal belinya, spy bisa dipantau umurnya brapa lama.........

smoga bermanfaat.....
itu powerbatt selain di apply untuk accu baru, re-apply lagi pas usia brp lama om ?

di aki udah ditempelin stiker ama tokonya, bulan ama taon dilubangin, sedangkan tgl ditulis pake spidol....
bos sjamsul punya rekor umur aki terlama brp taon om ?

regards,
singachu
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by ZombiEE »

oom sjam...tolong petunjuk nya mengenai aki optima..hhehehe....deepcycle mksdnya apa?seriusmode:on