Galant V6 1995 gw bermasalahkah?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sat May 02, 2009 20:10
Galant V6 1995 gw bermasalahkah?
salam kenal semua....
saya baru beli galant v6 dohc 2000cc th 95...
saya beli seharga 48.5jt Plat B (domisili saya di palembang), sekedar pemberitahuan..saya suka mobil itu karna tuh mobil eks juara 1 best mitsubishi saat kontes modif di palembang, mengesampingkan kondisi mobil karna saya yakin itu mobil kondisinya BAIK, karna telah memenangkan kontes ;p.
tetapi akhir2 ini saya mendengar bunyi tek..tek..tek (klep/katub) pada mesin saat kondisi mesin DINGIN..(KONDISI YG LAINNYA OK SEMUA)
saat saya bawa ke bengkel terdekat..dinyatakan bahwa klep/katub nya bermasalah dikarenakan klep/katub pada mitshu gallant v6 sudah otomatis..jadi tidak bisa di stel.
kemudian saya hub. bengkel resmi mitshu (HANYA VIA TELP).. mereka mengatakan itu TIDAK MASALAH..dikarenakan kondisi mesin untuk tahun 95 emang rata2 demikian...sehingga cukup dengan cleaning pada katub saja dan cukup memakan waktu yg lama untuk proses pembersihannya.
pertanyaan saya.....
1. Apa benar hanya dibutuhkan perbersihan pada katub/klep nya ? ( soalnya klo cm dibersihkan saja, itu mbl mo saya bawa ke
bengkel biasa saja..karna klo udah masuk bengkel resmi pasti costnya gede hehehe)
2. kurang lebih berapa kira2 biaya yg harus saya keluarkan?
3. bagusnya saya mengunakan oli mesin merek apa? dengan ketebalan brapa?( saat ini saya menggunakan helix 15-50)
3. Apakah ada cara TERMURAH dan BAIK untuk mengirit bensin? ( misalnya menggunakan alat apa??)
thx atas semuanya..sory klo pertanyaannya panjang...( maklum saya ini NEWBIE didunia otomotif heheh)
saya baru beli galant v6 dohc 2000cc th 95...
saya beli seharga 48.5jt Plat B (domisili saya di palembang), sekedar pemberitahuan..saya suka mobil itu karna tuh mobil eks juara 1 best mitsubishi saat kontes modif di palembang, mengesampingkan kondisi mobil karna saya yakin itu mobil kondisinya BAIK, karna telah memenangkan kontes ;p.
tetapi akhir2 ini saya mendengar bunyi tek..tek..tek (klep/katub) pada mesin saat kondisi mesin DINGIN..(KONDISI YG LAINNYA OK SEMUA)
saat saya bawa ke bengkel terdekat..dinyatakan bahwa klep/katub nya bermasalah dikarenakan klep/katub pada mitshu gallant v6 sudah otomatis..jadi tidak bisa di stel.
kemudian saya hub. bengkel resmi mitshu (HANYA VIA TELP).. mereka mengatakan itu TIDAK MASALAH..dikarenakan kondisi mesin untuk tahun 95 emang rata2 demikian...sehingga cukup dengan cleaning pada katub saja dan cukup memakan waktu yg lama untuk proses pembersihannya.
pertanyaan saya.....
1. Apa benar hanya dibutuhkan perbersihan pada katub/klep nya ? ( soalnya klo cm dibersihkan saja, itu mbl mo saya bawa ke
bengkel biasa saja..karna klo udah masuk bengkel resmi pasti costnya gede hehehe)
2. kurang lebih berapa kira2 biaya yg harus saya keluarkan?
3. bagusnya saya mengunakan oli mesin merek apa? dengan ketebalan brapa?( saat ini saya menggunakan helix 15-50)
3. Apakah ada cara TERMURAH dan BAIK untuk mengirit bensin? ( misalnya menggunakan alat apa??)
thx atas semuanya..sory klo pertanyaannya panjang...( maklum saya ini NEWBIE didunia otomotif heheh)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Galant V6 1995 gw bermasalahkah?
Kalau mobil tahun segitu setahu saya kelepnya emang bunyi2. Namanya aja mobil balap juga setelannya emang rapat.
1. Bersihkan klep cuma menghilangkan kerak karbon yang menumpuk hasil pembakaran bensin. Cuma berguna kalau mengelitik, buka kalau klep bunyi. Emang kalau mobil kontes sering nyala mesin stasioner shg kerak menumpuk, tapi ngelitik nggak?
2. Beli aja semprotan carbon cleaner, semprot sendiri. Habis itu dibawa ngebut rpm tinggi sejam biar kerak larut dan kebuang semua. Ini namanya Italian Tune Up. Murah.
3. Helix 15-50 cukup bagus IMHO.
4. Wah kalau punya V8 mau bensin irit, gimana ya? Beli sepeda motor?
1. Bersihkan klep cuma menghilangkan kerak karbon yang menumpuk hasil pembakaran bensin. Cuma berguna kalau mengelitik, buka kalau klep bunyi. Emang kalau mobil kontes sering nyala mesin stasioner shg kerak menumpuk, tapi ngelitik nggak?
2. Beli aja semprotan carbon cleaner, semprot sendiri. Habis itu dibawa ngebut rpm tinggi sejam biar kerak larut dan kebuang semua. Ini namanya Italian Tune Up. Murah.
3. Helix 15-50 cukup bagus IMHO.
4. Wah kalau punya V8 mau bensin irit, gimana ya? Beli sepeda motor?
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Galant V6 1995 gw bermasalahkah?
coba bawa ke bengkel resmi buat cek up dulu, nanti kan ada estimasi harganya, kalo estimasi harga itu dirasa mahal, coba hasil diagnosa itu dikerjain di bengkel luar, atau biasanya ada montir bengkel resmi yang mau ngerjain di rumah di waktu liburnya. imo, jasa di bengkel resmi ngga terlalu mahal juga kok, yang mahal itu spare part karena di luar dapet diskon 10% dan ngga kena PPN, sedangkan di bengkel resmi ngga dapet diskon dan kena PPN 10%
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Galant V6 1995 gw bermasalahkah?
kemungkinan besar itu katup HLA-nya pak...
rata-rata mesin mitsu dah pake katup itu di mesinnya (HLA = Hydraulic Lash Adjuster Valve),
biasanya kalo mesin kondisi dingin ato baru start, klep ini akan bunyi tek-tek-tek-tek secara olinya belum nyampe kesitu
berisiknya HLA ini ya salah satu "kelainan" bawaan mitsu, suka bunyi tek-tek-tek.... kalo salah pilih oli (viskositas), meski mesin sudah panas, bunyi mesin akan tetap "garing". Karena dianggap bawaan/turunan, biasanya para pemake mitsu sering masa bodo
Hal ini akan normal, kalo bunyi tadi menghilang saat mesin sudah mulai hangat/panas,
saya baca di thread grandis, banyak juga pemake grandis yg ada gejala ini
coba dulu pake oli lebih encer (semi synth 10-40), kalo kekentalan 50 keatas, agak susah/lama buat ngisi celah di HLA
tapi karena mobil dah agak umur, kalo pake terlalu encer, takutnya nerobos di ring/sealnya (karena mungkin sudah aus)
jadi coba dulu pake 10-40, kalo masih bunyi juga, mau ga mau ke bengkel, minta bengkelnya cek HLA
rata-rata mesin mitsu dah pake katup itu di mesinnya (HLA = Hydraulic Lash Adjuster Valve),
biasanya kalo mesin kondisi dingin ato baru start, klep ini akan bunyi tek-tek-tek-tek secara olinya belum nyampe kesitu
berisiknya HLA ini ya salah satu "kelainan" bawaan mitsu, suka bunyi tek-tek-tek.... kalo salah pilih oli (viskositas), meski mesin sudah panas, bunyi mesin akan tetap "garing". Karena dianggap bawaan/turunan, biasanya para pemake mitsu sering masa bodo

Hal ini akan normal, kalo bunyi tadi menghilang saat mesin sudah mulai hangat/panas,
saya baca di thread grandis, banyak juga pemake grandis yg ada gejala ini

coba dulu pake oli lebih encer (semi synth 10-40), kalo kekentalan 50 keatas, agak susah/lama buat ngisi celah di HLA
tapi karena mobil dah agak umur, kalo pake terlalu encer, takutnya nerobos di ring/sealnya (karena mungkin sudah aus)
jadi coba dulu pake 10-40, kalo masih bunyi juga, mau ga mau ke bengkel, minta bengkelnya cek HLA
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sat May 02, 2009 20:10
Re: Galant V6 1995 gw bermasalahkah?
thx atas sarannya semua pak....
btw..buat pak imsus.... itu nerobos maksudnya rembes ke luar mesin?...trus seandainya itu seal2 gw ganti yg baru, apakah baik klo gw pake oli yg 10-40 buat umur mobil yg segitu? seandainya gw pake castrol magnetec bagus ga bos? thx...
btw..buat pak imsus.... itu nerobos maksudnya rembes ke luar mesin?...trus seandainya itu seal2 gw ganti yg baru, apakah baik klo gw pake oli yg 10-40 buat umur mobil yg segitu? seandainya gw pake castrol magnetec bagus ga bos? thx...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Galant V6 1995 gw bermasalahkah?
^^^
Bukan nerobos keluar mesin pak...
Kalo clearance/celahnya sudah bisa ditembus oli encer, oli-nya nyelonong ke ruang bakar dan ikut kebakar bersama pembakaran,
Dalam kondisi mesin sehat/normal sekalipun, meski dalam jumlah sedikit, pasti ada oli yg masuk ke ruang bakar.
Hanya kalo diluar kewajaran, itu berarti ring piston mulai lemah. Makanya olinya boros dan knalpot berkerak/berasap.
Umumnya yg dimaksud dengan "wajar" untuk mobil yg umur (10 tahunan), kehilangan 1 literan oli setiap 3500-5000 KM. Diatas itu, pasti sudah terlalu aus.
Makanya untuk mobil lama, tidak dianjurkan pake oli encer (dibawah 10-40).
Untuk ganti seal dan ring ini, musti turunin cyl-headnya alias kalo orang bilang turun 1/2 mesin. Dan ingat....biaya untuk mesin 6 silinder (apalagi konfigurasi V dan DOHC) sudah mesti berbeda dengan yang 4 silinder inline.
Kalo memang kondisinya masih rapat, masih berani dikasi 10-40. Tinggal dicek aja, konsumsi olinya. Kalo berkurangnya drastis, ya mau ga mau balik ke 15-50, tapi jangan lebih kental dari itu, kasihan HLA-nya
Castrol Magnatec bagus kok, saya lihat reviewnya para pengguna grandis yg pake itu, mereka bilang OK
saya juga pake Castrol Magnatec 10-40
, tapi engga pake mitsu. Hanya sering nongkrong dan ngobrol di bengkel spesialis ngoprek mitsu, jadi banyak dapet info , gitu loh....
Bukan nerobos keluar mesin pak...
Kalo clearance/celahnya sudah bisa ditembus oli encer, oli-nya nyelonong ke ruang bakar dan ikut kebakar bersama pembakaran,
Dalam kondisi mesin sehat/normal sekalipun, meski dalam jumlah sedikit, pasti ada oli yg masuk ke ruang bakar.
Hanya kalo diluar kewajaran, itu berarti ring piston mulai lemah. Makanya olinya boros dan knalpot berkerak/berasap.
Umumnya yg dimaksud dengan "wajar" untuk mobil yg umur (10 tahunan), kehilangan 1 literan oli setiap 3500-5000 KM. Diatas itu, pasti sudah terlalu aus.
Makanya untuk mobil lama, tidak dianjurkan pake oli encer (dibawah 10-40).
Untuk ganti seal dan ring ini, musti turunin cyl-headnya alias kalo orang bilang turun 1/2 mesin. Dan ingat....biaya untuk mesin 6 silinder (apalagi konfigurasi V dan DOHC) sudah mesti berbeda dengan yang 4 silinder inline.
Kalo memang kondisinya masih rapat, masih berani dikasi 10-40. Tinggal dicek aja, konsumsi olinya. Kalo berkurangnya drastis, ya mau ga mau balik ke 15-50, tapi jangan lebih kental dari itu, kasihan HLA-nya
Castrol Magnatec bagus kok, saya lihat reviewnya para pengguna grandis yg pake itu, mereka bilang OK
saya juga pake Castrol Magnatec 10-40

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sat May 02, 2009 20:10
Re: Galant V6 1995 gw bermasalahkah?
yo wes pak imsus..thx bngt infonya....wa cobain dolo deh..
tar klo ada apa2 lg wa tanya2 lg ya bos hahaha...
thx
tar klo ada apa2 lg wa tanya2 lg ya bos hahaha...
thx

-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sat May 02, 2009 20:10
Re: Galant V6 1995 gw bermasalahkah?
eh bos imsus tanya dikit lg.....
klo gw pake helix 10-50 3 liter dicampur 1 liter castrol magn gmana? ada risk ga klo oli di campur2 gitu?
klo gw pake helix 10-50 3 liter dicampur 1 liter castrol magn gmana? ada risk ga klo oli di campur2 gitu?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Galant V6 1995 gw bermasalahkah?
^^^
waduh...jangan deh pak....
seumur-umur, saya belom pernah denger ada "persetujuan dan pembenaran" buat campur-campur oli, apalagi beda merk dan beda viskositas....
bahkan hanya untuk sekedar ganti merk ato viskositas aja, ada yg sarankan perlu ritual engine-flush segala kok...
btw, ada beberapa member disini lebih ngerti dan addicted untuk sedan mitsubishi, misalnya pak hikoza dan pak bram
entah kemana beliau-beliau ini kok belom absen
mungkin kalau sudah absen, bisa dapat pencerahan yg lebih baik

waduh...jangan deh pak....

seumur-umur, saya belom pernah denger ada "persetujuan dan pembenaran" buat campur-campur oli, apalagi beda merk dan beda viskositas....
bahkan hanya untuk sekedar ganti merk ato viskositas aja, ada yg sarankan perlu ritual engine-flush segala kok...
btw, ada beberapa member disini lebih ngerti dan addicted untuk sedan mitsubishi, misalnya pak hikoza dan pak bram
entah kemana beliau-beliau ini kok belom absen


si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed May 06, 2009 2:56
Re: Galant V6 1995 gw bermasalahkah?
Halooo ... salam kenal.....
Suara HLA Galant emang banyak yang ngalamin.
Penyebabnya karena kesalahan pemakaian viskositas oli yang terlalu kental , selain faktor usia.
Untuk 15w 50 , terlalu kental utk dipakai di galant.
Untuk engine dengan system hidrolik , yang memakai oli , seperti vtec,vvti,vanos , dan mekanisme HLA seperti punya mitsu ,Pakai minimal 10w 40. Kalo nggak salah Timor dohc justru rekomendasi memakai 10w 30 ???
Untuk dipakai mobil usia 1995 , gue rasa gak masalah , asal kondisi mesin masih bagus. Udah pernah gue coba sendiri kok.
Kalo dipaksa memakai 15w 50 atau 20w 50 , dijamin akan bunyi nglothok, yg ujung2nya kerusakan terjadi pada hla-nya.

Suara HLA Galant emang banyak yang ngalamin.
Penyebabnya karena kesalahan pemakaian viskositas oli yang terlalu kental , selain faktor usia.
Untuk 15w 50 , terlalu kental utk dipakai di galant.
Untuk engine dengan system hidrolik , yang memakai oli , seperti vtec,vvti,vanos , dan mekanisme HLA seperti punya mitsu ,Pakai minimal 10w 40. Kalo nggak salah Timor dohc justru rekomendasi memakai 10w 30 ???
Untuk dipakai mobil usia 1995 , gue rasa gak masalah , asal kondisi mesin masih bagus. Udah pernah gue coba sendiri kok.
Kalo dipaksa memakai 15w 50 atau 20w 50 , dijamin akan bunyi nglothok, yg ujung2nya kerusakan terjadi pada hla-nya.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sat May 02, 2009 20:10
Re: Galant V6 1995 gw bermasalahkah?
thx alot pak imsus
Buat pak diki_.... tanya dikit nih... itu pak diki coba oli yg 10-40 di mobil GALANT thn 95 jg? apa di mobil merek lain?

Buat pak diki_.... tanya dikit nih... itu pak diki coba oli yg 10-40 di mobil GALANT thn 95 jg? apa di mobil merek lain?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Galant V6 1995 gw bermasalahkah?
halo pak anp? gimana galant-nya, masih bunyi2?
btw, di thread lain ada yg nanya juga biaya parts/maintenance galant,
coba iseng2 main kesini: http://www.ktb.co.id/sparepart.php
oya, saya OL angin2an kok, kadang rajin kadang malass....maklum, masih gawe ikut orang
sy gapunya YM, jadi mendingan share di SM aja yah...biar yg lain ikut ngebaca ato kalo perlu mengkoreksi jika ada advice/opini yg kurang tepat (terutama opini saya
) 
btw, di thread lain ada yg nanya juga biaya parts/maintenance galant,
coba iseng2 main kesini: http://www.ktb.co.id/sparepart.php
oya, saya OL angin2an kok, kadang rajin kadang malass....maklum, masih gawe ikut orang
sy gapunya YM, jadi mendingan share di SM aja yah...biar yg lain ikut ngebaca ato kalo perlu mengkoreksi jika ada advice/opini yg kurang tepat (terutama opini saya


si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue May 19, 2009 2:58
Re: Galant V6 1995 gw bermasalahkah?
Saya juga pake galant V6. Sempet juga ngalamin masalah HLA tapi udah beres.
Kalo HLA cuma bunyi pada saat dingin berarti masih ok, tapi kalo pada saat mesin panas masih bunyi juga berarti udah harus di ganti. Buat temen temen pemakai Mitsubishi usahakan jgn suka ganti ganti merek oli, kalo udah sreg dgn satu merk pertahankan aja. Untuk kasus HLA kayaknya bukan karena masalah Viskositas/kekentalan oli tapi lebih karena jumlah oli yg berkurang, apalagi mesin Galant berkarakter panas, sehingga oli mudah menguap. rhks
Kalo HLA cuma bunyi pada saat dingin berarti masih ok, tapi kalo pada saat mesin panas masih bunyi juga berarti udah harus di ganti. Buat temen temen pemakai Mitsubishi usahakan jgn suka ganti ganti merek oli, kalo udah sreg dgn satu merk pertahankan aja. Untuk kasus HLA kayaknya bukan karena masalah Viskositas/kekentalan oli tapi lebih karena jumlah oli yg berkurang, apalagi mesin Galant berkarakter panas, sehingga oli mudah menguap. rhks
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sat May 02, 2009 20:10
Re: Galant V6 1995 gw bermasalahkah?
HOREEEEEEEEEEEEE................
THX semua buat infonya.. Akhirnya Mits Galant V6 DOHC gw ga lagi jualan Mie Tek..Tek hauhauah
MANTAF bngt.... berkat OLI CASTROL MAGNATEC 10w-40...hauahuaaauha
buat pak imsus...thx bos..galant gw dah sehat lagi...
gw Flushing trus ganti oli pake castrol magnatec (sebelumnya helix super dengan pemakaian oli blum 1500 km) skrg bunyi HLA nya dah hilang
ty semua..ty buat forum seraya motor...

THX semua buat infonya.. Akhirnya Mits Galant V6 DOHC gw ga lagi jualan Mie Tek..Tek hauhauah
MANTAF bngt.... berkat OLI CASTROL MAGNATEC 10w-40...hauahuaaauha
buat pak imsus...thx bos..galant gw dah sehat lagi...
gw Flushing trus ganti oli pake castrol magnatec (sebelumnya helix super dengan pemakaian oli blum 1500 km) skrg bunyi HLA nya dah hilang
ty semua..ty buat forum seraya motor...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Galant V6 1995 gw bermasalahkah?
sip dah....
ikutan seneng bisa ngebantu....
jangan lupa tetep sharing2 di SM ya pak....

ikutan seneng bisa ngebantu....
jangan lupa tetep sharing2 di SM ya pak....

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking