eh, bro... besok kan otobursa tuh... ga buka stand?

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
iya,seal nya emg uda aus sob , klo nyari kira2 dmn yah ?sjamsul wrote:jangan2 seal olinya yg dimesin dah ga bener. Coba konsultasikan dg bengkel langganan nt, spy kejadian tsb ga berulang kembali......Cooltrack46 wrote:oya , mobil saya ga pake alarm..hehehehe...
btw,tadi pagi dicek busi nya penuh sama oli , heran kenapa yah bisa begini..
abis dibersihin , dikuras semua tu oli dari lubang2 busi , problem solved:D:D:D:D
uda beres yg soal pengapian sekarang ada trouble baru nih , klo dibawa pelan sekarang ndut-ndutan..hahahaha (bahasa apaan ney yah ?? )mandala1 wrote:^^ he..he....ternyata cuma penyakit sepele, seal busi-nya dah bocor,, tadinya saya udah nyangka coil atau CDI nya bro.....
Btw selamat deh kalo udah beres.....![]()
Jadi udah nih? Threat nya sampe sini doang???
(Di bikin OOT ajah biar manjang......) he...he....he....![]()
![]()
tergantung lokasi nt bro, klo di jakarta pusat, coba ajah ke muzatek (sw besar), klo di selatan bisa datang ke dutamas fatmawati........ mudah2an di sana ada..........Cooltrack46 wrote:
iya,seal nya emg uda aus sob , klo nyari kira2 dmn yah ?
kalo lokasinya di cilegon?sjamsul wrote: tergantung lokasi nt bro, klo di jakarta pusat, coba ajah ke muzatek (sw besar), klo di selatan bisa datang ke dutamas fatmawati........ mudah2an di sana ada..........
klo di cilegon, coba tanyakan ama dik mandala, krn lokasi beliau di serang.maskopat wrote:kalo lokasinya di cilegon?sjamsul wrote: tergantung lokasi nt bro, klo di jakarta pusat, coba ajah ke muzatek (sw besar), klo di selatan bisa datang ke dutamas fatmawati........ mudah2an di sana ada..........![]()
Ane udah pindah bang, ke bandung.....sjamsul wrote:klo di cilegon, coba tanyakan ama dik mandala, krn lokasi beliau itu di serang.............
oo........ sorry......... ane kirain dah pindah ke irian................. hihihi.................mandala1 wrote:Ane udah pindah bang, ke bandung.....sjamsul wrote:klo di cilegon, coba tanyakan ama dik mandala, krn lokasi beliau itu di serang.............![]()
![]()
.........................![]()
![]()
Lhaaa.....bukannya ente yg mau ke irian? jual beli koteka seken??? .....sjamsul wrote:oo........ sorry......... ane kirain dah pindah ke irian................. hihihi....................
![]()
hayoo...... dik mandala........ ga boleh menjurus yah, ntar diomelin ama modsnya lohhhhh................. hihihi.........mandala1 wrote:Lhaaa.....bukannya ente yg mau ke irian? jual beli koteka seken??? .....sjamsul wrote:oo........ sorry......... ane kirain dah pindah ke irian................. hihihi....................
![]()
koteka bisa memperbaiki pengapian eterna?mandala1 wrote:Lhaaa.....bukannya ente yg mau ke irian? jual beli koteka seken??? .....sjamsul wrote:oo........ sorry......... ane kirain dah pindah ke irian................. hihihi....................
![]()
ane ga tau neh, mbl nt dah injection apa masih pake karburator. Klo msh pake karburator, mungkin perlu diserpis itu karbnya ......Cooltrack46 wrote:
uda beres yg soal pengapian sekarang ada trouble baru nih , klo dibawa pelan sekarang ndut-ndutan..hahahaha (bahasa apaan ney yah ?? )
tp klo kenceng ga masalah , eterna tmn gw jg sama kasus nya kyk gt
wah jadi manjang yah
Mestinya sih injection om....sjamsul wrote:dal, emang mblnya itu karburator ato dah injection sih.........
kasus ndut2an itu terjadi jg di eterna gw, dan eterna2 GTi lainnya, dan lebih parah di twincam GTI, karena udah bawaan orok, makanya maunya ngebut terus.. itu karena karakteristik mesin mobil2 lama yang berkarakter sport sebelum munculnya teknologi VTEC, VVTi, MIVEC, dll. pernah dibahas di thread http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 6&start=25 yang jujur aja gw sendiri kagak ngertiCooltrack46 wrote: uda beres yg soal pengapian sekarang ada trouble baru nih , klo dibawa pelan sekarang ndut-ndutan..hahahaha (bahasa apaan ney yah ?? )
tp klo kenceng ga masalah , eterna tmn gw jg sama kasus nya kyk gt
wah jadi manjang yah
btw, ikutan majang mobil gw yaMozawa wrote:Untuk mobil2 lama yang berkarakter sport, memiliki tenaga besar butuh rpm tinggi , memang memiliki kelemahan itu.
Karena mesinnya didesain untuk bekerja powerfull pada rpm tinggi.
Saat masih baru mungkin gejala ndut2an tidak ada.
Tetapi saat mobil sudah memiliki jarak tempuh tinggi , terjadi keausan , efisiensi menurun, terjadi pergesaran setting dari keadaan baru.Akibatnya adalah gejala ndut2an terasa pada rpm rendah. Solusinya adalah tune-up menyeluruh, walaupun pada kenyataannya tidak bisa kembali 100 persen, tetapi gejala ndut2an bisa diminimalisir.
Gejala ini terjadi bukan karena mekanisme cut-off injector yg gue jelasin di awal. Tetapi karena memang basic enginenya.
Mesin konvensional(Bukan variable valve) , hanya memiliki 1 karakter/ 1 wajah.
Yaitu : engine untuk rpm rendah(Daily use) atau untuk rpm tinggi(Sport).
Itu emang udah kodrat secara hukum alam / hukum fisika.
Biasanya pabrikan mendesain engine secara kompromi antara daiy use dan sport. 1/2 sport. Efeknya mesin kurang optimal untuk salah satu purposenya.
Mengenai mesin ETERNA dan COROLLA GTI , melihat gejala mesinnya , terlihat bahwa sebenarnya mesin ini didesain cenderung ke sport, bukan utk rpm rendah.
Gejala ndut2an itu timbul biasanya karena masalah overlapping valve yang besar.
Apakah Overlapping valve itu , yaitu kondisi / saat dimana valve hisap dan masuk membuka bersamaan.
Efeknya tenaga yg dicapai besar, tetapi butuh rpm tinggi dan lebih boros bbm.
Saat overlap besar , sebenarnya ada sedikit loss bbm, ada sedikit pengurangan expansi atau kompresi.Tetapi simplenya mesin menjadi lebih ringan saat rpm tinggi , karena tahanan expansi rendah , dan lebih free flow.
Tetapi apabila overlapping besar ini digunakan pada rpm rendah , justru mesin tidak efisien, torsi rendah, dan agak boros bbm. Bahkan bisa menimbulkan gejala ndut ndut-an.
Makanya utk teknologi VARIABLE VALVE TERBARU , semisal i-vtec , mivec , Valvematic toyota(Pengganti VVTL-i), meminimalisir kelemahan itu. Untuk rpm rendah overlapp valve rendah , dan utk rpm tinggi, overlapp valvenya juga besar.
Jadi mesin memiliki 2 karakter yg optimal untuk daily use atau utk sport. Keduanya sama2 diakomodasi .
Overlapp ini timbul karena:
KATUP MASUK MEMPERCEPAT MEMBUKA , DISAAT KATUP BUANG MASIH BELUM MENUTUP.
Katup masuk mempercepat membuka untuk memperpanjang expansi dan aliran bbm.
Untuk mesin2 Yang memiliki optimasi baik di katup masuk atau katup buang , efisiensinya lebih besar.
Misal di valvetronic, dohc-ivtec atau A-Vtec/ advanced Vtec terbaru,dual vvtl-i/valvematic,( harap dibedakan dgn dual vvti-i atau singgle vvti yang masih kurang optimal), Mivec.
A Vtec , Valvetronic , Valvematic sudah menggunakan Variable lift CONTINUOS , bukan 2 step atau 3 step. Desain Lifting Valve ini rumit, karenanya utk versi awal hanya menngunakan 2 atau 3 stage/discrette. Sedangkan Variable timming(VVTI / vanos) adalah desain yang sederhana dgn menggunakan gerakan gear/ mekanisme hidrolis(Vanos) pada camshaft. Sehingga dari awal muncul sudah menggunakan system continuos.
Mivec masih belum continuos, utk desain mivec yg terbaru gue masih belon tahu.
Berikut gue sertakan grafik kerja(overlapp valve) mesin MIVIC Mitsubishi. saat rpm rendah dan rpm tinggi
![]()
ato pilihan kedua adalah: ganti ajah mobilnya dg kijang diesel..................... pasti deh ga ndut2an............. hahahahaha..........maskopat wrote:ya udahkalo gitu...
tawarin aja silinder head MIVEC plus ECUnya sekalian. biar gak ndut2an kalo rpm rendah..
![]()
![]()
thanks buat infonya yah om , ntar coba maen kesama dehmaskopat wrote:kalo lokasinya di cilegon?sjamsul wrote: tergantung lokasi nt bro, klo di jakarta pusat, coba ajah ke muzatek (sw besar), klo di selatan bisa datang ke dutamas fatmawati........ mudah2an di sana ada..........![]()
wah Om Cool, Anda berada pada forum yang tepat. kalo masalah aki, si forum ini ada propoesor aki.. kita tunggu aja jawabannya..Cooltrack46 wrote:@sjamsul : uda injection om![]()
@maskopat : fog lamp itu buat sendiri om ,![]()
![]()
@gmx : klo saya curiga di masalah kelistrikannya , soalnya klo siang masalah ndut2an ini ga parah , nah klo uda sore menjelang malem AC dinyalain , lampu ,dll ndut2an kerasa banget , klo kata mekanik bengkel tetangga seh akinya harus fit , bener ga sih ?
klo ganti silinder head MIVEC plus ECUnya bisa tekor om