Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban - overpressure)
Kyknya dulu pernah posting anti-keuntungan N2 dah... Ketik lagi dehh...
1. Supaya tekanan tetap terjaga, hanya ada satu cara, rajin2 cek dgn pengukur tekanan angin. Kalu ga punya, beli dunk. Yg 50rban jg cukup. Jgn ikut2an om Sjamsul pakai tekanan angin yg muahalll...
2. Daya cengkram jadi bagus kalu tekanannya terjaga. Ya..iya lah. Makanya rajin2 ukur tekanan ban.
3. Sama aja dgn nomer 2, yang rajin ngukurnya, jgn males2. Kalu kurang dikit, tinggal tambahin di rumahnya om Sjamsul. Gratis lho..
4. Memperpanjang umur ban, bukan cuma tekanan angin doank. Rajin2 spooring, balancing dan rotasi ban.
5. Meningkatkan keselamatan bukan dgn tekanan ban doank. Kondisi ban harus dicek secara rutin. Kalu udah sampe batas, ya harus segera ganti. Jgn mentang2 pake N2, trus ban benjol dianggap aman. Lalu pakai jenis ban sesuai jalannya dunk. Kalau jalan di tanah, ya pakai ban utk tanah, kalau jalan di aspal, ya pakai ban utk aspal. Kalau jalan kering boleh pakai ban slick. Kalau basah ya pakai ban basah. (Koq jd kayak F1 sih...)
6. Mau elastis atau nggak, dipakai atau nggak, ban tetap ada umurnya. Kalu dipakai jelas umurnya lebih pendek. Bahan ban dari karet, jadi tahan oksidasi. Kawat2 di dalam ban ga bakal karatan cuma karena kena uap air dari compressor. Makanya kalu beli ban, cari yg masih bagus, jgn ban kadaluarsa dibeli. Kalu mau bannya keliatan bagus, beli semir ban aja.
7. Udah dijawab di nomer 6. Lagipula kawat di dalam ban bukan dari besi, tapi dari baja.
8. Saat cek angin ban, selalu dlm kondisi dingin. Setelah jalan, coba cek lagi tekanannya. Paling naik 1 strip doank. (Soalnya gw pernah coba) Ga bakal sampe overpressure. Lagipula ban itu ga bakal meledak meski dikasih angin di atas batas maksimumnya. Paling yg jebol pentilnya.
Daripada buang duit 20ribu utk sekali ngisi, mendingan duitnya dikumpulin buat beli alat pengukur tekanan ban yg digital, trus kompresor yg bagus. Sisanya bisa buat nambah2 utk persiapan beli ban baru deh.