(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

benzz89 wrote:@ Bro Imsus:
Kok bs sich terjadi pereseran "kurva" torsi dengan sendirinya?? Bukannya pergeseran ini harus dilakukan secara maually pada ECU-nya? sudah gitu ya harus-nya tetap dong alias tidak bs berubah lg dengan sendirinya? Mohon pencerahan-nya bro.

Si santi setau saya pake "thermis" bukannya thermoswitch deh bro. Kalo thermis sih ga terlalu mahal secara saya pernah ganti jg tuh part. Tapi gejalanya malah terbalik yaitu AC jd tidak begitu dingin sebab kerja termis-nya sudah lemah, jd tidak bs mencapai 3-4 derajat celcius sebelum off lg ke 7-8 derajat C.

Sensasi torbo "beneran" ya jelas beda-lah bro ama "pergeseran kurva torsi"...yg satu sensasinya seperti di cium (dr belakang) ama angkot, sedangkan yg satu-nya lg sensasinya seperti di tabrak ama kontainer (dr belakang jg) :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :big_peace:
betul bro benzz, setelah saya ambil santi 2 minggu yang lalu, emang thermis-nya harus ganti, ato nama lengkapnya THERMISTOR,
dan kini AC sudah normal dan duingiiiin buangeeetttt.... sampe dinginnya, meskipun tengah hari panas, kalo nyalain AC, tombol pengatur suhunya ga pernah diset paling minimum, paling tidak harus 3 klik ke kanan.
yang anehnya (saya sendiri blom tau kenapa), setelah AC-nya sehat, temperatur mesin juga berubah lebih "adem" (paling tidak itu yg saya perhatikan dari jarum indikator temp mesin)

dulu, waktu AC masih panas-dingin, jarum cepet sekali bergerak ke temperatur "maksimum" (titik kedua di garis setengah), tapi setelah ACnya normal, jarumnya hanya nunjuk 1/4 aja apalagi kalo cruising. Baru kalo macet, jarumnya naik ke temperatur "maksimum"

sayang kemarin ga sempet ambil foto thermistor ini, tapi kalo ada santiers yg berkenan, weekend ini saat saya pulkam, saya akan ambilkan fotonya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

yang emang belom terpecahkan sampe sekarang...pergeseran kurva torsi ini :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:

secara kemarin saat servis sebenarnya belum kelar tapi keburu mo dipake, ya diambil dulu :shrug:

minggu kemarin saat dirumah, saya coba gas poll (kondisi mobil diam/gigi netral), kelihatan waktu jarum rpm hampir ke 5000, tiba - tiba putaran mesin nge-loss seperti ada rev limiternya. Padahal dulu waktu sehat, bisa tembus ke 6000

kalo lagi jalan, kerasa banget ngempos/loyo di rpm 2000 ke 3000 terutama di gigi 2. efek paling buruk dari ini, mo ga mau, kaki kanan semakin beringas nginjak gas supaya ga lelet....akhirnya minum bbm-nya semakin bersemangat juga

saya agak2 curiga dengan koil, kabel2 dan businya, tapi ngga yakin juga.

kira2 dari santiers disini ada yg bisa kasih masukkan?

:thanks:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

imsus2c wrote:
benzz89 wrote:@ Bro Imsus:
Kok bs sich terjadi pereseran "kurva" torsi dengan sendirinya?? Bukannya pergeseran ini harus dilakukan secara maually pada ECU-nya? sudah gitu ya harus-nya tetap dong alias tidak bs berubah lg dengan sendirinya? Mohon pencerahan-nya bro.

Si santi setau saya pake "thermis" bukannya thermoswitch deh bro. Kalo thermis sih ga terlalu mahal secara saya pernah ganti jg tuh part. Tapi gejalanya malah terbalik yaitu AC jd tidak begitu dingin sebab kerja termis-nya sudah lemah, jd tidak bs mencapai 3-4 derajat celcius sebelum off lg ke 7-8 derajat C.

Sensasi torbo "beneran" ya jelas beda-lah bro ama "pergeseran kurva torsi"...yg satu sensasinya seperti di cium (dr belakang) ama angkot, sedangkan yg satu-nya lg sensasinya seperti di tabrak ama kontainer (dr belakang jg) :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :big_peace:
betul bro benzz, setelah saya ambil santi 2 minggu yang lalu, emang thermis-nya harus ganti, ato nama lengkapnya THERMISTOR,
dan kini AC sudah normal dan duingiiiin buangeeetttt.... sampe dinginnya, meskipun tengah hari panas, kalo nyalain AC, tombol pengatur suhunya ga pernah diset paling minimum, paling tidak harus 3 klik ke kanan.
yang anehnya (saya sendiri blom tau kenapa), setelah AC-nya sehat, temperatur mesin juga berubah lebih "adem" (paling tidak itu yg saya perhatikan dari jarum indikator temp mesin)

dulu, waktu AC masih panas-dingin, jarum cepet sekali bergerak ke temperatur "maksimum" (titik kedua di garis setengah), tapi setelah ACnya normal, jarumnya hanya nunjuk 1/4 aja apalagi kalo cruising. Baru kalo macet, jarumnya naik ke temperatur "maksimum"

sayang kemarin ga sempet ambil foto thermistor ini, tapi kalo ada santiers yg berkenan, weekend ini saat saya pulkam, saya akan ambilkan fotonya
Tepat sekali Bro Imsus "Thermistor" inilah "alat" yg bikin AC si santi lebih dingin dari mobil2 Jepun pd umum-nya. Dia bs nahan suhu yg lebih rendah di banding dengan "Thermo Switch". Wkt itu pernah gara2 penyakit-nya tidak ketemu si tukang bengkel AC ngakalin mengganti Thermistor dgn Thermo Switch dan hasilnya.....tidak se-menggigit Thermis. Akhirnya balik lagi dgn ganti dgn Thermis original beli di Beres. Waktu itu kl tidak salah 120 rb-an bro.

Thermis bisa "bermain" di suhu antara 3-7 derajat C sedangkan thermo switch antara 5-9 derajat C. Saya sdh bandingin dengan Yaris msh dinginan si santi bro...Top deh pokok-nya :frm_tumbleft:

Saya jg turunin 3 titik dari kondisi max temp bro...kaga tahan dingin-nya, apalagi kalo duduk di belakang langsng kena semprot blower-nya :mrgreen: makanya aliran angin di bagi 2 aja yaitu atas & bawah spy lebih merata

Syukur deh sekarang si santi sdh lebih "dingin" mungkin si thermis ini jg yg ngatur kerja extra fan bs lebih optimal CMIIW.
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

inoz wrote:wah kok sepi yaaaa apa pada ikut nyepi di bali gitu
aahhh pengen sundul aja tuh

bro kuruma ane kesel banget ama samsat tangerang sampe saat ini belum beres juga tuh mutasi luar daerah
kmarin katanya masih di blokir di polda knp mereka gak kasih tahu, lalu ane terpaksa buka blokir sendiri, sebelum ke polda ame minta skalian pengantar tujk tulis mutasi di bpkd, katanya mestyi balik lagi dan nunggu lagi gleeee ameeeettt tuuuhhh
abis itu nunggu lagi tuk tulis di bpkb nya
kmarin jumat kesana belum beres katanya,
jadi sudah terhitung brp hari yaaa
masuk urus tuh tgl 26 pebruari 09, skarang dah 10 mei gila betul tuh, gak tahu tuh kayak perlu tulis surat pemcaba
emang kmarin pas buka blokir sekitar 3 mnt di polda dki, abis pemilik la beli pake kredit, begitu dilunasi leasingnya gak buka tuh blokir stnknya
cuaaaaappppeeeekkkk deh
:big_peace:
rabu kamis kmarin ane pulang kampung tapi gak sempet nengok bro imsus di japanan, abis waktunya mepet nyuri2 waktu di sela2 rapat di SBY
:big_smoking:
Hallla....masak sih hare gene masih ga bener juga tuh samsat tangsel....???
apa kagak malu ya....??? orang mo bayar pajak aja dipersulit....belum tau dia sama juragan Inoz.... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
Jadi kelanjutannya bgm nich Bro....???

Apa perlu ane turun kaki...ech turun tangan....hehehehe :big_slap:

Emang kalo lagi sibuk begitu tuch....lupa sam Bro Imsus..... :big_weee: :big_weee:
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

Bro Imsus & Benzz......santi ane kalo pake ac dan full pasangers dan siang hari bolong.....dinginnya rada kurangan dikit......tapi kolo malem kok pake yg no 1 duingin buangettt ya......????
apa thermistornya kotor ya......????
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

Kuruma wrote:Bro Imsus & Benzz......santi ane kalo pake ac dan full pasangers dan siang hari bolong.....dinginnya rada kurangan dikit......tapi kolo malem kok pake yg no 1 duingin buangettt ya......????
apa thermistornya kotor ya......????
Thermis (setau sy ya) kl sdh berumur maka dia sdh tdk bs menahan suhu yg lebih rendah bro. Cara kerjanya agak berbeda dgn thermoswitch. Selain bs menahan suhu yg lebih rendah dia jg bs menjaga rentang on-off lebih cepat di banding thermoswitch. Secara dulu sy pernah bandingkan ke duanya maka sy tau perbedaannya.

Pada suhu yg terendah misalnya 3 derajat C, dia bs menahan di suhu tersebut lebih lama, baru kemudian off... sampai di 6-7 derajat C...baru on lg dan menuju ke 3 derajat itu jg cepat bro. Bedanya dgn thermowsitch dia main di suhu terendah 5 derajat lalu off menuju ke 9-10 derajat baru on lg. Jika cara kerja si thermis di kumulatif-kan terus menerus maka jelas suhu di kabin lebih cepat dingin dan lebih "menggigit" bro :e-clap:

Thermis sih ga bs kotor bro, hanya ada seperti cairan di dalamnya (spt air raksa kali ya) yg sdh "tidak mau mundur" ke suhu yg lebih rendah. Dua th yg lalu sistem AC si santi di overhaul habis2an, cuci blower & evaporator (Evap-nya jg besar bro ukurannya), ganti dryer, ganti pipa expansi, ganti thermis, baru beres sampe skrng tdk ada masalah lg. Memang sistem AC-nya agak berbeda, dryer-nya tidak berbentuk botol yg ada gelas di atas-nya (bs melihat pergerakan freon) & lebih sensitif. Jd sampai saat ini kalo tidak ada masalah agak malas untuk cuci2 or bongkar2 lg deh...abis dulu sampe cape bolak-balik bengkel AC :e-naughty: :mrgreen:

Coba aja bro Kuruma ganti si thermis ini...secara dia tidak terlalu mahal & pemasangannya jg gampang kok...tp kl mau lebih "menggigit" lg boleh jg di pasang tirai alias gorden di kabin si santi biar tambah maknyussss bro :big_peace:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

imsus2c wrote:yang emang belom terpecahkan sampe sekarang...pergeseran kurva torsi ini :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:

secara kemarin saat servis sebenarnya belum kelar tapi keburu mo dipake, ya diambil dulu :shrug:

minggu kemarin saat dirumah, saya coba gas poll (kondisi mobil diam/gigi netral), kelihatan waktu jarum rpm hampir ke 5000, tiba - tiba putaran mesin nge-loss seperti ada rev limiternya. Padahal dulu waktu sehat, bisa tembus ke 6000

kalo lagi jalan, kerasa banget ngempos/loyo di rpm 2000 ke 3000 terutama di gigi 2. efek paling buruk dari ini, mo ga mau, kaki kanan semakin beringas nginjak gas supaya ga lelet....akhirnya minum bbm-nya semakin bersemangat juga

saya agak2 curiga dengan koil, kabel2 dan businya, tapi ngga yakin juga.

kira2 dari santiers disini ada yg bisa kasih masukkan?

:thanks:
Bro sdh cek kompresi tiap silinder (lagi) blom? apakah compration ratio tiap silinder sdh merata? Apakah ada satu silinder yg kompresinya ketinggian dan silinder yg lainnya terlalu rendah?. Mungkin bs di coba dari sini dulu bro...

Setau sy rev-limiter si santi main di 5.500-an rpm (tidak sampai di 6.000-an rpm-IMHO ya bro?). Pernah lg mau nyalip truck di lampung masuk gigi 1 sampai di 5.500 rpm dan memang terasa tenaga agak nge-drop...langsung masuk gigi 2 dan ban langsung spin panjang bro. Rev limiter-nya memang agak pendek jika di bandingkan dengan sedan2 mitsu yg lainnya, mungkin ini untuk menjaga spy lebih "aman" secara si santi ini memang di kelas SUV yg tidak bs di bandingkan dgn sedan.

Efek dari pergantian koil & kabel2 busi di santi saya adalah pd saat start di pagi hari "sangat tokcer sekali". Biasa di start agak panjang lalu baru mesin hidup... tp sekarang jadi pendek alias putar kunci kontak lalu 1 detik sdh hidup si santi, padahal aki sdh berumur hampir 2 th. Di santi bro Imsus bagaimana...?
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

benzz89 wrote:
Kuruma wrote:Bro Imsus & Benzz......santi ane kalo pake ac dan full pasangers dan siang hari bolong.....dinginnya rada kurangan dikit......tapi kolo malem kok pake yg no 1 duingin buangettt ya......????
apa thermistornya kotor ya......????
Thermis (setau sy ya) kl sdh berumur maka dia sdh tdk bs menahan suhu yg lebih rendah bro. Cara kerjanya agak berbeda dgn thermoswitch. Selain bs menahan suhu yg lebih rendah dia jg bs menjaga rentang on-off lebih cepat di banding thermoswitch. Secara dulu sy pernah bandingkan ke duanya maka sy tau perbedaannya.

Pada suhu yg terendah misalnya 3 derajat C, dia bs menahan di suhu tersebut lebih lama, baru kemudian off... sampai di 6-7 derajat C...baru on lg dan menuju ke 3 derajat itu jg cepat bro. Bedanya dgn thermowsitch dia main di suhu terendah 5 derajat lalu off menuju ke 9-10 derajat baru on lg. Jika cara kerja si thermis di kumulatif-kan terus menerus maka jelas suhu di kabin lebih cepat dingin dan lebih "menggigit" bro :e-clap:

Thermis sih ga bs kotor bro, hanya ada seperti cairan di dalamnya (spt air raksa kali ya) yg sdh "tidak mau mundur" ke suhu yg lebih rendah. Dua th yg lalu sistem AC si santi di overhaul habis2an, cuci blower & evaporator (Evap-nya jg besar bro ukurannya), ganti dryer, ganti pipa expansi, ganti thermis, baru beres sampe skrng tdk ada masalah lg. Memang sistem AC-nya agak berbeda, dryer-nya tidak berbentuk botol yg ada gelas di atas-nya (bs melihat pergerakan freon) & lebih sensitif. Jd sampai saat ini kalo tidak ada masalah agak malas untuk cuci2 or bongkar2 lg deh...abis dulu sampe cape bolak-balik bengkel AC :e-naughty: :mrgreen:

Coba aja bro Kuruma ganti si thermis ini...secara dia tidak terlalu mahal & pemasangannya jg gampang kok...tp kl mau lebih "menggigit" lg boleh jg di pasang tirai alias gorden di kabin si santi biar tambah maknyussss bro :big_peace:
spertinya begitu pak, secara bro benzz yg lebih duluan overhaul AC :mrgreen: , kalo saya baru sebatas isi freon, bersih-bersih dan barusan ganti thermistor.
bener seperti bro benzz, sebelum ini AC-nya santi cukup rewel, sering engga dingin....
semoga setelah ganti thermistor ini, ac-nya engga rewel lagi :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

spertinya begitu pak, secara bro benzz yg lebih duluan overhaul AC :mrgreen: , kalo saya baru sebatas isi freon, bersih-bersih dan barusan ganti thermistor.
bener seperti bro benzz, sebelum ini AC-nya santi cukup rewel, sering engga dingin....
semoga setelah ganti thermistor ini, ac-nya engga rewel lagi

Kalo santi saya....pernah ganti freon, cleaning filter....dan untuk cleaning filter biasanya saya kerjakan sendiri dirumah....dan sekarang kadang ada suara ngorok di ac.......dinginnya sih lumayan...tapi kalo disiang bolong dan penuh penumpan kurang...kalo malem terlalu dingin......jadi masih fine2 aja untuk sementara ini.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

benzz89 wrote:
imsus2c wrote:yang emang belom terpecahkan sampe sekarang...pergeseran kurva torsi ini :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:

secara kemarin saat servis sebenarnya belum kelar tapi keburu mo dipake, ya diambil dulu :shrug:

minggu kemarin saat dirumah, saya coba gas poll (kondisi mobil diam/gigi netral), kelihatan waktu jarum rpm hampir ke 5000, tiba - tiba putaran mesin nge-loss seperti ada rev limiternya. Padahal dulu waktu sehat, bisa tembus ke 6000

kalo lagi jalan, kerasa banget ngempos/loyo di rpm 2000 ke 3000 terutama di gigi 2. efek paling buruk dari ini, mo ga mau, kaki kanan semakin beringas nginjak gas supaya ga lelet....akhirnya minum bbm-nya semakin bersemangat juga

saya agak2 curiga dengan koil, kabel2 dan businya, tapi ngga yakin juga.

kira2 dari santiers disini ada yg bisa kasih masukkan?

:thanks:
Bro sdh cek kompresi tiap silinder (lagi) blom? apakah compration ratio tiap silinder sdh merata? Apakah ada satu silinder yg kompresinya ketinggian dan silinder yg lainnya terlalu rendah?. Mungkin bs di coba dari sini dulu bro...

Setau sy rev-limiter si santi main di 5.500-an rpm (tidak sampai di 6.000-an rpm-IMHO ya bro?). Pernah lg mau nyalip truck di lampung masuk gigi 1 sampai di 5.500 rpm dan memang terasa tenaga agak nge-drop...langsung masuk gigi 2 dan ban langsung spin panjang bro. Rev limiter-nya memang agak pendek jika di bandingkan dengan sedan2 mitsu yg lainnya, mungkin ini untuk menjaga spy lebih "aman" secara si santi ini memang di kelas SUV yg tidak bs di bandingkan dgn sedan.

Efek dari pergantian koil & kabel2 busi di santi saya adalah pd saat start di pagi hari "sangat tokcer sekali". Biasa di start agak panjang lalu baru mesin hidup... tp sekarang jadi pendek alias putar kunci kontak lalu 1 detik sdh hidup si santi, padahal aki sdh berumur hampir 2 th. Di santi bro Imsus bagaimana...?
seharusnya (dan saya yakin) semuanya sudah dicek bro benzz, ketika santi masuk bengkel kemarin (check + tune up), dari bengkel sih curiganya ada yg enggak sinkron saat discan pake OBD.

masalah rpm, saat dulu selesai overhaul dan break in, saya coba gas poll saat gigi netral, rpm sempet menyentuh 6000, tapi suara mesinnya emang "menjerit", jadi ga tega dan ga diulang lagi deh.... :mrgreen:
hari minggu kemarin saat dirumah dan iseng2 nyoba lagi, begitu hampir sentuh 5000 (belom sampe 5000 loh) mesinnya langsung ngeloss, serasa berat banget nyentuh 5000, gejalanya mirip kehabisan napas di putaran tinggi.
kalo start pagi2 ato kondisi dingin, santi saya masih tokcer aja kok, umur aki 1 tahun 1 bulan (ganti awal april 2008)

saya agak curiga dgn koil karena dulu sempet bocor (pas yg dicolokkin ke kabel busi), sama bengkel waktu itu dikasi lem besi (epoxy), secara koil ini belum pernah ganti
takutnya supply arusnya ke busi engga optimum (terutama di rpm atas), jd pembakaran ga sempurna yg akhirnya output tenaganya juga loyo
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

Kuruma wrote:
spertinya begitu pak, secara bro benzz yg lebih duluan overhaul AC :mrgreen: , kalo saya baru sebatas isi freon, bersih-bersih dan barusan ganti thermistor.
bener seperti bro benzz, sebelum ini AC-nya santi cukup rewel, sering engga dingin....
semoga setelah ganti thermistor ini, ac-nya engga rewel lagi

Kalo santi saya....pernah ganti freon, cleaning filter....dan untuk cleaning filter biasanya saya kerjakan sendiri dirumah....dan sekarang kadang ada suara ngorok di ac.......dinginnya sih lumayan...tapi kalo disiang bolong dan penuh penumpan kurang...kalo malem terlalu dingin......jadi masih fine2 aja untuk sementara ini.
kalo dirasa masih acceptable, saya kira belum perlu otak-atik apalagi ganti thermistornya pak. dan nampaknya (setelah saya lihat sekilas), thermistor ini barang yg "pakai-buang" pak, mirip AFR-Potensio (closed circuit). Kalo rewel ya langsung dimakamkan :mrgreen: , sorry kalo opini saya salah, maklum saya lihat barangnya sekilas aja, sepertinya bukan barang yg bisa dibongkar-pasang untuk diservis/dibersihkan :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

lagi suntuk malam ini, iseng browsing internet, nemuin web yang lumayan tuh buat cari2 spare parts

http://www.tokohyundai.com/
http://www.riajayamotor.com/

semoga berguna buat para santiers
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

wah matur suwun para master info mesin dan ac
Tuk bro imsus suwun info harga part hyundai sangat bantu banget
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

Thanks Bro Imsus, Kalo ria jaya ane sering beli part di sana.....!!
harganya juga lumayan :cupss:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

absen dulu....
tar sore mo pulkam semarang, sekalian nengok santi :upss:

masih penasaran sama performa santi yg agak berubah, jadi mo coba ngecek sendiri ah.... :e-whistle:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

wah met week end bro imsus

bro kuruma dimana tuh likasi aria jaya? klo blanja giana mesti tahu dulu referensinya gitu ? baru pesan, apa bisa diganti disana or kitabawa part alu kita bawa ke beres? tks bro
:big_peace:
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

inoz wrote:wah met week end bro imsus

bro kuruma dimana tuh likasi aria jaya? klo blanja giana mesti tahu dulu referensinya gitu ? baru pesan, apa bisa diganti disana or kitabawa part alu kita bawa ke beres? tks bro
:big_peace:
Hallo Bro Inoz....Ria Jaya adanya di Atrium Plaza Lantai V Block E No. 135 – 136 Telp. 021 - 345 1564
saya sih biasanya beli partnya aja, selebihnya saya ganti part di bengkel langganan.

kita juga bisa konsultasi dulu melalui telp diatas....kalo partnya ada kita bisa luncur kesana.
:frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

imsus2c wrote:absen dulu....
tar sore mo pulkam semarang, sekalian nengok santi :upss:

masih penasaran sama performa santi yg agak berubah, jadi mo coba ngecek sendiri ah.... :e-whistle:

Selamat berlibur Bro Imsus....salam buat santinya.
Santinya pengin dipijat lagi kali ya....... :big_peace: :big_peace:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by mandala1 »

Kuruma wrote: Selamat berlibur Bro Imsus....salam buat santinya.
Santinya pengin dipijat lagi kali ya....... :big_peace: :big_peace:
Halaaah.....ini mah orangnya yg pengen mijet .... :upss:
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

mandala1 wrote:
Kuruma wrote: Selamat berlibur Bro Imsus....salam buat santinya.
Santinya pengin dipijat lagi kali ya....... :big_peace: :big_peace:
Halaaah.....ini mah orangnya yg pengen mijet .... :upss:
Huahahahaha........ternyata ada tukang pijit datang........ :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
:big_weee:
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

gmn br0 imsus sdh ketemu tkng pijitnya?
Smoga sdh fresh lg balik ke jatim
Yg laen mana neh blum pd muncul?
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

absen dulu...

iseng2 minggu kemarin coba otak-atik santi dikit...
>bersihin intake pake contact-cleaner,
>bersihin MAF sensor pake contact-cleaner juga
>trus coba ganti busi pake iridium (denso iw16) secara habis tune up kemarin dikasi busi biasa (merk denso juga)

hasilnya lumayan ada perbedaan...torsi sudah terasa di 2000an, tapi tetep masih loyo dibanding yang dulu...

jadi....saya masih tetep curiga sama koil, busi dan beberapa sensor :ungg:

yg saya rasakan sekarang...kalo gas diurut dari bawah, torsi/tenaganya lambat banget keluar...kerasa lelet banget, baru kerasa ada tenaga di 3000an keatas, itupun tidak "ganas"

tapi kalo saat masuk gigi 2 gas diinjek agresif (kickdown), torsi/tenaganya langsung tersedia instant saat putaran mesin 1800-2000 dan tarikan jadi ringan...jadi mirip karakter matic...
aneh...padahal ga relevan sama sekali :upss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

wah bro imsus kmarin jadi tukang pijit kini dah brubah jadi tukang urut bejek gas haa....
wah sampeyan hebat tenan bisa jadi peneliti spesialis santi neh, sampe ngurut gas aja dianalisis
aku mah mek ngejas aja dan enak tenan tarikan si santi ini, mo nyalip gas injek langsung bisa keburu nyalip walo pada space yang kecil
aku seneng banget deh ama santi tapi pagi buru ke jkt bisa ampe 160 kpj sebab masih pagi dan sepi ueeenaaak tanan, stabil dan gak krasa klo dah kec segitu di tol jkt cikampek
:big_weee:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

wah...pada kemana nih...? :e-think: kok belum ada yg absen? masih nerusin libur panjangnya ya... :mrgreen:

ok deh....happy weekend, saya mo pulkam semarang lagi ah :drinking:

dah kangen sama santi, sekalian mo intip2 lagi santinya, siapa tau ada "penemuan" baru yg bisa di-sharing disini :upss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
dhe-dhe
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu May 21, 2009 8:19

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by dhe-dhe »

Ternyata disini banyak santiers ya..
Minta pencerahan dunk, benernya tertarik dan berencana mo beli nih santi..
Kira2 secara overall gimana sih santi ne, cos mo dipake nyangkul di riau nih,...
Range harganya sekarang dikisaran berapa ya ??
Satu lagi, ada berapa tipe ya si santi ini..???

FC dengan kondisi standar nyampe 1 :8 ga ya ???
Ato lebih boros dari itu???

Mohon pencerahan santiers.. :big_peace: