Saya ingin berbagi pengalaman yg tidak menyenangkan tentang kerusakan pada kampas kopling Livina XR saya, semoga tidak terjadi terjadi pada Livina User yang lain.
Saya harap rekan2 dapat share bila mengalami kejadian yg sama, agar menjadi perhatian bagi pihak management Nissan Motor Indonesia (NMI).
Kejadian 4 May 2009 yll, dimana saya merasa kendaraan saya 'tidak bertenaga'. Kemudian saya mendatangi bengkel Nissan di Jl Veteran Bandung, sekalian untuk service 20rb km.
Kendaraan belum genap 1,5 tahun (Feb 2008) dan km masih 18.420, sehingga mustinya ini masih dicover oleh jaminan dari pihak Nissan : 3 tahun atau 100rb km (mana yg duluan tercapai).
Namun, ternyata menurut pihak bengkel hal ini disebabkan karena kampas koplingnya habis dan harus diganti atas biaya dari konsumen dan tidak di-cover oleh jaminan karena dianggap sebagai kesalahan pemakaian.
Saya berkeberatan akan hal ini karena saya yang sudah bertahun-tahun mengendarai kendaraan dari berbagai merek lain (Isuzu Panther, Toyota Kijang & Avanza, dan Suzuki Baleno) sebelumnya tidak pernah mengalami kejadian seperti ini. Keluhan sudah saya sampaikan ke Nissan Care Center (0812 112 8000) dan melalui website Nissan. Namun, jawaban tetap sama.
Oleh karena saya memerlukan kendaraan tersebut untuk aktivitas sehari-hari maka akhirnya penggantian saya lakukan dengan biaya sendiri.
Yang membuat saya makin yakin bahwa ini adalah bukan karena kesalahan penggunaan saya adalah ketika menunggu perbaikan saya mendapatkan informasi dari pengguna lain (Grand) Livina bahwa dia juga mengalami kejadian serupa. Bahkan dengan km di bawah 8.000 dan juga tidak di-cover jaminan.
Seperti inikah komitmen jaminan Nissan dengan nama besarnya terhadap produknya?

