Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 213
- Joined: Wed Oct 25, 2006 9:42
- Location: Surabaya
Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
mo info aja neh yg tinggal di sby, ati2 kalo ke bengkel Mulia motor Jl. mulyosari, surabaya. bbrp hari lalu saya berniat isi ban mobil saya (G.Livina 1.5 XV) dengan gas nitrogen, sebenarnya mau ke bengkel ABG motor jl. manyar kertoarjo tp krn abis dr bank di jl.mulyosari trus pas liat ada bengkel yg lumayan besar dan juga ada merk BRIDGESTONE gede jd asumsinya cukup profesional neh pas keliatannya koq sepi gk ada 1 pun mobil, pikir2 mending disini aja kasian bengkelnya gede tp sepi...
nah pas masuk trus bilang mau isi nitrogen bukan tambah nitrogen, katanya 7.500/ban gw lsg setuju isi 4 ban dan sekitar 4 org mekanik & 1 org mirip supervisor lsg mengelilingi mobil,mulai dr sebelah kiri di dongkrak trus ban depan & belakang di gembosin/habiskan anginnya dulu buat isi gas Nitrogen, nah!..pas gw noleh ke sebelah kanan mobil...kok ban kanan belakang udah di gembosin juga dgn cepat oleh salah seorang mekanik pdh sebelah kanan itu belum sempat di dongkrak sama sekali, jadi kayak gembos di jalan..jadi gw nanya ke mekanik ybs "mas, kok udah di gembosin bannya pdh belum di dongkrak?" dia jawan "kan udah mas, tuh dongkraknya sambil (nunjuk sebelah kiri mobil)" gw pikir ini org [cencored] or pura2 ya..trus gw bilang "lha mas kan itu buat di sebelah kiri, nah di sebelah kanan ini kan belum di dongkrak samasekali...bukannya itu bisa merusak ban (serat2 dinding ban) kalo beban mobil bertumpu pada 1 ban??".. si mekanik sadar salah malah diem2 aja sambil terus isi gas nitrogen, pura2 gk denger.
sebel bgt..masa mekanik gk tau seh gw pikir...trus ngapain juga temen2nya dongrak kalo gk penting? iya kan? makanya buat teman2 hati2aja kalo pilih bengkel & perlu awasi langsung kerjaan mekanik...kalo tdk mau mobil jadi barang eksperimen mereka.
nah pas masuk trus bilang mau isi nitrogen bukan tambah nitrogen, katanya 7.500/ban gw lsg setuju isi 4 ban dan sekitar 4 org mekanik & 1 org mirip supervisor lsg mengelilingi mobil,mulai dr sebelah kiri di dongkrak trus ban depan & belakang di gembosin/habiskan anginnya dulu buat isi gas Nitrogen, nah!..pas gw noleh ke sebelah kanan mobil...kok ban kanan belakang udah di gembosin juga dgn cepat oleh salah seorang mekanik pdh sebelah kanan itu belum sempat di dongkrak sama sekali, jadi kayak gembos di jalan..jadi gw nanya ke mekanik ybs "mas, kok udah di gembosin bannya pdh belum di dongkrak?" dia jawan "kan udah mas, tuh dongkraknya sambil (nunjuk sebelah kiri mobil)" gw pikir ini org [cencored] or pura2 ya..trus gw bilang "lha mas kan itu buat di sebelah kiri, nah di sebelah kanan ini kan belum di dongkrak samasekali...bukannya itu bisa merusak ban (serat2 dinding ban) kalo beban mobil bertumpu pada 1 ban??".. si mekanik sadar salah malah diem2 aja sambil terus isi gas nitrogen, pura2 gk denger.
sebel bgt..masa mekanik gk tau seh gw pikir...trus ngapain juga temen2nya dongrak kalo gk penting? iya kan? makanya buat teman2 hati2aja kalo pilih bengkel & perlu awasi langsung kerjaan mekanik...kalo tdk mau mobil jadi barang eksperimen mereka.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
biasanya bengkel melakukan itu dgn tujuan mengeluarkan udara dari dalam ban dgn cepat, dan bener2 habis..
dulu aku pas pertama ngisi jg kek gitu, bedanya, ada yg stenby memegang dongkrak buaya besar, jadinya pada saat 2 org udah mencopot pentil kiri kanan, yg megang dongkrak selalu melihat kondisi bannya dgn memainkan dongkraknya..jdnya ban gak terlalu tertekan krn kurang angin...
imho...memang kita harus mengawasi selalu bro...ada yg gak pas..lgsg suruh sstop..
dulu aku pas pertama ngisi jg kek gitu, bedanya, ada yg stenby memegang dongkrak buaya besar, jadinya pada saat 2 org udah mencopot pentil kiri kanan, yg megang dongkrak selalu melihat kondisi bannya dgn memainkan dongkraknya..jdnya ban gak terlalu tertekan krn kurang angin...
imho...memang kita harus mengawasi selalu bro...ada yg gak pas..lgsg suruh sstop..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 213
- Joined: Wed Oct 25, 2006 9:42
- Location: Surabaya
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
betul bro, tp krn gw di kerubutin 4 org jd bingung mo ngawasin yg mana..sebelah kiri udah bener eh..kanan yg lolos & udah telat..malah beban kiri yg terangkat dongkrak turun ke kanan belakang, krn kanan depan masih full angin.
posting sy buat sharing dgn teman2 semua terutama yg di sby tanpa maksud menjelek2an, kalo emang jelek gk mgkn gw mo ngorbanin mobil gw disana kan ya nggak?
posting sy buat sharing dgn teman2 semua terutama yg di sby tanpa maksud menjelek2an, kalo emang jelek gk mgkn gw mo ngorbanin mobil gw disana kan ya nggak?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
^^
mestinya suruh berhenti ngisinya n nt bilang ngisinya harus diliat ama nt. Ato disuruh ulang lagi klo ampe nt ga liat saat isinya....
Lagian juga klo menurut ane nih, pake nitrogen ga ada perbedaannya yah dg angin biasa............. yg ane rasakan di mbl yg dah menemani ane cukup lama........
mestinya suruh berhenti ngisinya n nt bilang ngisinya harus diliat ama nt. Ato disuruh ulang lagi klo ampe nt ga liat saat isinya....
Lagian juga klo menurut ane nih, pake nitrogen ga ada perbedaannya yah dg angin biasa............. yg ane rasakan di mbl yg dah menemani ane cukup lama........

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
^^ iya yah...koq saya merasakan hal yg sama dgn om sjam,, perasaan kaga ada beda nitro sama angin biasa?? 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Fri May 16, 2008 2:46
- Location: Depok
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
tapi di mbl saya terasa sangat beda isi angin biasa dengan nitrogen, lebih awet.... 

Regards,
a.budiarto
a.budiarto
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
Jangan2 shockbreker mobil saya dah ampir mati, parah...... 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Fri May 16, 2008 2:46
- Location: Depok
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
Quote dari berbagai sumber:
Ban adalah komponen penting pada kendaraan. Apapun kendaraannya (mobil, motor, sepeda, angkutan umum, truk, dan sebagainya) tekanan gas (angin) dalam ban perlu diperhatikan agar kinerja (grip/daya cengkram) ban terhadap jalan tetap optimal dan umur pakai ban menjadi lebih panjang.
Jika tekanan gas di dalam ban lebih rendah dari yang disarankan, maka bidang yang menapak dan mencengkram jalan tidak merata sehingga bidang tapaknya menjadi lebih sedikit yaitu hanya pada daerah pinggir ban saja.
Begitu juga jika tekanannya berlebihan dari yang dianjurkan, maka yang menapak hanya daerah tengah ban saja. Akibat dari kekurangan dan kelebihan tekanan gas tersebut adalah tapak ban akan menipis tidak merata, sering orang menyebut “botak luar, atau botak dalamâ€Â. Sebaliknya apabila tekanan gas di dalam ban diisi sesuai anjuran, maka bidang tapak ban yang mencengkram jalan menjadi lebih luas dan merata. Untuk keamanan berkendara akan lebih terjamin.
Ban yang habis tidak merata juga bisa disebabkan oleh kerusakan komponen lain seperti Shock Breaker (Shock Absorber), suspensi, pengereman mendadak, kondisi jalan, Posisi kelurusan roda (perlu spooring), Keseimbangan roda (perlu di Balance), dan lain-lain.
Setiap ban yang terpasang pada velg perlu dibalance untuk menjaga keseimbangan ban saat berputar.
Gas Pengisi Ban
Ban yang diisi gas (angin) bertekanan tertentu umumnya terdiri dari 21% gas Oksigen dan 78% gas Nitrogen. Dimana campuran gas tersebut didapat dari udara sekitar pompa gas/angin tersebut, atau gas yang kita hirup sehari-hari.
Partikel gas Oksigen lebih kecil dibanding gas Nitrogen, sehingga gas Oksigen bisa tiga kali lebih cepat merembes keluar ketimbang gas Nitrogen, melalui celah-celah halus sambungan ban terhadap pelek maupun mekanik sekat/valve pada pentil (ventil).
Secara perlahan tapi pasti, membuat ban mobil akan berkurang tekanan gas nya dan perlu selalu di cek tekanannya, jika kurang segera tambahkan hingga sesuai anjuran pabrik mobil maupun spek ban yang digunakan. Tekanan gas yang kurang membuat berkurangnya keamanan dan kenyamanan, juga membuat BBM boros.
Udara yang bertekanan cenderung bersifat lembab, untuk yang masih menggunakan velg dari bahan besi dapat membantu proses terjadinya karat yang tentunya merusak velg itu sendiri.
Kita dianjurkan untuk melakukan pengecekan tekanan ban pada kondisi ban dingin, ini dikarenakan saat ban digunakan (berkendara), suhu gas dalam ban akan meningkat (panas). Meningkatnya suhu gas tersebut membuat naiknya tekanan gas dalam ban. gas Nitrogen (N2) di klaim memiliki tekanan yang stabil terhadap perubahan suhu kerja ban, sehingga akan aman untuk kendaraan yang sering dipacu kencang (ngebut) maupun mengangkut beban berat.
Ikuti anjuran yang tertera pada panel rekomendasi tekanan ban yang biasanya terpasang pada pilar pintu mobil maupun rangka motor jika menggunakan ban standar, atau ikuti anjuran dari ban yang digunakan jika spesifikasi ban tersebut tidak tertulis dalam panel rekomendasi tekanan ban.
Gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban
Dikarenakan partikel gas Nitrogen (N2) lebih besar dibandingkan Oksigen (O2), maka N2 dapat mencegah terjadinya kebocoran (rembesan) yang menyebabkan berkurangnya tekanan gas (angin) pada ban. Selain itu Nitrogen aman digunakan karena tidak bisa terbakar, tidak berbau, dan merupakan bagian dari gas yang ada di atmosfir yang juga kita hirup sehari-hari.
Untuk membedakan mana ban yang di dalamnya berisi gas biasa dan yang berisi gas N2, umumnya disepakati dengan menggunakan tutup pentil (ventil) berwarna Hijau bertuliskan N2 untuk ban yang diisi gas N2.
Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban - overpressure)
N2 sendiri sudah digunakan terlebih dahulu di arena balap, pesawat terbang dan kendaraan berat khusus, sebelum diperkenalkan ke publik untuk digunakan di kendaraan sehari-hari mobil maupun motor.
Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban.
1. Harga yang masih mahal
Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu - 10ribu rupiah.
2. Perawatan
Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.
3. Ketersediaan
Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.
NOTE:
Apabila tekanan N2 berkurang dan tidak ditemukan bengkel yang menyediakan pengisian N2, kita dapat menambahkannya dengan gas / angin ban seperti biasa yang mudah ditemui di tepi jalan, sebagai langkah darurat. Namun apabila kita sudah dapat menemukan bengkel yang menyediakan pengisian N2, sebaiknya ban tersebut kembali dikuras ulang untuk diisi kembali dengan gas N2 murni.
Ban adalah komponen penting pada kendaraan. Apapun kendaraannya (mobil, motor, sepeda, angkutan umum, truk, dan sebagainya) tekanan gas (angin) dalam ban perlu diperhatikan agar kinerja (grip/daya cengkram) ban terhadap jalan tetap optimal dan umur pakai ban menjadi lebih panjang.
Jika tekanan gas di dalam ban lebih rendah dari yang disarankan, maka bidang yang menapak dan mencengkram jalan tidak merata sehingga bidang tapaknya menjadi lebih sedikit yaitu hanya pada daerah pinggir ban saja.
Begitu juga jika tekanannya berlebihan dari yang dianjurkan, maka yang menapak hanya daerah tengah ban saja. Akibat dari kekurangan dan kelebihan tekanan gas tersebut adalah tapak ban akan menipis tidak merata, sering orang menyebut “botak luar, atau botak dalamâ€Â. Sebaliknya apabila tekanan gas di dalam ban diisi sesuai anjuran, maka bidang tapak ban yang mencengkram jalan menjadi lebih luas dan merata. Untuk keamanan berkendara akan lebih terjamin.
Ban yang habis tidak merata juga bisa disebabkan oleh kerusakan komponen lain seperti Shock Breaker (Shock Absorber), suspensi, pengereman mendadak, kondisi jalan, Posisi kelurusan roda (perlu spooring), Keseimbangan roda (perlu di Balance), dan lain-lain.
Setiap ban yang terpasang pada velg perlu dibalance untuk menjaga keseimbangan ban saat berputar.
Gas Pengisi Ban
Ban yang diisi gas (angin) bertekanan tertentu umumnya terdiri dari 21% gas Oksigen dan 78% gas Nitrogen. Dimana campuran gas tersebut didapat dari udara sekitar pompa gas/angin tersebut, atau gas yang kita hirup sehari-hari.
Partikel gas Oksigen lebih kecil dibanding gas Nitrogen, sehingga gas Oksigen bisa tiga kali lebih cepat merembes keluar ketimbang gas Nitrogen, melalui celah-celah halus sambungan ban terhadap pelek maupun mekanik sekat/valve pada pentil (ventil).
Secara perlahan tapi pasti, membuat ban mobil akan berkurang tekanan gas nya dan perlu selalu di cek tekanannya, jika kurang segera tambahkan hingga sesuai anjuran pabrik mobil maupun spek ban yang digunakan. Tekanan gas yang kurang membuat berkurangnya keamanan dan kenyamanan, juga membuat BBM boros.
Udara yang bertekanan cenderung bersifat lembab, untuk yang masih menggunakan velg dari bahan besi dapat membantu proses terjadinya karat yang tentunya merusak velg itu sendiri.
Kita dianjurkan untuk melakukan pengecekan tekanan ban pada kondisi ban dingin, ini dikarenakan saat ban digunakan (berkendara), suhu gas dalam ban akan meningkat (panas). Meningkatnya suhu gas tersebut membuat naiknya tekanan gas dalam ban. gas Nitrogen (N2) di klaim memiliki tekanan yang stabil terhadap perubahan suhu kerja ban, sehingga akan aman untuk kendaraan yang sering dipacu kencang (ngebut) maupun mengangkut beban berat.
Ikuti anjuran yang tertera pada panel rekomendasi tekanan ban yang biasanya terpasang pada pilar pintu mobil maupun rangka motor jika menggunakan ban standar, atau ikuti anjuran dari ban yang digunakan jika spesifikasi ban tersebut tidak tertulis dalam panel rekomendasi tekanan ban.
Gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban
Dikarenakan partikel gas Nitrogen (N2) lebih besar dibandingkan Oksigen (O2), maka N2 dapat mencegah terjadinya kebocoran (rembesan) yang menyebabkan berkurangnya tekanan gas (angin) pada ban. Selain itu Nitrogen aman digunakan karena tidak bisa terbakar, tidak berbau, dan merupakan bagian dari gas yang ada di atmosfir yang juga kita hirup sehari-hari.
Untuk membedakan mana ban yang di dalamnya berisi gas biasa dan yang berisi gas N2, umumnya disepakati dengan menggunakan tutup pentil (ventil) berwarna Hijau bertuliskan N2 untuk ban yang diisi gas N2.
Keuntungan menggunakan N2 sebagai gas pengisi ban
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang)
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang)
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin)
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata)
5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga)
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban)
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi)
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban - overpressure)
N2 sendiri sudah digunakan terlebih dahulu di arena balap, pesawat terbang dan kendaraan berat khusus, sebelum diperkenalkan ke publik untuk digunakan di kendaraan sehari-hari mobil maupun motor.
Kelemahan gas Nitrogen (N2) sebagai gas pengisi ban.
1. Harga yang masih mahal
Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu - 10ribu rupiah.
2. Perawatan
Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.
3. Ketersediaan
Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.
NOTE:
Apabila tekanan N2 berkurang dan tidak ditemukan bengkel yang menyediakan pengisian N2, kita dapat menambahkannya dengan gas / angin ban seperti biasa yang mudah ditemui di tepi jalan, sebagai langkah darurat. Namun apabila kita sudah dapat menemukan bengkel yang menyediakan pengisian N2, sebaiknya ban tersebut kembali dikuras ulang untuk diisi kembali dengan gas N2 murni.
Regards,
a.budiarto
a.budiarto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Fri May 16, 2008 2:46
- Location: Depok
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
Sorry kalo ngelantur masalah nitrogen,
Back to topic: saya pernah juga punya pengalaman tidak menyenangkan saat cuci mobil di salah satu bengkel milik TOMO BRIDxxx. marah betul saya dan sejak saat itu gak pernah lagi mampir ke bengkel tsb. Cari TOMO BRIDxxx yang lain diseberang jalan dan sudah jadi langganan...
Back to topic: saya pernah juga punya pengalaman tidak menyenangkan saat cuci mobil di salah satu bengkel milik TOMO BRIDxxx. marah betul saya dan sejak saat itu gak pernah lagi mampir ke bengkel tsb. Cari TOMO BRIDxxx yang lain diseberang jalan dan sudah jadi langganan...

Regards,
a.budiarto
a.budiarto
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
Bukan di Surabaya tapi Jakarta, apa perlu diinfokan?
TODA racing Jakarta : kalau ganti oli cek bautnya kenceng apa nggak. Suka nggak kenceng shg oli netes. Kalau Panther bisa habis tuh oli, krn biasanya ngucurnya cepet kalau mobil yg satu ini, turun mesin deh.
TODA racing Jakarta : kalau ganti oli cek bautnya kenceng apa nggak. Suka nggak kenceng shg oli netes. Kalau Panther bisa habis tuh oli, krn biasanya ngucurnya cepet kalau mobil yg satu ini, turun mesin deh.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
bukan masalah kenceng atau kaga bro, tapi pastikan dipakein seal yg putih2 itu logh, atau cek O ring nya masi ada atau kaga.... lagian saya uda langganan di toda utk ganti oli smua mobil saya sigh blom perna yah bermasalah kaya gt.... btw, jangan sembarangan suruh mekanik kencengin baut, karena biasanya mereka maen kencengin tanpa pake perhitungan lagi, dan utk mobil tertentu sperti avxen, tuh lubang drat bautnya gampang los alias blong alias dol alias jebol...
numpang lewat aja....


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 213
- Joined: Wed Oct 25, 2006 9:42
- Location: Surabaya
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
kencengin baut mobil setau sy ada batasannya, kalo kondisi blok mesin panas lbh cepet dol..finally mesti di Tap ulang oversize dr aslinya.
Kalo pake Nitro seh lbh awet gk cpt kempes & juga lbh empuk di jalan tdk rata. sy isi depan 35 belakang 40 ( sesuai petunjuk di samping kanan jok sopir kalo pintu terbuka mestinya kalo sering full penumpang/4 org = 44 klu jrg =35 maka sy ambil tengah2nya)
thx 4 share guys!
Kalo pake Nitro seh lbh awet gk cpt kempes & juga lbh empuk di jalan tdk rata. sy isi depan 35 belakang 40 ( sesuai petunjuk di samping kanan jok sopir kalo pintu terbuka mestinya kalo sering full penumpang/4 org = 44 klu jrg =35 maka sy ambil tengah2nya)
thx 4 share guys!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
biasanya gini neh.......mandala1 wrote:Jangan2 shockbreker mobil saya dah ampir mati, parah......
secara isi angin biasa khan gratis, trus ngisi nitrogen khan bayar.......... jadi biar ga kecewa maka bilang ajah lebih empuk dll.....dlll.......dllll........ gitu lohhhhh...... hehehe.....
Secara ane saat itu abis ganti shock absorber, trus ga lama kemudian ane cobain itu angin yg namanya nitrogen.......... n gratis pula.........
Ane kirain ada perbedaannya........ ehhh ........ ga taunya sama ajah................ jadi biarpun gratis ane rada males ngisinya......... krn tempatnya rada jauh, sedangkan klo angin biasa, tinggal idupin ajah kompressor di rumah pak propessssorrrrr aki............ beresss dah........ mbl bisa ngacir lagi............ hehehe..........
Sorry bukannya mo adu pendapat, tp ini sekedar hanya pendapat ane ajah......... Jadi klo dirasakan tulisan ane ga sesuai ama yg baca n kebetulan pake nitrogen pula n kebetulan juga merasakan klo pake nitrogen ternyata lbh empuk, yahhh silahkan aja ...... diteruskan, krn ane juga ga jualan nitrogen, jadi ga mau berdebat masalah nitrogen........... tul ga........ hehehe..................

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
Yah, aku khan gak ngerti masalah kayak ganti oli gituan. Soalnya udah tua, buat jongkok aja susah. Apalagi lihat ada ring2 putih hitam dan biru gitu. Maunya aku ngomong tolong ganti oli, terus baca majalah di ruang AC, terus bayar dan pulang. Gak perlu ngawasin apalagi nunggu apa ada tetesan atau nggak.
Kalau yg lain gak ada masalah ya bagus dah, mungkin aku aja yg pemalas dan kurang kontrol.
@bung Sjam : Ha ha ha kalau ngomong nitrogen bisa meledak dah ini tread. Psst, coba saya tanya, tuh yang jual nitrogen dapet dari mana gasnya. Tapi psst, jangan dibahas ya. Kita bisik2 aja, jangan sampai ada yang tahu.
Kalau yg lain gak ada masalah ya bagus dah, mungkin aku aja yg pemalas dan kurang kontrol.
@bung Sjam : Ha ha ha kalau ngomong nitrogen bisa meledak dah ini tread. Psst, coba saya tanya, tuh yang jual nitrogen dapet dari mana gasnya. Tapi psst, jangan dibahas ya. Kita bisik2 aja, jangan sampai ada yang tahu.
Ready to Race
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed May 06, 2009 2:56
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
woi , emangnya bisa nggak sih kita mengecheck bahwa bener2 nitrogen isi ban kita?
Jangan2 dibongin. Tahu kan mental bangsa ini seperti apa sekarang. degradasi...
Pengalaman gue diwanti2 oleh bengkel besar , saat gue isi nitro. Katanya:
SEKALI ISI NITRO JANGAN COBA2 CAMPUR DGN UDARA BIASA MAS.... NANTI MELEDAK.....
Bener nggak sih???
Jangan2 dibongin. Tahu kan mental bangsa ini seperti apa sekarang. degradasi...
Pengalaman gue diwanti2 oleh bengkel besar , saat gue isi nitro. Katanya:
SEKALI ISI NITRO JANGAN COBA2 CAMPUR DGN UDARA BIASA MAS.... NANTI MELEDAK.....
Bener nggak sih???

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
gw pernah mencampur nitrogen dgn angin biasa,, dan ternyata ndak apa2..Diki_Oke_Deh wrote:woi , emangnya bisa nggak sih kita mengecheck bahwa bener2 nitrogen isi ban kita?
Jangan2 dibongin. Tahu kan mental bangsa ini seperti apa sekarang. degradasi...
Pengalaman gue diwanti2 oleh bengkel besar , saat gue isi nitro. Katanya:
SEKALI ISI NITRO JANGAN COBA2 CAMPUR DGN UDARA BIASA MAS.... NANTI MELEDAK.....
Bener nggak sih???

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
huh?kaga mgkn lah meledak...ini pengalaman ane lhor..cm sayang duit saja kalo kecampur..cmiiw
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
Kalau masih ingat biologi, gue nafas tiap menit nitrogen 20% campur2 yg lain. Sampai saat ini gue aman2 aja. Setahu saya nitrogen ini termasuk relatif inert dan tidak jadi volitile, kecuali kalau jadi NOs.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
(bisik2 model on)asudarsono wrote:
@bung Sjam : Ha ha ha kalau ngomong nitrogen bisa meledak dah ini tread. Psst, coba saya tanya, tuh yang jual nitrogen dapet dari mana gasnya. Tapi psst, jangan dibahas ya. Kita bisik2 aja, jangan sampai ada yang tahu.
mungkin dikumpulin dari anak buatnya........ jadi pagi hari itu anak buahnya disuruh nyetor gas............ gas alami yg berasal langsung dari sumbernya......... hahaha..........


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
ampe saat ini ane ga tau bro, krn ga bisa diliat, jadi cuma berdasarkan kepercayaan ajah ama yg jual...............Diki_Oke_Deh wrote:woi , emangnya bisa nggak sih kita mengecheck bahwa bener2 nitrogen isi ban kita?
Jangan2 dibongin. Tahu kan mental bangsa ini seperti apa sekarang. degradasi...
Pengalaman gue diwanti2 oleh bengkel besar , saat gue isi nitro. Katanya:
SEKALI ISI NITRO JANGAN COBA2 CAMPUR DGN UDARA BIASA MAS.... NANTI MELEDAK.....
Bener nggak sih???
ga bener tuhh........ secara bengkel tsb cuma menakut2i nt ajah, spy bisa menguras kantong nt ................
secara anenya pernah mencampurkannya n ternyata ga apa2 tuh............ Nah yg jadi masalah klo ngisinya terlalu berlebihan tekanannya shg ada kemungkinan jadi meledak. Oleh sebab itu saat isi angin ban, baik itu pake angin biasa maupun nitrogen, HARUS diperhatikan tekanannya...........

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
oohh, iya yah, pak sjamsul khan ada pabriknya yah??sjamsul wrote:(bisik2 model on)asudarsono wrote:
@bung Sjam : Ha ha ha kalau ngomong nitrogen bisa meledak dah ini tread. Psst, coba saya tanya, tuh yang jual nitrogen dapet dari mana gasnya. Tapi psst, jangan dibahas ya. Kita bisik2 aja, jangan sampai ada yang tahu.
mungkin dikumpulin dari anak buatnya........ jadi pagi hari itu anak buahnya disuruh nyetor gas............ gas alami yg berasal langsung dari sumbernya......... hahaha..........![]()


Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
hehehe, jadi lain dong ceritanya....bukan meledak karena kecampur o2, tapi karena over ngisinya...sjamsul wrote:ampe saat ini ane ga tau bro, krn ga bisa diliat, jadi cuma berdasarkan kepercayaan ajah ama yg jual...............Diki_Oke_Deh wrote:woi , emangnya bisa nggak sih kita mengecheck bahwa bener2 nitrogen isi ban kita?
Jangan2 dibongin. Tahu kan mental bangsa ini seperti apa sekarang. degradasi...
Pengalaman gue diwanti2 oleh bengkel besar , saat gue isi nitro. Katanya:
SEKALI ISI NITRO JANGAN COBA2 CAMPUR DGN UDARA BIASA MAS.... NANTI MELEDAK.....
Bener nggak sih???
ga bener tuhh........ secara bengkel tsb cuma menakut2i nt ajah, spy bisa menguras kantong nt ................
secara anenya pernah mencampurkannya n ternyata ga apa2 tuh............ Nah yg jadi masalah klo ngisinya terlalu berlebihan tekanannya shg ada kemungkinan jadi meledak. Oleh sebab itu saat isi angin ban, baik itu pake angin biasa maupun nitrogen, HARUS diperhatikan tekanannya...........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
Lhoo.....ga papa koq om, kita diskusiin aja dgn damai.... Lagi pula ini bukan persaingan bisnis koq, cuma sharing pendapat ajah.....sjamsul wrote: Sorry bukannya mo adu pendapat, tp ini sekedar hanya pendapat ane ajah......... Jadi klo dirasakan tulisan ane ga sesuai ama yg baca n kebetulan pake nitrogen pula n kebetulan juga merasakan klo pake nitrogen ternyata lbh empuk, yahhh silahkan aja ...... diteruskan, krn ane juga ga jualan nitrogen, jadi ga mau berdebat masalah nitrogen........... tul ga........ hehehe..................
Nah sapa tau bisa bermanfaat buat kita semua, terutama rekan2 SMers yg sedang berencana ngisi angin, he...he...
Tapi kalo kota saya, kalo ban mobil kita merk 'Brid***ne' mau isi angin nitro gratis koq di Toko Model,,
Jadi kesimpulannya apakah tambah empuk atau tidaknya angin nitrogen, tergantung dari sugesti saja? ...

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
hmm,, apa pengaruhnya untuk jangka panjang, jd ndak bisa dibuktikan secara langsung??mandala1 wrote:Lhoo.....ga papa koq om, kita diskusiin aja dgn damai.... Lagi pula ini bukan persaingan bisnis koq, cuma sharing pendapat ajah.....sjamsul wrote: Sorry bukannya mo adu pendapat, tp ini sekedar hanya pendapat ane ajah......... Jadi klo dirasakan tulisan ane ga sesuai ama yg baca n kebetulan pake nitrogen pula n kebetulan juga merasakan klo pake nitrogen ternyata lbh empuk, yahhh silahkan aja ...... diteruskan, krn ane juga ga jualan nitrogen, jadi ga mau berdebat masalah nitrogen........... tul ga........ hehehe..................
Nah sapa tau bisa bermanfaat buat kita semua, terutama rekan2 SMers yg sedang berencana ngisi angin, he...he...
Tapi kalo kota saya, kalo ban mobil kita merk 'Brid***ne' mau isi angin nitro gratis koq di Toko Model,,
Jadi kesimpulannya apakah tambah empuk atau tidaknya angin nitrogen, tergantung dari sugesti saja? ...

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kejadia menjengkelkan di bengkel mobil (sby)
maksud ane gini dal, wlp isi nitrogennya itu gratis, tp khan belum memasyarakat alias belon tentu di setiap bengkel ban itu tersedia gas nitrogen.Jadi lepas dr lbh baik ato tidaknya, pemakaian nitrogen bisa bikin repot, kalau dah terlanjur punya sugesti jika pake nitrogen itu lbh empuk. Sedangkan klo pake angin biasa, di manapun dah pasti banyak atau bisa isi sendiri, secara anenya selalu menyediakan pompa kaki di mbl ane, jadi siapa tau ntar ketemu yg alus2 n mo kenalan, jadi lbh mudah (pura2 mo nolongin, pdh ada maunya)......................hihihi...............mandala1 wrote:Lhoo.....ga papa koq om, kita diskusiin aja dgn damai.... Lagi pula ini bukan persaingan bisnis koq, cuma sharing pendapat ajah.....sjamsul wrote: Sorry bukannya mo adu pendapat, tp ini sekedar hanya pendapat ane ajah......... Jadi klo dirasakan tulisan ane ga sesuai ama yg baca n kebetulan pake nitrogen pula n kebetulan juga merasakan klo pake nitrogen ternyata lbh empuk, yahhh silahkan aja ...... diteruskan, krn ane juga ga jualan nitrogen, jadi ga mau berdebat masalah nitrogen........... tul ga........ hehehe..................
Nah sapa tau bisa bermanfaat buat kita semua, terutama rekan2 SMers yg sedang berencana ngisi angin, he...he...
Tapi kalo kota saya, kalo ban mobil kita merk 'Brid***ne' mau isi angin nitro gratis koq di Toko Model,,
Jadi kesimpulannya apakah tambah empuk atau tidaknya angin nitrogen, tergantung dari sugesti saja? ...


