Satria F 150, "nembak..!!!!"
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Mon Nov 29, 2004 10:45
Satria F 150, "nembak..!!!!"
guys,
Mungkin para riders Satria F150 punya pengalaman yang sama nih untuk di sharing nihh.....
Satria f150 gua kok bunyi knalpotnya kayak (apa beneran nembak)nembak gitu, itu normal apa emang ada yg salah yaaa...
tolong pencerahan dong...
thx lho
Mungkin para riders Satria F150 punya pengalaman yang sama nih untuk di sharing nihh.....
Satria f150 gua kok bunyi knalpotnya kayak (apa beneran nembak)nembak gitu, itu normal apa emang ada yg salah yaaa...
tolong pencerahan dong...
thx lho
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
nembak pada waktu gas dilepas atau selalu nembak? kalo nembak pada saat gas dilepas, berarti campuran udara kurang.... coba putar pengaturan udara ke arah berlawanan arah jarum jam sedikit, karena satria gua pada waktu pertama datang juga begitu.... eh... btw gua dapet noken as racing satria F nih..... akan dicoba kedasyatannya berbarengan dengan penggantian CDI unlimiter....
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Jan 05, 2005 3:49
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
merk nya belum tahu, pro bike import dari thailand. besar kemungkinan bukan yoshimura, karena saya sempat email dgn yoshimura japun, mereka tidak membuat untuk publik racing parts yang dipake suzuki thailand. harganya emang muahal banget untuk sepasang cam, 5 jeti jack! karena saya penasaran ya... sikat aja, dari pada menyesal....
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Jan 10, 2005 10:00
- Location: BOGOR

Halo temen2 riders satria f150, saya mau bagi pengalaman aja. memang bener kondisi standar knalpot nembak. awalnya, Saya udah ganti busi, setting karbu, tapi masih nembak juga malah ada gejala mbrebet.....akhirnya saya coba service di dealer yg lebih besar ternyata sembuh, solusinya pilot jet ternyata terlalu kecil sehingga pasokan bensin miskin, akhirnya ama mekanik pilot jetnya di rojok dikit biar rada gede, trus disetting ulang dan kalo masih nembak busi coba agak dirapetin sekitar 0.7 mm, kalo satria saya sih manjur dgn cara spt itu, semoga aja berguna buat temen2......nah kalo pengen lebih sip kalo udah service kedua bisa coba ganti pake pilot jet shogun 125 yg udah gede dari sananya.....selamat mencoba! oh ya, jangan lupapake pertamax ......
AUTOMOTIVE IS A GOOD HOBBY......KEEP GOING GUYS...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
saya sarankan sebaiknya pilot jet jangan di utak atik, tetapi diganti sekalian yang bernomor, jadi jelas aturannya. memang satria F sering nembak, beda dengan sodara nya Raider 150, karena ternyata jeroan karburatornya berbeda, mungkin indo mobil pengen bikin motor ini lebih ngirit tapi efeknya performa berkurang, perbedaan nya pilot jet SAtria F150= 12.5 anda bisa ganti dengan nomor 15, sedangkan mainjet nya standar 110 anda bisa ganti dengan 112.5, ini dengan kondisi knalpot standar lho ya... dijamin larinya akan menunjukkan sifat dan tabiat Stria F sebenarnya... tapi jangan lupa setel angin nya.... suruh mekanik pasti bisa..... namun kalo masalah anda adalah knalpot nembak... sebenarnya tinggal setel angin beres tuh.... cuma kalo performa ya itu tadi... mesti ikut langkah2 taktis tersebut hehehe
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Jan 05, 2005 3:49
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Mon Nov 29, 2004 10:45
hehehehe....Handy wrote:Bensinnya premium ya? Coba pakai Pertamax.
bensin saya pertamax bos (soalnya sayang mesin)
Kl yg urusan nembak (pas lepas gas) itu ternyata betul harus distel anginnya karena ke-curigaan saya itu juga termasuk pengapiannya....
Dan untuk temans yg mau ganti pilot jet (spuyer, dll), betul kata teman kita itu mendingan cari yg ada nomernya karena lebih presisi...tp ati-2 jangan sampe kempos/boros doang, krn yg namanya ngoprek karburator settingan harus pas dan untuk nyari pas itu yg susah & harus dipake dulu untuk ngerasainya (drpd kempos).
Untuk teman yg mau modif. saran saya jangan terlalu extrime karena motor kita kan baru jadi kl mau modif. engine mendingan nanti lah 1 taun baru kita gas POLLLL...... Kl masalah noken as diganti yg racing kata salah satu teman kita saya rasa sayang yaa...terlalu memaksaan mesin (lagian nyarinya susah noken ass-nya, saya sih belom ketemu)
mending karb., style & knalpot aja di modif. kan asik tuh....
Nah, temans ada yg geber ampe abizzz gak nih, kira-2 maks speednya berapa? Kl di Dynotest sih itu kurang mewakili karena disitu gak ada traksi dan kendala angin jd menurut saya kurang akurat yaaa...
Gimana?
piss ah...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
ganti noken as ibarat ganti jantung atlet lah, jadi napas untuk menghirup bensin dan udara lebih banyak... dan hidung nya (karburator) biarin standar aja semacam itu. sebenarnya awet tidak nya mesin tidak berdasarkan ganti noken as saja, karena fungsi noken as adalah mengatur waktu buka tutupnya valve, semakin lama valve terbuka maka semakin banyak bensin dan udara yang masuk ataupun keluar.... jadi.... kalo ganti noken as tapi makenya kagak ngawur... misal sering digeber diatas 11.500 rpm dalam waktu yang lama ya pasti umur mesin akan berkurang... tapi kalo dipake wajar dengan beban mesin yang bervariasi ya gak masalah.... begitu pula kalo mesin standar tapi sering dipaksa ya pasti cepet rusak.... cuman ya itu, kalo pake motor tarikan enak biasa anak muda suka main tarik2 m'lulu so.. ya.... efeknya berbanding terbalik dengan umur motor... apalagi noken as untuk satrai F paling2 juga baru pada stage 1, jadi gak perlu modif piston ataupun ganti spring valve...saya motivasi ganti cam untuk senang2 saja... saya pada dasarnya emang suka tekhnologi... jadi selalu pengen ngebuktiin... seneng lho punya motor kenceng mesti cuma dipake seminggu dua kali... hehehe bukannya sombong.. tapi pelampiasan masa kecil kurang bahagia... karena dulu SMA selalu pake sepeda onthel... mau beli RX king gak pernah kesampean, skrng jadi pengen ngebales masa muda hehehe btw kalo penggantian knalpot wajib menurut saya, baik standar maupun modif... tapi harus diikuti dengan penggantian spuyer.... saya telah jelaskan cukup banyak di milis satria di yahoogroups tuh...
buat herry ganz, justru jangan ganti karburator doank... hidungnya gede tapi jantung nya kecil malah mubazir.... satria F udah 26mm tuh.... cukup aja untuk spek harian.... dan lagi adanya yang model venturi biasa... bukan contant velocity (vacum) seperti kita punya.... kecuali anda bisa dapet karburator nya FXR atau Scorpio.... mengenai top speed, saya baru coba sampai gigi 5 bisa dapet 130 kpj, lupa oper ke 6 karena udah cukup kenceng.... kemarin coba tarikan ama shogu 125 udah full modif tarikan 1 dan 2 nya kalah gua.. mungkin karena berat badan yang 80 kg
buat herry ganz, justru jangan ganti karburator doank... hidungnya gede tapi jantung nya kecil malah mubazir.... satria F udah 26mm tuh.... cukup aja untuk spek harian.... dan lagi adanya yang model venturi biasa... bukan contant velocity (vacum) seperti kita punya.... kecuali anda bisa dapet karburator nya FXR atau Scorpio.... mengenai top speed, saya baru coba sampai gigi 5 bisa dapet 130 kpj, lupa oper ke 6 karena udah cukup kenceng.... kemarin coba tarikan ama shogu 125 udah full modif tarikan 1 dan 2 nya kalah gua.. mungkin karena berat badan yang 80 kg
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Mon Nov 29, 2004 10:45
hehehehe...
Bung piterr maksudnya bukan ganti karburator...ganti pilot jetnya dkk-nya (yg dianggap perlu) biar agak gila dikiiiiit dari standart-nya bos.....
oh iya waktu lari 130km/h itu udah dimodif. apanya bung piterr? apa udah sempet ganti juga tuh jeroan karb. apa wkt itu kondisi standart??
Buat Rekans yg lain, tau gak tempat setting f150 yg kira-2 handal gitchuuu...
Tolong pencerahaan dong....
Piss ahh....
Bung piterr maksudnya bukan ganti karburator...ganti pilot jetnya dkk-nya (yg dianggap perlu) biar agak gila dikiiiiit dari standart-nya bos.....
oh iya waktu lari 130km/h itu udah dimodif. apanya bung piterr? apa udah sempet ganti juga tuh jeroan karb. apa wkt itu kondisi standart??
Buat Rekans yg lain, tau gak tempat setting f150 yg kira-2 handal gitchuuu...
Tolong pencerahaan dong....
Piss ahh....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Mon Nov 29, 2004 10:45
Ohhh.....gitchu........kirain masih dalam keadaan standartpiterr wrote:hanya ganti knalpot dan sesuaikan spuyer saja.... kalo waktu standar gak pernah digeber... maklum masih reyen... pernah udah ganti spuyer tanpa knalpot free flow gigi 5 nya 115kpj... cuma kalo masih pake knalpot standar selalu ada nahan di rpm 6000 sampai 7500....
btw, gimana nih bengkel yg patent.......
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
hmm... mungkin ini hanya pandangan orang yang awam aja, ya (saya bukan mekanik). Tapi, nggak papa kan kalau nembak waktu gas dilepas. Maksud gue, bukannya motor2 balap kalau sudah dilepas gas selalu nembak? hehehehe. CBR saya justru nembak setelah saya utak atik(timing cam dimundurin sedikit, walau cuma kira2), dan nggak papa juga sih.
Tapi, kalo ngilanginnya, saya nggak berani bilang apa2. Kalau misalnya timingnya dimajuin, kan nanti waktu buka gas gimana jadinya?
Tapi, kalo ngilanginnya, saya nggak berani bilang apa2. Kalau misalnya timingnya dimajuin, kan nanti waktu buka gas gimana jadinya?

-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Mon Mar 14, 2005 1:52
Re: Satria F 150, "nembak..!!!!"
[quote="herryganz"]guys,
kalo gw sih dah pernah ngalamin terus gw ganti spuyer + main jet ukuran 115 (naikin 2 step biar motor lho juga ngejos gitu ) CDI juga perlu tuh di ganti
kalo gw sih dah pernah ngalamin terus gw ganti spuyer + main jet ukuran 115 (naikin 2 step biar motor lho juga ngejos gitu ) CDI juga perlu tuh di ganti
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Wed Jan 19, 2005 6:22
hii semua
ada masalah nih
ada yg tau gak tempat beli spuyer buat satria150 ukuran main jet nya 120 and pilot nya 20 ato main nya 112,5 and pilot nya sama di mana yaa kata nya kalo pake kitaco gak bisa harus beli yg mikuni but di mana beli nya and harga nya brapa plz yaa kasih tau ohh iya ak di jakarta nih ok thanks yaa
ada masalah nih
ada yg tau gak tempat beli spuyer buat satria150 ukuran main jet nya 120 and pilot nya 20 ato main nya 112,5 and pilot nya sama di mana yaa kata nya kalo pake kitaco gak bisa harus beli yg mikuni but di mana beli nya and harga nya brapa plz yaa kasih tau ohh iya ak di jakarta nih ok thanks yaa
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50