Glare vs Paint protection

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Glare vs Paint protection

Post by calvin99 »

Rekan2 semua.....saya mau nanya nih....
bedanya glare sama paint protection yg biasa(e.g: TKD, Ziebart,etc) itu apa yah?? apa sama aja fungsinya?? or glare itu cuma kaya salon mobil aja??
Kalo mobil baru baiknya langsung di Glare aja, apa dikasih Paint protection???
sebenernya fungsi glare sama paint protection itu sama gak??

kalo emang sama, kayanya saya lebih prefer glare deh, drpd paint protection yg dari dealer...

thx yah.....
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Bung Calvin99,

Kalau saya bilang, Glare itu seems good, very good. Tapi harga mereka terlalu tinggi. Profit marginnya terlalu tinggi. Saya pernah lihat website yang jual liquidnya glare. Paling cuman berapa ratus ribu. Cuman mereka tidak jual ke Asia gara gara somekind of agreement. So, saya tidak mau keluar jutaan rupiah untuk bahan cuman segitu ! Unless U have tons of money or mobil anda macam S Class. Then give it a try !

Kalau paint protection, saya pernah lihat dan di demo di showroom Ziebart di Jln. Suprapto. Menurut saya, liquidnya dan hasilnya mirip ama wax import seperti Meguiars, Turtle Wax, Zymol etc. Dan harga Ziebart jauh lebih tinggi. Bisa saja Ziebart sengaja price tinggi supaya imagenya liquidnya kesan bermutu tinggi ! Kalau murah kan orang malah takut !

Cuman dari experience saya main / apply banyak macam wax (Meguiars, Turtle Wax, Kit, Zymol, even AutoSol), I seriously feel Paint Protection juga lumayan overpriced. Wong hasilnya ama mobil saya sesudah saya wax mirip banget. Cairannya mereka baunya dan viscositasnya juga mirip ! Its just pricing for image ! Hati hati !

From my humble experience, paling sip DIY (do it yourself). Murah, kan kita tidak bayar jasa dan cuman beli bahan tok. Kita bisa control langsung bahan yang di pakai. Bisa saja salon bossnya sengaja suruh staffnya irit supaya profit lebih tinggi.

Kalau DIY, wah, seperti saya, mau boros no problem. Supaya coveragenya rata dan benar " banjir wax ".

Buktinya Stream saya sudah 3 tahun dan masih kinclong !

Apalagi Ziebart di Indo. Bukan saya mau jelekkin atau gimana, tapi tau sendiri di Indo, what they really put inside we don't know. Bisa saja bossnya isi wax Meguiars dan jual as paint protection. Hasilnya memang tetap bagus, tapi kan kita bayar jauh lebih tinggi banding DIY !

Even if Ziebart benar ada cairan sendiri, saya yakin mutunya tidak beda jauh ama Zymol, Meguiars. 2 wax ini sudah sangat terkenal di US. Malah jarang orang bilang Paint Protection lebih herbat banding wax terkenal.

Satu lagi Zaino. Tapi saya tidak ketemu barangnya di Indonesia. Anybody knows if this stuff ada di Indonesia ?
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

hai bung Szli....
saya juga bingung soalnya dari dealer ditawarin 800rb, trus kalo di Glare kira2 1 jt-an...

nah, emang paint protection gitu bisa tahan brapa lama?? apa ada interval waktunya harus dilapis lagi??

kalo Glare yg saya tau kasih garansi 1 1/2 taon gak usah di wax2 lagi, trus tiap 6 bln boleh kontrol gratis....(setelah saya pikir2 kayanya worth it juga kalo segitu), soalnya mobilnya kalo jadi warnanya item nih....
kan jelek kalo warnanya baru 1 taon udah blutuk....
lagian takut juga kalo suruh orang cuci ntar banyak swirl marknya.... makanya rencananya mau dikasih protection gitu...

bung Szli, kalo DIY biasa u pake alat gak ngerjainnya??

thx
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

btw, bung Szli, emang yg paint protection gitu sama wax sama yah???
kalo wax kan ilang kalo mobilnya sering2 dicuci??iya kan yah??CMIIW

nah kalo protection ini sama juga???
kalo sama juga yah mubazir yah pake gini2an?
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Wah! 800,000 dan 1 juta keatas bisa beli berapa botol wax ter mahal ?

Menurut saya, namanya sifatnya cairan kimia, dan bukan bentuk " film ", pasti umurnya ngak beda jauh banget. Mengenai swirl mark, betul, itu gara gara cuci pakai lap salah ! Saya pernah lihat Odyssey ceper swirl marknya jelas banget. Kasihan ownernya. Either dia tidak ngerti, atau supirnya yang idiot !

Thats why sampai hari ini, mobil saya cuci sendiri. Ada pembantu juga saya tidak mau mereka bantu. Everything car related semua saya yang kerjakan ! Kecuali say orang Nissan dealer yang sering gratis cuciin mobil saya. Mereka pakai lap benar. Itu mendingan. Tapi tetap jika bisa, jangan kasih orang lain cuci, unless sudah ngerti dan pakai lap benar.

Kalau Glare 6 bulan harus mulai di " control ", ya itu tandanya at most daya tahannya dua kali lipat wax bagus. Menurut saya, wax bagus harus di reapply tiap 3 bulan di Jakarta yang panas dan udaranya kotor.

Benar, sering cuci waxnya akan pelan pelan hilang. Tapi kalau tiap 3 bulan reapply, cuci mobil seminggu sekali masih bisa tahan. Saya cuci mobil 1 x per minggu.

Dan bung Calvin99, jangan pernah pakai alat polish yang mirip UFO itu. Saya pernah beli, malah tidak pernah pakai. SOalnya saya mulai sadar, alat paling presisi dan lembut adalah Tanggan kita sendiri. Mesin terlalu kuat. Kalau pressurenya kebanyakan sedikit, takutnya swirl mark keluar nanti, atau clearcoatnya terkikis. Thats why I love my hand more than any alat di salon mobil. It responds to my command instantly dan feedbacknya sangat akurat.

Tip: Saya paling suka untuk apply dan buff wax pakai kain apa U know ? Yaitu kain lap untuk bayi. Beli banyak dengan murah di toko bayi di Mangga Dua seperti toko Bambino / Shinta. Lapnya bisa seperti sarung, masuk tangan kita. Wong muka bayi yang delicate saja bisa, apalagi clearcoat mobil ? Anything OK for baby of course sip untuk mobil. Waktu beli banyak mereka tanya untuk apa, saya bilang mobil. Mereka sampai surprised !

Jangan sampai wax mobil pakai kain yang salah / kasar. Bisa swirl mark, scratch nanti. Mau mobil umur panjang dan awet muda, " Attention to detail " is a must. Thats why prosesnya kadang orang sebut sebagai " Auto Detailing ".
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

Hahahhaa......
i paling suka kalo baca replynya bung Szli.... seru!!! kaya baca cerita....hehehehe
moga2 gak bosen2 sama saya yg banyak nanya...hehehehe abis mnrt saya, bung Szli loves cars and know how 2 protect it....

now back 2 questions....hehehee
Jadi, dari yg saya tangkep, tiap2 mobil itu catnya udah ada protectionnya yaitu clear coat... bener gak nih?

trus yg katanya kalo pake protection itu ngisi pori2..itu apanya yg diisi??heheeh binun saya.....

btw, bung Szli kalo ngeringin mobil yg abis dicuci pake lap apa?? apa pake lap yg buat bayi juga??
soalnya kadang2 swirl mark juga bisa timbul gara2 kita ngeringin mobil pake lap chamois yg sintetis (kaya kanebo).... saya pernah denger2 katanya kalo mau bagus and gak baret2 ngeringinnya pake lap micro fiber gitu yah?? apa yah mereknya saya lupa...
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Saya senang anda merasa seru tulisan saya. Soalnya kalau saya tulis panjang lebar, ngak ada yang baca selain saya sendiri, bisa malas nanti. Percuma dong ?

Sayang saya ngak ada idea bisa tulis novel, seperti JK Rowling yang mantan orang susah, eh tulis Harry Porter langsung jadi milliaran, US$, bukan rupiah ! Talk abt the pen is mightier than the sword !

OK back to cars. Bukan hanya love car, tapi kita keluar banyak uang untuk mobil kita, masak cuekin dan lihat mobil kita rontok perlahan lahan ? Ngak masuk akal kan ? Anyway, orang yang tidak suka mobil pasti jarang muncul di forum ini.

Jika dalam 1-2 tahun mau di jual mobilnya, ya ngak usah wax. Paling 1x setahun. Tapi kalau mau seperti saya, inggin pakai minimal 5 tahun dan mau mobilnya tampil seperti baru setelah berapa tahun, 3x setahun wajib. Toh hanggap saja olah raga di garasi 1x per 3 bulan. Wajar dong ? Ngak terlalu siksa. Pernah lihat wanita yang umur 40an tapi tampang mirip 20an ? What do U think she did with her body and skin ?

Q : Jadi, dari yg saya tangkep, tiap2 mobil itu catnya udah ada protectionnya yaitu clear coat... bener gak nih?

A : Mayoritas mobil sekarang memang ada clearcoat. Itu memang macam protection. Tapi don't count on it. Soalnya fragile. Gampang terbaret dan jika terhajar cuaca terus, pelan rontok juga.

Thats why Meguiars bilang benar, fungsi wax itu adalah semacam " sacrificial protection ". Seperti anda punya banyak anak buah mafia style. Orang jahat mau cari anda dan mau bunuh anda. No problem. Anak buah anda yang maju dan hentikan mereka, meskipun ada berapa yang mati juga. Tinggal dikit, tinggal recruit lagi anak buah baru !

So what happens is, ada wax bagus, dalam berapa bulan, cuaca akan pelan pelan rontokan wax itu. Tapi, artinya clearcoat anda aman, seperti ada payung nutupin anda saat hujan. Jadi " the untouchables " !


Q: trus yg katanya kalo pake protection itu ngisi pori2..itu apanya yg diisi??heheeh binun saya.....

A: Mungkin artinya, clearcoat / cat setelah tua pasti mulai rontok. Dan permukaannya sudah tidak rata lagi. Sebagian hancur dulu. Thats where the pori pori come in. Sebelum total hancur, wax / paint protection akan isi pori pori itu dan juga form a new thin layer pf protection.

Q: btw, bung Szli kalo ngeringin mobil yg abis dicuci pake lap apa?? apa pake lap yg buat bayi juga??
soalnya kadang2 swirl mark juga bisa timbul gara2 kita ngeringin mobil pake lap chamois yg sintetis (kaya kanebo).... saya pernah denger2 katanya kalo mau bagus and gak baret2 ngeringinnya pake lap micro fiber gitu yah?? apa yah mereknya saya

A: Kalau keringgin mobil, ngak pakai lap bayi lagi. Water absortionnya kurang bagus. Saya tetap pakai Chamois. Beli di Carrefour merek Wuizz. Murah, meriah dan bagus lagi. Asal Chamoisnya tidak kotor, jamin tidak akan ada swirl mark. Asal waktu keringgin, mobil juga sudah bersih.

Lap micro fiber ? Saya tidak tahu tentang itu.

Wax benefitnya juga jika ketemu lap yang agak kasar / kotor, lapisan wax akan minimize chancenya baret. Thats why mobil sering di wax, swirl mark jarang terjadi. Ada juga minim.

Ngomong ngomong, kalau ada orang yang opininya beda ama saya, dan yakin saya ada salah, or better alternative, tolong koreksi. I am here not to show I am smart, but I am here to learn from everybody, to exchange opinions, supaya mobil kita akan dapat care yang lebih bagus, dan akan awet muda !

Anything manmade can be destroyed. Dan bung Calvin99, meskipun sesudah wax, jangan hanggap mobil kita jadi macam panzer, kulitnya makin tebal, kuat. Of course thats not true. Tetap gaya stir harus hati hati. Wax sebagus apapun juga percuma jika tersenggol ama Bajai, motor, etc.

Last tip, saya kalau stir mobil ambil concept dari dunia fighter pilot - " Situational Awareness " . Artinya kita harus mirip pilot, harus tahu lingkugan kita, musuh (traffic lain) apakah sudah hampir tabrak. Jangan assumsi orang lain good drivers. Mending kalau lihat orang lain gila, sudah mau nabrak kita, kita yang take evasive action dulu.

Dan juga, "Drive predictably", supaya orang lain tidak kaget dan nabrak / senggol kita. Thats why, I am lucky so far, tidak pernah nabrak orang ! I drive like I have all the time in the World. Bukan artinya pelan, tapi anda kalau mau shadow saya, gampang banget ! Tapi memang di Indo, kadang orang lain idiot banget ! Bikin kesal ! Saat itu kita yang harus nahan diri dan tidak marah ! Memang susah, but we must try ! I have gone nuts sometimes, but I try to reduce it.
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Eeeittttssss, jangan salah bung, saya juga baca.
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

Bung Pinoh.... makanya kalo udah baca ditunggu nih komentar2nya....biar keliatan ada yg baca gitu...hehehe
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

Buat rekan2, ini ada link tentang cara merawat mobil...moga2 berguna....

http://www.web-cars.com/detail/
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

szli wrote:Saya senang anda merasa seru tulisan saya. Soalnya kalau saya tulis panjang lebar, ngak ada yang baca selain saya sendiri, bisa malas nanti. Percuma dong ?

Sayang saya ngak ada idea bisa tulis novel, seperti JK Rowling yang mantan orang susah, eh tulis Harry Porter langsung jadi milliaran, US$, bukan rupiah ! Talk abt the pen is mightier than the sword !

OK back to cars. Bukan hanya love car, tapi kita keluar banyak uang untuk mobil kita, masak cuekin dan lihat mobil kita rontok perlahan lahan ? Ngak masuk akal kan ? Anyway, orang yang tidak suka mobil pasti jarang muncul di forum ini.

Jika dalam 1-2 tahun mau di jual mobilnya, ya ngak usah wax. Paling 1x setahun. Tapi kalau mau seperti saya, inggin pakai minimal 5 tahun dan mau mobilnya tampil seperti baru setelah berapa tahun, 3x setahun wajib. Toh hanggap saja olah raga di garasi 1x per 3 bulan. Wajar dong ? Ngak terlalu siksa. Pernah lihat wanita yang umur 40an tapi tampang mirip 20an ? What do U think she did with her body and skin ?

Q : Jadi, dari yg saya tangkep, tiap2 mobil itu catnya udah ada protectionnya yaitu clear coat... bener gak nih?

A : Mayoritas mobil sekarang memang ada clearcoat. Itu memang macam protection. Tapi don't count on it. Soalnya fragile. Gampang terbaret dan jika terhajar cuaca terus, pelan rontok juga.

Thats why Meguiars bilang benar, fungsi wax itu adalah semacam " sacrificial protection ". Seperti anda punya banyak anak buah mafia style. Orang jahat mau cari anda dan mau bunuh anda. No problem. Anak buah anda yang maju dan hentikan mereka, meskipun ada berapa yang mati juga. Tinggal dikit, tinggal recruit lagi anak buah baru !

So what happens is, ada wax bagus, dalam berapa bulan, cuaca akan pelan pelan rontokan wax itu. Tapi, artinya clearcoat anda aman, seperti ada payung nutupin anda saat hujan. Jadi " the untouchables " !


Q: trus yg katanya kalo pake protection itu ngisi pori2..itu apanya yg diisi??heheeh binun saya.....

A: Mungkin artinya, clearcoat / cat setelah tua pasti mulai rontok. Dan permukaannya sudah tidak rata lagi. Sebagian hancur dulu. Thats where the pori pori come in. Sebelum total hancur, wax / paint protection akan isi pori pori itu dan juga form a new thin layer pf protection.

Q: btw, bung Szli kalo ngeringin mobil yg abis dicuci pake lap apa?? apa pake lap yg buat bayi juga??
soalnya kadang2 swirl mark juga bisa timbul gara2 kita ngeringin mobil pake lap chamois yg sintetis (kaya kanebo).... saya pernah denger2 katanya kalo mau bagus and gak baret2 ngeringinnya pake lap micro fiber gitu yah?? apa yah mereknya saya

A: Kalau keringgin mobil, ngak pakai lap bayi lagi. Water absortionnya kurang bagus. Saya tetap pakai Chamois. Beli di Carrefour merek Wuizz. Murah, meriah dan bagus lagi. Asal Chamoisnya tidak kotor, jamin tidak akan ada swirl mark. Asal waktu keringgin, mobil juga sudah bersih.

Lap micro fiber ? Saya tidak tahu tentang itu.

Wax benefitnya juga jika ketemu lap yang agak kasar / kotor, lapisan wax akan minimize chancenya baret. Thats why mobil sering di wax, swirl mark jarang terjadi. Ada juga minim.

Ngomong ngomong, kalau ada orang yang opininya beda ama saya, dan yakin saya ada salah, or better alternative, tolong koreksi. I am here not to show I am smart, but I am here to learn from everybody, to exchange opinions, supaya mobil kita akan dapat care yang lebih bagus, dan akan awet muda !

Anything manmade can be destroyed. Dan bung Calvin99, meskipun sesudah wax, jangan hanggap mobil kita jadi macam panzer, kulitnya makin tebal, kuat. Of course thats not true. Tetap gaya stir harus hati hati. Wax sebagus apapun juga percuma jika tersenggol ama Bajai, motor, etc.

Last tip, saya kalau stir mobil ambil concept dari dunia fighter pilot - " Situational Awareness " . Artinya kita harus mirip pilot, harus tahu lingkugan kita, musuh (traffic lain) apakah sudah hampir tabrak. Jangan assumsi orang lain good drivers. Mending kalau lihat orang lain gila, sudah mau nabrak kita, kita yang take evasive action dulu.

Dan juga, "Drive predictably", supaya orang lain tidak kaget dan nabrak / senggol kita. Thats why, I am lucky so far, tidak pernah nabrak orang ! I drive like I have all the time in the World. Bukan artinya pelan, tapi anda kalau mau shadow saya, gampang banget ! Tapi memang di Indo, kadang orang lain idiot banget ! Bikin kesal ! Saat itu kita yang harus nahan diri dan tidak marah ! Memang susah, but we must try ! I have gone nuts sometimes, but I try to reduce it.

Jangan bilang gua gak baca ya......hargai yang baca dong bung szli... :e-whistle:

Saya terus terang agak bingung dgn mobil paint protection, karena kebanyakan saya liat di jalan mobil yang paint portection kalo udah berumur rata2 gak kinclong lagi, malah kusam warnanya....
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

huehuheuhe....Bung Szli didemo.....

@Handling: sama saya juga bingung??!!??..hehehe
mungkin cara ngerawatnya salah kali? mungkin yg punya pikir " ah, udah bayar mahal2 buat paint protection, kaga usah diurus juga gak pa2... pan udah ada protection"..mungkin lho...
Tapi kemungkinan terbesar kalo menurut saya sih salah dalam cara ngerawat catnya....eg: cuci mobil pake detergen yg buat cuci baju!!-----> ini bener2 ngerusak cat mobil.... emang pertamanya kinclong, tapi lama2 catnya jadi kusam...
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Saya di demo ? Wah ! What did I do ???

Paint protection saya ngak pernah ikut. All I know is regular waxing setelah 3 tahun mobil catnya masih OK OK saja. Itu sajah.

Oh, shampoo jangan sembarangan. Jangan pakai macam Sunlight ! Saya beli shampoo macam Zymol / Turtle Wax / Meguiars. Memang banding macam Kit mahal, tapi at least bikinan luar negeri formulanya lebih bisa di percaya. Toh sekali cuci pakai dikit. Bisa tahan berapa bulan kok.

Shampoo yang di bikin khusus di sini, meskipun bermerek, saya tidak terlalu percaya. Tau sendiri di sini. Siapa yang awasin mutu product car care ? Takut formulanya di "oplos", jadi murah, tapi mengandung kimia lebih tajam.

Extra puluhan atau seratus ribu untuk berapa bulan ngak ada artinya kok. so buy the best car shampoo U can afford and trust. " Trust " itu penting. Which would U trust ? Shampoo sama yang di pakai orang Amrik, yang awasannya lebih ketat, atau shampoo khusus made in Indonesia yang murah banget, tapi mutunya ngak ada lembaga yang awasin ?

Bukan masalah nationalist atau tidak. Kita kan mau cari shampoo yang benar lembut untuk mobil kita...
uyak
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sun Sep 19, 2004 4:22

Post by uyak »

Om szli, kalo wax pake merk apa? Saya biasa ngewax motor pake Kit. Apa bener kalau ada yang bilang sering-sering ngewax itu bisa ngegerus cat ?
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Oh iya bung Uyak,

Itu dia, kalau pakai wax yang tidak bagus / tidak benar, kenapa cat malah akan cepat terkikis ? Wax ada tipe yang mengandung " abrasive " biasanya untuk obatin mobil tua yang catnya sudah kusam. Abrasive, artinya waxnya mengandung partikel mini yang agak kasar, supaya cat tuanya di kisis, supaya muncul lapisan baru yang mengkilap. Tapi artinya lapisan catnya makin tipis. Terlalu sering pakai wax macam ini ya cari penyakit. Nanti catnya tinggal dikit !

Kalau mobil / motor masih bagus, untuk maintenance, cari wax bagus yang labelnya bilang " Tidak mengandung abrasive ". Safe for clearcoat. Baru sering pakai OK.

Ada orang bilang merek tertentu yang murah makan cat. Nah, saya pakai wax import, di lapnya tidak ada sedikit cat yang termakan ! Itu baru namanya wax bagus untuk cat kondisi bagus.

Saya suka ama Meguiars / Zymol. Cuman Zymol belum lama pakai. Yang sudah lama yang Meguiars, sudah saya pakai untuk Stream saya 3 tahun, dan ternyata mampu proteksi catnya. Jadi meskipun Zymol / etc. seharusnya bagus juga, yang saya sudah lama uji ya merek Meguiars ini. Cocok untuk motor pasti !

Saya iseng tanya salon paket wax mobil. Gila ! Ada yang harganya sampai puluhan juta ! Gila dak ! Sebagusnya waxnya, ngak masuk akal deh harganya. Saya sentuh mobil di workshop dia, memang licin banget. Tapi banding saya punya yang saya DIY ngak beda jauh banget ! Dan DIY biayanya paling berapa ribu rupiah saja, tergantung pakai waxnya boros tidak.

Apalagi anda wax motor. Pakai waxnya juah lebih sedikit banding mobil. Kalau gitu, anda bisa coba wax yang paling hebat. Meskipun mahal, tapi pakainya sedikit. Jika anda cinta motor anda banget, cobalah Meguiars yang baru. Cari di ace hardware. Namanya lupa. Tapi orang Ace bisa ceritakan, dan harganya sekitar 200,000 lebih per botol. Tapi kelihatannya bagus. Untuk motor, sebotol gitu bisa tahan lama banget ! Kalau mobil, saya mau habisin dulu wax saya yang tua sebelum coba yang baru ini.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

calvin99 wrote:huehuheuhe....Bung Szli didemo.....

@Handling: sama saya juga bingung??!!??..hehehe
mungkin cara ngerawatnya salah kali? mungkin yg punya pikir " ah, udah bayar mahal2 buat paint protection, kaga usah diurus juga gak pa2... pan udah ada protection"..mungkin lho...
Tapi kemungkinan terbesar kalo menurut saya sih salah dalam cara ngerawat catnya....eg: cuci mobil pake detergen yg buat cuci baju!!-----> ini bener2 ngerusak cat mobil.... emang pertamanya kinclong, tapi lama2 catnya jadi kusam...
ha..ha.h.a.a.....pake detergent...kenapa gak pake sunsilk aja sekalian....biar lebih lembut berkilau..... :P
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

pake clear juga sekalian biar ngak ketombe an mobil nya hehehehe
uyak
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sun Sep 19, 2004 4:22

Post by uyak »

Nanya lagi nih :e-dance: (nanya terus melulu...... he..he..he... :D )

Apa pertimbangan pake wax yang liquid, pasta ama spray. Trus bung szli ngabisin wax berapa botol utk serenanya?
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

Yee....dibilangin pada ketawa.....heuheeuuehe

Ini ada kejadian beneran lho..... ada juga yg cuci mobil pake shampoo lifebuoy!!!!!
sampe saya bingung....org kalo kena kulit aja shampoo licinnya gak ilang2...nah tuh mobil mau dilap brapa kali baru bersih???
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kalo shampo lifeboy mungkin ngak begitu licin,
coba pakai sabun dove itu aduh licin nya ngak hilang hilang pake moisturizer (kalo ngak salah nulis nya )
sih
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Bung mpoezz pake dove nie, kekeke!
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Saya sering coba merek 2. Jadi ada berapa belum habis. Setengah setengah. Sulit ukur sudah habis berapa. Tapi tidak boros deh.

Ini pendapat saya : Kalau wax pasta paling sulit untuk apply, tapi mungkin paling tahan lama. Jadi cocok untuk misalnya major wax job, say 2x setahun.

Kalau pasta liquid untuk maintenance, lebih gampang applicationnya. Cocok untuk say applikasi untuk 3 bulan sekali.

Kalau spray, saya juga ada. Itu untuk misalnya anda habis cuci mobil, waktu dan tenaga masih banyak. Dan kepingin iseng nambahin wax yang di mobil. Soalnya spray gampang sekali. Just spray and wipe. So yang ini cocok untuk kapan saja !

Cuman jangan pakai yang spray cuman 3 bulan sekali or lebih lama. Tidak kuat !

Get the idea ?

Kalau shampoo manusia, janganlah ! Surfactantnya takutnya tidak cocok ! Clearcoat mobil ama kulit kita beda kan ? At least Meguiars etc. ngak terlalu berani bikin sembarangan. Mereka fokus di biding car care. Kalau shampoonya jelek, bisa bikin mereka bangkrut nanti !
uyak
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sun Sep 19, 2004 4:22

Post by uyak »

Bung Szli thanks atas pencerahannya.

Saya juga ditawarin pake paint protection ama showroomnya. 650 rebu garansi 1 tahun. Tapi masih pikir-pikir, apa kerjain sendiri atau terima tawaran tersebut. Soalnya saya belon punya garasi (masih canopy) he.....he....he....

Oh ya, kalau kita nyuci & ngewax dibawah canopy kira-kira pengaruh juga nggak ya? Kan canopy nggak sepenuhnya ngeblok panas matahari. Meskipun yang sekelas twin lite
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Mobil saya garasinya muat satu mobil besar dan satu citu car, ngak full rectangle. Jadi Stream saya yang jarang pakai masuk garasi. C24 saya di car port. Saya juga tidak ada canopy.

So, kalau cuci, usahakan jangan saat matahari panas. Mau cuci bangun pagian, atau sore jam 5-6 pm. Jika anda rasa panas saat berdiri di luar car port, artinya not a good time to cuci.

Wax. juga sama. Jangan terlalu panas waktunya.

Kalau saya, saat wax, mobil di dalam garasi. Mobil enak, saya juga ngak derita. Dia bawa matahari panas 3 jam bisa heatstroke, pingsan nanti. Tau sendiri belakangan cuaca bisa sampai 35 celcius !
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Oh bung Uyak, kecuali anda seperti keluarga Sampoerna, baru jual perusahaan, dapat berapa trilliun, kalau saya bilang, 650,000 rp sayang ! Uang segitu bisa beli banyak bensin, atau 4 liter oli paling TOP ! yang bisa tahan 10,000-20,000 km.

Percaya saya, Asal caranya benar, DIY hasilnya OK deh !