DOHC wrote:untung chassis nya ga di spek down jg jadi dari besi plat tipis

btw, saya dulu perna di beritahu kalau utk urusan mesin, masi asli diimport dari jepang karena pabrik di indo blom bisa dalam urusan merakit mesin apalagi membuatnya... tapi kalo utk urusan lain2 nya ,sperti kaca, kursi, doortrim, lampu2 dan kabel2 sudah buatan lokal, bahkan beberapa merek sudah menggunakan AC dan radiator buatan lokal walaupun beberapa atpm sperti suzuki dan nissan masi menggunakan yg made in thailand atau negara lain nya
itu buat mobil regional...
kalo mobil global, terutama sektor2 enginnering masih banyak parts importnya bahkan yg kecil2, terutama mesin.
misal ban; yaris (all) & jazz (kecuali S) masih import, livina juga kayanya.
shockabsorber, kabel2, motor2 & mekanis2, aki biasanya juga masih impor.
at least, radiator nya new jazz itu masih Showa jepang.. A/C sih pasti masih import Sanden/Denso, bedanya a/c mobil global itu special purpose alias sesuai spesifik mesin nya masing2, beda dgn yg buat minibus/mpv lokal.
kalo hi-tensile steel di bagian2 penting yg udah dipamerkan di IIMS gitu terus dipangkas, terlalu besar resiko si produsen, bisa2 bangkrut kalo patah saat dikendarai.